Sign in to follow this  
Followers 0

MENELISIK KEINDAHAN KAWASAN BERASTAGI

9 posts in this topic

Posted

Untuk menuju Berastagi anda harus menuju Medan terlebih dahulu. Medan dapat ditempuh melalui jalur air, darat, maupun udara. Untuk anda yang menggunakan jalur udara, anda dapat mendarat di Bandara Polonia yang terletak 4 km dari pusat kota. Sedangkan pelabuhan laut ketiga yakni Pelabuhan Belawan yang terletak 25 km di utara Medan. Selain itu, Medan juga memiliki 2 terminal bus antarkota Di bagian utara terdapat Terminal Pinang Baris sedangkan di bagian selatan  terdapat  Terminal Amplas.

 

post-34-0-76080400-1359513411_thumb.jpg

 

Sesampainya di Medan, anda bisa menuju terminal bus Padang Bulan. Dari terminal ini, pilihlah bus dengan jurusan Kota Kabanjahe atau yang menuju langsung ke Kota Berastagi dengan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan namun, dijamin anda tidak akan merasa bosan karena panorama alam yang mirip puncak  dan Lembang ini akan memanjakan anda dengan pemandangan seperti perkebunan teh dan tembakau serta aktivitas masyarakat Sumatera Utara dimana biasanya inang-inang (ibu-ibu, dalam bahasa Batak Karo) membawa hasil bumi dari kebunnya menuju Pasar Sentral di Medan.

 

Apabila anda tidak berkeinginan untuk  menaiki bus  umum, mini bus khusus pariwisata juga bisa menjadi alternative sebagai pengantar dengan rute Medan – Berastagi / Danau Toba – Bukit Lawang. Hotel-hotel tempat para wisatawan menginap biasanya menyediakan fasilitas bus ini .

 

Berastagi yang berada dalam wilayah Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara ini berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan Danau Lau Kawar di kakinya. Brastagi diapit oleh oleh 2 gunung aktif yakni, Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Daerah ini masih termasuk satu kawasan dengan deretan panjang Bukit Barisan yang berjarak 50 sampai 60 kilometer dari kota Medan.

 

Begitu memasuki kawasan ini, anda akan disambut  oleh cuaca yang dingin namun, jangan khawatir karena anda bisa mampir untuk minum kopi dikedai kedai yang terdapat disana ditemani panorama pegunungan disekitarnya. 

Karena kebijakan Belanda, tepatnya sekitar tahun 1920-an kota kecil ini dijadikan sebagai pusat perkebunan di Sumatera Utara yang dikelola pihak Belanda sehingga dari kota inilah kebutuhan sayur-mayur dan buah-buahan di kota Medan dan kota-kota besar lainnya di Pulau Sumatera bagian utara disuplai.

 

Untuk urusan oleh-oleh anda bisa singgah ke Pasar Buah Berastagi untuk membeli buah-buahan khas Berastagi maupun  jeruk Berastagi yang merupakan komoditi utama kota ini. Anda bisa memetiknya secara langsung. Produk sirup markisa yang selalu jadi oleh-oleh khas dari Medan juga berasal dari hasil kebun di Berastagi.

 

Apabila di Tomohon Sulawesi Utara setiap tahunnya  digelar Festival Bunga, Berastagi pun tak mau ketinggalan. Berastagi memiliki Pesta Panen dan festival kebudayaan tradisional Mejuah-juah  yang digelar dengan mengumpulkan orang Batak Karo. Tradisi “Kerja Tahun†juga merupakan tradisi turun-temurun yang diselenggarakan. Biasanya orang yang sudah merantau akan datang kembali ke perkampungan untuk menyaksikan acara ini.Tentu saja anda tidak boleh ketinggalan untuk menyaksikan event ini.

Hari Sabtu, Minggu, dan hari libur merupakan saat kota ini ramai oleh  pengunjung yang pada umumnya berasal dari kota Medan dan sekitarnya.

 

post-34-0-20613600-1359513427_thumb.jpg

 

Jadi tunggu apa lagi, silahkan datang untuk mengunjungi Berastagi karena Berastagi merupakan daerah tujuan wisata yang memiliki fasilitas lengkap di Tanah Karo, seperti hotel berbintang, restoran, golf dan lain-lain. Berastagi  juga menyediakan akomodasi yang bervariatif mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang.

Bila anda seorang backpacker dengan budget yang terbatas maka wisma-wisma di sekitar Berastagi dapat dijadikan pilihan untuk menginap.

 

Di Bukit Gundaling anda dapat berwisata kuda sembari memetik buah jeruk langsung dari kebun penduduk, apabila merasa lelah mandi air panas di Lau Sidebuk-debuk dapat dijadikan alternatif . Selain itu anda juga bisa mandi di Air terjun Sipiso Piso yang berarti pisau. Dari Kabanjahe air terjun ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 24 km. Air terjun ini terletak di sekitar tepi Danau Toba bagian utara. Namun anda patut berhati-hati apabila ingin mencapai air terjun ini karena jalan setapak  menuju air terjun sangat curam dan terdapat banyak kelokan. Selain itu anda dapat  mengunjungi Taman Hutan Raya Bukit Barisan , Air Terjun dua warna, Hillpark Sibolangit, Desa Budaya Lingga , Desa Budaya Lingga, mendaki gunung Sibayak, mengunjungi danau Lau Kawar dan mendaki gunung Sinabung, dan tempat wisata lainnya.

AmaliaHolmes and via like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Wah...saya sering banget tiap weekend ke Berastagi nih.. :)

selain bisa mencari udara segar dari kota Medan yang puanaaaassss, bisa sekalian agrowisata juga.

Ada destinasi baru nih yang 'wajib' di kunjungi di Berastagi --> Taman Alam Lumbini.

pasti tau kan..? Itu lho yang replika Pagoda di Thailand.. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

wow...pemandangannya cantik, dari kota Medan ke Danau Toba saja bisa sampai 5 jam Sis...kira2 jarak tempuh ke Berastagi berapa lama ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

wow...pemandangannya cantik, dari kota Medan ke Danau Toba saja bisa sampai 5 jam Sis...kira2 jarak tempuh ke Berastagi berapa lama ya?

Medan - Berastagi 1 jam aja kok sist..

Kalau naik sepeda motor bisa 30 menitan.. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Ooo...dekat ya dari Medan ke Berastagi, saya juga baru tahu Sis...kalau saya tahu sebelumnya kan bisa mengunjungi wisata ini :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

jangan lupa kalo ke medan jangan lupa naik gunung sibayak dan gunung sinabung untuk menikmati kota medan dan sunrise  :)  :)  :)

Jalan2 likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

wah, berastagi .. jalan-jalan waktu sy msh kecil nich... diingatan sy tempatnya sejuk dan indah, harus kesana lagi soalnya da lupa juga tempatnya :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Ngeliat kota berastagi + sunset dipuncak gundaling.. bikin suasana tambah keren abiss..

:)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

harga bus sampai Berastagi berapa gan, dan busnya AC atau bus biasa?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0