Sign in to follow this  
Haikal

Lima Fenomena Alam yang Mengagumkan

7 posts in this topic

Bumi menyimpan begitu banyak misteri alam yang mengagumkan. Selama jutaan tahun proses terbentuknya bumi. Hasilnya, banyak hal yang telah diketahui oleh manusia pada masa sekarang ini ternyata hanya sebagian

 

Dari berbagai fenomena yang akan disebutkan di bawah, ada yang mengancam kehidupan makhluk hidup, tetapi ada pula yang menambah warna-warni kehidupan karena keindahannya. Alangkah beruntungnya bila Jalan2ers bisa melihat langsung fenomena alam yang indah ini. Namun, bila belum beruntung untuk bisa menyaksikannya, beberapa informasi berikut dapat menjadi tambahan pengetahuan tersendiri.

 

Aurora Borealis

Mungkin Jalan2ers sering mendengar sebuah kejadian alam memesona yang bernama aurora borealis atau sering juga disebut “cahaya dari utaraâ€. Tak diragukan lagi, aurora borealis merupakan salah satu peristiwa alam terindah yang terjadi di bumi ini. Bahkan, keindahannya bisa mengalahkan pertanyaan orang-orang menganai apa yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut.

 

aurora-borealis.jpg

 

Faktanya, aurora borealis terjadi karena sbuah proses yang cukup rumit. Fenomena tersebut terjadi akibat matahari memberikan partikel (ion) yang memiliki energi yang sangat besar. Ion itu kemudian “berkelana†di ruang angkasa pada kecepatan sekitar 300 hingga 1.200 kilometer per detik. Partikel-partikel tersebut berkumpul menjadi sejenis awan yang dikenal sebagai plasma.

 

Aliran plasma yang datang dari arah matahari juga disebut solar wind. Bila solar wind melakukan kontak dengan ujung medan magnet bumi yang berasa di kutub utara dan selatan, sejumlah partikel pun akan terperangkap. Partikel yang terperangkap akan mengalir mengikuti dorongan medan magnet hingga mencapai ionosphere (bagian dari permukaan bumi). Kemudian, saat partikel tersebut bertabrakan dengangas yang terdapat di ionosphere, mulailah mereka bercahaya. Cahaya yang dihasilkan adalah aurora, yang bisa ditemui di daerah kutub, seperti Alaska.

 

Capuccino Coast

                Fenomena cappucino coast pernah terjadi pada tahun 2007 di Sydney bagian utara. Mengapa disebut cappucino coast? Pasalnya, daerah yang terkena fenomena ini akan tertutup gelombang yang membawa sejenis busa seperti yang terdapat pada minuman cappucino yang sering kita nikmati. Sayangnya, peristiwa ini sangat langka karena hanya terjadi tiga puluh tahun yang lalu dan tahun 2007 saja. Dan belum ada yang bisa memperkirakan kapan cappuciono coast terjadi lagi. Jadi, silakan menunggu untuk menyaksikan fenomena unik ini.

 

bizarre-cappuccino-coast-natural-phenome

 

Petir Catatumbo

                Bila aurora borealis dan cappucino coast menarik untuk dinikmati, fenomena alam yang satu ini justru sedikit menakutkan. Catatumbo lighting, atau yang disebut relampago del catatumbo adalah petir misterius yang terjadi di mulut Sungai Catatumbo di Danau Maracaribo, Venezuela. Petir di Catatumbo terjadi selama 10 jam tiap 140 hingga 160 malam per tahun. Setiap jamnya, ada sekitar 280 buah petir yang terjadi atau sekitar 393.000 sampai 448.000 kali sepanjang tahun. Petir tersebut dihasilkan karena adanya tumbukan angin yang berasal dari pegunungan Andes. Apakah ini disebut bencana? Tidak juga karena masyarakat di sekitarnya sudah terbiasa.

 

Catatumbo-lightning+(4)%5B4%5D.jpg

 

                Karena cahaya petir tersebut bisa terlihat dari jarak 400 kilometer lebih, para pelayar sudah bertahun-tahun menjadikannya sebagai petunjuk. Banyak pula yang percaya, terutama para pakar lingkungan lokal, kejadian tersebut adalah salah satu sumberpengganti lapisan ozon di bumi ini. Oleh karena itu,  mereka berharap tempat tersebut akan menjadi salah satu tempat yang dilindungi oleh UNESCO.

 

Fire Rainbow

                Pelangi adalah salah satu peristiwa alam yang memiliki warna-warni yang begitu indah. Pelangi pun sering diidentikkan dengan hal baik dan harapan yang terjadi setelah hujan mengguyur bumi. Fire rainbow sendiri adalah fenomena optik yang disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari melalui kristal es tebal, datar, dan membujur horizontal di awan cirrus. Fenomena ini terlihat seperti pelangi di dalam api.

 

2586749753_25929f2a5e_o.jpg

 

                Sayangnya, untuk menyaksikan terjadinya fire rainbow, kondisi dan susunan atmosfer harus sangat tepat dan sempurna, serta hanya ada beberapa tempat dan sempurna, serta hanya ada beberapa tempat di dunia yang bisa membuat mata Kamu melihat peristiwa tersebut. Untuk mengobservasi peristiwa ini, matahari harus berada pada jarak yang cukup tinggi di angkasa, atau dengan sudut ketinggian 57,8 derajat atau lebih. Ditambah lagi, awan cirrus pun harus hadir.

 

                Jadi, fire rainbow tidak dapat disaksikan dari lokasi sekitar 55 derajat ke utara dan selatan, walaupun sudah berada di tempat yangmemiliki ketinggian lebih dari gunung. Di bagian Eropa Utara sendiri, peristiwa ini hanya terjadi dalam waktu sekitar musim panas. Begitu rumit bukan? Namun, rumit bukan berarti tak pernah terjadi karena di bagian utara Idaho, Amerika Serikat, peristiwa ini pernah terekam pada 3 Juni 2006.

 

Sort Sol

migration1.jpg

 

                Sekitar musim semi di Denmark, dengan waktu sekitar satu setengah jam sebelum matahari terbenam, grup-grup burung bernama Eropean starlings (latin: Sturnus vulgaris) yang berjumlah jutaan akan berkumpul di langit. Hasilnya, di langit akan nampak kumpulan hitam, yang disebut Black Sun, yang banyak terjadi dari bulan Maret hingga pertengan April. Burung-burung tersebut bermigrasi dari selatan dan menghabiskan waktu di ladang untuk mengumpulkan makanan pada siang hari, dan tidur di semak semak sepanjang malam.

 

Nah, fenomena mana yang Jalan2ers pernah lihat?

 

 

referensi: www.kompas.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

cappucino coast, kereeen...hampir mirip seperti ombak ya...ombak yang berbentuk busa :D

kalau sedang terjadi fenomena seperti ini, air itu pasti ada tidak ya dan apakah bahaya untuk para pengunjung?

Share this post


Link to post
Share on other sites

cappucino coast, kereeen...hampir mirip seperti ombak ya...ombak yang berbentuk busa :D

kalau sedang terjadi fenomena seperti ini, air itu pasti ada tidak ya dan apakah bahaya untuk para pengunjung?

hahaha iya kereeen, lucu banget. tapi untuk yang petir catatumbo itu kayakny ngeri banget deh... takut kena samber kalo di dekatnya...

Share this post


Link to post
Share on other sites

cappucino coast, kereeen...hampir mirip seperti ombak ya...ombak yang berbentuk busa :D

kalau sedang terjadi fenomena seperti ini, air itu pasti ada tidak ya dan apakah bahaya untuk para pengunjung?

sepertinya sih gak bahaya buat pengunjung mbak dan ada air nya, tapi sedikit, secara busanya banyak banget. ombak yang pecah di karang juga ombak busa, bukan ombak air

Share this post


Link to post
Share on other sites

Aurora Borealis keren. warna-warna nya amazing, indah banget.. :)

memang benar terjadinya di wilayah kutub. saya pernah lihat tuh di Film Happy Feet 2 yang adegan penguin kecilnya sedang mencari jati diri.. hehe..

Share this post


Link to post
Share on other sites

sebenarnya bahaya mas, kayak petir biasa, kalau penduduknya kena bakal kesetrum dan bahkan mati

cuma, banyak penduduknya yang tidak takut, malah sudah terbiasa saking sering nya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By pleasejackys
      Tersesat Waktu Menjelajah Alam? Ini Solusinya!
       
       
      Menjelajah alam adalah suatu kegiatan yang sangat seru dan penuh manfaat.Berjalan melintasi lebatnya hutan belantara, menyusuri sungai, mendaki gunung, dan memanjat tebing adalah sebuah petualangan yang penuh tantangan dan memicu adrenalin. Memang sangat melelahkan untuk dikerjakan, namun apa yang kita dapatkan pada akhirnya akan sepadan dengan perjuangan yang kita lakukan. Di ujung petualangan nanti, kita akan mendapatkan kenikmatan tak ternilai berupa segarnya udara, asrinya pemandangan, dan suasana menakjubkan yang langka. Rasa puas dan bangga pun akan membuat hati terasa penuh.
       
      Memang bukanlah hal yang mudah untuk bisa menyelesaikan petualangan dalam sebuah penjelajahan alam.Berbagai persiapan dan trik perlu kita upayakan semaksimal mungkin demi kelancaran penjelajahan kita. Alam yang akan kita pilih untuk dijelajah pun tidak bisa sembarangan. Tiap obyek memiliki tantangan dan tingkat kesulitannya masing-masing.Di sini, kita harus bisa memilih obyek mana yang sesuai dengan kemampuan kita agar kita terhindar dari berbagai resiko dan masalah.
       
      Namun kadangkala, masalah tetap datang walaupun kita sudah berusaha menghindarinya. Salah satu masalah yang biasa muncul pada kegiatan penjelajahan alam antara lain adalah tersesat. Wajar saja jika seorang petualang bisa tersesat di dalam hutan atau gunung karena di sana tidak ada papan penunjuk arah seperti di jalan raya di perkotaan. Belum lagi bentuk lingkungan yang cenderung monoton dan tak beraturan berupa pepohonan memang bisa sangat membingungkan.
       

      Tersesat di Hutan
      (Sumber: Flickr. Credit: Dean Aston)
       
      Walaupun cenderung umum, tersesat adalah masalah yang cukup serius. Berbagai macam resiko seperti kedinginan, kehausan, kelaparan, dan trauma akan siap menyerang kita jika kita tidak segera kembali. Agar terhindar dari berbagai resiko mengerikan tersebut, ada baiknya kita mempelajari langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan jika kita tersesat nantinya. Mari kita simak penjelasan di bawah ini:
       
       
      S.T.O.P
      Ada sebuah panduan yang sudah berlaku secara internasional untuk orang-orang yang tersesat saat hiking, camping, atau trekking.Panduan tersebut dikenal dengan istilah S.T.O.P. yang merupakan singkatan dari Stay Calm, Think, Observe, dan Plan. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing poin:
       
       
      1. Stay Calm (Tetap Tenang)
       
      Stay Calm berarti Tetap Tenang. Inilah hal pertama yang harus dilakukan saat kita menyadari bahwa kita sudah tersesat. Umumnya orang akan langsung panik jika menyadari bahwa ia telah tersesat. Kepanikan ini akan membuatnya semakin sulit untuk mencari jalan keluar. Jika terus dibiarkan, kepanikan bisa membuat kita mengambil sikap yang salah dan justru merugikan diri sendiri. Sebagai contoh, kepanikan akan membuat kita berjalan semakin tak tentu arah yang berakibat membuat kita tersesat semakin jauh atau menciptakan masalah lain yang lebih buruk lagi. Panik juga bisa membuat kita mudah ketakutan dan putus asa sehingga semangat kita untuk berusaha bertahan hisup akan menurun drastis. Maka dari itu, sebaiknya jangan membuat keputusan atau mengambil tindakanapapun sebelum kita berhasil menguasai emosi kita saat tersesat.
       

      Menenangkan Diri Terlebih Dahulu
      (Sumber: Flickr. Credit: Tristan O Tierney)
       
      Segera hentikan langkah begitu menyadari bahwa kita telah tersesat.Letakkan semua barang bawaan agar badan terasa ringan.Carilah sebuah pohon yang rindang dan duduklah di bawah agar badan terasa rileks. Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan. Lakukan berulang kali dalam tempo yang pelan sampai kita merasa tenang.Jika otak sudah terasa tenang, kita bisa memulai langkah selanjutnya.Jika badan dan pikiran sudah cukup tenang, mencari solusi akan terasa lebih mudah.
       
       
      2. Think (Berpikir)
       
      Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan saat tersesat setelah kita berhasil menguasai diri adalah Think alias Berpikir.Coba ingat kembali rute mana saja yang sudah kita lewati dan bagaimana caranya kita bisa mencapai titik kita berada saat ini.Pikirkan dimana kita mulai salah langkah tadi.Ingat-ingat kembali apakah ada hal yang cukup unik untuk kita ingat yang bisa dijadikan patokan, misalnya pohon besar yang pernah kita lewati atau danau kecil tempat kita mampir minum tadi.
       
      Jika kamu menjelajah alam secara berkelompok dan hanya kamu yang tersesat seorang diri, ingat-ingat kapan terakhir kali kamu berada bersama mereka.Apakah sudah cukup jauh atau belum.Pikirkan berapa lama kira-kira waktu yang mereka perlukan untuk menyadari bahwa kamu sudah tidak ada di tengah-tengah mereka lagi.Selain mengingat-ingat, kita juga perlu memikirkan berbagai macam kemungkinan yang akan terjadi mulai saat ini sampai selanjutnya. Adakah orang yang akan segera mencari kita di tengah belantara ini?
       

      Berpikir di Tengah Hutan
      (Sumber: Flickr. Credit: Lou By Lou)
       
      Pikirkan segala kemungkinan yang ada, dari yang terburuk sampai yang terbaik. Pastikan kita tetap tenang agar pikiran tetap jernih, walaupun saat kita sedang memikirkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Jangan langsung menarik kesimpulan dan mengambil sikap sebelum kita berpikir cukup banyak dalam kondisi tenang.
       
       
      3. Observe (Amati)
       
      Observe atau Amati adalah langkah yang akan kita ambil setelah selesai mengingat dan berpikir. Amati yang dimaksud di sini adalah kita mengamati lingkungan sekitar kita.Sekilas pandang, yang kita lihat tentu hanyalah hamparan pepohonan lebat yang tidak beraturan. Sepintas, semuanya akan tampak sama saja. Tetapi, jika kita bisa bersikap tenang dan mengamati dengan lebih seksama, kita akan menyadari bahwa setiap satu pohon pasti berbeda dengan pohon lainnya.
       
      Dari pengamatan tersebut, mungkin kita bisa mengingat kembali arah mana saja yang baru saja kita lewati. Perhatikan juga keadaan langit, apakah mendung atau cerah. Apakah hujan akan segera turun? Apakah ada binatang buas yang tinggal di sekitar tempat kita berada saat ini?Perhatikan sebanyak mungkin detail yang ada di sekitar kita, siapa tahu ada hal-hal yang bisa kita jadikan petunjuk.
       

      Mengamati Pohon
      (Sumber: Flickr. Credit: Jun)
       
      Selain keadaan lingkungan, amati juga keadaan diri kita sendiri. Misalnya, seberapa lelahnya kah badan kita?Seberapa banyak bekal makanan dan minuman yang masih tersisa? Kemudian amati lagi keadaan di sekitar kita, dapatkan kita mencari sumber makanan dan minuman yang cukup aman dikonsumsi? Adakah tempat yang cukup nyaman dan aman untuk kita beristirahat sementara?
       
       
      4. Plan (Rancana)
       
      Setelah cukup banyak berpikir dan mengamati, mungkin kita akan mendapat petunjuk tentang arah mana yang harus kita tuju untuk dapat kembali ke jalan yang benar. Selanjutnya, kita hanya perlu melakukan Plan atau Rencana. Rencana yang perlu kita buat saat tersesat antara lain jalan dan arah mana yang akan kita tuju, berapa lama kira-kira waktu yang diperlukan untuk sampai ke pos atau sampai bertemu kembali dengan rekan sekelompok.
       
      Selain rute, kita juga perlu memastikan bekal makanan dan minuman kita cukup. Jika tidak cukup, kita harus mempunyai rencana dimana kita akan mendapatkan makanan dan minuman darurat jika kita terlanjur kehabisan sebelum sampai di pos. Tenaga juga harus dipastikan cukup kuat untuk berjalan sejauh itu. Jika sekiranya tidak kuat, rencanakan dimana kita akan berisitirahat nantinya.
       

      Rencana yang Matang
      (Sumber: Flickr. Credit: Julia Nimke)
       
      Ketika menyusun rencana, pastikan pikiran kita berada dalam kondisi yang benar-benar tenang. Jangan terburu-buru untuk segera melaksanakan rencana tersebut.Ambillah cukup waktu untuk mereview rencana kita secara perlahan, siapa tahu ada hal yang terlewatkan. Bayangkan kendala apa saja yang mungkin timbul saat kita menjalankan rencana tersebut. Sempurnakanlah rencana kita dengan sebaik-baiknya agar masalah yang ada tidak bertambah parah.
       
       
      Dari empat langkah yang ada dalam panduan S.T.O.P, yang paling sulit untuk dikerjakan adalah langkah terakhir ini (Plan/Rencanakan). Dengan informasi, perbekalan, dan keadaan yang sangat terbatas, seringkali kita ragu atas apa yang akan kita lakukan selanjutnya. Salah langkah akan membuat kita semakin sulit untuk mendapatkan jalan keluar. Solusinya, adalah dengan Stay Put atau Tetap di Tempat.
       
       
      STAY PUT ( Tetap di Tempat)
      Stay Put atau Tetap di Tempat adalah langkah yang paling aman dan bijak untuk dilakukan saat tersesat ketika kita tidak merasa yakin dengan rencana kita. Stay Put bukan berarti pasrah dengan keadaan, tetapi kita hanya menunggu orang lain datang untuk menemukan kita. Ketika memutuskan untuk Tetap di Tempat pun, ada hal-hal yang harus kita waspadai baik-baik, antara lain:
       
       
      1. Tempat
       
      Sembari menunggu bantuan datang, diamlah di tempat yang sekiranya cukup mudah bagi kita untuk ditemukan, misalnya di tempat kita berada saat ini, di tepi sungai atau danau, atau di tempat terakhir kali kita masih bersama kelompok. Namun, pastikan bahwa tempat itu cukup aman dan nyaman untuk kita beristirahat sementara.Jika tempatnya kurang memadai, segeralah cari tempat lain yang lebih baik. Usahakan agar tempatnya tidak terlalu jauh dari tempat kita berada saat ini agar kita tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

      Gua yang Aman untuk Berteduh
      (Sumber: Flickr. Credit: Lynn Roebuk)
       
      Tempat yang kita gunakan untuk beristirahat hendaknya berada cukup dekat dari sumber air seperti sungai atau danau. Tempat tersebut juga harus memiliki suhu udara yang nyaman, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin sehingga kita bisa bertahan cukup lama di sana tanpa menderita. Pastikan juga bahwa tempat tersebut cukup aman dari serangan binatang buas.
       
       
      2. Dehidrasi dan Air Minum
       
      Dehidrasi adalah ancaman yang cukup serius bagi orang yang tersesat di tengah hutan atau gunung.Maka jika kita sampai tersesat saat sedang asyik menjelajah alam, segera periksa seberapa banyak bekal minuman yang kita miliki.Perhitungkan kira-kira berapa lama kita sanggup bertahan hidup dengan sisa air yang ada tersebut.
       
      Tanpa air minum, manusia hanya bertahan hidup selama 3 hari bahkan mungkin kurang. Jika beberapa jam tidak minum saja, tubuh akan beresiko terserang dehidrasi. Jika aktivitas kita cukup tinggi, maka kebutuhan air minum akan semakin bertambah. Dapat dikatakan juga, semakin banyak kita beraktivitas, kemungkinan dehidrasi akan semakin tinggi. Maka dari itu wajar jika kita tersesat dengan bekal air minum yang sangat terbatas, kita perlu segera mencari sumber air untuk membantu kita bertahan hidup.
       

      Sumber Air Bersih di Belantara
      (Sumber: Flickr. Credit: Irene Furton)
       
      Jika air bersih cukup sulit untuk ditemukan, maka air yang agak keruh pun bisa kita jadikan sebagai air minum darurat. Mungkin air ini akan membuat kita sakit perut. Tetapi, itu masih tetap lebih baik daripada tidak minum sama sekali. Agar resiko penyakitnya dapat dikurangi, kita bisa membuat api unggun dan merebus air tersebut terlebih dahulu. Atau jika bisa, buatlah peralatan suling air sederhana.
       
       
      3. Kelaparan
       
      Ancaman lain setelah dehidrasi bagi para petualang alam yang tersesat adalah kelaparan. Tanpa makanan, manusia maksimal dapat tetap hidup selama 3 minggu.Durasi ini memang jauh lebih panjang daripada jika tanpa minum.Namun, bukan berarti hal ini bisa kita sepelekan.Jika fisik badan tidak cukup kuat, bisa jadi kita hanya bertahan beberapa hari saja tanpa makan apa-apa.
      Jika bekal makanan yang ada di ransel tidak cukup banyak, kita harus mengatur strategi agar terhindar dari kelaparan.Makanlah sedikit demi sedikit dengan tempo yang pelan agar perut lebih terasa kenyang walaupun belum banyak makan.Hindari makan lagi sebelum kita benar-benar merasa lapar.Minum air putih sebanyak mungkin untuk mengganjal perut sehingga makanan bisa lebih dihemat.
       

      Berburu Ikan di Sungai untuk Dimakan
      (Sumber: Flickr. Credit: Ranch Seeker)
       
      Demi bertahan hidup, kita juga perlu mencari bahan makanan lain yang ada di alam di sekitar kita sebagai jaga-jaga seandainya bekal makanan sudah terlanjur habis namun bantuan masih belum datang. Perhatikan tumbuhan dan pohon di sekeliling, apakah ada buah atau dedaunan yang sekiranya cukup aman untuk dikonsumsi.Jika ada sungai atau danau, mungkin kita bisa memancing beberapa ekor ikan setiap kali merasa lapar.Namun, berhati-hatilah dengan jenis ikan yang bisa beracun jika dimakan.
       
       
      4. Usir Kesepian dengan Kesibukan
       
      Sangatlah wajar jika berada seorang diri di tengah belantara alam liar akan membuat kita merasa kesepian. Semakin lama kita tersesat, rasa kesepian biasanya akan semakin meningkat.Kesepian akan membuat kita lebih mudah merasa lelah dan putus asa. Kesepian juga dapat menumbuhkan rasa takut dan paranoid. Akibatnya, kita akan semakin kekurangan semangat untuk terus berusaha bertahan hidup.
       
      Jangan pasrah terhadap keadaan dengan memelihara rasa kesepian tersebut. Sebaliknya, kita justru harus berusaha keras menjauhkan diri dari perasaan tersebut. Cara paling efektif untuk mengusir kesepian adalah dengan menyibukkan diri.Jika kita sibuk, pikiran kita tidak akan melantur kemana-mana sehingga berbagai pikiran buruk akan jauh.
       

      Jangan Sampai Kesepian dan Melamun
      (Sumber: Flickr. Credit: Ryan)
       
      Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyibukkan diri sembari menunggu bantuan datang. Antara lain, kita bisa berburu makanan, menjerang air, membuat api unggun, olahraga ringan, atau menyusun tempat yang nyaman untuk tidur. Jika merasa lelah dengan kesibukan, kita bisa tidur.Tidak masalah jika kita menghabiskan banyak waktu untuk tidur siang karena itu masih lebih baik daripada duduk diam sembari melamun atau memaksakan diri untuk terus beraktivitas.
       
       
      Tersesat di tengah alam belantara adalah hal yang paling tidak diinginkan oleh siapapun. Berbagai upaya tentu akan kita lakukan agar terhindar dari ancaman yang satu ini. Akan tetapi, sebagai seorang petualang, kita harus menyadari bahwa kemungkinan kita tersesat akan tetap ada sehingga kita juga harus mempersiapkan diri sejak sebelum mulai menjelajah alam. Persiapan tersebut bukan saja dari perbekalan, namun juga berupa persiapan mental yang kuat.Dengan mempelajari strategi di atas, mungkin ilmu ini bisa kita jadikan bekal sebagai antisipasi jika kita tersesat di tengah hutan suatu saat nanti.
    • By Agus Bolang Setiawan

      Kali ini topik yang akan sedikit saya ulas adalah tentang Cagar Alam. saya sendiri pun tak lebih pantai dengan kalian semua, tak ada maksud untuk mengurui atau sok tau. saya hanya saling mengingatkan kepada semua terutama para pengiat alam (pelaku kegiatan alam). langsung saja ke pokok utama.  Belakangan ini kegiatan di alam bebas sangat ramai dan populer. alam indonesia memang indah sayang jika tidak kita nikmati, tapi lokasi kegiatan alam juga di kelomkpokan menurut fungsinya yaitu antara lain Cagar Alam, Taman Nasional, Wisata Alam dll. tapi untuk kali ini saya hanya fokus pada Cagar Alam. karena banyak pelaku kegiatan alam masih salah kaprah, atau sebenarnya tau tapi pura pura tidak tau, atau berdali ikut ikutan yang lain. Banyak pelaku kegiatan alam yang menjadikan cagar alam sebagai tujuan wisatanya, padahal sejatinya Cagar Alam itu sendiri adalah 
       
      Tetapi masih saja banyak yang beralasa untuk membenarkan diri sebagi salah satu cara untuk menuju ke lokasi Cagar Alam tersebut, entah alasan tidak mengotori, bersih bersih lokasi atau alasan untuk penelitian (tapi tidak ada surat keterangan penelitian), dan masih banyak lagi alasan alasan lainnya. sebagia pelaku kegiatan alam bebas yang cerdas tentunya bisa berfikir sudah tidak ada lasan lagi untuk berwisata dengan embel embel alasan. karena fungsi cagar alam ini sudah jelas sebagia suaka alam karena di dalamnya terdapat flora dan fauna yang di lindungi, dan jika banyak kegiatan alam bebas di lakuakan di loaksi tersebut otomatis akan menganggu keseimbangan alam yang terjadi disana. contohnya satwa satwa tentunya sangat tergangu kedatangan manusia apalagi jumlah banyak dan sering. begitu juga fauna disana.    Jadi saya disini hanya saling mengingatkan kepada para pengiat alam bebas untuk saling menjaga dan lebih cerdas dalam memilih lokasi untuk berwisata. masih banyak lokasi wisata yang indah dan cantiknya tak kalah dengan lokasi cagar alam.
    • By ariza
      Tarusan Kamang, sebuah danau kecil yg cukup luas, dengan keunikan tidak sepanjang tahun menajdi danau. adakala tempat ini menjadi padang rerumputan hijau. salah satu fenomena alam yang unik dan pantas disinggahi bagi para petualang. Berada sekitar 12 Km arah Selatan kota Bukittinggi. berada ditepi Bukit barisan dengan pemandangan alam yg indah dan udara yang segar.
    • By ariza
      Danau Diateh ( danau dibawah ) merupakan salah satu keunikan Alam yang indah, berjarak 1 jam perjalanan dari Kota Padang. dilokasi ini ada dua danau ( Danau kembar ) yaitu Danau diateh dan Danau dibawah, dua danau yg bersisian dengan jarak sekitar 700 meter, dikatakan danau diateh (atas) karena permukaannya berada lebih tinggi dari Danau yg satu lagi. Danau diateh lebih populer karena mudah dijangkau oleh kendaraan dan dan lengkap dengan sarana penginapan maupun boat. sementara danau dibawah, hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki, menuruni lereng sisi danau tersebut.
    • By ariza
      Talago Koto baru ( sebuah danau kecil ) dikaki gunung Merapi, Sebelum memasuki kota Bukittinggi kita bisa mapir disini, sambil menikmati pemandangan Sawah dan ladang dan tentu saja pemandangan ke Gunung Merapi, tak lupa bisa membeli Bika ( kue terbuat dari tepung beras diolah sedemikian rupa ) dan dibakar dalam belanga tanah liat beralaskan daun.
    • By ryaryuu
      Tempat-tempat dimana terjadi fenomena alam yang unik.
      Dunia yang kita tempati menyimpan sejuta misteri. Banyak hal unik yang tercipta diluar nalar, dan dengan keunikannya tersebut maka manusia sekrang ini bisa merasakan bahwa bumi ini memiliki sang pencipta dan bukan semata-mata karena alam, di bawah ini adalah tempat  unik yang memiliki fenomena alam dan sulit untuk dijelaskan secara ilmiah.
       
      Marble Caves, Chile
       
      Di perbatasan Chili dan Argentina terdapat sebuah gua dimana gua ini terbentuk dari eropsi yang membentuk sebuah pola “marbleized “ dimana tempat ini menjadi mirip goa alam mimpi. Kalo agan-agan pernah maen Final Fantasy, goa ini mirip salah satu scene yang ada di Final Fantasy. Goa ini tepatnya berada di Carrera Lake, sedikit agak jauh memang dan aksesnya sulit. 

      Lake Retba, Senegal

      Warna airnya merah muda, pasti pada aneh deh kenapa warnanya bisa begini. Alasannya adalah karena ada alga yang bernama latin Dunaliella Salina yang beranak cucu memenuhi perairan di Lake Retba Senegal. Menjadi salah satu fenomena alam yang paling aneh di dunia. Airnya mengandung garam dengan konsentrasi 40 persen yang meneybabkan alga ini berkembang biak dengan cepat, alga nya sendiri terdapat di kedalaman 10 kaki. Selain itu juga, Senegal mengekspor garam yang berasal dari Danau ini dan garamnya ini disebut-sebut memiliki kualitas yang sangat baik.

      Asbyrgi Canyon, Iceland

       Kenapa tempat ini menjadi fenomena alam yang disebut aneh? Melihat bentuknya Abyrgi Canyon ini memiliki keunikan, namun tahukah anda bahwa tempat ini memiliki sebuah Legenda dimana disebut-sebut sebagai  Tapak Kuda Tuhan di bumi. Memiliki ketinggian 300 kaki dimana puncaknya berupa dataran flat tanpa undak ( bukan berupa gunung). Menurut ilmuwan, tempat ini dulunya adalah glasier yang mencair pada 3000 dan 10.000 tahun lalu. 

      Salar de Uyuni, Bolivia

      WBerawal dari jaman prasejarah 30.000 tahun yang lalu, tempat ini dulunya adalah danau kemudian danau ini mongering meninggalkan jejak berupa garam-garam yang tidak ada habisnya seluas 4000 mil. Bila dihitung, garam ini beratnya sekitar 25.000 ton per tahun. Yang membuat unik adalah , terdapat gerombolan Flamingo merah mudah yang hidup dan tinggal. Satu lagi, di sekitar sini ada hotel yang terbuat dari garam, namanya Palacio de Sal, atau tempat yang terbuat dari garam. 
       
      Travertine Pools at Pamukkale, Turkey
       


      Pamukkale memiliki arti Castil yang terbuat dari Katun. Situs yang satu ini berada di Turki, tepatnya berada di Provinsi Denizli sebelah barat laut turki. Yang istimewa adalah Travertine nya, dimana tempat ini memiliki terasering yang terbentuk dari mineral karbonat yang berasal aliran air yang membeku selama ratursan tahun,
       
      Sailing Stones, Racetrack Playa,Death Valley, CA

      Keistimewaan tempat ini adalah , ada sebuah jejak bekas batu yang terlihat bergerak atau digerakan, namun tidak ada penghuni di sekitar sini, batu tersebut terlihat seperti bergerak sendiri. Memang tidak ada yang pernah melihat batu yang bergerak sendiri di Playa,. Namun buktinya cukup kuat, bahwa batu disana selalu bergerak sendiri.  Racetrack Playa terkenal karena batu yang bergerak, para ilmuwan pun masih bingung mengenai fenomena alam ini. Mereka malah berpikir bahwa batu tersebut basah , kemudian ada tekanan dan batu tersebut terdorong sejauh ratusan meter sehingga terlihat seperti bergerak sendiri. 
      .
      White Desert (Sahara el Beyda), Egypt

      Tidak ada habisnya bila membahas gurun. Tahukah anda ada gurun dengan pasir berwarna putih bersih dengan batu-batu menjulang sepanjang 28 mil di Negara bagian Farafra, di bagian barat Mesir. Anehnya terdapat banyak jamur yang tumbuh, selain itu juga batu yang menjulang tinggi tersebut bagaikan patung yang dipahat oleh alam. Menurut para ilmuwan, tempat ini terbentuk dari laut dari jaman dahulu kala yang mongering, kemudian mulai terbentuk endapan sedimen, dimana sedimen batuan tadi terkena berbagai macam terpaan seperti badai pasir sehingga membuat batu –batu tersebut berbentuk unik.  Tidak lengkap rasanya untuk ke gurun sahara bila tidak mengunjungi tempat ini.

      Moeraki Boulders, New Zealand

      ew Zealand merupakan negeri yang sangat indah , namun tahukah anda di New Zealand ini terdapat fenomena alam dimana anda akan menemukan bebatuan berbentuk bola-bola dengan diameter maksimal hamper 7 meter. Hal ini menginatkan kita kepada telur-telur dinosaurus di jama pra sejarah yang lalu. Beberapa orang menebak bahwa bebatuan ini adalah fosil dari kura-kura purba yang berasa dair New Zealand yang hidup 50 juta tahun lalu. Tempat seperti ini juga ditemukan di Bowling Beach Ball , California, Canada, dan Russia. 
       
      Caño Cristales River,Colombia

      Dijuluki sebagai sungai terindah di dunia, Cano Cristales memiliki air sejernih Kristal. Keajaiban dari sungai ini adalah karena sungai ini bisa berubah warna menjadi Pink, hijau , biru, kuning, dan merah. Dimana yang paling indah adalah ketika sungai ini berwarna merah. Sungai ini bisa berubah warna sesuai bulan, jadi bagi anda yang memang ingin melihat ketika berubah warna, datangi saat bulan July dan Desember. Sungai ini memiliki akses sulit dari Bogota, anda harus naik pesawat kargo dan waktu yang tepat untuk mengunjungi adalah weekend karea pesawat kargo datangnya weekend, selain itu tidak ada campsite di sektiar sungai.

      The Eye of the Sahara (Richat Structure), Mauritania
      Merupakan fenomena alam yang sangat unik, dimana tiba-tiba muncul sebuah lingkaran berwarna biru spiral sepanjang 40 Km di padang pasir Mauritana. Saking besarnya, para astronot menjadi kan tempat ini sebagai salah satu landmark untuk mendarat. Secara ilmiah tempat ini terbuntuk dari lapisan sedimen, quartis, dan batuan lain yang dibentuk karena terhempas oleh angin saat badai pasir.  Tempat ini pun dijuluki Richat Structure, sangat sulit menuju tempat ini.

      Spotted Lake, British Columbia

      O Memiliki nama asli Khiluk, berada di  Okanagan Valley. Dimana tempat ini dikenal sebaga tempat yang memiliki air yang biasa dipakai therapedi. Saat perang dunia I  mineral dari danau ini merupakan bahan baku peluru untuk tentara Inggris. Sebelum dibeli oleh Inggris pada tahun 2001 , danau Khiluk dikelola oleh seseorang bernama Ernest Smith yang mendirikan tempat Spa. Inggris membeli tempat ini dan area seluas 22 hektar hanya $720.000.
      The Stone Forest (Shilin),China
      Terdapat di Shillin provinsi Yunan, keunikan tempat ini adalah  anda akan melihat hutan dari batu . Dimana batu tersebut merupakan batu keras yang tinggi menjulanng mengelilingi sebuah daerah. Merupakan tempat favorit bagi turis-turis baik dalam negeri maupun luar negeri. Legendanya adalah , tempat ini merupakan jelmaan dari seorang sakti China jama dahulu yang dilarang menikah dengan seorang gadis.  Terbentuk 270 juta tahun lalu dengan area lebih daru 200 mil persegi dimana menurut ilmuwan jaman dahulu tempat ini merupakan lautan, dan batuan tersebut merupakan batu karang yang sering diterjang ombak sehingga menghasilkan hutan seperti itu. 

      Blood Falls, Antarctica
      Antarika tiada habis menyimpan misteri. Air terjun darah merupakan satu lagi fenomena alam yang terjadi di Antartika. Dimana tempat ini dinamakan Taylor Glacier dan ditemukan oleh seorang ilmuwan tahun 1911. Menurut ilmuwan yang meneliti tempat ini, glacier berwarna merah berasal dari kadar besi tinggi yang ada di bawah permukaan es, sehingga ketika mencari dan mengalir memberikan warna merah bak darah, maka dari itu tempat ini dsebut Blood Falls atau air terjun darah. 

      The Cave of the Crystals, Naica, Mexico
      Tempat ini ditemukan oleh para penambang Kristal di sekitaran Naica. Berada 120 meter di bawah permukaan tanah , sangat sulit dijangkau dengan medan yang seperti itu. Menurut para ilmuwan, tempat ini memiliki kemampuan membentuk Kristal dengan cepat karena gua yang ditemukan tahun 2000 ini memiliki temperature 150 derajat, sehingga para penambang sekalipun tidak berani untuk masuk saking panasnya. Bagi anda yang ingin melihat keindahan fenomena ala mini, anda harus memakai proteksi lengkap karena 10 menit saja anda tidak terlindungi maka anda akan mendapatkan luka bakar serius.

      Giant’s Causeway, United Kingdom
      Merupakan salah satu daya tarik turis di Irlandia, dimana anda akan menemukan 40.000 lebih pilar-pilar basalt membentuk daratan di tempat ini. Terbentuk 60 juta tahun lalu dimana penelitian menyebutkan bahwa lava yang berasal dari gunung berapi di bawah laut meledak dan membuat tanah retak, sehingga membuat retakan setingg 39 kaki dengan diameter 18 inchi di wilayah ini dan ahirnya terbentuk Giant Cause ways ini. 

      The Wave, Coyote Buttes, AZ and UT
      Ini dia tempat paling terkenal dan banyak sekali fotonya di internet. Bebatuan yang membentuk ombak terlihat sangat aneh. Tahukah , bahwa tempat ini tercipta karena angin dan hujan berdampingan berputar membentuk tornado dan terjadi berulang kali selama ribuan tahun menggulung batu dan pasir sehingga menciptakan fenomena alam ini. Tidak sulit menuju tempat ini, namun pengunjungnya terbatas hanya 20 orang perhari yang boleh berkunjung ke tempat ini. Terkenal sebagai Wave Rock .