Sign in to follow this  
Banyusmom

Transportasi Wisata Papua

8 posts in this topic

Papua  adalah kepulauan  ujung timur indonesia  yang dikenal  memiliki  panorama dan keindahan alam yang luar biasa. Papua sendiri terdiri  dari 2 propinsi  Propinsi Papua barat dengan Ibu kotanya  Manokwari dan  Propinsi Papua dengan ibu kota JayaPura. Perjalanan  untuk bisa mencapai Papua dapat di tempuh dengan pesawat udara dan kapal laut. Untuk menuju ke Manokwari sendiri dapat di tempuh menggunakan Pesawat melalui bandar udaranya yaitu bandar udara Sentani. Maskapai penerbangan yang melayani rute jakarta Manokwari adalah Batavia Air dan juga Sriwijaya Air, dan beberapa yang lainnya.

 

Untuk penerbangan dari  Jawa misalnya,  anda harus transit pesawat terlebih dahulu karena tidak ada penerbangan  pesawat langsung dari pulau jawa langsung ke Papua. Pesawat yang akan terbang dari Jawa akan transit dulu di Bandara Sukarno Hatta. Untuk transitnya sendiri biasanya memakan waktu sekitar 3 – 4  jam. Dijakarta  ada beberapa Rute tujuan ke Papua, diantranya Jakarta – Jayapura ataupun Jakarta – Manokwari. Jalur  pernerbangan  ke  Jayapura,  Maskapai penerbangan  yang melayani jalur ini diantaranya adalah  Lion air, Garuda indonesia, Merpati, Batavia Air, dan juga Express Air.

 

Untuk harga tiket sendiri sangat disarankan  untuk  sering mencari melihat promo  di beberapa maskapai penerbangan. Untuk promo tiket termurah di low season  Jakarta – Jayapura  biasanya berkisar dari harga  Rp 1.500.000 untuk sekali perjalanan. Harga  standart perjalanan di luar high season pada kisaran   Rp 2.000.000, dan untuk High season harga pada kisaran Rp. 4.000.000 - 4.500.000. Sesampai di Bandara Sentani,   untuk mencapai  beberapa tempat  wisata di papua perlu di sambung lagi menggunakan  tranporttasi darat ataupun tranportasi laut lainnya .

 

Bagi pemula, disarankan untuk kunjungan ke papua, anda bisa menggunakan jasa travel karena biasanya di travel menyedikakan paket - paket wisata yang lengkap yang tentunya lebih effisien. Anda tak perlu repot-repot memikirkan Transportasi  perjalanan, akomodasi selama di papua, kunjungan objek wisata pun ada bisa memilih destinasi dari objek wisata yang anda ingin   kunjungi di papua. Sebab Papua sendiri memiliki banyak  objek wisata  yang sangat bagus  .

Jika anda ingin mengunjungi beberapa objek wisata, Ada beberapa tempat wisata yang anda bisa di kunjungi misalnya  seperti yang terdapat di Papua Barat berikut ini:

  1. Teluk Doreri

Pesona  bawah laut Doreri menyuguhkan pemandangan  pantai yang sangat indah selain juga ada 3  pulau di teluk ini yakni; Pulau Mansinam, Pulau Lemon dan Pulau Raimuti. Di ketiga  pulau ini terdapat banyak terumbu karang yang masih asri beragam  ikan

 

2. Jajaran Pegunungan Artefak

Disini anda dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, perkampungan tradisional Papua serta menikmati keragaman faunanya.

 

3. Pantai Pasir Putih

Pantai ini menyajikan keindahan pantai dengan pasir putihnya. Di area pantai terdapat perkampungan tradisional Papua, terumbu- terumbu karang yang banyak, serta laut tidak begitu berombak sehingga  sangat nyaman untuk olah raga penyelaman. Jarak tempuh dari Manokwari sekitar 5 km dapat di capai dengan jalur perjalanan darat.

 

4. Cagar alam  pegunungan Wondiway

Cagar Alam ini memiliki banyak species burung  dan beberapa spasies Flora dan Fauna yang beragam. Dari cagar alam ini anda dapat menikmati keindahan teluk Wandamen  dan Teluk Cendrawasih. Dari Manokwari di tempuh dengan pesawat kecil dengan jarak tempuh 30 menit saja.

 

5. Hutan wisata Gunung Meja

Area hutan yang bentuknya menyerupai meja ini merupakan hutan wisata alam yang cocok untuk  hiking karena memiliki hutan yang masih asri dan indah.

 

6. Pantai Bakaro

Keunikan di pantai ini adalah masyarakatnya yang mempunyai kebiasaan memanggil ikan. kebiasaan memanggil ikan ini dimaksudkan untuk memberi makan ikan dan hal ini masih dilestarikan sebagai atraksi wisata sampai sekarang.

 

7. Bendungan Prafi

 

8. Kawasan Wisata Raja Ampat

 

Kawasan wisata Raja Ampat adalah objek wisata yang di dalamnya adalah kawasan konservasi alam yang terdapat keragaman hayati seperti terumbu karang serta terdapat ragam biota laut yang sangat beragam.

 

9. Pantai Maruni

Pantai ini  20 km dari kota Manokwari. Pantai ini di hampari pasir kuarsa dan bebatuan yang menakjubkan.

Kunjungan ke wilayah papuan barat dapat di tempuh dengan Jalur  darat, laut dan udara. Untuk Jalur udara  dari jakarta, diambil jalur penerbangan Jakarta – Manokwari, dari bandar udara Sentani ke Manokwari berjarak  5 km dan bisa di tempuh dengan transportasi umum taxi. Sedangkan untuk kunjungan ke pulau -pulau biasanya digunakann kapal  feri.

 

Untuk wilayah  Propinsi  Papua  dengan ibu kota Jayapura ada beberapa Objek Wisata yang bisa anda kunjungi di wilayah ini diantaranya :

1. Pantai Base G

2. Pantai Pasir Putih

3. Pantai Holtekawp

4. Pantai Hamadi

5.Teluk You Tef dan Skyline

 

Untuk kunjungan  ke Jayapura, jarak tempuh  dari bandara ke  Jayapura adalah sekitar 50 km. Tranportasi yang di gunakan bisa berupa  taxi  bandara ataupun bisa dengan alat tranportasi umum lainnya berupa angkot. Jika menggunakan taxi, tarifnya berkisar Rp. 300.000 dengan sistem borongan dalam sekali jalan dengan. Dan dengan transportasi seperti Angkot bisa lebih hemat antara kisaran  Rp 60.000 tetapi ini pun harus menyambung dan berganti ganti angkot. Untuk Penginapan di daerah Jayapura banyak pilihan. Harga kamarnya pun sangat bervariasi. Selamat berwisata  di kawasan Papua .

Share this post


Link to post
Share on other sites

wew... liburan mahal euy ke papua... tapi emang bagus sih suasana dan pemandangannya. semoga aja kapan-kapan bisa tersedia transportasi dengan harga murah... :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah wisata ke papua emang mahal ya hehehe tapi mungkin karena mahalnya itu tempat di sana masih alami banget :D

kyknya opini mas masuk akal seh

jadi masih jarang orang kesana dan masih terjaga kebersihan dan keindahan :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kyknya opini mas masuk akal seh

jadi masih jarang orang kesana dan masih terjaga kebersihan dan keindahan :D

 

iya wkwk tapi ya sayangnya yang benar-benar mau ngeliat keindahannya secara langsung dengan budget minimum jadi gak bisa ke sana -_-

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this