alexandri

Candi Sukuh (Candi Erotis)

7 posts in this topic

Nah pasti nama candi erotis bikin penasaran ya...

Sukuh01.jpg

Namanya Candi Sukuh yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah.Candi ini adalah candi Hindu yang dibandun pada abad ke15. Candi ini dapat nama candi erotis karena banyak oranamen2 erotis, relief alat kelamin, dan patung2 yang vulgar. Candi yang erotis seperti ini ada juga di India. namanya Candi Khajuraho di Madhya Pradesh.

Yang unik juga tentang candi ini, candi ini mirip dengan piramid suku maya di Amerika Tengah.

ero2.gif

Candi Sukuh ini ga banyak yang tahu soalnya lokasinya di lereng Gunung Lawu pada ketinggian lebih dari 1000m.

Jika ada wisatawan yang ingin ke sana, bisa naik bis umum yang jurusan Solo Tawangmangu. Nanti turun di Karang Pandan dan lanjut lagi naik minibus yang jurusan Kemuning. Dari situ naik lagi ojek menuju Candi. Tiket masuk ke Candi cuma 3rb per orang. Murah kan. Bisa foto sama patung2nya...hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya pernah nih motret di sini untuk acara (lupa acaranya apa) naik motor dari solo...

acaranya asyik dan sempet ditodong pewayang Slamet Gundono untuk nabuh gamelan (demi apaaa???)

saya suka tempat ini karna tempatnya asik dan ada beberapa arca yang bisa dijadikan untuk foto aneh2.. hahaha

secara ini kan candi yang dekat banget dengan urusan kesuburan.. maka bertebarlah anatomi bagian tubuh perempuan dan laki laki secara gamblang di sni...

yang paling seru tuh lemparin koin ke dalam sebuah tempat, dipercaya yang melempar bisa subur.. makanya sekarang saya anak dua kali ya? hehhehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

bnr bgt, ga byk yg sadar kl di daerah Tawangmangu ada candi dengan pemandangan bagus disekitarnya ini lho. bahkan orang2 sekitar aja seringnya malu kl mau kesana cuz dijuluki 'Candi Saru' itu. Pdahal wisata is wisata yaa, yg penting bs refreshing disana ... :-)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Tertarik sama sejarahnya, kenapa relief, patung-patung, dan ornamen-ornamennya mesti mengambil 'tema' yang unik seperti itu. Jarang sih ya sepertinya..

Tujuan dibangun Candi Sukuh ini dulu untuk apa ya.. Mungkin ada kaitannya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

sayang ya mungkin banyak orang ga tau tempat ini. ga tau apa karena agak taboo atau gimana, tapi sayang aja karena ini termasuk unik. tujuan dibangun juga orang banyak ga tau. mungkin ada kaitannya sama kamasutra kali ya :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

nambahin fot boleh yaa.,.

tapi maaf kalau kurang sopan,soalnya fotonya agak erotis,hwehehehehe

 

salah satu arca di candi sukuh.,.

post-698-0-10165900-1358654137_thumb.jpg

 

owh iya, ada mitos yang beredar kalau di candi sukuh tersebut bisa untuk membuktikan bahwa seorang wanita masih perawan atau tidak, kalau tidak salah info di salah satu gerbang/gapura yang ada lambang yoninya kalau wanita dengan menggunakan jarit (kain) melewatinya sobek kainnya berarti sudah tidak perawan lagi, dan apabila si wanita tersebut jaritnya lepas berarti masi perawan..,

 

entah benar atau tidak saya belum bisa membuktikannya, sorry saya cowok bukan perawan,hwehehehehe

kalo disuruh ngebuktiin perjaka atau tidak pasti udah ga perjaka,wkwkwkwk

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Tertarik sama sejarahnya, kenapa relief, patung-patung, dan ornamen-ornamennya mesti mengambil 'tema' yang unik seperti itu. Jarang sih ya sepertinya..

Tujuan dibangun Candi Sukuh ini dulu untuk apa ya.. Mungkin ada kaitannya?

 

candi sukuh di bangun untuk menghormati/menyembah dewa kesuburan,kenapa?

karena menurut kepercayaan semua yang mempunyai lambang lingga dan yoni (alat kelamin wanita dan pria) itu merupakan lambang kesuburan, itulah kenapa candi tersebut banyak relief yang erotis,hehehe

 

CMIIW.,.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now