bangchangkyu

Tentang Kota Tua JKT

39 posts in this topic

Hai jalan2ers.. *asal nyebut*, aku mau nanya pendapat nih...

Kota tua itu kan termasuk salah satu tujuan wisata jkt nih.. kalo pada ke kota tua, rata-rata pada ngapain nih?

Selain jalan-jalan ngelilingin museum gt? apa lagi? ada ide ga sapa tau kedengeran pemkot DKI, hal apa yg enaknya ditambahin atau diadain di sekitar kota tua?

Share this post


Link to post
Share on other sites

belum pernah ke kota tua sih, tapi ane suka banget ama daerah yang punya gedung tua. Tujuan utamanya jelas, poto-poto heheheh

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalau untuk sekarang ini biasanya memang kalau jalan-jalan ke kota tua biasanya tuh para fotografer pada pakai lokasi itu untuk foto-foto. Selain itu sebenarnya banyak yang lain juga sich, seperti makanan-makanan tradisional dan sewa sepeda ontel kalau tidak salah. Museum-museum di daerah itu juga banyak, jadi kalau untuk yang suka berwisata ke museum-museum, bisa pergi ke daerah kota tua.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Baru sekali ke Kota Tua. Itu juga kurang waktunya :(. Dan karena rada telat, museumnya pada tutup. Suka liat bangunan-bangunan tuanya.. berasa tempo dulu :D. Kalo ketemu yang begini yah paling doyan poto-poto. Kalo ada kafe dengan konsep tempo dulu gitu asik kali ya.. atau emang udah ada?

Share this post


Link to post
Share on other sites

yang apling seru itu foto foto sambil nyewa sepeda onthel sama topi kompeni. berasa jaman baheula banget. asiknya sambil jalan ke museum fatahillah juga. tapi daerah sini lumayan bersih dibanding di pusat kota ya? kayaknya emang cocok untuk wisata yang old school. untuk pre wed juga banyak yang pakai ya? keren deh pokoknya di sini...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Meski blm prnh jg ke kota tua, tapi mnrt yg aq baca n liat2 ni, disana bagusnya buat foto2 unik. Tapi banyaknya sepeda2 yg diparkir disana n bisa disewa juga bs dimanfaatin tu, itung2, sepedaan santai di tengah kota Jakarta, kan seru, y gak?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo menurut saya suasana rame nya yang paling bikin asik, banyak jajanan, banyak jualan barang-barang aneh, banyak makanan unik, dan semuanya serba murah hehehe. Kecuali kalo kita ke kafe-kafe nya ya lumayan mahal lah. Tapi suasana nya dan orang-orangnya juga membaur, mulai dari yang bermodal dengan membawa kamera DSLR lensa panjang2 sampai ke warga setempat yg nongkrong2 doang, semuanya membaur disitu ^_^

Share this post


Link to post
Share on other sites

yup emang bener.. ke kota tua paling asyik ya foto-foto ya ama maen ontel...

tapi pengennya apa lagi gt... kayak misalnya pemkot bikin acara rutin di sini yang bisa makin melestarikan budaya lokal... sambil manfaatin komunitas2 seni budaya di Jkt, kan banyak banget tuh... lumayan kalo jadi agenda rutin tiap minggu misalnya... komunitas makin subur, kreatif, terus kita-kita makin kenal and cinta budaya lokal... hehehe

anyway..soto di kota tua enaaaaaakkkk banget temen2... ada sih cafe yg konsep jadul, lupa namanya..di seberang museum fatahillah percis,,, tapi soto ini abang2 kaki lima yang ngederet di depan museum wayang itu,,., mantap dahhh :thumbs up:

Share this post


Link to post
Share on other sites

yes #Jalan2ers kota tua jakarta...banyak seh yg pasti sering dijadiin lokasi shooting atw fotografi gitu....sarannya tentang Pemkot DKI bagus tuh mudah2an kedepannya ada event2 rutin disana :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

sebagain orang Jakarta, ke kota tua terakhir kali lewat doank buat ke kantor imigrasi hahaha.

kalau buat jalan2 terakhir pergi ke museum fatahillah sama museum wayang disana.

selain itu cuma kalau ada acara2 sih.

Makan disana juga belum pernah ha2

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ke kota tua...

paling liat2x musium fatahilah.

foto-foto.

kayaknya lebih bagus lagi kalo ada pemutaran dokumenternya....

kayak sejarah jakarta, atau juga sejarah musium fatahilah sendiri.

karena seinget saya, musium fatahilah juga mempunyai sejarah yang panjang...

Share this post


Link to post
Share on other sites

sebagain orang Jakarta, ke kota tua terakhir kali lewat doank buat ke kantor imigrasi hahaha.

kalau buat jalan2 terakhir pergi ke museum fatahillah sama museum wayang disana.

selain itu cuma kalau ada acara2 sih.

Makan disana juga belum pernah ha2

wah nyoba food street di sana bos, mantep deh... dari mulai tahu gejrot, es potong, ampe kerak tolor... hhehe :D

Ke kota tua...

paling liat2x musium fatahilah.

foto-foto.

kayaknya lebih bagus lagi kalo ada pemutaran dokumenternya....

kayak sejarah jakarta, atau juga sejarah musium fatahilah sendiri.

karena seinget saya, musium fatahilah juga mempunyai sejarah yang panjang...

bener, film dokumenter boleh tuh di dalem museum fatahillah... kalo di museum BI ama mandiri udah ada kyknya pemutaran sejarah uang di indonesia... moga didenger Jokowi nih :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

kota tua mantep, tapi sayang sekarang makin gak teratur, banyak banget penjual yang seakan akan "memaksa" untuk membeli. trus juga banyak pengamennya. makin lama makin banyak sampahnya, menyedihkan :(

jadi ya kalo bisa, ditertibin dulu itu penjual penjual. mana kadang ngejualnya seenak udelnya aja.

hati hati buat yang belum pernah kesana. kalo mau makan, tanya dulu harganya, daripada dimahalin.

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya sihhh belum pernah ke kota tua di Jakarta, tapi kk saya pernah dan saya melihat foto2nya....

kalo saya tdk salah sihhh, dia hampir mirip2 dengan kota tua yang dsemarang juga yaaa??? - soalnya saya pernahnya ke semarang aja :)

ya yag pasti menurut saya, kota tua di berbagai daerah di Indonesia harus dirawat, yang penting bersih dan enak dilihat :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo saya sering liat di tv sih lebih banyak tempat-tempat untuk makan-makanan yang unik gitu....seperti es krim yang udah ada dari jaman belanda, museum fatahillah yang paling terkenal karena disana anda bisa naik sepeda ontel mengelilingi area sekitarnya....selebihnya buat foto-foto bagus juga....apalagi buat pre wedding.....

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo saya sering liat di tv sih lebih banyak tempat-tempat untuk makan-makanan yang unik gitu....seperti es krim yang udah ada dari jaman belanda, museum fatahillah yang paling terkenal karena disana anda bisa naik sepeda ontel mengelilingi area sekitarnya....selebihnya buat foto-foto bagus juga....apalagi buat pre wedding.....

bener nih, buat prewedding jago banget kota tua. dapet banget feelnya. jadi, ada tu satu tempat yang nyediain mobil sama motor jaman tua. rata2 platnya D. nah sayangnya gak bisa dipinjem buat foto, mesti foto ditempatnya dan bayar. harganya lumayan sih. tapi kualitasnya ok, feelnya dapet banget.

kapan kapan yang mau kesana, bareng aja yok.. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah mantep tuh :D

es potong disana enak sambil jalan-jalan.

dan setau saya di jakarta yang jual es potong tinggal disana doang :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites

kota tua sekarang malah banyak sampah

banyak yang jualan

 

bikin semrawut dan tidak asri

Share this post


Link to post
Share on other sites

Tak Kenal maka tak sayang... inilah yang terjadi pada orang Jakarta khususnya dan orang Indo pada umumnya !

 

Rekan2... kota tua memiliki arti sangat penting dalam perkembangan kota yang dulu disebut sebagai SUNDA KELAPA kemudian berganti nama menjadi JAYAKARTA yang artinya kemenangan yang sempurna lalu menjadi BATAVIA (numpang nama sebuah kota perkebunan tebu dinegeri belanda sana) lalu kemudian menjadi JAKARTA yang kita kenal sekarang !

 

Kota tua bukan cuma museum fatahilah tetapi meliputia area pelabuhan sunda kelapa sampai batas stasiun beos... membentang sampai Tanjung Priok stasiun kereta api kedua tertua di Jakarta sampai  daerah Jalan Kopi... diluar batas itu tidak masuk dalam istilah kota tua !

 

Obyek didaerah kota tua bukan cuma Museum Fatahillah yang dulunya adalah gedung dagang milik VOC lalu menjadi kantor pemerintahan Belanda... sempat menjadi penjara lalu setelah kemerdekaan sempat dijadikan gedung perkantoran pemerintah daerah dan kemudian dijadikan museum... Selain itu ada museum bahari yang kurang terawat... Pelabuhan Soenda Kelapa sendiri yang sejak dulu sampai sekarang tetap pelabuhan bagi kapal barang antar pulau... ada Jembatan Ratu Juliana yang dikenal sebagai Jembatan Kota Intan dan ada juga yang menyebut sebagai jembatan merah... Stasiun kereta api Beos yang merupakan bangunan peninggalan Portugis... Museum Wayang yang pernah dijadikan tempat persemayaman Jenderal Jan Pietr Zoen Koen...

 

Diluar itu... ada rumah Kapitan Phoa Bing Am atau dikenal dengan sebutan Chandra Naya yang merupakan cikal bakal daerah Pecinan di Jakarta... Phoa Bing Am sendiri adalah kontraktor yang berasal dari China daratan yang dikenal dengan karyanya sungai atau terusan  yang membelah Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk sekarang ini... ada juga gedung kesenian yang dikenal terbaik se Asia karena panggungnya terbuat dari kayu tanpa sambungan dan akustiknya yang luar biasa sempurna... Paser Baroe yang dilalui terusan Van Den Bosch sebagai terusan untuk membebaskan daerah Weltevreden dari banjir yang selalu mengancam... Istana Gubernur Jenderal Reiner De Clerk... Istana gubernur jendral yang pernah ditempati Rafles... Katedral Jakarta... Patung Dewa Mercuri diperempatan Harmoni...

 

Dan masih sangat banyak lagi yang unik dan menarik kalau kita mau mendalami sejarahnya... 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Nah .. Ada yang punya cerita mistis gak tentang kota tua ini ?

Apalagi kalo pengalaman sendiri :salut

Share this post


Link to post
Share on other sites

Tak Kenal maka tak sayang... inilah yang terjadi pada orang Jakarta khususnya dan orang Indo pada umumnya !

 

Rekan2... kota tua memiliki arti sangat penting dalam perkembangan kota yang dulu disebut sebagai SUNDA KELAPA kemudian berganti nama menjadi JAYAKARTA yang artinya kemenangan yang sempurna lalu menjadi BATAVIA (numpang nama sebuah kota perkebunan tebu dinegeri belanda sana) lalu kemudian menjadi JAKARTA yang kita kenal sekarang !

 

Kota tua bukan cuma museum fatahilah tetapi meliputia area pelabuhan sunda kelapa sampai batas stasiun beos... membentang sampai Tanjung Priok stasiun kereta api kedua tertua di Jakarta sampai  daerah Jalan Kopi... diluar batas itu tidak masuk dalam istilah kota tua !

 

Obyek didaerah kota tua bukan cuma Museum Fatahillah yang dulunya adalah gedung dagang milik VOC lalu menjadi kantor pemerintahan Belanda... sempat menjadi penjara lalu setelah kemerdekaan sempat dijadikan gedung perkantoran pemerintah daerah dan kemudian dijadikan museum... Selain itu ada museum bahari yang kurang terawat... Pelabuhan Soenda Kelapa sendiri yang sejak dulu sampai sekarang tetap pelabuhan bagi kapal barang antar pulau... ada Jembatan Ratu Juliana yang dikenal sebagai Jembatan Kota Intan dan ada juga yang menyebut sebagai jembatan merah... Stasiun kereta api Beos yang merupakan bangunan peninggalan Portugis... Museum Wayang yang pernah dijadikan tempat persemayaman Jenderal Jan Pietr Zoen Koen...

 

Diluar itu... ada rumah Kapitan Phoa Bing Am atau dikenal dengan sebutan Chandra Naya yang merupakan cikal bakal daerah Pecinan di Jakarta... Phoa Bing Am sendiri adalah kontraktor yang berasal dari China daratan yang dikenal dengan karyanya sungai atau terusan  yang membelah Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk sekarang ini... ada juga gedung kesenian yang dikenal terbaik se Asia karena panggungnya terbuat dari kayu tanpa sambungan dan akustiknya yang luar biasa sempurna... Paser Baroe yang dilalui terusan Van Den Bosch sebagai terusan untuk membebaskan daerah Weltevreden dari banjir yang selalu mengancam... Istana Gubernur Jenderal Reiner De Clerk... Istana gubernur jendral yang pernah ditempati Rafles... Katedral Jakarta... Patung Dewa Mercuri diperempatan Harmoni...

 

Dan masih sangat banyak lagi yang unik dan menarik kalau kita mau mendalami sejarahnya... 

 

Mantap :salut

Tidak sekedar hanya numpang tinggal aja, tapi tau sejarahnya. Mantap gan :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now