• 0
Sign in to follow this  
Sundel Bolong

Anak SBY, Punya Tabungan 1 Miliar tapi bayar Pajak Tahunan cuma 2.7 juta

Question

Entah ada yang aneh dengan berita hari ini di televisi. sepanjang hari saya nonton tv, beritanya paling tentang raffi ahmad, presiden pks korupsi ataupun batavia pailit. tapi anehnya kok nggak ada berita mengenai pajak keluarga SBY ya??? aneh pikir saya. 
 
408458_573189389359047_1344207557_n.jpg
 
Bagi yang tidak tahu, mungkin bisa dilihat di link di bawah. Jadi, ceritanya ada salah satu wartawan Jakarta Post yang melakukan investigasi terhadap jumlah pajak yang dibayarkan oleh anggota keluarga SBY. Di sini, dia dapat tiga data yakni data SBY, data Ibas serta data milik Agus Harimurti. 
 
Anehnya, menurut link facebook yang saya baca, koran Jakarta Post langsung habis pas tulisan ini dimuat di koran. Asumsi negatif saya, mungkin keluarga istana memborong semua koran. Lalu apa yang aneh? banyak keanehan ternyata. Terutama adalah uang masuk ke rekening yang berasal dari sumber unknown. lebih lengkapnya baca sendiri aja ya... takutnya ada bahasa inggris yang saya salah artikan...
 

Share this post


Link to post
Share on other sites

9 answers to this question

  • 0

ohh gitu...jadi inget majalah tempo waktu itu yang bahas rekening gendut polisi. terus ada yang ngeborong majalah2nya.

 

kalau yang ini sih saya nggak tau pastinya... tapi yang heran banget, dari kemarin seharian mantengin tipi kok sama sekali nggak ada berita ini di televisi..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

hmm saya sih ga tau cara itungnya gimana yah. emang harusnya kalau ada asset 1,6M harus bayar berapa duit?

Terus setahu saya kalau pejabat tinggi negara emang ada semacam diskon untuk pajak, kalau ga salah inget yah

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

hmm saya sih ga tau cara itungnya gimana yah. emang harusnya kalau ada asset 1,6M harus bayar berapa duit?

Terus setahu saya kalau pejabat tinggi negara emang ada semacam diskon untuk pajak, kalau ga salah inget yah

yang jadi masalah, ada pemasukan di rekeningnya informasinya blank. jadi nggak tau itu duit dari mana. kalau duit ini emang penghasilan dia, ya kan harus kena pajak dong... kalau untuk pejabat tinggi, saya juga nggak tau. tapi, agus harimurti emang pejabat tinggi? pertanyaan besar bukan? 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

yang jadi masalah, ada pemasukan di rekeningnya informasinya blank. jadi nggak tau itu duit dari mana. kalau duit ini emang penghasilan dia, ya kan harus kena pajak dong... kalau untuk pejabat tinggi, saya juga nggak tau. tapi, agus harimurti emang pejabat tinggi? pertanyaan besar bukan? 

 

 

Hmm, kalau mayor belum tinggi2 banget sih, tapi mungin yang kerja di PNS bisa tau mereka dapat pengurangan pajak atau tidak.

tapi kalau saya sendiri sedikit bingung, kalau ada rumah 2M, jadi tiap tahun harus bayar pajak lebih dari 3juta donk.. bingung neh gara2 ga belajar pajak

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

hmmm itu anaknya SBY yang jadi Major di tentara assetnya bisa ampe 1.6 milliar ya. Gaji jadi tentara kan ga begitu gede ya. Munkin itu dapet duitnya dari papa sby ya.

 

 

wah kalo udah urusan pemerintah dan politik udah gak ada yang masuk akal deh :P

 

 

Hmm, kalau mayor belum tinggi2 banget sih, tapi mungin yang kerja di PNS bisa tau mereka dapat pengurangan pajak atau tidak.

tapi kalau saya sendiri sedikit bingung, kalau ada rumah 2M, jadi tiap tahun harus bayar pajak lebih dari 3juta donk.. bingung neh gara2 ga belajar pajak

 

mungkin untuk kalkulasi berapa besaran pajaknya nggak tahu emang kita-kita yang orang awam. tapi herannya, ini berita kok cuman sekali doang. itupun di koran dan beberapa situs online. abis itu, udah tenggelam. di tipi, tiga hari ini mantengin juga nggak ada berita ini sama sekali... kalau udah gitu kan ada yang mencurigakan bukan? keren emang indonesia.  

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Belakangan saya merasa agak takut, karena di satu sisi saya ingin membuat NPWP, tapi di sisi lain saya takut suatu hari kena masalah yang aneh-aneh dengan pajak (bukan karena saya mau lari, tapi takutnya di-'iseng'-in sama orang pajak). Tapi setelah mendengar berita ini, saya rasa, sebagai rakyat kecil perseorangan dengan gaji yg ga da apa2nya dibanding mereka, berarti saya harusnya aman. Wong mereka yang uda separah itu aja gpp...

 

Agus Harimurti itu uda brp lama jd wajib pajak, tapi ga bikin2 laporan. Parah bener. Dari istana mau coba tutup2in ini? Hah! Media jaman skrg ga bs kaya dulu. Mau ditutup2in kaya gmn jg tetep aja namanya fakta publik ya ga bs ditutupin. Makanya paling bener itu ya jd org jujur aja deh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this