hishigimibu

[List] Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya

49 posts in this topic

Berikut saya akan coba list tempat wisata di wilayah Bandung dan sekitarnya, daftar akan diupdate...

 

Bandung Raya :

All About Strawberry : Jl. Cihanjuang (Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi)

Arung Jeram Citarum (Kec. Kertasari, Kab. Bandung)

Arung Jeram Pamalayan (Kec. Pangalengan, Kab. Bandung)

Balaikota Bandung : Jl. Wastukencana (Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung)

Buper Cikole (Kec. Cikole, Kab. Bandung Barat)

Buper Gunung Puntang (Kec. Cimaung, Kab. Bandung)

Caringin Tilu (Kec. Cimenyan, Kab. Bandung)

Cipanas Cibolang (Kec. Pangalengan, Kab. Bandung)

Cipanas Cimanggu (Kec. Rancabali, Kab. Bandung)

Cipanas Punceling (Kec. Rancabali, Kab. Bandung)

Ciseupan (Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi)

Ciwangun Indah Camp (Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat)

Curug Cimahi (Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat)

Curug Cindulang (Kec. Cicalengka, Kab. Bandung)

Curug Malela (Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat)

Curug Maribaya (Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat)

De Ranch : Jl. Maribaya (Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat)

Gedung Merdeka : Jl. Asia Afrika (Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung)

Gedung Pakuan : Jl. Oto Iskandardinata (Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung)

Gedung Sate : Jl. Diponegoro (Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung)

Geothermal Malabar (Kec. Pangalengan, Kab. Bandung)

Hiking Track Jayagiri (Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat)

Hiking Track Punclut (Kec. Cidadap, Kota Bandung/Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat)

Kampung Daun : Jl. Sersan Bajuri (Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat)

Kampung Gajah : Jl. Sersan Bajuri (Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat)

Kawah Cibuni (Kec. Rancabali, Kab. Bandung)

Kawah dan Geothermal Kamojang (Kec. Ibun, Kab. Bandung)

Kawah Putih (Kec. Rancabali, Kab. Bandung)

Kawah Tangkubanparahu (Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat)

Kebon Binatang Bandung : Jl. Tamansari (Kec. Coblong, Kota Bandung)

Kolam Renang Karang Setra : Jl. Sirna Galih (Kec. Sukasari, Kota Bandung)

Monumen Bandung Lautan Api : Jl. Mohamad Toha (Kec. Regol, Kota Bandung)

Monumen Bandung Selatan (Kec. Bale Endah, Kab. Bandung)

Monumen Perjuangan Rakyat Jabar : Jl. Surapati (Kec. Coblong, Kota Bandung)

Museum Geologi : Jl. Diponegoro (Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung)

Museum Konferensi Asia Afrika : Jl. Braga (Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung)

Museum Mandala Wangsit Siliwangi : Jl. Lembong (Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung)

Museum Pos dan Giro : Jl. Cilaki (Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung)

Museum Sri Baduga Maharaja : Jl. BKR (Kec. Astana Anyar, Kota Bandung)

Oray Tapa (Kec. Cimenyan, Kab. Bandung)

Penangkaran Rusa dan Buper Rancaupas (Kec. Rancabali, Kab. Bandung)

Prasasti Dago (Kec. Coblong, Kota Bandung)

Rumah Stroberi : Jl. Sersan Bajuri (Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat)

Situ Ciburuy (Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat)

Situ Cileunca (Kec. Pangalengan, Kab. Bandung)

Situ Lembang (Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat)

Situ Pangkalan (Kec. Pacet, Kab. Bandung)

Situ Patenggang (Kec. Rancabali, Kab. Bandung)

Situ Sipanunjang (Kec. Pangalengan, Kab. Bandung)

Situ Umar (Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat)

Taman Budaya Jawa Barat / Dago Tea House : Jl. Bukit Dago (Kec. Coblong, Kota Bandung)

Taman Hutan Raya Juanda / Dago Pakar (Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat)

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution : Jl. Belitung (Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung)

Waduk Cirata (Kec. Cipeundeuy, Kab. Bandung Barat)

Waduk Saguling (Kec. Batujajar, Cihampelas, Cililin, Cipongkor, Padalarang, Kab. Bandung Barat)

Walini (Kec. Rancabali, Kab. Bandung)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Garut :

Arung Jeram Sungai Cikandang

Cagar Alam Leuweung Sancang (Kec. Cibalong)

Candi Cangkuang (Kec. Leles)

Cipanas (Kec. Tarogong)

Curug Cihanyawar (Kec. Cilawu)

Curug Cimani Racun  

Curug Citiis (Kec. Leles)

Curug Neglasari (Kec. Cisompet)

Curug Orok (Kec. Cikajang)

Gunung Cikuray (Kec. Cisurupan, Cilawu)

Kampung Adat Dukuh (Kec. Cikelet)

Kampung Sampireun (Kec. Samarang)

Kawah Darajat (Kec. Samarang)

Kawah Papandayan (Kec. Cisurupan)

Kawah Talagabodas (Kec. Wanaraja)

Ngamplang (Kec. Cilawu)

Pantai Cicalobak (Kec. Mekarmukti)

Pantai Cijayana (Kec. Mekarmukti)

Pantai Cijeruk (Kec. Pameungpeuk)

Pantai Darmaga (Kec. Cikelet)

Pantai Gunung Geder (Kec. Cikelet)

Pantai Karang Numpang (Kec. Cikelet)

Pantai Karang Paranje (Kec. Cibalong)

Pantai Santolo (Kec. Cikelet)

Pantai Sayangheulang (Kec. Pameungpeuk)

Pantai Rancabuaya (Kec. Caringin)

Pantai Taman Manulusu (Kec. Cikelet)

Pusat Dodol Tarogong

Pusat Kulit SUkaregang

Situ Bagendit (Kec. Leles)

Situ Cangkuang (Kec. Leles)

Taman Satwa Cikembulan (Kec. Kadungora)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Tasikmalaya (Kota dan Kabupaten) :

Cipanas Ciawi (Kec. Ciawi)

Cipanas Galunggung (Kec. Sukaratu)

Goa Nyai (Kec. Pancatengah)

Kampung Naga (Kec. Salawu)

Kawah Galunggung (Kec. Sukaratu)

Makam dan Goa Syekh Abdul Muhyi Pamijahan (Kec. Bantarkalong)

Pantai Ciheras (Kec. Cipatujah)

Pantai Cipatujah (Kec. Cipatujah)

Pantai Karang Tawulan (Kec. Cikalong)

Pantai Pamayangsari (Kec. Cipatujah)

Pantai Sindangkerta (Kec. Cipatujah)

Penangkaran Penyu Sindangkerta (Kec. Cipatujah)

Pusat Bordir Kawalu (Kec. Kawalu)

Pusat Kerajinan Rajapolah (Kec. Rajapolah)

Pusat Makanan Jamanis (Kec. Jamanis)

Situ Gede (Kec. Mangkubumi)

Situ Sangiang (Kec. Sukaraja)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Sumedang :

Cadas Pangeran (Kec. Sumedang Selatan)

Cipanas Conggeang (Kec. Conggeang)

Gunung Kunci (Kec. Sumedang Utara)

Gunung Tampomas (Kec. Cimalaka)

Makam Cut Nyak Dhien (Kec. Sumedang Utara)

Makam Prabu Jaya Perkosa (Kec. Darmaraja)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ciamis - Banjar - Pangandaran :

Dermaga Majingklak (Kec. Kalipucang)

Cagar Alam Pananjung (Kec. Pangandaran)

Green Canyon / Cukang Taneuh (Kec. Cijulang)

Gunung Sawal

Pantai Batu Hiu (Kec. Parigi)

Pantai Batu Karas (Kec. Cijulang)

Pantai Karangnini (Kec. Kalipucang)

Pantai Krapyak (Kec. Kalipucang)

Pantai Pangandaran (Kec. Pangandaran)

Pelabuhan Kalipucang (Kec. Kalipucang)

Situ Panjalu (Kec. Panjalu)

Taman Hutan Raya Ciungwanara (Kec. Cijeungjing)

Share this post


Link to post
Share on other sites

gan... klo dari Jl.Gegerkalong hilir(Polban), enaknya wisata kmana ya gan?

 

 

ya yg g terlalu jauh gtu tpi asik

 

ke kebon binatang aja gan,, sama pasangan,, tapi jangan bawa kendaraan,, naek angkot.. bawa rantang.. jadul banget kan?  :D:lol::P tapi cobain deh,,, i ever do that,, surely its fun...

Share this post


Link to post
Share on other sites

ke kebon binatang aja gan,, sama pasangan,, tapi jangan bawa kendaraan,, naek angkot.. bawa rantang.. jadul banget kan?  :D:lol::P tapi cobain deh,,, i ever do that,, surely its fun...

wah.. asik sih.. tapi ne yg mau ikut bnyak mahasiswa2 gtu, masak k kebun binatang he?

Share this post


Link to post
Share on other sites

oke juga, lengkap banget Mas...sekalian angkot2nya juga dong Mas jadi kalau sudah tahu nama lokasinya....angkotnya itu penting juga  :)

maksudnya "how to get there" pake angkot ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wahh hebat banget nie lengkap kaya dinas pariwisata jawa barat,.
kaya'y lebih lengkap nie malah...
nanti kalo lagi mudik k bdg datengin satu-satu dahh...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wahh hebat banget nie lengkap kaya dinas pariwisata jawa barat,.

kaya'y lebih lengkap nie malah...

nanti kalo lagi mudik k bdg datengin satu-satu dahh...

kayaknamesti sediain waktu minimal seminggu kalau mau didatengin satu satu:D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kayaknamesti sediain waktu minimal seminggu kalau mau didatengin satu satu:D

Wahh kalo seminggu mahh gak mungkin kaya'y,.

ntar cuti bisa abiss,.

gakk bisa k tempat laen dahh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By embong
      Siapa bilang berlibur butuh dana besar? Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi tempat wisata yang banyak dan tidak perlu biaya besar. Mulai dari Pantai, Gunung, atau pun perkotaan, semua bisa menjadi tempat liburan dan hemat biaya. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki waktu berlibur cukup panjang, berikut ini beberapa temapt berlibur yang dapat disambangi ketika akhir pekan dan yang pasti murah!!
      Karimun Jawa
      Tempat wisata ini sudah menjadi Taman Nasional Laut, karena memiliki daya tarik tersendiri dan cocok untuk Wisata Bahari. Panorama laut yang indah bagai telaga warna dengan gugusan kepulauan yang tersebar jauh mata memandang. Air lautnya jernih, hamparan pasir putih pun membentang dikawasan pantainya. Disini masih terdapat satwa langka seperti menjangan, trenggiling, landak, ular edor dan yang paling unik lele tanpa patil.
      Estimasi Biaya: paket penginapan, makan, snorkling, foto-foto (soft data), barberque sebesar Rp 650.000 dan belum termasuk tiket bus ke Jepara.
      Kota Bandung
      Siapa sih yang tidak kenal Bandung? Kota kembang ini sudah terkenal dengan sejuta ciri khas, mulai dari tata kota tua sampai wisata kuliner yang sangat terkenal. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini sudah terkenal keindahannya dari jaman Belanda.
      Estimasi Biaya: Travel PP Rp 180.000, Hotel Rp 300 ribu.
      Kepulauan Seribu
      Pulau Pari, Pulau Peuncang, Pulau Tidung, hanya lah beberapa pulau yang sedang naik daun untuk kawasan kepulauan seribu. Tidak hanya bisa dinikmati sendiri, wisata air pada pulau-pulau ini dapat dikunjungi oleh ‘geng’ berlibur kalian. Karena biasanya, travel agen yang mengatur wisata pulau seribu akan memberikan paket harga murah apabila orang yang ikutan lebih banyak seperti paket wisata pulau pari, paket harga pulau tidung, paket harga pulau harapan, dll. Anda bisa browsing sendiri di Google, banyak sekali penyedia paket tersebut
      Estimasi Biaya: paket penginapan, makan snorkling, bersepeda, barbeque sebesar Rp. 500.000. Namun estimasi tersebut dapat lebih besar tergantung pulau mana yang hendak dikunjungi.
      Yogya
      Berlibur di kota Yogya mungkin pilihan yang tidak kalah menarik. Namun bagi yang hendak berlibur di kota keraton ini harus menyiapkan transportasi yang memadai karena jika dibandingkan dengan naik kendaraan umum, biayanya cukup mahal. Dan perlu direncanakan dari jauh-jauh hari destinasi wisata ketika disana.
      Estimasi Biaya: Kereta PP Rp 600 ribu, hotel Rp 300 ribu, untuk kuliner tidak perlu repot karena banyak tempat makan murah meriah.
      Surabaya
      Liburan di kota pahlawan, Surabaya? Mengapa tidak. Surabaya cukup menjanjikan wisata kota yang unik. Salah satu tujuan dalam kotanya adalah musem kapal selam, dimana pengunjung dapat melihat isi daleman kapal selam Indonesia jaman dulu. Atau pun main-main ke museum pun tak jadi masalah, mengingat kota ini menyimpan banyak sejarah pahlawan Indonesia.
      Estimasi Biaya: Bus PP Rp. 440 ribu, penginapan Rp200 ribu atau dapat menyewa apartemen sekitar 1 jutaan yang dapat dibagi empat atau enam dengan teman berlibur. Untuk makanan, banyak cafe murah seperti cafesera, atau pun makanan pinggir jalan yang mantap.

    • By imagologi
      Kota Malang

      Kota Malang menjadi album   menarik bagi para backpacker Indonesia yang ada di penjuru dunia. Ragam wisata edukatif, wisata informatif, wisata alam, , maupun wisata modern bisa ditemukan di kota ini.
      Wisata kuliner yang berkesan di lidah dan renyah di kantong tentu juga menjadi kesan tersendiri bagi para backpacker untuk berkunjung ke Kota Malang. Kota Malang adalah kota yang berada di wilayah Propinsi Jawa Timur.
      Melimpahnya menu kunjungan wisata seperti  Alun-Alun Kota Malang, Pantai Sempu, Pantai Gatra dan tentunya ragam museum yang akan mengingatkanmu pada perjuangan masa lalu. Jangan susah move on ya
      Selain itu, Kota Malang bisa kamu hinggapi dengan ragam penginapan yang dapat membuat kamu sejenak melepas lelah pasca berwahana keliling kota.
      Kota Lumajang

      Menu favorit berikutnya berada di samping Malang yaitu, Lumajang.  Apabila kamu mengetik wisata Lumajang di search engine, akan tampil banyak aneka wisata pilihan yang bisa kamu cantumkan sebagai destinasi backpacker-anmu berikutnya.
      Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Kabupaten Lumajang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kamu tinggal melewati Malang bagian selatan untuk kemudian menikmati perjalanan dengan rimbunnya suasana  sekitar.
      Lumajang sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata dengan panorama yang mempesona. Backpackeranmu tidak akan mengecewakan  setelah mengunjungi destinasi favorit di Kota Lumajang dan sekitarnya seperti, Puncak B 29, Kebun Teh Kertowono atau kamu mau mencicipi eloknya Ranu Kumbolo? Ditunggu ya kunjungannya.
      Kota Banyuwangi

      Segudang tempat wisata dan rantai festival tersaji apik di Banyuwangi.  Ditambah lagi adanya tempat wisata yang keren dan indah sontak membuat kabupaten yang berada di ujung timur pulau Jawa ini memiliki banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi tanpa harus mendebarkan saku. Peta wisata Banyuwangi memiliki kontur wilayah yang begitu unik mulai dari dataran rendah hingga tinggi.
      Kontur semacam ini secara tidak langsung menciptakan banyak objek tempat wisata alam yang memukau. Pantai di kawasan ini masih sangat bersih dan jauh dari polusi sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata pantai untuk keluarga yang hemat namun tetap menonjolkan keindahannya. Selain pantai, Banyuwangi juga memiliki latar belakang gunung bagi kamu penggemar  suasana tenang, tercitra, dan rimbun.
      Kota Batu

      Rutinitas seringkali membuat penat dan menghambat produktivitas. Oleh karena itu, refreshing mutlak diperlukan, terutama bagi pekerja kantoran. Salah satu cara ampuh untuk menyegarkan pikiran adalah dengan pergi berlibur. Biasanya, liburan akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang terdekat, misalnya keluarga.
      Karena itu, pemilihan destinasi merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan. Pilihlah destinasi yang bisa dinikmati oleh setiap anggota keluarga. Kota Wisata Batu adalah jawabannya. Kota yang satu ini sedang menjadi buah bibir di kalangan wisatawan berkat objek wisatanya yang unik dan beragam. Ditambah keindahan alam dan hawanya yang sejuk, membuat Kota Batu kian mempesona.
      Dalam beberapa tahun terakhir, industri pariwisata di Batu berkembang kian pesat. Beragam objek wisata yang unik dan menarik bermunculan dan berhasil menggaet gairah berkunjung para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berkat promosi dan pengelolaan objek wisata yang baik, Batu kini menjelma menjadi primadona baru sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan, mulai dari anak-anak sampai dewasa.
      Dilansir dari imagologi.com
    • By Shah Rafilzan
      Hallo salam kenal, Nama saya Shah Rafilzan, bisa dipanggil Rafil.
      Saya berasal dari Kota Bandung, hobby saya memang traveling. Saya baru mulai membuat vlog, bisa langsung cek di youtube channel saya. https://www.youtube.com/channel/UC1ASnsi9TYd3N6VC_AWQeAg
      Barang kali ada yang berminat untuk bikin vlog bareng ?
    • By fadhil aulia
      1. Sungai Meguro

      Lokasi : Magure, Tokyo
      Waktu tebaik untuk melihat : Akhir Maret sampai awal April
      Di tempat ini sangat populer, banyak turis yang membentang hingga sepanjang 4km , bunga sakura bisa ditemukan pada kedua sisi sungai. Ada banyak sekali kafe dan toko di sepanjang Sungai Meguro, jadi Anda bisa berbelanja sambil mengagumi bunga-bunga sakura di waktu yang bersamaan. Pada malam hari, lentera besar menyinari sepanjang sungai dan seperti menciptakan suasana dunia yang sangat berbeda.
      2. Taman Chidorigafuchi

      Lokasi : Chiyoda, Tokyo
      Waktu tebaik untuk melihat : Akhir Maret hingga awal April
      Salah satu situs utama wisata bunga sakura yang ada di kota Tokyo, terletak di antara taman Chidorigafuchi (sebelah barat Istana Kaisar) dan dekat Kedutaan Besar Inggris, Taman ini mempunyai sekitar sebanyak 170 jenis bunga sakura, diantara yaitu sakura Yoshino dan sakura Yamazakura. Selama festival tahunan bunga sakura ini berlangsung, sepanjang jalan di Chidorigafuchi akan diterangi oleh pemandangan yang luar biasa, disini juga disediakan perahu bot untuk berlayar pada malam hari.
      3. Kebun Rikugien

      Lokasi : Bunkyo, Tokyo
      Waktu yang terbaik untuk melihat : Pertengahan Maret hingga pertengahan April
      Yang menjadi sorotan dan simbol atau ikon utama Rikugien adalah pohon weeping cherry nya yang memiliki tinggi 15 meter dan selebar 20 meter, melihat daun bunga yang berwarna merah mudanya yang mengalir dan mengambang seperti air terjun menjadi sesuatu yang harus Anda lihat. Penerangannya yang dinyalakan dalam waktu yang terbatas juga indah untuk dilihat.
      4. Taman Ueno

      Lokasi : Taito, Tokyo
      Waktu yang terbaik untuk melihat : Akhir Maret sampai awal April
      Taman Ueno terkenal sebagai destinasi wisata untuk melihat bunga sakura sejak zaman Edo (1603-1868) hingga kini, area ini diyakini oleh banyak orang sebagai lokasi penghabisan untuk menikmati bunga sakura di Tokyo. Tradisi untuk mengagumi bunga sakura di malam hari masih menjadi ajang yang populer di musim semi, yang diterangi oleh sebanyak 1.300 lentera kertas.
      5. Sungai Sumida

      Lokasi : Sumida dan Taito, Kota Tokyo
      Waktu yang terbaik untuk melihat : Akhir Maret sampai Awal April
      Taman Sumida terbentang disepanajang kedua sisi Sungai Sumida, Taman ini mencakupi kawasan Taito dan Sumida. Permukaan sungai ini berwarna pink karena diwarnai oleh pantulan cahaya dari bunga sakura yang membentang hingga satu kilometer. Jika Anda ingin menikmati bunga sakura naiklah perahu bot di Sungai Sumida untuk melihat pepohonan sakura yang elegan di terdapat kedua sisi sungai, sebagai bagian dari kolaborasi dengan Tokyo Skytree ®.
      6. Taman Asukayama

      Lokasi : Kita, Tokyo
      Waktu yang terbaik untuk melihat : Akhir Maret sampai pertengahan April
      Taman ini sudah diabadikan menjadi salah satu cetakan kayu dalam artis legenda ukiyo-e Hiroshige "100 Pemandangan ini sangat terkenal di Edo", Taman Asukayama ini adalah salah satu tempat yang tertua untuk melihat pemandangan bunga sakura, di mana sebagian dari ratusan pohon sakura yang sudah tumbuh sejak abad ke-18 masehi. Tempat ini terkenal populer sebagai tempat piknik serta tempat untuk melihat pemandangan di waktu malam hari, di mana bunga sakura disinari oleh cahaya lampu.
      6.Taman Shiba

      Lokasi : Minato, Tokyo
      Waktu terbaik untuk melihat : Akhir Maret hingga April
      Bahkan Menara Tokyo pun diwarnai oleh bunga sakura, sehingga membuatnya tampak lebih cantik. Tempat ini populer di kalangan pekerja kantoran sebagai tempat berkunjung di sepulang kerja di malam hari. Anda bisa melihat bunga sakura dan Menara Tokyo yang menghiasi kota itu di malam hari. Disini anda akan terhibur dan hidup anda akan dipenuhi dengan senyuman.
      SUMBER
    • By Farah Supit
      Hai, mau minta saran, pendapat masukan nih buat suhu, sesepuh, dewa wisata dibandung.
      aku udah punya destinasi tapi karena ga tau persis letak posisi dan lokasinya (mengandalkan GPS saat perjalanan nanti.).
      Destinasinya :
      1. Lereng Anteng Panoramic Coffee
      2. Tangkuban Perahu
      3. The Lodge Maribaya
      4. Rumah Guguk
      5. Braga & Alun-alun kota Bandung
      Mau minta saran kemana dulu ya baiknya sesuai rute lokasinya biar ga mondar mandir bolak balik atau muter muter jalannya.
      aku dari jakarta berangkat sabtu subuh pulang minggu malam.
      sekalian kasih tau berapa lama perkiraan perjalanan dr 1 destinasi ke destinasi lainnya ya suhu
       
      mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya. maaf kalo ada salah2 dalam postingannya (newbie )