Sign in to follow this  
Banyusmom

Liburan Unik Ala Sua Bali

1 post in this topic

Bali, tak hanya terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan telah menjadi obyek wisata yang kepopulerannya mendunia, namun juga terkenal akan adat istiadat dan tradisinya yang masih sangat kental serta masyarakatnya yang masih menjunjung tinggi agama dan budayanya. Tak heran jika tempat ini dikenal dengan sebutan Pulau Dewata karena unsur keagamannya, terutama Hindu, yang masih sangat kental. Ke-eksotis-an pulau yang satu ini oleh para wisatawan asing bahkan sanggup menenggelamkan nama Indonesia sendiri di mata dunia. Jika ditanya, orang asing akan lebih mengenal Bali sebagai sebuah pulau tersendiri dibandingkan Bali sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Aneh memang, tetapi itulah kenyataannya.

 

Mengunjungi Pulau Bali, biasanya wisatawan tak hanya akan membawa kesan mendalam tentang laut-laut dan pantai-pantainya yang menawan, namun juga terhadap adat budaya yang disuguhkan warga masyarakat Bali selama mereka berada di sana. Namun, terkadang, anda tak akan melihat apapun tentang Bali itu sendiri selain hanya menikmati liburan dengan pantai-pantainya dan pulang dengan kelelahan di badan jika anda tak berusaha juga mencari suatu tempat yang bisa memberikan anda pengetahuan lebih detail tentang Bali dan kebudayaannya.

 

Adalah seorang wanita yang kesehariannya marupakan seorang dosen di sebuah perguruan tinggi negeri di Bali bernama Ibu Ida Ayu Agung Mas yang menggagas program agar para wisatawan yang berkunjung ke Bali tak hanya bisa menikmati keindahan pantai-pantainya saja, melainkan juga keunikan adat budaya warganya. Program kepariwisataan yang kemudian diluncurkan wanita ini untuk mewujudkan impiannya untuk lebih memperkenalkan adat budaya Bali disebut dengan PIR (Pariwisata Inti Rakyat).

 

PIR disuguhkan dalam bentuk obyek wsiata yang diberi nama Sua Bali yang lokasi tepatnya ada di Banjar, Medahan, Desa Kemenuh, Kabupaten Sukawati, Gianyar_Bali. Lokasinya sangat strategis, hanya berjarak sekitar 36 kilometer dari Bandara International Ngurah Rai, atau sekitar 21 kilometer saja dari Kota Denpasar dan 7 kilometer dari kawasan wisata Ubud. Tempat yang dibangun sekitar tahun 80-an ini terus berkembang dengan tujuan dasarnya yang masih terus dijunjung tinggi yaitu memberikan layanan wisata kepada para tamu yang datang ke Bali dengan cara mengenal, merasakan, bahkan melakoni apa sesungguhnya Bali dan yang ada di dalamnya.

 

Lalu apa saja yang bisa di dapatkan dari tempat unik yang satu ini, yang tak ditawarkan oleh semua obyek wisata di Indonesia, bahkan di dunia pada umumnya? Sangat banyak sekali, beberapa diantaranya adalah:

  1. Mempelajari Bahasa Bali

Di tempat ini, para wisatawan termasuk anda bisa belajar secara langsung Bahasa Bali (bahasa lokal). Untuk wisatawan asing, ada juga pelajaran Bahasa Indonesia nya juga. Pendidikan bahasa di tempat ini sangat santai, nyaman, dan tidak terkesan menggurui, sesuai dengan tujuan wisata yang selalu harus diterapkan. Jadi, bukan seperti kursus-kursus bahasa yang formal.

  1. Memasak

Yang ini mungkin paling cocok untuk anda kaum perempuan. Mengingat bahwa Bali memiliki banyak makanan khas yang memiliki cita rasa tinggi, kegiatan belajar memasak di Sua Bali ini layak menjadi kegiatan favorit bagi anda. bahkan tak hanya memasak saja, di tempat ini diajarkan juga bagaimana cara warga Bali memilih sayur-sayuran sampai bagaimana tradisi mereka dalam tawar menawar. Unik bukan?

  1. Kerajinan tangan dan kebudayaan Bali.

Kegiatan yang satu ini menjadi paling favorit, namun memang paling sulit diantara yang lainnya. Anda dan para wisatawan lain akan diajari bagaimana cara menghasilkan berbagai karya seni yang biasanya anda temukan sebagai souvenir maupun karya seni khas Bali. Beberapa contohnya adalah memahat patung, belajar Tari Bali, melakukan tradisi pernikahan ala bali, dan lain sebagainya.

  1. Berkeliling pulau Bali

Ini juga merupakan satu yang menjadi favorit. Dengan tour guide professional, para wisatawan diajak berkeliling Pulau Bali ke tempat-tempat wisata mulai dari pantai-pantai, pura-puranya, sampai ke tempat-tempat perbelanjaan yang ada di pulau tersebut.

  1. Penginapan yang unik

Tak seperti hotel-hotel lainnya yang ditawarkan di luar Sua Bali, di tempat ini anda bisa menikmati sebuah hunian dengan konsep rumah asli penduduk Bali lengkap dengan desain serta perabotan-perabotan yang biasa digunakan warga bali sehari-hari. Jadi, di tempat ini anda pun bisa merasakan bagaimana sejatinya kehidupan seorang warga Bali .

 

Bagaimana? Sangat unik dan menarik kan? Jadi, jika suatu saat nanti anda berkunjung ke Bali lagi, agar mendapatkan kesan wisata yang lebih mendalam, ada baiknya anda mencoba berkunjung ke Sua Bali dan siapkan diri untuk mendapatkan kesan wisata yang tak terlupakan tentang pulau yang satu ini.  

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this