Sign in to follow this  
etiquoe

Kuliner di tepi Sungai Musi

6 posts in this topic

Kuliner yang paling khas dari Kota Palembang pastinya pempek salah satunya yang terkenal ya.. tapi kali ini saya bukan mau bahas soal pempeknya. Melainkan salah satu pusat kuliner di kota ini, yang lokasinya sangat mudah dijangkau.

Di tepi sungai musi, ada semacam pasar kuliner. Biasanya paling rame sore sampe malem.

Ada macem-macem kuliner yang dijual di sini. Rata-rata masakan khas Indonesia. Harga rata-ratanya pun kalo menurut saya standar. Nggak mahal-mahal amat, tapi juga nggak murah. Biasa aja.

Yang saya suka, dari makanan-makanan yang dijual, karena mungkin di daerah Palembang, jadi ada beberapa yang membawa ciri khas cita rasa Palembangnya. Seperti misalnya pindang, ada tambahan tempoyaknya (durian yang difermentasi). Atau sambal-nya, ada campuran buah nenas yang dominan.

Kebetulan sih saya suka masakan Palembang, jadi cocok-cocok aja sama makanan-makanan yang ada di sini.

Kalo misalnya ke Palembang, nggak ada salahnya berkunjung ke kawasan kuliner ini.

Selain ngeborong pempek tentunya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

aku kalo masakan palembang paling suka ikan asam pedasnya...

sambelnya pedes trus ada asem asemnya gimana gitu, seger banget,

di tepi sungai musi malah ngga nyariin pempek, tapi malah nyariin ikan.. segala macam maskaan ikan deh..

i love it

Share this post


Link to post
Share on other sites

aahahh.... sayang banget gan, ane ga kesana waktu maen ke palembang. tapi ane sempet nyebrang pake getek dari daerah orang laut itu gan. hmm.....dengar2 dinpar palembang akan mengembangkan restoran2 terapung loh, mudah2an nanti ane kesana ni proyek udah jadi. makin seru nih. tapi cuma satu kurangnya, panas banget gan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

hmm.....dengar2 dinpar palembang akan mengembangkan restoran2 terapung loh, mudah2an nanti ane kesana ni proyek udah jadi. makin seru nih. tapi cuma satu kurangnya, panas banget gan.

Restoran terapung di Sungai Musi ini ya maksudnya? Wah, bagus juga ya ide-nya.. Cuma mungkin kebersihan Sungai Musi-nya sendiri harus lebih diperhatikan. Terakhir saya lihat sih agak banyak sampah gitu deh

Share this post


Link to post
Share on other sites

wahhh,,, langsung laper ni bacanya :D

kalo soal kuliner2an saya suka banget soalnya...

btw mana ni poto2nya, soalnya lebih asik kalo ada foto, jadi kita bisa ada gambaran tentang tempat ni :D

Nice Info n Thanks. . .

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Riohandoko21
      Halo,
      Salam Kenal Semua nya, Setahun kemarin saya dan istri sepakat untuk meluangkan waktu buat jalan-jalan keliling Indonesia.
      Saya jalan - jalan beserta istri dan anak kami umur 1 thn.
      - Trip Pertama kami Ke Bandung (Baby Umur 8 Bulan)
      - Trip Kedua ke Belitung ( Baby Umur 1 thn)
      - Trip Ketiga Ke Sumba NTT (Baby Umur 1,2 Thn)
      - Trip Keempat Ke Bogor ( Baby umur 1,4 Thn)
       
      2018 Ini Trip nya Ke Raja Ampat, Awal Bulan February.



    • By petrus.sitepu
      Pada saat anda mengunjungi sebuah kota yang belum pernah anda datangi, alangkah baiknya apabila anda mencari makanan dari kota khas tersebut. Seperti penulis lakukan ketika mendatangi kota cirebon, penulis mulai mencari makan khas dari kota Cirebon. Sebut saja tahu gejrot, nasi leko, dochang, dan tentu nasi jamblang. Pasti akan menjadi salah satu pilihan anda ketika wisata kuliner ke kota cirebon. 
      1. Dochang
      Makan asli cirebon ini merupakan perpaduan dari lontong, toge daun singkong, kerupuk yang dicampur dengan sayur oncom doge. Waktu yang tempat untuk makan docang adalah pagi hari, dan lokasi yang direkomendasi untuk makan docang di depan pasar keraton kanoman. Harga seporsi untuk docang seharga Rp 15,000.
      2 Nasi Leko
      Sego lengko merupakan sebutan untuk nasi leko oleh masyarakat cirebon. Nasi leko merupakan percampuran tempe, tahu, tauge, potongan timun yang ditaruh diatas nasi dan disiram dengan bumbu rujak dan kecap. Harga untuk satu porsi nasi leko seharga Rp 15,000.
      3. Nasi Jamblang
      Ketika makan nasi jamblangan rasanya sama ketika makan di rumah makan padang yaitu penuh dengan lauk. Satu bungkus nasi yang dibungkus dengan daun jamblang bisa menggunakan 3-4 lauk yang disediakan tentunya dengan porsi lauk yang tidak terlalu banyak. Hampir 15 lauk disediakan penjual dari tahu dan tempe bacem sampai dengan sate telor puyuh. Harga untuk satu porsi nasi jamblang dengan 2-3 jenis lauk seharga Rp 30,000 – Rp 40,000 tergatung pilihan lauk.
      Keunggulan dari nasi jamblang yaitu daun pebungkus nasinya yang menggunakan daun jamblang.
      4. Tahu Genjrot
      Tahu gejrot sendiri banyak ditemukan dikota kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta. Satu set tahu gejrot terdiri dari 2-3 tahu yang diiris sedang yang disiramkan dengan kuah yang sudah dicampur dengan bumbu antara lain cabe, bawang putih, bawang merah dan gula merah. Rasa yang ditimbulkan ketika anda memakan tahu gejrot yaitu semangat untuk mengeliligi kota cirebon. Harga untuk satu porsi tahu gejrot seharga Rp 10,000
      Jadi makanan apa yang pernah anda coba? selain tahu gejrot? Selamat menikmati wisata kuliner cirebon.
    • By min0ru
      Mencoba Enaknya Makanan di Sushi Hiro Senopati

      Penasaran dengan enaknya Sushi Hiro Senopati yang hanya buka pada saat makan siang dan makan malam saja? Akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk mencobanya minggu lalu. Kami datang pukul 16.55 WIB yang kami pikir 5 menit sebelum buka slot kedua pada hari itu, saat kami tiba parkiran sudah penuh dan meluber sampai pararel dipinggir trotoar jalan senopati.

      Waiting list pun sudah mencapai 5 orang dan setelah tanya-tanya kepada pegawainya, kini Sushi Hiro sudah buka non-stop dari pagi hingga malam sejak beberapa bulan silam. Mungkin karena banyak sekali yang berminat untuk makan disini dari berbagai kalangan :D.

      Setelah 10 menit menunggu antrian, akhirnya nama kami dipanggil karena meja sudah tersedia. Makanan-makanannya hampir semua menggiurkan (kecuali sashimi, karena saya pribadi ngga doyan :P).

      Ngga seberapa lama setelah order diinput, makanan pun datang satu per-satu. Beberapa menu yang kami pesan:
      Shiok Maki 130K Ultimate Truffle Gyu Don with Foie Grass 145K Chicken Teriyaki 65K Tori Skin Fried 25K Ice Chocolate & Ice Vanilla 20K Kaki Guratan 50K
      Makanannya enak-enak hanya yang disayangkan staff mereka agak lamban jika ada permintaan tambahan menu atau tambahan alat makanan, karena kami request untuk minuman sampai 2x baru diantar, begitu juga dengan tambahan sendok – piring harus 2x diminta baru diantarkan, mungkin juga disebabkan oleh ramainya pengunjung.
      But overall, kami pasti akan balik lagi kesini lain waktu karena makanannya benar-benar enak!

      Sushi Hiro Senopati
      Jl. Suryo No.24
      Kebayoran Baru, South Jakarta
      Instagram: @sushihiro_id
      Phone: +6221-72800108

       
       
    • By Bejo Suwito
      Salam kenal dari rental mobil palembang sinarmas
       
    • By dhonnies
      Kali ini saya akan sharing tempat wisata yang gak jauh-jauh amat dari Ikon Palembang, yaitu Jembatan Ampera. ya Palembang terkenal dengan julukan kota Pempek, memang benar karena pempek sendiri merupakan makanan serta masakan khas Palembang yang sudah melekat disana. Selain pempek Palembang juga memiliki ikon yang sangat terkenal yaitu jembatan Ampera. Jembatan ini termasuk jembatan terindah di Indonesia karena pemandanngya yang bagus di malam hari. Bagi anda yang ingin atau sedang berkunjung ke Palembang dan bingung mau kemana serta bingung mau naik apa. Berikut ini tempat-tempat yang menarik yang bisa anda kunjungi yang tidak jauh dari jembatan Ampera.
      1.    Benteng Kuto besak

      Tempat menarik yang tidak jauh dari jembatan ampera yang pertama ialah benteng kuto besak. Benteng Kuto Besak atau yang sering dikenal dengan sebutan BKB ini merupakan bukti bahwa kerajan Palembang Darussalam tersebut berjaya dan berkembang d Indonesia. Melihat benteng Kuto Besak yang ada di Palembang ini mengingatkan kita akan perjuangan bangsa Indonesia pada saat jaman penjajahan.
      Di dalam Benteng Kuto Besak terdapat kantor kesehatan Kodam Sriwijaya 2 dan juga rumah sakit. Bahkan tempat tersebut adalah benteng yang dibangun menggunakan dinding batu. Zaman dahulu benteng ini berfunngsi  digunakan benteng pertahanan dari serangan musuh. Meski sudah dibuat sejak jaman dahulu, benteng ini tetap kokoh dan tidak rapuh.
      2.    Monpera

      Berjalan sedikit dari Benteng Kuto Besak, kita bisa mengunjungi salah satu bangunan bersejarah lainnya di Palembang, yaitu Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA). Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam peperangan 5 hari 5 malam di Palembang pada Januari 1947. Monumen ini terdiri dari 8 lantai yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi yang berkaitan dengan peperangan tersebut. 
      Lantai pertama dan keenam berisi gambar-gambar potret perjuangan rakyat, kemudian di lantai kedua berisi mata uang yang ada di zaman dahulu serta senjata yang digunakan saat peperangan, lantai ketiga dan kelima berisi benda dan peristiwa perjuangan tokoh-tokoh pahlawan di Palembang, lantai keempat berisi piagam penghargaan, piala serta buku-buku yang terkait dengan perjuangan rakyat, lantai ketujuh hanya ada tangga yang menuju ke atap dan lantai teratas adalah puncak atap dari Monpera. Dari atas sini, Anda dapat melihat panorama 360 derajat dari kota Palembang.
      3.    Museum Sultan Mahmud Badaruddin II 

      Di Palembang juga terdapat museum sejarah. Letaknya tidak jauh dari Jembatan Ampera. Nama museumya adalah  Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II ini adalah tempat dimana kita bisa melihat dan mengenang berbagai macam peninggalan-peninggalan dari kerajaan Palembang.
      Museum ini juga memiliki desain arsitektur yang sangat unik. Jika kita perhatikan tangganya, kedua tangganya dibuat melingkar dari kedua sisi, ini menjadikan keunikan tersendiri untuk Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Didalam nya terdapat Berbagai macam peninggalan dari Kerajaan Palembang. Semuanya terawat dan disimpan di museum ini, museum ini pun juga berguna untuk melestarikan benda benda bersejarah yang ada di Palembang agar barang barang peninggalan itu tidak punah.
      4.    Pulau Kemaro

      Pada zaman dahulu Palembang merupakan pusat kerajaan bahari terbesar di Indonesia. Sehingga tidak heran jika Palembang memiliki tempat wisata berupa air dan perairan yang menakjubkan. Salah satu tempat wisata bahari yang patut untuk anda kunjungi yang tidak jauh dari jembatan Ampera adalah Pulau Kemaro. 
      Pulau ini adalah tempat wisata yang menarik dan mengasyikan bagi wisatawan. Bahkan jika musim liburan tiba tempat ini sangat penuh dikunjungi wisatawan. Pulau Kemaro tepatnya berada di tengah perairan Sungai Musi. Disana kita bisa melihat keindahan dan keelokan Sungai Musi.  Selain itu juga pengunjung bisa melihat keindahahan pemandangan di Pulau tersebut. 
      Pulau ini letaknya berada di 6 KM dari Jembatan Ampera. Karena letaknya yang strategis dengan ikon Kota Palembang, tak heran banyak wisatawan yang penasaran dengan Pulau Kemaro ini. Yang Paling menarik dari pulau ini adalah adanya Vihara. Dan sampai saat ini Vihara tersebut masih berfungsi dan sering digunakan untuk acara keagamaan, sehingga tidak mengherankan jika saat berkunjung kesana anda bisa meihat banyak umat Budhha yang berdoa dan berziarah di Vhara tersebut. Selain Vihara itu disana juga terdapat makam seorang putri cantik Palembang.
      5.    Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

      Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin adalah mesjid terbesar di kota Palembang. Masjid ini merupakan tempat ibadah sekaligus tempat wisata religi bagi para pengunjung yang ingin datang langsung melihat bangunan kemegahan masjid ini. Masjid ini dibangun dan dirancang dengan menggabungkan arsitektur dari Eropa, China, dan Indonesia. Banyak para pengunjug yang kagum dengan keindahan bangunan masjid ini dan kenyamanan tempat ini. Selain itu Di dekat Masjid Agung Sultan Mahmud Bahruddin ini juga ada bangunan pasar yang menjual berbagai macam souvenir, kain tenun, kerajinan kayu, maupun makanan atau kuliner khas Palembang yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang kerumah.
      6.    Kampung kapitan

      Kampung Kapitan adalahn salah satu kawasan yang bernilai sejarah tinggi. Karena, kampung ini merupakan tempat pertama kalinya warga Tionghoa menetap di Palembang saat kota tersebut masih dalam jajahan Belanda. Sekarang Kampung Kapitan dijadikan sebagai obyek wisata. . Disana juga wisatawan seakan-akan dibawa menuju ke masa 200 tahun silam. Nilai seni dan budaya yang ada di Kampung Kapitan ini terletak pada struktur dan bentuk bangunan rumah di sana.
      Setidaknya Rumah di kawasan Kampung Kapitan mengandung dua pengaruh budaya, yakni budaya Tionghoa dan budaya Palembang. Budaya Tionghoa terlihat dari bagian dalam rumah dan bagian teras rumah. Sedangkan budaya Palembang dapat dilihat dari bangunan rumah yang menyerupai limas dan ada tiang yang menopang berdirinya rumah.
      7.    Pasar 16

      Bagi yang suka berwisata belanja. Di dekat jembatan Ampera juga terdapat tempat berbelanja. Tepatnya di pasar 16 Ilir. Pasar ini berada di samping sungai musi di kawasan 16 Ilir, Palembang, tepatnya berada di belakang Ramayana. Pasar 16 Ilir diisi oleh ratusan ruko  yang menjual aneka barang yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh. Seperti tas, dompet, atau pun sarung khas Palembang. Dan disana juga terdapat songket Palembang yang sudah terkenal kualitasnya.
      Selain oleh-oleh khas Palembang, Di Pasar 16 ilir ini juga banyak ditemui toko-toko Bahan-bahan tekstil, dan juga tempat ini digunakan untuk jual beli emas. Tak perlu takut soal harga, karena hampir semua barang dijual secara grosir. Bahkan Tempat ini dijuluki sebagai Tanah Abangnya kota Palembang. Jadi tak heran jika Pasar 16 Ilir disebut sebagai destinasi belanja murah di Palembang dan Sumatera Selatan.
       
    • By elinaid
      Usaha pada bidang masakan, saat ini memang sangat menarik. Tapi, tentu membutuhkan berbagai macam faktor pendorong supaya bisnis dapat jalan terus maju dan tak kalah bersaing dengan pelaku bisnis sejenis.

      Salah satu usaha masakan yang dapat kamu jalankan adalah katering. Usaha katering ini cenderung lebih aman ketimbang membuka restoran makan yang belum tentu rame. Selain itu, makanan yang disiapkan oleh katering adalah yang sesuai dengan pesanan. Jadi, dapat diprediksi tidak akan rugi diakibatkan makanan tersisa karena memang makanan yang diolah sesudah adanya orderan.

      Untuk seorang yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis masakan terutama katering, kamu sepatutnya mempelajari terlebih dahulu apa saja yang perlu disiapkan. Jangan terburu-buru membangun bisnis tanpa tahu langkah ke depannya akan seperti apa.

      1. Menambah pengetahuan dan wawasan

      Sebelum mengawali membuka usaha katering, hal pertama yang semestinya kamu lakukan yaitu mencari tahu tentang seluk beluk usaha katering. Seperti yang sedang kamu lakukan sekarang ini dengan melihat tulisan ini.

      Mencari info ini penting, jangan sampai kamu sudah mulai mengelola usaha katering, tapi tak tahu bagaimana mengembangkannya. Akan amat repot dan hasilnya kurang maksimal jika langsung jalan dan kamu baru mempelajari setelahnya. Karena, bisnis makanan itu tentu beda dibandingkan bisnis di bidang fashion atau yang lain.

      2. Siap-siap Modal

      Setelah mempunyai ilmu mengenai katering, langkah berikutnya adalah menyiapkan modal. Modal ini dipakai untuk apa? Tentu saja untuk penyediaan alat. Misalkan saja kamu memerlukan kelengkapan memasak untuk 100 porsi, mungkin bila orderannya masih sebesar itu, kelengkapan yang ada di dapur masih sanggup untuk melayaninya. Akan tetapi, saat pesanan kian banyak, butuh lebih banyak peralatan agar waktu yang digunakan untuk memasak lebih efisien.

      Selain kelengkapan masak, kamu juga memerlukan dapur untuk memasak. Dapur rumah masih dapat dipakai, tetapi perlu penataan ulang supaya ketika mengerjakan orderan lebih mudah. Kamu juga akan memerlukan rak khusus untuk tempat peralatan, bumbu-bumbu, dan peralatan lainnya.

      Untuk pemula, biasanya akan memerlukan biaya yang tidak terlalu besar untuk membeli bahan makanan saat ada pesanan. Estimasi tarif yang diperlukan sekitar 500 ribu sampai 2 juta rupiah. Tentu seluruh itu tergantung dari orderan yang sedang kamu kerjakan.

      3. Menjaga Kualitas Makanan

      Menjaga mutu makanan itu sangat penting, apalagi untuk usaha katering. Karena, konsumen biasanya coba-coba dulu menggunakan jasa katering yang belum pernah ia gunakan. Nah, saat kwalitas dan rasa dari makanan yang kamu masak baik, tentu hal ini dapat menjaga pelanggan supaya nantinya pesan lagi ke katering yang kamu miliki.

      Selain itu, pengunjung sebuah acara pasti akan bertanya pada yang tuan rumah rasa dan mutu makanannya enak. Hal ini juga dapat menjadi promosi gratis yang dapat kamu lakukan.

      Tapi, yang lebih penting lagi, makanan ini ialah barang yang gampang sekali basi. Jika kualitasnya tak kita jaga, tentu dapat memberi pengaruh umur makanan tersebut.

      Dan, saat makanan yang kita sajikan telah tak sesuai, bisa - bisa menyebabkan keracunan.

      4. Selalu Membuat Inovasi Baru

      Setiap bisnis tentu membutuhkan sebuah kreatifitas supaya bisa bersaing dengan kompetitor. Begitu juga dengan bisnis katering, kamu semestinya dapat membikin sesuatu yang baru supaya tidak tertinggal dan tetap bisa menarik pelanggan.

      Kreatifitas dalam bisnis katering ini ada banyak yang dapat kamu lakukan, misalnya memperbanyak menu yang ada, membuat paket dengan harga yang relatif terjangkau atau bersaing dengan kompetitor atau inovasi lain yang mungkin dapat mendongkrak penjualan kamu.

      5. Manajemen Waktu Terkait Penyajian

      Penyedia jasa tentulah sangat terikat oleh waktu, saat ada orderan  yang seharusnya siap jam 8 pagi, tentu kita sudah mengantarkannya lebih awal. Kalau ada orderan untuk acara prasmanan, tentu kita seharusnya lebih awal lagi untuk mempersiapkan semuanya.

      Nah, ketepatan waktu penyajian ini menjadi amat penting karena konsumen tentu tidak ingin jika acaranya jadi batal hanya karena makanan yang belum siap. Oleh karena
      itu, kamu harus dapat memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk mengolah, mengantarkan, serta menyajikan makanan hingga dapat dinikmati oleh konsumen.

      6. Sedikit banyak Belajar Teknik Marketing, Termasuk Dunia Internet

      Di jaman yang serba komputerisasi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi informasi tentu akan menjadi hal yang wajib. Sebagian orang akan mencari sesuatu yang ia butuhkan secara online, termasuk saat akan mencari katering untuk acara yang akan diadakan.

      Tidak perlu hal yang susah dikerjakan, kamu bisa mulai dari membikin sebuah fanspage pada Facebook, atau mungkin membikin sebuah akun Instagram. Nah, ketika mulai bisa memanfaatkan media sosial, langkah selanjutnya adalah membikin sebuah website. website diperlukan agar bisnis yang kamu jalankan nampak lebih serius dan membuat orang lebih percaya.

      Tapi, jangan tinggalkan juga promosi secara offline ya, hal ini tentu tak akan pernah bisa tergantikan.

      7. Sesekali Mencoba Bereksperimen

      Seperti halnya berinovasi, bereksperimen ini juga perlu sekali-sekali dilakukan. Kamu bisa bereksperimen tentang menu yang akan dijadikan, paket yang kelihatannya akan menarik konsumen, atau mungkin sistem penyajian dari makanan. Semua bisa kamu coba dan kreasikan sampai menemukan mana yang hasilnya memuaskan.

      8. Belajar Menetapkan Tarif yang Rasional

      Salah satu alasan konsumen memilih sebuah jasa katering adalah tarifnya yang cocok. Jangan pernah menetapkan harga yang terlalu tinggi sedangkan kamu baru mengawali usaha katering. Tetapkan harga yang sesuai dengan pasar, atau jikalau dapat sedikit bersaing sehingga konsumen akan menggunakan katering milik kamu.

      9. Jangan Bermental Lemah

      Selain mengurusi keadaan sulit teknik perkateringan, jiwa yang kamu punya juga harus kuat. Karena, bisa jadi kamu menerima konsumen yang kurang sabar dan banyak komplain. Apabila mentalmu kurang kuat, bisa jadi baru mendapatkan satu kali orderan saja telah berkeinginan berhenti.

      10. Kendala Umum yang Sering kali Dihadapi
      Ada banyak kendala yang acap kali menjadi problem saat kita membuka usaha katering, seperti banyak pesaing usaha katering, masakan yang tidak cocok dengan selera pelanggan, izin usaha yang belum didapatnya, pengelolaan orderan yang biasanyakerap mendapat komplain.

      11. Belajar dari Orang Lain yang telah membuka bisnis masakan

      Setelah sukses menjalankan bisnis katering, kamu juga perlu untuk menimba ilmu dari pengusaha yang sudah lebih dahulu terjun dalam dunia katering. Ada banyak orang yang dengan suka rela menjelaskan ilmu tanpa ditutup-tutupi.

      Tapi ingat, kamu mesti tahu dengan siapa berbicara. Sebelum belajar dan menggali cerita dan pengalaman, usahakan kamu sudah mengakrabkan diri terlebih dahulu.

      Jangan tiba-tiba seketika meminta untuk diajarkan, padahal kita belum meperkenalkan diri terlebih dulu.

      Nah, itu tadi beberapa hal yang mesti kamu persiapkan ketika memulai membuka usaha katering. Selalu utamakan kenyamanan pelanggan agar kamu menerima konsumen yang setia dan nantinya dia akan mengorder kembali.
    • By talentaorganizer
      Nyai Rasa Resto & Galeri di Jl Cipete Raya No 65, Jakarta Selatan adalah sebuah resto sekaligus galeri seni