Sign in to follow this  
Followers 0
redocean

Etika Jalan-Jalan di Korea Selatan

11 posts in this topic

Hallo jalan2ers, Korea Selatan sekarang ini menjadi salah satu negara yang termahal dalam urusan pariwisatanya. Wajar saja sih, karena hal tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan, terutama wisatawan asing di luar Korea itu sendiri. Pesona pariwisata Korea Selatan juga didukung dengan berkembangnya atau makin meluasnya demam Korea, baik itu lewat musik, film, drama, maupun acara-acara hiburan lainnya.

Buat yang mau ke Korea Selatan, ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait soal etika di negara ini. Sebenanrnya, nggak Cuma di Korea sih kita harus mengikuti etika atau budaya atau kebiasaan di negara setempat, tapi kali ini saya mau mencoba member informasi sedikit terkait hal-hal tersebut.

Korea ini masih di Asia dan untuk orang-orang seperti kita tentu nggak terlalu sulit untuk mengikuti kebiasaan yang biasa dilakukan masyarakat Korea. Mulai dari sopan santun terhadap yang tua, kebiasaan makan, dan lain sebagainya. Perlu dicatat bahwa orang Korea itu menjunjung tinggi soal tata karma menghormati yang lebih tua. Nah, selengkapnya, ini dia:

  • Membungkuk

Membungkuk ini hal yang biasa yang dilakukan masyarakat Korea. Untuk menyapa seseorang, anda baiknya membungkuk sambil mengucapkan salam kepada mereka. Membungkuk juga bagus dilakukan saat mengucapkan terima kasih dan hal-hal lain. Nggak terlalu sulit, karena di Indonesia sendiri, kebiasaan menundukkan kepala saat meengucapkan terima kasih cukup biasa, tinggal ditambahin membungkukkan badan saja.

 

Kalau mau berkenalan, membungkuk sambil diikuti menjabat tangan mereka. Jadi ucapkan salam, berjabat tangan, dan sambil membungkuk. Itu hal yang biasa dilakukan. Membungkuk berarti kita menghormati orang tersebut.

 

  • Menambahkan kata “yo†di akhir kalimat

Hal ini jika anda mau mempelajari beberapa kosa kata dalam percakapan Bahasa Korea, jangan lupa untuk menambahkan kata “yo†di akhir kalimat. Bahasa Korea memiliki tingkatan tertentu, sama seperti Bahasa lain, seperti Bahasa Jawa, Sunda, dan banyak daerah lainnya di Indonesia. Ada bahasa yang harus digunakan untuk orang tua atau orang yang baru dikenal seperti bahasa halus, dan ada juga bahasa kasar atau slank yang bisa digunakan untuk sesame teman sebaya.

 

Serupa dengan aturan bahasa tersebut, di Korea juga demikian. Kata “yo†atau “imnida†di akhir kalimat dalam Bahasa Korea menunjukkan bahwa itu bahasa yang sopan dan harus digunakan kepada orang tua atau orang yang belum akrab hubungannya. Misalnya, mau mengucapkan salam, ucapkan, “annyeonghase-YO,†ya…

 

  • Etika makan dan minum

Soal etika makan dan minum jika anda bersama orang Korea tentu harus juga diperhatikan. Banyak kebiasaannya, namun beberapa yang bisa saya sebutkan antara lain seperti berikut ini:

Jika dipersilakan duduk, baru duduk (ya biasalah ya…) Kemudian, untuk memulai makan juga demikian. Si tuan rumah biasanya akan menuangkan air pada tamu, terima air tersebut dengan mengangkat gelas sedikit dan memegangnya satu tangandengan tangan lainnya pada yang berada di dekat pergelangan tangan.

Jika saat itu ada orang tua, minum jangan menghadap depan. Agak memalingkan muka untuk menunjukkan kesopanan anda. Dan jangan lupa, letakkan sumpit di samping mangkuk atau di atas meja jika sudah selesai makan. Cara memegang sumpit atau sendok juga perlu diperhatikan. Sumpit jangan disilangkan saat makan, dan sendok pegang seperti biasa adat kita. Namun sendok Korea lebih panjang gagangnya. Letakkan di poisisi atas tapi tidak terlalu atas atau tidak di ujungnya. Masih banyak sebenarnya etika makan, tapi semuanya standard internasional, seperti tidak mengecap, tidak berisik, dan lain sebagainya. Jika menggunakan tusuk gigi atau bersin harus ditutup dfan memalingkan muka sedikit. Yang jelas, jangan kumur2 di depan meja makan. Heheheh

 

  • Etika Obrolan

Jika ingin berkenalan, coba buka topic-topik yang luwes. Sebaiknya menhindari topic-topik yang berat seperti misalnya politik, keadaan negara, dan lain sebagainya. Tapi jangan heran juga jika sewaktu-waktu anda diajak ngobrol soal kehidupan pribadi anda yang mungkin kalau kita bisa dibilang tidak sopan. Misalnya, mereka suka menanyakan usia, keluarga, dan pekerjaan anda serta lain sebagainya. Jawab saja dengan sopan karena ini berarti mereka ingin mengenal anda.

 

Beberapa di atas adalah hal yang perlu diketahui. Intinya, Korea sangat menghormati orang yang lebih tua. Jadi, dahulukan orang tua dalam banyak kondisi ya… Kalau ada tambahan, silakan saja, semoga bisa berbagi manfaat dengan yang lainnya.

 


 

Jalan2 likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

korea juga pakai etika membungkuk ya, kirain udah gak terlalu sekarang hehehe tapi katanya orang2 korea kurang ramah ya terus agak kasar, bener gak tuh?

Share this post


Link to post
Share on other sites

korea juga pakai etika membungkuk ya, kirain udah gak terlalu sekarang hehehe tapi katanya orang2 korea kurang ramah ya terus agak kasar, bener gak tuh?

yg jelas ga seramah org indonesia kyknya hhhee 

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah...lengkap deh kalau seandainya nanti ada niatan untuk berkunjung ke Korea, paling tidak sudah tahu etika untuk bertemu warga Korea :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah...lengkap deh kalau seandainya nanti ada niatan untuk berkunjung ke Korea, paling tidak sudah tahu etika untuk bertemu warga Korea :D

iya sis,... biar ga dibilang songong juga :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau menurut saya yang paling sensitif untuk memulai suatu pembicaraan ya, baik di setiap orang apalagi di setiap negara...pasti masing2 mempunyai etika tersendiri
 

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau menurut saya yang paling sensitif untuk memulai suatu pembicaraan ya, baik di setiap orang apalagi di setiap negara...pasti masing2 mempunyai etika tersendiri

 

betul... kdang sesuatu yang kita biasa aja bagi mereka sensitif dan sebaliknya

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo mau bisa percakapan dalam bahasa korea harus banyak nonton drama korea yang belum d dubber, jadi bisa sedikit mengerti percakapan sederhana.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo mau bisa percakapan dalam bahasa korea harus banyak nonton drama korea yang belum d dubber, jadi bisa sedikit mengerti percakapan sederhana.

salah satunya buat latihan itu... yg pntg mau belajar dan latihan

Share this post


Link to post
Share on other sites

salah satunya buat latihan itu... yg pntg mau belajar dan latihan

Iya gak usah yang terlalu sulit, yang penting bisa ngomong'y, kalo bisa baca tulisan'y mah lewat kursus atau kamus aja.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Iya gak usah yang terlalu sulit, yang penting bisa ngomong'y, kalo bisa baca tulisan'y mah lewat kursus atau kamus aja.

yg penting ada yang diajak ngomong mas :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • By fadhil aulia
      1. Sungai Meguro

      Lokasi : Magure, Tokyo
      Waktu tebaik untuk melihat : Akhir Maret sampai awal April
      Di tempat ini sangat populer, banyak turis yang membentang hingga sepanjang 4km , bunga sakura bisa ditemukan pada kedua sisi sungai. Ada banyak sekali kafe dan toko di sepanjang Sungai Meguro, jadi Anda bisa berbelanja sambil mengagumi bunga-bunga sakura di waktu yang bersamaan. Pada malam hari, lentera besar menyinari sepanjang sungai dan seperti menciptakan suasana dunia yang sangat berbeda.
      2. Taman Chidorigafuchi

      Lokasi : Chiyoda, Tokyo
      Waktu tebaik untuk melihat : Akhir Maret hingga awal April
      Salah satu situs utama wisata bunga sakura yang ada di kota Tokyo, terletak di antara taman Chidorigafuchi (sebelah barat Istana Kaisar) dan dekat Kedutaan Besar Inggris, Taman ini mempunyai sekitar sebanyak 170 jenis bunga sakura, diantara yaitu sakura Yoshino dan sakura Yamazakura. Selama festival tahunan bunga sakura ini berlangsung, sepanjang jalan di Chidorigafuchi akan diterangi oleh pemandangan yang luar biasa, disini juga disediakan perahu bot untuk berlayar pada malam hari.
      3. Kebun Rikugien

      Lokasi : Bunkyo, Tokyo
      Waktu yang terbaik untuk melihat : Pertengahan Maret hingga pertengahan April
      Yang menjadi sorotan dan simbol atau ikon utama Rikugien adalah pohon weeping cherry nya yang memiliki tinggi 15 meter dan selebar 20 meter, melihat daun bunga yang berwarna merah mudanya yang mengalir dan mengambang seperti air terjun menjadi sesuatu yang harus Anda lihat. Penerangannya yang dinyalakan dalam waktu yang terbatas juga indah untuk dilihat.
      4. Taman Ueno

      Lokasi : Taito, Tokyo
      Waktu yang terbaik untuk melihat : Akhir Maret sampai awal April
      Taman Ueno terkenal sebagai destinasi wisata untuk melihat bunga sakura sejak zaman Edo (1603-1868) hingga kini, area ini diyakini oleh banyak orang sebagai lokasi penghabisan untuk menikmati bunga sakura di Tokyo. Tradisi untuk mengagumi bunga sakura di malam hari masih menjadi ajang yang populer di musim semi, yang diterangi oleh sebanyak 1.300 lentera kertas.
      5. Sungai Sumida

      Lokasi : Sumida dan Taito, Kota Tokyo
      Waktu yang terbaik untuk melihat : Akhir Maret sampai Awal April
      Taman Sumida terbentang disepanajang kedua sisi Sungai Sumida, Taman ini mencakupi kawasan Taito dan Sumida. Permukaan sungai ini berwarna pink karena diwarnai oleh pantulan cahaya dari bunga sakura yang membentang hingga satu kilometer. Jika Anda ingin menikmati bunga sakura naiklah perahu bot di Sungai Sumida untuk melihat pepohonan sakura yang elegan di terdapat kedua sisi sungai, sebagai bagian dari kolaborasi dengan Tokyo Skytree ®.
      6. Taman Asukayama

      Lokasi : Kita, Tokyo
      Waktu yang terbaik untuk melihat : Akhir Maret sampai pertengahan April
      Taman ini sudah diabadikan menjadi salah satu cetakan kayu dalam artis legenda ukiyo-e Hiroshige "100 Pemandangan ini sangat terkenal di Edo", Taman Asukayama ini adalah salah satu tempat yang tertua untuk melihat pemandangan bunga sakura, di mana sebagian dari ratusan pohon sakura yang sudah tumbuh sejak abad ke-18 masehi. Tempat ini terkenal populer sebagai tempat piknik serta tempat untuk melihat pemandangan di waktu malam hari, di mana bunga sakura disinari oleh cahaya lampu.
      6.Taman Shiba

      Lokasi : Minato, Tokyo
      Waktu terbaik untuk melihat : Akhir Maret hingga April
      Bahkan Menara Tokyo pun diwarnai oleh bunga sakura, sehingga membuatnya tampak lebih cantik. Tempat ini populer di kalangan pekerja kantoran sebagai tempat berkunjung di sepulang kerja di malam hari. Anda bisa melihat bunga sakura dan Menara Tokyo yang menghiasi kota itu di malam hari. Disini anda akan terhibur dan hidup anda akan dipenuhi dengan senyuman.
      SUMBER
    • By syuhadaali
       
      Cianjur adalah sebuah kabupaten yang berada di anatar Bandung, Sukabumi, dan Puncak. Banyak sekali keunikan yang tidak dapat kita temukan kecuali di Cianjur. Budaya Sunda yang masih kental dengan ciri khas cengkok saat percakapan dilakukan sudah jarang kita jumpai di daerah lain yang sama-sama menggunakan babasan Sunda, peribahasa Sunda, dan dialek bahasa Sunda, seperti Bogor contohnya.
      Saya berkesempatan untuk mengunjungi dan mengeksplorasi seluruh daerah Cianjur. Mulai dari Cianjur Selatan hingga daerah Cipanas yang merupakan daerah Cianjur dengan nuansa yang unik.
      Berikut ini beberapa kebiasaan masyarakat Cianjur yang saya saksikan ketika disana. Saya membandinhkan kebiasaan masyarak Cianjur di daerah desa denga daerah kota yang mempunyai keunikan tersendiri.
       
      1. Ngurek (memancing belut)
      Daerah Cianjur kita kenal sebagai salah satu sentra tanaman padi. Salah satu jenis padi yang merupakan ciri khas dari Cianjur adalah beras pandan wangi yang mempunyai tekstur dan aroma padi berkualitas yang sangat khas.
      Di hamparan luasnya sawah Cianjur, banyak ditemukan orang-orang yang mencari belut setiap sore hari. Hal ini biasa disebut ngurek dalam bahasa Sunda. Berbekal tali nilon yang sudah dililit dan diberi kail, masyarakat Cianjur biasa berburu belut pada sore setelah ashar hingga menjelang magrib.
      Menurut warga sekitar, saat ini belut yang mereka dapatkan jumlahnya berbeda jauh dengan waktu tahun 90-an hingga 2000. Saat itu, warga dapat mendapatkan hingga puluhan belut sehari. Sedangkan saat ini, 5 belut saja sudah susah di dapatkan.
      Menurut mereka, alasan utamanya adalah penggunaan pupuk kimia yang membuat berkurangnya jumlah belut. Selain itu, masa panen yang lebih pendek membuat umur belut untuk bertahan di sawah juga berkurang. Karena jika sudah dipanen, biasanya rumah belut akan tercungkil ketika sawah mulai di traktor untuk penanaman padi selanjutnya.
       
      2. Mosong
      Mosong adalah aktivitas dengan tujuan yang sama dengan ngurek, yaitu untuk mencari belut. Bedanya, ngurek dilakukan pada sore hari dengan ara memancing belut menggunakan umpan, lalu umpan digerakkan memutar menggunakan nilon supaya terlihat bergerak.
      Hal ini akan membuat belut tertarik dan memakan umpan tersebut yang sebenarnya sudah diberi kail. Bedanya dengan ngurek, mosong biasanya dilaksanakan dengan bantuan alat berbentuk jebakan.
      Waktu penjebakan biasanya dilakukan pada siang hari ketika belut belum terbangun, jebakan diisi oleh cacing, anak katak, atau ikan kecil. Selanjutnya posong (alat jebakan) ditaruh di dekat lubang belut dan ditutupi oleh jerami (rumput kering) supaya jebakan tidak terlihat oleh target.
      Setelah ditaruh pada siang hari, posong biasanya diambil pada waktu pagi (setelah shubuh). Diperlukan ingatan yang tajam untuk mengetahui di mana posisi menaruh jebakan. Luasnya sawah dan kemampuan kuatnya ingatan akan memaksimalkan hasil yang di dapat.
      Karena jika yang menyimpan jebakan lupa, maka terkadang banyak jebakan yang tidak ditemukan sehingga justru mengalami kerugian. Akan tetapi, serta orang Cianjur yang melakukan aktifitas mosong ini mempunyai daya ingat yang luar biasa. Pak Ahmad, salah satu masyarakat Cianjur di Kecamatan Cibeber yang saya temui bahkan mengetahui dengan pasti di sawah siapa ia menyimpan jebakan belutnya.
      Dalam sebuah sebuah jebakan, terkadang terdapat lebih dari satu belut yang masuk. Bahkan sering kali masyarakat mendapatkan korban tak terduga seperti ular. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian ketika mengeluarkan hewan yang terjebak. Karena mungkin saja ada ular yang masih hidup terjebak di dalam posong.
      Dalam sehari, pak Ahmad mengklaim dapat membawa pulang setengah hingga 1,5 kg belut dengan bermodalkan ratusan posong yang ia bawa.
       
      3. Balapan Motor di Jalan Baru Cianjur
      Beda di daerah pedesaannya, beda pula di daerah perkotaannya. Jika di daerah pedesaan tadi saya melihat banyak aktifitas yang sangat kental dengan budaya dan kesederhanaan, di daerah Kota Cianjur yaitu di dekat Terminal Pasir Hayam banyak aktifitas yang kurang lebih sama dengan di kota-kota besar.
      Salah satunya adalah perlombaan balapan motor drag. Uniknya, perlombaan disini merupakan sebuah acara resmi yang biasanya diadakan pada setiap akhir pekan dan hari libur. bahkan, meskipun dilakukan di jalan umum, pihak polisi Cianjur sendiri yang menutup jalan sementara untuk dilakukan balapan motor.
      Tujuan dari kegiatan tersebut menurut salah satu anggota polisi polres Cianjur adalah untuk meminimalisasi tindakan kriminal. Salah satunya dengan memfasilitasi hobi anak muda yang jika tidak diselenggarakan dan diawasi oleh polisi berpotensi terjadi keributan. Dengan diadakannya balapan motor yang dikawal langsung oleh polisi, maka otomatis peserta dan penonton akan segan jika terjadi keributan.
      Alasan tersebut menurut saya unik dan tepat untuk meminimalisasi terjadinya keributan antar geng atau kelompok pemuda. Sehingga dengan diadakannya event semacam itu, maka hobi para bikers juga dapat tersalurkan. Hal ini juga bertujuan meminimalkan acara balapan liar di Cianjur.
       
      Itulah beberapa hal yang saya alami ketika berkunjung ke Cianjur untuk sedikit mengenal kebudayaan dan kebiasaan masyarakat di sana. Sebuah daerah yang menurut saya mempunyai keunikan tersendiri. Pasalnya, ada daerah di selatan Cianjur yang merupakan daerah yang budayanya masih kental dengan teknologi yang terbatas. Sedangkan di daerah kota terdapat masyarakat dengan kebudayaan modern yang masih tertata oleh pemerintahannya.
      SUMBER
    • By Farah Supit
      Hai, mau minta saran, pendapat masukan nih buat suhu, sesepuh, dewa wisata dibandung.
      aku udah punya destinasi tapi karena ga tau persis letak posisi dan lokasinya (mengandalkan GPS saat perjalanan nanti.).
      Destinasinya :
      1. Lereng Anteng Panoramic Coffee
      2. Tangkuban Perahu
      3. The Lodge Maribaya
      4. Rumah Guguk
      5. Braga & Alun-alun kota Bandung
      Mau minta saran kemana dulu ya baiknya sesuai rute lokasinya biar ga mondar mandir bolak balik atau muter muter jalannya.
      aku dari jakarta berangkat sabtu subuh pulang minggu malam.
      sekalian kasih tau berapa lama perkiraan perjalanan dr 1 destinasi ke destinasi lainnya ya suhu
       
      mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya. maaf kalo ada salah2 dalam postingannya (newbie )
    • By Jifaldi Afrian M Sedar
      Salam kenal
      sy aldi, sdg tugas belajar di seoul, ewha woman university
      tugas selama 3 bulan (mei 18 - aug 13)
      mohon bantuannya utk info2 hidup aman dan selamat di korea
      trimkasih, i love indonesia
    • By anna22
      Update: sudah dapat travelmates..thanks :)
       
      Hi 
      Seperti biasa pas GATF maret 2017 ini saya kembali impulsif membeli tiket jkt-seoul. Berangkat tgl 23 okt, pulang tgl 4 November 2017. Lagi2 pergi sendiri (krn teman2 yg lain beda tanggal) makanya saya nyari temen disini :) Rencananya akan ke tempat2 yg mmg bagus pas musim gugur. Itinerary fix belum ada..tapi ini rencananya akan ke bbrp kota. 
      24-27 okt = seoul dan sekitarnya
      27-29 okt =jeonju
      29 okt-2 nov = jeju
      2 nov-4 nov =seoul lagi
      Oiya fyi, saya udah pernah ke korea 1x. Saya juga suka kpop dan kdrama jd mungkin akan ada 1 hari yg mendatangi tempat2 kpop or kdrama. 
      Kalau ada yg jadwalnya sama..atau mungkin tanggal2 yg sama..bisa bareng dan meetup yaa. 
      Untuk ngobrol2 dan tanya2 silahkan add line saya : anna.psptsr 
      Happy traveling 
       
    • By NamsanCourseID
      Halooo.. anak gaul Jakarta Selatan.. Saat ini Namsan Course, lembaga kursus bahasa Korea sudah hadir di Plaza Blok M lantai 5.
      Sudah menjadi member Namsan Course? Sudah mendapatkan referral card? Kumpulkan 30 stamps di referral card kamu, caranya dengan merekomendasikan minimal 30 temanmu untuk bergabung di Namsan Course. Lalu trip gratis ke Korea dengan 4 pilihan musim siap menantimu!!! Buat yang belum dapat referral card buruan bergabung.. :)
      Gampang kan caranya? Ayooo rame-rame belajar di Namsan Course.
      Detail info kursus di Namsan Course ada di link ini ---> http://bit.ly/namsancourse
      Selain belajar bahasa Korea, kalian juga punya kesempatan untuk ikutan trip murah ke Korea.
      Jadwal program trip #BeSurvivalInKorea tahun 2017 sudah ada. Nih tanggalnya per musim:
      *Spring: 12-18 April '17
      *Summer: 24-30 Mei '17
      *Autumn: 20-26 Sept '17
      *Winter: 27 Des '17 - 2 Jan '18
      Bagi yang belum tau apa itu program BSIK, bisa klik infonya di sini http://bit.ly/2fI1rAh
      Jangan sampe ketinggalan. Karena ada diskon 5% plus merchandise Kpop gratis bagi kamu yang mendaftar 2 orang atau lebih. Grab it faster!! ^^
      Info lebih lanjut bisa hubungi kami:
      Email: info@namsankoreancourse.com
      Official website: www.namsankoreancourse.com
      Call center: (021) 7209373
      Fanpage FB: Namsan Korean Language Course
      Twitter: @namsancourse
       

    • By imagologi
      Kota Malang

      Kota Malang menjadi album   menarik bagi para backpacker Indonesia yang ada di penjuru dunia. Ragam wisata edukatif, wisata informatif, wisata alam, , maupun wisata modern bisa ditemukan di kota ini.
      Wisata kuliner yang berkesan di lidah dan renyah di kantong tentu juga menjadi kesan tersendiri bagi para backpacker untuk berkunjung ke Kota Malang. Kota Malang adalah kota yang berada di wilayah Propinsi Jawa Timur.
      Melimpahnya menu kunjungan wisata seperti  Alun-Alun Kota Malang, Pantai Sempu, Pantai Gatra dan tentunya ragam museum yang akan mengingatkanmu pada perjuangan masa lalu. Jangan susah move on ya
      Selain itu, Kota Malang bisa kamu hinggapi dengan ragam penginapan yang dapat membuat kamu sejenak melepas lelah pasca berwahana keliling kota.
      Kota Lumajang

      Menu favorit berikutnya berada di samping Malang yaitu, Lumajang.  Apabila kamu mengetik wisata Lumajang di search engine, akan tampil banyak aneka wisata pilihan yang bisa kamu cantumkan sebagai destinasi backpacker-anmu berikutnya.
      Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Kabupaten Lumajang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kamu tinggal melewati Malang bagian selatan untuk kemudian menikmati perjalanan dengan rimbunnya suasana  sekitar.
      Lumajang sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata dengan panorama yang mempesona. Backpackeranmu tidak akan mengecewakan  setelah mengunjungi destinasi favorit di Kota Lumajang dan sekitarnya seperti, Puncak B 29, Kebun Teh Kertowono atau kamu mau mencicipi eloknya Ranu Kumbolo? Ditunggu ya kunjungannya.
      Kota Banyuwangi

      Segudang tempat wisata dan rantai festival tersaji apik di Banyuwangi.  Ditambah lagi adanya tempat wisata yang keren dan indah sontak membuat kabupaten yang berada di ujung timur pulau Jawa ini memiliki banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi tanpa harus mendebarkan saku. Peta wisata Banyuwangi memiliki kontur wilayah yang begitu unik mulai dari dataran rendah hingga tinggi.
      Kontur semacam ini secara tidak langsung menciptakan banyak objek tempat wisata alam yang memukau. Pantai di kawasan ini masih sangat bersih dan jauh dari polusi sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata pantai untuk keluarga yang hemat namun tetap menonjolkan keindahannya. Selain pantai, Banyuwangi juga memiliki latar belakang gunung bagi kamu penggemar  suasana tenang dan rimbun.
      Kota Batu

      Rutinitas seringkali membuat penat dan menghambat produktivitas. Oleh karena itu, refreshing mutlak diperlukan, terutama bagi pekerja kantoran. Salah satu cara ampuh untuk menyegarkan pikiran adalah dengan pergi berlibur. Biasanya, liburan akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang terdekat, misalnya keluarga.
      Karena itu, pemilihan destinasi merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan. Pilihlah destinasi yang bisa dinikmati oleh setiap anggota keluarga. Kota Wisata Batu adalah jawabannya. Kota yang satu ini sedang menjadi buah bibir di kalangan wisatawan berkat objek wisatanya yang unik dan beragam. Ditambah keindahan alam dan hawanya yang sejuk, membuat Kota Batu kian mempesona.
      Dalam beberapa tahun terakhir, industri pariwisata di Batu berkembang kian pesat. Beragam objek wisata yang unik dan menarik bermunculan dan berhasil menggaet gairah berkunjung para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berkat promosi dan pengelolaan objek wisata yang baik, Batu kini menjelma menjadi primadona baru sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan, mulai dari anak-anak sampai dewasa.
      Dilansir dari imagologi.com