albertorazzi

Tips Travelling : Jogja-Semarang (dari Ibukota ke Ibukota)

4 posts in this topic

Yap, benar sekali Jogja merupakan Ibukota provinsi dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan apabila kita hendak ke semarang itu namanya kita hendak menuju ke Ibukota Provinsi Jawa Tengah. Ngomong-ngomong ke semarang mau ngapain nih gan?  Tenang aja semarang meskipun dikepung oleh bangunan pemerintah daerah tetapi tetap saja menghadirkan tempat-tempat wisata yang menggoda hati untuk dikunjungi.Baiklah untuk tahu lebih lanjut kita harus tahu kalau Jogja-Semarang itu jaraknya kurang lebih   140 km, dan itu berarti kita berjalan dari selatan pulau Jawa menuju Utara. Perjalanan ini guys, dulu enak ada kereta api banyu biru jurusan Solo-Jogja-Semarang tetapi karena peminatnya kurang kereta yang menempuh 2,5 jam ini sudah dihapuskan alias ngak ada, jadi kita ngak bisa berharap naik kereta kayak prameks ke Solo.

 

Lantas apa yang dapat kita lakuin untuk menggapai Semarang? Jawabnya kita bisa pakai jalan aspal, maksud ane gini… kita bisa ke semarang dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Jogja via Magelang dan jarak tempuhnya sekirar 3 jam, tetapi sangat tidak bisa ditebak perjalanan ke semarang mengingat banyak kendaraan berat seperti container ataupun truk yang menuju ke sana juga sehingga jalannya bisa molor sekitar 1 jam guys. Ok deh kalau tidak punya kendaraan pribadi dan juga capek ada solusinya cukup kita pergi ke terminal Jombor kita bisa memakai jasa Bus, dengan uang 35 ribu rupiah kita bisa menikamati fasiitas  bus patas AC hingga ke terminal Terboyo. Dan seandainya dompet kita ini kurus guys, bisa menggunakan bus ekonomi 20 ribu rupiah saja, tapi ingat ada harga ada fasilitas, untuk kamu-kamu yang ngak betah ama asap rokok mending jangan naik bus ekonomi karena bisa-bisa kamu malah sakit. Yang perlu menjadi catatan penting kita di Jombor Bus menuju semarang hanya ada sampai jam 5 sore (cari aman bro), dan apabila menghendaki transportasi yang 24 jam kalian bisa memilih Travel, sebagai contoh Travel di depan UKDW memberangkatkan travelnya setiap jam genap(semisal jam 4 pagi, jam 6, jam 8, dan jam 10 ingat sampai 24 jam) dengan menukar tiket sebesar 38 ribu rupiah, di situ kalian juga dapat cemilan plus minum. Untuk memastikan kursi penumpangnya guys, kita bisa pesan ke sana langsung atau telepon. Yang menjadi catatan tebal untuk travel bro, kita sangat merekomendasikan mengingat tujuan akhir dari travel ini di Jl. Dr. Wahidin Semarang dimana jalan ini dekat dengan pusat kota dan keramaian, semisal mau lanjut kemana-mana kalian bisa naik angkot atau taxi. Kenapa merekomendasikan? Karena naik bus bagi kalian yang asing dengan terminal terboyo bisa bahaya, karena tempatnya kurang tanda infomasi dan orang asing sering dimanfaatkan sehingga sering penumpang memilih berhenti di lampu merah sebelum masuk terminal karena ada bus kemana-mana semisal ke kudus, Jepara, Demak dan pasti ke kota. Tapi ingat masalah seperti ini bisa ditanggulangi dengan semangat bertanya, mau bertanya dan meminta dengan baik, karena kenek dan sopir mau mengingatkan kita kalau mau turun guys.

 

Ok, info perjalanan ke semarangnya udah dijelasin lantas perjalanan 3 jam itu setimpal ngak sama wisatanya? Tenang, bagi kita pecinta wisata pantai, wisata sejarah, dan kuliner Semarang bisa menjadi mengobat dahaga kita! Dengan adanya Tanjung Emas dan Pantai Marina di sana kita bisa kuliner pantai dan melihat kapal lalu lalang, terlebih kalau kamu mau belajar tentang industry dan perdagangan di jamin ciamik. Di Pantai Marina bro, kita menikmati pantai murah meriah dan kawasan ini sering digunakan sebagai tempat perayaan tahun baru jadi pesta kembang apinya ok banget. Lantas di sekitar situ juga ada Klenteng Sam Poo Kong yang terkenal itu, di sana kita bisa memanjakan mata dengan sejarah datangnya Sam Poo Kong ke Semarang, Patung dan Gua nya keren abis, apalagi Jangkar kapal nya Gede banget. Selain itu ada Klenteng Gang Lombok dimana kalian bisa melihat salah satu klenteng tertua di Semarang serta menikmati makanan khas Semarang, Lumpia udah deh dijamin maknyuss. Kemudian buat kamu yang suka bangunan bersejarah Gereja Blendug dan kawasan d sekitarnya menyajikan gambaran kota tua yang memikat, banyak yang menggunakan tempat ini buat foto-fot karena kawasan ini mirip kayak eropa! Ya jelas aja kan emang peninggalan Belanda guys, selain itu buat kalian yang mengaku tukang adu nyali pergilah ke Lawang Sewu kantor peninggalan Belanda ini amat terkenal dengan keangkerannya, jadi coba aja kalau kamu ngaku hebat dan berani. Di semarang guys, kalian juga bisa ke Mall, seperti Mall ciputra Semarang yang lokasinya dekat dengan Landmark nya semarang, Simpang Lima & Tugu Muda.

Ok teman-temin itu tadi info transportasi juga tempat wisatanya dan untuk membuat kita tahu baik ada beberapa tips dari kita buat kalian yang mau ke Semarang:

1)      Waspada

Nampaknya bukan Cuma ke semarang tetapi ke semua tempat, waspada kita peru ditingkatkan mengingat potensi tertidur di transportasi umum karena banyak pedagang asongan yang lalu lalang dan penumpang yang naik turun. Selain itu jangan memakai perhiasan atau penampilan mencolok, bahaya kalau ada preman.

2)      Tersesat Bertanyalah!

Senjata ampuh bro, karena kota ini sangat padat macet dan ruwet kalau siang biasakanlah bertanya kepada orang saat tidak pasti menemukan sesuatu, bertanya kepada petugas keamanan bisa menjadi pilihan tidak dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

3)      Beli di tempatnya

Terkadang jalan-jalan identik dengan oleh-oleh, buat kita yang sayang ama keluarga, waspada dengan pedagang asongan oleh-oleh karena kualitas belum tentu baik, walau harga miring.

4)      Makan juga perlu nanya

Teman-teman karena Semarang merupakan daerah perpaduan antara kebudayaan Tionghoa dan Jawa, kita perlu bertanya soal makanan. Memang khas makanan di sana Lunpia, dan bebrapa makanan China (Chinese Food) maka tidaklah salah andai kita perlu bertanya apakah menggunakan babi atau tidak. Dan jangan kawatir pedagang makanan di sana Jujur dan sangat menghormati pelanggan. Jadi bertanyalah.

 

Ok teman-teman itu info hari ini, kalau ke semarang semangat ya, bawa tisu basah, kotanya lumayan panas…

daaaaaaaaaa

 

553585_462552593788579_1636709023_n.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Iya lebih dari Jogja akan cepat jika naik mobil.kita bisa bisa berhenti sejenak jika ingin. Misal mau beli sesuatu dulu di daerah Sleman ada salak. beli kupat tahu di Magelang dst, Kalau pakai jasa transportasi nyewa mobil namanya drop off. Waktu penjemputan fleksibel dan mobil bisa dipilih.

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 hours ago, Nina Herlina said:

Iya lebih dari Jogja akan cepat jika naik mobil.kita bisa bisa berhenti sejenak jika ingin. Misal mau beli sesuatu dulu di daerah Sleman ada salak. beli kupat tahu di Magelang dst, Kalau pakai jasa transportasi nyewa mobil namanya drop off. 

ok thx info nya ya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By Desyzulfiani
      Kawan jalan2 ada yg pernah ke Maroko gak,, share donk pengalaman nya..
    • By Nicole Sacha
      Ola !!!
      Berhubung kangen banget udah lama ga ngisi FR di FJ2, kebetulan abis ke Semarang juga (walaupun udah 3 bulan lalu )
      Berikut sedikit cerita gw, Semarang Dadakan. (yeeeeeeiiiiiiiii)
       
      Kenapa pilihan gw ke Semarang, jadi begini sob :
      1. Gw belom pernah kesana
      2. Berhubung gw disuruh cuti sama bos gw karena dia liat perfomance gw agak mengendur a.k.a 5L (nah bingung kan lw singkatan apapula ini) jadilah gw ambil cuti. 
      3. Kota ini lumayan punya banyak destinasi menarik dan tidak memerlukan waktu yang lumayan panjang untuk menjelajahinya, cocoklah untuk flashpacker dadakan kaya gw.
       
      Singkat cerita, setelah membeli tiket kereta & voucher penginapan secara online di salah satu website yang  menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring (hidup makin mudah ya cin) bertolaklah gw ke Semarang.
      Dengan menumpang kereta Tawang Jaya dari Stasiun Pasar Senen, kami berangkat tepat pukul 23:00, sebelum berangkat isi perut dulu dengan makan nasi goreng ala kadarnya di depan stasiun, mureh bro, 12 ribu perak seporsi pake telor (boleh milih mau di dadar atau di ceplok).
       

      Harga tiket PP Pasar Senen - Semarang Poncol u/ 2 Orang

      Semarang Poncol, 18 Agustus 2017
       
      Tepat pukul 06:15 kereta Tawang Jaya berhenti di Stasiun Semarang Poncol. Sampai di Semarang, gw segera mencari bilik termenung , dan seperti biasa, antri.
      Pagi di Semarang, bingung mau kemana karena emang ga bikin ittin yang well prepared. Setelah ngubek-ngubek maps online, kami putuskanlah untuk ke Kota Lama dengan berjalan kaki.
       
      Kota Lama
      Kota Lama Semarang ini mirip dengan Kota Tua Jakarta, yang membedakan adalah Kota Lama terkesan lebih rapih dan saran gw, kalau tujuan kalian ke Kota Lama memang untuk huntphot a.k.a Hunting Photo (istilah anak jaman sekarang) datanglah di pagi hari, karena selain udara pagi lebih adem, kegiatan juga belum terlalu banyak manusia alias sepi, jadi hasil foto lebih ciamik.
      Setiap sudut Kota Lama juga sangat menarik untuk diabadikan, so be prepared your camera before guys.

       

      Salah satu sudut Kota Lama Semarang
      Bangunan yang paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Gereja Blenduk, dibangun pada tahun 1753, bangun yang bergaya neo-klasik ini menjadi Landmark Kota Lama Semarang. Gw hanya berhasil memotret bangunan dari luar saja.

      Gereja Blenduk
      Selain Gereja Blenduk, ada beberapa bangunan yang berada di kawasan Kota Lama, seperti Pabrik Rokok Praoe Lajar & Gedung Marba. Bangunan tersebut menarik untuk disambangi, selain bernilai sejarah, arsitektur bangunannya masih terjaga dan lumayan terawat hingga kini.
      Puas berkeliling di Kota Lama, kami menuju destinasi berikutnya yaitu Lawang Sewu.
       
      Untuk menuju Lawang Sewu, dari kawasan Kota Lama kami menaiki Trans Jateng. Di Semarang, ada 2 jenis BRT (Bus Rapid Trans) yang beroperasi, yaitu Trans Jateng & Trans Semarang. Sedikit berbeda dengan TransJakarta, BRT di Semarang ini tidak memiliki jalur khusus, jadi berjalan seperti kendaraaan umum lainnya.Untuk harganya lumayan terjangkau Rp 3.500 sekali jalan.
       
       

       
       

       

       
      Perjalanan dari Kota Lama ke Lawang Sewu hanya memakan waktu kira kira 15 menit. Singkat bukan, ya, karena Semarang adalah kota kecil, untuk menuju satu destinasi ke destinasi lain tidak memerlukan waktu yang lama, asal masih berada di area dalam kota.
       

      Lawang Sewu
       
      Siapa yang tidak kenal Lawang Sewu, bangunan bersejarah ini dibangun pada tahun 1904-1907. Masyarakat setempat menyabut Lawang Sewu (yang berarti seribu pintu) karena bangunan ini memiliki banyak pintu walaupun pada kenyataannya tidak sampai seribu.Kesan yang gw dapat waktu pertama kali masuk ke bangunan ini adalah artistik, pada dasarnya gw memang mengagumi bangunan bangunan tua yang berkarakter dan nilai historicalnya tinggi.

      Harga Tiket Masuk Dewasa
       

      Foto Bangunan di tahun 1907
      Selain dapat menikmati arsitektur gedung, Lawang Sewu juga memiliki koleksi sejarah perkereta apian di Indonesia, sangat lengkap dan menarik untuk dilihat.

      Telephone jaman dulu
       

      Salah satu bangunan utama Lawang Sewu
       
      Puas menjelajahi Lawang Sewu, kami menuju destinasi selanjutnya yaitu Kelenteng Sam Poo Kong.
      Untuk menuju kesana, kami disarankan oleh satpam Lawang Sewu untuk menaiki kendaraan online saja agar lebih praktis. Dan berangkatlah kami dengan naik Go-Car, salah satu layanan yang dimiliki oleh PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau lebih dikenal dengan nama Gojek.
       
      Sampai disana, perut mulai berbunyi minta diisi a.k.a laper, kebetulan didepan pintu masuk kelenteng, ada tenda penjual makanan khas Semarang, Mie Kopyok, penasaran dengan rasanya, kami langsung saja pesan dan rasanya ternyata enak. Harganya murah meriah pula, Rp 8,000 perporsi.
       
       

       

      Mie Kopyok
       
      Kelenteng Sam Poo Kong
       
      Kelenteng ini terletak di daerah Simongan, kompleks bangunannya sangat luas dan terdapat banyak bangunan yang semuanya berwarna merah. Tujuan saya kesini adalah untuk melihat secara langsung patung Zheng He/ Chang Ho seorang Laksamana Tiongkok yang beragama islam.
       
       

      Ticket Price
       
       
       

      Salah satu sudut di area Kelenteng
       

      Relief yang menceritakan perjalanan Laksamana Cheng Ho
      Kelenteng Sam Poo Kong adalah destinasi terakhir kami untuk hari ini, setelah puas berkeliling dan mengamati, kami menuju penginapan untuk beristirahat.
      Kembali dengan menaiki Go-Car, diantar ke penginapan yang berada di daerah Jl. Gajahmada, Griya Tentrem Ayem, gw pesen pakai Airy Room. MURAH aja guys, ga bikin kantong bolong. Lumayan juga buat istirahat sama mandi.
      Haha, namanya flashpacker. Makin irit makin asik!!!
       

      Reception Area
       
      Harga roomnya sekitar 240 ribuan permalam, sudah include sarapan (nasi goreng dan teh manis). Lumayan
       
      Sekedar informasi, Semarang iklimnya lebih panas dari Jakarta, mungkin karena lokasinya tidak jauh dari laut / pinggir pantai ya. Selain penduduk ramah, makanan yang murah dan Semarang juga kota yang sangat tenang, jauh dari kesan hip hip hura. Lumayan aman juga kalau mau travelling sendirian ke Semarang.
      Sekian dulu post saya tentang perjalana ke Semarang, semoga informasinya bermanfaat dan yang sudah berencana untuk ke Semarang, semoga segera terlaksana!!!
       
      XOXO
      ANS
       
      (PS : Semua foto adalah dokumentasi pribadi milik penulis)
    • By Jakjazzy
      Selamat malam rekaners jalan2.com
      saya punya rencana destinasi perjalanan ke jogja.
      ini list nya :
      1. Pantai timang
      2.  taman wisata alam kalibiru
      3. curug luweng sampang
      4. air terjun sri gethuk
      5. candi borobudur
      6. museum ullen sentalu
      7. gunung merapi
      kira- kira ini udah satu arah belum ya ?? misalnya utara ya diutara aja destinasi wisatanya.  
      mohon bantuannya, soalnya saya bulan februari depan mau kesana
       

       
      Terima kasiih
       
    • By Karina Ayu Amalia
      hai.. gue mau solotrip ke jogja tgl 24-26 agustus 2017. kalau ada yg mo gabung atau ketemuan dijogja sekalian ngopi bareng  wa ke 08982387756 yaa
      ini fix berangkat, nyampe jogja jam 14.30wib tgl 24..
       
       
    • By akmalbahtiar
      Berikut ini adalah tips untuk mengurangi dan menyembuhkan sakit kepala:
      1. Upaya memulihkan sakit kepala dengan meneguk air putih
      Salah satu penyebab sakit kepala adalah karena kekurangan cairan di tubuh. Dan kita juga tentu telah memahami bahwa air ialah asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. olehnya itu, misalnya anda terserang sakit kepala, lekaslah mengonsumsi air putih. Setelah itu rutinlah mengonsumsi air putih 8 - 10 gelas per harinya agar anda bebas dari sakit kepala.
      2. Mengatasi sakit kepala dengan mengonsumsi kentang
      Selain diakibatkan oleh kekurangan cairan, sakit kepala juga dapat diakibatkan oleh hilangnya kandungan elektrolit semacam kalium. Nah, untuk menanganinya tentu kita wajib meningkatkan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan kalium yakni salah satunya kentang. Sebaiknya kentang yang akan dikonsumsi, dimasak lewat cara dibakar pada kulitnya, atau direbus (bukan digoreng).
      3. Menyembuhkan sakit kepala lewat buah pisang
      Buah pisang mempunyai banyak khasiat, untuk mengetahui apa saja khasiat buah pisang silahkan baca artikel "17 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Kita". Selain kaya akan potasium ternyata pisang juga memiliki kandungan magnesium yang mampu memiliki khasiat meredakan migrain. Nah, kalau sakit kepala menimpa, anda dapat memakan buah pisang untuk mengurangi rasa sakit di kepala.
      4. Mengatasi sakit kepala dengan es batu
      Tahukan anda, ternyata es batu juga dapat kita dimanfaatkan untuk mengobati rasa sakit pada kepala. Caranya praktis, kita hanya butuh mengkompreskan es batu dengan perlahan di atas kepala anda yang dirasa nyeri. Es batu bisa menyebabkan mati rasa pada area kepala yang terasa sakit, sehingga also known as mengurangi rasa sakit kepala.
      5. Mengatasi sakit kepala lewat makanan/minuman yang mengandung mint
      Nah, ini lebih cocok jika sakit kepala yang anda alami dikarenakan oleh maag karena melewatkan makan mengakibatkan perut menjadi mual dan sakit kepala. Metode Dianjurkan untuk mengobatinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang memiliki kandungan mint di antaranya teh pappermint dsb.
      6. Mengatasi sakit kepala dengan Kopi
      Masih ingatkah Anda dengan ungkapan "sesuatu yang berlebihan itu tidak baik?" nah, begitu juga dengan kopi, kalau kita menyeruput kopi dengan jumlah wajar (tidak lebih dari 2-3 cangkir/hari), ternyata kopi juga dapat jadi obat ketika anda merasakan sakit kepala. Sebab kandungan kafein di dalam kopi 40 % lebih efektif dalam mengatasi sakit kepala. Tapi ingat, berlebihan minum kopi juga bisa menjadi penyebab sakit kepala lagi, jadi konsumsilah kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir each harinya.
      7. Mengurangi sakit kepala dengan biji wijen
      Kandungan vitamin E pada biji wijen dapat membantu menormalkan estrogen pada tubuh, sehingga dapat mencegah migrain. Selain itu. biji wijen juga banyak mengandung magneisum yang juga mampu mencegah sakit kepala. Selain biji wijen, makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis, juga banyak memiliki kandungan magnesium.
      8. Mengatasi sakit kepala lewat memakan Ikan
      Mengkonsumsi ikan pun dapat membantu mengobati sakit kepala terutama untuk ikan yang beemak misalnya ikan salmon, makarel atau tuna yang kaya akan omega -3 dan lemak esensial yang bisa mencegah rasa neyeri yang dapat menimbulkan migrain.
      9. Meringankan sakit kepala melalui buah semangka
      Semangka merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan air, jadi dapat anda gunakan buat mengatasi sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi.
      10. Mengobati sakit kepala dengan streching
      Streching merupakan gerakan peregangan (senam). Sakit kepala mampu disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi kalau anda sakit kepala, cobalah untuk melakukan olahraga senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga.
      11. Menghilangkan sakit kepala dengan tidur secara rutin
      Apakah Anda tahu bahwa terlalu banyak tidur adalah salah, walaupun tidak cukup tidur juga tidak baik, karena tidur itu harus normal. Orang tidak bisa produktif selama seharian penuh, karena manusia bukan robot. Usahakan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup misal 7-8 jam agar anda terhindar dari yang namanya sakit kepala.
      12. Hindari dalam keadaan tertekan
      Seringkali sakit kepala juga diakibatkan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang, dalam salah satu penyebabnya sebab terbebani fikiran yang akhirnya mengakibatkan kondisi psikis tertekan dan sakit kepala. Jadi disarankan, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Luangkan waktu anda buat rileks dan bersantai.
      13. Meringankan sakit kepala dengan biji alpukat
      kalau yang mengakibatkan sakit kepala Anda diakibatkan oleh demam, Anda bisa membuat pengompres alami dari biji alpukat. Caranya siapkan dua biji buah alpukat kemudian parut. Setelah itu campur dengan sedikit air, lalu tempel di dahi selama sekitar 1-2 jam atau setiap Anda tidur di malam hari.
      SUMBER
    • By Rendra Fajar
      Gunungkidul, adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Perjalanan dari jogja dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Potensi wisata disana didominasi oleh deretan pantai selatan yang membentang luas, diantaranya Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal,Pantai Wediombo, Pantai Ngobaran yang terkenal dengan situs peninggalan jaman Kerajaan Majapahit, Gunung Api Nglanggeran, Goa Pindul dan masih banyak lagi. Langsung aja cek videonya :
          Jangan Lupa Like dan Subscribe channel saya gaes :)
    • By gustavo

      Salam semuanya..salam jalanjalan...
      Sorry nih masih newbe. Saya mau berbagi tentang tips berlibur di Universal Studio Singapore. Karena kalau kita awam disini bisa sangat merugikan dan membuat waktu berlibur kita tidak efektif dan efisien. (hahahaha..liburan aja pake bahasa birokrasi...)
      Pertama-tama yang harus diketahui adalah how to get there.
      Universal Studio ini letaknya di sebuah pulau yang terpisah dari Singapore. Namanya Sentosa Island. Yang dibangun khusus untuk tempat berlibur warga Singapore. Sekedar informasi manajemen Sentosa Island ini sama dengan yang mengelola Genting High Land di Malaysia.
      Untuk ke USS, pastinya harus nyebrang. Caranya? Ada 3 jenis. pertama bisa dengan monorail biaya 3 SGD. Dengan Kereta Gantung. Ini agak mahal biayanya. Atau jalan kaki lebih tepatnya dengan travelator bayar 1SGD. Waktu itu saya milih naik monorail. Selain cepat juga cukup murah karena itu biaya pulang pergi.
      Nah setelah sampai di Sentosa tepatnya di pemberhentian kereta pertama langsung deh turun menuju area Universal Studio. Berikut tipsnya agar liburan kalian di Universal Studio lebih maksimal.
      1. Sediakan waktu satu hari full untuk di Universal Studio. Bisa dibilang arenanya sangat luas dengan berbagai atraksi yang rasanya tidak mungkin habis disambangi dalam waktu satu hari. Buka dari jam 10 dan ditutp dengan pesta kembang api pada jam 8 malam.
      2. Beli tiket online. ada kebijakan di USS untuk membatasi jumlah pengunjung di hari libur agar tidak terlalu ramai. Jadi gak usah khawatir berdesak-desakan seperti ancol. Nah rugi kan udah jauh-jauh ke sana eh..gak kebagian tiket karena udah full.
      3. datang lebih pagi. Selain bagi kalian yang belum membeli tiket online juga untuk menghindari antrean. meskipun bukanya jam 10, tapi orang sudah mengantre di pintu masuk dari jam 9. Dan panjangnya gak main-main meskipun pintu masuknya sangat banyak.
      4. Siapkan peta USS. Karena peta ini sangat berguna untuk mengetahui lokasi wahana plus mengetahui jadwal pertunjukan. Di beberapa wahana memang ada jadwal pertunjukannya. Bahkan ada waktu untuk jumpa fans segala. Misalnya jumpa optimus prime. Ini orang yang make kostum optimus tapi kayak beneran. Bisa juga ketemu replikanya marilyn monroe.
      5. Kunjungi wahana paling favorit terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menghindari antrean yang panjang. Wahana paling diminati di USS tentu saja Transformer the Raid. Begitu gerbang dibuka langsung ngibrit ke arena ini. Karena dijamin semua orang akan mengarah ke sana. Wuiiih pokoknya kayak huru hara deh begitu gerbang dibuka. Soalnya kalau terlambat sedikit siap-siap anter selama 2 jam..hehehehehe. Begitu masuk ke transformer the raid pilih tempat duduk paling depan. Karena itu tempat duduk paling asyik untuk menikmati petualangan. Untuk roler costernya gak usah ngantre karena gak banyak yang punya nyali buat wahana ini...hahahaha( saya coba keduanya).
      6. Siapkan satu botol minuman kosong. Bisa dibawa dari rumah bisa juga beli satu minuman botol di USS tapi jangan dibuang botolnya. Karena dijamin mengelilingi USS akan membuat kalian kehausan. Kalau haus tinggal ke toilet karena di depan toilet di USS ada tap water gratis...segeeeerrrr. Kalau mau bawa payung juga boleh. meskipun beberapa wahana dilarang membawa tas nanti boleh dititip di locker (bayar).
      7. Tiket jangan dibuang. Karena kalau kalian bosan atau kepingin nyari makan di luar USS kalian bisa keluar dari USS dan balik lagi dengan menunjukkan tiketnya. Tapi kayaknya gak bakal keluar deh karena di sana sudah ada food center-nya. makanannya enak dan tidak terlalu mahal.
      8. Bawa uang secukupnya. Ini penting buat kalian yang mau icip icip makanan khas USS seperti Turkey Leg yang legendaris itu. Wajib dicoba nih meskipun agak mahal (12 SGD).
      9. Jaga stamina. Karena dipastikan kalian akan sangat capek berkeliling dan mencoba seluruh wahana yang ada.
      10. Jangan takut untuk mencoba seluruh wahana yang ada. AKan sangat rugi kalau kita sudah masuk ke USS tapi cuma nyoba beberapa wahana doang. Roler costernya meskipun tampak mengerikan tapi gak aslinya gak begitu seram. Tips-nya pertama naik yang biru...setelah itu naik apapun dijamin pasti berani....hehehehe
      Nah itu aja tips-nya..nanti kalau ada yang nanya-nanya ditambah lagi...
      Selamat merencanakan liburan ya...
      Salam JalanJalan
      Gustavo