febeVBfebe

Jalan jalan ke Samarinda, Kota Tepian

11 posts in this topic

Jika anda ingin pergi berwisata ke Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur, pastinya anda akan singgah terlebih dulu di Balikpapan lewat Bandara Internasional Sepinggan. Selanjutnya anda bisa melalui jalan darat dengan bus atau travel, atau bahkan dengan menaiki pesawat lagi. Untuk sementara Bandara Temindung yang masih digunakan, lantaran Pemkot Samarinda juga sedang membangun bandara pengganti, yang terletak di Sungai Siring. Nantinya Bandara itu akan dikenal dengan nama Bandar Sungai Siring, dengan konsep bangunan bandara yang tampak modern.

Lewat darat, maka anda bisa memilih naik bus atau travel. Tarif untuk bus cukup murah, yaitu Rp20 ribu dan anda akan sampai di Terminal Bus Sungai Kunjang. Sementara dengan travel premium ada Kangaroo dan Cipaganti, dengan tarif masing-masing diatas Ro100 ribu. Tetapi anda akan berhenti di pool masing-masing yang berada di pusat Kota. Nah, untuk Kangaroo, busnya sangat nyaman dan eksklusif. Jika anda terlambat akibat kesalahan operator bus, maka anda akan diberikan free charge alias bebas bayar.

Biasanya pool Kangaroo di Balikpapan berada di Hotel Le Grendeur di Jalan Sudirman, dan Cipaganti di Bandara Internasional Sepinggan. Tetapi kedua bus travel eksklusif ini memiliki booth pemesanan di Bandara, jadi jangan khawatir harus menghabiskan uang lagi ke pool bus.

Maksimal perjalanan yang anda tempuh dari Balikpapan menuju Samarinda, baik mobil dan motor kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan. Warga Balikpapan atau sekitarnya yang menuju Samarinda dengan menggunakan motor, memang cukup riskan. Diwilayah jalan lintas daerah pasalnya, rawan kecelakaan sebab kendaraan melintas dengan kencang dan muatan pun besarnya bukan main.

Ketika sampai di Samarinda, anda akan sadar kenapa Kota ini dijuluki Kota Tepian. Meski Kota Besar dan termasuk Kota Bisnis, Samarinda bukan tidak memiliki tujuan wisata. Andalan utama Samarinda adalah Wisata Alam, dimana seketika anda memasuki Samarinda lewat Jembatan Mahakam, disitulah anda sadar julukkan Kota Tepian. Karena Samarinda dianungi oleh Sungai Mahakam, yang mistis. Berikut tips wisata ke Samarinda yang sudah dirangkum untuk anda, check this out!

 

  • Sungai Mahakam

Inilah ikon utama Kota Samarinda, Sungai Mahakam. Pesonanya bisa anda nikmati langsung, apabila anda melalui jalur darat dari Balikpapan menuju Samarinda. Sungai ini kuning lumpur dan panjang bermuara hingga ke Selat Makassar. Dengan panjang 920 kilometer, Sungai Mahakam tidak hanya melewati Samarinda namun juga Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.

Meski keruh dan terkesan kotor, sungai ini penting mafaatnya bagi warga Samarinda. Dan pesonanya akan semakin mengusik naluri wisata anda ketika memasuki malam. Dengan mudah anda akan menemukan muda-mudi berpasangan, memadu kasih disini menikmati aliran sungai. Bawalah pasangan anda, jika tidak ingin merasa galau.

  • Malam Adalah Waktu Terbaik

Menikmati pesona Samarinda, memang pantasnya waktu malam hari. Karena ketika malam, lepas dari suasana hiruk pikuk aktivitas di siang hari maka Samarinda membuat anda rileks sesaat. Kota ini begitu besar. Saking besarnya, Samarinda dibagi antara Samarinda Seberang dan Samarinda Kota, dimana diantaranya adalah Jembatan Mahakam. Gemerlap lampu Kota, tentu akan membius anda untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi, maka cobalah.

Datangi Islamic Center Samarinda di Teluk Lerong Ulu. ICS ada di pusat Kota, dan kemilau lampunya sangat cantik. Kegiatan keagamaan disini rutin diadakan, dan selain berwisata tentunya anda juga berwisata rohani. ICS mengingatkan anda sejenak dengan Masjid Putra Jaya di Kuala Lumpur, Malaysia.

 

  • Samarinda Panas, ke Air Terjun Tanah Merah Saja

Ini salah satu objek wisata andalan Samarinda. Anda patut tidak menyangka, pasalnya ketika anda memasuki Samarinda tentu anda akan merasa sumpek. Banyak kendaraan, padat dan macet, ternyata Samarinda menyimpan surga yaitu Air Terjun Tanah Merah. Posisi spot menarik ini ada diantara jalan poros Samarinda - Bontang, Dusun Purwosari, Kelurahan Tanah Merah - Samarinda Utara.

Jangan datang dengan tangan hampa, sebab anda akan ditagih tiket masuk sebesar Rp4000 untuk dewasa dan Rp2000 untuk anak-anak. Pengeluaran akan semakin jadi jika anda membawa kendaraan roda empat, untuk membayar tiket seharga Rp2000 dan Rp1000 untuk roda dua. Pada Hari Raya seperti Idul Fitri, pengunjung akan datang lebih banyak daripada hari biasa ataupun akhir pekan.

Sayangnya, meski berada di Ibu Kota Provinsi, akses jalan kemari belum diaspal dan berbatu. Satu hal lagi, dalam segi infrastruktur jalan Samarinda jauh dari memuaskan. Meski lebih ramai daripada Balikpapan, Samarinda tampak semrawut dan mungkin bisa mengurangi minat anda datang kemari.

 

  • Kebun Raya Unmul Samarinda

Nah, ini yang menarik, Kebun Raya Unmul Samarinda. Menarik karena selain tempat wisata, hutan ini digunakan oleh civitas akademika dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda untuk penelitian. Jika beruntung, siapa tahu anda memeroleh tambatan hati disini. Hutan ini seluas 300 hektar dan diisi oleh berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk bahan penelitian, termasuk juga konservasi.

62 hektar diantaranya disulap oleh Unmul dengan membangun Danau Buatan, Jalan, Panggung Hiburan hingga Fasilitas Pendukung misalnya Jogging Track dan Fasilitas Olahraga. Jarakanya 12 kilometer ke Utara Kota Samarinda, dan antara Pemkot Samarinda dengan Unmul kabarnya masih akan menyiapkan kejutan-kejutan wahana lainnya.

 

  • Kenali Budaya Kaltim di Desa Budaya Pampang

Ini merupakan desa budaya yang ditata khusus, untuk menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara, yang mempunyai minat tinggi akan kebudayaan. Disinilah tempat yang paling pas untuk melihat Kebudayaan Asli Suku Dayak Kaltim hingga kerajinannya. Berdiri sejak tahun 1973, setiap minggu anda akan disuguhkan atraksi-atraksi kesenian khas Suku Asli Dayak Kaltim.

 

Nah, di Samarinda juga saat ini tengah musim durian. Diperkirakan akan berlangsung lama. Berlibur ke Samarinda, seperti daerah lain di Kaltim maka anda harus berkantong tebal. Hati-hati pula terhadap pencopet atau pelaku kriminal, lantaran tingkat kriminalitas di Samarinda tergolong tinggi. Pergi ke THM disini juga harus hati-hati, sebab peredaran narkotikanya juga cukup luas. Sekian dan sampai jumpa ditulisan berikutnya.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

btw, kata temen yang asli Samarinda, katanya ini kota suka banjir ya??

kayaknya kalo di indonesia semua kota punya potensi banjir seh

karna sistem pengairan dan pembuangan kota yang masih jelek di indonesia

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya bener emang samarinda itu sering banjir ini berdasar pengalaman aku sendiri waktu tinggal disana. biasanya penyebab banjirnya karena sungai mahakam lagi pasang jadi airnya sampe ke jalanan. apalagi kalo ujan gede pasti banyak spot banjir dimana mana. samarinda kan tipe dataran rendah, sistem drainase kurang bagus ditambah sungai lagi pasang plus ujan gede alamat ngapung dah. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

aku tambahin sedikit info dari pengalamanku ke air terjun tanah merah ya. sebelum nyampe ke air terjun tanah merah kita ngelewatin kebun raya unmul. posisinya lepas keluar kota samarinda ada di kanan jalan, tapi aku sendiri belum pernah masuk kesitu. disitu gak cuma ada air terjun, ada kolam renang buatan coz kita ga boleh main air di air terjunnya, ada kuda kudaan macam komidi putar gitu hasil CSR suatu perusahaan. ada warung2 kecil yg jualannya pas  weekend doang, maklum klo hari biasa pengunjung dikit banget, ada ayunan juga. itu ayunan yg fotonya aq pake avatar  :D

 

nah akses ke air terjun tanah merah emang rada kurang bagus gitu dulunya. ga tau deh klo sekrang udah dibagusin.

menurutku pengelolaan air terjun tanah merah sebagai obyek wisata masih kurang maksimal, akses kesana agak jalanan susah, sarana prasarana pendukung agak kurang *ini berdasar pengalaman taun 2011 dulu*

kalo misal ada yg punya foto n info kondisi saat ini ya share lah brader  :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites

btw, kata temen yang asli Samarinda, katanya ini kota suka banjir ya??

hehehehe emang kotanya ada potensi banjir sih kalo samarinda hehehehe :D

 

lebih seru kalo bisa tambah pic nya TS,. jadi bisa lebih kebayang.. suka nih eksplorasi wisata yang jarang dikenal orang :D

oke, makasih buat masukannya.. bentar saya kasih fotonya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now