Sign in to follow this  
3131802

Tips backpacking ke Luar Negeri

9 posts in this topic

Backpacking rupanya makin populer saja di kalangan masyarakat. Kota-kota dan penduduknya juga banyak yang sudah sangat terbuka dengan para backpacker . jadi nggak perlu khawatir jika kita ingin backpackingan ke suatu tempat. Mau domestic, mau manca negara, siapa takut?

Buat temen2 yang suka sama tipe jalan-jalan ala backpacker, bisa lho backpackingan ke luar negeri? Ya, tentu saja bisa. Orang asing aja sering backpackingan ke negara kita, masa kita nggak bisa? Buat yang mau jalan2 ke luar negeri tapi minim budget juga bisa mempraktikkan beberapa tips yang akan saya share berikut ini. Semoga bermanfaat ya.

  • Planning yang Matang

Planning dimana-mana akan selalu jadi bagian paling penting sebelum melakukan backpacking. Untuk planning kali ini, coba daftar dan tentukan negara yang mau dituju. Buat negara beserta kota dan tujuan utama wisata yang ingin dikunjungi. Lalu, jangan lupa untuk menentukan tanggal keberangkatan serta kembali ke tanah airnya.

 

  • Kumpulkan informasi

Jangan lupa, bagian ini juga penting banget. Kamu yang sudah punya rencana backpackingan ke luar negeri, sebaiknya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya seputar negara dan tempat yang ingin dituju. Mulai dari persiapan yang harus dibawa, bagaimana keadaan di sana dari sisi keamanan, hal yang perlu dan tidak boleh dilakukan, tempat-tempat terbaik, akomodasi murah, transportasinya, dan segala macam dari A-Z. Catat lalu jangan lupa untuk dibawa.

 

  • Cari waktu yang tepat

Nah, setelah mengumpulkan informasi, kamu bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke negara tersebut. Ini berkaitan juga dengan misalnya jika kamu datang di musim dingin, kemungkinan untuk melakukan backpacking agak kurang nyaman. Karena musim dingin di luar negeri itu nggak main-main, hehe, buat kita yang biasa tinggal di negeri tropis apa lagi. Jadi, salah waktu bisa-bisa ribet. Kalau memaksakan, kita harus rela memenuhi tas kita dengan baju dingin yang tebal-tebal. Hmmm.. agak repot ya, kan niatnya backpackingan.

Waktu yang tepat juga bisa berpengaruh sama harga lho. Pada banyak tempat, biasanya pas weekend atau musim liburan harga-harga bakal meningkat tajam. Wah gawat nih buat yang budget terbatas. Makanya, cari informasi buat waktu yang tepat ya…

 

  • Cari promo

Biar dapet murah, promo adalah salah satu cara yang jitu. Cari promo baik itu tiket pesawat ke negara tersebut, maupun akomodasinya. Banyak kok maskapai yang ngadain promo-promo tiket murah. Yang paling populer adalah Air Asia. Kuncinya adalah sabar, karena biasanya promo murah berangkatnya masih lama. Makanya butuh perencanaan dari jauh-jauh hari jadi bisa nyari tiket promo.

 

  • Siapin budget

Budgeting penting banget. Kalau udah tau mau ke mana, ngapain aja, dan ngumpulin informasi sebanyak-banyaknya, budget juga harus disiapkan. Tips lainnya soal budgeting, biasain bawa cadangan agar lebih aman dan nyaman. Ya bisa ditaro di tempat lain di luar dompet kita untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

 

  • Dokumen penting

Pergi ke luar negeri, nggak cukup bawa KTP doang. Dibutuhkan dokumen-dokumen penting lainnya. Passport bisa dibikin di kantor imigrasi terdekat dan hukumnya wajib (yaiyalah). Terus selain itu, ada yang namanya Visa. Kamu harus cari informasi soal visa ini, ada negara-negara terutama negara tetangga yang bisa ngurus visa on arrival alias saat tiba di bandara, kayak Singapura, Malaysia. Nah, yang pake visa resmi harus diurus di kantor kedutaan negara terkait. Buat cara mengurus Visa, di forum ini pernah dibahas. Pokoknya, Dokumen-dokumen penting itu wajib kamu bawa.

 

  • Bawa Barang Seperlunya

Jangan ribet-ribet kalau mau backpackingan. Pilih barang yang diperlukan saja dan sesuaikan dengan kondisi negara. Untuk soal gadget, enaknya jaman sekarang pake smartphone jadi bisa pakai GPS jangan lupa bawa powerbank nya. Tapi kalau nggak ada, ga masalah. Hp biasa batrenya lebih awet kan, heheh… Pokoknya jangan berlebihan barang bawaannya.

 

  • Ambil Peta

Jangan lupa ambil peta kalau nyampe di bandara. Buat jaga-jaga dan biar jadi panduan jalan-jalan. Nggak ada ruginya deh ngambil brosur wisata atau map gitu.

 

  • Jalan2 sesuai rencana

Tahan diri buat eksekusi planning jalan2 ala backpacker di luar negeri. Kunjungi tempat-tempat wisata sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dan paling penting tahan soal belanja-belanja. Inget ya, tujuannya kan mau backpackingan. Belanja buat sendiri atau oleh-oleh boleh, tapi sesuai budget yang udah disiapkan. Tahaaaaan…

Share this post


Link to post
Share on other sites

Planning yang Matang dan kumpulkan informasi --> ini penting banget, jadi tahu patokan apa yang mau kita lakukan di negara yg kita tuju, mau kemana, dan pake apa kesana. kumpulin informasi sebanyak-banyaknya, kalo perlu bikin jadwal perjalanan dan perhitungan kira-kira berapa pengeluaran fix selama disana. jadwal ini untuk panduan, tapi bukan hal yang mutlak dilakukan, bisa juga melenceng. yang penting waktu kita selama disana tidak terbuang dengan bengong, bingung mau tujuan kemana.

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, treepmoreglobal said:

jangan lupa perhatikan internet gan. ga mungkin kita ga butuh internet di luar negeri. solusinya coba cari jasa sewa travel wifi aja . ekonomis pas buat kantong backpacker

 

salam kenal 

-treepmore -

spam

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this