Sign in to follow this  
arifta

Yuk Ramai-ramai ke Curug Dengdeng!

5 posts in this topic

Air terjun atau curug merupakan objek wisata yang lazim ditemukan di kawasan bukit atau gunung. Nah, di Bandung ada sebuah curug yang cukup terkenal bernama Curug Dengdeng yang airnya memiliki sampai tiga tingkatan.

 

Tingkatan yang paling tingginya 13 meter, curug yang kedua 11 meter dan curug yang paling rendah berketinggian 9 meter. Namun patut menjadi perhatian bahwa curug ini berumpak alias tidak rata sehingga berdampak pada aksesnya yang terjal dan sulit. Untuk sampai ke curug ini diperlukan perjuangan yang tak mengenal lelah karena terlebih dahulu harus melewati hutan jati. Namun begitu, lingkungan yang masih alami dan lebat seolah menjadi obat mujarab untuk menghilangkan rasa capek dan lelah tersebut.

Jika telah mencapai puncak curug ini maka Anda akan mendapatkan pesona pemandangan alam di sekitarnya yang sangat aduhai.

 

Curug ini seolah mengafirmasi kekuasaan Yang Maha Kuasa dalam menciptakan alam-Nya yang indah. Sungai Cikembang dapat Anda lihat dari tingkatan pertama curug ini.

 

Lokasinya ada di Desa Cikawung, Kampung Caringin, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat.

post-64-0-97101900-1359258457_thumb.jpg

post-64-0-67492000-1359258461_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

oo daerah tasik ya kebetulan kemaren di komplek saya ada anak2 pecinta alam gtu baru pulang dari sini

mereka ngbrolnya keras banget jadi ane sempet denger soal nama curug cipatujah

ternyata bagus ya recommended neh :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

oo daerah tasik ya kebetulan kemaren di komplek saya ada anak2 pecinta alam gtu baru pulang dari sini

mereka ngbrolnya keras banget jadi ane sempet denger soal nama curug cipatujah

ternyata bagus ya recommended neh :D

 

kalau ane ke Cipatujah sering ke pantainya

curugnya malah baru tau hehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By feripwardoyo
      halo, teman jalan-jalan semuanya..
      pertama-tama saya mau ucapkan selamat atas keberhasilan kota Bogor dalam mengalahkan Paris sehingga sukses menyabet gelar The Most Lovable City se-dunia. SELAMAT, YA!!! *jempol

      jadi gini, tar tanggal 24 Juli saya ada kondangan ke Jakarta. setelah mikir-mikir abis kondangan mo mampir ke mana (Bandung, Pulau Payung, atau Belitung?), akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Bogor. hehehehe.. 
      saya udah browsing di Instagram nyari tempat-tempat seru yg layak dikunjungi ketika singgah di Bogor. dan ternyata banyak banget. hahahaha.. 
      beberapa yg mencuri perhatian saya antara lain: 
      1. danau berbentuk hati yg diclaim masih perawan dan dilokasikan sebagai "Hidden Paradise". bener-bener hidden kayaknya.. pada nanya tapi gak dijawab sama empunya.

      2. area plaza di Surya Kencana yg kayak Champs Elysées-nya Universitas EWHA di Korea. 

      3. Situ Gede. 

      4. jacuzzi alami Gunung Peyek. 

      5. jembatan goyang Gunung Gede Pangrango. 

      6. air terjun Bidadari. 

      7. jembatan kayu curug Ciherang. 

      8. curug Leuwi Lieuk.. ya Tuhan namanya.. susah beut nginget dan nulisnya.

      9. rumah makan ibu Haji Tajur. 

      10. lihat rusa di istana Bogor. 

      11. sesuai rekomendasi bro @Tarmizi Arl: sunrise at Gunung Batu Jonggol. 

      12. danau Quarry Jayamix. what's with the name? bekas tambang ato meteor jatuh? kok terdengar kurang Bogor sekali.. 

      13. pemandangan kaki Gunung Salak. 

      14. kawah Ratu gunung Salak. 

      15. Vihara Dhanagun. 

      16. Taman Raya Bogor. 

      17. ngopi di Two Trucks, sesuai rekomendasi @Hasdevi Agrippina Dradjat.

      18. santai sore di Level 3 by Two Stories.

       
      yg jadi pertanyaan saya:
      1. apakah cukup 3H2M untuk menyambangi itu semua?
      2. kalo pun gak bisa semua, menurut teman-teman, mana yg harus saya utamakan? 
      3. kalo berdasarkan area, biar efektif dan efisien, bagaimana rute yg harus saya tempuh untuk menyambangi lokasi-lokasi itu?
      4. saya nemu beberapa operator wisata di Instagram yg menawarkan paket opentrip jelajah curug di Bogor, dan menu yg ditawarin rata-rata sama: curug-curug di kawasan gunung Salak dan Sentul. kalo menurut teman-teman, mana yg lebih baik saya pilih? 
      5. kalo ada teman jalan-jalan yg punya info guide atau rental mobil plus driver di Bogor, saya tolong dibagi, dong.. 
      6. Royal Tulip Gunung Geulis Resort yes or no? any suggestions? 
      um, sepertinya gitu dulu aja yg saya tanyain untuk saat ini. mohon pencerahannya ya, teman-teman..
      terima kasih. hehehehe.. 
    • By ulie
      Surga dunia.....
      Inilah yang terlintas saat menyaksikan foto-foto air terjun atau curug yang berada di daerah Sukabumi. Daerah yang terletak di sisi selatan provinsi Jawa Barat memiliki begitu banyak curug nan mempesona.
       
      Umumnya lokasi curug merupakan medan yang sulit dan belum ada transportasi publik yang menjangkau lokasi-lokasi tersebut, namun kita bisa memanfaatkan ojek atau membawa kendaraan sendiri ke sana.
       
      Meski agak susah tapi hal itu akan terbayar saat anda telah mencapai lokasi wisata tersebut, begitulah kesan para pengunjung yang telah menikmati indahnya surga dunia
      .
      Sepertinya sudah ngga sabar ingin mengabsen tiap curug yang ada di Sukabumi:
       
      1. Curug Cigangsa, terletak di kecamatan Surade

       
      2. Curug Cikaso, terletak di di kampung Ciniti, kelurahan Cibitung, kecamatan Cibitung – Jampang Kulon, yaitu sekitar70 km dari Pelabuhan Ratu.

       
      3. Curug sawer, terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit

       
      4. Curug Cikanteh, terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru

       
      5. Curug Cibeureum, terletak Desa Gede Pangrango, Kecamatan Sukabumi

       
      6. Curug Cangkuang, termasuk wilayah Wana Wisata Cangkuang

       
      Gimana, ...yah kita memang dibuat ngiri oleh keindahan air terjun di Sukabumi....teman-teman tertarik untuk berkunjung?
    • By redocean
      Ada yang suka wisata alam? Wisata alam apa saja yang sudah pernah dikunjungi? Pantai, gunung, air terjun? Nah, postingan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang air terjun. Siapa sih yang tidak suka dengan air terjun? Air terjun lebih akrab dikenal dengan sebutan Curug. Indonesia memiliki banyak curug yang menarik, indah, dan juga eksotis.
       
      Lagi baca-baca wisata di Jawa Tengah, ternyata banyak banget wisata yang menarik perhatian. Salah satu yang mampu menyedot rasa penasaran saya adalah sebuah curug di Kendal, kalau lewat Pantura pasti tahu kabupaten ini. Nama Curug tersebut adalah Curug Sewu. Nah ini dia tentang gambaran Curug Sewu yang membuat saya penasaran dan tergiur buat datang ke sini.
       
      Curug ini banyak dan mudah kita temukan. Kalau suatu hari temen2 lagi jalan-jalan ke Jawa Tengah, rasanya makin lengkap jika mampir ke Curug Sewu. Namanya unik, mengingatkan kita pada salah satu icon wisata yang juga ada di Jawa Tengah, tepatnya Semarang, yaitu Lawang Sewu. Apakah masih sodaraan? Oh ternyata tidak.
       
      Nama Curug Sewu ini rupanya diambil karena nama desa di mana curug ini berada yaitu Desa Curug Sewu. Sama seperti apa yang pernah diceritakan salah satu guide tour di Lawang Sewu yang pernah bilang kalau nama Sewu ga berarti Pintunya ada seribu. Tapi, karena banyak dan sudah jadi kebiasaan budaya orang kita yang mengungkapkan sesuatu agar lebih mudah dalam jumlah banyak, kita kerap kali mengatakan “seribuâ€. Begitulang Lawang Sewu dan juga Curug Sewu ini sendiri.
       
      Curug Sewu memilki bentuk yang bertingkat-tingkat sangat indah dan menarik. Oleh karenanya, orang-orang mengatakan curug ini memiliki tingkat yang banyak atau Sewu. Cirug Sewu ini adalah curug atau air terjun tertinggi lho di Jawa Tengah. Nah, jadi, ga ada salahnya mengunjungi dan menikmati keindahan air terjun yang tingginya mencapai 80 meter ini.
       
      Air terjun yang jatuh ada 3 tingkat, tingginya masing-masing ini adalah 45 meter, 15 meter, dan juga 20 meter. Ketinggian ini yang merupakan pesona dari air terjun Curug Sewu. Curug Sewu juga terkenal dengan semburat pelangi yang bisa anda nikmati jika memang anda beruntung. Pelangi ini akan menambah keindahan pemandangan yang ada di sekitar curug ini.
       
      Curug Sewu sudah bisa dibilang wisata yang terkenal. Di sini, anda bukan hanya bisa bermain menikmati air terjun dari dekat, tapi juga dari atas, dari kejauhan. Ada Gardu Pandang, sebuah menara yang dibangun di atasnya dan suah dirapikan. Dari sini, suasana air terjun lebih terasa berbeda. Santai sambil mengagumi lukisan Maha Kuasa. Hmm… nikmat baget sodara-sodara.
       
      Lebih lengkapnya lagi, daerah wisata Curug Sewu ini menyediakan tempat parkir, tempat ibadah, toilet, bahkan ada taman rekreasi dan juga kolam renang dan kebun binatang mini, sampai permainan kayak jet coaster, dan sebagainya. Wisata keluarga yang termasuk cukup cocok di sini.
       
      Nah, tertarik ga? Kalau tertarik, gampang kok. Curug Sewu ada di Kabupaten Kendal. Nah dari kabupaten itu sendiri, anda harus menempuh perjalanan lagi sejauh 40 km kurang lebihnya ke Sukerejo. Lokasi ini kalau dari Temanggung, Pekalongan, atau Semarang ya jaraknya tidak terlalu jauh. Kalau dari Jakarta ya lumayan (heheh). Nah, kalau soal jalanan, jangan khawatir. Jalanan menuju Curug Sewu sudah cukup baik. Sudah aspal dan bisa kok dilalui kendaraan roda empat. Tapi tentunya, jalanannya berkelok-kelok jadi hati-hati ya…
       
      Buat turun ke air terjunnya juga perlu hati-hati. Karena jalanan menuju air terjun di bawah cukup licin. Tapi semua tentunya akan terbayar lunas dengan pemandangan yang indah tak terkira. Apalagi kalau berkesempatan melihat pelangi, wah pasti makin seru. Unikmya lagi, batu-batunya juga banyak yang berwarna merah.
       
      Curug Sewu saat ini ada di bawah pengelolaan Dirjen Pariwisata dan juga Perhutani. Semoga promosi pariwisata ini semakin digalakkan biar semakin terkenal. Jangan lupa untuk ga usil di tempat wisata kayak gini. Tidak merusak supaya bisa terus alami dan juga terjaga. Saling menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang potensial begini penting banget.
       
      Oya, walaupun di sini ada warung makanan dan minuman, tapi di jalanan menuju air terjunnya sendiri bisa dibilang sangat jarang. Jadi usahakan bawa air minum apalagi pas kembali lagi ke atas. Jaga stamina dan selamat berlibur deh ya… Dinikmatin dulu deh foto-fotonya. 
       

       

       

       

       

    • By bimo
      Halo temen-temen, saya mau sharing tentang sebuah tempat yang layak buat masuk jadi daftar cita2 wisata kita :) namanya Taman Chestnut Ridge di New York, Amerika Serikat.
      Taman yang satu ini bukan sekedar taman biasa, tapi ia memiliki sebuah air terjun yang bernama Eternal Flame Falls, artinya air terjun api abadi. Ternyata air terjun tersebut mendapat julukan itu karena memang terdapat kobaran api dibalik air terjunnya

      Luar biasa kan? seperti perpaduan antara api dan air di satu tempat hehehe. Api ini berasal dari gas alam yang keluar dari celah2 batunya. Sebenarnya api di balik air terjun ini terkadang bisa saja mati karena tiupan angin yang terlalu kencang atau terkena cipratan air terjun di depannya, namun para wisatawan taman tersebut senantiasa kembali menyalakan api tersebut demi keindahan taman mereka bersama :)

      Gimana? tertarik kan datang ke tempat ini? Di Indonesia rasanya tidak ada air terjun yang seperti ini loh...Kalau kita mau datang ke tempat ini sebaiknya pada musim panas, karena debit air terjunnya tidak begitu deras dan kita bisa masuk ke balik air terjun untuk menyalakan api tersebut
    • By Royal
      pernah ke Niagara? gimana? bagus gak? pasti bagus lah ya.
      trus kenapa? ya gak kenapa kenapa cuma nanya.

      coba bandingin sama foto ini



      niagara? bukan. ini mah asli Indonesia. tapi mirip? iya.

      namanya Curug Malela, sebuah air terjun yang bisa dibilang mirp banget sama niagara.bahkan gak banyak yang bilang kalo Malela itu miniaturnya Niagara.
      Kenapa dibilang miniaturnya Niagara? ini karena aliran airnya gak kaya air terjun biasanya yang cuma satu aliran, tapi beberapa aliran.

      tempatnya bagus, trus juga sejuk. itu sih beberapa pendapat yang saya denger dari temen temen yang udah pernah kesana. yang pasti, yang udah pengalaman menjelajah medan berat kesana, karena jalannya belum di aspal. saya sendiri belum pernah. karena naya tempat mana yang bagus, gampang ditempuh, trus pasti oke buat tujuan wisata, saya dikasitau tentang malela ini.
      nyari gambar2nya di gugel, eh kok kayanya menarik banget

      tapi ada juga yang bilang nyesel lho. loh kok nyesel? iya, karena pas kesana airnya coklat. loh kok bisa coklat? ya karena waktu itu musim hujan, jadi tanah longsoran yang kebawa air ngebuat airnya jadi bewarna kecoklatan. jalan kesananya juga gak bagus. curugnya kaya gini jadinya penampakannya



      tapi, masih bagus kan? (mungkin karena fotonya bagus)

      jadi, kalo mau liat niagara kecil, ke Malela aja. dari kota Cimahi ambil jalur Cililin tru sampe ke desa cicadas, kecamatan rongga,

      jangan lupa, bawa makanan yang banyak, sekalian siapin fisik. karena bakal berat banget fisiknya, trus karena jauh dari pemukiman, jadi kemungkinan besar susah cari tempat makan dan minum. oke?
      selamat jalan jalan
    • By Lia Cute
      Guys, saya mau share pengalaman nih tentang perjalanan saya ke sebuah tempat wisata di Bali, namanya air terjun Git-Git...unik ya namanya hehehe!
      Tempat ini juga lumayan terkenal karena air terjunnya yang tinggi dan indah. Selain itu juga pemandangan alamnya juga keren banget.

      Saya waktu itu ditemani pemandu resmi nya dengan tarif 50.000. Biaya masuknya 10.000 per orang. Perlu temen2 tahu kalau ke tempat ini harus pakai jaket soalnya disini sudah termasuk dataran tinggi dan sangat dingin, di perjalanan aja sudah banyak kabut di mana-mana hehehe...

      Untuk menuju ke air terjunnya kita akan ngelewatin persawahan dan perkebunan kopi dan coklat. Di sepanjang jalan juga banyak warung cinderamata atau kita bisa jugal biji2an hasil petik para petani coklat setempat. Saya waktu itu malah membeli tangkai dari tanaman coklat tersebut untuk ditanam lagi di Jakarta hehehe.....sebenarnya ngga dijual cuma saya minta aja agar di potongin dikit sebagai bibit

      Sampai di kawasan air terjunnya, saya kagum banget dengan debit air nya yang deras banget. dari kejauhan aja kita udah kena butir-butir air cipratannya. Ditambah lagi saat itu cuaca lagi gerimis, komplit deh dinginnya hehehehe....

      Perjalanan ke tempat wisata yang ini memang berkesan banget dan ngga bakalan nyesel guys

      Ini ada fotonya tapi agak burem soalnya hujan rintik2 saat itu hehehe....