Sign in to follow this  
Banyusmom

WISATA HEMAT DI IBUKOTA

7 posts in this topic

 Bila anda berencana untuk liburan di Ibukota dengan budget yang tipis, anda tidak perlu khawatir karena di Jakarta kita tidak hanya bisa shopping saja, kita bisa mengunjungi tempat wisata yang tentunya tidak kalah asyik dari mall. Berikut beberapa tempat yang patut anda kunjungi 

 

Wisata Kota Tua Museum Fatahillah

Kawasan ini merupakan kawasan bersejarah karena merupakan awal dari masa depan kota Jakarta sejak abad 14. Luas kawasan ini sekitar 139 hektar. Disini anak-anak bisa belajar mengenal sejarah Jakarta. Jadi tidak ada salahnya apabila anda mengunjungi museum ini. Biaya masuknya pun murah.  Lingkungan yang termasuk dalam wilayah kota tua ini meliputi Pasar Ikan, Sunda Kelap, Kali Besar, Taman fatahillah, Glodok,dan Luar Batang.

 

Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan yang menghungkan antara pulau tidung besar ke pulau tidung kecil ini kalau di hitung panjangnya hanya sekitar 100 meteran, namun panorama pemandangan biota laut yang sangat menakjubkan membuat kita merasa tenang disini. Beningnya air laut terlihat dari ikan laut dan terumbu karang yang berenang di bawahnya. Kalau anda  ingin mengunjungi pulau ini sebaiknya anda membawa uang receh sebanyak-banyaknya karena disana kalau kita berbelanja sesuatu dan tidak ada kembalian, maka dianggap impas, hehe

Disini anda bisa bermain permainan olahraga air seperti jetski, banana boat, atau kano yang disewakan dengan harga cukup murah. Namun anda perlu memperhatikan jadwal kepulangan anda karena transportasi di pulau ini tidak setiap menit lewat sehingga apabila terlalu sore anda harus menginap dengan menyewa rumah penduduk.

 

Taman Suropati.

Walaupun Jakarta merupakan ibukota yang penuh dengan gedung bertingkat namun, ternyata Jakarta memiliki taman-taman yang berguna untuk memperindah kota. Salah satunya adalah Taman Suropati yang berada di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Masyarakat memanfaatkan taman ini untuk aktivitas mereka seperti jogging atau hanya sekedar duduk di area taman. Sedangkan beberapa komunitas anak muda biasanya mengunjungi taman ini pada malam hari.

 

Pulau Pari


Pulau pari ini tidak terlalu besar, hanya mempunyai luas sekitar 40 Hektar namun keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Lokasinya berada di gugusan pulau seribu yang landai dan berpasir putih sehingga pemandangan disini sangat indah. Oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) tempat ini sering dijadikan tempat konservasi dan penelitian terumbu karang.

Dari Muara Angke, pulau ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam. Anda juga bisa mencoba alternatif  lain misalnya dari pelabuhan marina ancol atau pelabuhan rawa saban tangerang dengan menggunakan kapal kerapu. Seperti di Karimunjawa, disini biotanya sangat menakjubkan sehingga cocok bagi anda yang ingin snorkeling atau hanya ingin memanjakan mata.

 

Wisata murah meriah di Monas

Monas yang merupakan ikon Jakarta ini patut anda kunjungi sebab rasanya kurang afdol apabila ke Jakarta namun, belum mengunjungi Monas. Selain murah, lokasinya pun sangat strategis karena posisinya terletak di jantung kota Jakarta yakni di lapangan medan merdeka Jakarta Pusat. Selain dapat melihat monas dari dekat, disini anda juga bisa melihat istana kepresidenan yang terletak persis di depannya.

Apabila anda mengunjungi Monas maka anda akan disambut oleh sekawanan kijang yang memang sengaja dilepas dikawasan tersebut. Kabarnya kijang-kijang ini berasal dari istana Bogor.

 

Wisata Anak Anak


Menemukan area lapangan yang terbuka untuk bermain anak nampaknya merupakan hal yang sulit karena padatnya kota Jakarta oleh bangunan-bangunan megah. Oleh karena itu kami mencoba untuk mereferensikan tempat yang cocok untuk liburan anak anda

Museum Bahari

Museum ini terletak di Jl.Pasar Ikan No.1 Jakarta Utara (Daerah Sunda Kelapa) dengan harga tiket masuk sebesar Rp.2000 untuk umum. Museum yang buka setiap hari Selasa-Minggu ini akan mengajak anda dan anak anda untuk mempelajari ilmu sejarah bahari melalui miniature kapal yang ada disana.

Pusat Primata Schmutzer

Apabila anda ingin mengajak anak anda untuk melihat secara langsung keanekaragaman hewan primata, termasuk gorilla anda cukup mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan di Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Jakarta dengan tiket masuk sebesar Rp.2000.

Sea World Indonesia

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp.12.000 pada hari  biasa  dan 17.000 pada hari libur  Sea World siap mengajak anak anda untuk berpetualang memegang ikan dan bersahabat dengan biota laut lainnya. Sea World ini berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Jl.Lodan Timur No.7 Jakarta.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Jangan lupa wisata ke museum-museum juga. Biasanya sih biayanya murah-murah tuh. Kalau ke kota tua juga biasanya ke museum-museum kaya museum Sejarah Jakarta (Fatahillah), museum Wayang, museum bank Mandiri, dsb. Terus tempatnya juga biasanya cukup oke buat teman-teman yang mau foto-foto... atau mungkin buat yang mau liat model-model di foto juga bisa ke sana hahaha.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this