Sign in to follow this  
Banyusmom

Transport Hemat Berkeliling Bali

11 posts in this topic

Siapa yang tak kenal Bali, pulau yang termasyur seantero dunia. Banyak objek ditawarkan di Bali, mulai wisata air hingga wisata belanja semua ada di Bali. Sehingga bagi sebagian orang mempunyai anggapan bahwa berlibur ke Bali membutuhkan banyak dana, khususnya untuk akomodasi dan transport. Jika anda berkeinginan berkeliling Bali dengan hemat dan cermat, anda dapat memanfaatkan beberapa alternative transportasi berikut ini.

  1. Sewa mobil

Alternative pertama ini bisa anda lakukan jika buged anda sedikit berlebih. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil untuk berkeliling Bali. Jika anda sudah hafal denga rute atau jalan yang ada di Bali, anda dapat menyewa mobil dengan menyetir sendiri, sehingga biaya sewa mobil akan lebih hemat. Tarif rata-rata yang ditawarkan adalah Rp 150.000 hingga Rp. 300.000 per hari, harga ini tergantung dari jenis mobil yang anda sewa. Carilah rental mobil yang sistem sewanya per hari dan bukan per jam, jadi anda dapat puas berkeliling Bali. Salah satu jasa penyedia rental mobil ini adalah Bali Tour Club, di sini anda juga dapat menyewa supir jika ingin menikmati liburan dengan lebih santai. Namun perlu diingat dana yang anda keluarkan juga akan bertambah.

 

  1. Taxi

Jika anda memilih model angkutan ini, pastikan taxi dari armada yang terpercaya, misalnya Blue bird. Jangan lupa pastikan argonya berjalan dengan tarif yang umum. Carilah taxi ketika anda sudah berada di jalan, jangan menggunakan jasa panggilan, karena anda akan terkena charge pp. Jadi alternative transportasi ini beresiko menjadikan pengeluara anda membengkak.

 

  1. Sewa motor

Ketika sudah berada di Bali, dapat dipastikan anda ingin mengunji banyak objek, sayangkan sudah sampai Bali namun hanya satu atau dua objek saja yang dituju. Nah, agar buged anda tidak bengkak dan anda dapat berkeliling Bali, gunakan jasa sewa motor. Penyedia jasa sewa motor ini dapat anda temukan di sepanjang Legian, umumnya toko-toko di sana juga merangkap jawa penyewaan motor. Anda cukup membayar lima puluh ribu per hari dan anda bisa berkeliling Bali. Harga Rp.50.000 terebut bisa lebih murah lagi jika anda menyewanya lebih dari satu hari. Bagi anda yang tidak bisa mengandarai motor, di Bali juga tersedia jasa taxi motor yang siap mengantar anda berkelilin Bali. Tentu saja biaya sewanya akan lebih mahal. Bahkan anda dapat menyewa ojek motor ini secara online seperti layanan yang disediakan Dewata Motor Online.

 

  1. Trans Sarbagita

Anda ingin berkeliling Bali dengan dana yang sangat irit? Gunakan bis Trans Sarbagita. Seperti layaknya moda angkutan umum lainnya, Trans Sarbagita memberlakukan tariff Rp 3.500 saja. Sangat murah bukan. Trans Sarbagita mulai beroprasi pada 2011, sehingga jalur yang ditawarkan juga masih terbatas. Sesuai dengan namannya Sarbagita, Trans ini hanya melayani empat daerah tingkat dua yaitu Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan. Namun anda tak perlu risau, dengan jalur yang terbatas tersebut anda sudah dapat menikmati objek seperti Sanur yang jarak dari pemberhentiannya hanya beberapa ratus meter saja. Dari Sanur anda dapat melanjutkan perjalanan ke Uluwatu. Jika anda memutuskan untuk berkeliling Bali dengan bus Trans Sarbagita, berikut ini trayek yang dapat anda jadikan panduan.

  • Kota – GWK (Garuda Wisnu Kencana) PP
  • Batubulan-Nusa Dua PP Via Sentral Parkir Kuta
  • Sanur – Petitenget PP Via Civic Center
  • Sanur – Ubud PP Via Kedewatan
  • Gianyar – Pesiapan PP Via Mengwi
  • Sanur – Susa Dua PP Via Bandara Ngurah Rai
  • Mengwi – Bandara Ngurah Rai PP Via Kerobokan
  • Mengwi – Pelabuhan Benoa PP Via Kota
  • Mengwi – Batubulan PP Via Darmasaba
  • Sanur – Canggu PP Via Kota
  • Tegal – Mambal PP
  • Sentral Parkir Kuta- Tanah Lot PP
  • Sanur – Lebih PP Via Taman Safari
  • Batubulan-Bandara Ngurah Rai PP Via Gatsu
  • Ubung-Sentral Parkir Kuta PP Via Mahendradata
  • Mengwi – Batubulan PP Via Dalung
  • Batubulan-Sentral Parkir Kuta PP Via Kota

Bus Trans Sarbagita beroprasi sejak pukul 05.00 Wita – pukul 21.00 Wita. Jadi anda dapat mengatur waktu berkunjung anda.

 

 Kini anda tidak perlu risau lagi jika ingin berkeliling Bali dengan nyaman dan irit. Beberapa alternative transportasi di atas dapat anda jadikan panduan dalam menyusun agenda perlajanan berlibur anda. Selamat berlibur….

Share this post


Link to post
Share on other sites

aye mau komentar dikit tentang Trans Sarbagita. Berhubung ane stay di Bali.

 

Trans Sarbagita itu baru 2 Koridor.

  • Kota – GWK (Garuda Wisnu Kencana) PP
  • Batubulan-Nusa Dua PP Via Sentral Parkir Kuta

Yang lainnya masih nyusul, namun sudah ada trayek Feader. Rata-rata sih masih gratis. dan itu naik angkot macam di jakarta begitu dan akan di drop ke halte Trans Sarbagita.

 

Oh iya, armada Trans Sarbagita belum begitu banyak seperti di jakarta, selain kedatangannya yang agak lama, kadang sering full. Tapi disitulah keasyikannya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Trans sarbagita udah beroperasi dr 2011??? Kok gak sadar ya? Terakhir tahun 2012 ke bali. Gak liat tuh busnya. Apa gak 'ngeh ya? Hehehehe Lumayan tapi 3500 bisa nyampe ke GWK. Sayang masih sedikit. Jadi kurang 'berfungsi' yaa.. harusnya dibanyakin. Biar mudah juga mau jalan2 di bali.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this