Sign in to follow this  
chime

Pelangi Api

5 posts in this topic

Beberapa bulan yg lalu tepatnya di bulan Juli 2012 diwilayah selatan Florida, di Amerika serikat, terdapat fenomena Pelangi Api, fenomena ini termasuk langka dan unik.

 

Sebenarnya pelangi api merupakan awan yg berwarna warni, hal ini terjadi karena awan tersusun atas air dgn ukuran seragam, prosesnya persis seperti pelangi pada umumnya, begitu juga dengan warnanya yg terdiri atas merah, jingga,kuning, hijau, biru , nila dan ungu.

 

Yang membedakan adalah untuk pelangi biasanya terbentuk krn proses pemantulan dan pembiasan, nah utk pelangi api lbh disebabkan oleh proses difraksi, dan biasanya pelangi api terjadi pada awan yg baru terbentuk.

sccs.jpg

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau menurut Weather Channel, pelangi api adalah awan pileus yang terbentuk akibat badai yang mendorong udara ke lapisan atmosfer lebih atas lewat suatu lapisan yang lembab

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By ryaryuu
      Tempat-tempat dimana terjadi fenomena alam yang unik.
      Dunia yang kita tempati menyimpan sejuta misteri. Banyak hal unik yang tercipta diluar nalar, dan dengan keunikannya tersebut maka manusia sekrang ini bisa merasakan bahwa bumi ini memiliki sang pencipta dan bukan semata-mata karena alam, di bawah ini adalah tempat  unik yang memiliki fenomena alam dan sulit untuk dijelaskan secara ilmiah.
       
      Marble Caves, Chile
       
      Di perbatasan Chili dan Argentina terdapat sebuah gua dimana gua ini terbentuk dari eropsi yang membentuk sebuah pola “marbleized “ dimana tempat ini menjadi mirip goa alam mimpi. Kalo agan-agan pernah maen Final Fantasy, goa ini mirip salah satu scene yang ada di Final Fantasy. Goa ini tepatnya berada di Carrera Lake, sedikit agak jauh memang dan aksesnya sulit. 

      Lake Retba, Senegal

      Warna airnya merah muda, pasti pada aneh deh kenapa warnanya bisa begini. Alasannya adalah karena ada alga yang bernama latin Dunaliella Salina yang beranak cucu memenuhi perairan di Lake Retba Senegal. Menjadi salah satu fenomena alam yang paling aneh di dunia. Airnya mengandung garam dengan konsentrasi 40 persen yang meneybabkan alga ini berkembang biak dengan cepat, alga nya sendiri terdapat di kedalaman 10 kaki. Selain itu juga, Senegal mengekspor garam yang berasal dari Danau ini dan garamnya ini disebut-sebut memiliki kualitas yang sangat baik.

      Asbyrgi Canyon, Iceland

       Kenapa tempat ini menjadi fenomena alam yang disebut aneh? Melihat bentuknya Abyrgi Canyon ini memiliki keunikan, namun tahukah anda bahwa tempat ini memiliki sebuah Legenda dimana disebut-sebut sebagai  Tapak Kuda Tuhan di bumi. Memiliki ketinggian 300 kaki dimana puncaknya berupa dataran flat tanpa undak ( bukan berupa gunung). Menurut ilmuwan, tempat ini dulunya adalah glasier yang mencair pada 3000 dan 10.000 tahun lalu. 

      Salar de Uyuni, Bolivia

      WBerawal dari jaman prasejarah 30.000 tahun yang lalu, tempat ini dulunya adalah danau kemudian danau ini mongering meninggalkan jejak berupa garam-garam yang tidak ada habisnya seluas 4000 mil. Bila dihitung, garam ini beratnya sekitar 25.000 ton per tahun. Yang membuat unik adalah , terdapat gerombolan Flamingo merah mudah yang hidup dan tinggal. Satu lagi, di sekitar sini ada hotel yang terbuat dari garam, namanya Palacio de Sal, atau tempat yang terbuat dari garam. 
       
      Travertine Pools at Pamukkale, Turkey
       


      Pamukkale memiliki arti Castil yang terbuat dari Katun. Situs yang satu ini berada di Turki, tepatnya berada di Provinsi Denizli sebelah barat laut turki. Yang istimewa adalah Travertine nya, dimana tempat ini memiliki terasering yang terbentuk dari mineral karbonat yang berasal aliran air yang membeku selama ratursan tahun,
       
      Sailing Stones, Racetrack Playa,Death Valley, CA

      Keistimewaan tempat ini adalah , ada sebuah jejak bekas batu yang terlihat bergerak atau digerakan, namun tidak ada penghuni di sekitar sini, batu tersebut terlihat seperti bergerak sendiri. Memang tidak ada yang pernah melihat batu yang bergerak sendiri di Playa,. Namun buktinya cukup kuat, bahwa batu disana selalu bergerak sendiri.  Racetrack Playa terkenal karena batu yang bergerak, para ilmuwan pun masih bingung mengenai fenomena alam ini. Mereka malah berpikir bahwa batu tersebut basah , kemudian ada tekanan dan batu tersebut terdorong sejauh ratusan meter sehingga terlihat seperti bergerak sendiri. 
      .
      White Desert (Sahara el Beyda), Egypt

      Tidak ada habisnya bila membahas gurun. Tahukah anda ada gurun dengan pasir berwarna putih bersih dengan batu-batu menjulang sepanjang 28 mil di Negara bagian Farafra, di bagian barat Mesir. Anehnya terdapat banyak jamur yang tumbuh, selain itu juga batu yang menjulang tinggi tersebut bagaikan patung yang dipahat oleh alam. Menurut para ilmuwan, tempat ini terbentuk dari laut dari jaman dahulu kala yang mongering, kemudian mulai terbentuk endapan sedimen, dimana sedimen batuan tadi terkena berbagai macam terpaan seperti badai pasir sehingga membuat batu –batu tersebut berbentuk unik.  Tidak lengkap rasanya untuk ke gurun sahara bila tidak mengunjungi tempat ini.

      Moeraki Boulders, New Zealand

      ew Zealand merupakan negeri yang sangat indah , namun tahukah anda di New Zealand ini terdapat fenomena alam dimana anda akan menemukan bebatuan berbentuk bola-bola dengan diameter maksimal hamper 7 meter. Hal ini menginatkan kita kepada telur-telur dinosaurus di jama pra sejarah yang lalu. Beberapa orang menebak bahwa bebatuan ini adalah fosil dari kura-kura purba yang berasa dair New Zealand yang hidup 50 juta tahun lalu. Tempat seperti ini juga ditemukan di Bowling Beach Ball , California, Canada, dan Russia. 
       
      Caño Cristales River,Colombia

      Dijuluki sebagai sungai terindah di dunia, Cano Cristales memiliki air sejernih Kristal. Keajaiban dari sungai ini adalah karena sungai ini bisa berubah warna menjadi Pink, hijau , biru, kuning, dan merah. Dimana yang paling indah adalah ketika sungai ini berwarna merah. Sungai ini bisa berubah warna sesuai bulan, jadi bagi anda yang memang ingin melihat ketika berubah warna, datangi saat bulan July dan Desember. Sungai ini memiliki akses sulit dari Bogota, anda harus naik pesawat kargo dan waktu yang tepat untuk mengunjungi adalah weekend karea pesawat kargo datangnya weekend, selain itu tidak ada campsite di sektiar sungai.

      The Eye of the Sahara (Richat Structure), Mauritania
      Merupakan fenomena alam yang sangat unik, dimana tiba-tiba muncul sebuah lingkaran berwarna biru spiral sepanjang 40 Km di padang pasir Mauritana. Saking besarnya, para astronot menjadi kan tempat ini sebagai salah satu landmark untuk mendarat. Secara ilmiah tempat ini terbuntuk dari lapisan sedimen, quartis, dan batuan lain yang dibentuk karena terhempas oleh angin saat badai pasir.  Tempat ini pun dijuluki Richat Structure, sangat sulit menuju tempat ini.

      Spotted Lake, British Columbia

      O Memiliki nama asli Khiluk, berada di  Okanagan Valley. Dimana tempat ini dikenal sebaga tempat yang memiliki air yang biasa dipakai therapedi. Saat perang dunia I  mineral dari danau ini merupakan bahan baku peluru untuk tentara Inggris. Sebelum dibeli oleh Inggris pada tahun 2001 , danau Khiluk dikelola oleh seseorang bernama Ernest Smith yang mendirikan tempat Spa. Inggris membeli tempat ini dan area seluas 22 hektar hanya $720.000.
      The Stone Forest (Shilin),China
      Terdapat di Shillin provinsi Yunan, keunikan tempat ini adalah  anda akan melihat hutan dari batu . Dimana batu tersebut merupakan batu keras yang tinggi menjulanng mengelilingi sebuah daerah. Merupakan tempat favorit bagi turis-turis baik dalam negeri maupun luar negeri. Legendanya adalah , tempat ini merupakan jelmaan dari seorang sakti China jama dahulu yang dilarang menikah dengan seorang gadis.  Terbentuk 270 juta tahun lalu dengan area lebih daru 200 mil persegi dimana menurut ilmuwan jaman dahulu tempat ini merupakan lautan, dan batuan tersebut merupakan batu karang yang sering diterjang ombak sehingga menghasilkan hutan seperti itu. 

      Blood Falls, Antarctica
      Antarika tiada habis menyimpan misteri. Air terjun darah merupakan satu lagi fenomena alam yang terjadi di Antartika. Dimana tempat ini dinamakan Taylor Glacier dan ditemukan oleh seorang ilmuwan tahun 1911. Menurut ilmuwan yang meneliti tempat ini, glacier berwarna merah berasal dari kadar besi tinggi yang ada di bawah permukaan es, sehingga ketika mencari dan mengalir memberikan warna merah bak darah, maka dari itu tempat ini dsebut Blood Falls atau air terjun darah. 

      The Cave of the Crystals, Naica, Mexico
      Tempat ini ditemukan oleh para penambang Kristal di sekitaran Naica. Berada 120 meter di bawah permukaan tanah , sangat sulit dijangkau dengan medan yang seperti itu. Menurut para ilmuwan, tempat ini memiliki kemampuan membentuk Kristal dengan cepat karena gua yang ditemukan tahun 2000 ini memiliki temperature 150 derajat, sehingga para penambang sekalipun tidak berani untuk masuk saking panasnya. Bagi anda yang ingin melihat keindahan fenomena ala mini, anda harus memakai proteksi lengkap karena 10 menit saja anda tidak terlindungi maka anda akan mendapatkan luka bakar serius.

      Giant’s Causeway, United Kingdom
      Merupakan salah satu daya tarik turis di Irlandia, dimana anda akan menemukan 40.000 lebih pilar-pilar basalt membentuk daratan di tempat ini. Terbentuk 60 juta tahun lalu dimana penelitian menyebutkan bahwa lava yang berasal dari gunung berapi di bawah laut meledak dan membuat tanah retak, sehingga membuat retakan setingg 39 kaki dengan diameter 18 inchi di wilayah ini dan ahirnya terbentuk Giant Cause ways ini. 

      The Wave, Coyote Buttes, AZ and UT
      Ini dia tempat paling terkenal dan banyak sekali fotonya di internet. Bebatuan yang membentuk ombak terlihat sangat aneh. Tahukah , bahwa tempat ini tercipta karena angin dan hujan berdampingan berputar membentuk tornado dan terjadi berulang kali selama ribuan tahun menggulung batu dan pasir sehingga menciptakan fenomena alam ini. Tidak sulit menuju tempat ini, namun pengunjungnya terbatas hanya 20 orang perhari yang boleh berkunjung ke tempat ini. Terkenal sebagai Wave Rock .
    • By asep2012
      Sinkhole adalah istilah untuk lubang menganga yang terdapat diatas tanah. lubang ini bisa muncul tiba2 didaerah2 tertentu di dunia, baik karena hujan asam maupun gempa bumi. Berikut adalah beberapa sinkhole yang terkenal:
       
      1. Great Blue hole (belize)

      Sinkhole ini terdapat di tengah samudra luas. 70 km dari Kota Belize, yang terletak di kawasan Kepulauan Karibia, Amerika tengah. Menurut pengukuran Cambrian Foundation pada 1997,kedalamannya mencapai 125 meter. Tempat ini merupakan situs warisan dunia karena salah satu spot terbagus untuk diving karena flora dan fauna yang beraneka ragam.
       
      2. Guatemala Sinkhole

       
      Lubang ini sempang membuat heboh Guatemala pada tahun 2010 karena muncul ditengah kota dan menelan satu gedung berlantai tiga dan satu rumah.Tapi untung tidak ada korban jiwa. Penyebabnya adalah Badai tropis Agatha.
       
      3. Sinkhole di laut mati

       
      Pada 2011 Sinkhole ini terjadi di Laut Mati yang sudah mengering yang muncul tiba2 karena kandungan garam yang sangat tinggi di sini.
       
      4. Sinkhole di China

      Sinkhole terjadi beberapa kali di China, hal ini terjadi karena pengerjaan jalur kereta api bawah tanah. hal ini pernah terjadi di Beijing, pada April 2011 dan Guangzhou, pada Januari 2013.
       
      5. Sinkhole di USA

       
      Di negara bagian florida sering terjadi fenomena ini. sinkhole terjadi karena struktur batuan kapur di bawah tanahnya yang bercampur dengan kadar asam yang tinggi.
       
    • By alf
      Pasti pada tau dong pusaran air di Laut Sargasso yang populer banget itu? Selain di Laut Sargasso, pusaran air semacam ini juga ada loh di Norwegia. Walau gak sebesar pusaran air laut di Sargasso, pusaran air yang berada di Norwegia juga menakjubkan. Pusaran air ini berada di bagian barat laut Norwegia. Pusaran air atau yang lebih dikenal dengan nama Maelstorm ini terjadi dua kali dalam sehari.
       

       
      Edgar Alan Poe yang mempopulerkan nama Maelstorm ini. Maelstrom adalah air yang berputar kuat dan besar. Permukaan air dari pusaran lebih rendah puluhan meter dari permukaan air laut. Kekuatannya puluhan kali lipat dari arus biasa. Ada yang unik dari pusaran air ini, arah pusarannya berubah menjadi berlawanan dalam 3 atau 4 bulan sekali. Diyakini bahwa pusaran berputar berlawanan arah jarum jam di belahan bumi utara dan searah jarum jam di bagian bumi selatan.
       
    • By Haikal
      Bumi menyimpan begitu banyak misteri alam yang mengagumkan. Selama jutaan tahun proses terbentuknya bumi. Hasilnya, banyak hal yang telah diketahui oleh manusia pada masa sekarang ini ternyata hanya sebagian
       
      Dari berbagai fenomena yang akan disebutkan di bawah, ada yang mengancam kehidupan makhluk hidup, tetapi ada pula yang menambah warna-warni kehidupan karena keindahannya. Alangkah beruntungnya bila Jalan2ers bisa melihat langsung fenomena alam yang indah ini. Namun, bila belum beruntung untuk bisa menyaksikannya, beberapa informasi berikut dapat menjadi tambahan pengetahuan tersendiri.
       
      Aurora Borealis
      Mungkin Jalan2ers sering mendengar sebuah kejadian alam memesona yang bernama aurora borealis atau sering juga disebut “cahaya dari utaraâ€. Tak diragukan lagi, aurora borealis merupakan salah satu peristiwa alam terindah yang terjadi di bumi ini. Bahkan, keindahannya bisa mengalahkan pertanyaan orang-orang menganai apa yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut.
       

       
      Faktanya, aurora borealis terjadi karena sbuah proses yang cukup rumit. Fenomena tersebut terjadi akibat matahari memberikan partikel (ion) yang memiliki energi yang sangat besar. Ion itu kemudian “berkelana†di ruang angkasa pada kecepatan sekitar 300 hingga 1.200 kilometer per detik. Partikel-partikel tersebut berkumpul menjadi sejenis awan yang dikenal sebagai plasma.
       
      Aliran plasma yang datang dari arah matahari juga disebut solar wind. Bila solar wind melakukan kontak dengan ujung medan magnet bumi yang berasa di kutub utara dan selatan, sejumlah partikel pun akan terperangkap. Partikel yang terperangkap akan mengalir mengikuti dorongan medan magnet hingga mencapai ionosphere (bagian dari permukaan bumi). Kemudian, saat partikel tersebut bertabrakan dengangas yang terdapat di ionosphere, mulailah mereka bercahaya. Cahaya yang dihasilkan adalah aurora, yang bisa ditemui di daerah kutub, seperti Alaska.
       
      Capuccino Coast
                      Fenomena cappucino coast pernah terjadi pada tahun 2007 di Sydney bagian utara. Mengapa disebut cappucino coast? Pasalnya, daerah yang terkena fenomena ini akan tertutup gelombang yang membawa sejenis busa seperti yang terdapat pada minuman cappucino yang sering kita nikmati. Sayangnya, peristiwa ini sangat langka karena hanya terjadi tiga puluh tahun yang lalu dan tahun 2007 saja. Dan belum ada yang bisa memperkirakan kapan cappuciono coast terjadi lagi. Jadi, silakan menunggu untuk menyaksikan fenomena unik ini.
       

       
      Petir Catatumbo
                      Bila aurora borealis dan cappucino coast menarik untuk dinikmati, fenomena alam yang satu ini justru sedikit menakutkan. Catatumbo lighting, atau yang disebut relampago del catatumbo adalah petir misterius yang terjadi di mulut Sungai Catatumbo di Danau Maracaribo, Venezuela. Petir di Catatumbo terjadi selama 10 jam tiap 140 hingga 160 malam per tahun. Setiap jamnya, ada sekitar 280 buah petir yang terjadi atau sekitar 393.000 sampai 448.000 kali sepanjang tahun. Petir tersebut dihasilkan karena adanya tumbukan angin yang berasal dari pegunungan Andes. Apakah ini disebut bencana? Tidak juga karena masyarakat di sekitarnya sudah terbiasa.
       

       
                      Karena cahaya petir tersebut bisa terlihat dari jarak 400 kilometer lebih, para pelayar sudah bertahun-tahun menjadikannya sebagai petunjuk. Banyak pula yang percaya, terutama para pakar lingkungan lokal, kejadian tersebut adalah salah satu sumberpengganti lapisan ozon di bumi ini. Oleh karena itu,  mereka berharap tempat tersebut akan menjadi salah satu tempat yang dilindungi oleh UNESCO.
       
      Fire Rainbow
                      Pelangi adalah salah satu peristiwa alam yang memiliki warna-warni yang begitu indah. Pelangi pun sering diidentikkan dengan hal baik dan harapan yang terjadi setelah hujan mengguyur bumi. Fire rainbow sendiri adalah fenomena optik yang disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari melalui kristal es tebal, datar, dan membujur horizontal di awan cirrus. Fenomena ini terlihat seperti pelangi di dalam api.
       

       
                      Sayangnya, untuk menyaksikan terjadinya fire rainbow, kondisi dan susunan atmosfer harus sangat tepat dan sempurna, serta hanya ada beberapa tempat dan sempurna, serta hanya ada beberapa tempat di dunia yang bisa membuat mata Kamu melihat peristiwa tersebut. Untuk mengobservasi peristiwa ini, matahari harus berada pada jarak yang cukup tinggi di angkasa, atau dengan sudut ketinggian 57,8 derajat atau lebih. Ditambah lagi, awan cirrus pun harus hadir.
       
                      Jadi, fire rainbow tidak dapat disaksikan dari lokasi sekitar 55 derajat ke utara dan selatan, walaupun sudah berada di tempat yangmemiliki ketinggian lebih dari gunung. Di bagian Eropa Utara sendiri, peristiwa ini hanya terjadi dalam waktu sekitar musim panas. Begitu rumit bukan? Namun, rumit bukan berarti tak pernah terjadi karena di bagian utara Idaho, Amerika Serikat, peristiwa ini pernah terekam pada 3 Juni 2006.
       
      Sort Sol

       
                      Sekitar musim semi di Denmark, dengan waktu sekitar satu setengah jam sebelum matahari terbenam, grup-grup burung bernama Eropean starlings (latin: Sturnus vulgaris) yang berjumlah jutaan akan berkumpul di langit. Hasilnya, di langit akan nampak kumpulan hitam, yang disebut Black Sun, yang banyak terjadi dari bulan Maret hingga pertengan April. Burung-burung tersebut bermigrasi dari selatan dan menghabiskan waktu di ladang untuk mengumpulkan makanan pada siang hari, dan tidur di semak semak sepanjang malam.
       
      Nah, fenomena mana yang Jalan2ers pernah lihat?
       
       
      referensi: www.kompas.com
    • By chime
      Dibagian barat Alberta, Kanada terdapat danau buatan yg sering disebut dengan danau Abraham, Danau tersebut dibuat sekitar tahun 1972, Di danau ini kita bs melihat fenomena yg sangat langka dimana terdapat gelembung beku tepat dibawah permukaan air sering juga disebut gelembung es, hal ini sangat menarik perhatian para fotografer.
       
      Terjadinya gelembung beku dikarenakan tumbuhan yg terdapat didanau tersebut mengeluarkan gas metana, dan lama kelamaan gas metana tersebut menumpuk dan membentuk gelembung es ketika cuaca semakin dingin selama musim dingin berlangsung.
       
      Dan Danau ini tidak tertutup salju melainkan air danaunya bening dan jernih tetapi membeku sehingga kita dapat melihat apa yg terdapat dibawah danau tersebut dari atas permukaan.
       
       
       

       

       

       
    • By chandra
      Lihat gelombang dilaut sih rasanya biasa, tapi kepikiran gak sih gimana bentuk gelombang tersebut kalau di bekuin? Jadinya kayak gini nih





      Penyebab terjadi gelombang beku yaitu karena reaksi antar salju dengan kondisi yang ada di antartika. Ketika sebuah gunung es yang jatuh ke laut maka akan menimbulkan sebuah gelombang, dari gelombang itu bereaksi dengan salju dan akan menghasilkan gelombang beku. Apabila gunung es yang jatuh ke laut membawa Alga, maka gelombang yang terbentuk akan memiliki garis-garis warna seperti, hijau, coklat, hitam dan kuning.
      Yah pokoknya kira-kira begitu penjelasannya, tapi sayangnya gelombang beku ini adanya di Antartika.
    • By via
      Pada tahun 2011 dengan suhu minus 22 derajat tersebar padang bunga lotus diatas permukaan laut yg dingin di Arktika, hal ini merupakan fenomena yg langka dan jarang terlihat.

      Bentuk bunga lotus ini terbilang sangat kecil dgn bentuk bgn ujung yg meruncing, selain itu disini jg merupakan tmpt hidup dr mahluk micro-organisme.

      Sekarang ini bunga es ini sedang diteliti dilaboratorium utk mengetahui lbh lanjut krn bunga ini diketahui dpt memproduksi bahan kimia yg dpt menjadi petunjuk mengenai asal usul mahluk di bumi ini.