• 0
Luwaks

Arsenal ke Indonesia

Question

Kembali Satu Team Besar akan melakukan laga persahabatan di Indonesia. The Gunners Arsenal akan melakukan serangkaian laga persahabatan dengan team Indonesia pada tanggal 13 - 14 Juli 2013.

 

Arsenal yang direncanakan akan didampingi Arsene wenger serta beberapa pemain kunci Arsenal sebenarnya telah datang ke kawasan asia tenggara tahun 2012. tapi lebih memilih Malaysia. Jadi sekarang mereka memilih Indonesia untuk dikunjungi.

 

Kemungkinan laga perlangsung di Gelora Bung Karno, dan juga akan ditayangkan di RCTI karena acara ini di disponsori oleh MNC TV.

 

Mungkin tiket akan diperjual belikan beberapa minggu kedepan. jadi jangan ketinggalan yah.

Apalagi untuk Fans berat ARSENAL!!!

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

42 answers to this question

  • 0

Ini ada jadwal Tour dari Team2 terkenal yang akan ke Indonesia

 

23-28 Mei 2013: Hamburg SV, AS Roma dan Persebaya
27 Mei-1 Juni 2013: Juventus, Malaysia, dan Indonesia Selection
31 Mei 2013: Arsenal - Indonesia Selection
21 Juli 2013: Liverpool - Indonesia Selection

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

mantab ini bro, setelah 30 tahun ya mereka baru bertandang ke Indonesia...tiketnya kira2 berapa ya :ph34r:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah hebat yah arsenal dateng ke Indo. jangan kaya MU aja batal dateng karena ancaman BOM.

Moga2 si Cazorla, Walcott ama Wilshere dateng....

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wahhhhh,,,,,,,,,,,,,

jadi pengen liat langsung niiiiiii :D

semoga bisa dehhhh :P

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah kayaknya pengen balas dendam 30 tahun lalu mereka kalah hehehee

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kalo misalnya nanti PSSI di bubarin sama menpora terus indonesia di banned ama fifa, berarti mereka akan batal ke indonesia ya? ada yang tau?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kalo misalnya nanti PSSI di bubarin sama menpora terus indonesia di banned ama fifa, berarti mereka akan batal ke indonesia ya? ada yang tau?

naah ini juga mau tanya hal serupa... mungkin ini bakal cuman jadi ajang hiburan aja deh... untuk ngelupain sesaat masalah pssi

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Menurut saya sih meski PSSI bubar, ini masih tetap jalan, karena kan ini mainnya all star bukan timnas PSSI.

Lagian ada yang danain kok, kalau ada duit pasti jalan.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

katanya nanti chelsea juga mau ke indonesia Juli. tambah banyak aja deh tim top dari liga inggris. belum nanti ada rencana timnas argentina mau ke indonesia juga.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah makin banyak yah tim asing yang mau dateng tapi wajar sih, abis banyak yang suka nonton bola di Indo. mungkin paling banyak di asia Tenggara.

Tapi semoga aja ga ada kerusuhan atau yang aneh2.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kereeeennn....

 

Arsenal emang memiliki fans fanatik meski sudah lama puasa gelar tapi mereka masih setia sebagai pendukungnya....termasuk saya neh...hehehe, wah udah ngga sabar pengen liat aksi Theo Walcott di stadion Bung Karno :blink:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Ini ada jadwal Tour dari Team2 terkenal yang akan ke Indonesia

 

23-28 Mei 2013: Hamburg SV, AS Roma dan Persebaya

27 Mei-1 Juni 2013: Juventus, Malaysia, dan Indonesia Selection

31 Mei 2013: Arsenal - Indonesia Selection

21 Juli 2013: Liverpool - Indonesia Selection

waw wajib dipantengin ini :rolleyes:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah hebat yah arsenal dateng ke Indo. jangan kaya MU aja batal dateng karena ancaman BOM.

Moga2 si Cazorla, Walcott ama Wilshere dateng....

Amiin :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

katanya nanti chelsea juga mau ke indonesia Juli. tambah banyak aja deh tim top dari liga inggris. belum nanti ada rencana timnas argentina mau ke indonesia juga.

 

 

Ini ada jadwal Tour dari Team2 terkenal yang akan ke Indonesia

 

23-28 Mei 2013: Hamburg SV, AS Roma dan Persebaya

27 Mei-1 Juni 2013: Juventus, Malaysia, dan Indonesia Selection

31 Mei 2013: Arsenal - Indonesia Selection

21 Juli 2013: Liverpool - Indonesia Selection

 

 

iya, saya taunya malah chelsea yang dateng ke Indonesia. coba sekalian Tottenham sama Fulham dateng ke Indonesia. ahahaha

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

makin rame yah tim liga inggris yang dateng ke indo.

Dsini pada suka nonton bola sih, hampir semua liga dari inggris sampe prancis ditayangin.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

seneng banget ada tim-tim besar seperti arsenal, hamburg, juventus, dll mau dateng ke indonesia.. tp kayanya useless kalau timnas indonesia tidak belajar sesuatu dari mereka..timnas selection yang melawan mereka isinya kebanyakan pemain" jadul yang udah pensiun dari sepakbola atau timnas  :huh:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

ya sayang nya tim sepakbola kita sendiri semrawut Jeroannya hahahha

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

berharap real madrid ke indonesia secepatnya

 

Kalau ini sih pasti, apalagi indo banyak yang suka sama bola, tapi sepertinya ga tahun ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Pengen Ketemu trisula aborigin dari Arsenal : Diaby, Sagna sama Gervinho ..ahahah

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

ayo yang noton, kita sekalian kopdar. tahun lalu saya sudah sempat nonton di Malaysia.. dan sempet foto sama pemain... hehehe

 

yang mau dateng besok 14 Juli, ayooo barengg...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • Danau-Danau Terindah di Indonesia yang Menanti untuk Kamu Kunjungi
      By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah ruah baik dari dasar laut hingga sampai ke puncak gunung. Indonesia sendiri memiliki jutaan flora dan fauna yang beragam dan tak pernah bosan untuk dipandang.
      Ya, Indonesia memiliki banyak danau cantik yang menanti untuk kamu kunjungi. Indonesia memang memiliki banyak danau indah yang seru untuk kamu sambangi.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi danau-danau cantik yang ada di Indonesia? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam danau-danau terindah di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi.
       
      1. Danau Kakaban
       

       

      Danau Kakaban, Kalimantan Timur 
       
      Inilah dia salah satu danau cantik yang dapat kamu kunjungi di Indonesia. Danau ini adalah Danau Kakaban yang terletak di Kalimantan Timur.
      Danau Kakaban sendiri merupakan air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban. Air ini merupakan air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, ditambah dengan air dari dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun yang lalu.
      Danau Kakaban merupakan danau prasejarah, yaitu zaman peralihan Holosin. Luasnya sekitar 5 km², berdinding karang terjal setinggi 50 meter, yang mengakibatkan air laut yang terperangkap tidak lagi bisa keluar, menjadi danau. Secara administratif, Danau Kakaban termasuk wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
      Nah, konon Kakaban sendiri memiliki arti memeluk. Hal ini berarti Kakaban merupakan pulau yang memeluk danau.
      Air yang masuk ke dalam danau ini dapat menjadi lebih tawar dan tentunya dapat menyebabkan perubahan ekosistem yang unik. Perubahan ini kemudian juga berdampak pada fauna laut yang ada di dalamnya.
      Ubur-ubur misalnya, karena terbatasnya makanan, akhirnya beradaptasi dengan melakukan simbiosis mutualisme dengan algae. Algae adalah penghasil makanan dan harus memasak makanan dengan bantuan sinar matahari.
      Nah, untuk dapat menambah seru perjalanan wisatamu di Kalimantan Timur, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi Danau Kakaban yang satu ini.
       
      2. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur


      Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur 
       
      Inilah dia danau selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin melihat pemandangan danau indah di Indonesia. Danau ini merupakan Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur. Danau ini merupakan danau yang bening seperti kaca dengan dua rasa, yaitu danau air tawar dan air asin. Hal inilah yang menjadi keunikan Danau Labuan Cermin.
      Pada permukaan danau, kamu dapat menemukan air tawar yang tidak tercampurkan. Nah, sementara itu pada bagian dasar danau, kamu dapat menemukan air asin.
      Perbedaan air tersebut menyebabkan terjadinya perbedaan antara ikan yang terdapat di permukaan danau dengan di dasar danau. Ya, setelah mengunjungi Danau Kakaban, kamu kemudian dapat mengunjungi Danau Labuan Cermin yang satu ini.
      Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.
      Perjalanan menuju danau dua rasa ini memang tergolong tidak begitu jauh. Nah, kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 15 menit sejak memasuki jalan masuk yang dihalangi oleh pipa sumber air bersih yang menghalangi perahu untuk masuk ke danau ketika air pasang.
      Kemudian, kamu dapat melihat danau cantik dengan warna biru kehijauan. Cantik sekali, bukan?
               
      3. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur
       

       

      Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur 
       
      Danau selanjutnya yang dapat kamu sambangi adalah Danau Kelimutu. Danau ini terletak di Nusa Tenggara Timur.
      Ya, tidak ada keindahan alam yang tidak indah di Nusa Tenggara Timur. Dari mulai pegunungan hingga danaunya, semuanya sangat indah. Nah, begitu pun dengan danau yang satu ini.
      Danau Kelimutu ini merupakan sebuah danau yang terletak di Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu sendiri terdiri dari tiga buah danau berbeda warna yang sering berubah-ubah warnanya.
      Lokasi Danau Kelimutu ini terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.
      Danau Kelimutu ini terletak di puncak Gunung Kelimutu atau sekitar 1.690 meter di atas permukaan laut. Danau Kelimutu terdiri dari tiga buah ‘kubangan’ atau kawah dengan warna yang berbeda-beda.
      Danau Kelimutu ini sendiri merupakan Danau Tiga Warna yang indah dan menarik. Yang menyenangkan lagi adalah jarak antara danau ini juga berdekatan dan tidak berjauhan.
      Warna air danau umumnya adalah merah, putih dan biru, namun bisa berubah menjadi hijau, hitam dan coklat, atau variasi warna lainnya. Uniknya, saat para peneliti mencoba mengambil air danau ini sebagai sampel, airnya bening tanpa warna.
      Ketiga danau ini dipisahkan oleh tebing batu curam yang mudah longsor. Wisatawan sangat diharapkan untuk mampu menjaga jarak aman saat berada di area sekitar danau.
      Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Kelimutu adalah dari bulan Juni hingga Agustus. Hal ini karena pada bulan-bulan tersebut, hujan cenderung tidak turun sehingga medan yang harus dilewati juga cenderung aman.
      Jika kamu ingin mendapatkan pemandangan terbaik dari Danau Kelimutu, kamu dapat mencoba untuk mendaki danau ini dari pukul 2-3 pagi. Nah, cobalah untuk mendaki danau ini dari kawasan Moni. Moni sendiri merupakan desa terdekat dengan lokasi danau. Sesampainya di puncak, kamu dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang terletak di atas Danau Kelimutu. Pemandangan tersebut sangat indah dan cantik.
      Nah, kamu juga dapat menggunakan fasilitas penginapan yang terdapat di kawasan Moni tersebut. Ya, di Moni dan beberapa desa sekitar terdapat banyak penginapan. Dengan menginap di lokasi terdekat dengan kawasan ini, tentunya akan dapat memudahkan kamu dalam persiapan mendaki.
       
      4. Danau Toba, Sumatera Utara
       

       

      Danau Toba, Sumatera Utara 
       
      Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik indah yang dimiliki oleh Indonesia. Danau ini memiliki luas yang mencapai hingga 1.145 kilometer persegi. Selain itu, danau ini juga terlihat seperti lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.
      Selain disebut sebagai danau terluas, Danau Toba ini sendiri merupakan danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai sekitar 450 meter.
      Nah, di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir ini memiliki dua danau kecil yang bernama Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni.
      Pulau Samosir sendiri bukanlah merupakan pulau yang kosong. Ya, di dalamnya ditinggali oleh suku Batak Samosir. Selain itu, Suku Batak yang tinggal di Pulau Samosir ini masih memegang teguh kepercayaan leluhur.
      Bagi masyarakat Batak yang tinggal di sekitar Danau Toba ini, danau ini bukan hanya merupakan tempat wisata alam yang memiliki kecantikan luar biasa. Mereka percaya bahwa Danau Toba merupakan tempat bersemayamnya tujuh dewi suku Batak yang biasa disebut dengan Namborru.
      Setiap kali akan melakukan kegiatan di sekitar danau, biasanya masyarakat akan berdoa terlebih dahulu agar kegiatan tersebut diberikan kelancaran.
      Keunikan dan keindahan Danau Toba tentu dapat membuatmu merasa tertarik dan ingin mengunjunginya. Nah, untuk melengkapi keseruan perjalanan wisatamu ketika mengunjungi Sumatera Utara, jangan lupa untuk mengunjungi danau cantik yang satu ini.
       
      5. Danau Sentani, Papua
       

       

      Danau Sentani, Papua
       
      Danau cantik selanjutnya yang dapat kamu sambangi adalah Danau Sentani. Danau cantik ini terletak di Provinsi Papua.
      Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Nah, selain itu, danau ini juga terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.
      Danau Sentani ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani ini juga merupakan danau terbesar yang berada di Provinsi Papua.
      Saking besarnya Danau Sentani, dari atas udara kamu dapat menemukan berbagai pulau di dalamnya. Di sekitar Danau Sentani sendiri, setidaknya terdapat 24 desa yang dihuni oleh banyak penduduk dan suku lokal.
      Para penduduk lokal biasanya menjual hasil kerajinan tangan khas Papua. Menyenangkan sekali, bukan?
      Salah satu pulau yang sangat populer di Danau Sentani adalah Pulau Asei. Nah, di pulau tersebut, wisatawan dapat berbelanja kerajinan tangan khas Papua seperti kain kulit kayu bermotif indah dan lain-lain.
      Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Sentani adalah pada waktu bulan Juni. Ya, pada waktu tersebut biasanya terdapat Festival Danau Sentani sehingga tentu kamu akan dapat melihat pemandangan indah festival danau tersebut.
      Dalam festival tersebut, kamu dapat melihat atraksi dari suku lokal. Nah, atraksi itu termasuk ‘tarian perang’ yang dulu dilakukan secara sungguhan.
      Danau Sentani ini memiliki kecantikan yang luar biasa. Untuk itu, pastikan kamu tidak tertidur ketika berada di pesawat agar kamu tetap dapat menyaksikan keindahan danau cantik yang satu ini.
       
      6. Danau Tondano, Sulawesi Utara
       

       

      Danau Tondano, Sulawesi Utara
       
      Inilah dia danau cantik lainnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan pemandangan cantik. Danau ini merupakan Danau Tondano di Sulawesi Utara.
      Danau Tondano ini merupakan danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara. Danau ini diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang.
      Danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar, seperti ikan mujair, gurame, lobster hitam, payangka wiko (udang kecil), nike sepat siang (arwana) dan lain-lain. Danau ini berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Nah, selain itu danau ini juga memiliki luas sekitar 4.278 hektar.
      Danau Tondano memiliki daya tarik wisata yang disebut "Sumaru Endo" Remboken, dan Resor Wisata Bukit Pinus (dari Tondano menuju Toliang Oki).
      Dari sisi danau di Toliang Oki dan Tondano Pante Anda dapat melihat laut Maluku yang indah, di luar bukit Lembean. Biaya Masuk ke obyek wisata ini adalah Rp 4.000,00 ditambah asuransi.        
      Jika kamu berencana untuk mengelilingi Danau Tondano, kamu dapat mengelilingi danau tersebut dengan menggunakan perahu. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menggunakan perahu adalah sekitar Rp 50.000,00.
      Perahu biasanya menunggu hingga mampu dipenuhi oleh 10 penumpang. Nah, di bagian tengah danau terdapat sebuah pulau. Pulau tersebut adalah Pulau Likri, namun sayang kamu tidak dapat berhenti di pulau ini.
       
      7. Danau Maninjau, Sumatera Barat
       

       

      Danau Maninjau, Sumatera Barat 
       
      Danau Maninjau adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Danau Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang terletak di ketinggian 461,5 meter di atas permukaan laut.
      Salah satu hal yang menarik ketika kamu mengunjungi danau ini adalah danau ini memiliki hawa yang sejuk. Nah, hal ini tentu saja akan membuatmu betah berlama-lama berada di Danau Maninjau.
      Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan di Danau Maninjau ini adalah parasailing, dan terbang tendem. Kedua aktivitas ini dapat kamu lakukan di atas danau yang luas ini dan merupakan danau terbesar ke 11 di Indonesia ini.
      Untuk mencapai Danau Maninjau, kamu akan melewati jalan menurun yang memiliki banyak kelokan. Kelokan tersebut merupakan Kelok 44.
      Puncak tertinggi untuk perbukitan Danau Maninjau sendiri bernama Puncak Lawang. Nah, selain itu, Danau Maninjau juga merupakan sumber air untuk sungai yang bernama Batang Sri Atokan.
      Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Sri Antokan terdapat PLTA Maninjau.
      Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu ketika mengunjungi Sumatera Barat, jangan lupa sisihkan waktumu untuk mengunjungi Danau Maninjau cantik yang satu ini.
       
      8. Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat
       

       

      Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat 
       
      Danau cantik selanjutnya adalah Danau Segara Anak yang terletak di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Nama Segara Anak sendiri berarti ‘Anak Laut’.
      Pemberian nama Segara Anak dimaksudkan karena warna biru yang dimiliki oleh danau Segara Anak mengingatkan pada biru laut. Danau ini terletak di kaldera Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Nusa Tenggara Barat.
      Danau Segara Anak ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2.000 mdpl. Jika kamu berencana mendaki Gunung Rinjani, tour guide biasanya akan berencana untuk membawamu menyambangi danau cantik yang satu ini pula.
      Karena keindahannya, banyak wisatawan yang datang mengunjungi Danau Segara Anak ini dan menginap di sana. Mereka menginap untuk menikmati keindahan pemandangan alam yang ditawarkan danau ini secara lebih dekat.
      Nah, di sekitar Danau Segara Anak, kamu dapat menjumpai beberapa sumber air panas dengan tingkat yang berbeda-beda. Kamu dapat berendam sepuasnya di bak alami tersebut atau sekedar mencelupkan kaki setelah lelah berjalan.
      Ya, menurut kepercayaan Suku Sasak, air tersebut mampu mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini masih berupa mitos dan dapat dikembalikan kepadamu apakah kamu berencana untuk mempercayainya atau tidak.
      Ketika memiliki kesempatan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat, jangan lupa untuk menyisihkan waktu dan mengunjungi danau cantik yang satu ini.
       
      9. Danau Poso, Sulawesi Tengah
       

       

      Danau Poso, Sulawesi Tengah via http://assets.kompas.com/data/photo/2014/10/04/1210254danau-poso780x390.jpg
       
      Danau cantik selanjutnya yang dapat kamu sambangi adalah Danau Poso. Danau Poso terletak di Kabupaten Poso.
      Danau Poso sendiri merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan panjang mencapai 32 kilometer dan lebar 16 kilometer. Danau Poso sendiri merupakan danau yang terletak pada ketinggian 657 meter.
      Keunikan yang terdapat di Danau Poso adalah ikan sugili. Ya, kamu dapat menemukan spesies ikan yang satu ini yang pada saat ini populasinya sudah hampir punah.
      Kearifan lokal yang berkembang di Danau Poso sendiri adalah pesan berupa jangan serakah, bersahabatlah dengan alam agar tidak terjadi petaka. Pelajaran ini sering dilupakan oleh manusia modern.
       
      Itulah dia pembahasan mengenai danau-danau terindah di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini mampu memberikanmu referensi untuk menambah pengetahuan mengenai danau-danau terindah di Indonesia.
      Happy traveling!
    • Cara Membuat e-Paspor di Indonesia
      By Ahman donk
      Atas rekomendasi dari @deffa, berikut saya copy paste dari blog pribadi saya ke forum Jalan2 :)
      Bulan Juli kemarin, pada libur lebaran saya berkesempatan pulang ke Jakarta karena kegiatan kantor di medan sedang libur. Momen ini saya gunakan untuk berlibur bersama keluarga, mengurus BPJS orang tua dan melakukan pendaftaran e-paspor. Paspor saya sekarang memang masih berlaku hingga Desember 2018, berhubung ada rencana berlibur ke Jepang, maka saya memilih menggunakan e-paspor agar lebih mudah dalam mendapatkan visa jepang. Apabila Anda tidak menggunakan e-Paspor, maka pada saat pengajuan visa jepang membutuhkan banyak persyaratan. Bila menggunakan e-paspor, anda cukup mengajukan dengan form pembebasan biaya visa. Tanpa panjang lebar mengenai pengajuan visa jepang, berikut saya rangkum cara mendapatkan atau mengganti paspor lama Anda menjadi e-Paspor!
      Berhubung pengajuan pendaftaran e-paspor atau pergantian paspor lama belum dapat dilayani melalui online, maka anda harus datang pagi-pagi bahkan subuh-subuh ke kantor imigrasi kelas 1 yang sudah dapat menerbitkan e-paspor. Pada tahapan ini, saya berangkat dari rumah cibubur jam 03.30 pagi, dan tiba di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan di Mampang, Warung Buncit pada pukul 04.00. Pada antrian yang sudah berlangsung di luar kantor imigrasi, saya mendapatkan urutan nomor 10 sesuai jumlah orang yang berdiri didepan pagar tersebut. Sekedar tips, sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman agar bisa tetap survive selama antri, kemarin itu saya belanja di 7/11 (lokasinya berada di sebelum kantor imigrasi, depan Total Buah) membeli nasi, roti, buah, dan air minum secukupnya. Setelah 1 jam menunggu, sekitar jam 05.10, pagar kantor imigrasi pun dibuka oleh petugas keamanan, dan kami diminta untuk masuk perlahan-lahan dengan tertib menuju line antrian yang tersedia pada luar gedung imigrasi tersebut. Pada tahapan ini saya mendapatkan antrian nomor 12, dikarenakan depan saya ada yang membawa anaknya. Jumlah kuota yang disediakan per hari oleh Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan adalah berjumlah 100 walk in, 100 online, dan 30 lansia. Pada antrian di luar gedung ini banyak orang yang duduk-duduk di lantai bahkan saling bergantian menitipkan antrian agar bisa memarkirkan kendaraan baik mobil dan motor yang sebelumnya terparkir diluar pagar kantor imigrasi. Selain itu ada yang bergantian pergi ke Toilet. Sekitar pukul 07.30, petugas imigrasi memberikan sedikit arahan mengenai antrian, prosedur pendaftaran, persyaratan yang dibutuhkan, dan informasi tambahan. Pukul 08.10 antrian pertama dipanggil masuk per 10 orang ke lantai 2 untuk melakukan pengecekan dokumen-dokumen sebagai persyaratan pembuatan paspor. Counter yang tersedia berjumlah 2 counter, dan Anda akan mendapatkan kertas nomor antrian, map kuning, dan formulir pendaftaran. Jangan lupa meminta cap E-PASPOR di map kuning tersebut agar diproses pembuatan e-paspornya. Berhubung saya melakukan pendaftaran paspor secara walk-in, maka saya diharuskan mengisi formulir pendaftaran sebanyak 1 lembar (depan dan belakang). Disini anda dapat duduk di ruang tunggu yang telah disediakan. Sebaiknya Anda telah membawa fotocopy dokumen dokumen yang dibutuhkan 1 hari sebelumnya, agar terhindar dari antrian fotocopy di koperasi. Setelah menunggu sekitar 1 jam, akhirnya nomor antrian saya dipanggil juga, saya duduk didepan petugas yang melakukan digitalisasi dokumen-dokumen yang saya bawa, serta sedikit interview mengenai pendaftaran e-paspor. Jangan takut pada tahapan ini, jujur lah dalam menjawab setiap pertanyaan. Tahapan selanjutnya adalah foto dan pengambilan 10 sidik jari. Anda juga akan diberikan kesempatan untuk melihat data-data yang sudah di input masuk ke sistem, apakah sudah benar atau tidak. Bila sudah lengkap dan benar, anda akan diberikan selembar kertas untuk melalukan pembayaran ke Bank BNI serta dijelaskan cara pengambilan paspornya. Sekitar pukul 09.45 proses pendaftaran e-paspor selesai. Pembayaran melalui ATM BNI baru dapat dilakukan diatas jam 14.00, dikarenakan data dari kantor imigrasi baru diserahkan ke Bank BNI sekitar jam tersebut. Setelah melakukan pembayaran di ATM, simpan struk pembayaran, dan jangan lupa melakukan fotocopy kertas tersebut sebanyak 2-3 copy untuk persyaratan pengambilan paspor. E-Paspor dapat diambil 5 hari kerja setelah pembayaran ke Bank. Setelah menunggu 5 hari kerja, Anda cukup datang kembali ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan, antrian pengambilan Paspor berlangsung dari jam 10.00. Sebaiknya Anda sudah datang dari jam 09.00 agar mendapatkan atrian awal-awal. Antrian mulai di panggil 1 per 1 sejak pukul 10.15 Hasilnya seperti ini! yey paspor lama Anda dan e-paspor Anda sudah jadi!! Informasi Tambahan Mengenai Pendaftaran Paspor:
      http://jakartaselatan.imigrasi.go.id/
      http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa
      Sumber: http://ahmandonk.com/2015/08/16/cara-membuat-e-paspor-di-indonesia/
      Gambar:
      Antri diluar pagar Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan (Pukul 04.01)

       
      Berdiri Antri di Depan Kantor Imigrasi

       
      Duduk sesuai nomor antrian

       
      Map Kuning & Formulir yang disediakan setelah mendapatkan nomor antrian didalam gedung.

       
      Mengisi Formulir dan Meminta Cap E-Paspor pada saat mendapatkan formulir ini.

       
      Antrian Interview & Foto

       
      Bukti Pengantar Pembayaran ke Bank BNI

       
      Pembayaran dilakukan melalui ATM Bank BNI, dan akan mendapat struk seperti ini.

       
      Nomor Antrian Pengambilan Paspor

       
      Suasana Antrian di Kantor Imigrasi

       
      Paspor Lama yang dikembalikan

       
      E-Paspor Baru!!

       
      Halaman Utama E-Paspor

      Lokasi pembuatan E-Passport 

    • Mengintip Lebih Dekat Kota-Kota Layak Huni di Indonesia
      By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Sekarang ini, terdapat banyak masyarakat kota yang mengeluhkan ketidaknyamanan lingkungan tempat tinggal mereka. Hal ini karena banyak masalah yang dapat terjadi di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka.
      Masalah tersebut antara lain adalah kemacetan, tidak terawatnya fasilitas umum serta lingkungan yang kurang bersih. Hal ini seringkali menimbulkan pertanyaan di benakmu seperti apakah bayangan terhadap kota yang paling layak untuk ditinggali? Apakah kota-kota tersebut berada di Indonesia?
      Sebelum memutuskan untuk berpindah tempat dan tinggal di salah satu kota layak huni di Indonesia, ada baiknya jika kamu mulai mencari tahu mengenai kota-kota tersebut.
      Nah, pada kesempatan ini kita akan membahasnya dalam mengintip lebih dekat kota-kota layak huni di Indonesia. Barangkali kamu berminat untuk menjelajahi kota tersebut dan menjadikannya sebagai destinasi wisata.
       
      1. Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
       
       
       

      Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
       
      Balikpapan adalah kota layak huni nomor satu di Indonesia. Kota ini unggul dalam hal tata kota serta pengelolaan lingkungan. Hal ini berdasarkan survey yang dilakukan oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia.
      Survey ini dilakukan berdasarkan dari persepsi masyarakat. Beberapa factor yang dijadikan indicator antara lain adalah ketersediaan fasilitas kesehatan, kualitas fasilitas kesehatan, ketersediaan fasilitas pendidikan, kualitas fasilitas pendidikan, energy listrik, air bersih, jaringan telekomunikasi, lapangan pekerjaan dan lain-lain.
      Yang tidak kalah penting adalah mengenai fasilitas wisata. Ya, Balikpapan memang memiliki banyak fasilitas wisata yang dapat kamu sambangi guna menambah kenyamanan traveler yang mengunjungi kota yang satu ini.
       
       

      Tempat Wisata di Balikpapan 
       
      Kamu dapat mengunjungi Hutan Bakau Margomulyo, Kampung Atas Air, Taman Bekapai, hingga pantai di tengah kota yaitu Pantai Kemala. Ya, ada begitu banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di kota cantik yang satu ini.
      Hutan Bakau Margomulyo merupakan salah satu kawasan konservasi hutan yang digunakan sebagai tempat wisata.         Fungsi utama dari hutan bakau ini adalah sebagai pelindung pantai dari pengaruh gelombang laut.
      Hutan yang penuh dengan tanaman bakau ini terletak di Kelurahan Margomulyo, Balikpapan.
      Selain itu ada pula Kampung Atas Air. Kampung Atas Air merupakan sebuah kampung yang didirikan di atas air. Suasana yang ditawarkan oleh kampung ini mirip dengan suasana yang ditawarkan oleh Venice di Italia.
      Kamu juga dapat mengunjungi Taman Bekapai. Taman Bekapai merupakan sebuah taman yang terletak di pusat Kota Balikpapan. Pada bagian tengah taman ini, terdapat patung abstrak yang dapat mengeluarkan air mancur.
      Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah pada waktu malam hari. Ketika malam hari tiba, kamu dapat melihat pencahayaan yang sangat indah di air mancur ini.
      Ada pula Pantai Kemala. Pantai Kemala merupakan sebuah pantai yang terletak di pusat kota Balikpapan. Kamu dapat menikmati wisata kuliner, bersantai hingga mengambil foto sunset di pantai cantik yang satu ini.
      Ketika melihat ada begitu banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Balikpapan, tidak mengherankan bukan bahwa kota ini masuk dalam jejeran kota layak huni di Indonesia karena kenyamanannya.
       
      2. Kota Solo, Jawa Tengah
       
       
       

      Kota Solo 
       
      Kota selanjutnya yang termasuk dalam kota layak huni adalah kota Solo di Jawa Tengah. Kota Solo merupakan kota yang kental dengan nuansa sejarah dan budaya yang sangat erat kaitannya dengan kebudayaan Jawa.
      Di kota ini, kamu dapat melihat keraton, berbelanja batik dan kerajinan yang berkualitas, melihat atraksi Solo yang penuh dengan penuh keagungan, wayang kulit, kuliner yang lezat, dan tentunya berkomunikasi dengan masyarakatnya yang ramah.
      Kota Solo juga sangat nyaman untuk kamu kunjungi dan kamu tinggali. Ya, karena kota ini juga menawarkan banyak fasilitas wisata yang dapat mendukung kehidupanmu di kota ini.
       
       

      Wisata di Kota Solo
       
      Di Solo, kamu dapat mengunjungi keraton Sunan Surakarta, dan Pangeran Mangkunegaran. Kamu dapat berkeliling di kota ini sambil menaiki kereta kuda dan labirin di sepanjang istana yang berwarna putih.
      Gaya arsitektur yang mempengaruhi keraton ini adalah arsitektur dengan gaya Eropa-Jawa. Istana ini dirancang oleh Pangeran Mangkubumi I yang menjadi Sri Sultan Hamengkubuwono I dan kemudian menjadi arsitek di keraton Jogjakarta.
      Nah, tidak mengherankan bukan ketika kamu juga dapat melihat banyak persamaan umum antara keraton Solo dan Jogjakarta.
      Sementara itu, jika kamu juga ingin merasa lebih dekat dengan bangunan arsitektur religi, kamu dapat mengunjungi Masjid Agung Surakarta. Masjid agung ini terletak tidak begitu jauh dari keraton sehingga dapat kamu tempuh dengan berjalan kaki.
      Untuk berkeliling di Kota Solo, kamu dapat mencoba untuk mengelilinginya dengan menggunakan andong. Ya, dengan menggunakan andong ini, kamu akan dapat mengelilingi kota ini dengan cara yang lebih tradisional. Menyenangkan bukan?
      Bagi kamu yang menyukai kegiatan wisata alam, dapat mengunjungi Tawangmangu. Di tempat ini, kamu dapat mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu.
      Air terjun ini memiliki ketinggian yang mencapai sekitar 81 meter. Selain itu, di tempat ini juga terdapat banyak fasilitas pendukung wisata lainnya seperti kolam renang, dan penginapan.
      Dengan banyaknya fasilitas wisata ini, juga didukung dengan sarana prasarana kota, kualitas dan tersedianya pendidikan, kualitas dan tersedianya kesehatan, energy listrik, air bersih, hingga lapangan pekerjaan tentunya membuat Kota Solo layak untuk masuk dalam jejeran kota layak huni di Indonesia.
       
      3. Kota Malang, Jawa Timur
       
       
       

      Kota Malang, Jawa Timur
       
      Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota ini juga masuk dalam jejeran kota layak huni di Indonesia karena berbagai factor seperti kualitas dan tersedianya sarana pendidikan, kesehatan, energy listrik, air bersih, dan lain-lain.
      Kota ini terletak sekitar 90 kilometer di sebelah selatan Surabaya. Kota Malang berhawa cukup sejuk dan terletak di dataran tinggi. Kota ini merupakan kota tujuan wisata yang cukup populer untuk bersantai sehingga banyak orang sering mengunjungi kota ini untuk bersantai atau berwisata.
      Ya, berbicara masalah wisata. Kota ini juga memiliki banyak fasilitas wisata yang tersedia untuk mendukung kenyamanan penduduk maupun para wisatawan yang mengunjungi kota ini.
       

       
      Destinasi wisata di Malang
       
      Jika kamu ingin melakukan kegiatan berbau wisata alam, kamu dapat mengunjungi Cuban Rondo. Cuban Rondo merupakan salah satu air terjun cantik yang terletak di Batu. Ya, kamu dapat mengunjungi tempat ini jika ingin menyaksikan keindahan wisata alam.
      Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Museum Angkut. Walaupun museum, tapi tenang saja karena museum ini tentu saja berbeda dengan museum lainnya.
      Museum ini memamerkan begitu banyak koleksi mobil-mobil tua dari berbagai benua, seperti Eropa, Asia dan Amerika. Bukan hanya mobil, tetapi tempat ini juga menyediakan berbagai alat transportasi yang dapat kamu lihat.
      Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Omah Kayu. Omah kayu merupakan sebuah rumah pohon cantik. Kamu dapat menyaksikan area pesawahan dari ketinggian melalui tempat ini. Selain itu, kamu juga dapat merasakan kesejukan semilir angin di sekitarmu.
      Rumah pohon ini dibangun di atas pohon pinus yang tinggi. Nah, kapasitas orang yang dapat masuk ke dalam rumah pohon ini adalah sekitar tiga orang agar nyaman dan tidak mudah roboh.
      Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Inggil Restaurant. Di restoran ini, kamu dapat makan sambil melihat berbagai koleksi benda antic bernuansa Jawa.
      Benda-benda yang terdapat di sini antara lain jam weker lintas generasi, mesin jahit tua, radio tua, koleksi uang kuno, hingga alat pengering rambut dari zaman Belanda yang sudah berusia 80-an tahun.
       
      4. Daerah Istimewa Yogyakarta
      Kota selanjutnya yang masuk dalam jejeran kota layak huni adalah Yogyakarta. Ya, kota ini memiliki banyak fasilitas dan kenyamanan yang mempu membuatmu betah berlama-lama atau bahkan tinggal di kota ini.
      Jogjakarta adalah sebuah provinsi yang seringkali dikenal dengan sebutan “Keindahan Asia yang Tiada Akhir”. Jogjakarta sendiri memiliki sebutan daerah istimewa karena keistimewaannya daerah ini yang dipimpin oleh sultan, bukannya gubernur seperti provinsi lainnya.
      Jogjakarta menawarkan begitu banyak jenis pesona wisata yang dapat kamu nikmati dari mulai keindahan alam, tradisi, kebudayaan hingga wisata kuliner. Tidak berlebihan rasanya jika mengatakan bahwa mengunjungi Jogjakarta sekali tidaklah cukup.
      Jogjakarta juga seringkali disebut sebagai salah satu tujuan wisata populer di Indonesia setelah Pulau Bali. Kondisi geografis Jogjakarta juga sangat mendukung sehingga kamu dapat mengelilingi Jogjakarta tanpa harus merasa khawatir dengan cuaca yang tidak bersahabat.
      Nah, selain ditunjang dengan fasilitas pendidikan, kesehatan dan berbagai factor utama lainnya yang membuat Yogyakarta mampu masuk dalam jejeran kota layak huni, Yogyakarta juga memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk kamu kunjungi.
       
       

      Objek Wisata di Yogyakarta
       
      Terdapat banyak objek wisata yang dapat kamu kunjungi jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Yogyakarta. Objek wisata tersebut adalah Candi Prambanan, Candi Borobudur, Goa Pindul dan Museum De Mata.
      Candi Prambanan memiliki nama lain Candi Loro Jonggrang. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.
      Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Candi ini dibangun pada masa dua raja yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.
      Candi ini memiliki tinggi yang mencapai hingga 47 meter, sekitar 5 meter lebih tinggi daripada Candi Borobudur. Candi ini terletak sekitar 17 meter dari pusat kota Jogjakarta dan saat ini dibangun taman pula yang bertujuan untuk menambah keindahan kawasan kompleks candi.
      Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang menawan. Candi ini dibangun pada tahun 800an masehi oleh bangsa Buddha Mahayana. Borobudur adalah sebuah candi terbesar di dunia dan juga merupakan salah satu monument Buddha terbesar di dunia.
      Pada aslinya, terdapat sekitar 504 arca Buddha di sekitar kawasan Candi Borobudur ini.
      Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).
      Nah, bagi kamu yang menyukai petualangan seru, tidak ada salahnya mencoba cave tubing Goa Pindul.
      Ketika memasuki area Goa Pindul, kamu akan dipinjami jaket pelampung serta ban. Untuk menyusuri goa, kamu akan menaiki ban tersebut dan dibimbing oleh seorang pemandu wisata.
      Selama kurang lebih 45 hingga 60 menit, kamu akan diajak untuk menyusuri goa ini. Kamu akan mendapatkan pengalaman seru berupa menyusuri goa di atas sungai. Panjang lintasan ini sendiri adalah sekitar 300 meter.
      Ada juga Museum De Mata. Museum De Mata sangat cocok bagi kamu yang menyukai fotografi. Museum ini merupakan museum gambar tiga dimensi yang disajikan secara ciamik. Di tempat ini terdapat setidaknya 120 gambar tiga dimensi yang dapat memanjakan matamu.
      Kamu dapat terlihat seperti sedang menaiki tangga di Tembok Besar Cina, mengunjungi Menara Eiffel, berpiknik di belakang Windmill Belanda, dan masih banyak lainnya. Menyenangkan bukan?
       
      5. Palembang, Sumatera Selatan
      Inilah dia kota layak huni lainnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin mengetahui seperti apa rasanya hidup di kota yang memiliki standar layak huni yang baik. Nah, kota ini adalah kota Palembang, Sumatera Selatan.
      Kota Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera, setelah Medan. Kota ini pernah dijadikan pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya sebelum berpindah ke Jambi.
      Kota Palembang memenuhi standar dalam hal penyediaan kualitas dan fasilitas pendidikan, kesehatan, air bersih, energy dan lain-lain. Kota ini juga memiliki banyak fasilitas wisata yang dapat menambah kenyamanan penduduknya yang tinggal di kota ini.
       

       
      Objek Wisata di Palembang 
       
      Beberapa objek wisata yang dapat kamu kunjungi di Kota Palembang adalah Jembatan Ampera, Taman Kambang Iwak, Hutan Wisata Punti Kayu dan Benteng Kuto Besak.
      Jembatan Ampera ini dulunya bernama Jembatan Bung Karno, namun karena terjadinya pergolakan politik di Indonesia, jembatan ini pun berubah nama menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Jembatan ini membentang di atas Sungai Musi yang indah.
      Waktu terbaik mengunjungi Jembatan Ampera adalah di malam hari. Karena pada waktu tersebut, kamu akan melihat ada banyak sinar lampu yang bertebaran dan sangat terang memancar ke semua arah.
      Teknik penyinaran di jembatan ini dirancang sedemikian rupa sehingga membuat jembatan ini menjadi semakin megah. Selain jembatan Ampera, ada juga Taman Kambang Iwak. Taman ini merupakan salah satu taman peninggalan kompeni Belanda.
      Taman ini adalah taman yang tepat jika kamu ingin jogging karena terdapat jogging track dengan panjang sekitar 815 meter mengelilingi kolam di taman ini.
      Taman ini dinobatkan sebagai Taman Kota Terbaik di Indonesia pada tahun 2008 dan 2010 oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Dengan luas sekitar 5 hektar, taman ini memang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Palembang.
      Ada juga Hutan Wisata Alam Punti Kayu. Hutan ini merupakan hutan wisata satu-satunya yang terletak di Palembang. Hutan wisata ini terletak sekitar 7 km dari pusat Kota Palembang.
      Di tempat ini terdapat kebun binatang dan penangkaran buaya. Aktivitas yang dapat kamu lakukan di hutan wisata alam ini adalah berenang, bermain perahu, berpiknik, melihat atraksi gajah dan menunggang kuda.
      Ada juga Benteng Kuto Besak yang merupakan salah satu objek wisata favorit di Kota Palembang. Benteng ini merupakan benteng kebanggaan masyarakat Palembang karena merupakan satu-satunya benteng yang terbuat dari batu sebagai saksi perlawanan terhadap bangsa asing.
      Benteng ini merupakan bangunan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Benteng ini mempunyai ukuran panjang 188,75 meter, lebar 183,75 meter dan tinggi 9,99 meter serta tebal 1,99 meter. Di dalam benteng ini ditempati oleh Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai mengintip lebih dekat kota-kota layak huni di Indonesia. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam mengunjungi kota-kota layak huni terbaik yang dimiliki Indonesia.
      Happy traveling!
    • Destinasi Wisata Terbaik untuk Melihat Sunset di Indonesia
      By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Melihat matahari terbenam atau sunset adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Lalu, apakah kita dapat menikmati pemandangan matahari terbenam ini di Indonesia?
      Jawabannya tentu saja bisa. Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata yang dapat kamu sambangi untuk melihat sunset terbaik. Ya, Indonesia yang terkenal dengan banyak pantai cantiknya tentu saja mampu menawarkan pemandangan matahari terbenam yang cantik.
      Wah ternyata, bukan hanya pantai namun juga ada destinasi wisata lainnya yang mampu menawarkan pemandangan pantai cantik yang indah.
      Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam pantai terbaik untuk melihat sunset di Indonesia. Nah, daftar kali ini akan dibuat secara acak. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.
       
      1. Pantai Tanah Lot


      Melihat Sunset di Tanah Lot
       
      Salah satu destinasi wisata terbaik yang dapat kamu kunjungi untuk melihat sunset adalah Pantai Tanah Lot. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Bali. Objek wisata ini sangat terkenal dengan pura yang terletak di atas tebing. Nah, rupanya keindahan ini juga yang membuat potret matahari terbenam di Tanah Lot juga sangat indah.
      Pura Tanah Lot sendiri merupakan bagian dari Pura Kahyangan di Bali. Pura ini memiliki tujuan untuk memuja dewa penjaga laut. Pura Tanah Lot juga akan dikelilingi oleh air ketika air laut sedang pasang.
      Dari tempat parkir menuju Pura Tanah Lot biasanya terdapat banyak toko yang menjual kerajinan khas Bali. Kerajinan itu misalnya adalah patung, lukisan, kain pantai serta berbagai aksesoris.
      Setiap hari, sekitar menjelang pukul 6 sore biasanya banyak wisatawan telah datang dan mengunjungi pantai yang cantik ini. Mereka akan menanti-nanti keindahan panorama matahari terbenam yang disajikan oleh Pantai Tanah Lot yang satu ini.
      Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu dalam mencari destinasi wisata yang mampu menyajikan pemandangan matahari terbenam yang cantik, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.
       
      2. Pantai Kuta
       

       

      Sunset Pantai Kuta
       
      Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu sambangi untuk menyaksikan sunset. Destinasi wisata ini adalah Pantai Kuta yang juga terkenal dan terletak di Bali.
      Pantai Kuta adalah sebuah pantai yang terletak di kawasan Kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar di Bali. Daerah ini memang telah menjadi salah satu wisata andalan Bali sejak tahun 1970-an.
      Pantai ini memiliki pasir putih dan terkenal dengan tempat yang baik untuk melihat sunset. Tentu, jika kamu memiliki waktu, kamu dapat mengunjunginya kembali di waktu-waktu menjelang matahari terbenam dan menyaksikan keindahan panoramanya.
      Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan jika kamu memiliki kesempatan untuk menyambangi Pantai Kuta adalah berjemur atau berselancar. Di sekitar pantai ini juga terdapat banyak pertokoan dan restoran.
      Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin memasuki kawasan Pantai Kuta. Namun, jika kamu membawa mobil, kamu dapat membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000,00. Pantai ini juga terkenal dengan sebutan Sunset Beach, sehingga memang merupakan salah satu pantai terindah yang menawarkan pemandangan sunset yang menyenangkan.  
       
      3. Danau Toba


      Danau Toba
       
      Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk menyaksikan sunset terbaik. Ya, destinasi wisata ini adalah Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara.
      Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik indah yang dimiliki oleh Indonesia. Danau ini memiliki luas yang mencapai hingga 1.145 kilometer persegi. Selain itu, danau ini juga terlihat seperti lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.
      Selain disebut sebagai danau terluas, Danau Toba ini sendiri merupakan danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai sekitar 450 meter. Nah, di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir ini memiliki dua danau kecil yang bernama Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni.
      Pulau Samosir sendiri bukanlah merupakan pulau yang kosong. Ya, di dalamnya ditinggali oleh suku Batak Samosir. Selain itu, Suku Batak yang tinggal di Pulau Samosir ini masih memegang teguh kepercayaan leluhur.
      Bagi masyarakat Batak yang tinggal di sekitar Danau Toba ini, danau ini bukan hanya merupakan tempat wisata alam yang memiliki kecantikan luar biasa. Mereka percaya bahwa Danau Toba merupakan tempat bersemayamnya tujuh dewi suku Batak yang biasa disebut dengan Namborru.
      Setiap kali akan melakukan kegiatan di sekitar danau, biasanya masyarakat akan berdoa terlebih dahulu agar kegiatan tersebut diberikan kelancaran.
      Keunikan dan keindahan Danau Toba tentu dapat membuatmu merasa tertarik dan ingin mengunjunginya. Nah, untuk melengkapi keseruan perjalanan wisatamu ketika mengunjungi Sumatera Utara, jangan lupa untuk mengunjungi danau cantik yang satu ini.
      Danau Toba juga rupanya memiliki keindahan lain dalam bentuk panorama matahari terbenam. Ya, bagi kamu yang ingin menyaksikan pemandangan sunset terbaik, kamu tentunya dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata indah yang satu ini.
       
      4. Gili Trawangan
       

       

      Gili Trawangan
       
      Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk melihat sunset terbaik di Indonesia. Destinasi wisata yang satu ini adalah Gili Trawangan. Pulau Gili sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang paling wajib dikunjungi di Lombok. Aktivitas yang wajib kamu coba di Gili Islands adalah snorkeling.
      Kamu dapat mengambil paket snorkeling ke 3 Gili yang dibimbing oleh seorang tour guide yang berpengalaman. Guide tersebut akan menjemputmu dan mengantarmu berkunjung ke titik-titik snorkeling terbaik di Pulau Gili.
      Di Gili Trawangan, kamu akan diajarkan cara menggunakan perlengkapan snorkeling hingga akhirnya kamu akan merasa terbiasa. Kemudian, barulah guide tersebut mengantarmu mengunjungi spot-spot snorkeling terbaik.
      Di Gili Trawangan, kamu dapat melihat karang biru serta ikan hias beraneka ragam yang cantik. Setelah puas mengelilingi Gili Trawangan, kamu dapat melihat Gili Meno dan Gili Air yang terkenal dengan ikan hias, penyu dan karang biru.
      Paket snorkeling yang ditawarkan adalah sekitar Rp 100.000,00 hingga Rp 200.000,00 lengkap dengan guide dan menyewa peralatan snorkeling. Selain snorkeling, aktivitas lain yang dapat kamu coba di Pulau Gili adalah berenang bersama penyu.
      Kamu juga dapat memesan makan siang dan melanjutkan snorkeling setelah selesai makan siang. Jika kamu ingin bersantai sejenak, kamu dapat mencoba untuk sunbathing di pantai sambil menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang indah.
      Gili Trawangan juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunset. Hal ini karena kamu akan dapat menyaksikan keindahan langit yang berwarna jingga ketika kamu melihat destinasi wisata yang satu ini.
       
      5. Pantai Losari
       

       

      Pantai Losari
       
      Selanjutnya, kamu dapat mencoba mengunjungi pantai cantik yang satu ini. Ya, pantai ini merupakan salah satu tempat yang tepat bagimu jika kamu ingin menyaksikan pemandangan matahari terbenam.
      Destinasi wisata ini merupakan Pantai Losari yang terletak di sekitar daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Destinasi ini mampu menyajikan pemandangan sunset yang sangat indah. Pantai Losari merupakan salah satu icon Kota Makassar, sehingga belum lengkap rasanya perjalanan wisatamu jika belum mengunjungi Pantai Losari.
      Pantai ini terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini juga seringkali dipenuhi oleh para penduduk Kota Makassar pada waktu pagi, siang serta sore hari. Aktivitas terbaik yang dapat kamu coba nikmati ketika menyambangi Pantai Losari adalah menikmati proses matahari terbenam di sore hari.
      Nah, salah satu ciri khas Pantai Losari adalah kamu dapat melihat proses matahari terbit dan matahari terbenam di posisi yang sama di pantai yang satu ini. Kamu juga dapat menyaksikan deburan ombak serta kesejukan anginnya yang sepoi-sepoi ketika kamu mengunjungi Pantai Losari.
      Yang paling menarik dari pantai ini adalah kamu dapat menikmati fasilitas free wifi ketika kamu mengunjungi pantai ini. Di sepanjang Pantai Losari, kamu dapat memanfaatkan fasilitas free wifi secara gratis.
       
      6. Candi Prambanan
       

       

      Candi Prambanan 
       
      Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk menyaksikan peristiwa matahari terbenam. Ya, destinasi wisata yang satu ini adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan memiliki nama lain Candi Loro Jonggrang. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.
      Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Candi ini dibangun pada masa dua raja yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.
      Candi ini memiliki tinggi yang mencapai hingga 47 meter, sekitar 5 meter lebih tinggi daripada Candi Borobudur. Candi ini terletak sekitar 17 meter dari pusat kota Jogjakarta dan saat ini dibangun taman pula yang bertujuan untuk menambah keindahan kawasan kompleks candi.
      Candi ini dibuka setiap hari dari pukul 07.30 hingga pukul 15.00 WIB. Nah, biaya masuk yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki kawasan candi yang cantik ini adalah sekitar Rp 30.000,00.
      Candi ini menampilkan panorama pemandangan matahari terbenam yang begitu indah. Nah, untuk itu, tidak mengherankan rasanya jika kamu memasukkan destinasi wisata yang satu ini sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.
       
      7. Pantai Senggigi
       

       

      Menikmati Sunset di Pantai Senggigi
       
      Selanjutnya, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata pantai yang satu ini. Pantai Senggigi mampu menghadirkan suasana panorama sunset yang magis dan sayang untuk kamu lewatkan.
      Jangan lewatkan serunya berwisata dan bersantai di Pantai Senggigi. Pantai ini adalah objek wisata yang paling terkenal di Lombok. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, dan terlihat menakjubkan jika disaksikan dari kejauhan atau ketinggian.
      Dengan latar belakang Gunung Agung yang tampak begitu mungil di pulau sebrang, keindahan panorama sunset di Pantai Senggigi menjadi semakin tak terbantahkan. Dipadu dengan pendar-pendar oranye yang memantul di lautan. Benar-benar spektakuler yang menyenangkan.
      Pasir di Pantai Senggigi memiliki gradasi dari hitam ke putih. Air laut di Pantai Senggigi memiliki ombak yang tidak besar, jernih dan bersih. Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini antara lain adalah berjemur, berenang, snorkeling dan lain-lain.
      Jangan lewatkan indahnya sunset di Pantai Senggigi di hari keduamu ini. Setelah itu, kamu juga dapat mencoba untuk berwisata kuliner di sekitar Pantai Senggigi karena terdapat banyak café dan restoran yang dapat kamu coba di pantai ini.
       
      8. Raja Ampat
       

       

      Raja Ampat, Papua
       
      Inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan keindahan panorama matahari terbenam di ujung Indonesia. Destinasi wisata yang satu ini adalah Raja Ampat di Papua.
      Eksotisme alam Papua selalu menarik untuk kamu jelajahi. Nah, salah satunya adalah destinasi wisata satu ini yang saat ini sudah menjadi semakin populer. Ya, destinasi wisata yang satu ini adalah Pantai Raja Ampat.
      Secara geografis, pantai ini terletak di kawasan Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Kawasan ini memiliki luas yang mencapai sekitar 4,5 juta hektar dengan luas total perairan mencapai 85%-nya. Sebagian kecil lainnya berupa daratan dan pulau.
      Raja Ampat sangat terkenal di telinga para traveler yang menyukai kegiatan wisata bahari. Nah, pantai ini memiliki 4 pulau yang berukuran besar. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Batanta, Waigeo, Misool dan Salawti.
      Raja Ampat memiliki kekayaan yang menyimpan mutiara berharga yang langka keberadaannya. Spesies yang terdapat di Raja Ampat, antara lain adalah ikan pari manta, hiu abu-abu, kuda laut, penyu, ikan duyung, ikan barkuda, ikan tuna, dan lain-lain.
      Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan ketika kamu datang menyambangi Raja Ampat adalah menyelam, bersantai di pesisir pantai, menggunakan pinisi Raja Ampat, dan lain-lain. Nah, kamu juga dapat merasakan sejuta pesona lain di Raja Ampat, seperti kuliner setempat, melihat burung Cendrawasih, mendaki bukit karang dan memancing.
      Ketika mengunjungi Pantai Raja Ampat, kamu dapat menyaksikan pemandangan indah berupa pasir putih serta air laut yang berwarna biru jernih. Ya, ketika mengunjungi Papua jangan lupa untuk menyempatkan waktumu agar kamu dapat berkunjung ke Pantai Raja Ampat ini.
      Sunset yang dimiliki oleh Raja Ampat pun tidak kalah menariknya. Kamu akan menyaksikan pemandangan matahari terbenam dengan langit yang berwarna jingga. Sungguh merupakan pemandangan indah yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.
       
      9. Pantai Lampuuk
       

       

      Pantai Lampuuk 
       
      Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan panorama matahari terbenam yang indah. Destinasi wisata yang satu ini adalah Pantai Lampuuk di Aceh.
      Jauh dari daerah ujung barat Indonesia, kamu dapat menemukan pantai cantik yang satu ini. Pantai ini adalah Pantai Lampuuk yang terletak di Provinsi Aceh. Pantai ini terletak di kawasan Lhoknga, Aceh Barat. Di Pantai Lampuuk ini, kamu dapat menemukan pemandangan indah berupa pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih.
      Untuk kamu yang menyukai kegiatan berselancar, dapat pula mencoba untuk melakukan aktivitas wisata tersebut di pantai ini. Ya, Pantai Lampuuk memiliki ombak yang cukup tinggi dan menghadap ke Samudera Hindia sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot surfing.
      Di sekitar pantai cantik ini kamu dapat menemukan deretan pepohonan pinus. Selain itu, agak jauh lagi kamu dapat menemukan pemandangan berupa pegunungan yang hijau.
      Selain surfing, beberapa aktivitas wisata lainnya yang dapat kamu lakukan di pantai ini adalah berenang sembari bermain ombak, membuat istana pasir, bermain banana boat hingga bersantai dan menikmati suasana yang ditawarkan oleh Pantai Lampuuk.
      Suasana yang ditawarkan oleh Pantai Lampuuk sendiri cenderung tenang. Sehingga bagi kamu yang ingin melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuknya tengah kota, tentu saja mengunjungi pantai ini adalah salah satu pilihan yang tepat.
      Selain itu, akses untuk mengunjungi pantai ini juga tergolong tidak begitu sulit. Ya, kamu dapat menempuh perjalanan sejauh belasan kilometer dari pusat kota Banda Aceh untuk mencapai pantai ini. Kamu sangat direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai pantai ini.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai tempat wisata terbaik untuk melihat sunset di Indonesia. Wah, ternyata Indonesia memang memiliki segudang destinasi wisata cantik yang dapat kamu sambangi pada kesempatan liburanmu selanjutnya.
      Happy traveling!
    • Taman Nasional Terbaik di Indonesia yang Menanti untuk Kamu Kunjungi
      By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem yang asli. Selain itu, taman nasional ini juga dikelola dengan system zonasi yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan juga rekreasi.
      Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang tentunya menarik untuk kamu kunjungi. Selain pantai, gunung, Indonesia juga rupanya memiliki banyak taman nasional yang menanti untuk kamu sambangi.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi taman-taman nasional yang terdapat di Indonesia? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam taman nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Adapun daftar ini dibuat secara acak dan tidak berurutan.
       
      1. Taman Nasional Gunung Leuseur
       

       

      Taman Nasional Gunung Leuser 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang terdapat di Indonesia. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Gunung Leuser yang terdapat di antara Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Provinsi Aceh dan Kabupaten Dairi, Karo, Langkat, Provinsi Sumatera Utara.
      Taman Nasional Gunung Leuser ini ditetapkan sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1980 oleh UNESCO. Taman nasional ini menjadi lokasi konservasi dan pembangunan keanekaragaman hayati, taman yang satu ini terdiri dari ekosistem hutan pantai, hutan hujan tropis dataran rendah, dan pegunungan.
      Di taman nasional ini, kamu dapat merasakan serunya sensasi trekking membelah hutan lebat dan menemukan sungai dan air terjun. Nah, jika kamu beruntung kamu dapat menemukan orangutan dan gajah Sumatera ketika mengunjungi tempat ini.
      Di taman nasional ini, kamu juga dapat menemukan banyak hewan lainnya, seperti badak sumatera, siamang, kambing hutan hingga harimau Sumatera. Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah sejak bulan Juni hingga bulan Oktober.
       
      2. Taman Nasional Bunaken
       

       

      Taman Nasional Bunaken 
       
      Taman Nasional Bunaken adalah perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Taman ini terletak di segitiga terumbu karang dan menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang.
      Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi berbagai spesies ikan, moluska, reptile dan mamalia laut. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991. Selain itu, taman nasional ini memiliki luas sebesar 890,65 kilometer persegi.
      Sebanyak 97% dari kawasan ini merupakan habitat laut sementara 3% sisanya merupakan daratan. Daratan di taman nasional ini adalah Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.
      Beberapa jenis satwa yang terdapat di daratan pesisir adalah kera hitam Sulawesi, rusa dan kuskus. Di taman nasional ini juga terdapat hutan bakau yang kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska, camar, bangau, dara laut dan cangak laut.
      Yang paling menarik dari taman nasional ini adalah kamu dapat menyaksikan tebing karang vertical sampai sejauh sekitar 25 hingga 50 meter. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah dari bulan Mei hingga Agustus setiap tahunnya.
       
      3. Taman Nasional Baluran
       

       

      Taman Nasional Baluran 
       
      Ini dia salah satu taman nasional di Banyuwangi yang terlalu sayang untuk kamu lewatkan. Kamu menyangka sedang berada di Afrika? Bukan, ini adalah Taman Nasional Baluran di Banyuwangi.
      Tempat ini adalah hamparan savanna terluas di Pulau Jawa. Ketika kamu berhasil menyempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan alam indah yang memukau.
      Kamu akan dapat melihat pemandangan berupa ratusan rusa liar berlarian menuju kubangan air. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan merak jantan melebarkan ekornya guna menarik perhatian sang betina. Kamu juga dapat melihat puluhan kerbau yang gagah dan lain-lain.
      Pemandangan yang ditawarkan oleh Taman Nasional Baluran memang sangat indah dan menarik perhatian. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk memasuki Taman Nasional Baluran adalah sekitar Rp 6.000,00 per mobil dan Rp 2.500,00 per orang.
      Di tempat ini, kamu dapat melakukan kegiatan penelitian, pengamatan dan atraksi satwa serta berkunjung ke Pantai Bama. Kawasan ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.
      Luas taman nasional ini mencapai sekitar 25.000 hektar. Di sana juga terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi. 40% dari tipe vegetasi di Taman Nasional ini merupakan vegetasi savanna. Hal ini mengakibatkan daerah ini menjadi daerah yang sangat subur dan kaya sumber makanan bagi berbagai jenis satwa pemakan rumput.
       
      4. Taman Nasional Ujung Kulon
       

       

      Taman Nasional Ujung Kulon
       
      Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah taman nasional yang terletak di bagian ujung Pulau Jawa bagian barat. Taman ini memiliki luas sekitar 122.956 hektar.
      Taman nasional ini termasuk salah satu taman nasional di Indonesia yang diresmikan paling awal. Selain itu, taman ini juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.
      Tempat ini menjadi habitat asli sekaligus perlindungan bagi badak jawa yang saat ini sudah tinggal puluhan ekor tersisa. Ketika mengunjungi taman nasional ini, kamu akan pertama kali bertemu dengan Pulau Peucang.
      Ya, Pulau Peucang merupakan pulau pertama yang akan ditemui oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon ini. Di Pulau Peucang ini kamu dapat menemukan pantai berpasir putih yang indah dan menanti untuk kamu sambangi.
      Terdapat banyak tempat-tempat di taman nasional ini yang dapat kamu kunjungi dan memiliki banyak pemandangan yang cantik. Tempat-tempat tersebut adalah sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya atau sejarah.
      Selain itu, di pantai ini kamu juga dapat menemukan banyak babi dan monyet yang hidup secara liar. Hal ini menandakan bahwa kawasan ini masih alami. Nah, jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan April hingga September karena waktu tersebut adalah waktu terbaik.
       
      5. Taman Nasional Wakatobi
       

       

      Taman Nasional Wakatobi 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik di Indonesia. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Total area taman nasional ini adalah sekitar 1,39 juta hektar. Di dalam taman nasional ini terdapat keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang. Selain itu, taman nasional ini juga menempati salah satu posisi tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.
      Kawasan taman nasional ini memang terkenal sangat kaya dengan koral. Sebab, di taman nasional ini terdapat setidaknya 750 spesies koral dari 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia.
      Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.
      Wakatobi sendiri memiliki sekitar 25 gugusan terumbu karang yang menjadikannya sebagai habitat ideal bagi berbagai jenis biota laut. Berbagai biota laut senang untuk tinggal di Wakatobi karena memiliki nilai konservasi dan juga estetika yang tinggi.
      Berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah diving, snorkeling, berenang dan memancing. Ya, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Tenggara sebaiknya kamu juga menyempatkan waktumu untuk mengunjungi Wakatobi ini.
       
      6. Taman Nasional Way Kambas
       

       

      Taman Nasional Way Kambas 
       
      Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang berfungsi sebagai pusat perlindungan gajah. Taman nasional ini terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.
      Gajah yang menjadi pusat perhatian di taman nasional ini adalah Gajah Sumatera. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 125.621 hektar. Nah, selain itu taman nasional ini juga merupakan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang, dan hutan pantai.
      Di kawasan ini, kamu dapat menyaksikan sebuah pusat latihan gajah yang telah didirikan sejak tahun 1985. Yang menarik adalah hingga saat ini kawasan ini telah melatih dan menjinakkan sekitar 200 gajah. Wah, keren sekali bukan?
      Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan Juli hingga September. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat International Rhino Foundation yang berguna untuk menjaga badak agar tidak punah.
       
      7. Taman Nasional Kepulauan Seribu
       

       

      Taman Nasional Kepulauan Seribu
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang terletak di Jakarta. Ya, taman nasional ini merupakan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Di kawasan ini terdapat setidaknya sekitar 78 pulau besar atau kecil yang tingginya tidak lebih dari 3 mdpl. Pulau ini sendiri merupakan kumpulan dari gugusan karang.
      Nah, di taman nasional ini kamu dapat menemukan lebih dari 54 jenis kerang keras atau lunak, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 6 jenis rumput laut, 144 jenis ikan, dan 17 jenis burung pantai. Yang paling menyenangkan dari tempat ini adalah kamu dapat menemukan tempat peneluran penyu sisik dan penyu hijau yang tergolong langka.
      Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah pada waktu bulan Maret hingga Mei. Yang paling menyenangkan adalah taman ini terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Jakarta, yaitu sekitar 45 kilometer.
       
      8. Taman Nasional Pulau Komodo
       

       

      Taman Nasional Pulau Komodo
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang menjadi kebanggaan warga Indonesia. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Pulau Komodo.
      Taman nasional ini terletak pada perbatasan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 yang berfungsi untuk menjaga dan melestarikan komodo, spesies kadal terbesar di dunia.
      Nah, pada tahun 1991, taman nasional ini menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya.
      Nah, Taman Nasional Pulau Komodo ini terletak di kawasan  Wallacea Indonesia. Kawasan Wallacea terbentuk dari pertemuan dua benua yang membentuk deretan unik kepulauan bergunung api, dan terdiri atas campuran burung serta hewan dari kedua benua Autralia dan Asia.
      Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan setidaknya 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia di Taman Nasional Komodo. Selain itu, juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Perpaduan berbagai vegetasi di Taman Nasional Komodo memberikan lingkungan yang baik bagi berbagai jenis binatang dalam kawasan ini.
      Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat, sebaiknya kamu tidak melewati kesempatan untuk mengunjungi Pulau Komodo ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo adalah dari bulan Maret hingga Juni atau dari bulan Oktober hingga Desember.
      Selain dapat menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Komodo, kamu juga dapat mencoba untuk menantang adrenalinmu sendiri ketika kamu mengunjungi taman nasional ini. Ya, dengan mengunjungi taman nasional ini kamu juga dapat mengetahui apakah kamu cukup berani untuk berhadapan langsung dengan komodo atau tidak.
        
      9. Taman Nasional Tanjung Puting
       

       

      Taman Nasional Tanjung Puting 
       
      Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya Provinsi Kalimantan Tengah. Taman nasional ini terletak di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas keseluruhan taman nasional ini mencapai 415.040 hektar.
      Lokasi rehabilitasi orangutan terletak di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui dan Camp Leakey. Di tempat ini kamu dapat menemukan orang utan asli Kalimantan dengan bulu kemerahan dan tanpa ekor. Menyenangkan sekali, bukan?
      Dengan singgah sejenak di tempat ini, kamu dapat merasa lebih peduli dan menyayangi satwa-satwa langka yang sedang berjuang di pusat rehabilitasi ini. Nah, di taman nasional ini kamu juga dapat menyaksikan orang utan yang hidup langsung di habitatnya sehingga kawasan ini masih tergolong alami.
      Sebaiknya kamu menghindari kunjungan ke taman nasional pada bulan Juli hingga Agustus. Hal ini karena waktu-waktu tersebut merupakan high season sehingga harga diprediksi pengunjung taman nasional ini akan membludak dan semakin banyak.
      Salah satu tips terbaik yang dapat kamu lakukan jika ingin mengunjungi taman nasional ini adalah selalu membawa lotion anti nyamuk agar kamu dapat tetap merasa nyaman ketika menjelajahi taman nasional ini.
       
      10. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
       

       

      Taman Nasional Teluk Cendrawasih 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang sebaiknya kamu kunjungi. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua.
      Jika kamu berminat untuk berenang di taman nasional ini, bukan tidak mungkin kamu dapat mendapatkan foto keren sedang berfoto dengan hiu paus. Taman nasional ini memiliki luas area yang mencapai lebih dari 1 juta hektar.
      Dengan luas yang besar tersebut, taman nasional ini telah mencakup ekosistem terumbu karang, mangrove, pantai dan hutan tropis. Nah, di taman nasional yang memiliki perairan yang sangat luas ini terdapat 209 jenis ikan, beberapa jenis penyu, duyung, lumba-lumba, paus hingga hiu.
      Di tempat ini, kamu juga dapat menemukan goa alam peninggalan zaman purba, sumber air panas di Pulau Misowaar, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada waktu terbaik, yaitu sekitar bulan Mei hingga Oktober setiap tahunnya.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai taman nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengeksplor banyak taman nasional cantik di Indonesia.
      Happy traveling!