redocean

Kota yang terkenal dengan makanan khasnya

63 posts in this topic

Negara kita ini adalah negara yang kaya bukan hanya dari budaya dan keindahan alamnya saja, tapi juga dengan kulinernya. Ini dibuktikan dengan beraneka macam kuliner yang bisa anda temukan di berbagai bahkan disetiap daerah di Indonesia. Nah, ada beberapa makanan yang sudah menjadi cirri khas kota tersebut. Ketenaran makanan khas tersebut juga terdengar ke seluruh pelosok Nusantara, bahkan ke luar negeri.

 

Beberapa ini merupakan daftar kota-kota yang terkenal dengan makanan khasnya. Mungkin ada yang belum masuk bisa ditambah, disimak aja dulu listnya, ini dia:

 

Bandung

Siapa yang nyangkal kalau Bandung jadi kota yang makanan khasnya terkenal di mana-mana. Bisa disebutin mulai dari Batagor, Somay, Cireng, Cendol, dan lain sebagainya. Jajanan-jajanan yang selalu membuat kita tergiur ini memang terkenal dari Paris Van Java. Belum lagi, makanan-makanan manis seperti Brownies dan sejumlah kue lain. Intinya Bandung ini memang terkenal dengan aneka kulinernya. Buat yang mau tahu spot dan makanan wajib dicoba di Bandung, Sub Forum ini banyak nge-review Kuliner Bandung.

 

Jakarta

Nggak kalah sama Bandung, siapa yang nggak tahu gado-gado, soto betawi, kerak telor, dan sebagainya? Jakarta juga menjadi salah satu kota yang terkenal dengan aneka makanan khasnya. Kalau ke Jakarta, wisata kuliner bisa dengan mudah ditemukan dimana-mana. Nggak percaya, coba aja datang mulai dai kawasan Kota Tua. Jajanan tradisional banyak di sana. Kawasan lain yang berupa café, restoran, dari yang ada di gang-gang kecil sampai yang mewah ada di sini.

 

Padang

Nah, setuju dong kalau Padang jadi kota yang terkenal dengan makanan khasnya. Secara garis besar, kita tahu yang namanya Makanan Padang. Rumah Makan Padang ini ada di mana-mana, baik di dalam maupun di luar negeri. Cirinya makanan bersantan yang juga pedas. Salah satu yang paling populer Rendang Padang. Dijamin pasti pada suka, ini juga udah jadi makanan paling enak di dunia. Hmmm lezatnya…

 

Semarang

Kalau denger kata Semarang, biasanya juga pada langsung kepikiran sama Lumpia Semarang. Lumpia Semarang ini udah terkenal dan rasanya unik. Isi lumpia semarang ini adalah rebung yang punya aroma khas dengan rasa yang manis tapi bercampur pedas. Wah pokoknya kalau ke Semarang, banyak deh kuloner yang wajib dcoba. Selain lumpia, ada juga bandeng presto, dan sejumlah jajanan lainnya. Semarang rupanya akan jadi salah satu kota yang semakin berkembang wisata kulinernya.

 

Jogjakarta

Gudeg Jogja adalah kuliner khas atau makanan khas yang membuat nama Jogja semakin dikenal. Gudeg Jogja ini memiliki rasa yang manis dengan aneka lauk pauk yang juga dengan rasa manis. Bukan Cuma orang Jogja yang suka Gudeg, Gudeg banyak diakui sebagai makanan yang enak di Nusantara kita ini.

 

Makasar

Nah suka kan denger Coto Makasar. Ini ada di mana-mana juga sebagaimana masakan lainnya. Kota Makasar memang terkenal dengan masakan Coto Makasarnya, Selain Coto Makasar, ada pisang ijo dan berbagai macam jenis makanan khasnya.

 

Medan

Dulu suka ketipu kalau Bika Ambon itu ternyata dari Medan, Sumatera Utara. Jauh banget kan kalau secara geografis dan pada umumnya nama daerah di belakang nama makanan ini menunjukkan asal daerah makanan tersebut. Tapi nggak buat Bika Ambon. Kue yang berwarna kuning ini bisa kita temukan di berbagai toko kue di mana saja. Dan udah kadi cirri khas Medan dengan Bika Ambonnya.

 

Surabaya

Rujak Cingur, Lontong Balap itu adalah beberapa nama makanan yang menjadi cirri khas dari kotanya Bung Tomo ini. Kalau ke Surabaya, makan makanan khas tersebut punya rasa sendiri.

 

Bogor

Bogor ini bukan cuma jadi kota dengan sejuta angkot, tapi juga aneka kuliner tumpah di sini. Salah satu yang dikenal masyarakat Indonesia dari Bogor adalah asinan Bogornya, ya ga? Enak banget kalau udah kumpul sambil makan asinan bogor. Seger, seru… Ragam kuliner dari Bogor pernah dibahas juga sama temen-temen di forum ini.

 

Palembang

Nah, makanan khas dari Palembang??? Pempek dong pastinya. Pempek Palembang ini sering banget diburu baik di Palembang sendiri maupun di tempat lain di luar Palembang. Kita suka lihat kan café dengan menu Pempek Palembang. Ada pempek kapal selam dan lain sebagainya. Enaaak..

 

 

Hmm itulah beberapa yang bisa saya sebutin. Mungkin ada kota lainnya? Monggo dishare… 

Share this post


Link to post
Share on other sites

kurang niih... Lamongan... nggak tau ya kalau di daerah lain, tapi kebanyakan penjual makanan yang tersebar di surabaya dan sekitarnya itu berasal dari Lamongan. Untuk makanan khasnya sendiri, terdapat beberapa seperti tahu campur, soto lamongan, nasi boranan dan lain-lainnn... 

Share this post


Link to post
Share on other sites

ya, klu sy paling suka tuch sama makanan padang untungnya deket rumah ada yg masakan padangnya sesuai sama minat sy krn kadang walaupun makanan umumnya enak klu yg masak kurang ahli agak kurang rasanya :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

kurang niih... Lamongan... nggak tau ya kalau di daerah lain, tapi kebanyakan penjual makanan yang tersebar di surabaya dan sekitarnya itu berasal dari Lamongan. Untuk makanan khasnya sendiri, terdapat beberapa seperti tahu campur, soto lamongan, nasi boranan dan lain-lainnn... 

oya..pecel lele lamongan ya.. :)

 

ya, klu sy paling suka tuch sama makanan padang untungnya deket rumah ada yg masakan padangnya sesuai sama minat sy krn kadang walaupun makanan umumnya enak klu yg masak kurang ahli agak kurang rasanya :P

iya bener sis.. klo masakan pdang bukan ahlinya juga kurang sedap 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Bukan cuma Bika Ambon aja kok yang jadi ciri khas kota Medan,

masih banyak lho... ada soto medan, lontong medan, bolu meranti, lapis legit, pancake durian, manisan jambu..

Ayo, kapan2 kalau ke Medan silahkan di cicipi.. maknyussss... :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

solo terkenal dengan Waroeng Mbok Marni...

rasa ayam goreng yang lezat setiap gigitannya membuat ketagihan........

apalagi belum mebu lainnya yang banyak menggugah selera makan.......mmm

enak..........:D

Share this post


Link to post
Share on other sites

solo terkenal dengan Waroeng Mbok Marni...

rasa ayam goreng yang lezat setiap gigitannya membuat ketagihan........

apalagi belum mebu lainnya yang banyak menggugah selera makan.......mmm

enak.......... :D

wuih boleh juga tuh info nya

tar ke solo cobain ke warung nya mbok marni :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

mebu tu menu bumbu lain yaw...jagn salah yang lainnya...

ayow pada nyobain makan ayam sehat tanpa lemak di Waroeng Mbok Marni Solo..

ada di SGM Food Court Lantai 3, Solo Square lantai 2, dan di Jalan Slamet Riyadi no 626 Kleco Solo,

harganya juga terjangkau lhuw..:Dayo cobain...;)

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuih boleh juga tuh info nya

tar ke solo cobain ke warung nya mbok marni :P

iya buruan kesana ada free wifi,free internet dan free game onlinenya juga..;)dijamin malah ga pengin pulang..hehe..

Share this post


Link to post
Share on other sites

jalan jalan di food court mall ketemu dengan waroeng mbok marni langsung kepencut ssaya ,.

masakan ayam gorengnya pas banget rasa bumbunya berserta sambalnya,..

mall sgm pa solo square mz..

aq seringnya makan ayam mbok marni di kleco..:D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo ngomongi makanan pasti gak ada abisnya. soalnya urusan perut gak bisa ditunda2. hahaha

 

makanan khas Surabaya ada lagi yang namanya semanggi. makananya terbuat dari daun semanggi trus disiram bumbu kacang..

dulu masih sering nemu ibu2 gendong bakulnya, cuman sekarang udah jarang banget yang jualan..

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo ngomongi makanan pasti gak ada abisnya. soalnya urusan perut gak bisa ditunda2. hahaha

 

makanan khas Surabaya ada lagi yang namanya semanggi. makananya terbuat dari daun semanggi trus disiram bumbu kacang..

dulu masih sering nemu ibu2 gendong bakulnya, cuman sekarang udah jarang banget yang jualan..

 

oh gitu mas ?

saya baru tahu ada semanggi, sejenis buntil bukan sih kalo di sunda?

Share this post


Link to post
Share on other sites

paling suka kuliner dari Bandung, Padang dan juga Palembang karena empek-empek salah satu makanan favorit saya :wub:

tinggal dmn sis? klo deket pasar minggu, dsana ada tkg pempek enaaakkk ... trkenal deh :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

oh gitu mas ?

saya baru tahu ada semanggi, sejenis buntil bukan sih kalo di sunda?

 

lebih tepatnya mirip kayak pecel, mbak. kuahnya cuma bumbu kacang dan daunnya cuma daun semanggi aja.

trus makannya ditaruh di daun pisang yang dilipet gitu, sama pake krupuk puli yang warnanya kuning

Share this post


Link to post
Share on other sites

lebih tepatnya mirip kayak pecel, mbak. kuahnya cuma bumbu kacang dan daunnya cuma daun semanggi aja.

trus makannya ditaruh di daun pisang yang dilipet gitu, sama pake krupuk puli yang warnanya kuning

daun semanggi pernah denger tapi gtw bentuknya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By vie asano
      Beberapa waktu lalu, teman saya, seorang WNI yang menikah dengan pria Jepang, menceritakan kebingungannya mencari oleh-oleh khas Indonesia setiap kali akan berkunjung ke keluarga suaminya di Jepang. Adik saya yang menikah dengan pria Belanda pun kerap kebingungan mencari oleh-oleh untuk mertua tercinta. Dan saya rasa, teman maupun adik saya itu bukanlah satu-satunya yang kerap merasa bingung setiap kali mencari oleh-oleh khas Indonesia untuk dibawa ke luar negeri. Biasanya, yang bingung-bingung itu karena mereka terlalu memikirkan hal-hal berikut ini:
      1.Dari sekian banyak produk khas daerah di Indonesia ini, oleh-oleh apa sih yang paling merepresentasikan Indonesia?
      2.Oleh-oleh apa yang tahan dibawa untuk perjalanan jarak jauh dan memiliki kemasan yang oke namun tetap terkesan Indonesia banget?
      3.Oleh-oleh apa ya yang kira-kira disukai oleh orang diluar Indonesia, apalagi diluar wilayah Asia tenggara? Soalnya kan selera mereka mungkin saja beda dengan selera orang Indonesia atau orang Asia
      Berikut saya ingin berbagi beberapa jenis oleh-oleh khas Indonesia yang cocok dijadikan buah tangan untuk teman atau kerabat atau mungkin calon relasi bisnis yang ada di luar negeri, khususnya yang memiliki budaya yang jauh berbeda dengan Indonesia. Oleh-oleh dibawah ini berdasarkan pengalaman saya beberapa kali memberikan oleh-oleh (minimal memberikan ide) untuk mereka yang berada jauh diluar Indonesia. Saya sengaja nggak menyebut produk khas per-daerah supaya teman-teman bebas mengembangkan imajinasi dan mengeksplorasi produk khas daerah masing-masing dari ide-ide berikut ini. Untuk alternatif oleh-oleh lainnya, bisa mampir ke thread yang sudah lebih dulu ada: Oleh-oleh apa yang khas Indonesia? 
       
      1. Kopi
      Saya cinta kopi walau sebatas pecinta kopi sachetan saja. Dan bicara tentang kopi, Indonesia memiliki beberapa jenis kopi yang khas yang mungkin saja sulit ditemukan diluar negeri. Berhubung akhir-akhir ini banyak produsen kopi yang mengemas kopi Indonesia dengan kemasan yang cantik, saya rasa kopi layak banget untuk dijadikan oleh-oleh khas Indonesia.
      Tips: coba cari produk kopi khas daerah masing-masing, jadi jangan terpaku dengan merk kopi yang banyak ditemukan di supermarket. Contohnya saja Kopi  Oey Jalan Braga, termasuk oleh-oleh kopi khas dari Bandung. Saya pernah juga memberikan oleh-oleh kopi Bali untuk oleh-oleh dan rata-rata kopi Indonesia selalu diterima dengan senang hati.
       
      2. Rokok kretek
      Walau saya anti rokok, namun saya mengakui jika rokok kretek termasuk salah satu produk khas Indonesia. Rokok kretek bisa jadi oleh-oleh khas Indonesia karena biasanya (sepanjang yang saya tahu) rokok di luar negeri (wilayah survei: Jepang dan Belanda) rata-rata tipenya mild. Biasanya mereka yang perokok berat akan suka diberikan oleh-oleh rokok kretek dari Indonesia.
       

      Foto 02:
      Salah satu merk rokok kretek Indonesia yang populer secara internasional [foto: wikimedia/creative commons]
       
      3. Sambal
      Sambal mungkin termasuk salah satu produk khas di wilayah Asia. Dan Indonesia termasuk negara yang juga mencintai sambal. Jadi kenapa nggak memberikan oleh-oleh sambal sebagai produk khas Indonesia? Tentunya pilih yang kemasannya oke dan tahan untuk dimasukkan dalam bagasi pesawat.
      Tips: jika ingin memberikan oleh-oleh sambal untuk mereka yang kurang terbiasa dengan rasa pedas, sebaiknya pilih sambal yang rasanya ringan dan tidak terlalu pedas.

      Foto 03:
      Contoh sambal dalam kemasan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh [foto: Gunawan Kartapranata/wikimedia]
       
      4. Makanan ringan
      Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari merupakan oleh-oleh khas Bandung yang populer. Tapi kedua jenis makanan tersebut agak sulit untuk dibawa keluar negeri (khawatir hancur jika dimasukkan dalam bagasi) sehingga kurang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Indonesia. Begitu juga dengan cemilan khas Indonesia lainnya seperti kembang goyang dan batagor. Wah, bisa-bisa hancur atau basi saat dibawa untuk perjalanan jarak jauh.
      Nah, jika memang ingin membawa oleh-oleh makanan, coba deh pertimbangkan untuk membeli oleh-oleh makanan kering dan punya kemasan menarik. Misalnya saja, aneka keripik singkong pedas, keripik pisang, atau mungkin dodol garut. Atau bisa juga membeli kerupuk mentah untuk digoreng sendiri.

      Foto 04:
      Keripik pisang dalam kemasan yang cukup menarik [foto: CamilanCamilun/wikimedia]
       
      5. Bumbu khas Indonesia
      Percaya atau tidak, teman saya yang warga Jepang suka banget kalau diberi oleh-oleh bumbu pecel lho! Itu menandakan jika bumbu khas Indonesia pun bisa dan layak dijadikan oleh-oleh yang mewakili Indonesia.
       
      6. Batik dan kain khas Indonesia
      Batik merupakan kain khas Indonesia. Jadi kenapa tidak memberikan batik sebagai oleh-oleh? Jangan hanya terpaku pada kain batik meteran saja. Kalian bisa lho memberikan batik sarimbit sebagai oleh-oleh, maupun batik yang sudah diolah menjadi produk lain seperti tas dan sepatu. Intinya, cari yang praktis namun menarik. Dan kain khas Indonesia tak hanya batik. Ada ulos, songket, dan banyak lagi. Bahkan dress pantai khas Bali pun menarik untuk dijadikan oleh-oleh lho!

      Foto 05:
      Batik dalam bentuk produk fashion jadi juga cukup menarik dijadikan oleh-oleh [foto: Gunawan Kartapranata/wikimedia]
       
      7. Teh
      Selain kopi, Indonesia juga memiliki banyak teh lokal yang memiliki rasa yang khas. Coba deh jangan melirik merk-merk teh yang mainstream dan banyak ditemukan di supermarket. Carilah produk-produk teh khas daerah kalian dan jadikan itu oleh-oleh yang mewakili Indonesia.

      Foto 06:
      Contoh teh khas Indonesia [foto: Midori/wikimedia]
       
      8. Produk spa dan kecantikan
      Spa termasuk salah satu perawatan kecantikan khas Indonesia yang banyak disukai oleh warga negara asing. Berhubung saat ini sudah banyak produk spa dan kecantikan lainnya yang dikemas cantik dan bisa digunakan untuk perawatan di rumah, coba deh memberikan produk-produk tersebut sebagai oleh-oleh. Saya pribadi beberapa kali memberikan set produk body lotion/body scrub/body butter dengan wangi khas Indonesia sebagai oleh-oleh dan ternyata produk-produk spa tersebut cukup disukai lho.
       
      9. Produk seni khas daerah
      Rasanya, masing-masing daerah di Indonesia memiliki produk seni yang khas, yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Sebut saja wayang golek, wayang kulit, angklung, dan lain-lain. Produk-produk ini menjadi oleh-oleh yang relatif aman untuk siapa saja karena tidak untuk dikonsumsi, alias untuk pajangan saja.
       
      10. CD musik
      Saya rasa nggak banyak yang terpikir untuk memberikan CD musik penyanyi Indonesia sebagai oleh-oleh. Saya sendiri berani mengusulkan ini berdasarkan pengalaman memberikan CD musik untuk oleh-oleh adiknya adik ipar (WN Belanda). Ceritanya, saya sedang bingung akan memberikan oleh-oleh apa. Karena saya dapat informasi jika dia pecinta musik metal, saya pun iseng-iseng memberikan CD Power Metal dan Jamrud. Dan kalian tahu endingnya bagaimana? Sekarang dia jadi fans berat Jamrud! Yay, saya dapat teman Jamers baru!
      Daftar di atas saya susun berdasarkan pengalaman pribadi. Jika teman-teman ada yang mau berbagi pengalaman aneka oleh-oleh khas Indonesia, ditunggu sharing-nya. Sebagai penutup, saya ingin berbagi tips bagi yang ingin mencari produk khas Indonesia sebagai oleh-oleh:
      1. Percaya dirilah dengan produk-produk khas Indonesia. Jangan terlalu memikirkan ini layak nggak untuk jadi oleh-oleh maupun produk ini kira-kira sesuai standar barat nggak ya, karena pemikiran seperti itulah yang akhirnya membuat kita nggak pede dengan produk dalam negeri. Kalau kita sendiri nggak pede, gimana kita bisa meyakinkan orang lain kalau produk khas Indonesia itu bagus?
      2. Berpikir sederhana. Jangan karena semangat ingin memberikan oleh-oleh yang "wah" akhirnya malah membuat kita melupakan esensi dari oleh-oleh, salah satunya untuk menyambung silahturahim dan juga memperkenalkan produk khas Indonesia. Berpikirlah sederhana dan kreatiflah, karena bisa jadi produk-produk yang kita anggap sepele dalam kehidupan sehari-hari ternyata menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Contohnya saja sandal jepit khas Indonesia, yang konon akhirnya jadi booming gara-gara dipakai oleh bintang Korea. Keren kan?
       
      Selamat berburu oleh-oleh khas Indonesia!
       
    • By petrus.sitepu
      Pada saat anda mengunjungi sebuah kota yang belum pernah anda datangi, alangkah baiknya apabila anda mencari makanan dari kota khas tersebut. Seperti penulis lakukan ketika mendatangi kota cirebon, penulis mulai mencari makan khas dari kota Cirebon. Sebut saja tahu gejrot, nasi leko, dochang, dan tentu nasi jamblang. Pasti akan menjadi salah satu pilihan anda ketika wisata kuliner ke kota cirebon. 
      1. Dochang
      Makan asli cirebon ini merupakan perpaduan dari lontong, toge daun singkong, kerupuk yang dicampur dengan sayur oncom doge. Waktu yang tempat untuk makan docang adalah pagi hari, dan lokasi yang direkomendasi untuk makan docang di depan pasar keraton kanoman. Harga seporsi untuk docang seharga Rp 15,000.
      2 Nasi Leko
      Sego lengko merupakan sebutan untuk nasi leko oleh masyarakat cirebon. Nasi leko merupakan percampuran tempe, tahu, tauge, potongan timun yang ditaruh diatas nasi dan disiram dengan bumbu rujak dan kecap. Harga untuk satu porsi nasi leko seharga Rp 15,000.
      3. Nasi Jamblang
      Ketika makan nasi jamblangan rasanya sama ketika makan di rumah makan padang yaitu penuh dengan lauk. Satu bungkus nasi yang dibungkus dengan daun jamblang bisa menggunakan 3-4 lauk yang disediakan tentunya dengan porsi lauk yang tidak terlalu banyak. Hampir 15 lauk disediakan penjual dari tahu dan tempe bacem sampai dengan sate telor puyuh. Harga untuk satu porsi nasi jamblang dengan 2-3 jenis lauk seharga Rp 30,000 – Rp 40,000 tergatung pilihan lauk.
      Keunggulan dari nasi jamblang yaitu daun pebungkus nasinya yang menggunakan daun jamblang.
      4. Tahu Genjrot
      Tahu gejrot sendiri banyak ditemukan dikota kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta. Satu set tahu gejrot terdiri dari 2-3 tahu yang diiris sedang yang disiramkan dengan kuah yang sudah dicampur dengan bumbu antara lain cabe, bawang putih, bawang merah dan gula merah. Rasa yang ditimbulkan ketika anda memakan tahu gejrot yaitu semangat untuk mengeliligi kota cirebon. Harga untuk satu porsi tahu gejrot seharga Rp 10,000
      Jadi makanan apa yang pernah anda coba? selain tahu gejrot? Selamat menikmati wisata kuliner cirebon.
    • By infoana
      Sebagaimana kita telah ketahui Negara Kita Indonesia merupakan Negara yang kaya bakal kekayaan alamnya. Sungai, gunung hamparan sawah menghijau adalah sebuah bukti bakal kayanya Negara ini. 
      Tidak cuma kaya bakal Sumber kekuatan alamnya. Indonesia termasuk tenar bakal kekayaan budaya dan termasuk kerajinan tangan hasil penduduknya. Aneka kreasi penduduk Indonesia telah banyak diterima oleh penduduk di dalam maupun luar negri. 
      Hal itupula menjadi bukti bakal kreatifitas yang tak mampu terbantahkan lagi. Kita mengenal kerajinan tangan batik, lantas seni ukir kayu jepara, Kerajinan Tasikmalaya dan termasuk yang paling tenar di mata penduduk luar negeri adalah kerajinan pahat patung bali.
      Ah tetap banyak lagi kerajinan tangan khas dari berbagai area di Indonesia. Sudah semestinya kita bangga bakal anugerah yang telah dianugerahkan tuhan ini.
      Dan tersebut mari sedikit Kita mengupas berkenaan berbagai kerajinan tangan khas area yang telah tenar di mata dunia sebagai ciri khas dari Negara Indonesia.
      1.Kerajinan batik
      Kerajian tangan kain batik dibikin bersama cara melukis bersama manfaatkan alat bersifat canting dan kuas diatas kain bersama bahan lilin yang telah di awalnya dipanaskan. Hasil sistem membatik tersebut dinamakan bersama batik tulis.
      2. Kerajinan ukir
      Kerajinan ukir meliputi seni ukir kayu dan seni ukir logam. Daerah penghasil kerajinan ukir kayu di Nusantara, di antaranya adalah Jepara, Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, dan Sumatra.
      Kerajinan ukir logam ini terbuat dari perak, tembaga, emas, dan kuningan.
      Proses pembuatan kerajinan logam bersama manfaatkan teknik cetak atau cor, tempa, toreh, dan penyepuhan. Daerah penghasil kerajinan logam di Nusantara antara lain adalah Yogyakarta dan Jawa Tengah
      3. Kerajinan anyaman
      Kerajinan anyaman banyak kita jumpai, baik bersifat benda manfaatkan ataupun benda hias. Anyaman dibikin dari bahan alami dan bahan sintetis. 
      Bahan-bahan alami yang dipakai, antara lain adalahbambu, rotan, daun mendong, dan janur. Bahan-bahan sintetis yang digunakan, antara lain plastik, pita, dan kertas. Daerah penghasil kerajinan anyaman, antara lain Bali, Kudus, Kedu, Tasikmalaya, dan Tangerang.
      4. Kerajinan topeng
      Topeng merupakan hasil karya seni kerajinan yang mampu digunakan sebagai kepentingan perlengkapan hiasan dan tari. Kerajinan topeng kebanyakan dibikin dari bahan kayu. Adapun area penghasil kerajinan topeng di Nusantara, yaitu Yogyakarta, Cirebon, Bali, Surakarta, dan Bandung. Setiap area membawa ciri khas topeng yang berbeda.
      5. Kerajinan tenun
      Tenun merupakan hasil kerajinan area yang dibikin bersama teknik dan alat khusus. Daerah Kerajinan tenun banyak kerajinan tekstil modern di Kalimantan, Minangkabau, Sumatra Utara, NTB, NTT Lampung, Flores, Sulawesi, dan Palembang. Motif yang dibikin pun tidak serupa di tiap-tiap daerah. 
      Berbagai corak tenun dari Palembang, antara lain mawar Jepang, cantik manis, bintang berantai, nago
      besaung, dan bunga cino.
      Ada dua model tenun, yaitu tenun ikat dan lainnya yaitu tenun songket.
      Keduanya berbeda di dalam teknik dan bahan yang digunakan. Berbeda bersama tenun ikat, terhadap songket mendapat tambahan benang emas yang di tempatkan bersama manfaatkan teknik tusuk dan cukit.
      6. Kerajinan wayang
      Wayang termasuk budaya asli Indonesia, yang ceritanya berasal dari budaya Hindu India. Wayang dibikin untuk seni pementasan sekaligus sebagai hiasan. 
      Terdapatbeberapa model wayang terdiri atas wayang kulit yang terbuat dari bahan baku kulit kerbau dan wayang golek yang terbuat dari kayu. Tempat penghasil kerajinan wayang , di antaranya Bali, Yogyakarta, dan Surakarta.
      7. Kerajinan keramik
      Keramik termasuk hasil karya seni kerajinan tangan yang bahan dasarnya dari tanah. Hasil kerajinan keramik terlalu beragam, seperti vas bunga, guci, mangkuk, cangkir, dan lain-lain. Adapun area penghasil kerajinan keramik yang tenar di Indonesia, di antaranya yaitu Kasongan (Yogyakarta), Sompok, dan Mayong (Jepara). 

    • By elinaid
      Usaha pada bidang masakan, saat ini memang sangat menarik. Tapi, tentu membutuhkan berbagai macam faktor pendorong supaya bisnis dapat jalan terus maju dan tak kalah bersaing dengan pelaku bisnis sejenis.

      Salah satu usaha masakan yang dapat kamu jalankan adalah katering. Usaha katering ini cenderung lebih aman ketimbang membuka restoran makan yang belum tentu rame. Selain itu, makanan yang disiapkan oleh katering adalah yang sesuai dengan pesanan. Jadi, dapat diprediksi tidak akan rugi diakibatkan makanan tersisa karena memang makanan yang diolah sesudah adanya orderan.

      Untuk seorang yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis masakan terutama katering, kamu sepatutnya mempelajari terlebih dahulu apa saja yang perlu disiapkan. Jangan terburu-buru membangun bisnis tanpa tahu langkah ke depannya akan seperti apa.

      1. Menambah pengetahuan dan wawasan

      Sebelum mengawali membuka usaha katering, hal pertama yang semestinya kamu lakukan yaitu mencari tahu tentang seluk beluk usaha katering. Seperti yang sedang kamu lakukan sekarang ini dengan melihat tulisan ini.

      Mencari info ini penting, jangan sampai kamu sudah mulai mengelola usaha katering, tapi tak tahu bagaimana mengembangkannya. Akan amat repot dan hasilnya kurang maksimal jika langsung jalan dan kamu baru mempelajari setelahnya. Karena, bisnis makanan itu tentu beda dibandingkan bisnis di bidang fashion atau yang lain.

      2. Siap-siap Modal

      Setelah mempunyai ilmu mengenai katering, langkah berikutnya adalah menyiapkan modal. Modal ini dipakai untuk apa? Tentu saja untuk penyediaan alat. Misalkan saja kamu memerlukan kelengkapan memasak untuk 100 porsi, mungkin bila orderannya masih sebesar itu, kelengkapan yang ada di dapur masih sanggup untuk melayaninya. Akan tetapi, saat pesanan kian banyak, butuh lebih banyak peralatan agar waktu yang digunakan untuk memasak lebih efisien.

      Selain kelengkapan masak, kamu juga memerlukan dapur untuk memasak. Dapur rumah masih dapat dipakai, tetapi perlu penataan ulang supaya ketika mengerjakan orderan lebih mudah. Kamu juga akan memerlukan rak khusus untuk tempat peralatan, bumbu-bumbu, dan peralatan lainnya.

      Untuk pemula, biasanya akan memerlukan biaya yang tidak terlalu besar untuk membeli bahan makanan saat ada pesanan. Estimasi tarif yang diperlukan sekitar 500 ribu sampai 2 juta rupiah. Tentu seluruh itu tergantung dari orderan yang sedang kamu kerjakan.

      3. Menjaga Kualitas Makanan

      Menjaga mutu makanan itu sangat penting, apalagi untuk usaha katering. Karena, konsumen biasanya coba-coba dulu menggunakan jasa katering yang belum pernah ia gunakan. Nah, saat kwalitas dan rasa dari makanan yang kamu masak baik, tentu hal ini dapat menjaga pelanggan supaya nantinya pesan lagi ke katering yang kamu miliki.

      Selain itu, pengunjung sebuah acara pasti akan bertanya pada yang tuan rumah rasa dan mutu makanannya enak. Hal ini juga dapat menjadi promosi gratis yang dapat kamu lakukan.

      Tapi, yang lebih penting lagi, makanan ini ialah barang yang gampang sekali basi. Jika kualitasnya tak kita jaga, tentu dapat memberi pengaruh umur makanan tersebut.

      Dan, saat makanan yang kita sajikan telah tak sesuai, bisa - bisa menyebabkan keracunan.

      4. Selalu Membuat Inovasi Baru

      Setiap bisnis tentu membutuhkan sebuah kreatifitas supaya bisa bersaing dengan kompetitor. Begitu juga dengan bisnis katering, kamu semestinya dapat membikin sesuatu yang baru supaya tidak tertinggal dan tetap bisa menarik pelanggan.

      Kreatifitas dalam bisnis katering ini ada banyak yang dapat kamu lakukan, misalnya memperbanyak menu yang ada, membuat paket dengan harga yang relatif terjangkau atau bersaing dengan kompetitor atau inovasi lain yang mungkin dapat mendongkrak penjualan kamu.

      5. Manajemen Waktu Terkait Penyajian

      Penyedia jasa tentulah sangat terikat oleh waktu, saat ada orderan  yang seharusnya siap jam 8 pagi, tentu kita sudah mengantarkannya lebih awal. Kalau ada orderan untuk acara prasmanan, tentu kita seharusnya lebih awal lagi untuk mempersiapkan semuanya.

      Nah, ketepatan waktu penyajian ini menjadi amat penting karena konsumen tentu tidak ingin jika acaranya jadi batal hanya karena makanan yang belum siap. Oleh karena
      itu, kamu harus dapat memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk mengolah, mengantarkan, serta menyajikan makanan hingga dapat dinikmati oleh konsumen.

      6. Sedikit banyak Belajar Teknik Marketing, Termasuk Dunia Internet

      Di jaman yang serba komputerisasi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi informasi tentu akan menjadi hal yang wajib. Sebagian orang akan mencari sesuatu yang ia butuhkan secara online, termasuk saat akan mencari katering untuk acara yang akan diadakan.

      Tidak perlu hal yang susah dikerjakan, kamu bisa mulai dari membikin sebuah fanspage pada Facebook, atau mungkin membikin sebuah akun Instagram. Nah, ketika mulai bisa memanfaatkan media sosial, langkah selanjutnya adalah membikin sebuah website. website diperlukan agar bisnis yang kamu jalankan nampak lebih serius dan membuat orang lebih percaya.

      Tapi, jangan tinggalkan juga promosi secara offline ya, hal ini tentu tak akan pernah bisa tergantikan.

      7. Sesekali Mencoba Bereksperimen

      Seperti halnya berinovasi, bereksperimen ini juga perlu sekali-sekali dilakukan. Kamu bisa bereksperimen tentang menu yang akan dijadikan, paket yang kelihatannya akan menarik konsumen, atau mungkin sistem penyajian dari makanan. Semua bisa kamu coba dan kreasikan sampai menemukan mana yang hasilnya memuaskan.

      8. Belajar Menetapkan Tarif yang Rasional

      Salah satu alasan konsumen memilih sebuah jasa katering adalah tarifnya yang cocok. Jangan pernah menetapkan harga yang terlalu tinggi sedangkan kamu baru mengawali usaha katering. Tetapkan harga yang sesuai dengan pasar, atau jikalau dapat sedikit bersaing sehingga konsumen akan menggunakan katering milik kamu.

      9. Jangan Bermental Lemah

      Selain mengurusi keadaan sulit teknik perkateringan, jiwa yang kamu punya juga harus kuat. Karena, bisa jadi kamu menerima konsumen yang kurang sabar dan banyak komplain. Apabila mentalmu kurang kuat, bisa jadi baru mendapatkan satu kali orderan saja telah berkeinginan berhenti.

      10. Kendala Umum yang Sering kali Dihadapi
      Ada banyak kendala yang acap kali menjadi problem saat kita membuka usaha katering, seperti banyak pesaing usaha katering, masakan yang tidak cocok dengan selera pelanggan, izin usaha yang belum didapatnya, pengelolaan orderan yang biasanyakerap mendapat komplain.

      11. Belajar dari Orang Lain yang telah membuka bisnis masakan

      Setelah sukses menjalankan bisnis katering, kamu juga perlu untuk menimba ilmu dari pengusaha yang sudah lebih dahulu terjun dalam dunia katering. Ada banyak orang yang dengan suka rela menjelaskan ilmu tanpa ditutup-tutupi.

      Tapi ingat, kamu mesti tahu dengan siapa berbicara. Sebelum belajar dan menggali cerita dan pengalaman, usahakan kamu sudah mengakrabkan diri terlebih dahulu.

      Jangan tiba-tiba seketika meminta untuk diajarkan, padahal kita belum meperkenalkan diri terlebih dulu.

      Nah, itu tadi beberapa hal yang mesti kamu persiapkan ketika memulai membuka usaha katering. Selalu utamakan kenyamanan pelanggan agar kamu menerima konsumen yang setia dan nantinya dia akan mengorder kembali.
    • By talentaorganizer
      Nyai Rasa Resto & Galeri di Jl Cipete Raya No 65, Jakarta Selatan adalah sebuah resto sekaligus galeri seni
    • By Eko Carbon Prasetyo
       


      Jam 1 malam,duit tinggal 7 ribu ditambah pengen nyari suasana lain selain angkringan? Apa iya bisa? 
      Pikiran saya langsung tertuju pada warung kaki lima yang menyediakan menu rumahan.Tapi ada satu yang saya incar.Bubur tumpangnya itu lho. Seporsi 3 ribu rupiah. 
      Salah satu streetfood favorit yang pas banget buat manusia nokturnal kayak saya. 

      Bayangin aja,jam 1 malem bisa dapet makanan semurah ini..hehehe 

      Pengen tau lebih detailnya? Cek video saya yang satu ini.
    • By dernz27
      Halo semua,
      Salam Kenal 
      Sesuai judul, saya ingin tanya pantai mana saja di daerah selatan malang yang kita bisa berenang atau main main air cantik gitu hehehe..
      ps : selain pantai tiga warna dan gatra ya, karena kesananya hari kamis dan pengelolanya tutup hari kamis.
       
      Sesudah capek2 di pantai, saat nya makan nih... tp butuh referensi juga kuliner enak unik di malang rekomendasi teman-teman jalan2.com
       
      Thanks before