Sign in to follow this  
Jalan2

Berburu Barang-Barang di Pusat Perbelanjaan Seoul

12 posts in this topic

Tips buat yg hobi shopping kalo jalan jalan ke Seoul :

 

Berbelanja adalah salah satu agenda yang hampir pasti tidak dapat dilewatkan setiap berwisata dan melakukan perjalanan ke suatu tempat baru. Hal ini juga dipahami oleh pemerintah Korea Selatan yang secara besar-besaran membawa mode dan fashion Korea ke seluruh dunia. Fashion Korea ini disebarluaskan oleh duta-duta mereka yang berlakon di dunia entertainment. Alhasil, banyak sekali online shop yang menjamur menawarkan pakaian-pakaian, aksesoris, tas, dan sebagainya dengan trademark asal Korea.

 

            Seoul sebagai jantung kehidupan Korea Selatan adalah salah satu kota yang menjadi pusat dari mode dan gaya hidup masyarakat modern di sana. Ada beberapa tempat alternatif yang bisa Anda sambangi untuk berburu barang-barang asal Korea ini. Dari barang grosiran hingga merek terkenal, semuanya bisa ditemukan di Seoul. Berikut ini adalah tempat-tempat yang paling sering menjadi incaran para wisatawan untuk memuaskan hasrat berbelanja atau sekedar window shopping.

 

Myeong-dong


Myeong-dong adalah salah satu tempat tersibuk di Seoul dan merupakan salah satu tujuan utama masyarakat maupun wisatawan Korea berbelanja. Lebih dari 1 juta pembeli melewati daerah ini masing-masingnya setiap hari. Terletak di jantung kota Seoul, Myeong-dong menjadi salah satu pasar terbesar di mana terdapat berbagai macam toko pakaian, aksesoris, kosmetik, sepatu, café, restaurant, berkumpul menjadi satu. Tidak salah kalau Myeong-dong dikatakan sebagai pusat fashion trendsetter. Para pecinta mode di Korea biasanya datang ke sini dengan pakaian-pakaian modis.

 

Selain itu di sini juga terdapat department store yaitu Lotte dan Shinsegae. Toko pakaian atau kosmetik dapat dilihat di setiap sudut, diselingin dengan warung-warung kecil yang menawarkan makanan ringan yang lezat, pakaian murah, atau aksesoris berkilau. Ada ribuan merek yang dijual di Myeong-dong. Dua department store besar (Lotte dan Shinsegae) menjual sebagian besar merek-merek mewah sementara di pusat perbelanjaan seperti H&M dan Migliore menawarkan harga yang lebih bersahabat. Namun jika Anda ingin berbelanja dengan harga yang jauh lebih miring dan tidak harus bermerek, maka Myeong-dong tidak terlalu direkomendasikan. Harga-harga produk yang ditawarkan secara keseluruhan cukup mahal dan menjual kualitas brand-brand ternama.

 

Korea Selatan selain terkenal dengan mode-nya juga sangat tergila-gila pada hal yang berhubungan dengan produk-produk kecantikan. Tidak heran jika merek-merek kosmetik asal Korea ini hampir selalu dapat ditemui di setiap jalan dan memiliki cabang di Myeong-dong. Pasar telah menjadi rumah untuk toko-toko kosmetik dan ratusan toko perawatan kulit. Face Shop, Tonny Molly, Skin Care, merupakan contoh merek kosmetik yang sangat mudah Anda temukan di Korea. Jangan kaget bila harganya jauh lebih murah dari harga yang biasa Anda beli di Indonesia. Selain itu di luar toko biasanya ada beberapa pramusaji yang menawarkan contoh produk secara gratis jika Anda mau menengok sebentar ke dalam toko. Bila Anda akhirnya memutuskan membeli, biasanya bonus sampel yang diberikan akan ditambah. Semakin besar nilai pembelian Anda, semakin banyak pula bonus yang diberikan. Menyenangkan bukan?

 

Untuk mencapai Myeong-dong, Anda bisa mengaksesnya melalui dua stasiun subway. Pertama ialah Myeong-dong Station dan kedua dari Euljiro 1 (il)-ga Station.

 

post-1-0-39954500-1359542161_thumb.jpg

 

 

Dongdaemun

 

Pasar Dongdaemun awalnya dibangun sebagai pasar tradisional pada tahun 1905 dan mengalami transformasi besar-besaran pertama di tahun 1970 karena mulai berkembang sebagai pusat industri tekstil (baik grosir dan eceran). Semenjak itu Dongdaemun terlahir kembali menjadi pasar dengan street fashion paling terkenal di Korea.

 

Kurang lebih ada 37 shopping mall di daerah Dongdaemun, dan kesemuanya memiliki item busana seperti kain, pakaian, aksesoris, hingga kebutuhan pernikahan. Dongdaemun sudah dianggap sebagai rumah bagi pemasok pakaian terbesar di Korea, dan para calon desainer juga datang ke sini untuk mengasah dan menguji kemampuan mereka. Rasanya hampir tidak mungkin Anda bisa menjelajahi Dongdaemun hanya dalam waktu seharian meskipun sebagian besar toko buka hingga subuh, bahkan ada yang 24 jam nonstop. Cara termudah adalah membuat daftar belanjaan apa saja yang ingin Anda cari di Korea dan tetap fokus selama menjelajahi toko demi toko, karena kalau tidak Anda bisa membeli barang-barang yang tadinya tidak direncanakan.

 

Beberapa shopping mall modern yang terkenal di sini ialah Doota, Migliore, Hello Apm, Good Morning City, Cerestar, Club Designer, dan Doosan Tower. Pusat perbelanjaan modern ini baru muncul di akhir 1990-an. Kalau ingin merasakan atmosfer hingar bingar dunia mode jalanan selain menikmati berbelanja, datanglah di akhir pekan karena biasanya diadakan pertunjukan-pertunjukan seperti fashion show, live music, ataupun jumpa artis. Untuk mencapai Pasar Dongdaemun, Anda bisa berhenti di Dongdaemun Station, Line 1 & 4.

 

post-1-0-52116200-1359542210_thumb.jpg

 

Namdaemun

 

Namdaemun Market terletak di bagian timur Namdaemun, antara Seoul Station dan Myeongdong. Namdaemun terkenal sebagai pasar tradisional terbesar di Korea. Pasar Namdaemun digunakan untuk menjual berbagai macam tanaman, buah, dan kelontong. Namun kini Anda juga sudah dapat menjumpai barang tekstil, peralatan, elektronik, produk lokal, kerajinan tradisional, barang-barang impor, dan sebagainya di pasar tersebut. Selain itu, 90 persen dari pakaian anak-anak didistribusikan secara nasional dari tempat ini.

 

Nama Namdaemun sendiri (sebelumnya "Sungnyemun") mengacu pada gerbang selatan dari empat gerbang menuju ke kota benteng selama Dinasti Joseon berjaya. Sebagai salah satu struktur kayu tertua yang masih tersisa di Seoul dan merupakan harta nasional nomor 1, Namdaemun melambangkan sejarah Seoul dari masa lalu hingga kini dan sangat dihormati oleh warga Korea Selatan.

 

Lebih dari 5.400 toko kecil menjual barang baik secara langsung maupun grosir dengan harga relatif murah dan bisanya jika membeli dalam jumlah banyak bisa mendapatkan potongan harga, tergantung pada keinginan pemilik. Jika Anda ingin berbelanja oleh-oleh cenderamata dan barang-barang khas Korea dengan harga miring, Namdaemun adalah tempat yang tepat.

 

Berbeda dari Myeong-dong dan Dongdaemun, Namdaemun menawarkan suasana berbelanja yang bersahaja dan masih lekat menyimpan nilai-nilai sejarah masa lalu Korea. Tidak ada etalase mewah dan barang-barang mahal dengan merek terkenal yang bisa Anda temukan di sini. Seperti pasar tradisional pada umumnya, di sini juga banyak sekali kios-kios yang menjajakan makanan dan kudapan khas Korea yang terkenal.

 

post-1-0-63391600-1359542262_thumb.jpg

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

di Solo tidak kalah dengan di Seoul....disini apa2 juga banyak tersedia...hiburan modern sampai tradisional, belanja oleh2 modern sampai tradisional, hingga kuliner modern sampai tradisional tersedia di Kota kami.....silahkan berkunjung.... :biking

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ketiga tempat yang disebutin Mimin @Jalan2 diatas, emang tempat yang paling sering dikunjungin sama penduduk lokal dan pendatang yang ingin berbelanja pas lagi ada di Seoul. Saya pernah ke Myeong-dong sama ke Dongdaemun tapi yang saya inget jelas Myeong-dong aja. Bentuk Myeong-dong kira2 kayak Pasar Baru Jakarta, versi lebih gede dan lebih teratur. Toko-toko di Myeong-dong hampir semuanya toko yang udah terkenal di dunia jadi barang-barangnya udah bisa dikira-kira lah seperti apa. Kalau mau cari barang2 khas korea, anda bisa ke pedagang-pedagang kaki lima yang lapaknya berjejer di depan toko-toko ternama tsb.

Saya waktu itu nonton salah satu program di KBS World yang ngebahas tentang tempat belanja yang namanya Insa-dong. Pernah dengar atau bahkan pernah kesana nggak, Min @Jalan2? Atau yang lain ada yang pernah nggak? Share dong kaya gimana Insa-dong itu hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

neh kebetulan neh..ortu aku pergi ke seoul malam ini, aku bisa kasih tips deh ahhh ke mereka untuk bisa shopping di 3 tempat ini...

 

Thanks yah infornya..:)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Untuk produk kosmetik mungkin lebih murah daripada di Indonesia; tp barang2 sovenir macam kaos dan pernak pernik lainnya cenderung mahal. Konon Seoul adalah kota dengan biaya hidup termahal kedua setelah Tokyo. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this