Banyusmom

Menyelami Lebih Dekat Pulau Bintan

7 posts in this topic

Di setiap daerah di indonesia memiliki adat istiadat dan kebiasaan yang di junjung tinggi sebagai  aturan turun menurun. Adat ini biasa di berikan  secara turun temurun sebagai bentuk kepatuhan serta norma  atau aturan  dari suatu  masyarakat. Seperti lazimnya daerah lain, Pulau Bintan dengan  keragamannya  juga mempunyai aturan dan adat istiadat yang di jaga sejak dari zaman dahulu kala.  Pulau Bintan adalah kepulauan yang ada di Kepulauan Riau. Secara geografis, Pulau Bintan  berdekatan dengan Malaysia dan Singapura sehingga tradisi adatnya pun tak berbeda jauh yakni  Adat Melayu. Pulau Bintan  adalah kepulauan terbesar di Riau. Selain kekayaan alam yang melimpah, keelokan alamnya  juga terkenal dengan tradisi kebudayaan  melayunya yang terjaga yang menjadi aset budaya dan pariwisata untuk  Pulau Bintan sendiri. Masyarakat Pulau  Bintan sendiri  masih memegang teguh adat  tradisi Melayu, hal ini bisa di lihat dari cara berbicara  masyarakat setempat  menggunakan bahasa Melayu, cara berpakaian, gaya seni asitektur, serta tak ketinggalan makanannya.

 

Sedikit membuka sejarah lama dari Pulau Bintan, pada abad 16 pulau ini merupakan  pintu masuk perdagangan, sehingga perkembangan kebudayaan dan adat  istiadatnya  sudah berbaur  dengan budaya luar. Tetapi masyarakat asli Pulau Bintan sendiri mampu memegang  teguh  kebudayaan  melayunya.

Wilayah Bintan dan sekitarnya merupakan pusat peradaban melayu yang kaya dan indah. Pulau Bintan juga menjadi cikal bakal  sejarah dipakainya bahasa  indonesia. Tradisi  kebudayaan yang ada di Pulau Bintan yang masih dilakukan masyarakat  diantaranya adalah Upacara ataupun ritual keagamaan seperti Aqiqahan, Khatam qur’an, naik haji, serta perayaan hari – hari besar keagamaan. Biasanya dalam  pergelaran adat istiadat  budaya yang bersifat religius di pulau ini di sertakan  pula kesenian islam di dalamnya.  Karena kentalnya  ajaran agama islam dan budaya melayu berasimilasidi wilayah ini, maka islam menjadi ciri tersendiri untuk perkembangan kebudayaan masyarakat Pulau Bintan. Arti adat sendiri bagi masyarakat Bintan  adalah  ketentuan yang mengatur hubungan antara masyarakat dari segala macam segi kehidupan  mulai dari tingkah laku sampai pada hubungan dengan masyarakat. Karena itu, adat dianggap sebagai aturan atau hukum yang tidak tertulis dan merupakan sumber hukum yang berlaku di masyarakat. Adat merupakan satu satunya aturan dan hukum rakyat yang di sempurnakan dengan hukum islam yang di pahami dan diwariskan secara turun temurun dan ini lazim disebut dengan adat bersendikan Syarak.

Adat  melayu yang di ajarkan  dalam  pada masyarakat berupa ajaran atau   tuntunan dan falsafah melalui pepatah dan juga peribahasa.

Dalam Adat Melayu yang dimaksud dengan orang Melayu  adalah Seseorang yang beradat istiadat Melayu, berbahasa sehari – hari dengan bahasa melayu dan beragama islam. Pondasi yang membentuk Adat  tersebut berdasari pada aturan agama islam  serta bersumber dari adat istiadat Melayu itu sendiri..

Daya tarik adat dan budayanya ini menjadikan Pulau Bintan menjadi tujuan wisata religi  dan wisata historis serta wisata bahari. Objek wisata yang sering di kunjungi di Pulau ini diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Museum  Sultan Badrul Alamsyah dan Museum kandil

Museum Sultan Badrul Alamsyah terletak di kota Tanjung Pinang. Di museum ini banyak menyimpan benda bersejarah pada masa kerajaan Melayu hingga masa pendudukan Belanda. Kemegahan serta pesona sejarah dari  peradaban Melayu di masa lalu dapat dilihat disini. Kedua museum ini memiliki ikatan sejarah yang kuat karena sama-sama memajang peninggalan kerajaan Melayu.

 

Pulau Penyengat

Berdekatan dengan Pulau Bintan ada pula pulau penyengat, dimana selain wisata alamnya pulau yang satu ini menawarkan tempat wisata sejarah yang tentunya juga merupakan wisata religi, yang di antaranya adalah Masjid  Sultan Riau, Perigi Putri, Makam Raja Ali Haji, Balai adat, Makam anggota kerajaan Melayu, dan Benteng Bukit Kursi. Dengan mengunjungi  objek-obyek wisata sejarah ini membuat kita memahami pentingnya menghargai sejarah. Khususnya apa yang pernah terjadi di pulau kecil nan indah ini.

 

Selain objek wisata itu ada juga juga objek wisata lain seperti Kampung Bugis, Sungai Ular, Vihara Ksigarbha Bodhisattva, dan juga wihara Avalokitesvara.

 

Kekuatan suatu adat istiadat mampu mempengaruhi peradaban suatu wilayah. Hal ini terbukti dari bukti sejarah yang ada di Pulau Bintan ang merupakan salah satu  bagian daerah tempat  cikal bakal kebudayaan Melayu. Sebagai  masyarakat yang berbudaya maka kita bisa lebih paham dan menyadari dan bahwa dengan tetap melestarikan adat istiadat dan budaya agar kita mampu menjadikan kita bangsa  maju dan bermartabat selain juga di kenal leh seluruh bangsa di dunia. Meskipun kita mampu menerima budaya dari luar, tetapi tidak pernah melupakan kebudayaan negara sendiri. Adat Melayu sebagai kekayaan dan warisan budaya wajib kita lestarikan,  salah satunya  mengajarkan kepada generasi penerus  agar mereka memahami adat istiadat asli daerahnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Kevin Minion: hayu berkunjung kesini.... klo di bilang budget sih, saya sndiri kurang bisa memperkirakan, banyak yang bilang disini itu mahal2 dibandingkan ma di Jawa Emoticon%20Senyum2.gif tapi tetep bisa diminimalisir kok..... dan tmpat wisatanya jg ckup lengkap, dari wisata sejarah, alam dan suasana kota yang melayu mix tionghoa bisa ditemukan disiniEmoticon%20Rate2.gif

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalau main ke pantai trikora hati2 dengan yg namanya "agas". Serangga yg satu ini lebih berbahaya dari nyamuk. Dan bisa menyebabkan alergi (terutama cewek2) karena bekasnya susah ilang. So far, in my opinion untuk pantai Trikora its one of the beautiful beach in Indonesia :hiking

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalau main ke pantai trikora hati2 dengan yg namanya "agas". Serangga yg satu ini lebih berbahaya dari nyamuk. Dan bisa menyebabkan alergi (terutama cewek2) karena bekasnya susah ilang. So far, in my opinion untuk pantai Trikora its one of the beautiful beach in Indonesia :hiking

wah boleh dnk ditulis2 cerita di pantai trikora nya mba :D

sekalian upload2 poto nya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now