Sign in to follow this  
redocean

Tips Menggunakan Transportasi Umum di Kuala Lumpur

33 posts in this topic

Malaysia memang memiliki hubungan yang bisa dibilang benci tapi rindu dengan Indonesia, hehe.. Terlepas dari berbagai macam perseteruan soal klaim budaya, perbatasan wilayah, dan sebagainya, Malayisa, terutama Kuala Lumpur masih menjadi destinasi favorit para wisatawan asal Indonesia. Ibu Kota Malaysia itu rupanya memang menjadi tujuan banyak turis, bukan hanya dari Indonesia, tapi dari negara lain.

Sering kita mendengar bahwa pergi ke Kuala Lumpur tak perlu khawatir soal transportasi umumnya. Kota ini adalah kota yang dipenuhi dengan berbagai macam transportasi umum yang mudah atau bisa ditemukan di mana saja. Kemudahan ini yang juga menjadi pesona tersendiri, belum lagi kenyamanan yang dijanjikan bukanlah sembarang promosi belaka.

Beberapa hal ini semoga bisa menjadi tips sedikit yang bermanfaat saat menggunakan transportasi umum di Kuala Lumpur:

  • Dari bandara atau LCCT gunakan bus

Untuk teman-teman yang datang dari Bandara International Kuala Lumpur atau dari Low Cost Carrier Terminal dan mau langsung menuju kota, gunakan saja bus yang ada di bandara. Ada loketnya sendiri yang menjual langsung tiket bus tersebut. Harga yang ditawarkan lebih murah dari pada menggunakan KLIA Expres.

 

  • Beli tiketnya di loket dekat bandara atau LCCT

Di Kuala Lumpur, beli tiket perjalanan di bandara lebih murah dari pada langsung membayar sama sopir di dalam busnya. Caranya, tinggal bilang sama penjaga loketnya mau tujuan ke mana nanti tinggal tanya aja harus menuju ke arah mana untuk dapat menemukan bis yang dimaksud. Sebelum naik, jangan lupa periksa apakah anda berada pada bus yang benar atau tidak.

 

  • Jika ingin menggunakan jasa taxi

Ada hal yang menarik di Kuala Lumpur soal taxi. Taxi di sini, terutama jika anda ketahuan turisnya, sopir taxi tidak menggunakan argonya. Jadi pakai sistem nembak. Bahaya karena harganya bisa muahal banget. Ok aja kalau anda mau coba dan bisa nawar. Tapi kalo dari Bandara, sama kayak bus, di sini ada loket voucher taxi. Jadi, bayarnya di loket. Kita tinggal kasih itu voucher ke sopir taxi dan akan dianterin ke tempat tujuan. Ini tarifnya tentu lebih jelas kan. Selain di bandara, loket taxi ini juga ada di KL Sentral

 

  • Keliling Kota pakai Transportasi Umum

Kalau mau hemat, di sini memang sudah biasa transportasi umum jadi transportasi wisata. Naik bus ada yang rute nya memang full keliling kota Kuala Lumpur. Jadi anda nggak perlu memikirkan transportasi umum kalau lagi ada di Kuala Lumpur. Naik kereta juga nggak ketinggalan, kayak monorail. Nyaman dengan AC sambil lihat-lihat pemandangan kota Kuala Lumpur.

 

  • Bawa map kecil

Buat yang baru ke Kuala Lumpur, nggak ada salahnya bawa map atau peta kecil yang isinya rute perjalanan. Tenang kok, di stasiun atau terminal kamu bisa dapet hal-hal kayak gini. Jangan ragu juga untuk bertanya kalau nggak tahu. Buat Monorail, sistemnya kayak busway di Jakarta, ada transitnya tergantung tujuan anda. Nggak perlu khawatir karena juga ada petanya.

 

  • Soal harga

Kalau soal harga, tergantung jarak dan transportasi yang anda gunakan. Bus dari bandara bisa mulai dari RM 8, saat ini kisaran 1 RM sekitar Rp 3000-an ya. Nah, kalau naik monorail, pas transit ada bayar lagi ga kayak di Jakarta kalau naik busway selama belum keluar terminal kita nggak bayar-bayar, heheh (enak juga sistem busway di kita ya..) Jadi tarif angkutannya disesuaikan dengan jarak. Kalau jarak deket, monorail gitu cuma 1 – 2 RM kok.

 

  • Kumpulin informasi

Ada baiknya, terutama untuk para pemula, kumpulin informasi soal rute dan angkutan umum di Kuala Lumpur termasuk cara menggunakannya. Nah, kayak di bus, di Kuala Lumpur nggak ada kenek jadi bayarnya dengan menggunakan kartu atau nggak uang tunai. Bayar pas masuk. Begitu juga dengan jenis transportasi umum lainnya, jangan lupa cari informasi dulu agar lebih mudah dan nggak bingung. Bisa juga mengamati cara orang-orang menggunakannya di sana.

 

  • Macet di jam-jam berangkat dan pulang kerja

Di sini macetnya pas jam-jam berangkat dan pulang kerja aja yang padetnya. Selain itu, ya normal dan nggak sepadat Jakarta lah yang jelas. J

 

Transportasi missal di sini ya bus, taxi, dan macem2 kereta itu. Jadi yang mau nyari ojek nggak ada ya… heheh

Share this post


Link to post
Share on other sites

hahaha...padahal udh kepikiran mo nanya ada ojek ngga? ternyata udh dijawab duluan.

 

berarti lebih aman menggunakan bus atau kereta/monorel ya, kalau harga taxinya ngga standar untuk turis asing? ngeri juga kalo harus tawar-menawar apalagi kita berada di negara orang, meski wajah sama tapi logat kan beza..hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

nice info, lengkap mas :)
lumayan juga kalau untuk para backpakeran tidak perlu mengeluarkan kocek yang dalam untuk transportasi selama di sini
 

Share this post


Link to post
Share on other sites

hahaha...padahal udh kepikiran mo nanya ada ojek ngga? ternyata udh dijawab duluan.

 

berarti lebih aman menggunakan bus atau kereta/monorel ya, kalau harga taxinya ngga standar untuk turis asing? ngeri juga kalo harus tawar-menawar apalagi kita berada di negara orang, meski wajah sama tapi logat kan beza..hehehe

yg jelas harganya 2x lipat harga orang lokal.... :)

 

sama2 smuanya.. senang bermanfaat :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Makasih infonya...pertengahan mei 2013 ini juga aku mau ke KL...baru pertama jalan2 k luar negri nih...sendiri pula...semoga KL aman

 

pegi ke tempat2 turis aja mbak, jgn yg tempat2 gak rame.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Di KL transportasi umunya berjalan dgn baik,jdnya kmn2 ga repot..mau ke ujung kyk bukit jalil atau batu cave tgl naik MRT aja,smuanya terintegrasi dgn baik.

Mbak Rico klo mau ke genting naik bis aja dr terminal Pudu raya atau KL sentral, belinya paketan sm tiket naik cable carnya, dipastikan lbh murah drpd beli terpisah.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Di KL transportasi umunya berjalan dgn baik,jdnya kmn2 ga repot..mau ke ujung kyk bukit jalil atau batu cave tgl naik MRT aja,smuanya terintegrasi dgn baik.

Mbak Rico klo mau ke genting naik bis aja dr terminal Pudu raya atau KL sentral, belinya paketan sm tiket naik cable carnya, dipastikan lbh murah drpd beli terpisah.

nah mbak @Rico C.P ini jawabannya...

 

iya klo KL emang udh gampang dan nyaman transportasi dr ujung ke ujungnya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hi all. Saya member baru nih. Lagi sibuk nyari info seputar Malaysia. Kalau dari Bukit Bintang ke bandara sepertinya lebih enak naik taksi yah drpd train. Jadi ngeri2 juga kalau ada sistem ngegetok harga nih taksi nya.

Kalau dari Penang ke KL ada yang tau naik bus apa yah? Thanks b4

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hi all. Saya member baru nih. Lagi sibuk nyari info seputar Malaysia. Kalau dari Bukit Bintang ke bandara sepertinya lebih enak naik taksi yah drpd train. Jadi ngeri2 juga kalau ada sistem ngegetok harga nih taksi nya.

Kalau dari Penang ke KL ada yang tau naik bus apa yah? Thanks b4

wah klo yg ini mungkin agan @dzerox bisa bantu :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hi all. Saya member baru nih. Lagi sibuk nyari info seputar Malaysia. Kalau dari Bukit Bintang ke bandara sepertinya lebih enak naik taksi yah drpd train. Jadi ngeri2 juga kalau ada sistem ngegetok harga nih taksi nya.

Kalau dari Penang ke KL ada yang tau naik bus apa yah? Thanks b4

Hai bro deffa n bro or sis... Welcome to kuala lumpur... Kapan ke KL?....Dari bukit bintang ke bandaraya tidak perlu naik teksi.... Better jalan kaki... Coz jaranya tidak jauh... My office di bukit bintang aja bro/sis... Coz bukitr bintang adalah centre area utk kemana2... Hanya jln kaki ke klcc twin tower, kl tower n byk tempat yg boleh dilawati....utk ke chinatown hanya kurang lebih 20 minit jln kaki.. Byk bus khas percuma disediakan (pupple line) boleh membawa anda ke mana2 mengikut routenya... Dari peneng ke kl jarahnya hampir 6 jam perjalanan bro/sis... Seawal bas jam 9 pagi n lastbas 11.30 mlm.... If you need more info pls do not hesitate to contact my number 0129794964...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hai bro deffa n bro or sis... Welcome to kuala lumpur... Kapan ke KL?....Dari bukit bintang ke bandaraya tidak perlu naik teksi.... Better jalan kaki... Coz jaranya tidak jauh... My office di bukit bintang aja bro/sis... Coz bukitr bintang adalah centre area utk kemana2... Hanya jln kaki ke klcc twin tower, kl tower n byk tempat yg boleh dilawati....utk ke chinatown hanya kurang lebih 20 minit jln kaki.. Byk bus khas percuma disediakan (pupple line) boleh membawa anda ke mana2 mengikut routenya... Dari peneng ke kl jarahnya hampir 6 jam perjalanan bro/sis... Seawal bas jam 9 pagi n lastbas 11.30 mlm.... If you need more info pls do not hesitate to contact my number 0129794964...

 

 

My number 0129794964 ady (dzerox)

thank you so much bro :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

My number 0129794964 ady (dzerox)

ini nomernya gw safe ya masbro .. gw rencana mendarat di KL tgl 6nov pagi.. bisakah kita bertemu disana masbro??.. skalian tunjukan sama awak kuliner seafood apa yang enak disana.. kita makan bersama... hehehehe... :salut :salut

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this