Sign in to follow this  
ulie

Warna-warni Bubur

9 posts in this topic

Jalan2ers...

 

Seringkali orang yang mengkonsumsi bubur identik dengan orang yang sedang sakit, padahal hal itu nggak selamanya benar. Bahkan bubur telah menjadi menu favorit untuk sarapan pagi.

 

Namun kalo kita perhatikan di rumah sakit, tampilan bubur untuk para pasien yang sedang sakit sangat tidak menarik, berwarna putih pucat dan rasanya hambar.

Andai saja bubur tersebut berwarna-warni tentu akan menarik hati para pasien sehingga mereka nggak perlu lagi dipaksa untuk makan, karena penambilan bubur yang sudah menggoda selera (meski ngga ada jaminan rasanya...hehehe).  

 

Bagaimana kalo kita klasifikasikan bubur berdasarkan warna-warnanya.

1. Putih (bubur ayam, bubur sumsum tapi ada juga bubur sumsum hijau dan kuning lho)

bubur-mangul-300x225.jpg     info-resep-bubur-sumsum.jpg

 

2. Kuning (bubur Manado, bubur jagung)

buburtinutuan.jpg?w=300&h=225       Buburjagung.jpg

 

3. Merah (bubur mutiara, bubur beras merah)

     RedRicePorridge2.jpg

 

4. Hijau (Snail porridge-green)

Snail-Porridge-green..jpeg

 

5. Hitam (bubur ketan hitam,

buburhitammerahbsr.jpg     bubur-ketan-item-300x199.jpg

 

6. Coklat (bubur candil

   bubur+candil.jpg     Bubur_bola_ubi.jpg

 

 

 

O ya, bubur di atas memiliki nama masing-masing ya, jadi kita ngga mungkin membeli dengan menyebutkan warnanya..hehehe. Gimana jalan2ers, tertarik untuk mencoba yang mana?

Share this post


Link to post
Share on other sites

bubur candil ama bubur sumsum paling favorit tuuuh... tapi itu yang ijo snail porridge green, terbuat dari bekicot? hiiiii... geliii ah.. ogah kalo emang terbuat dari bekicot

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya suka semua nih hahaha tapi buat yang warna hijau sama yang bubur ketan hitam saya belum pernah coba sih..

 

yang warna hijau ada campuran siput/kerang, trus warna hijau dari ekstrak sayuran, ada yang pake bayam atau buncis.

saya juga lebih suka bubur ketan hitam lho...rasanya lebih legit dibanding bubur dari ketan putih meski udh ditambahkn daun pandan

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ada 2 bubur yang belum masuk daftar tersebut - tapi sangat berkesan buat saya, yaitu:

 

1. Bubur sagu ambon - warnanya coklat ungu. Ini favorit saya.

 

2. Bubur pelok (biji mangga) - seinget saya warnanya kecoklat2an

sudah laamaaaaa.... sekali saya tidak merasakan bubur ini, lebih dari 40 tahun yang lalu!!! sangat berkesan karena saat itu  bener2 jaman susah. jatah bulgur terbatas dan rasanya keras, enggak enak. Lauk tempe direbus karena nggak punya minyak goreng. Nggak pernah makan enak bahkan hampir kelaparan.

Ketika kita dapat jatah gula jawa sedikit, nenek (tepatnya pengasuh) saya mengumpulkan biji-biji mangga yang dibuang orang dan akhirnya dibuat bubur pelok. terus terang rasanya saya kurang inget, yang saya tahu enak sekali karena manis dan hangat.

 

Nggak terbayang khan?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this