• 0
Sign in to follow this  
Followers 0

Tips Touring Pulau Jawa Menggunakan Kendaraan Pribadi : Pilih mana Jalur Selatan atau Pantura ? (Part 1 )

Question

Posted

 Halo jalan2ers, kali ini ane akan membahas mengenai perjalanan darat menggunakan jalur utara dan jalur selatan Pulau Jawa. Buat agan2 yang belum tau kalo jalur darat itu lebih mengasyikan daripada jalur udara atau pake kereta, sebaiknya mencoba touring menggunakan kendaraan pribadi. Oke banget dah pokonya gan.

 

Ane sendiri waktu masih kuliah dulu lumayan sering touring menggunakan jalur darat, soalnya cewe ane dulu punya peternakan di Malang, jadi ane sering bolak balik Bandung-Malang. Berhubung sudah putus, ya jadi gak pernah lagi.

 

Menggunakan jalur darat sendiri bisa ditempuh melalui dua jalan, pertama jalur selatan dan yang kedua jalur utara. Yang dimaksud jalur selatan dan utara adalah jalur provinsi yang bisa ditempuh. Jalur Provinsi sendiri terhubung dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur. Maka dari itu , buat agan2 yang hobi berpetualang, sebaiknya mencoba. Ane sendiri pernah dari Palembang hingga Bali touring nonstop kurang lebih perjalanan 4 harian.

 

Balik lagi soal Jalur Selatan dan Utara, pertimbangan apa yang paling utama ketika memilih kedua jalur ? menurut ane pribadi sih, kota tempat agan2 start, kenapa ? karena masalah jarak dan waktu. Contoh, kalo agan2 start dari Jakarta, sebaiknya memilih jalur utara karena agan2 bisa menghemat sekitar 2 jam perjalanan, soalnya kalo mau lewat selatan agan2 harus memutar ke Bandung sedangkan bila memilih jalur utara agan2 tinggal jalan lewat tol cikampek dan menuju Subang. Ini dikarenakan Jakarta itu lebih dekat ke utara dibanding ke selatan.

 

Setiap jalur ada keunggulan dan keuntungan, tergantung kota tujuan agan2 juga. Semisal bila agan-agan mau berpetualang ke Jogja posisi agan dari Bandung, sudah jelas pilih jalur selatan makan waktu hanya 12 jam atau kurang diperjalanan, kalo memilih jalur utara jelas agan akan kena sekitar 14- 16 jam. Tapi kalo mau ke Semarang, jalur utara dan selatan bisa dipake, soalnya Semarang itu di pertengahan.

 

Bingung gak sih ? ga usah bingung, ikutin supir aja…weitssss ….ga gitu juga gan, agan yang hobi berpetualan harus tahu daerah2 yang dilewati, perlu agan ketahui setiap jalur itu melewati kota yang berbeda antara satu dan lainnya jadi agan harus tahu jalur mana saja yang agan lewati.  Lihat gambar di bawah ini

 

JawaBali2.jpg

 

 

Nah , sudah jelas kan??? Pada bagian kali ini ane bakal ngebahas Jalur Selatan terlebih dahulu soalnya ini adalah yang paling banyak dipake, kalo jalur utara kan dipakenya sama truk2( agan ngerasa supir truk gak sih ? hehe)

 

Keunggulan Jalur Selatan:

Buat para agan-agan yang senang dengan jalan berkelok dan melewati banyak kota, ini adalah jalur yang paling tepat, kenapa ? karena tidak melewati bypass dan medan yang harus dilewati lumayan sulit. Jarang ada tol, namun tergolong banyak daerah wisata yang bisa agan-agan kunjungi.  Agan akan melewati banyak kota pariwisata semisal garut,Jogjakarta, dan lain-lain. Agan bisa mampir2 dulu, paling enak itu berenti di Jogjakarta, berenti di garut juga bisa berendam air panas disana gan.

 

 Perjalanan lewat jalur selatan sendiri bila dari Bandung menuju Malang memakan waktu kurang lebih 19 jam , itu juga setelah berhenti di Jogja sekitar 1-2 jam. Paling enak itu pergi malam2 karena nanti sampai Jawa Timur nya pas pagi-pagi.  relative banyak pom bensin, banyak ngelewatin masjid juga, penginapan juga banyak. Kalo perbatasan Jawa Barat ke Jawa Tengah tempat peristirahatan yang terkenal itu adalah Ambarketawang, harga makanannya murah-murah juga tapi bersih.

 

Kelamahan Jalur Selatan :

Kelemahan Jalur Selatan adalah , bila yang gak hapal jalan bisa kesasar karena tidak ada petunjuk jelas, misal agan-agan dari perbatasan Jawa Barat ke Jawa Tengah dan mau ke Jogja, tidak ada tulisan Jogjakarta sekian KM, atau misa dari Jogja mau ke Malang, tidak ada tulisan Malang sekian KM lagi.  Kalo bukan pas mudik sayangnya disini jarang ada bengkel besar yang buka kecuali di kota-kota besar, jalan yang dilalui kebanyakan hutan ,jadi agak hati2 juga, penerangan jalan minim, selain itu juga jalan kecil-kecil ga kaya Jalan Provinsi( walaupun nantinya di beberapa kota agan tetap akan masuk ke jalan provinsi, tapi almost 40 persen perjalanan lewat jalan kecil). Kalo malam hati2 buat yang menyetir, banyak blind spot, sebaiknya mobil dibawa sama yang sudah berpengalaman( ane waktu itu berdua sama teman ane hampir tabrakan berapa kali di jalur mau ke Tegal).

 

Sekian dulu untuk bagian ini, nanti ane lanjutkan dengan Keunggulan dan Kelemahan Jalur Utara Pulau Jawa di part berikutnya. Kalo ada pertanyaan silahken, sharing juga pengalaman touring de java nya silahkeun

 

ane udah update touring jalur utara gan , silahkan dibukan:

http://forum.jalan2.com/topic/3123-tips-touring-pulau-jawa-menggunakan-kendaraan-pribadi-pilih-mana-jalur-selatan-atau-pantura-part-2/

Ari Ferdiani, Jalan2 and deffa like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

8 answers to this question

  • 0

Posted

Wah...

lengkap banget...

cocok untuk di bookmark nih thread nya...

makasih banget yah mas.

 

di tunggu yah bagian ke 2 nya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalo lewat jalur utara terus udah masuk daerah tegal brebes pasti mata kita jadi agak penasaran dengan tulisan

100 km lagi Pringsewu....80 km lagi ikan bakar lezat....60 km lagi wifi gratis...terus aja ampe pas

hahahah pasti tau deh yg pernah lewat situ

promonya restoran pringsewu ini menarik 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalo lewat jalur utara terus udah masuk daerah tegal brebes pasti mata kita jadi agak penasaran dengan tulisan

100 km lagi Pringsewu....80 km lagi ikan bakar lezat....60 km lagi wifi gratis...terus aja ampe pas

hahahah pasti tau deh yg pernah lewat situ

promonya restoran pringsewu ini menarik 

 

@ deffa: jalur selatan ituh yang ada pringsewu nyaaa, tenang2 ntar kita bahas keunikan jalur selatan dan utara. hehe.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@ deffa: jalur selatan ituh yang ada pringsewu nyaaa, tenang2 ntar kita bahas keunikan jalur selatan dan utara. hehe.

oo berarti selatan n utara dia punya Pringsewu ya....karna baru kemaren kan saya manggung ke pekalongan lewat jalur utara

dan makan di pringsewu selepas tegal :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@ agan deffa: iye selatan pun ada ko gan pringsewu ituh, tegal masuk jalur utara kalo jalur selatan purwokerto gan. cobain ayam bakar brebes deh gan. hehe. kan di bandung tenanr banget noh.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

belum pernah touring sih. pernah nyoba dua jalur berbeda, juga jalur utara dan jalur selatan, tapi pake kereta... hehehe... dan, sampeknya  juga lebih lama jalur selatan. mungkin lebih muter kali ya... btw, nice sharing

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

saya pernahnya lewat selatan sih dari lampung ke bali lol.. waktu itu perlu 2-3 hari kayanya wkwkwk.. kapan2 coba lewat utara ahh

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Kalo ke Joyga saya sering lewat jalur selatan mas, kebetulan saya dari kota Mojokerto posisi ada di tengah2 jalur selatan-utara. saya lebih senang jaur selatan karena sepi trus pemandangannya bagus

 

kelemahannya, jalannya terjal karena banyak melewati daerah pengunungan dan hutan, jadi kondisi mobil harus dipastikan fit dan mampu melewati daerah tanjakan...

 

btw, Jakarta-Surabaya lebih baik lewat jalur pantura, lebih nyaman, asal bukan saat arus mudik-balik ya, karena akan terjebak kemacetan yang luar biasa.

ameryudha likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0