Sign in to follow this  
mingke

Kepulauan Galapagos, Ragam Hayati dan Keindahan di Dalamnya

1 post in this topic

Kepulauan Galapagos. Tempat ini sangat terkenal karena keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Kepulauan yang berada di Lautan Pasifik ini memang mempunyai beberapa hewan-hewan unik atau endemik yang tak akan bisa ditemukan di tempat lain.

 

Kepulauan inilah yang menjadi dasar bagi seorang Charles Darwin untuk mengeluarkan teori evolusi miliknya. Hampir semua orang tentunya tahu dong apa itu teori Darwin, yang kalau zaman SD atau SMP dulu kerap digambarkan dengan dua jenis jerapah, yakni jerapah leher pendek dan jerapah leher panjang.

 

Secara politis, Kepulauan Galapagos ini merupakan bagian dari negara Ekuador, Amerika Selatan. Dan, kepulauan ini pun merupakan wilayah yang berpenghuni, meskipun Galapagos sendiri telah ditetapkan sebagai cagar alam pada tahun 1959. Jadi, kepulauan ini pun bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Terdapat lima pulau yang berpenghuni di kepulauan ini, yakni Baltra, Floreana, Isabela, San Cristobal dan Santa Cruz.

 

Namun, dari keseluruhan luas kepulauan, 97.5 persen di antaranya digunakan untuk perlindungan terhadap hewan-hewan endemik. Hewan-hewan yang terkenal di sini antara lain adalah kura-kura Galapagos, Iguana laut dan iguana darat Galapagos dan lain-lain. Dan, sebagai sebuah negara kepulauan, Galapagos juga menyajikan pemandangan pantai dan laut yang eksotis.

 

SulaNebouxi.jpg

 

 

Iguanamarina.jpg

 

pic_09.jpg

 

6486908-Zodiac_in_Galapagos_Galapagos_Is

 

5861947-Ferry_at_Canal_de_Itabaca_Galapa

 

Lalu, bagaimana cara menuju ke Galapagos? Untuk perjalanan menggunakan transportasi udara, hanya bisa dilakukan ke dua pulau, yakni San Cristobal dan Baltra. Sarana transportasi udara dari tempat ini semuanya bisa dilakukan dari Ekuador, baik dari Quito ataupun Guayaquil, tidak ada penerbangan internasional menuju tempat ini.

 

Lama perjalanan dari menuju ke Galapagos pun tak terlalu lama. Untuk perjalanan dari Quito membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Sementara, kalau dari Guayaquil, membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni sekitar satu setengah jam. Selanjutnya, kita pun bisa menggunakan sarana transportasi air untuk beralih dari satu pulau ke pulau lain. Kita pun bisa dengan mudah menemukan banyak taksi perahu yang ada di Galapagos.

 

5867158-Baltra_Airport_Isla_Baltra.jpg

 

Selanjutnya, bagaimana dengan waktu yang tepat untuk berwisata ke Galapagos? Kalau Anda ingin datang pada low season, bisa mempertimbangkan waktu sekitar bulan April, Mei, September serta Oktober. Di waktu-waktu ini, kita bisa dapat harga yang lebih murah.

 

Namun, kalau Anda ingin menyaksikan pemandangan yang paling menarik, harus memperhatikan kondisi cuaca. Dari bulan Juni hingga Desember merupakan 'musim kering/ dry season' di Galapagos. Di waktu ini, mamalia laut dan burung darat memiliki aktivitas tinggi. Namun, pada waktu ini laut memiliki suhu yang dingin. Jadi, akan kesulitan kalau ingin melakukan snorkeling atau diving.

 

Sementara itu antara bulan Desember hingga Mei dianggap sebagai 'warm season' dengan udara yang cukup hangat. Suhu laut pun lebih hangat pada musim hangat ini. Tak heran di waktu ini banyak yang ber-snorkeling dan diving. Secara umum, karena Galapagos merupakan sebuah kawasan yang berada tidak jauh dari garis ekuator, suasana di sini pun tidak akan jauh berbeda dengan di Indonesia.

 

Kalau Anda ingin melakukan diving di Galapagos, terdapat beberapa lokasi yang menjadi spot favorit pada penyelam. Pada ‘musim kering’ di mana terdapat aliran Humboldt, suhu air laut berkisar 10 derajat Celcius. Sementara itu pada ‘musim hangat’, suhu air laut di Galapagos sekitar 23 derajat Celcius. Mengenai lokasi penyelaman, di antaranya adalah Gordon’s Rock, Punto Espejo, Leon Dormido serta Darwin & Wolf Islands.

 

Kalau tak bisa diving, kita juga dapat mencoba aktivitas snorkeling yang notabene tak membutuhkan keahlian seperti diving. Biasanya, layanan tur di kepulauan ini terintegrasi dengan penawaran snorkeling. Namun, ada baiknya bertanya terlebih dahulu, daripada nantinya kita bayar lebih mahal. Dengan snorkeling, kita pun bisa menyaksikan keanekaragaman hayati laut di Galapagos seperti kura-kura laut, pengiun ataupun gurita magenta.Untuk lokasi snorkeling, biasanya para pengunjung kepulauan galapagos datang ke Pinnacle Rock yang ada di Pulau Bartolome.

 

pic_10.jpg

 

Selain dua kegiatan tersebut, kita juga bisa menikmati kegiatan lain di Galapagos, terutama adalah kegiatan yang menantang adrenalin seperti menunggang kuda, kayak, mountain bike, hiking dan lain-lain. Sedangkan untuk penginapan sendiri, di kota-kota yang ada di kepulauan Galapagos, jangan khawatir terdapat beberapa hotel kecil yang bisa dimanfaatkan.

 

Namun, melihat suasana alamnya, nampaknya Galapagos bukan lokasi tempat wisata yang bisa didatangi dengan biaya murah deh. Namun, karena saya sendiri belum memiliki pengalaman untuk datang ke sini, saya hanya bisa berasumsi. Tapi, menengok kondisi alamnya, perjalanan ke Kepulauan Galapagos nampaknya bakal menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this