Sign in to follow this  
via

Pantai sayang heulang dan santolo

2 posts in this topic

Buat pencinta pantai yg suka bertualang buat menikmati keindahan pantai. Kata orang harus kebali atau ke Lombok, tapi ternyata nga usah jauh jauh kesana ternyata di garut juga terdapat pantai yg nga kalah eloknya.

 

Ya, kita bs menikmati pantai sayang heulang yg terletak di desa manca gahar kecamatan pameungpeuk pesonanya antara lain hamparan karang batu, hembusan angin yang kencang, tempat ini terlihat begitu asri dan alami karena belum banyaknya pembangunan, disini terdapat beberapa tempat berkemah bagi yang suka berpetualang, sambil kita bs melihat kesibukan para nelayan yg memancing ikan dilautan, disini juga sudah terdapat kios kios pedagang, mushola, wc  umum dan tempat parkir, dan tidak lupa juga disini sudah dilengkapi oleh adanya penginapan, , bayangkan ketika disela sela karang yg terhampar luas kita bs mengambil banyak rumput laut namun hal ini bs dilakukan dipantai sayang heulang dimusim musim tertentu saja dan biasanya dilakukan oleh penduduk setempat, nah saking banyaknya karang pantai sayang heulang juga memiliki sebutan pantai karang papak, dimana tempat ini juga menarik sebagai obyek wisata pemancingan.

 

Untuk jarak dari Jakarta melewati jalan tol pantai ini bs dicapai sekitar kurang lebih tujuh jam, dengan jalanannya sich masih berliku liku, sebagai informasi klu dari sabda alam ke Garut jaraknya sekitar 125 meter sekitar 3-4 jam sudah termasuk istirahat dan foto-foto selama perjalanan krn memang selama perjalanan kita akan melihat pemandangan panorama pegunungan yg memukau di sekitar Garut.

 

Dipantai sayang heulang ini juga kita  dapat menjumpai lapangan voli dimana diperuntukkan khusus utk wisatawan, selain itu juga banana boat bs menjadi pilihan, dipantai sayang heulang ini memiliki ombak yg cukup tinggi sekitar 2-3 meter, jadi wisatawan harus lebih berhati hati ketika bermain papan selancar krn  bs melukai tubuh kita ketika jatuh krn selain ombak yg tinggi disana juga msh banyak batu batu besar semacam karang karang yg msh asri.

 

Selain pantai sayang heulang juga terdapat pantai santolo, ya benar ternyata kota garut bukan hanya terkenal dengan dodol nya saja melainkan pantainya juga patut diperhitungkan, pantai santolo ini merupakan salah satu pantai yg paling popular juga di Garut selatan, Pantai ini yg paling sering dikunjungi setelah pantai sayang heulang, Di pantai ini merupakan tempat berkumpulnya para nelayan tradisional dan sampai sekarang diusahakan sebagai tempat wisata yg indah.

Di pantai santolo ini kita bs melihat kapal kapal nelayan yg berlabuh didermaga yg terletak dekat dengan pantai, kegiatan wisata yg bs kita nikmati antara lain yaitu kita bs menikmati panaroma laut, biota laut, dan kita juga menikmati tangkapan ikan dari para nelayan yg tentunya langsung dari laut.

 

Dan yang paling ditunggu tunggu apalagi kalau bukan untuk menikmati sun rise maupun sun set nya yang memang menakjubbkan, sama halnya dengan pantai sayang heulang di pantai santolo ini juga sudah tersedia berbagai fasilitas seperti penginapan, mushola, wc umum dan beberapa pedagang kios dan pedagang cenderamata.

 

Di  pantai santolo ini kita bs menjumpai pelabuhan yg berdiri kokoh peninggalan dari zaman belanda, hal ini terlihat dr kontruksi nya yg kuat.

Selain pantainya ternyata di santolo ini juga terdapat beberapa bangunan lapangan yg luas, tempat tersebut ternyata adalah lembaga penelitian antariksa nasional atau lbh dikenal dgn LAPAN  selain itu juga terdapat bungker bungker peninggalan belanda serta  pangkalan militer semacam lapangan terbang, jadi di garut ini makin keselatan makin banyak tempat tempat wisata yg bisa kita jumpai dan makin mengasyikkan juga.

 

Jadi memang pantai sayang heulang dan pantai santolo sangat berdekatan jaraknya hanya sekitar 30 menitan bahkan banyak wisatawan yang menyangka bahwa pantai sayang heulang merupakan atau sama saja dengan pantai santolo yang membedakan adalah pantai santolo lebih fokus dan condong seperti pasar ikan.

 

Sebenarnya pantai sayang heulang maupun pantai santolo tidak kalah indah, serta pasirnya yg halus dan indahnya air laut yg jernih dan biru namun karena kurangnya promosi dan campur tangan pemerintah maka pantai ini kurang ditata dengan baik sehingga fasiltasnya kurang memadai dan memuaskan padahal pantai ini memiliki potensi yg cukup tinggi untuk dikenal lebih banyak wisatawan dan dpt menjadi tujuan tempat wisata tahunan.

 

post-41-0-74322000-1358769637_thumb.jpg

 

Pantai sayang heulang

 

post-41-0-48219000-1358769678_thumb.jpg

 

Pantai santolo

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this