Sign in to follow this  
3131802

Suriname, Jawa di Amerika

6 posts in this topic

Teman2, ada yang tahu Suriname? Negara yang ada di benua Amerika ini ternyata punya hubungan yang erat dengan orang Indonesia khususnya Jawa. Jadi dulu sebagian besar penduduk Suriname ini berasal dari tanah Jawa. Ini disebabkan Suriname juga negara bekas jajahan Belanda. Dan dulu, pada abad ke 18, orang-orang Jawa di negeri kita ini dibawa ke Suriname buat dijadikan kuli. Nah, oleh karenanya, banyak orang Jawa yang akhirnya menetap dan mempunyai keturunan di sana.

 

Beberapa tempat di Suriname masih menggunakan nama Jawa, bahkan ada partai yang juga dikepalai dan beranggotakan asli keturunan Jawa. Nama partainya juga jawa. Bahasa Jawa pun masih digunakan dan bisa dikatakan jadi bahasa kedua di sana setelah bahasa nasionalnya. Waktu Indonesia merdeka, banyak yang akhirnya pulang lagi ke Indo. Terus waktu Suriname dapet juga kemerdekaannya, mereka dikasih pilihan apakah ingin tetap tinggal di sana atau kembali ke Indo. Sekarang sekitar 15% penduduknya adalah etnis Jawa. Tapi yang sekarang banyak yang belum pernah ke tanah Jawa itu sendiri. Biar terpisah jarak yang sangat amat jauh, ternyata kita masih sodara :D Unik ya?

 

orangjawa_zps272c4a36.jpg

 

0836554p.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Banyak pemain bola hebat2 yang berdarah surinam. seperti Ruud Gullit, Frank Rijkaard, Edgar Davids, Clarence Seedorf, Patrick Kluivert, dan Jimmy Floyd Hasselbaink.

 

 

mesti mampir ini kalau ke Amerika :)

jadi tidak hanya berbahasa Inggris saja, mengajak mereka untuk bicara bahasa Jawa juga jadi nyambung ya :D

coba pemain bolanya diajaka ngomong Jawa, bisa ga? :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By syuhadaali
      Cianjur adalah sebuah kabupaten yang berada di anatar Bandung, Sukabumi, dan Puncak. Banyak sekali keunikan yang tidak dapat kita temukan kecuali di Cianjur. Budaya Sunda yang masih kental dengan ciri khas cengkok saat percakapan dilakukan sudah jarang kita jumpai di daerah lain yang sama-sama menggunakan babasan Sunda, peribahasa Sunda, dan dialek bahasa Sunda, seperti Bogor contohnya.
      Saya berkesempatan untuk mengunjungi dan mengeksplorasi seluruh daerah Cianjur. Mulai dari Cianjur Selatan hingga daerah Cipanas yang merupakan daerah Cianjur dengan nuansa yang unik.
      Berikut ini beberapa kebiasaan masyarakat Cianjur yang saya saksikan ketika disana. Saya membandinhkan kebiasaan masyarak Cianjur di daerah desa denga daerah kota yang mempunyai keunikan tersendiri.
       
      1. Ngurek (memancing belut)
      Daerah Cianjur kita kenal sebagai salah satu sentra tanaman padi. Salah satu jenis padi yang merupakan ciri khas dari Cianjur adalah beras pandan wangi yang mempunyai tekstur dan aroma padi berkualitas yang sangat khas.
      Di hamparan luasnya sawah Cianjur, banyak ditemukan orang-orang yang mencari belut setiap sore hari. Hal ini biasa disebut ngurek dalam bahasa Sunda. Berbekal tali nilon yang sudah dililit dan diberi kail, masyarakat Cianjur biasa berburu belut pada sore setelah ashar hingga menjelang magrib.
      Menurut warga sekitar, saat ini belut yang mereka dapatkan jumlahnya berbeda jauh dengan waktu tahun 90-an hingga 2000. Saat itu, warga dapat mendapatkan hingga puluhan belut sehari. Sedangkan saat ini, 5 belut saja sudah susah di dapatkan.
      Menurut mereka, alasan utamanya adalah penggunaan pupuk kimia yang membuat berkurangnya jumlah belut. Selain itu, masa panen yang lebih pendek membuat umur belut untuk bertahan di sawah juga berkurang. Karena jika sudah dipanen, biasanya rumah belut akan tercungkil ketika sawah mulai di traktor untuk penanaman padi selanjutnya.
       
      2. Mosong
      Mosong adalah aktivitas dengan tujuan yang sama dengan ngurek, yaitu untuk mencari belut. Bedanya, ngurek dilakukan pada sore hari dengan ara memancing belut menggunakan umpan, lalu umpan digerakkan memutar menggunakan nilon supaya terlihat bergerak.
      Hal ini akan membuat belut tertarik dan memakan umpan tersebut yang sebenarnya sudah diberi kail. Bedanya dengan ngurek, mosong biasanya dilaksanakan dengan bantuan alat berbentuk jebakan.
      Waktu penjebakan biasanya dilakukan pada siang hari ketika belut belum terbangun, jebakan diisi oleh cacing, anak katak, atau ikan kecil. Selanjutnya posong (alat jebakan) ditaruh di dekat lubang belut dan ditutupi oleh jerami (rumput kering) supaya jebakan tidak terlihat oleh target.
      Setelah ditaruh pada siang hari, posong biasanya diambil pada waktu pagi (setelah shubuh). Diperlukan ingatan yang tajam untuk mengetahui di mana posisi menaruh jebakan. Luasnya sawah dan kemampuan kuatnya ingatan akan memaksimalkan hasil yang di dapat.
      Karena jika yang menyimpan jebakan lupa, maka terkadang banyak jebakan yang tidak ditemukan sehingga justru mengalami kerugian. Akan tetapi, serta orang Cianjur yang melakukan aktifitas mosong ini mempunyai daya ingat yang luar biasa. Pak Ahmad, salah satu masyarakat Cianjur di Kecamatan Cibeber yang saya temui bahkan mengetahui dengan pasti di sawah siapa ia menyimpan jebakan belutnya.
      Dalam sebuah sebuah jebakan, terkadang terdapat lebih dari satu belut yang masuk. Bahkan sering kali masyarakat mendapatkan korban tak terduga seperti ular. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian ketika mengeluarkan hewan yang terjebak. Karena mungkin saja ada ular yang masih hidup terjebak di dalam posong.
      Dalam sehari, pak Ahmad mengklaim dapat membawa pulang setengah hingga 1,5 kg belut dengan bermodalkan ratusan posong yang ia bawa.
       
      3. Balapan Motor di Jalan Baru Cianjur
      Beda di daerah pedesaannya, beda pula di daerah perkotaannya. Jika di daerah pedesaan tadi saya melihat banyak aktifitas yang sangat kental dengan budaya dan kesederhanaan, di daerah Kota Cianjur yaitu di dekat Terminal Pasir Hayam banyak aktifitas yang kurang lebih sama dengan di kota-kota besar.
      Salah satunya adalah perlombaan balapan motor drag. Uniknya, perlombaan disini merupakan sebuah acara resmi yang biasanya diadakan pada setiap akhir pekan dan hari libur. bahkan, meskipun dilakukan di jalan umum, pihak polisi Cianjur sendiri yang menutup jalan sementara untuk dilakukan balapan motor.
      Tujuan dari kegiatan tersebut menurut salah satu anggota polisi polres Cianjur adalah untuk meminimalisasi tindakan kriminal. Salah satunya dengan memfasilitasi hobi anak muda yang jika tidak diselenggarakan dan diawasi oleh polisi berpotensi terjadi keributan. Dengan diadakannya balapan motor yang dikawal langsung oleh polisi, maka otomatis peserta dan penonton akan segan jika terjadi keributan.
      Alasan tersebut menurut saya unik dan tepat untuk meminimalisasi terjadinya keributan antar geng atau kelompok pemuda. Sehingga dengan diadakannya event semacam itu, maka hobi para bikers juga dapat tersalurkan. Hal ini juga bertujuan meminimalkan acara balapan liar di Cianjur.
       
      Itulah beberapa hal yang saya alami ketika berkunjung ke Cianjur untuk sedikit mengenal kebudayaan dan kebiasaan masyarakat di sana. Sebuah daerah yang menurut saya mempunyai keunikan tersendiri. Pasalnya, ada daerah di selatan Cianjur yang merupakan daerah yang budayanya masih kental dengan teknologi yang terbatas. Sedangkan di daerah kota terdapat masyarakat dengan kebudayaan modern yang masih tertata oleh pemerintahannya.
      SUMBER
    • By Eko Carbon Prasetyo
      Walaupun lahir,gede,makan,minum,tidur dan hidup di boyolali..
      Ini kali pertama saya melihat yang namanya kirab budaya sebaran apem..
      Boro-boro yaqowiyu yang di jatinom,lihat yang di penggng aja baru kali ini...
      dan menurut informasi temen saya yang orang situ,setahun ada sekitar 3 kali event budaya seperti ini diadakan di pengging.Mungkin masih kalah jauh animonya dengan event serupa yang diadain di Jatinom,next time saya pengen bikin video kirab padusannya karena biasanya pas padusan itu eventnya lebih gede.O ya,padusan adalah prosesi pen sucian diri yang dilakukan orang jawa,khususnya jawa tengah,yang diakuin menjelang memasuki bulan puasa yang tujuannya agar di bulan tersebut kami mampu menjalani ibadah ramadhan secaa lahir dan batin.
      Apa aja yang saya lihat?
      lihat aja disini
    • By Tarmizi Arl
      Apakah kamu pemburu senja? Mencintai ketenangan yang dihadirkan oleh semburat mentari kala menuju peraduannya?
      Senja sejatinya tidak hanya menarik bagi mereka yang mencintainya, melainkan bisa dengan mudah dicintai oleh siapapun. Itulah keajaiban senja. Keajaiban yang diciptakan Sang Maha Cipta sebagai bentuk pengingat umatnya untuk setidaknya meluangkan sedikit waktu menikmati keindahan alami dari rutinitas alam.
      Indonesia sendiri sudah sangat terkenal sebagai surganya penikmat sunset dengan berbagai variasi. Kamu menyukai gunung, lembah, hingga pantai bisa menikmati sunset di Indonesia tercinta ini.
      Kali ini, kita akan menelusuri tempat-tempat di Pulau Jawa yang memiliki spot terbaik untuk melihat lukisan alam berupa senja. Apakah salah satu atau beberapanya sudah pernah kalian alami?
       
      1. Bagai Terbingkai, Sunset di Istana Ratu Boko Jogja Dijamin Membuatmu Tak Henti Terpanah

      Sudah mengenal tentang Situs Ratu Boko? Situs atau Candi yang berada di Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta ini memang sudah sangat populer dan diburu oleh wisatawan. Tidak hanya karena merupakan peninggalan sejarah, namun juga karena situs ratu boko ini memiliki bentuk yang artisitik untuk difoto, apalagi saat senja tiba.
      Senja menjadi waktu terbaik datang dan menikmati peninggalan agung abad ke-8 ini. Lokasinya yang berada di atas bukit ketingian 196 mdpl menjadi alasan mengapa sunset disana berhasil memanah siapa saja yang datang.
      Jika kalian berniat datang ke Istana Ratu Boko ini bukanlah hal sulit karena berjarak hanya sekitar 18 km dari Stasiun Tugu Jogja. Jika kebetulan menggunakan angkutan umum, bisa naik Transjogja rute 1A tujuan Prambanan. Barulah kemudian harus dilanjutkan dengan naik ojek karena belum tersedia angkot yang langsung menuju lokasi.
      Tiket masuknya sendiri terbagi dalam 2 tipe yaitu sebelum jam 3 sore sebesar Rp 25 ribu dan setelah jam 3 sore sebesar Rp 100 ribu. Ya, perbedaan ini dikarenakan memang saat senja merupakan waktu paling populer sehingga dikenakan biaya jauh lebih mahal. Namun jika ingin lebih hemat maka tentu datanglah sebelum jam 3 dengan resiko harus menunggu lebih lama tentunya untuk menuju momen senja yang dinanti.
       
      2. Rasakan Betapa Indahnya Karunia Tuhan Kala Senja di Air Terjun Toroan Madura

      Sudah pernah mengenal Air Terjun Toroan? Air terjun ini terkenal karena mengalir langsung ke lautan lepas alias berlokasi di tepi pantai. Berlokasi di Desa Ketapang Daja, Kabupaten Sampang, kalian jangan sampai melewatkan mengunjungi objek wisata ini jika ke Pulau Madura. Jika melalui Jembatan Suramadu, kalian bisa mengikuti jalur Jalan Pantura Bangkalan kemudian melalui Kecamatan Ketapang kemudian hanya sekitar 4 km akan sampai di Air Terjun Toroan tersebut. Atau jika dari Kota Sampang, jaraknya sekitar 43 km.
      Air Terjun Toroan memang menyimpan sejuta pesona. Tidak hanya dari keunikannya karena langsung bermuara ke Laut Jawa, tetapi juga karena kealamian yang masih terbilang perawan. Ya, air terjun ini belum begitu banyak dikenal sehingga memang belum serius dikelola bahkan belum ada fasilitas penunjang wisata seperti toilet, dan sebagainya.
      Dengan segala kealamiannya tersebutlah yang akhirnya membuat air terjun ini semakin menawan, terutama ketika senja menjelang. Kalian bisa melihat dua mahakarya secara bersamaan yaitu air terjun bersanding dengan semburat jingga dari matahari yang bersiap menuju peraduan.
      Keindahan yang tidak hanya dapat dinikmati secara visual namun juga secara pendengaran dari riuh air terjun, burung yang berterbangan, dan suasana alam lainnya. Kolaborasi tersebut akhirnya mampu menusuk ke jiwa hingga akan terekam secara indah dalam memori siapa saja. Jadi, bagi kalian pemburu senja, jangan lewatkan melihat keagungan alam milik Air Terjun Toroan, ya !
       
      3. Pantai Buyutan di Pacitan Tak Sekedar Indah Kala Senja, Tapi Nampak Artistik nan Eksotis

      Jika kalian pemburu sunset sejati, sangat disarankan untuk menyempatkan diri ke Pantai Buyutan yang berada di Kecamatan Donorojo atau sekitar 44 km dari pusat Kota Pacitan, Jawa Timur. Ada dua pilihan untuk menikmati pantai ini yaitu dari atas tebing atau turun ke pantainya. Keduanya sama-sama mempesona. Jika dari atas, hijaunya rumput berpadu lahan pertanian akan menjadi dasar alam, sedangkan jika turun ke pantai maka putihnya pasir akan membuat terlena mata. Dan beruntungnya lagi ialah untuk turun ke pantainya kini sudah terbangun jalan sehingga tak perlu bertaruh nyawa melewati tebing.
      Yang menjadikan spesial dari pantai ini ialah keberadaan karang-karang besar dan yang paling artistik ialah sebuah karang bernama Watu Narodo. Bisa dikatakan bahwa karang satu ini menjadi landmark dari Pantai Buyutan itu sendiri.
      Menikmati keindahan pantai dengan ombaknya yang berkejaran nampak akan membuat terlena, namun tetaplah berhati-hati karena ombak yang besar khas pantai selatan selalu menghantui. Jadi tak perlu dan memang tidak disarankan untuk berenang, cukup nikmati saja keindahan yang sudah sangat mempesona.
      Tentunya kalian juga tak boleh menyia-nyiakan kesempatan emas melihat langsung spot terbaik sunset di Pacitan ini. Dari pantai ini, semburat jingga akan memberikan kesan dramatis yang tak bisa ditemukan di lokasi lain. Apalagi dengan adanya Karang Watu Narodo yang akan menjadi lukisan siluet terbaik milik alam. Dijamin kalian tidak akan pernah merasa puas untuk mengabadikannya dalam jepretan foto.
       
      4. Magelang Punya Punthuk Sukmojoyo untuk Memuaskan Hasratmu Berburu Senja

      Ini dia objek wisata di Magelang yang mungkin belum banyak dikenal luas oleh wisatawan pecinta alam, Punthuk Sukmojoyo. Beralamatkan di Dusun Krinjing, Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, objek wisata alam di ketinggian 1000 mdpl ini sangat cocok bagi kalian pemburu senja ataupun fajar. Ya, karena berada di atas ketinggian membuat Punthuk Sukmojoyo dapat merekam dua fenomenal rutin sekaligus yaitu sunrise dan sunset.
      Untuk menuju puncaknya, kalian harus mendaki sekitar 20 menit. Terlihat singkat namun karena cukup curam sehingga akan cukup pula menghasilkan peluh. Siapkan fisik termasuk makanan dan minuman untuk berjaga-jaga. Tetapi, jika sudah sampai di atas puncak, maka tak ada pilihan lain selain menikmati panorama lanskap yang dihadirkan.
      Dari atas Puncak Puncak Sukmojoyo, kalian bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, bahkan termasuk Candi Borobudur. Semuanya nampak terhampar luas didepan mata. Apalagi, sudah tersedia plaza kecil seperti rumah pohon yang siap membuat puas pandangan sekaligus mempercantik foto apalagi saat sunrise dan sunset.
      Di kala senja, bentang alam yang dilapisi jingganya cahaya mentari akan membuat kalian tak ingin berkedip. Begitu luas dan siap memukau pengunjung, Jangan sia-siakan untuk mengabadikan momen tersebut karena ada banyak pilihan spot untuk menghasilkan foto dengan cerita dan kesan yang berbeda-beda.
      Jika kalian tertarik untuk datang, kalian bisa langsung menuju arah candi Borobudur lalu ambil jalan ke Amanjiwo atau Rumah Kamera. Ikutlah jalan menuju Desa Giri Tengah, kalian bisa tanya ke penduduk setempat jika bingung karena jalannya cukup banyak kelokan. Jika sudah tiba di Desa Giri Tengah dan melihat Balai desa, kalian tinggal belok kanan dan menemukan masjid, disanalah awal perjalanan kalian untuk mendaki. Kendaraan bisa kalian titipkan dimasjid karena sudah ada petugas parkirnya.
       
      5. Panorama Senja Milik Pantai Puncak Guha di Garut, Tak Kalah Memukau Mata

      Garut tidak hanya tentang kesejukan di dataran tinggi, karena Garut Selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Salah satu panorama indah yang dimiliki Garut ialah Pantai Puncak Guha. Pantai apa Puncak? Ya, begitulah nama pantai ini, dinamakan demikian karena pantai ini berbatasan langsung dengan tebing tinggi dengan kata lain wisatawan akan menikmati lautan lepas dari atas ketinggian.
      Lokasi pantai ini berada sekitar 2 km dari Pantai Rancabuaya atau sekitar 90 km dari Pusat Kota Garut. Wisatawan pada umumnya lebih mengenal Pantai Rancabuaya, padahal Pantai Puncak Guha yang berada di tepi jalan ini juga tak kalah menariknya apalagi saat senja mulai menunjukkan dirinya. Tiket masuknya sendiri hanya sebesar Rp 5ribu per orangnya.
      Sebelum benar-benar berada di puncak, pengunjung memang harus melakukan usaha lebih terlebih dahulu yaitu dengan menaiki tanjakan. Namun semua kelelahan yang mungkin dirasa akan langsung terbayar ketika sudah sampai di puncak. Luas dengan deburan ombak pantai selatan yang terkenal dahsyat.
      Sebenarnya tidak hanya panorama dari atas bukit saja yang menjadi daya tariknya melainkan juga bisa menuju goa di salah satu sisi tebing. Hanya saja karena terlalu curam, tidak semua orang berani menuju goa tersebut.
      Sebagaimana tema tulisan kali ini, maka waktu terbaik untuk datang ialah saat sore hari. Romantisme senja yang dihadirkan akan memberikan pengalaman yang spesial. Ditambah lagi, puncak Pantai Guha ini merupakan padang rumput yang luas sehingga akan memberikan pandangan yang seolah tanpa batas langsung menuju barat tepat ke peraduan sang mentari.
       
      6. Pulau Umang di Banten Menjadi Penutup Sunset-nya Pulau Jawa

      Tidak benar-benar berada di garis ter-Barat dari Pulau Jawa memang, namun cukup menyimbolkan diri sebagai penutupnya mentari di Pulau Jawa. Begitulah Pulau Umang yang berada di provinsi paling Barat Pulau Jawa, Banten.
      Masuk dalam Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Perjalanan menuju Kecamatan Sumur dapat ditempuh sekitar 6 jam dari Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan boat menyebrang ke Pulau Umang hanya sekitar 10 menit. Untuk urusan akomodasipun tak perlu dikhawatirkan karena ada beberapa pilihan penginapan di dalam pulau umang ini.
      Menikmati keindahan pulau umang ini ada baiknya dinikmati secara penuh seharian, karena selain melihat sunset, kegiatan snorkeling juga sangat direkomendasikan mengingat keindahan biota laut yang dimiliki perairan barat jawa ini. Jika tidak ingin snorkeling pun, menikmati keindahan laut biru berpadu pasir putih juga bisa dilakukan dengan sekedar bersantai di pantai hingga momen yang ditunggu pun tiba. Ya, keindahan senja dari Pulau Umang.
      Senja di Pulau Umang ibarat magnet bagi wisatawan untuk datang. Banyak spot yang bisa kalian pilih untuk menghasilkan siluet tersendiri dari hasil kilau mentari sore. Kesemuanya menghadirkan kesan tersendiri yang akan membuat kalian tidak menyesal. Tentunya agar lebih maksimal, datanglah saat musim kemarau, ya.
       
    • By Penempuh Rimba
      MACCERANG MANURUNG
      Adalah salah satu tradisi budaya yang ada di Kabupaten Enrekang. Perhelatan budaya ini diadakan sekali dalam 8 tahun di Desa Mata Kali, Kecamatan Maiwa, kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, sekitar 9 km dari ibukota kabupaten.

      Maccerang Manurung banyak dikunjungi orang, bukan hanya pengunjung lokal tetapi juga dari luar propinsi bahkan perantauan yang pulang dari Malaysia.
      Maccerang Manurung dilaksanakan dengan maksud memohon keselmatan dan Rezeki dalam menjalani kehidupan sekarang dan masa yang akan datang.

      Maccera adalah mendarah, yaitu menyembelih binatang untuk dipersembahkan bagi penguasa alam.
      Manurung berasal dari bahasa Bugis yang dalam terjemahan bebasnya berarti “orang yang turun dari ketinggian/kayangan” dengan sifat-sifat khusus seperti:
      Tumanurung tidak dikuburkan apabila meninggal dunia karena tubuhnya menghilang tinggal kapaian atau kerisnya,
      Tumanurung dapat dengan tiba-tiba tidak bisa dilihat, kadang berada di dekat kita,
      Tumanurung memiliki rasa kemanusiaan yang mendalam atau menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,
      Tumanurung cakap dan mempunyai wibawa pemimpin dan pembimbing masyarakat, sangat bijaksana, banyak mengajar masyarakat bercocok tanam, dan berternak dengan baik,
      Tumanurung banyak tahu, terbukti bimbingannya kepada masyarakat untuk memuja dan menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

       
    • By onesecond
      Kenalan dengan Batik Nusantara Yuk!

      Batik, seni melukis yang menggunakan canting ini semakin hari semakain di kenal dunia. Setelah sempat diributkan siapa pemilik aslinya, Indonesia atau Malaysia, UNESCO pun menetapkan batik sebagai warisan budaya negeri kita. Seni membatik banyak diaplikasikan di berbagai kerajinan tangan, termasuk di item fashion, pakaian yang paling popular.

      Warisan nenek moyang kita ini memang tak pernah usang di makan waktu seiring kreativitas anak bangsa yang semakin berkembang. Tapi, tahukah kamu jika Presiden Soeharto adalah orang yang pertama kali memperkenalkan batik kepada dunia? Yap, presiden kedua Indonesia itu memakai batik saat konferensi PBB berlangsung.

      Nilai batik semakin hari semakin tinggi karena nilai budaya yang juga terkandung di dalamnya. Di Indonesia, di berbagai wilayah punya motif batik masing-masing yang melambangkan ciri khas dan budaya daerah itu sendiri. Sebagian besar batik yang banyak diminati adalah batik yang berasal dari Pulau Jawa, karena itulah sebagian besar daerah di Pulau Jawa memproduksi batik. Seperti Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Cirebon, dan Banten. Walaupun demikian, daerah yang berada di luar Pulau Jawa juga banyak yang memproduksi batik.

      Yuk kita kenalan sama jenis-jenis batik di berbagai daerah. Nggak Cuma bisa dipakai sendiri, batik bisa jadi oleh-oleh kalau kita berkunjung ke daerah-daerah pengrajin batik, lho.

      Berikut ini adalah batik yang berdasarkan daerah dari Pulau Jawa :

      ·         Batik Pekalongan
      Daerah ini terkenal dengan produksi kerajinan batiknya. Jenis motif batik pekalongan ini diantaranya adalah jlamprang, terang bulan, sekar jagad, lung-lungan, dan pisan bali. Yang paling menonjol atau menjadi cirri khas dari batik pekalongan ini adalah motif bunga dan dedaunannya.

      ·         Batik Yogyakarta
      Bicara tentang Jogja memang nggak pernah ada habisnya. Selain sebagai kota pelajar, Jogja adalah kota budaya dan salah satu kekayaan budayanya adalah batik Jogja. Pada zaman dahulu batik hanya dipakai oleh orang-orang terkemuka seperti keluarga keraton. Namun berbeda dengan sekarang, saat ini siapa pun bisa menggunakan batik walaupun sebagian dari mereka masih ada yang mengkhususkan batik yang hanya bisa dipakai oleh keluarga bangsawan.

      Motif yang dimiliki batik Jogja ini antara lain, motif Parangkususmo, motif Truntum, motif Liris, motif Parang, motif Kawung, motif Udan Nitik, dan motif Tambal. Pola besar dan simetris menjadi ciri khas dari motif batik Jogja ini. Mendapatkan batik di Jogja sebagai oleh-oleh sangatlah muda. Kamu hanya tinggal mengunjungi kawasan malioboro karena di sana, kamu bisa menemukan berbagai lokasi khusus batik, dari mulai jalan malioboronya sendiri, pasarnya, hingga di dalam mallnya.

      ·         Batik Madura
      Kota yang satu ini punya banyak sekali motif menarik untuk batiknya. Biasaya, jenis motif yang berasal dari Madura ini antara lain adalah motif bunga, burung, serat kayu, dan juga tanjung bumi.


      Nah, untuk lebih mudah lagi mengenal ciri batik Madura, kita bisa mengenalinya dengan warna-warna yang berani atau warna-warna yang mencolok. Misalnya, ada yang berwarna merah, biru, kuning, dan hijau. Warna yang dihasilkan pada batik ini menggunakan bahan pewarna alami, sepeti ting, mengkudu dan kulit mundu. Motif pada batik Madura ini antara lain motif binatang dan tumbuhan. Uniknya, desain yang terdapat pada batik ini memiliki cerita tentang kehidupan sehari-hari warga Madura.

      ·         Batik Solo
      Solo, kota yang masih menjunjung tinggi adat jawa yang kental. Batik Solo merupakan batik yang banyak dikenal, karena di kota ini terdapat lokasi yang menjadi pusat pengrajin batik. Jika kamu mengunjungi Solo, kamu bisa mengungjungi kampung Laweyan dan kampung Kauman yang banyak memproduksi batik. Motif batik yang terkenal di Solo adalah motif Raturatih, Sidoluruh dan Sidomukti. Warna yang menjadi ciri khas pada batik ini adalah coklat. Dan kayanya lagi, setiap motif punya makna masing-masing.

      ·         Batik Cirebon
      Cirebon, kota ini juga merupakan penghasil batik lho. Kamu pasti bisa membedakannya karena batik Cirebon banyak juga beredar di pasar dan cukup diminati. Motif yang terkenal adalah mega mendung di mana motif ini memiliki dua warna yaitu warna biru muda dan tua. Masing-masing dari warna tersebut memiliki makna. Warna biru muda melambangkan kehidupan yang semakin cerah. Sedangkan warna biru tua menggambarkan awan yang gelap dan memiliki curah hujan yang tinggi.

      Selain warna biru, batik ini juga berwarna merah, kuning, dan hitam. Bentuk pola pada motif ini ialah lancip, lonjong, dan segitiga. Motif Mega Mendung sebagian besar dipengaruhi oleh perpaduan budaya Islam dan Cina.


      Selain motif Mega Mendung, batik Cirebon juga memiliki motif Naga Silam. Pola yang dimiliki pada motif ini sama dengan pola Mega Mendung. Motif ini dipengaruhi oleh budaya India dan makna yang dimiliki dari motif ini adalah perang kebaikan melawan kejahatan untuk mencapai kemakmuran. Daerah penghasil batik Cirebon berpusat di desa Trusmi. Jangan lupa untuk mampir ke desa yang juga disebut sebagai kampung batik Cirebon ini.

      Nah, itu tadi batik yang berasal dari Pulau Jawa. Kini, kita beranjak ke pulau lain, karena sebenarnya tidak hanya Pulau Jawa yang terkenal dalam produksi batiknya. Di luar pulau tersebut juga demikian. Berikut sejumlah wilayah di luar pulau Jawa yang juga dikenal sebagai pengrajin batik:

      ·         Batik Bali
      Batik bali berdiri pada tahun 1970, maka batik ini terbilang masih muda. Tapi meski begitu, batik Bali dengan cepat bisa dikenal luas dan banyak diminati turis. Alat yang digunakan untuk menenun kain batik ini adalah ATBM atau Alat Tenun Bukan Mesin. Jadi kain ini ditenun secara manual.

      Orang-orang bali menggunakan batik pada saat menghadiri proses upacara. Hal inilah yang menyebabkan batik Bali berkembang pesat. Motif pada batik ini adalah perpaduan antara motif asli pulau dewata dengan motif batik yang berada di luar Bali seperti motif batik pekalongan, solo, dan papua. Motif asli pulau dewata ini  antara lain burung bangau, rusa, naga, dan kura-kura.

      ·         Batik Minangkabau
      Yap, Sumatra Barat ini ternyata juga terkenal dalam kerajinan batiknya. Batik ini memiliki keunikan dalam cara pembuatannya, yaitu dengan menggunakan tanah liat. Proses pembuatannya pertama-tama kain dan tanah liat bersamaan direndam dalam jangka waktu seminggu, lalu dicuci dan diberi pewarna sesuai dengan motif yang dibuat. Motif yang terkenal pada batik ini adalah kaluak paru, batuang kayu, dan tari piring.

      ·         Batik Papua
      Pernah mendengar Batik Papua? Mungkin belum sepopuler batik lainnya, tapi Papua juga punya batik yang nggak kalah cantiknya. Karena keindahan alam yang masih asli dan juga burung cendrawasihnya, motif Batik Papua ini kebanyakan adalah motif burung cendrawasih, kanoro, sentani, tifa, honai, dan lain sebagainya. Oya, motif asmat juga menjadi motif yang terkenal dari Batik Papua ini.

      Uniknya lagi, proses pembuatan batik di Papua ini dibagi ke dalam dua bagian. Ada proses pembuatan yang dialkukan oleh kaum wanita, yaitu batik tulis dan ada juga yang dikerjakan oleh para pria, yakni batik cap.

      Sebenarnya selain batik yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi lho batik-batik yang ada di Indonesia. Setiap daerah punya ciri khas masing-masing yang tentunya selalu menarik dan gak kalah cantiknya juga. Ayo lestarikan batik dan budaya kita lainnya biar nggak rebutan klaim mulu sama tetangga. J

    • By Riska Susi Purwatiningrum
      Dieng Plateau berada pada ketinggian 2093 mdpl, terletak di antara dua kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Pemandangannya sangat indah dan sejak dulu sudah menjadi pusat perkembangan kebudayaan di Indonesia. Keindahan alam Dieng Plateau menjadi anugerah yang tak ternilai harganya, sebagai tempat bersemayam para Dewa 
      INCLUDE
      1. Homestay +Hot Water
      2. Tranport AC (driver, bbm, tol & parkir, tips driver)
      3. Makan 3x (breakfast, lunch, dinner)
      4, Mie Ongklok
      5. Tiket Telaga Warna
      6. Tiket Dieng Theater
      7. Tiket Bukit Sikunir
      8. Tiket Kawah Sikidang
      9. Tiket Candi Arjuna
      10. Pemandu Wisata di Dieng
      11. Tour Leader
      ITINERARY
      Hari 1
      19.00: Meeting Point di Dunkin Donut Plaza Semanggi
      19.30 – 8.00: Jakarta – Dieng
      Hari 2
      #Check in homestay & Makan siang
      #Explore Komplek Candi Arjuna, Telaga Warna & Goa-goa, Nonton Bareng di Dieng Theater, Kawah Sikidan
      #Makan malam
      #Sharing Cerita
      Hari 3
      4.00 – 9.00: Trekking & Sunrise di Bukit Sikunir, Sarapan, Check out homestay
      10.30 – 12.00: Hunting oleh-oleh & Wisata Kuliner Mie Ongklok khas Wonosobo
      12.00 – 23.00: Wonosobo – Jakarta
      "Itinerary sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kondisi di lapangan"
      Payment :
      01. DP (Booking Seat) Rp 260,000 s/d 31 Agustus 2015
      02. Pelunasan Rp 300,000 s/d 9 Oktober 2015
      03. Yang sudah DP terlebih dahulu otomatis menjadi peserta
      04. Jika ingin pembayaran full diperbolehkan
      Term & Condition :
      01. Trip ini bersifat terbuka untuk umum (Open Trip)
      02. Tidak ada sistem booking via telp/sms/wasap/bbm. Kecuali sudah melakukan pembayaran DP
      03. Konfirmasi pembayaran dikirim via email kakilangit [dot] adv [at] gmail [dot] com atau via wasap/bbm
      04. Jika terjadi pembatalan, DP yang sudah masuk tidak dapat dikembalikan tetapi bisa mencari pengganti peserta
      05. DILARANG KERAS MEMBAWA OBAT-OBATAN TERLARANG, MINUMAN KERAS, SENJATA TAJAM
      06. Update nama peserta akan dicantumkan di forum sebagai list peserta yang sudah resmi masuk
      Barang – barang yang WAJIB di bawa selama trip:
      01. Obat obatan pribadi
      02. Pakaian ganti
      03. Sunblock
      04. Kamera pocket atau DSLR (jika ada)
      05. Tongsis (wajib buat narsis)
      06. JAKET TEBAL (WAJIB)
      07. Kaos Kaki + Sarung Tangan
      08. Perlengkapan mandi
      09. Topi/payung/rain coat
      Contacts :
      Telp/sms : 089666331232
      Wasap : 085716899375
      BBM : 79C46DFC
      Instagram : kakilangit_adv >>> follow us
      Twitter : @kala_adv >>> follow us
      Kakilangit Adventure
      "Your Trusted Adventure Partner"
    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
      Cara Membuat Visa Amerika, kali ini share tulisan tentang pengurusan Visa Amerika Serikat, yang mana biasanya orang akan menggunakan jasa travel agent untuk membuat visa ini karena memang terkenal agak susah dalam pengurusannya. Tapi disini saya akan coba kasih info cara mengurus sendiri Visa Amerika ini,
      Hubungan bilateral Indonesia - Amerika Serikat sudah terjalin sejak lama, bahkan makin erat dengan terpilih nya Presiden Obama, yang dahulu nya pernah tinggal di Indonesia semasa kecil nya dan juga karena Nilai Tukar Rupiah yang semakin kecil terhadap Dollar Amerika (USD).
      Tapi walaupun begitu minat wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Negeri Paman Sam atau Land of Freedom ini masih cukup banyak, walaupun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di karenakan juga berjamur nya Film Box Office di Indonesia, makin membuat penasaran untuk di kunjungi. Sebut saja Hollywood, Las Vegas, California, Miami dll. Adalah beberapa nama daerah di Amerika Serikat, yang sudah terbiasa di dengan warga Indonesia melalu Film Box Office nya.
      Nah sekarang bagaimana cara pengurusan Visa Amerika Serikat bagi WNI secara pribadi tanpa menggunakan jasa Travel Agent ? Jawabannya ada beberapa tahap yang akan di lalui dan juga membutuhkan proses Wawancara, berikut detil nya.
      01. Jenis Visa
      Visa Amerika terbagi atas dua jenis yaitu :
      Visa Non-Imigran : digunakan hanya oleh wisatawan, pebisnis, pelajar, atau pekerja khusus yang ingin tinggal selama periode waktu tertentu di AS demi mencapai tujuan tertentu.  Visa Imigran : untuk orang-orang yang berencana tinggal secara permanen di AS. Visa imigran memperbolehkan pemohon visa untuk masuk ke AS sebagai Penduduk Tetap yang Sah secara Hukum dan merupakan langkah yang potensial untuk memperoleh kewarganegaraan AS. Nah untuk kunjungan Wisata di gunakan lah Visa Non-Imigran yang di bagi lagi menjadi 9 jenis Visa :
      Visa Bisnis = B1 Visa Wisatawan (Turis) = B2 Visa Kerja Visa Pelajar Visa Pertukaran Pengunjung Visa Transit dan Crew Kapal Visa Agama Pekerja Visa Pekerja Domestik Visa Wartawan dan Media Karena tema nya adalah kunjungan Wisata dan Rekreasi, jadi menggunakan Visa Wisatawan atau B1
       
      02. Membayar Biaya Pengurusan Visa
      Nah untuk Visa Amerika ini, kita di wajibkan untuk membayar biaya pengurusan Visa terlebih dahulu sebelum masuk ke langkah selanjut nya
      Biaya untuk Visa Turis B2 adalah 160 USD dan di bayarkan melalui bank yang sudah di tunjuk oleh Kedutaan Amerika yaitu :
      Bank Permata Standard Chartered Bank Dan simpan Bukti Pembayarannya karena akan di gunakan untuk Pengajuan Visa nya
       
      03. Melakukan Pendaftaran Online
      Setelah melakukan pembayaran kita lanjutkan melakukan Pendaftaran secara online dan mengunggah Foto yang di wajibkan. Untuk pendaftaran secara online ke web berikut KLIK
      Lalu pilih lokasi Wawancara yang akan dilakukan terdapat dua pilihan Kedutaan Besar Amerika Serikat yaitu Jakarta dan Surabaya
      Berikut Data yang wajib di isi ke di Formulir Online tersebut :
      Data Personal Alamat dan Kontak Data Passport  Itinerary Perjalanan Data Teman Perjalanan Pengalaman Ke Amerika (Jika Pernah) Alamat dan Data Keluarga Pendidikan dan Pekerjaan Keterlibatan Kriminal (Jika Pernah) Lalu akan di arahkan ke pada kolom untuk memilih Tanggal Wawancara. Minimal Jadwal Wawancara paling cepat 2 Hari setelah mendaftar Online untuk Visa Amerika. Lokasi nya di Kedutaan Amerika Serikat baik Jakarta atau Surabaya
       
      04. Dokumen Yang Harus Di Siapkan
      Adapun dokumen-dokumen yang harus di siapkan ketika datang Wawancara ke Kedutaan Amerika Serikat yaitu :
      Passport Asli Masa Berlaku minimal 6 bulan Bukti Pembayaran Bank (Langkah 01) Pas Foto Terbaru dengan latar belakang Putih ukuran 5 x 5 Formulir konfirmasi pengisian Aplikasi Visa Elektronik Non-Imigran (DS-160) Ber-Barcode Formulir Appointment Confirmation Surat Sponsor atau Undangan dari Kerabat, Teman atau Keluarga di Amerika Serikat (Jika Ada) Surat Pengangat dari Kantor tempat kalian bekerja dan Bukti Slip Gaji Rekening Koran Saldo 3 bulan terakhir, usahakan minimal 30 juta ke atas tergantung lama kunjungan Fotokopi Kartu Keluarga dan Rincian Itinerary (Termasuk Tiket Pesawat PP dan Booking Penginapan) Note : Semenjak 2014 untuk jumlah Saldo, info terbaru hampir sama dengan Visa Jepang tidak ada batasan minimal dan maksimal, yang dilihat adalah perhitungan itinerary,. makan, transportasi, penginapan dll. Jadi di sana akan di kalkulasi berapa keperluan dana yang di perlukan. Info Lengkap nya KLIK
       
      05. Proses Wawancara
      Datanglah tepat waktu sesuai jadwal yang di setujui dan jika bisa lebih cepat. Untuk bahasa yang di gunakan ketika Wawancara usahakan menunggu dari pewawancara, jika dia menggunakan English berarti kita menjawab dengan English, jika di menggunakan Bahasa Indonesi, jawab juga dengan Bahasa Indonesia. Hampir mirip dengan Wawancara Kerja di mana Attitude akan di nilai.
      Setelah Wawancara akan mendapatkan hasil tes yang berupa Kertas Berwarna yang menunjukkan beberapa hal :
      Kertas Putih : Disetujui dan akan ada keterangan mengenai proses selanjutnya Kertas Hijau : Diharuskan datang kembali untuk melengkapi Info Tambahan Kertas Kuning : Harus mengikuti proses administrasi tambahan Kertas Merah : Ditolak karena belum memenuhi syarat pengajuan Visa Amerika Kertas Biru : Aplikasi tidak lengkap dan harus mengulang lagi Demikianlah proses pengurusan VIsa Amerika secara sendiri, memang kalau di perhatikan agak ribet ya, tapi disini lah nilai nya kalian akan mendapatkan pengalaman lebih, dan akan lebih menghargai perjalanan wisata kalian. Karena dari awal kalian sudah berjuang untuk mendapatkan Visa. Jadi perjuangan itu akan berbuah manis ketika kalian sudah berada di Amerika dengan Visa yang kalian buat sendiri.
      Silahkan dicoba :)