Sign in to follow this  
redocean

Mematuhi aturan wisata di Bali

17 posts in this topic

Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Begitu kata pepatah kita. Kita tentu sudah diajarkan untuk tetap menghomrmati dan mengikuti peraturan di mana saja. Dan hal itu pun berlaku pada saat kita melakukan jalan-jalan atau sedang berwisata. Banyak peraturan yang sebaiknya kita taati agar masyarakat sepetmepat tidak tersinggung dan kita pun akan aman. Menjaga keharmonisan ini seharusnya dilakukan di mana saja, termasuk di Bali.

 

 

Bali ini terkenal dengan keindahan alam dan juga budayanya. Masyarakat Bali sebagian besar menganut agama Hindu  yang kita tahu penuh dengan ajaran keharmoniasan. Di Bali juga kita akan sering menemukan berbagai macam bentuk perayaan adat yang tentunya kita harus tahu apa yang boleh dan tidak boleh kita lakukan. Untuk membantu jalan2ers, berikut ini sedikit hal-hal yang berkaitan dengan aturan wisata di Bali.

 

 

Perhatikan soal peraturan di pantai

Pantai di Bali tentunya sangat terkenal, bukan Cuma 1 saja, tapi juga banyak. Dari mulai pantai yang dikenal dan selalu ramai seperti Pantai Kuta, sampai pantai yang belum banyak dikenal para wisatawan dan masih tergolong sepi padahal keindahannya ga kalah sama pantai yang selalu ramai. Ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan. Mulai dari misalnya berpakaian, hingga peraturan renang atau aktivitas air di pantai Bali.

 

Anda harus memperhatikan tanda-tanda yang ada di pantai. Jangan berenang melebihi batas yang sudah ditetapkan. Ombak yang kencang dan berbagai macam gejala alam sudah diperkirakan oleh pengelola wisata. Oleh karenanya, coba taati semua peraturan standard tersebut agar keselamatan anda tetap terjaga.

 

 

Tidak membunyikan klakson

Tidak membunyikan klakson maksudnya saat ada perayaan yang digelar di jalan-jalan. Event seperti itu mungkin akan dengan mudah anda temukan. Jika anda sedang membawa kendaraan, jangan coba-oba untuk membunyikan klakson. Hal itu akan mengganggu dan membuat masyarakat setempat tersinggung tentunya.

 

 

Tidak menggunakan blitz

Kita pasti ingin mengabadikan momen-momen penting dan menarik di Bali dan anda akan banyak menemukannya. Hanya saja, pada acara-acara adat atau suci, jangan menggunakan blitz pada kamera anda. Alasannya tentu sama, itu akan mengganggu mereka.

 

 

Masuk ke area yag dibolehkan

Pada banyak tempat ibadat di Bali biasanya boleh dilakukan kunjungan wisata. Tapi untuk menjaga kelestarian, keaslian, dan kesuciannya, ada beberapa spot atau bagian di tempat tersebut yang tidak boleh dimasuk para wisatawan. Anda harus mengikuti peraturan tersebut dan tidak nekat untuk melanggarnya.

 

 

Tidak lewat di depan orang yang sedang sembahyang

Hal yang tentunya sangat mendasar dan lazim diketahui. Jangan melewati orang yang sedang sembahyang di depan mereka. Itu bisa mengusik atau mengganggu kekhusyukan mereka. Anda juga tidak diperkanankan untuk berisik di sini.

 

 

Menjaga perkataan

Tidak membuat kegaduhan dan menjaga perkataan anda selama ada di tempat suci. Ini perlu diperhatikan, termasuk anda tidak bisa ketawa lebar seenaknya. Kalem intinya kalau di tempat peribadatan itu…

 

 

Nyepi

Nah, ini juga harus diperhatikan. Nyepi itu momen penting yang sudah banyak kita ketahui. Masyarakat Hindu Bali akan menghentikan segala aktivitas berat mereka dan menyepi di dalam rumah. Mereka juga tidak menyalakan lampu dan juga berbagai macam alat elektroniknya. Bagi anda yang tidak nyepi, anda harus ikut menghormatinya. Tidak menggunakan kendaraan alias berjalan kaki dan tidak berisik.

 

 

Bagi wanita yang sedang berhalangan

Ini untuk para wanita yang sedang mengalami datang bulan atau berhalangan. Ada peraturan siapa pun itu baik penduduk lokal maupun wisatawan tidak diperkenankan untuk masuk ke pura-pura saat sedang datang bulan. Kalau mau masuk, cari jadwal saat ga datang bulan main ke Balinya heheh

 

 

Cari Toilet jika kebelet

Nah untuk para lelaki yang biasanya buang air kecil sembarangan, jangan ya kalau di Bali. Pohon-pohon atau daun-daun apalagi yang diselimuti sarung gitu jangan jadi spot buang air kecil sembarangan. Masyarakat Bali masih percaya bahwa ada dunia lain yang masih harus kita hormati. Apalagi kalau tempat tersebut ada sesajennya, jangan banget karena dinilai keramat. Yah intinya sih cari toilet lah untuk menjaga keharmonisan semuanya.

 

 

Pakai pakaian yang sopan

Pakai pakaian yang sopan kalau mau masuk ke tempat yang suci atau sakral. Sudah standarisasi lah ya untuk datang ke tempat wisata yang berbau religi.

 

Segitu saja, semoga bermanfaat. Kalau ada yang mau nambahin, silakan saja.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Save3x. Ini penting banget nih, thx sudah share.  :)

Kebetulan saya tgl 3 ini mau ke Bali.

yooo sama-sama...

 

Haaahhh.... rugii donk... liburan k bali pas dteng bulan :(

hm... masih banyak tempat lain sis :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

maksudnya pada saat perayaan Nyepi untuk wisatawan boleh keluar, mba?

Saya pikir tidak boleh, makanya kalau berkunjung ke Bali lebih memilih amannya tidak bertepatan dengan perayaan Nyepi

Share this post


Link to post
Share on other sites

maksudnya pada saat perayaan Nyepi untuk wisatawan boleh keluar, mba?

Saya pikir tidak boleh, makanya kalau berkunjung ke Bali lebih memilih amannya tidak bertepatan dengan perayaan Nyepi

pas nyepi kan di dalam kamar mbak.. kalau mau keluar sebelum atau sesudahnya kan .. kalau pun mendesak (kayak waktu tahun kmrn yg pada solat jumat itu, nggak pakai kendaraan atau jalan kaki) :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Haaahhh.... rugii donk... liburan k bali pas dteng bulan :(

kalau datang ke Bali pas datang bulan sih boleh :) maksudnya itu pasa datang bulan dilarang masuk ke tempat suci terutama pura-pura yang ada di Bali atau di tempat yg disakralkan, ada baiknya bertanya pada penduduk lokal disana dulu apakah tempat itu disakralkan atau tidak :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau datang ke Bali pas datang bulan sih boleh :) maksudnya itu pasa datang bulan dilarang masuk ke tempat suci terutama pura-pura yang ada di Bali atau di tempat yg disakralkan, ada baiknya bertanya pada penduduk lokal disana dulu apakah tempat itu disakralkan atau tidak :D

iya soalnya kan tempat ibadah.. jd klo ke Balinya mah ya silakan aja :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Haaahhh.... rugii donk... liburan k bali pas dteng bulan :(

 

 

kalau datang ke Bali pas datang bulan sih boleh :) maksudnya itu pasa datang bulan dilarang masuk ke tempat suci terutama pura-pura yang ada di Bali atau di tempat yg disakralkan, ada baiknya bertanya pada penduduk lokal disana dulu apakah tempat itu disakralkan atau tidak :D

 

iya soalnya kan tempat ibadah.. jd klo ke Balinya mah ya silakan aja :)

 

 

kan ada obat penunda haid. klo jadwal ke Bali pas tgl dtg bln, seminggu sblmnya kita konsult ke dokter ato lngsng bli obatnya di apotek2 dijual bebas kok. sayang jg kan klo ke Bali gk jln2 msk pura ato berenang di pantai.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kan ada obat penunda haid. klo jadwal ke Bali pas tgl dtg bln, seminggu sblmnya kita konsult ke dokter ato lngsng bli obatnya di apotek2 dijual bebas kok. sayang jg kan klo ke Bali gk jln2 msk pura ato berenang di pantai.

hhhee ini niat banget ya sampe minum obat gitu. klo saya ga pernah konsumsi obat penunda haid sih :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By vie asano
      Katanya, hotel berbintang 4 pasti lebih bagus dari hotel bintang 1. Katanya, kalau beli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum waktu wisata yang diinginkan, pasti akan dapat harga yang lebih murah. Katanya, kalau bisa bahasa Inggris, maka kalian bisa pergi kemana saja dengan santai. Kan bahasa Inggris itu bahasa internasional. Dan masih banyak lagi “katanya, katanya, katanya dan lainnya.
       
      Itu hanya sebagian mitos dalam traveling yang mungkin sudah sering di dengar oleh wisatawan. Istilahnya, sudah kenyang mampir di telinga. Para calon wisatawan pun banyak yang mendengar aneka mitos tersebut dan akhirnya menelan mentah-mentah semua katanya itu. Padahal, mitos tak selalu sejalan dengan realita. Ada beberapa mitos yang memang benar, namun ada juga yang tak sepenuhnya benar. Bahkan ada juga beberapa mitos yang sepertinya dibuat oleh mereka yang belum pernah bepergian.

      Berikut ini beberapa daftar mitos dalam traveling dan realitanya yang dikumpulkan dan disarikan dari berbagai sumber.
       
      Mitos: Jika bisa berbahasa Inggris, kalian dapat melenggang kemanapun yang kalian suka. Bahasa Inggris itu bahasa internasional yang diterima dimanapun
      Fakta: Pada kenyataannya, sebuah studi menunjukkan jika bahasa Inggris hanya dimengerti oleh kira-kira 1,8 milyar orang saja, yang berarti hanya sekitar 1/3 dari populasi umat manusia di bumi ini. Jumlah itu memang banyak, namun itu juga menandakan tidak semua tempat familiar dengan bahasa Inggris. Contohnya saja negara Jepang. Walau termasuk salah satu negara maju, ternyata mayoritas penduduk Jepang tidak mengerti bahasa Inggris. Jadi tetap saja lebih baik mempelajari beberapa kata dasar jika akan pergi ke sebuah negara yang memiliki bahasa dan tradisi yang khas.
       
      Mitos: Membeli paket tour pasti lebih murah dibanding membeli ala carte
      Fakta: Salah satu cara terbaik untuk mengetahui seberapa ekonomisnya sebuah paket tour, adalah dengan membandingkan harganya secara ala carte. Jangan lupa masukkan pajak dan biaya tak terduga yah. Terkadang harga ala carte bisa lebih murah di banding paket tour lho, jadi jangan langsung percaya dengan iklan agen travel ya!
       
      Mitos: Beli tiket atau booking hotel melalui situs *sensor* dijamin mendapat harga termurah!
      Fakta: Tak ada kecap nomor 2 karena semua kecap pasti meng-klaim jadi yang nomor 1. Begitu juga dengan harga tiket maupun harga hotel. Ada banyak situs booking yang meng-klaim memiliki harga termurah, namun pada kenyataannya, bukankah harga yang ditawarkan oleh masing-masing situs itu bisa berbeda-beda? Jadi jika memang mencari harga termurah, jangan malas untuk men-survey beberapa situs sekaligus ya!
       
      Mitos: Untuk dapat tiket dengan harga terbaik, salah satu cara pintar adalah dengan mem-booking tiket jauh-jauh hari sebelumnya
      Fakta: Mitos yang satu ini ada benarnya, namun tak sepenuhnya benar. Memang sih kalian akan mendapat tiket murah jika membeli pada masa promosi. Namun jika kalian berencana untuk bepergian diluar waktu promosi, atau mungkin punya waktu liburan yang lebih fleksibel, terkadang ada baiknya menunggu beberapa saat hingga mendapat tiket dengan harga terbaik. Terkadang malah harga tiket terbaik itu tak begitu jauh dari waktu bepergian.  
       
      Mitos: Belanja di toko bebas pajak itu lebih murah!
      Fakta: Di beberapa negara memang ada toko-toko yang berlabel duty free alias bebas pajak. Tak sedikit toko-toko tersebut yang memang mengincar wisatawan asing sebagai konsumen utamanya. Tapi jangan dulu senang! Ada satu hal yang perlu diketahui oleh wisatawan. Kenapa toko-toko tersebut bisa menawarkan bebas pajak, tak lain dan tak bukan karena beberapa barang disana memiliki harga yang lebih tinggi dibanding toko biasa. Kesimpulannya, jangan langsung tergiur dengan toko bebas pajak. Lebih baik lagi jika sebelumnya melakukan survey di toko biasa sebelum memutuskan untuk belanja.
       
      Mitos: Hotel bintang 4 lebih keren dan lebih bagus dibanding hotel bintang 1
      Fakta: Di beberapa negara, terkadang ada beberapa sistem rating yang digunakan. Misalnya saja di Amerika, AAA dan Mobil, menggunakan penilaian yang berbeda dengan hotel berbintang. Jadi belum tentu hotel yang terlihat bagus dalam satu situs, dianggap sama bagusnya dalam situs lain, dan sebaliknya. Jadi salah satu cara terbijak dalam menentukan pilihan hotel adalah dengan mengamati berbagai fasilitas yang ditawarkan, dan melihat aneka review yang diberikan oleh para konsumennya secara obyektif.
       
      Mitos: Menggunakan telepon di dalam pesawat bisa menyebabkan pesawat jatuh!
      Fakta: Kisah “telepon dalam pesawat bisa mengakibatkan pesawat jatuh†mungkin termasuk salah satu yang sering didengar oleh wisatawan. Pada kenyataannya, studi yang dilakukan oleh Federal Aviation Administration tahun 2006 belum dapat membuktikan teori tersebut. Telepon juga belum terbukti dapat mengganggu sinyal penerbangan sehingga menyebabkan pesawat jatuh. Namun jika kalian tetap khawatir, tak ada salahnya mematikan telepon selama beberapa waktu sambil menikmati suasana di perjalanan.
       
      Mitos: Jet lag itu karena kurang tidur! Makanya harus banyak tidur di perjalanan supaya nggak kena jet lag!
      Fakta: Tak ada hubungannya antara jet lag dengan kurang tidur. Yang benar, jet lag terjadi karena adanya perbedaan jam biologis dalam tubuh dengan jam pada daerah setempat yang dipengaruhi oleh sinar matahari.
       
      Mitos: Ikut paket tour itu nggak seru karena nggak bisa mengeksplorasi sebuah tempat dengan bebas!
      Fakta: Kalau soal ini, tergantung dari pemandu wisatanya. Jika bisa mendapat pemandu wisata yang sangat oke dan berpengalaman, bisa jadi paket tour kalian justru akan lebih baik dibanding menjelajah sendirian. Jadi untuk hal ini, mitos di atas bisa benar dan bisa juga salah.
       
      Kira-kira ada mitos traveling dan realitanya yang belum di share disini nggak? Ayo, bagi pengalamannya dong!
    • By Bima TourTravel
      PROMO !!!!!! Ajak 10 Teman kamu Free 1 Orang
      One Day Trip Snorkling di Pulau Untung Jawa - Pulau Rambut - Pulau Kelor 10 DESEMBER 2017
      Biaya : 165.000 / Orang
      Detail Kegiatan :
      07.00 = meeting point di Muara Kamal
      08.00-09.00 = perjalanan ke Pulau Untung Jawa
      09.00-11.00 = Sorkling di Pulau Untung Jawa dan sekitar Pulau Rambut
      12.00-13.00 = Makan Siang
      13.00-14.30 = Explore Pulau Untung Jawa
      15.00-15.30 = Menuju Pulau Kelor
      15.30-16.30 = Explore Pulau Kelor
      16.30-17.00 = Kembali ke Muara Kamal
      17.30 = Tiba di Muara Kamal , Trip Selesai
      Price Include:
      1. Sewa Kapal transportasi
      2. Tiket masuk Pulau kelor dan Untung Jawa
      3. Alat Snokling/ Banana Boat ( Pilih salah satu )
      4. Makan Siang
      5. Air Mineral
      6. Dokumentasi Foto dengan Floaties dan Laybag
      Price Exclude:
      Biaya diluar Paket / Keperluan Pribadi
      Informasi & pendaftaran, segera hubungi
      Bima TourTravel
      Contact Person:
      Call/Whatsapp: 081380796096
      Pin BB : 2A568A6D
      Line Official : @bimatourtravel
      Website : www.bimatourandtravel.com
      Fanspage : @bimatourtravel


    • By Adistia22
      Halo saya newbie dsini salam kenal.. Saya kemarin sudah beli tiket by garuda ke osaka tgl 18 februari.. Sebenernya rencana mau ikut land trip dari agen wisata ternyata saya salah ambil tanggal.. Jd saya rencana nya coba ngebolang sekalian cari teman baru. 
      Itinneray ny yg saya rencanakan: 
      Day 1 : 19 feb 2018
      -Check in hostel
      - Umeda Sky building
      - Tempozan Ferris Wheel
      Day 2 : 20 feb 2018
      - Osaka Castle
      - Doguyasuji Shopping Arcade
      - Shinsaibashi-suji Shopping Arcade
      Day 3 : 21 feb 2018
      - Tenryu-ji Temple
      - Arashiyama Bamboo Groove
      - Kinkaku-ji Temple
      - Nishiki Market & Food Floor 
      - Fushimi Inari Taisha Shrine
      Day 4 : 22 feb 2018
      - Universal Studio Japan
      Day 5 : 23 feb 2018
      - Nara Park
      - Ramen Museum
      - Free time
      Day 6 blm ada rencana
      Tp ittinery bsa berubah kok saya gg terlalu masalah.. Yg berminat bsa WA 082225264245
    • By St Deddy
      Halo! salam kenal dari bali, saya tinggal di negare,
      untuk saat ini saya berbolang dari kota ke kota di indonesia.
      harapan saya bisa segera berbolang ke luar negri juga memboyong pasukan saya.
      Salam
      dedi dan dewi
    • By du22wi
      Halo semuanya! 
      Perkenalkan kami dari TREYA, sebuah marketplace untuk opentrips di Indonesia. Bisa dibilang seperti airbnb, tapi daripada platform untuk menawarkan dan mencari akomodasi, kami adalah platform di mana para pengguna bisa menawarkan dan mencari opentrips yang akan datang ke berbagai macam destinasi di Indonesia. Jadi variasi destinasi, harga, dan juga jadwal nya lebih banyak :)
      Dan khusus di bulan Agustus ini, kami sedang menawarkan diskon 17% untuk trip pertama kamu! Caranya masukkan saja kode "HELLOTREYA" saat kamu memesan perjalanan pertama kamu bersama kami dan kamu akan langsung mendapatkan diskon 17%! 
      *Setiap pengguna hanya dapat menggunakan kode promo ini satu kali saja
      Langsung saja kunjungi situs kami di http://treya.io/ dan cari trip keinginan kamu! 
      Berikut adalah salah satu contoh trip yang tersedia di TREYA:

      EXPLORING PAHAWANG ISLAND
      IDR 470,000/person
      JADWAL: 25 August - 27 August; 31 August - 2 September; 1 September - 3 September; 8 September - 10 September; 15 September - 17 September; 22 September - 24 September; 29 September - 1 October
      Highlights
      Pahawang Island is an island located in the Punduh Padada district, South Lampung. The island is divided namely into two, which are Pahawang Besar Island and Pahawang Kecil Island. Pahawang Island itself keeps a lot of its beauty in tact, with beautiful sceneries, green hills, white sandy beaches, and crystal clear sea water which you can enjoy everyday on this island. It is suitable for you who enjoys snorkling and freediving. The icon of Pahawang Island is the sand plains that arise when the sea water is receding so that it forms a kind of ‘sand street’ that stretches from one island to another island. It’s definitely a view that you don’t want to miss out on!
      Price Include
      Ferry tickets from Merak to Bakauheni and return
      Shuttle car in an air conditioned car from Bakauheni to Dermaga Ketapang and return
      Boat rental for island hopping for 2 days
      Homestay
      4x meals
      BBQ
      Tour leader
      Local guide
      Photo documentation throughout the trip and also underwater 
      Price Exclude
      Transport from location of origin to Pelabuhan Merak
      Upgrade ferry class ( rate is around IDR 8,000 - 12,000 and directly paid to the ship officer)
      Snorkeling set rental for 2 days (IDR 80,000, includes goggles and fins)
      Personal expenses 
      Itinerary
      
Day 1

23.00 Assembly in front of Dunkin Donuts at Pelabuhan Merak
      23.30-03.30 Hop on the ferry to Pelabuhan Bakauheni

Day 2
 
      03.30-04.00 Arrive at Bakauheni then rest
      04.00-07.00 Journey from Bakauheni to Dermaga Ketapang
      07.00-08.00 Arrive at Dermaga Ketapang, breakfast and preparations
      08.00-12.30 Snorkeling at Kelagian Kecil Beach and Cukuh Bedil
      12.30-14.00 Check-in at the homestay, rest and lunch
      14.00-17.30 Explore and snorkeling at Pulau Balak Beach and Tanjung Putus
      17.30-19.30 Return to homestay to pray, shower, and rest
      19.30-21.00 BBQ dinner and free activity

Day 3

06-00-08.00 Wake up, breakfast and check-out of homestay
      08.00-12.00 Explore and snorkeling at Taman Nemo and Pahawang Kecil Island
      12.00-13.00 Arrive at Dermaga Ketapang
      13.00-14.00 Clean up and lunch (excluded from package)
      14.00-16.30 Arrive at Pelabuhan Bakauheuni
      16.30-19.30 Ferry from Bakauheuni to Merak
      20.00 Arrive at Merak, trip ends.
      REGISTRASI:
      Website: http://treya.io/
      WA: +6287882553443
      Email: [email protected]
      Instagram/Facebook: @treya.io
      VOYAGING SOON!! ^^

    • By embong
      Siapa bilang berlibur butuh dana besar? Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi tempat wisata yang banyak dan tidak perlu biaya besar. Mulai dari Pantai, Gunung, atau pun perkotaan, semua bisa menjadi tempat liburan dan hemat biaya. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki waktu berlibur cukup panjang, berikut ini beberapa temapt berlibur yang dapat disambangi ketika akhir pekan dan yang pasti murah!!
      Karimun Jawa
      Tempat wisata ini sudah menjadi Taman Nasional Laut, karena memiliki daya tarik tersendiri dan cocok untuk Wisata Bahari. Panorama laut yang indah bagai telaga warna dengan gugusan kepulauan yang tersebar jauh mata memandang. Air lautnya jernih, hamparan pasir putih pun membentang dikawasan pantainya. Disini masih terdapat satwa langka seperti menjangan, trenggiling, landak, ular edor dan yang paling unik lele tanpa patil.
      Estimasi Biaya: paket penginapan, makan, snorkling, foto-foto (soft data), barberque sebesar Rp 650.000 dan belum termasuk tiket bus ke Jepara.
      Kota Bandung
      Siapa sih yang tidak kenal Bandung? Kota kembang ini sudah terkenal dengan sejuta ciri khas, mulai dari tata kota tua sampai wisata kuliner yang sangat terkenal. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini sudah terkenal keindahannya dari jaman Belanda.
      Estimasi Biaya: Travel PP Rp 180.000, Hotel Rp 300 ribu.
      Kepulauan Seribu
      Pulau Pari, Pulau Peuncang, Pulau Tidung, hanya lah beberapa pulau yang sedang naik daun untuk kawasan kepulauan seribu. Tidak hanya bisa dinikmati sendiri, wisata air pada pulau-pulau ini dapat dikunjungi oleh ‘geng’ berlibur kalian. Karena biasanya, travel agen yang mengatur wisata pulau seribu akan memberikan paket harga murah apabila orang yang ikutan lebih banyak seperti paket wisata pulau pari, paket harga pulau tidung, paket harga pulau harapan, dll. Anda bisa browsing sendiri di Google, banyak sekali penyedia paket tersebut
      Estimasi Biaya: paket penginapan, makan snorkling, bersepeda, barbeque sebesar Rp. 500.000. Namun estimasi tersebut dapat lebih besar tergantung pulau mana yang hendak dikunjungi.
      Yogya
      Berlibur di kota Yogya mungkin pilihan yang tidak kalah menarik. Namun bagi yang hendak berlibur di kota keraton ini harus menyiapkan transportasi yang memadai karena jika dibandingkan dengan naik kendaraan umum, biayanya cukup mahal. Dan perlu direncanakan dari jauh-jauh hari destinasi wisata ketika disana.
      Estimasi Biaya: Kereta PP Rp 600 ribu, hotel Rp 300 ribu, untuk kuliner tidak perlu repot karena banyak tempat makan murah meriah.
      Surabaya
      Liburan di kota pahlawan, Surabaya? Mengapa tidak. Surabaya cukup menjanjikan wisata kota yang unik. Salah satu tujuan dalam kotanya adalah musem kapal selam, dimana pengunjung dapat melihat isi daleman kapal selam Indonesia jaman dulu. Atau pun main-main ke museum pun tak jadi masalah, mengingat kota ini menyimpan banyak sejarah pahlawan Indonesia.
      Estimasi Biaya: Bus PP Rp. 440 ribu, penginapan Rp200 ribu atau dapat menyewa apartemen sekitar 1 jutaan yang dapat dibagi empat atau enam dengan teman berlibur. Untuk makanan, banyak cafe murah seperti cafesera, atau pun makanan pinggir jalan yang mantap.

    • By imagologi
      Kota Malang

      Kota Malang menjadi album   menarik bagi para backpacker Indonesia yang ada di penjuru dunia. Ragam wisata edukatif, wisata informatif, wisata alam, , maupun wisata modern bisa ditemukan di kota ini.
      Wisata kuliner yang berkesan di lidah dan renyah di kantong tentu juga menjadi kesan tersendiri bagi para backpacker untuk berkunjung ke Kota Malang. Kota Malang adalah kota yang berada di wilayah Propinsi Jawa Timur.
      Melimpahnya menu kunjungan wisata seperti  Alun-Alun Kota Malang, Pantai Sempu, Pantai Gatra dan tentunya ragam museum yang akan mengingatkanmu pada perjuangan masa lalu. Jangan susah move on ya
      Selain itu, Kota Malang bisa kamu hinggapi dengan ragam penginapan yang dapat membuat kamu sejenak melepas lelah pasca berwahana keliling kota.
      Kota Lumajang

      Menu favorit berikutnya berada di samping Malang yaitu, Lumajang.  Apabila kamu mengetik wisata Lumajang di search engine, akan tampil banyak aneka wisata pilihan yang bisa kamu cantumkan sebagai destinasi backpacker-anmu berikutnya.
      Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Kabupaten Lumajang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kamu tinggal melewati Malang bagian selatan untuk kemudian menikmati perjalanan dengan rimbunnya suasana  sekitar.
      Lumajang sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata dengan panorama yang mempesona. Backpackeranmu tidak akan mengecewakan  setelah mengunjungi destinasi favorit di Kota Lumajang dan sekitarnya seperti, Puncak B 29, Kebun Teh Kertowono atau kamu mau mencicipi eloknya Ranu Kumbolo? Ditunggu ya kunjungannya.
      Kota Banyuwangi

      Segudang tempat wisata dan rantai festival tersaji apik di Banyuwangi.  Ditambah lagi adanya tempat wisata yang keren dan indah sontak membuat kabupaten yang berada di ujung timur pulau Jawa ini memiliki banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi tanpa harus mendebarkan saku. Peta wisata Banyuwangi memiliki kontur wilayah yang begitu unik mulai dari dataran rendah hingga tinggi.
      Kontur semacam ini secara tidak langsung menciptakan banyak objek tempat wisata alam yang memukau. Pantai di kawasan ini masih sangat bersih dan jauh dari polusi sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata pantai untuk keluarga yang hemat namun tetap menonjolkan keindahannya. Selain pantai, Banyuwangi juga memiliki latar belakang gunung bagi kamu penggemar  suasana tenang, tercitra, dan rimbun.
      Kota Batu

      Rutinitas seringkali membuat penat dan menghambat produktivitas. Oleh karena itu, refreshing mutlak diperlukan, terutama bagi pekerja kantoran. Salah satu cara ampuh untuk menyegarkan pikiran adalah dengan pergi berlibur. Biasanya, liburan akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang terdekat, misalnya keluarga.
      Karena itu, pemilihan destinasi merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan. Pilihlah destinasi yang bisa dinikmati oleh setiap anggota keluarga. Kota Wisata Batu adalah jawabannya. Kota yang satu ini sedang menjadi buah bibir di kalangan wisatawan berkat objek wisatanya yang unik dan beragam. Ditambah keindahan alam dan hawanya yang sejuk, membuat Kota Batu kian mempesona.
      Dalam beberapa tahun terakhir, industri pariwisata di Batu berkembang kian pesat. Beragam objek wisata yang unik dan menarik bermunculan dan berhasil menggaet gairah berkunjung para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berkat promosi dan pengelolaan objek wisata yang baik, Batu kini menjelma menjadi primadona baru sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan, mulai dari anak-anak sampai dewasa.
      Dilansir dari imagologi.com