Sign in to follow this  
Banyusmom

Pesona di Pantai-Pantai Selatan Garut

4 posts in this topic

 Untuk mendapatkan Pantai yang indah, rasanya anda tidak perlu jauh-jauh ke Lombok maupun sampai ke Pulau Bali. Garut pun memiliki pantai yang tidak kalah indah terutama Garut Selatan. Pantai di Garut Selatan terkenal karena pantai di daerah ini masih cukup sepi dan suhu udaranya juga tidak terlalu terik. Untuk menuju pantai-pantai di Garut kita harus melewati gunung yang disertai dengan hamparan kebun teh sehingga anda tidak akan merasa bosan sepanjang perjalanan karena, anda bisa melihat orang yang sedang memanen teh atau melihat pemandangan hijaunya kebun teh. Bila anda memiliki waktu luang tak ada salahnya apabila anda mengajak keluarga, teman, dan  sanak saudara untuk mengunjungi kota Garut dan mampir ke pantai-pantai di bawah ini.

 

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heluang ini merupakan pantai yang menyimpan sejuta pesona karena hamparan batu karang yang terhampar luas dan deburan ombak yang tinggi disertai sensasi tiupan angin yang kencang. Pantai Sayang Heulang, terletak di desa Manca Gahar Kecamatan Pameungpeuk.  Belum banyaknya pembangunan membuat pantai ini bersih, asri, dan alami . Sejumlah fasilitas sudah tersedia di tempat ini seperti penginapan, wc umum, mushola,tempat parker,  kios-kios pedagang dan yang lainnya.

 

Pantai Santolo

Di pantai Santolo ini nelayan tradisional biasanya berkumpul dan pemandangan kapal nelayan yang berlabuh merupakan pemandangan yang dapat anda temukan disana. Anda dapat ber snorkeling ria sambil mengamati biota laut  dan panorama laut yang menakjubkan. Anda juga dapat membeli ikan segar yang ditangkap langsung dari laut kemudian menjadikannya sebagai oleh-oleh atau bahkan hidangan santap makan malam di pantai pasir putih ini. Sambil makan malam, anda juga dapat menikmati sun set yang indah

Di pantai ini juga terdapat  bangunan LAPAN ( Lembaga Penelitian Antariksa) yang dilengkapi dengan lapangan yang cukup luas. Selain itu terdapat pula pangkalan militer , lapangan terbang dan bunker-bunker peninggalan Belanda

Di pantai ini, fasilitasnya juga sudah memadai mulai dari penginapan, mushola, wc umun, kios-kios pedagang cinderamata, hingga warung-warung dan losmen pun tersedia.

 

 

Pantai Gunung Geder

Pantai ini menawarkan landscape yang menawan karena perpaduan antara pasir putih yang dihempas deburan ombak serta hamparan sawah hijau ditambah pohon kelapa, ketapang  dan pantai.

Pasir putih disini mendekati bibir pantai dan pasir kecoklatan yang mendekat ke daratan. Tiupan kencang  angin serta deburan ombak yang menyapu karang menambah ketentraman di pantai ini.

 

Taman Manalusu

Walaupun pantai ini tidak sepopuler pantai-pantai selatan lainnya namun, pantai ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai ini ditemukan oleh seorang Administratur Perkebunan Kelapa Sawit.

Pada dasarnya Taman Manasulu adalah sebuah hamparan karang dengan sebuah lubang yang berada diantara karang-karang (seng-sengan). Kabarnya lubang tersebut sampai ke tengah laut.

 

Puncak Guha

Kalau membicarakan tentang pantai ini, rasanya jadi teringat akan film Perahu Kertas karena disinilah tempat bertemunya kedua tokoh utama film ini yakni Kugy dan Keenan.

Pantai ini terbilang sepi karena tidak ada pedagang yang menjajakan jualannya. Anda dapat menikmati  hamparan pemandangan pantai Laut Selatan yang cantik dari ketinggian 7 meter.

Di pantai ini biaya masuknya pun gratis. Anda juga bisa melihat pemandangan melalui Tebing yang ditumbuhi rumput-rumput sehingga mirip bukit Teletubies. Namun, anda patut berhati-hati karena tebingnya cukup tinggi

 

Pantai Rancabuaya

 Pantai Rancabuaya memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut dengan  curah hujan sebesar 1.200 mm/tahun dan penyinaran matahari yang sedangditambah dengan kecilnya  kekuatan tiupan angin.

Pantai ini memliki air pantai berwarna biru yang disertai material dasar laut berupa pasir halus, batu karang, dan pasir kasar.

Pohon kelapa dan ketapang merupakan flora dominan yang tumbuh di pantai ini. Sedangkan ikan tuna dan ikan karang dapat dengan mudah kita jumpai di pantai ini.

Dari Santolo, pantai ini berjarak 30 km. Kita dapat menuju Ranca Buaya dengan menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam.

Pantai ini berbatasan dengan Rancabuaya di sebelah utara. Di sebelah Barat dengan Samudera Hindia, Selatan dengan Desa Indralayang, dan Timur dengan Desa. Namun lahan pertanian dan perkebunan menjadi batas alami dari pantai ini.

 

Itulah tadi beberapa pantai di Garut yang patut anda kunjungi. Ternyata selain terkenal dengan makanan khasnya yakni dodol, Garut juga terkenal akan pantainya. Selamat berlibur dan menikmati pantai Garut..

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this