Sign in to follow this  
ameryudha

Tips safari ke Afrika

19 posts in this topic

Afrika Selatan? Ada apa sih disana ? seru sepertinya mendengar safari di Afrika Selatan. Saat ini afrika selatan merupaka rumah bagi ribuan binatang liar. Berbagai paket wisata ditawarkan, mulai dari camping di alam bebas, hingga tidur di hotel mewah dengan pemandangan alam liar. Semua bisa disesuaikan dengna budget yang anda miliki. Bagi anda yang akan bepergian ke Negara tersebut, ini dia 8 tips berjalan-jalan ke afrika selatan \

 

Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Afrika Selatan ?

 

Untuk melihat kehidupan liar di Afrika Selatan waktu paling tepat adalah antara bulan Juni hingga September, atau di musim dingin. Kenapa ? karena anda bisa melihat jelas binatang-binatang di alam liar tersebut. Di musim dingin semua daun berguguran sehingga anda akan jelas melihat mereka , serta kekurangan makanan juga akan menyebabkan binatang banyak mencari makan di luar sarangnya. Sedangkan musim panas hutan sedang rimbun, anda tidak akan bisa melihat para binatang diantara hutan.  Selain itu bulan Desember-Februari akan dipenuhi oleh orang-orang dari eropa yang datang untuk mencari tempat panas karena di Negara mereka sedang musim dingin.

 

Begitu banyaknya tempat yang bisa dikunjungi untuk melihat kehidupan liar, anda tentunya akan bingung sendiri, Taman Nasional mana yang bisa saya kunjungi ?

 

safari.jpg

Afrika Selatan memiliki lebih dari 600 taman nasional yang layak untuk dikunjungi, , anda bisa memilih berbagai macam wahana yang ditawarkan mulai dari hutan rimbun tak terjamah manusia, hingga padang savana dengan zebra dan sungai. Anda juga dapat camping bersama turis lainnya, harga nya juga cukup terjangkau, para travel agent di Africa biasanya mematok satu mobil untuk satu kelompok. Beberapa taman wisata yang bisa anda jelajahi adalah   

taman-2.jpg

  1. Taman nasional Kruger: Merupakan tempat yang tepat untuk bersafari. Taman Nasional ini sangat luas, adna dapat dengan mudah melihat berbagai binatang, selain itu Taman Nasinoal ini memliki campsite serta bungalow apabila anda ingin menginap, disini tersedia segala kebutuhan anda.
  2. Hluhluwe-iMfolozi. Berlokasi di Zululand, disini anda bisa menemukan pemandangan spektakuler dipadu dengan alam liar yang buas. Taman nasional ini menawarkan itinerary dan campsite untuk beberapa hari. Tinggal pilih mana yang cocok untuk anda.

Bagaimana akomodasi selama disana ?


Memilih akomodasi  memang gampang-gampang sulit. Ada 2 pilihan anda memilih tur yang dikordinir oleh travel agen swasta, atau anda mengatur sendiri. Hal ini harus benar-benar dipertimbangkan, karena anda yang akan menjalani disana. Apakah anda nyaman dengan kehidupan mewah dan luxury, ataukah anda ingin merasakan kehidupan tarzan ?


Namun dibalik itu semua, anda harus memilih tempat yang cocok untuk anda, dimana tingkat kedekatan dengan hewan dan alam harus anda pertimbangkan, apakah anda suka bila bergaul dengan binatang atau anda ingin aman berada di tengah private resort?sebagai informasi resort bernama Sabi Sand merupakan tempat terbaik untuk melihat kehidupan alam liar di Taman Nasional Kruger  
  

taman-3.jpg

First timer ? pilih guide, please!

Guide disini sebenarnya berfungsi untuk memberikan anda informasi, sebagai seorang JALAN2ERS sejati tentunya anda cepat belajar mengenai suatu tempat sekalipun Afrika Selatan. Seabgai tambahan bila anda memakai guide, anda akan disuguhi sajian berupa macam yang mengikuti jeep anda, ataupun gajah yang melewat di depan anda. 

 

Beberapa hewan di Afrika Selatan mungkin tidak akan terlihat, jangan kecewa!

 

Bila tujuan anda melihat hewan-hewan yang sudah punah , anda pastinya kecewa, apakah anda berharap melihat badak bercula satu yang biasa anda lihat di Ujung Kulon ? jelas tidak akan anda, sekarang ini di Afrika lebih banyak zebra, kuda nil, serta jerapah. Sebaiknya anda membuat list binatang yang ingin anda lihat, ser-real mungkin bila tidak anda akan kecewa!

 

 Apakah dari Cape Town ke Taman Nasional jauh ?

 

Ya! Anda bisa memilih memakai mobil atau pesawat. Ada beberapa taman nasional yang bekerja sama dengan penerbangan local menjual tiket masuknya dengan bundling. Anda juga dapat menanyakan kepada hotel yang anda tempati mengenai hal ini, biasanya juga mereka memiliki program bundling. Apabila anda memiliki waktu ekstra, apa salahnya anda berkendara dari Cape Town sampa Johannesburg atau sebaliknya, anda dapat berkunjung ke Pigrim Rest dimana dulunya tempat ini merupakan kota tambang emas yang belum pernah di restorasi.  

 

Bagaimana ? tertarik ? sebaiknya anda menabung dahulu , karena satu orang bisa menghabiskan biaya sekitar Rp.50juta per minggu untuk bersafari! Wah!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hi all ini saya attach foto waktu adventure di Pilanesberg National Park ( near At Sun City ) seru bgt kita bisa interaksi langsung dengan binatang liar disana, contohnya salah satu foto yg saya attach terlihat Singa berhenti ditengah jalan dan membuat macet.

Satu lagi yg tidak kalah menarik adalah Carnivore Restaurant di Johannesburgh kita disana dpat menyantap hidangan semua daging hewan yg ada di Africa ( Contohnya : Buaya / Ostrich / Zebra /dll )

 

Tips : Di jalan umum South Africa biasanya kita sering melihat Baboon liar bersliweran dijalan, dan jangan sekali-kali kita mencoba memberi makan karena sangat galak dan liar.

post-28945-5638_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this