• 0
Sign in to follow this  
Followers 0

Macam2 Penyebab Kesemutan dan Cara mengatasinya


Question

Posted

macam2 penyebab kesemutab dan cara mengatasinya:

 

  • Penyebab kesemutan bisa timbul karena aktivitas yang terlalu tegang dan dalam waktu lama. Seperti misalnya anda duduk dengan menyilangkan kaki. Kesemutan bisa terjadi pada kaki anda. Atau ketika anda terlalu lama mengetik dan menulis non stop tanpa istirahat sejenak, kesemutan bisa terjadi pada tangan anda. Kesemutan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, yang paling sering adalah kaki dan tangan. Jika kesemutan tersebut yang anda sering rasakan, mudah saja. Lakukan istirahat atau rileksasikan tangan dan kaki anda sejenak sehingga peredaran darah tetap lancar dan tidak menumpuk pada satu tekanan saja. Hal ini juga bisa merenggangkan otot dan saraf lainnya sehingga anda tidak mudah lelah dalam beraktivitas.
  • Kesemutan yang terjadi diiringi gejala lain seperti dikatakan sebelumnya perlu anda perhatikan. Kesemutan bisa saja menjadi awal gejala penyakit anda atau sebaliknya, karena penyakit yang anda derita, anda kesemutan. Jika kesemutan diiringi dengan rasa haus, seringnya intensitas buang air kecil, berat badan turun walau banyak makan, nyeri seperti ditusuk-tusuk pada telapak kaki, segera periksakan. Bisa jadi ini adalah gejala lain komplikasi diabetes mellitus atau penyakit kencing manis. Cara mengatasi kesemutan ini adalah segera lakukan pemeriksaan dan kontrol gula darah anda.
  • Jika anda adalah seorang pengemudi, mungkin anda sering merasakan kesemutan di telapak kaki anda. Memang paling sering dirasakan para pengemudi yang berusi 25 hingga usia lanjut. Walau pun ini biasa terjadi, namun cukup mengganggu anda karena kemungkinan anda bisa hilang konsentrasi dan cepat lelah. Cara mengatasi kesemutan jenis ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Makan makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks, seperti sayuran hijau. Lakukan olahraga secara teratur dan hindari konsumsi alkohol karena alkohol tidak bersahabat dengan vitamin B.
  • Untuk penderita penyakit jantung, kesemutan bisa terjadi karena ada darah yang membeku dan menempel sehingga terbawa aliran darah ke otak. Jika bekuan darah tersebut menyerang daerah sistem saraf sensorik, maka akan terjadi kesemutan pada beberapa bagian tubuh atau sebelah. Namun jika yang terserang adalah daerah sistem motorik, maka cenderung akan terjadi kelumpuhan.

 

Untuk itu, kesemutan merupakan gejala ringan yang mudah hilang hanya dengan memijat bagian tertentu agar peredaran arah kembali lancar. Namun jika tidak diperhatikan, kesemutan bisa jadi berbahaya bagi tubuh anda sendiri. Melakukan pola hidup sehat adalalah cara mengatasi kesemutan yang paling mudah. Perbanyak konsumsi vitamin B kompleks karena berfungsi untuk metabolisme tubuh yang memelihara fungsi saraf.

Iskandar Alam likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

21 answers to this question

  • 0

Posted

kalau kesemutan saya biasa lurusin dulu kakinya terus dibiarin aja, lama-lama ilang sendiri kesemutannya hehe tapi saya jarang sih kesemutan, paling kalau lipet kaki terlalu lama aja

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

haha..ada yang bilang, kalo kaki kesemutan katanya di ikat aja pakai karet gelang....ngaruh apa ya...belum pernah coba juga sih :))

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau saya sih rata2 karena duduknya bersila, jadi wkt mau berdiri kesemutan, biasa sih dilurusin beberapa menit udah normal kok.

atau waktu tidur, tangannya taruh dibawah kepala. jadi kesemutan deh

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau kesemutan saya biasa lurusin dulu kakinya terus dibiarin aja, lama-lama ilang sendiri kesemutannya hehe tapi saya jarang sih kesemutan, paling kalau lipet kaki terlalu lama aja

iya saya juga gara2 melipat kaki lama.. :(

 

haha..ada yang bilang, kalo kaki kesemutan katanya di ikat aja pakai karet gelang....ngaruh apa ya...belum pernah coba juga sih :))

wah ga tau deh ada2 aja ya...

 

kalau saya sih rata2 karena duduknya bersila, jadi wkt mau berdiri kesemutan, biasa sih dilurusin beberapa menit udah normal kok.

atau waktu tidur, tangannya taruh dibawah kepala. jadi kesemutan deh

iya kalo dari duduk mau bangun kesemutan dah kayak apa nyerinya hhee

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

penyebab kesemutan adalah gangguan pada persyarafan organ tubuh tertentu.

biasanya yang terganggu adalah daya menghantar listriknya.

 

penyebab yang tersering adalah obstruksi pada saluran syaraf.

biasanya karena posisi tubuh yang salah (kaki yang ditekuk terlalu lama atau tangan yang tertindih dalam waktu lama).

penyebab lainnya adalah tumor yang menjempit saluran syaraf.

 

penyebab kedua adalah pada sel syarafnya itu sendiri.

biasanya ini terjadi pada penyakit-penyakit syaraf.

 

dan penyebab yang terakhir adalah penyakit sistemik / degeneatif yang mempengaruhi kinerja syaraf.

contoh yang paling umum itu DM

Iskandar Alam and AmaliaHolmes like this

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

penyebab kesemutan adalah gangguan pada persyarafan organ tubuh tertentu.

biasanya yang terganggu adalah daya menghantar listriknya.

 

penyebab yang tersering adalah obstruksi pada saluran syaraf.

biasanya karena posisi tubuh yang salah (kaki yang ditekuk terlalu lama atau tangan yang tertindih dalam waktu lama).

penyebab lainnya adalah tumor yang menjempit saluran syaraf.

 

penyebab kedua adalah pada sel syarafnya itu sendiri.

biasanya ini terjadi pada penyakit-penyakit syaraf.

 

dan penyebab yang terakhir adalah penyakit sistemik / degeneatif yang mempengaruhi kinerja syaraf.

contoh yang paling umum itu DM

nice :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

nice :)

 

trims, bro...

 

saya hanya meng-share pengetahuan yang saya miliki

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau saya lebih sering kesemutan kalau terlalu lama duduk bersila.

mengendarai sepeda motor terlalu lama, tangan juga bisa kesemutan..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau saya lebih sering kesemutan kalau terlalu lama duduk bersila.

mengendarai sepeda motor terlalu lama, tangan juga bisa kesemutan..

 

wah sama saya naik motor kelamaan jg sering kesemutan apalagi kalau bonceng orang. kayanya lebih gampang.

atau kl duduk bersila juga.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Ikut nyimak ahh :D

aku jg sering kesemutan kalo habis duduk kakinya dilipat..

kalo nggak kesemutan, yaa paling kram..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah sama saya naik motor kelamaan jg sering kesemutan apalagi kalau bonceng orang. kayanya lebih gampang.

atau kl duduk bersila juga.

wah kalau dibonceng juga suka kesemutan sih saya mah :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau saya sering banget kesemutan di kaki, solusinya bagaimana ya untuk menghilangkan rasa kesemutan atau kram pada kaki?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau saya sering banget kesemutan di kaki, solusinya bagaimana ya untuk menghilangkan rasa kesemutan atau kram pada kaki?

hidup sehat :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Tinggal dilurusin aja & rileks baik tangan maupun kaki nanti hilang dengan sendirinya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Tinggal dilurusin aja & rileks baik tangan maupun kaki nanti hilang dengan sendirinya

iya itu pertolongn prtama yaaa :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

haha..ada yang bilang, kalo kaki kesemutan katanya di ikat aja pakai karet gelang....ngaruh apa ya...belum pernah coba juga sih :))

Ga tau ngapa itu, tp bener seh suka coba sndiri klo pas lagi kesemutan. iket jari pake karet gelang cukup sampe berasa ke iket saja, jgn terllu kencang. ga lama stelah itu ksemutan ilang ndiri :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wach saya setiap kali duduk bersila, pasti dech gak bisa berdiri setelahnya, karena kakinya semutan..

gimana ya mengatasi ini????

apakh cukup denga nmengkonsumsi vit Bcomplex seperti anjuran ts diatas??

waduch kalau rutin makan vit Bcomplex, bisa2 melar dech tubuh saya tak terkendali....bukannya vit ini menyebabkan bertambahnya nafsu makan???

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Ga tau ngapa itu, tp bener seh suka coba sndiri klo pas lagi kesemutan. iket jari pake karet gelang cukup sampe berasa ke iket saja, jgn terllu kencang. ga lama stelah itu ksemutan ilang ndiri :)

dulu saya juga pernah sih kayak gitu iseng2 tapi ya nggak setiap kesemuitan saya begitu

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wach saya setiap kali duduk bersila, pasti dech gak bisa berdiri setelahnya, karena kakinya semutan..

gimana ya mengatasi ini????

apakh cukup denga nmengkonsumsi vit Bcomplex seperti anjuran ts diatas??

waduch kalau rutin makan vit Bcomplex, bisa2 melar dech tubuh saya tak terkendali....bukannya vit ini menyebabkan bertambahnya nafsu makan???

sebenernya menurut saya ya, duduk bersilanya jangan kelamaan. Diselingin aja mas biar ga kaku :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau sya, ktika kdinginan sering kesemutan d telapak kaki. . Lama bgt kesemutannya. Apalagi kalau duduk d kramik

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau sya, ktika kdinginan sering kesemutan d telapak kaki. . Lama bgt kesemutannya. Apalagi kalau duduk d kramik

klo kelamaan duduk lipat emang faktor utama kesemutan :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • Sharing Pengalaman Sakit Gigi
      By zeekyuryu

      First entry nih... bismillah :)

      %D8%AF%D9%86%D8%AF%D8%A7%D9%86%20%D8%B9%D9%82%D9%846.jpg

      Hai haiiii mau sharing sedikit tentang pengalaman sakit gigi yg ga enak banget. Kalo kata lagu dangdut... lbh baik sakit gigi dr pd sakit hati... eh bener ga?? Atau kebalik? Yah whatever yg jelas memang sakit gigi ga lbh baik dari sakit hati. Klo kita sakit hati, kita msh bisa yg namanya makan sepuasnya, jalan2 spuasnya, nyanyi sepuasnya dsb. Tapi klo sakit gigi? Ya buka mulut aja ngilu ;(

      Oke jd gini. Beberapa waktu lalu, saya disarankan cabut gigi oleh dokter krn memang saya pake behel dan itu bagian dr perawatan utk memundurkan gigi. Stelah dipilih, akhirnya dokter memutuskan utk mencabut gigi P1 saya which is belakang taring kiri. Karena gigi dan saya pribadi dlm keadaam sehat wal afiat, pencabutan pun lgsg dilakukan hari itu jg. Beda kalau lg sakit gigi biasanya dikasih obat dulu lalu kembali lagi beberapa hari kemudian utk dicabut.

      Waktu dicabut, saya beberapa kali suntik anastesi atau biar kebal. Ya lumayan agak keras jd agak lama. Setelah selesai, emang ga dkasih obat krn obat penghilang sakit saya yg lama msh ada dan dokter bilang minum kalau sakit aja.

      Malamnya seperti biasa, ketika anastesi mulau ilang, sakit lah bekas cabut giginta. Obat gq ktinggalan dkosan ternyata dan saya pun minum obat antalgin lainnya. Sjauh ini gda yg salah sih. Wajar sakit pasca pncabutan.

      1 hari 2 hari pihak klinik nanya apa ada keluhan pasca pencabutan (ini prosedur wajar emang di klinik lgganan saya klo abis cabut pasti ditanyain keadaannya. Sweet yah #salahfokus). Oke krn gda keluhan lain, ya saya pun tenang2 aja.

      Ternyata, keluhan terjadi di hari ketiga. Saya cabut sabtu dan Rabu saya merasa ada yg salah. Setiap kali minum air putih dan kumur, saya selalu merasakan linu nyeri hebat sampe kepala dan bikin pngen nangis. Ngilunya singkat dan langsung hilang beberapa detik kmdian.

      Saya bingung. Coba minum panas dingin bahkan normal smua sama. Sakir parah. Bahkan kumur pun begitu. Anehnya, makan apapum saya ga berasa apa apa. Normal smua kecuali kena air, air putih malah.

      Krn ga tahan, kamis sore saya balik ke kliniik dan menyampaikan keluhan saya. Setelah diperiksa, dokter ga menemukan luka apa apa di bekas pencabutan. Oya sakitnya di area bekas cabut. Lalu periksa gigi lain dan dokter menduga klau saya sakit krn ada gigi berlubang yg cukup dalam.

      Akhirnya, saya pun setuju untuk ditambal gigi bolong itu dan brharap ga nyeri lagi. Beberapa jam setelah tambal, emang ga sakit. Tapi kok abis sikat gigi malam, linu dan nyeri di area abis cabut kerasa lagi. Saya bener2 lemes klo udah sakit. Meski cuma beberapa detik tp sakitnya subhanallah deh. Ampe pengen nangis.

      Saya pun ngaca dan senter sana sni. Ada yg aneh krn di gusi atas bekas cabut ada kyk bintik macem sariawan gt warna putih dan sakit. Saya pikir itu sariawan krn behel dan abis kontrol gigi biasa. Saya coba bertahan hari jumat tnpa penangan apa apa sambil baca2 internet tntg keluhan saya... Dan saya give up hr sabtunya.

      Saya balik lg ke klinik dan mnyakatan keluhan yg sama. Setelah diskusi dengn 2 dokter, akhirnya saya dtanyain tanda2 sakitnya. Sakit 3 hari pasca pencabutan,,hanya sakit ketika kena air, Tdk sakit terus menerus, sakit di area pencabutan, sakitnya berdurasi singkat... Yuk diraba2 dokter gusi atasnya. Yap tnyata... Ada kyk tulang gt yg nonjol dan ga ketutup gusi dgn sempurna. (maaf ini sepemahaman saya ya. Agak susah nangkep sih meski ud pernah dijelasin dokternya hhheee). Krn itulah, air yg masuk nyerap ke saraf dan bikin sakit luar biasa. Dan tindakannya adalah dialusin. Sempet denger kata2 'dikuret' gt sih. Hmmm macem ibu hamil keguguran ta.

      Oke... Saya bersedia berdarah2 lg deh dr pd sakit ga ilang2. Akhirnya... Saya disuntik lg dan tindakam pum dilakukan. Abis itu, saya dikasih obat amoxilin dan kaflam atau kalium diklofenak 3 kali sehari harus abis.

      Alhamdulillah... Setelah tindakan itu saya pun ga sakit lg abis minum atau kumur. Tapi krn ada gigi lubang yg msh ditambal sementara, msh suka ngilu sih.

      But im pretty sure that sakitnya bukan di area pasca pencabutan. Insya allah lah. Smoga emang udahan masa2 sakit kmrn itu. Oya, karena mungkin ini masih semacam ‘garansi’ pasca pencabutan gigi, jadi untuk tindakan ini saya tdk dikenakan biaya tindakan, heheh. Cuma ada admin dan bayar obatnya. Alhamdulillah :D

      Saya cari2 kasus kyk saya msh jarang di inet. Yg saya baca malah merujuk pd penyakit gigi yang namanya pulpitis reversible. Ciri2nya mirip tpi di ga abis dicabut. Kata dokter saya... Itu kalau ada gigi berlubang dan gigi saya g kyk gt kondisinya.

      Menurut bacaan, ini penjelasan Pulpitis Reversible:

      Pulpitis reversible adalah suatu kondisi inflamasi pulpa ringan sampai sedang yang disebabkan oleh stimuli noksius, tetapi pulpa mampu kembali pada keadaan tidak teinflamasi setelah stimuli ditiadakan.

      Gejala pulpitis reversible ada yang simtomatik dan asimtomatik.

      - Simtomatik : rasa sakit tajam yang hanya sebentar, disebabkan oleh makanan, minuman dan udara dingin. Tidak timbul secara spontan dan tidak berlanjut bila penyebabnya ditiadakan.

      - Asimtomatik : dapat disebabkan oleh karies yang baru mulai dan normal kembali setelah karies dihilangkan dan gigi direstorasi dengan baik.

      Patologi : pulpitis reversible dapat berkisar dari hiperemia ke perubahan inflamasi ringan sampai sedang terbatas pada daerah dimana tubuli dentin terlibat, seperti misalnya karies dentin. Secara mikroskopis, terlihat dentin reparatif, gangguan lapisan odontoblas, pembesaran pembuluh darah, ekstravasasi cairan edema dan adanya sel inflamasi kronis yang secara imunologis kompeten. Meskipun sel inflamasi kronis menonjol, dapat dilihat juga sel inflamasi akut.

      Kalau nggak segera ditangani, akan menjadi Pulpitis Irreversible yang mana akan menyebabkan rasa sakit yang lebih parah bahkan setiap waktu tanpa ada rangsangan apa pun. Jadi, meski kita diam, kita akan tetap merasa sakit. Penanganannya pun jadi lebih rumit. Secara teknis saya juga ga ngerti hhhee..

      Karena takut makin ribet, makanya saya pun memutuskan untuk cepat-cepat kembali ke dokter. Tapi ternyata bukan itu. Kata dokter gigi berlubang saya masih kecil hehhe.

      Well semoga bermanfaat. Saran saya klo sakit gigi buru2 ke dokter gigi sblum makin parah. Krn tindakannya akan lbh ribet klo ud parah. Jaga kesehatan gigi dr kecil emang pntg banget. Notelah yg ud pnya anak atau adek kecil.. jgn ragu maksa mereka sikat gigi mlm dan minum susu krn itu bagus buat kshatan gigi tulang. Hahaha saya dr kcil emang sering brmasalah ama gigi krn males. Oke kapoklah. :)