Sign in to follow this  
AB. Harta

Soto Sadang Asli Purwkarta. Yummmii~

8 posts in this topic

Selamat Malam semua....

saya baru pulang dari luar kota nih...

lalu, ada temen yang ngasih rekomendasi kalo lewat purwakarta cobain soto sadang nya.

waktu saya nyoba, rasanya enak banget deh...

lalu saya tanya-tanya ke Pramuniaganya (saya gak sempet ketemu ama owner nya ;) ) tentang soto sadang itu sendiri. dan saya bilang mau di masukin ke Forum jalan-jalan ini biar makin banyak yang tahu.

dan, ini lah ceritanya.

Rumah Makan Soto Sadang Asli berdiri sejak tahun 2007.

Awalnya hanya memiliki 1 buah Restoran. yang berada di bawah jembatan Sadang.

Namun, ketika banyak sekali peminat nya, akhirnya di buka lah Soto Sadang 2 di daerah kota purwakartanya.

Lalu, beriring dengan berjalanya waktu di buat juga cabang-cabang di tempat lainya. seperti:

Rest Area KM57 Toll Jakarta-Cikampek Karawang & Cabang di Rest Area KM72 Toll Cipularang KM72

REST AREA KM 57 (TOL JKT-CKP)

Untuk Menunya sendiri disajikan dengan beberapa cara, Ada yang berupa soto babat atau iso, soto kaki atau kikil, soto daging, soto ayam, dan soto campur. walaupun begitu semuanya tetap bisa disajikan baik dalam bentuk santan atau bening.

Biar makin ngiler, ini nih beberapa fotonya:

73879_510275625662919_1185575122_n.jpg

532320_510274458996369_336916714_n.jpg

20688_517347328289082_279708027_n.jpg

547407_521488844541597_1212279921_n.jpg

Buat yang mau pergi-pergi lewat Purwkarta, wajib deh nyoba makan di restoran ini....

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah padahal temen aku orang purwakarta dan sesekali suka main ke tempatnya juga tapi tidak pernah tahu ada soto khas sadang :) nama tempat makannya apa mas?

Share this post


Link to post
Share on other sites

ih ini mah saya tau..

 

@wasnia: rumah makan soto sadang purwakarta, jadi nama restorannya RM. SOTO SADANG PURWAKARTA.

 

wah , mba kalo ke purwakarta emang suka kemana? banyak kuliner nya loh. saya suka diajak sama teman saya makan sate, nah kalo soto sadang ini di dalam kota nya juga ada, tepatnya di daerah sadang, orang2 pada tahu ko.

Share this post


Link to post
Share on other sites

diliat dari tampilan fisiknya, kok hampir sama dengan soto betawi ya? ntu soto sadang apa ada dua pilihan kuah juga? kuah bening ama kuah yang nggak bening? trus rasanya apakah juga sama dengan soto betawi kah?

Share this post


Link to post
Share on other sites

diliat dari tampilan fisiknya, kok hampir sama dengan soto betawi ya? ntu soto sadang apa ada dua pilihan kuah juga? kuah bening ama kuah yang nggak bening? trus rasanya apakah juga sama dengan soto betawi kah?

 

iya mba, hampir sama kaya soto betawi, tapinya ini lebih sederhana karena pake ketupat. kalo varian soto sadang sendiri memang ada yang pake santan dan ada yang ngga. enak deh mba pokonya. kalau mau coba bisa ke purwakarta atau di rest area. btw saya orang purwakarta, kalo di purwakarta soto sadang ini merupakan kuliner andalan selain sate cibungur purwakarta.

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya mba, hampir sama kaya soto betawi, tapinya ini lebih sederhana karena pake ketupat. kalo varian soto sadang sendiri memang ada yang pake santan dan ada yang ngga. enak deh mba pokonya. kalau mau coba bisa ke purwakarta atau di rest area. btw saya orang purwakarta, kalo di purwakarta soto sadang ini merupakan kuliner andalan selain sate cibungur purwakarta.

saiah bukan mbak-mbak... :wacko: . sate cibungur? kek gimana tuh... baru tau. belum pernah ke purwakarta sih soalnya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Barajiwa Patria Soedarmo
      Hallo guys ketemu lagi bersama ane Bara sang traveller suppper sejati:matabelo :1thumbup :cool . Setelah menjelajahi gunung dengan cara mendaki setapak demi setapak itu sih udah biasa bagi ane:lehuga , nah sekarang ane mau ajak agan dan aganwati mendaki gunung dengan cara panjat tebing:wow . Gunung yang ane mau panjat adalah Gunung di Jawa Barat bernama Gunung Parang yang terletak di Purwakarta:matabelo . Badega berasal dari bahasa Sunda yang berarti penjaga jadi badega Gunung Parang adalah Penjaga Gunung Parang:cool . Sebelum masuk cerita nyok kita liap mapnya

      Mudahkan jalannya, sebenarnya kalo ikutin map dengan benar jalan tidak sulit kok gan:2thumbup . Nah diperjalanan kali ini seperti biasa ane ditemani oleh 4 temen ane:salaman . Langsung kita perkenalkan travellernya:matabelo
       
       
       
       

      Nah itu temen-temen ane yang akan ada di trit ini:ngakak . Gak usah banyak perkenalan nyok langsung ke ceritanya:ngacir2 :ngacir2
      Day 1, 15 Juli 2016
      Awal perjalanan dimulai dari rumah ane di Bambu Apus Jakarta:matabelo . Malam itu tanggal 15 kami berencana berangkat jam 21.00 namun ya gimana ada problem 2 temen ane terlambat :mewek jadi kami berangkat jam 23.00:matabelo

      Setelah semua orang lengkap kami langsung berangkat deh:2thumbup . Kami tidak langsung ke Purwakarta melainkan santai dulu di RM dan Motel Saung Lembu yang berada di Sumedang :2thumbup :2thumbup dengan jalan seperti ini

      Akhirnya kami tiba di RM dan Motel Saung Lembu jam 01.00:mewek dan inilah hal yang langsung kami lakukan

      Day 2, 16 Juli 2016
      Pagi jam 06.00 kami bangun untuk siap-siap dan sarapan:1thumbup . Kami sudah siap untuk perjalanan epic ini jadi bangun cepat:ngakak .

      Pejalanan menuju Gunung Parang dimulai jam 08.30 :1thumbup kami masuk ke tol Cipali dan keluar di pintu tol Kalijati dengan jalan yang kosong :2thumbup :1thumbup

      Kami tiba di Perwakarta jam 10.00 itu masi terlalu pagi:ngakak karena kami janjian dengan Aa Baban (pemandu perjalanan Gunung Parang) itu jam 13.00 jadi kami memutuskan untuk jalan-jalan sekalian cari pokemon (maklum sekarang jamannya Pokemon) di Taman dan Air Mancur Sri Baduga yang jadi pusatnya Purwakarta:matabelo . Jadi inilah kami waktunya kami :motret

      Setelah puas jalan-jalan di Pusatnya Purwakarta kami lanjut menuju ke Gunung Parang jam 11.30 :2thumbup . Waktu perjalanan dari Sri Baduga ke Gunung Parang tidak begitu jauh namun bukan kami kalo tidak nyasar:ngakak . Perjalanan kesena melewati gunung, sabana, pokoknya banyak deh seperti ini

      Dan akhirnya kami sampai di basecampnya :matabelo

      Setelah sampai kami bertemu dengan Aa Baban dan jalan sebentar menuju tempat registrasi dan pembayaran:1thumbup . Biaya untuk sekali mendaki dengan tinggi 300m seperti kami adalah Rp 150.000 dan juga biaya sewa ground tenda sebesar Rp 25.000 :1thumbup .

      Setelah bayar dan registrasi kami melanjutkan perjalanan ke Pos untuk medirikan tenda dulu sekitar jam 14.00:ngacir2 . Jam 14.30 kami sudah sampe di pos tenda :2thumbup . Setelah itu kami langsung mendirikan tenda untuk mempercepat pendakian :cool . Namun apadaya saat kami mendirikan tenda hujan pun datang :mewek alhasil kami berlindung dulu di 1 tenda yang sudah jadi:lehuga . Setelah tenda dan makan siang dahulu kami pasang alat keamanan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan:wow .

      Setelah semua siap baru deh kami mulai memanjat Gunung Parang jam 15.30:cool . Jadi inilah acara inti kami Panjat Tebing Badega Gunung Parang:matabelo :1thumbup :ngacir2 :wow

      Sebenarnya bagi ane panjatnya itu seru abis :2thumbup trus di jalan datar juga seru:cool nah masalah yang paling bikin ane cape itu saat turun dari Gunung Parang:cd: . Turun itu cape karena ane harus menumpu berat badan ane di kaki alhasil kaki menjadi pegeel:sorry . Perjalanan kami turun gunung belum berakhir:matabelo . Nah ini pict kami turun jam 18.30:matabelo :motret

      Akhrinya kami sampe basecamp lagi jam 19.30:matabelo :lehuga dengan kaki yang sudah lelah. Perjalanan kami cukup lama karena selain kami telat setengah jam harusnya jam 15.00 ditambah diatas juga hujan jadi kami neduh selama 20 menit:cool . Setelah sampai di bescamp lagi kami santai-santai dahulu karena kaki bener-bener susah gerak:ngakak .

      Setelah istirahat selesai Kokoh, Chun, dan Mbel langsung naik lagi ke tenda sedangkan ane sama Mr Garing turun lagi untuk mandi:2thumbup . Setelah ane dan Mr Garing selesai mandi kami langsung naik lagi untuk tidur di tenda:1thumbup . Ketika kami diatas ada kabar buruk menimpa kami:mewek , ternyata tenda 1 kami basah kena hujan siangnya dan 1 tenda kami juga diserang oleh semut:sorry :mewek . Alhasil malem itu ane dan kokoh memilih untuk tidur di luar diatas panggung anyaman bambu dengan sleeping bag yang anget banget:cool . Mr Garing dan Chun tidur di tenda bocor yang sudah dikeringkan:lehuga . Jadi akhirnya kami bisa tidur jam 21.30:2thumbup :1thumbup
      Day 3, 17 Juli 2016
      Awal hari ke-3 kami mulai dengan bangun pagi jam 04.30:lehuga untuk melihat sunrise:cool . Jadi peralatan sudah siap jadi ane foto dulu jam 05.00 :motret

      Dari atas agan bisa lihat Waduk Jatiluhur dan Kota Purwakarta loh:matabelo . Adapun kegiatan kita di pagi itu

      Akhirnya matahari terlihat walaupun sempat terhalang oleh awan:matabelo

      Matahari telah keluar saatnya kami foto-foto narsis :cool

      Sudah puas dengan foto narsis kami beres-beres tenda dan jangan lupa membawa sampah turun untuk di buang di tempat sampah:2thumbup . Kami berangkat dari Gunung Parang jam 08.00 menuju Rumah Makan Sate Maranggi Cibungur karena laper sudah mendera:toast .

       
    • By baihaki1985
      Kuliner Indonesia memang sangat beragam. Terlebih Indonesia memang dikenal mempunyai berbagai jenis suku. Jadi, tak mengherankan kalau setiap suku memiliki cita rasa makanannya tersendiri. Dan salah satu kuliner yang mungkin hampir ada di setiap wilayah Indonesia adalah soto. Kira-kira soto apa saja ya?   Soto lamongan   Kuliner soto yang satu ini tentunya paling mudah untuk dijumpai, bahkan tak hanya di Lamongan. Tapi juga bisa didapatkan di berbagai kota di Jawa Timur. Ciri khasnya adalah warnanya yang kuning keemasan. Biasanya yang membuat soto lamongan enak dinikmati adalah keberadaan koya. Di Surabaya, terdapat kuliner soto lamongan yang enak, yakni Soto Cak Har. Bisa dicoba kalau kapan-kapan datang ke kota pahlawan ini.    Soto madura   Kalau soto lamongan menggunakan ayam, maka lain halnya dengan soto madura. Soto yang berasal dari pulau garam ini menggunakan irisan daging. Saya kurang begitu ngeh sih perbedaan antara soto lamongan dengan soto madura. Pernah mencoba sebuah warung pinggir jalan yang tulisannya soto madura, dan ya nggak terlalu beda dengan soto lamongan, kecuali pada penggunaan daging, beda dengan soto lamongan yang pakai ayam.    Namun orang-orang Madura kalau di Jawa Timur memang terkenal memiliki kemampuan memasak yang tinggi, sebelas dua belas lah dengan orang Lamongan yang serba bisa. Oh iya, untuk soto madura ini, biasanya disajikan dengan beberapa tambahan seperti bawang merah, telur rebus, taoge serta kalau Anda memiliki selera, bisa menambahkan jeruk nipis ataupun kecap manis.    Soto kuwali   Dari Jawa Tengah, ada yang namanya soto kuwali yang berasal dari Solo. Soto yang satu ini mempunyai kuah bening. Selain itu, soto ini menggunakan bahan daging, hampir sama dengan soto madura. Sebagai tambahan, soto kuwali biasanya disajikan dengan pelengkap berupa mie soun, kentang, taoge, bawang, irisan daging ayam serta irisan daging sapi. Oh iya, saya belum pernah nyoba untuk soto yang satu ini. Jadi, kali saja ada yang mau traktir... hehehe   Soto betawi   Dulu pernah beberapa kali mencoba soto betawi di Jakarta. Secara nggak terlalu tahu sih tempat soto betawi yang enak. Saat itu nyoba Soto betawi Haji Awi yang ada di daerah Pejaten, yang kuah bening. Dan sepertinya lidah saya kurang begitu familier dengan rasa soto betawi. Pernah juga nyoba yang soto betawi dengan kuah santan. Prefer yang kuah bening sepertinya. Lebih nendang kalau istilahnya mah   Soto betawi (Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata)   Dari segi penyajian, soto betawi juga memiliki cara yang berbeda dengan jenis soto lain. Biasanya, soto betawi ditawarkan dengan irisan tomat serta emping melinjo sebagai tambahan. Dan meski namanya soto betawi, saat ini soto yang satu ini sudah merambah ke tempat-tempat lain dan tak hanya bisa dijumpai di Jakarta, tapi juga di kota-kota lain.    Soto mie bogor   Soto mie bogor, hmmm... jujur, nggak pernah tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini... hehehehe. No offense buat lho ya. Secara penampilan, soto mie bogor, menurut saya kurang begitu menarik perhatian. Ini mungkin karena lokasi kali ya. Kali saja ada yang ngerekomendasikan soto mie yang enak di Bogor? Jadi, kapan-kapan kalau mampir ke Bogor bisa nyoba langsung.    Soto mie bogor (Wikimedia Commons/Gunkarta)   Dibandingkan dengan soto lamongan, soto mie bogor memang memiliki penampilan yang jauh berbeda. Yang mencolok adalah keberadaan mie kuning pada soto ini. Hal ini jelas berbeda dengan soto lamongan atau soto madura yang memakai mie soun. Selain itu, soto mie bogor juga biasanya disajikan dengan berbagai pilihan, ada yang menggunakan ayam, daging atau jeroan. Suka-suka konsumen lah ingin yang mana.    Soto medan   Beralih ke Pulau Sumatera, tepatnya di Medan, kita bisa menjumpai varian soto lain yang disebut dengan nama soto medan. Dan lagi-lagi, maaf and sori, untuk kuliner yang satu ini saya belum pernah merasakannya secara langsung. Baik yang ada di Medan ataupun yang mungkin dijumpai di kota lain.    Soto medan (Wikimedia Commons/Kenrick95)   Secara rasa, tentunya soto medan memiliki cita rasa tersendiri. Kuah soto ini juga memiliki tampilan yang tidak jernih, karena menggunakan rempah-rempah yang beragam. Soto medan bisa dinikmati dengan menggunakan bahan berupa daging, paru-paru, jerohan ayam ataupun sapi. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan selera masing-masing.    Soto banjar   Melintas ke Kalimantan, tepatnya ke Banjarmasin, maka kita bisa menikmati sajian soto yang bernama soto banjar. Soto ini biasanya disajikan dengan menggunakan potongan ketupat yang disertai mie soun, kentang, perkedel, ayam, telur dan setelah itu disiram dengan kuah soto. Di atasnya, biasanya dibubuhkan taburan bawang goreng, bawang putih, seledri serta perahan jeruk nipis.    Soto banjar (Wikimedia Commons/Midori)



    • By marioboros
      Kalimantan Selatan yang wilayahnya terdiri dari 13 Kabupaten memiliki hidangan khas, yakni Soto Banjar. Saat anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lupa mencicipi salah satu soto yang ada di nusantara kita ini. soto ini memiliki rasa yang khas karena didapatkan dari perpaduan rempah yang menguatkan rasa dan aroma yang dihasilkan. Selain itu soto ini juga memilih penggunaan ayam kampung asli, untuk cita rasa yang lebih nikmat.
      Namun sayangnya saat ini olahan Soto khas Banjar sudah tidak original lagi, sebab adanya pergantian beberapa bahan utama.
      1.       Mengganti ayam kampung dengan ayam ras, atau jenis ayam lainnya,
      2.       Menggunakan tambahan penyedap rasa (vetsin),
      3.       Menghilangkan kandungan terasi atau kapulaga dan rempah lainnya,
      4.       Proses pemasakan yang dilakukan oleh orang sembarangan.
      Sehingga saat anda ingin mencicipi soto ini sebaiknya mencari referensi tempat yang sudah lama menyajikan hidangan ini. Selain terjamin cita rasanya, juga terjamin cara pengolahan dan pemilihan bahan yang tepat.
      Soto Banjar merupakan salah satu hidangan yang wajib anda coba, sebab kenikmatannya memang sudah tidak perlu disangsikan. Kini anda bisa menikmati soto khas Kalimantan Selatan tanpa perlu datang langsung ke provinsi ini. Sebab telah ada beberapa rumah makan yang menyajikan hidangan ini, kemudian anda juga bisa membuatnya sendiri. Sebab bahan dan cara pengolahan hampir serupa dengan jenis soto lainnya di Indonesia. 
    • By marioboros
      Sebagai salah satu makanan tradisional yang sudah terkenal dan disukai banyak masyarakat Indonesia, Soto Banjar merupakan soto yang terbilang komplit karena dilengkapi dengan beraneka macam makanan seperti soun, perkedel kentang, telur rebus dan lain sebagainya. Bukan hanya makanan rumahan, berbagai restoranpun menyajikan makanan special yang satu ini dengan penampilan yang cantik dan rasanya yang tidak kalah enak.
       
      Berikut ini resep Soto khas Banjar asli yang seenak restoran.
       
      Bahan-bahan:
      ·         Bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu ditumis.
      ·         Ayam kampung yang sudah direbus, potong atau suwir-suwir.
      ·         Jahe, daun salam, merica, garam, pala dan cengkeh secukupnya untuk dimasukkan ke dalam kuah.
      ·         Soun, telur rebus dan perkedel kentang.
       
      Cara membuat:
      ·         Rebus tumisan bawang dengan air rebusan ayam,
      ·         Masukkan rempah dan bumbu ke dalam kuah hingga mendidih,
      ·         Tuang kuah selagi hangat ke mangkuk yang sudah diisi soun, ayam suwir, telur rebus dan perkedel kentang.
       
      Agar lebih terlihat ala restoran, susunlah bahan-bahan ke dalam mangkuk dengan rapih lalu beri taburan bawang goreng serta irisan daun bawang. Kemudian, memberi sedikit kecap manis, dan perasan jeruk nipis di atasnya juga bisa dilakukan untuk menambah cita rasa soto yang khas. Itulah resep Soto Banjar asli ala restoran yang bisa anda coba di rumah.Resep Soto Banjar Asli Seenak Restoran
       
      Sebagai salah satu makanan tradisional yang sudah terkenal dan disukai banyak masyarakat Indonesia, Soto Banjar merupakan soto yang terbilang komplit karena dilengkapi dengan beraneka macam makanan seperti soun, perkedel kentang, telur rebus dan lain sebagainya. Bukan hanya makanan rumahan, berbagai restoranpun menyajikan makanan special yang satu ini dengan penampilan yang cantik dan rasanya yang tidak kalah enak.
       
      Berikut ini resep Soto khas Banjar asli yang seenak restoran.
       
      Bahan-bahan:
      ·         Bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu ditumis.
      ·         Ayam kampung yang sudah direbus, potong atau suwir-suwir.
      ·         Jahe, daun salam, merica, garam, pala dan cengkeh secukupnya untuk dimasukkan ke dalam kuah.
      ·         Soun, telur rebus dan perkedel kentang.
       
      Cara membuat:
      ·         Rebus tumisan bawang dengan air rebusan ayam,
      ·         Masukkan rempah dan bumbu ke dalam kuah hingga mendidih,
      ·         Tuang kuah selagi hangat ke mangkuk yang sudah diisi soun, ayam suwir, telur rebus dan perkedel kentang.
       
      Agar lebih terlihat ala restoran, susunlah bahan-bahan ke dalam mangkuk dengan rapih lalu beri taburan bawang goreng serta irisan daun bawang. Kemudian, memberi sedikit kecap manis, dan perasan jeruk nipis di atasnya juga bisa dilakukan untuk menambah cita rasa soto yang khas. Itulah resep Soto Banjar asli ala restoran yang bisa anda coba di rumah.
    • By santapjogja
      Santap Mania memiliki masalah dengan kolesterol tapi sangat doyan daging? Inilah solusinya. Silakan mengonsumsi daging kalkun karena jenis unggas ini rendah lemak dan kolesterol. Bahkan menurut penelitian, kandungan proteinnya sangat tinggi (24%) jauh di atas daging ayam.
      Bagaimana dengan efeknya bagi kesehatan Anda? Kesehatan jantung dan kekebalan tubuh akan meningkat. Di Amerika Serikat, ahli gizi menganjurkan anak-anak untuk diasupi daging kalkun karena manfaatnya yang sangat penting dalam masa pertumbuhan.

      Jogjakarta sebagai Kota Kuliner Nusantara tentu tak mau kalah. Anda tak harus menanti perayaan Thanksgiving atau terbang ke Negeri Paman Sam atau Eropa. Sajian daging kalkun dapat Anda cicipi di Warung Soto Kalkun Pak Kenthus di dekat Sentra Kerajinan Kulit Manding, Bantul.

      Siapkan cadangan adrenalin Anda karena untuk mencapai Warung Pak Kenthus butuh waktu dan tenaga ekstra. Tempatnya sedikit terpencil dan cukup jauh dari kota JogJakarta. Namun setelah Anda sampai dan menikmati kesegaran soto kalkun yang rasanya sangat khas, Anda tidak akan menyesal telah menempuh perjalanan yang cukup jauh ke lokasi ini.
      Rica-rica kalkun
      Selain soto, Pak Kenthus menawarkan pula sajian olahan daging kalkun yang lain seperti rica-rica dan gule dengan bumbu rempahnya dan dagingnya yang lembut. Penasaran ingin segera menikmati kelezatan daging kalkun tanpa takut kolesterol? Ayo berkunjung ke Warung Soto Kalkun Pak Kenthus!
       
      Nikmati sajian liputan kuliner kami lainnya di santapjogja.com
    • By zeekyuryu
      Pecinta Soto silakan masuk... Pasti oada tau kan soto kudus? enak banget nih soto. Nah, soto kudus sebenrnya banyak di mana-mana. Tapi ane mau ngenalin salah satu tempat soto kudus di sekitar rumah ane. Namanya Soto Kudus Ayam Kampung. Lokasinya ga jauh dari perumahan Bukit Golf dan Address Cibubur. Cat warungna warna kuning. Pokoknya keliatan cukup jelas. Sayangnya ane ga poto2 karena waktu ke sini lupa ga bawa hp  
       
      Enaknya lagi, ada tempat parkir yang yah lumayan lah cukup luas. Menunya, ada soto kudus ayam kampung sama soto kudus daging, dan lain-lain. Itu menu utamanya. Nah, sama ama warung soto2 lain, makannya bisa dipisah atau dicampur sama nasi. Porsinya lumayan dan harganya antara 10k - 15k. Enak deh seger,... apalagi ujan-ujan gini
       
      makannya bisa dicampur dengan sate rempela ati, telor puyuh atau juga kerang yang @4k. nah, buat temen2 yang bawa pacar, sodara, atau temen yg ga suka soto, bisa mesen sate atau tongseng di warung yang persis di depan soto kudus ayam kampung ini,.. yang di deket sini, silakan mampir... :)
    • By desmaster
      Teman-teman jalan2ers sekalian, kalau kita berbicara mengenai makanan-makanan yang ada di Indonesia, tentunya semua sudah tidak asing dengan yang namanya soto. Ada banyak banget jenis soto yang ada di Indonesia, tapi yang kali ini mau saya bahas adalah mengenai soto tangkar.. soto yang asalnya dari betawi.

      Soto yang terdiri dari kuah yang menggunakan santan dan rempah-rempah, lalu ditambah dengan daging sapi ataupun babat, lalu ada bawang, ada tomat, dsb lalu dimakan bersama nasi.. ughhh.. benar-benar menggugah selera. *gara-gara ngebayangin ini saya jadi laper dech*. Cukup dengan kuahnya aja itu saya uda bisa makan nasi sampe puas, abis rasanya enak banget sich. Ada yang suka juga?