• 0
baehaki

Mengenal Hasmi, Komikus Legendaris dan Karya Superhero Asli Indonesia Kreasinya

Question

Superhero atau pahlawan super impor tentunya sering didengar, seperti Superman, Batman, Thor dan lain-lain. Beberapa superhero lokal pun bisa ditemui, kayak Si Pitung, Si Buta dari Gua Hantu, Gatotkaca dan lain-lain. Namun, jangan salah, ternyata ada beberapa bahkan puluhan superhero lokal lain yang mungkin tidak Anda ketahui.

 

Dari sekian banyak superhero, terdapat seorang komikus bernama Hasmi yang cukup fenomenal. Dari tangan seorang Hasmi, muncul beberapa tokoh superhero yang masing-masing memiliki kekuatan unik tersendiri. Bahkan superher-superhero itupun mempunyai penampilan yang tak kalah dengan superhero luar negeri.

 

Hasmi ini sendiri merupakan komikus generasi tahun 1960 hingga 1970. Pada masa ini, komik Indonesia memang tengah ramai-ramainya. Di masa ini tentunya siapa yang tak mengenal yang namanya RA Kosasih ataupun Si Buta dari Gua Hantu yang diciptakan oleh Ganes TH. Nah, si Hasmi ini sendiri mempunyai karya yang tak kalah dibandingkan tokoh-tokoh terkenal tersebut. Ini beberapa daftar superhero hasil karya Hasmi.

 

1. Gundala Putera Petir

 

Untitled-2102.jpg

 

Superhero yang satu ini sebenarnya sudah diciptakan sangat lama, tepatnya pada tahun 1969 oleh komikus bernama Hasmi atau nama lengkapnya Harya Suryaminata. Komikus yang satu ini telah menerbitkan 23 judul komik seri Gundala dari rentang tahun 1969 hingga 1982, wah saya belum lahir tuh waktu itu. Dan, Gundala pulalah yang menjadi akar munculnya beberapa superhero lain yang diciptakan oleh Hasmi. 

 

220px-Hasmi.jpg

 

Diceritakan gundala ini memperoleh kekuatan petir karena diberi kekuatan oleh raja kerajaan petir yang bernama Kaisar Kronz. Alur cerita Gundala ini pun menggunakan latar belakang Indonesia, tepatnya Yogyakarta. Sedangkan filmnya yang diluncurkan pada tahun 1982, menggunakan latar kota Jakarta.

 

Dari serial Gundala, Hasmi pun menciptakan beberapa tokoh superhero lain. Kalau dalam superhero luar negeri, mungkin seperti Justice League kali ya, jadi di situ tempat berkumpulnya para superhero untuk membasmi kejahatan.

 

2. Kalong

 

Kalong merupakan superhero yang diciptakan dengan kekuatan seekor klelawar. Hampir mirip dengan Batman. Namun Kalong tidak mempunyai teknologi canggih seperti yang dimiliki oleh Bruce Wayne.

 

01v8hsvc.jpg

 

Kalong mempunyai kemampuan super seperti terbang, kekebalan serta proyektil sinar pemaham. Sinar pemaham sendiri didikeluarkan dari ujung jarinya. Dengan sinar ini, Kalong mampu mengerti dan berbicara secara langsung dengan para hewan.

 

3. Pangeran Mlaar

 

Pangeran Mlaar bukanlah tokoh superhero yang berasal dari bumi. Diceritakan, Mlaar merupakan seorang putra mahkota yang berasal dari sebuah kerajaan di Planet Covox. Sama halnya seperti tokoh superhero kreasi Hasmi lainnya, Pangeran Mlaar muncul dalam komik seri Gundala.

 

gfchty5s.jpg

 

Kemunculan pertama tokoh ini terjadi dalam seri Gundala: Perhitungan di Planet Covox pada tahun 1969. Dalam komik, Pangeran Mlaar mempunyai kekuatan seperti sebuah karet, hampir mirip dengan kekuatan pimpinan Fantastic Four, Mister Fantastic.

 

4. Sembrani

 

Berikutnya adalah Sembrani, jadi inget salah satu kereta api eksekutif jurusan Surabaya-Jakarta hehehe. Sembrani digambarkan mempunyai kemampuan untuk menetralisir beberapa fenomena alam, seperti menetralisir medan magnet dan listrik. Selain itu, Sembrani juga mampu menetralisir racun. Sebagai tambahan, Sembrani juga mampu terbang selayaknya seperti Superman.

 

thtig8rr.jpg

 

Dan, seperti halnya Superman, Sembrani pun mempunyai sebuah kelemahan. Kelemahan yang ada pada semberani adalah emas. Dikatakan, emas memiliki kemampuan untuk melumpuhkan Sembrani dalam kurun hingga seminggu.

 

5. Merpati

 

pggpmaku.jpg

 

Tokoh pahlawan super yang satu ini merupakan seorang wartawati bernama Sedhah Esti Wulan berkemampuan ilmu beladiri. Tokoh ini pun dimunculkan pertama kali oleh Hasmi dalam serial Gundala Pangkalan Pemunah Bumi (1977). 

 

Awal mula tokoh Sedhah memperoleh kemampuan supernya bermula ketika jatuh ke jurang dan dibantu oleh Ratu Merpati. Dari situ, Sedhah pun diberi kemampuan terbang dan plus kemampuan bela diri dan mendeteksi arah. Selain itu, Merpati sendiri diceritakan akhirnya menikah dengan rekan superheronya, yakni Gundala.

 

6. Maza

 

Maza.jpg

 

Maza adalah seorang superhero yang mempunyai kekuatan super. Selain itu, Maza juga dilengkapi dengan senjata berupa belati yang dapat mengeluarkan jin yang selalu setia dengannya bernama Jin Kartubi. 

 

7. Jin Kartubi

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Jin Kartubi merupakan hamba dari Maza. Cara mengeluarkan jin ini pun hampir mirip dengan yang dilakukan oleh Aladin. Maza tinggal menggosok pisau belati, dan Jin Kartubi akan keluar dengan sendirinya.

 

kartubi2d.jpg

 

Kartubi sendiri sebenarnya adalah pangeran dari kerajaan bernama Mbegadud di negeri jin. Namun, Kartubi tak bisa menjadi raja karena rasa iri dari saudaranya yang rela memasukkannya ke dalam botol dan membuangnya. Untuk membantu Maza, Kartubi memiliki tubuh yang besar dan kebal. Tak hanya itu, Kartubi juga mampu terbang. 

 

Superhero indonesia ternyata nggak kalah keren dibandingkan superhero luar negeri kan? :) oya, sori kalau salah kamar. soalnya di bagian entertainment nggak ada sub forum komik.. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

9 answers to this question

  • 0

wahhh... nice share

saya malah baru tau ehh sama ni org :D

memang superhero indonesia punya keunikan tersendiri :)

 

hehe... saya sendiri juga belum pernah baca salah satu komik di atas. mungkin nyari sekarang agak susah kali ya... tapi bener, emang keren. itu si gundala, berasa mirip flash :D, tapi yang paling keren menurut saya sih Maza... 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

belum pernah baca nih semua komik yang ada di atas, tapi kayaknya gambarnya sih pernah liat hehehe semoga dunia perkomikan indo makin maju ya

 

yoiii.... di gramed sendiri saya pernah liat beberapa komik yang penulisnya orang indonesia. tapi masih kalah populer ama manga keluaran jepang or korea sih... mungkin kurang publikasi kali ya... 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

OO saya baru tau yang bikin itu semua namanya Hasmi. Saya kurang tau sih tentang karakter-karakter di atas, ga pernah dengar semua. Yang saya tau cuma Gundala Putra Petir. Sekarang katanya dari aktor Marcellino Refrandt juga uda mulai bikin komik-komik Indo yang baru. Moga-moga dalam beberapa tahun lagi, bakal banyak komik-komik superhero Indo.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

ternyata superhero asli dari indonesia gak kalah dari luar negeri toh, bahkan beberapa memiliki kemampuan yang mirip..kalo baca artikel ini jadi pengen sekali-kali baca salah satu komik di atas deh..kira-kira ada yang tau bisa didapetin dimana?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

ternyata superhero asli dari indonesia gak kalah dari luar negeri toh, bahkan beberapa memiliki kemampuan yang mirip..kalo baca artikel ini jadi pengen sekali-kali baca salah satu komik di atas deh..kira-kira ada yang tau bisa didapetin dimana?

 

ia setuju nih, ada yang tau ga kalau baca cerita kaya gini online dimana.....

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By theblacksmith
      Coba sebutkan nama-nama superhero yang kamu tahu, lengkap dengan nama manusianya sama asal negaranya. Ada buanyaaaak banget. Diantaranya yang paling beken sejagad raya, ada Peter Parker alias Spiderman dan Clark Kent si Superman. Keduanya berasal dari Amerika. Selain mereka berdua ada lagi Haruto Souma. Siapakah superhero asal Jepang ini? Yup, betul, Kamen Rider.

      Lah,terus ada gak yah superhero asal Indonesia? Ada dong. Namanya Gundala, si Putra Petir. Penasaran gimana sejarah dan nama manusianya gundala?Ayo disimak,

      Pada tahun 1969 di Jogjakarta, seorang ilmuwan jenius bernama Sancaka tersambar petir saat terjadi hujan deras. Karena kejadian tersebut, Kaisar Kronz dari Kerajaan petir membawa dan menyelamatkan nyawa Sancaka.

      Kaisar Kronz lalu menjadikan Sancaka sebagai putranya dan memberinya kekuatan super. Sancaka juga diberi nama Gundala. Apa aja ya kekuatan supernya? Si Gundala ini bisa mengeluarkan petir dari telapak tangannya. Selain itu Gundala juga berlari sangat kencang.

      Setelah mendapatkan kekuatan itu, Sancaka kembali ke bumi buat melindungi orang-orang dari para penjahat. Saat menolong orang-orang yang butuh bantuan, Sancaka mengenakan seragam superheronya dan berubah menjadi Gundala. tujuannya buat nyembunyiin identitas aslinya seperti layaknya superhero-superhero lainnya. :)