• 0
ulie

Trotoar ooo trotoar

Question

Hai...Jalan2ers...

 

Pada suka jalan-jalan kan? Tapi kalo jalan kaki gimana? Hahaha lihat-lihat dulu pastinya...

 

Iklim Indonesia memang kurang cocok untuk wisata jalan kaki, karena tingkat kelembaban udara di Indonesia tergolong tinggi. Sering kali berjalan kaki membuat kita merasa tidak nyaman, meski itu bukanlah satu-satunya penyebab jalan kaki kurang familiar bagi masyarakat Indonesia khususnya di daerah perkotaan (kota-kota besar) hal ini disebabkan pula karena beralih fungsinya trotoar menjadi tempat berjualan pedangang kaki lima, lahan parkir atau jalan pintas ditengah kemacetan lalin.

 

Di luar negeri, pemerintah sangat memperhatikan para pejalan kaki bahkan mereka memberi area yang luas bagi pejalan kaki untuk berjalan dengan nyaman dan aman. Hal ini dibuktikan dengan adanya trotoar yang luas dengan taman-taman yang indah.

 

Yuk kita lihat beberapa trotoar yang ada di mancanegara:

1. Singapura

singapore%20trotoar.jpg

 

 

2. Jepang

image013.jpg

 

 

3. Amerika Serikat

Trotoar-Memberi-Kenyamanan-Pejalan-Kaki2

 

 

4. Perancis

fayvilst1.jpg

 

 

Kapan ya trotoar di Indonesia bisa seperti di luar negeri??

 

 

trotoar-gatsu.jpg?w=600

 

 

pkl2.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

10 answers to this question

  • 0

woowwwwwwww......... keren banget yaa trotoar di Indonesia, Multifungsi :D :D

 

hahaha...emang orang Indonesia super kreatif, ngga bisa liat ada lahan kosong, pokoknya semua bakalan dimanfaatin :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

di negara yang maju trotoar buat pejalan kaki sih wajib. di kita trotoar di pake buat motorist. kalo di tabrak motor yang di salahin kita pejalan kaki. di indonesia emang motor itu raja.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kalau di luar negeri emang bagus-bagus ya, kalau di sini trotoar kayaknya mau lewat aja susah, gak aman juga kayaknya buat perempuan jalan kaki kadang

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

woowwwwwwww......... keren banget yaa trotoar di Indonesia, Multifungsi :D :D

 

hahaha... mantap emang orang indonesia... keren, two thumbs dah, malah nambah lagi dua jempol kaki...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wkwkw emang agak parah trotoar di Indonesia. Kadang tuh kalau mau jalan di trotoar aja ga bs karena banyak yang jualan kaki lima. Bukan cuma trotoar sih, bahkan yang kaya zebra cross jg parah banget. Motor kalau berhenti bs di zebra cross atau melewati. Makanya kl saya naik motor, saya usahakan sebisa mungkin stop di belakang garis. Malu sama pejalan kaki.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

trotoar yang lumayan terawat menurut ane hanya ada di kawasan jalan Sudirman.

lebih dari itu, dikuasai dengan pedagang kaki lima atau ojek.

lebih parah lagi kalo pas macet digunakan oleh pengendara motor.

 

ckckckckckckckck...

betapa tidak teraturnya orang Indonesia

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

oh iya, pelanggar pengguna trotoar itu nggak hanya masyarakat umum. polisi pun ikut-ikutan. soalnya, saya pernah ngelewati sebuah tenda polisi yang di dalamnya dibuat duduk-duduk oleh para petugas. waktu itu sih, saya cuek aja lewat di tengah-tengah mereka, tanpa permisi apapun. waktu itu, alasan saya sih toh ini tempat publik. eeh, nggak taunya ada satu polisi yang manggil suruh kalau saya lewat itu permisi dulu. dan, karena nggak pengen lama-lama gara2 masalah sepele, udah deh saya minta maaf trus cabut... 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By citrariana
      Cantiknya Maladewa
      Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan  suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Berikut beberapa wisata di Maladewa
      1.       Naifaru

      Naifaru adalah sebuah pulau di Maladewa 142 km (88 mil) utara ibukota, Malé. Anda dapat melihat pantai dengan hamparan pasir putih yang indah. Yang bisa Anda lakukan di sana adalah snorkeling dan scuba diving menikmati indahnya terumbu karang.
      2.       Hulhule Island

      Ini adalah salah satu pulau yang paling dekat dengan pulau ibukota Maladewa. Sudah terdapat beberapa hotel mewah di kawasan ini. Beberapa hotel memberikan fasilitas olahraga golf, voli, tenis, dan badminton. Anda juga bisa bersantai sambil menikmati SPA khas Maladewa.
      3.       Maladewa

      Merupakan ibu kota Maladewa  yang terkenal di tempat ini adalah “hukuru miskiiy mosque”. Merupakan masjid tertua yang memiliki ornament menarik. Uniknya, masjid ini dibangun dari batu karang. Masjid ini telah dimasukkan ke dalam daftar budaya Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2008 sebagai contoh unik dari arsitektur budaya laut. Kota Maladewa memiliki pemandangan selayaknya kota maju lainnya yaitu dengan bertebarannya gedung pencakar langit.
      4.       Kota Addu

      Addu Kota adalah sebuah kota di Maladewa yang terdiri dari pulau-pulau berpenghuni dari atol selatan nusantara. Terdapat beberapa hotel yang siap untuk ditempati. Anda bisa bersepeda mengelilingi desa di Addu sambil mempelajari gaya hidup masyarakat sekitar.
      5.       Hanimaadhoo

      Tempat ini adalah suarganya pantai tropis di Maladewa. Hamparan pasir putih dengan hangatnya sinar matahari akan menyempurnakan liburan Anda di pulau tropis. Bagi Anda yang ingin mengarungi pantai, terdapat kapal kecil yang akan menemani Anda. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sana, Anda dapat penyewa penginapan di sekitar pantai.
      Tertarik ke Maladewa? Anda dapat naik pesawat menuju Maladewa. Pilih pesawat yang telah memiliki sistem check-in online seperti dari maskapai Tigerair yang akan memudahkan Anda dalam bepergian.
      Selamat berlibur!
    • By fariezetta
      Banyak orang punya masalah den gan ingatan. Entah itu karena mudah lupa atau daya ingat yg lemah. Bukan hanya orang tua, yg muda pun sering kali mengalami lupa. Apa yang salah ya? Daya ingat bukan hanya sebuah anugerah yg dibiarkan begitu saja. Daya ingat butuh diasah agar tetap tajam dan perlu dilatih agar tetap aktif dan lebih kuat. Jika dibiarkan, layaknya mata pisau, daya ingat bisa saja tumpul. Nah kalau sudah tumpul bagaimana ya mengasahnya? Kali ini, tulisan ini akan mencoba untuk berbagi cara mengatasi daya ingat yg mulai melemah. Teman2 mungkin pernah merasa sering lupa akan sesuatu, sulit mengingat kejadian lama bahkan yg baru beberapa saat yg lalu. Jangan khawatir karena tmn2 msh punya kesempatan untuk kembali mengasahnya agar kembali tajam. Dan sebelum tahu caranya, ketahui dulu penyebab daya ingat melemah berikut ini.     1. Kurang tidur Mungkin banyak orang yg belum mengetahui bahwa hubungan antara tidur, insomnia dan daya ingat cukup berpengaruh satu sama lain. Seseorang sebaiknya tidur selama 6 jam setiap harinya. Waktu ini merupakan waktu yg cukup untuk tubuh kembali pada kondisi yg fit untuk beraktivitas. Dan seseorang yg kurang tidur atau susah tidur seperti para penderita insomnia, maka ingatannya pun akan lebih lemah daripada mereka yg tidur cukup. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yg mengatakan bahwa orang yg kurang tidur memiliki resiko daya ingat yg lemah. Karena itu tidur yg cukup sangatlah penting bukan hanya untuk kekuatan fisik tp juga ingatan kita.     2. Stress Jangan anggap remeh stress atau depresi yg dialami seseorang. Depresi atau stress ini menjadi salah satu faktor utama penurunan daya ingat. Depresi terjadi akibat anda merasa tertekan, tidak dapat menerima apa yg terjadi pada diri anda atau tdk bisa menahan beban pikiran dan jiwa. Depresi atau stres bisa saja timbul karena anda ditinggal pergi org dicintai. Maka tak berlebihan ketika mungkin anda pernah menonton film atau sinetron atau drama yg ada adegan di mana si pemain tiba2 amnesia ketika sedang mengalami depresi berat. Karena itu, segera konsultasikan kondisi psikis anda jika sudah mulai merasa tertekan. Berbagi pd org terpercaya tntg masalah anda bisa sedikit mengurangi resiko depresi.   3. Alkohol dan narkotika Bagi para pecandu alkohol dan narkotika biasanya memiliki masalah dengan daya ingat baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Alkohol dan obat2an yg berbahaya memang tidak baik untuk kesehatan. Barang tersebut bahkan bisa saja merusak kemapuan intelektual lainnya. Alkohol sendiri punya batas wajar. Untuk pria biasanya 1 hingga 2 gelas per hari saja dan wanita 1 gelas per hari. Lebih dari itu alkohol bisa merusak daya ingat dan organ tubuh lainnya. Untuk narkotika, jenis ekstasi sangat berbahaya utk daya ingat seseorang. Lebih baik hindari bersentuhan dgn barang2 di atas.   4. Kekurangan vitamin B12 Vitamin B12 merupakan vitamin yg baik untuk kesehatan daya ingat kita. Vitamin ini banyak terdapat di ikan, daging, telur, unggas dan lain sebagainya. Vitamib B12 ini sangat baik untuk sistem peredarab darah. Untuk mendapatkan hasil maksimum, anda bisa melakukan diet sehat dan memperbanyak asupan mineral yg masuk ke dalam tubuh.   Selain penyebab di atas, penyebab lain yang membuat daya ingat lemah adalah penyakit. Penyakit tiroid misalnya yang bisa dialami siapa pun di usia berapa pun.    Setelah mengetahui beberapa penyebab yang mebuat daya ingat kita menjadi menurun, kita coba untuk membahas bagaimana caranya membuat daya ingat kita lebih kuat. Kita mulai dari cara sehat seperti dengan makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup kita.    - Makan buah dan sayur Sudah bukan rahasia lagi kalau buah dan sayur punya begitu banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Buah dan sayuran memiliki antioksidan yang membuat kita dapat terhindar dari radikal bebas di mana menjadi sumber penyakit. Apa yang kita makan akan berpengaruh dengan kondisi kesehatan tubuh kita. Memilih makanan seperti yang memiliki anti oksidan akan baik untuk sistem saraf. Selain itu, buah dan sayur juga memiliki vitamin yang kaya untuk membantu meningkatkan daya ingat. Dan beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan daya ingat ini antara lain adalah sayuran berdaun hijau, misalnya ada selada, bayam, dan juga kubis. Selain itu ada brokoli dan juga kembang kol. Buah-buahan langsung maupun jus. Buah delima bisa menjadi pilihan dan juga berbagai buah berry. Kacang-kacangan juga bagus untuk meningkatkan daya ingat, anda pun bisa mencoba makan ikan-ikanan seperti salmon, sarden, dan juga mackerel. Untuk menambah manfaatnya, gunakan minyak zaitun dan minyak nabati lainnya.   - Berolahraga   Berolahraga merupakan aktivitas yang bisa membuat daya ingat lebih meningkat. Tak perlu melakukan olahraga yang berat-berat karena cukup melakukan jalan kaki setiap harinya. Berjalan cepat bisa membuat kinerja jantung dan oksigen di dalam tubuh bekerja lebih baik. Jalan kaki selama 2,5 jam setiap minggunya bisa membuat orang yang berusia di atas 50 tahun memiliki daya ingat yang lebih kuat. Mudah sekali bukan? Jalan kaki memiliki manfaat yang begitu besar untuk daya ingat kita. Olahraga selama 20 menit setiap harinya cukup membantu meningkatkan daya ingat dan kesehatan kita.   Selain memperhatikan kesehatan dengan asupan makanan bergizi dan olahraga, ada cara yang bisa melatih daya ingat agar lebih baik. Di antaranya:   - Banyak membaca Membaca ini ternyata bisa melatih otak untuk terus bekerja sehingga kita bisa memiliki daya ingat yang lebih kuat. Bukan hanya membaca buku, apa pun jenis informasi yang ada di internet dan di mana pun bagus untuk melatih daya ingat kita. Tidak pernah berhenti belajar, itu intinya. Anda juga bisa melakukan diskusi untuk membuat otak tetap terasah.    - Bersosialisasi Adakah hubungannya sosialisasi dengan daya ingat? Yap, ternyata ada. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang bersosialisasi dengan baik memiliki saya ingat yang baik. Bersosialisasi dengan cara saling mengobrol, berhubungan dengan keluarga, teman dan sahabat tentunya sangat membantu. Hindari menutup diri karena bukan hanya merusak otak, tapi juga kesehatan lainnya. Ada banyak hal yang bisa anda obrolkan dengan orang lain. Ada banyak hal yang bisa anda bagi di lingkungan anda.    - Melakukan kebiasaan baru Kita tentu sudah terbiasa dengan hal-hal yang menjadi rutinitas. Misalnya, menulis dengan tangan kanan, mengoles roti dengan selai dan lain sebagainya. Dalam poin ini, kita bisa mencoba kebiasaan baru yang dapat melatih otak untuk terus berkreasi dan menghasilkan ide baru. Hal ini bisa melatih otak terus terasah dan membuat daya ingat kita semakin kuat. Anda bisa mencoba menulis dengan tangan kiri sekali-kali, memakan pakaian yang berbeda dari biasanya dan lain sebagainya.   - Bermain games Anda gamers? atau yah paling tidak suka dengan games. Bermain games ternyata punya efek yang bagus untuk otak kita. Games bisa membantu otak kita telatih memecahkan teka-teki. Games yang menuntut otak berpikir dalam memecahkan masalah atau teka teki itu menjadi opsi yang bagus. Banyak sekali saat ini permainan yang membutuhkan otak dalam penyelesaiannya. Sebagai contoh yang populer adalah permaianan catur. Bukan hanya sebagai sebuah permainan, catur juga merupakan olahraga otak yang sudah dikenal sejak dulu. Selain catur, permainan kayak Teka Teki Silang alias TTS atau permainan Sudoku juga menjadi permainan seru yang melatih daya ingat kita.    Bagaimana? semoga semakin bagus ya daya ingatnya :)
    • By De Santos
      Hi Jalan2ers, saya mau memperkenalkan usaha travel pendatang baru di tanah air (sejak Des 2013) nih yang berani menawarkan paket-paket wisata dengan harga yang sangat murah, apalagi kalau bukan TRAVELdonk.


      Apa itu TRAVELdonk? TRAVELdonk didirikan oleh sepasang pemuda-pemudi yang mencintai jalan-jalan. Jalan-jalan membutuhkan uang sehingga kami menjadi komersial seperti ini. Akan tetapi, kami jamin akan memberikan Anda harga terbaik untuk paket melancong karena kami juga adalah pelancong.
        Apakah keuntungan membeli paket-paket tur TRAVELdonk? 1. Harganya murah banget! 2. Bahkan bayarnya bisa nyicil! 3. Tidak seperti tur-tur lainnya, Anda tetap akan merasakan hal-hal seperti orang lokal (contohnya naik transportasi umum, makan makanan otentik di pinggir jalan, dan berinteraksi dengan warga) 4. Anda tidak perlu khawatir soal pesan-memesan penerbangan dan hotel 5. Anda akan mendapat kenalan baru dalam kelompok kecil karena setiap tur TRAVELdonk dibatasi untuk 8-10 orang peserta saja 6. Anda dapat mendukung pasangan muda pendiri TRAVELdonk untuk tetap traveling   Mengapa tur-tur TRAVELdonk begitu murah? Kita harus bertanya sebaliknya. Mengapa tur-tur lainnya begitu mahal? Itu dikarenakan mereka menghabiskan banyak uang untuk mengiklankan produknya, biaya operasional kantor, dan menggaji para pegawai. Biaya-biaya ini akan ditambahkan di produk paket tur. Sedangkan TRAVELdonk memaksimalkan iklan gratis di media sosial dan tidak menggaji pegawai.   Ini salah satu produknya:
        produk-produk lainnya: -Malaysia+Thailand 5D4N Rp 4 juta-nett
      -Singapore 3D2N Rp 3 juta-nett
      -Singapore 3D2N (menginap di MBS) Rp 5 juta-nett
      -Paket Imlek 2015 Singapore+KL 5D4N Rp 4 juta-nett

      produk domestiknya juga ada:
      -Sawai 3D2N Rp 5 juta-nett   Jika ada yang berminat dengan produk-produk TRAVELdonk bisa langsung hubungi:

      DWI SANTOSA
      Hp: +6287737386006
      BBM: 766E21E9
      Facebook: https://www.facebook.com/poenjagw
      atau bisa langsung ke:

      TRAVELdonk BBM Channel: C0041A8F7
      Facebook Page: https://www.facebook.com/traveldonk
      Website: http://www.tour.traveldonk.com
    • By Mio Perdani
      1st day
      Beberapa hari yang lalu baru saja saya melakukan perjalanan yang menyenangkan ke negeri orang, dan itu adalah pertama kali saya menginjakkan kaki di negeri orang. Perjalan tersebut adalah menuju Singapore. Deg2an waktu pertama kali pengecekan di imigrasi, wih syeerem juga, tapi semua bisa dilalui dengan nikmat. Pas memasuki pesawat air asia ini juga untuk pertama kalinya, wah mantab dah, beda sama maskapai lain, apa karena ini pesawatnya lagi bagus ya? Semoga sih hanya perasaan aja. Waktu duduk juga lumayan enak untuk ukuran LCC ni udah lebih dari cukup.

      Ini nih pengalaman naik AA untuk pertama kali, begitu ud jalan perlahan ke landasan pacu, eh belum sampai berhenti total ud langsung tancap gas, terus take off. Untuk maskapai lain biasanya pas di landasan pacu berhenti dulu ngepasin posisi. Wah cadas nih pilot, jangan2 ni pilot asing. Dan tibalah meninggalkan tanah air menuju ke negeri seberang.

      Begitunya sampai di bandara changi gua g bisa ngomong apa2, Cuma bilang wow wow n wooow!!! Keren bangeeeet, dalam hati ku berkata apakah ini bandara nomer 1 di dunia. Bener2 keren, beda banget ama Soetta. Terus ada penjemput kami datang dan berangkatlah kami ke hotel, dan emang gimana ya, jalanan itu kagak ada macet2nya, apa mungkin karena malam. Liat besok aja deh gimana, yang jelas malam ni pengen menikmati indahnya singapore malam hari.

      Setibanya di hotel pengen aku ajak dua temen yakni irfan n toni untuk jalan2. Eh tiba2 satu persatu orang pengen ikut semua -____________-“ ini bener2 di luar skenarioku jalan2. Mau tak mau harus rame2 apalagi bos2 juga pada ikut. Berasa g bebas. Jam 22.00 WSing berangkatlah jalan2 dari hotel menikmati indahnya pemandangan singapore, jalan2 ke sungai, sun city, dan beberapa destinasi lainnya. Sampai tiba saatnya kembali lagi ke hotel untuk istirahat.


      2nd day
      Pagi-pagi kamarku udah di bel berulang2 ama temenku tapi aku g bangun2 sampai akhirnya jam 7 di bangunin ama temen sekamarku sekitar jam 07.15 Wsing. Sarapan di dickson resto. Sarapan pertama adalah nasi uduk, tapi nasi uduknya beda banget ama nasi uduk di indonesia. Setelah selesai sarapan, berangkatlah kami k USS pada pukul 09.30 WSing. Kondisi pagi hari hujan banget, tapi begitunya sampe USS selesei itu ujan. Wah pas banget. Menghabiskan waktu di USS sampai jam 18.00 terus makan di situ juga. Lumayan makannya enak banget. Hehehe. Abiznya dari USS maen ke song of the sea.

      Dan woooow keren bangeeeet ada pancuran air dan fireworksnya, bener2 wow deh. Aku sampai heran dan komplain pada diri sendiri terhadap negara sendiri, harus nya jakarta juga bisa bikin macam song of the sea gini apalagi jakarta punya kepulauan seribu. Aku menikmati banget lagu yang di putar pas song of the sea, keren banget, bener2 keren. Aku harus berterimakasih ama song of the sea yang membuat hatiku adeeem.

      Selesai dari song of the sea balik lagi ke hotel. Dan seperti biasa saya pengen menghabiskan malam di Singapore, janjian dah aku ma si @halimun, jalan saling mencari sampai akhirnya ketemu juga. Hehehe. Dan setelah ngobrol sana sini akhirnya aku balik lagi ke hotel jam 01.45 WSing.


      3rd day
      Ini hari yang menhgasyikkan di pagi hari karena ini karena ini ke patung singa raksasa. Dan ke patung mini, g sempet foto di patung mini. Terus mulai deh perjalanan yang menurutku tidak menyenangkan, yakni ke tempat2 belanja. Jadi ceritanya mau ga mau suka g suka aku harus terima karena perjalanan kantor. Coba kalo bukan perjalanan kantor pasti udah seneng aku bisa jadi independen walker.

      Dan sampailah tiba saatnya aku harus balik k Indonesia, sama2 menggunakan pesawat AA, tapi ini pesawatnya beda, Cuma pramugarinya manis bangeeet, sayang nya aku g bisa foto tu pramugari. dan sampailah saya di kosan pada pukul 01.45 WIB.

      Hal menarik yang ku alami:
      1. Gara2 pake baju motif matematika, d ajak ngobrol ama 4 orang yang sepertinya mahasiswa.
      2. Gara2 pake baju saint louis university, di ajak ngobrol ama bapak2 toko batu logam, di situ ngobrol panjang lebar, apalgi ternyata orangnya 5-6 tahun yang lalu mengunjungi kota malang. Jadi makin nyambung ngobrolnya dan itu bikin bos2ku pada heran karena aku bisa ngobrol ma penduduk2 lokal di sana. Karena selama ini aku di pandang buruk banget dalam komunikasi bahasa inggris.

      Demikian cerita dari saya, semoga dapat menghibur rekan2 sekalian, sekaian dan terima kasih J

      Semua foto ada di sini
      http://www.flickr.com/photos/103115956@N06/sets/72157636294011706/


    • By Fed1an@
      Dear All Friends
      saya dan teman sdh dapat tiket promo dari cebu Airlines:
         tgl 31 Agustus 2013 Jakarta-Manila (pesawat subuh)
         tgl 31 Agustus 2013 Manila-Cebu (pesawat jam 17.40)
         tgl 1 September 2013 Cebu-Puerto Princesa (pesawat jam 10.55)
         tgl 3 September 2013 Puerto Princesa-Manila (pesawat jam 10pg)
         tgl 4 september 2013 Manila-Jakarta (pesawat subuh)
       
      Ada yang punya info tentang Manila, Cebu, Puerto Princesa gak??
      tempat wisata, penginapan, transportasi dan kulinernya
       
       
      Thanks Before
      Fediana
         
    • By diyanamatir
      hello Jalan2ers..

      Saya mau coba tulis Filed Report Tip 3 negara saya kemarin selama 10 hari pada minggu lalu ke 3 negara di Asia tenggara. Seharusnya saya berangkat bulan depan, karena ada reschedule dari AA maka dimajukan deh, fuuuhhh.
      Start dari Ho Chi Min tanggal 25 Maret dan berakhir di Bangkok Thailand pada 3 April 2013. Budgetnya sendiri yang saya habiskan selama 10 hari, 4,3 juta termasuk tiket pesawat :

      Jakarta - Ho Chi Min City by Air Asia (Rp325,000) *promo
      Bangkok - Jakarta by Mandala (2900THB) *normal price

      Senin sore, 25 Maret 2013
      Janjian sama teman seperjalanan saya dari jogja di terminal 3 jam 15.00 wib, karena pesawat kami berangkat 16.35wib. Perjalanan dari JKT ke HCMC sendiri sekitar 3jam lebih.
      sampai di bandara Tan Son Nhat Airport pukul 19,40 waktu setempat (tidak ada perbedaan waktu dengan Indonesia), langsung checking Pasport. Horee nambah lagi 1 cap, hehehe.

      Baru keluar bandara jam 8 malem, langsung cari taxi. Hati-hati banyak taxi yang palsu disitu, saya sama temen udah rencana naik taxi bermerk VinaSun, langsung hubungin petugas yang berseragam Hijau berlabel Vinasun Taxi. Kami bilang petugas ke daerah Pham Ngu Lao street (kawasan backpacker)
      Ternyata supir taxinya ga bisa bahasa Inggris, kamipun kesulitan. cara termudah ya kasih kertas dan bertuliskan yang kita mau tuju. Ongkos dari Airport ke kawasan Pham Ngu Lao St 8USD, jarak tempuh 40 menit.
      benar saja, daerah ini ramai, banyak cafe dan pelancong dari berbagai negara. Lalu kami mencari guest house atas rekomendasi teman saya, baru masuk gang pertama sudah langsung ketemu "Backpacking Club Guest House".
      Saya memutuskan untuk memilih dormintory. Setelah melakukan tawar menawar saya mendapatkan harga 5USD/night/person. Dormnya sangat bersih dan AC, harga 5USD sudah termasuk breakfast.
      Kalau yang private room harganya mulai dari 7USD - 10 USD.

      Selasa, 26 maret 2013
      jam 8 Pagi, kami dijemput oleh guide untuk menuju Chuchi Tunnels. malam sebelumnya, saya memesan untuk 1/2day trip ke Chuchi Tunnels di tempat saya menginap, dengan membayar 4USD/org menggunakan bis AC dan guide, tapi belum termasuk tiket masuk wisata 90.000VND.

      sebelum ke Chuchi tunnels, kita diajak ketempat kerajinan khas vietnam seperti piring, lukisan terbuat dari kulit telur dan gucci. Masuknya gratis, harganya souvenirnya juga relatif mahal.


      Sampai Chuchi Tunnels jam 11 siang, dan mulai mengeksplore sisa-sisa peninggalan perang, dan kalian juga bisa coba masuk ke tunnelnya. pengalaman seru, wajib dicoba.


      Disini kita juga bisa untuk coba senjata, bayar per peluru. Paling murah 40.000VND/peluru cuma ga tau tembakan jenis apa, saya ga terlalu berminat jadi saya ga ikutan, hehehe

      Siangnya kembali ke penginapan sebentar, jam 3 saya melanjutkan kembali muter2 kota dengan berjalan kaki dan bermodalkan peta. saya menuju ke Kantor Pos Pusat dan Gerja Khatolik Notredamel yang posisinya persis bersebrangan. Selama perjalanan saya ke kantor pos, saya melewat beberapa gedung seperti gedung tertinggi di vietanam, dan juga melewati Mariaman Hindu temple


      Malamnya saya hanya berjalan-jalan sekitar penginapan sambil mencari makan, agak kesulitan mencari makan di sini, karena saya muslin dan tidak makan babi jadi harus cari tempat makan halal yang tidak jauh dari Ben Than market.

      Rabu, 27 Maret 2013
      hari inisaya hanya berkeliling di kotanya saja, tujuannya adalah ke Reunification Palace (independance palace), Opera House Theater, War Remnants Museum, central Mosque HCMC dan Ben Than market.

      Semua saya tempuh dengan berjalan kaki. Lumayan Gempor. tapi bermodalkan peta, semua nya lancar serta nanya ke sekitar, kita ga nyasar.


      Opera House ; Tempat biasa teater dan pagelaran seni, kalau ada acara biasanya dikenakan biaya, karena saya datang siang jadi tidak dibuka.


      Reunification Palace (Independence palace) : seperti istana negara Vietnam, dan kita bisa melihat ruang-ruang pertemuan yang biasa digunakan Uncle Ho berunding dengan teman-temannya dari berbagai negara. HTM 30.000VND


      War Remnants Museum : Museum yang secara lengkap menjelaskan saat Vietnam perang, dan banyak juga kumpulan foto-foto korban perang yang menurut sangat cukup mengerikan. HTM 2USD


      Central Mosque HCMC : Tempatnya tersembunyi, saya disini hanya numpang ibadah dan bisa membeli makanan diseberang mesjid yang kurang terjangkau namun halal. harga kisaran 80.000VND - 300.000VND. Yang paling saya ingat, saya membeli souvernir gantungan kunci oleh seorang perempuan muda yang bisa bahasa Indonesia. dan yang bikin kaget saya bisa membayar menggunakan uang rupiah, saya bayarkan Rp 50,000 untuk 20 pc gantungan kunci.


      Setelah lelah muter seharian, saya ke Ben Than market hanya untuk melihat-lihat dan membeli tshirt beberapa. harganya 90.000VND/thsirt. pinter2 nawar aja.

      masih belum puas, tapi pukul 11 malam saya harus melanjutkan perjalanan menuju Siem Reap, Kamboja menggunakan Sleeper Bus seharga 18USD...

      Melanjutkan perjalanan lagi menuju Siem Reap, info yang saya dapat perjalanan ditempuh sekitar 16 - 17 jam. malam itu saya berkumpul di pul bis, semua penumpang dikumpulkan untuk mengisi form imigrasi terlebih dahulu. Petugas memberikan form dan diharuskan membayar untuk VOA, tapi Indonesia tidak dikenakan biaya apapun.

      Kamis, 28 Maret 2013
      Ternyata sleeper busnya baru berangkat sekitar pukul 12.30 malam. Sekitar 4 jam kita sudah sampai perbatasan, karena terlalu subuh bis kami parkir di depan kantor imigrasi.
      Sekitar jam 6 pagi kantor imigrasi untuk check passportnya sudah dibuka. Di perbatasan ini tidak terlalu sulit, semua passport penumpang dikumpulkan oleh petugas bis setalah di stemple oleh petugas kita dipanggil masing-masing.

      Akhirnya, skitar jam 11 Siang kita baru sampai Phnom Penh, Kamboja. Ada jeda 2 jam, untuk melanjutkan dengan bis yang berbeda ke Siem Reap.
      kami diturunkan dekat pasar Phnom Penh, dan dekat dengan Night Market, tapi karena siang jadi belum ada yang buka. Saya hanya mencari makan, membeli sayur dan telur serta nasi di pasar seharga 1,500Riel, soal rasa lumayan enak tapi tipikal sayur disini agak asam seperti acar.

      Sekitar pukul 7.00 malam saya sampai di Siem Reap, sempat kebingungan karena banyak supir tuktuk datang menghampiri menawari jasanya. akhirnya setelah tawar menawar saya membayar supir tuktuk seharga 2USD, dan dya mau mengantarkan saya ke penginapan di dekat dengan Pub street (kawasan backpacker dan hiburan malam di Siem reap). Penginapan yang saya dapat seharga 13USD untuk dua malam (AC + Wifi, private room).
      Malam ini tidak kemana-mana hanya jalan menuju ke pasar malam (Art Market) dekat dengan kawasan Pub Street. Kami lebih memilih istirahat karena besok siap dengan eksplore ANGKOR WAT. wohooo...

      Jumat, 29 Maret 2013
      Pagi-pagi sekali sekitar pukul 4.30 saya sudah bangun, setalah sholat subuh saya langsung standby di Loby Hostel. Tapi Mr.Kha (supir tuktuk) belum datang menjemput, sampai pukul 5.30 juga belum nongol, saya sempat gusar karena takut kehilangan moment sunrise di angkor Wat. Mr.Kha baru datang sekitar pukul 6,40 padahal saya sudah wantiwanti dari semalam agar tidak telat, sempat kesal tapi dya meminta maaf dan janji kita tidak terlambat hunting sunrise, akhirnya saya melunak karena dya ngebut. heheheh

      Sekitar pukul 6.15 saya sudah masuk ke kawasan Angkor Wat, kita harus membayar tiket 20USD utk 1 hari, kalau mau 3 hari 40USD kalau belum puas bisa seminggu dengan membayar 60USD. Saya dan teman saya memutuskan hanya mengambil satu hari saja, karena mengingat waktu perjalan yang kami tempuh masih panjang. Tiket masuk nya unik kita harus foto dulu baru sikasih seperti id card sbg tanda masuk.

      Sunrise di Angkor Wat memang menakjubkan, perlahan matahari muncul dari balik candi. Saya melihatnya dari seberang danau, ternyata sudah banyak wisatawan yang mengambil tempat untuk menangkap gambar atau merekam detik-detik munculnya sang surya.


      Saya eksplore dari candi yang paling dekat hingga terjauh, cuaca disana sangat terik, saya sarankan yang mau berkunjung sebaiknya memakai topi dan sunglases karena panasnya sangat menyengat.


      Saking banyaknya saya tidak menghapal nama-namanya dari kawasan angkor Wat. yang pasti ada kawasan dimana tempat rapat para raja dahulu, sekolah, adu gajah, dan persembahan raja untuk ibunya dibuatkan candi (ceritanya mirip roro jonggrang), hehehe. Tempat lokasi shooting Tomb Raider, namanya AngkorThomb, banyak pohon tumbuh di bebatuan candi.
      Karena cuaca yang terlalu terik, maka saya memutuskan untuk kembali ke pnginapan sekitar pukul 2 siang.

      ---
      Maaf saya baru Sempat melanjutkan... Hehehehe..

      Sampai penginapan saya istirahat,mandi dan lunch. Krna Cuaca terik jadinya makan si penginapan, makan Nasi Goreng + sekaleng coke 40rb.
      Malemnya saya ke Old Market / pub Street, menikmati kehidupan malam Kamboja, kawasannya mirip di Legian BALI, club bertebaran suara muaik yg saut-sautan. Disitu Juga banyak toko-toko yang menjual souvernir, saya Hanya Beli Tshirt Seharga 4USD dan Gantungan kunci. Sampai pukul 11 malem cuma duduk di pinggir sungai Siem Reap sambil makan mie goreng khas Kamboja Seharga 1USD (wjib Dicoba).


      Sabtu, 30 Maret 2013
      Kami dijemput menggunakan tuktuk pk07.30 pagi,lalu di Drop Ke Pool bis menuju Bangkok,Thailand. Ongkos yg ditarik 10USD perorang, dgn waktu tempuh 10jam perjalanan, ini lebih enak dibandingkan perjalanan kemarin dari Vietnam menuju Kamboja.

      Sampai perbatasan Jam 1 siang,turun dari bis jalan kaki sekitar 200m smpai Bagian custom. Prosesnya ga ribet, Apalagi krna kta bebas Visa. Dilanjutkan menggunakan Elf sampai Bangkok, Saya Minta didrop di Khaosan Road yg terkenal dengan tempat berkumpulnya backpackers seluruh dunia.

      Muterin khaosan sambil Liat-liat Hostel, akhirnya Saya dapet private room With Fan 150thb/mlm, nama Hostelnya Budget Guest House,letaknya depanya 711 khaosan.
      Malam saya Hanya habiskan istirahat dan Wiskul Di Khaosan,yang paling saya suka sampe tengah malem masih tersedia Buah Segar harganya 20thb. Heaven!
      menurut saya cari makan Di Bangkok mudah dan murah, banyak yg halal ditambah penjualnya sudah banya yang bisa Bahasa Inggris.

      Minggu, 31 Maret 2013
      Karena ini Weekend, Jadi ga mau melewatkan untuk Belanja Di Chatucak Weekend Market. Saya menggunakan bis No 40 Turun Depan Chatucak, Ongkosnya 6thb/org. Yang Suka belanja ini surganya banget, harganya sangat terjangkau,pilihan barang Juga lengkap, dari Souvernir (tshirt,gantungan Kunci, kain, Seprai, Taplak Meja, pajangan,lampu2 Unik), sepatu, makanan Khas, sampai Binatang peliharaan, Saya anjurkan Bawa uang lebih karena bisa Kalap. Seharian saya belanja dan ke mall sekalian cek harga Madame Tussaud.

      Senin, 1 April 2013
      Keadaan fisik masih Oke, tp keadaan dompet memprihatinkan akibat banyak belanja kemarin. Hari ini saya rencana Ke Madame Tussaud, karen Wat-wat tuup pada hari senin digunakan untuk beribadah.
      Madame Tussaud merupakan Museum Patung Lilin, terdapat tokoh2 dunia yang teekenal, termasuk ada presiden pertama Indonesia, Ir.Soekarno. Letak museum ini ada di dalam Mall, Siam DIscovery Lt6. Harga tiketnya waktu saya kesana dapet Promo 640thb, harga normal 800thb, kalau mau murah lagi beli Via Online diskon 50%, Nyesel ga bawa kartukredit. Selain itu lebih seru kalo masuk rame atau berdua, karena teman saya ga mau masuk saya kerepotan untuk Foto2,akhirnya sering-sering minta tolong orang. Cukup 2 Jam aja eksplore Madame Tussaud, krna ga terlalu luas, saya menuju Foodcourt untuk makan dan Ke Ma Boom Khrong (MBK) center, seperti ITC klo dijakarta, disini Lebih murah harga barang2nya dibanding Siam Mall.

      Selasa, 2 April 2013
      Hari Ini Eksplore kuil2 yg Ada di Bangkok.Tujuan utama saya melihat Reclining Budha Di Wat PHO dan Wat Arun (The Temple Of Dawn) yg paling terkenal. Dari Khaosan Road cukup dekat, saya berjalan kaki menuju Wat Pho, ditempuh sekitar 40 mnt. Kami juga melewati Grand Palace, satu Komplek/kawasan yg terdapat belasan Wat, tapi saya menguungkan niat masuk krna persediaan uang menipis, Htmnya 1500thb.
      Jalan kaki 200m dari Grand Palace, Sampe Wat Pho yg terkenal dengan The Reclining Budha, banyak yg tau Sleeping Budha, pdhal Sbnernya maknanya beda. Tiket masuk 100thb dpt Mineral Water. Setalah Iu jalan 10mnt menuju penyebrangan untuk bisa Sampai wat Arun. Biaya nyebrang sungai 6thb PP, Terjangkaunkan? harganya cukup murah,jarak juga tidak terlalu jauh, cuma 5mnt saja.
      Tiket masuk Wat Arun 50thb, di salah 1 Kuil ada biksu yang akan mendoakan kita, saya coba Ikutan, Walopun saya ga ngerti bahasanya saya yakin Beliau pasti doain yg baik2. Setelah didoakan, saya dikasih gelang putih yg katanya sih itu jimat biar selamat, percaya ga percaya ya,,positive thinking Aja... Hehehe.
      Pukul 4sore saya sudah di penginapan dan bersih-bersih. Malam Terakhir di Bangkok saya hanya Menikmati ramainya Khosan Road sambil jajan dan berkenalan dgn wisatawan lain.

      Rabu, 3 April 2013
      Hari terakhir trip cuma bersantai di penginapan, Karena travel berangkat Jam 3 siang. Sedangkan teman Saya melanjutkan perjalanan Ke Kuala Lumpur.

      Sekian FR Trip 3 negara saya, untuk foto2 nanti saya Upload ya, Kalo ada yang mau ditanyakan silahkan ke saya langsung..
    • By overseaszone
      Perkenalkan nama saya Reza, saya dari Pt. Overseas Zone, lembaga konsultan pendidikan keluar negeri yang membantu para student indonesia untuk mengemban sekolah/ kuliah di luar negeri maupun memberikan informasi pendidikan kepada student.Disini saya ingin berbagi informasi dunia diluar negeri, dari pendidikannya sampai keindahan alamnya, semoga saya dapat di terima dengan baik di dalam grup ini. terima kasih :)