Sign in to follow this  
Haikal

Aku milikmu, Oahu

7 posts in this topic

Jalan2ers pernah menonton video klip Jason Mraz yang I’m Yours? Lagu ini memecahkan rekor Billboard chart sebagai lagu terlama yang bertahan di tangga lagu U.S. Billboard hingga 76 minggu. Kalau Jalan2ers coba perhatikan, video klip ini menampilkan keindahan alam dari dua tempat di Hawaii, yakni Pulau Oahu dan Pulau Kauai.

 

Video klip I’m Yours diawali dengan Jason Mraz terbang ke Hawaii menggunakan jet pribadi dan tiba di Bandara Lihue, Pulau Kauai. Keesokan harinya, ia meninggalkan penginapan (berupa apartemen) beserta kuncinya untuk pergi berpetualang. Apartemennya sendiri terletak di pesisir utara Pulau Oahu (tentunya kejadian-kejadian awal di video klip ini ceritanya di pulau yang sama).

 

Imyoursmusicvideo.jpg

Jason Mraz

 

Ia jalan-jalan menggunakan taksi, melewati jalan tol. Lalu dilanjutkan dengan ber-hitchhike di bak belakang mobil pick-up seorang laki-laki, membawanya ke arena skateboard di dekat daerah pesisir utara Pulau Oahu. Di sana, Jason Mraz menonton orang-orang bermain skateboard dan bertemu dengan cewek-cewek cantik yang lalu menyarankannya pergi ke Air Terjun Maunawili.

 

Lalu Jason Mraz bersama cewek-cewek tersebut menumpang di pick-up lagi. Mereka tiba di atas air terjun dan memutuskan untuk nyebur ke bawah air terjun. Adegan dilanjutkan dengan berselancar di Pulau Makuauia (atau Pulau Goat), pulau kecil di pesisir utara Pulau Oahu. Terakhir, Mraz bernyanyi di sebuah pesta taman di Oahu.

 

Bila melihat video klip I’m Yours, kita akan menangkap kedamaian dan kenikmatan hidup. (Buat Jalan2ers yang belum pernah menonton video klip I’m Yours, bisa menonton di

). Lagu Jason Mraz yang bernada kegembiran dan meringankan ini berpadu dengan alam Oahu dan Kauai yang menyejukkan. Ya, Hawaii telah terkenal dengan alamnya yang indah dan eksotis.

 

Pulau Oahu sering dijadikan tempat shooting film, serial tv, dan video klip musik. Siapa yang belum menonton 50 First Dates, Pearl Harbour, Lilo and Stitch, Karate Kid, Dante’s Cove, dan Hawaii Five-O. Semua film ini berlokasi di Kepulauan Hawaii, terutama Pulau Oahu, di mana Honolulu, ibu kota negara bagian Hawaii, berada.

 

Adegan Mraz berselancar di video klip, berlokasi di pesisir utara, atau the North Shore, dikenal dengan ombaknya yang besar beserta angin keras yang datang dari. Hal ini menjadi surga bagi para peselancar. Salah satu tempatnya adalah Hale’iwa. Buat Kamu yang baru pertama kali mencoba, jangan khawatir karena di sini juga disediakan pelatihan berselancar. Tertarik untuk belajar surfing di tempat terbaik?

 

Haleiwa%2BNorth%2BShore%2Bsign.jpg

Hale’iwa, North Shore

 

Selain North Shore pada video klip I’m Yours, terdapat banyak spot lain di Oahu yang bisa Jalan2ers nikmati. Salah satu nya adalah Aloha Tower. Aloha Tower merupakan salah satu landmark terkenal dari negara bagian Hawaii. Menara mercusuar yang juga terdapat jam besar di dindingnya ini memiliki tinggi 56 meter dan telah menyapa pengunjung Hawaii sejak tahun 1926. Aloha Tower terletak di dekat Dermaga 9 Pelabuhan Honolulu.

 

9305-aloha-tower-aloha-tower-2.jpg

Aloha Tower

 

Royal Mausoleum of Hawaii merupakan tempat peristirahatan terakhir raja-raja Kerajaan Hawaii dari Dinasti Kamehameha dan Dinasti Kalákaua yang pernah berkuasa tahun 1795-1872. Bangunan utamanya sekarang dijadikan bangunan gereja dikelilingi oleh makam dari keluarga Kerajaan Hawaii. Royal Mausoleum of Hawaii beralamat di Nu’uanu Valley di Honolulu.

 

bill-maioho-44.jpg

Pengunjung berada di dekat makam dengan latar belakang bangunan utama Royal Mausoleum of Hawaii

 

Bila Royal Mausoleum of Hawaii menjadi tempat pusara, ‘Iolani Palace adalah istana Kerajaan Hawaii dahulu yang sekarang dijadikan kantor gubernur negara bagian Hawaii.

 

780px-Iolani_Palace_1328.JPG

‘Iolani Palace

 

Selain itu ada the Polynesian Cultural Center (PCC). PCC adalah museum hidup yang bertemakan Polynesia. Meski merupakan negara bagian dari Amerika Serikat, tetapi Hawaii aslinya termasuk ke daerah Polynesia. Lokasi PCC berdekatan dengan Universitas Brigham Young, pesisir utara Oahu.

 

polynesian-cultural-center.jpg

Polynesian Cultural Center

 

Kita tentunya juga dapat mengunjungi tempat-tempat yang memiliki keindahan alam, seperti hiking ke Diamond Head. Diamond Head terbentuk pada 150.000 tahun yang lalu, dan merupakan hasil dari erupsi Gunung Ko’alu.

 

280px-Diamond_Head_Hawaii_From_Round_Top

Diamond Head

 

Erupsi Gunung Ko’alu juga membentuk Hanauma Bay yang indah ini.

 

26759-honolulu-hanaumabay.jpg

Hanauma Bay

 

Dan berbicara tentang Hawaii, berarti membicarakan pantai. Terdapat banyak pantai eksotis di Pulau Oahu, Hawaii, diantaranya:

 

oahu-waikiki-beach.jpg

Waikiki Beach

 

kailua-beach-photo.jpg

Kailua and Lanikai Beach

 

Nah, adakah Jalan2ers yang memiliki rencana ke sini? Saya sendiri jadi tidak sabar untuk pergi ke kepulauan impian, Hawaii, dan berteriak, "Oahu, I'm Yours!!!".

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Alfa Dolfin
      Dulu aku lebih sering traveling ke luar negeri ketimbang di negeri ini. Namun sekarang, berubah total. Tidak terpikir lagi ke luar negeri. I Love This Country. Sebanyak mungkin ingin menjelajahi negeri yang sangat eksotik, lebih dari indah, sesuai kemampuan dan kesanggupan diri ini. Salah satu alasan aku lebih sreg sharing, diskusi tentang negeri ini. Namun perjumpaan yang tidak sengaja dengan seorang Team Leader (TL) ku mengingatkan ada yang menarik yang barangkali sudah menjadi habit ciri khas turis Indonesia khususnya jika traveling ke luar negeri menggunakan tour.

      Meski bukan perjalanan yang pertama kali ke luar negeri, saat menetapkan pilihan ke negeri Paman Sam , Ortu tidak mengijinkan untuk berangkat sendiri meski ada rasa percaya diri berkat pengalaman nge-bolah di eropa. Karena yang pertama kali kesana dan tidak ada saudara atau teman, harus pake tour. Akhirnya memilih Wita Tour, untuk West Coast Tour. Rutenya, Jakarta-Tokyo-Honolulu-Los Angeles-San Diego-Tijuana (Meksiko)-Las Vegas-San Fransisko-Hongkong-Jakarta. Satu group ada 20 peserta. Cuma aku yang sendiri. Untungnya TL kami cowok. Jadinya tidak perlu kamar sendiri yang berarti ada tambahan biaya, Bisa gabung di kamar tour leader. Syukurlah beliau bersedia walau sebenarnya punya hak menolak demi privacinya sebagai TL.

      Karena pertama kali ikut tour, sehari H-1 aku sudah terkejut. Di telepon oleh TL. Beliau memperkenal diri dan mengingatkan kesiapan besok. Apakah dalam kondisi sehat. Barangkali ada obat yang bisa di bantu di bawa jika mengidap penyakit tertentu. Penyelenggara tour akan membantu sebisa mungkin tanpa biaya tambahan.. Mengingatkan juga paspor dan lain-lain yang boleh dibawa dan yang harus di cegah supaya ti- Tidak ada masalah di imigrasi. Di telpon seperti ini sebenarnya kau sudah surprise. Belum pernah nich mengalami seperti ini.
      Saat keberangkatan, semua bagasi di kumpulkan. Sudah ada porter yang mengurus bagasi. Kemudian masing-masing menerima boarding pass. sudah di urus semua. Tiba di tujuan memang harus mengambil bagasi masing-masing untuk di periksa di duane-nya. Lolos dari duane semua bagasi di kumpulkan lagi. Di hotel tinggal menerima kunci kamar dan....bagasi sudah ada di kamar. Begitu seterusnya selama kami pindah-pindah pindah negara, tempat dan hotel. Wooouwww...Surprise kedua. Biasanya ngurus sendiri.

      Ada yang menarik yang juga bikin aku paling surprise. di rute awal penerbangan Jakarta-Tokyo. Selagi semua peserta tidur, aku lihat TL kami malah tidak tidur. Dia sibuk menulis kartu imigrasi yang harus di serahkan bersamaan paspor tiba di bandara tujuan. Baru sadar ini tokh maksudnya melihat TL segera mengumpulkan pasport peserta setelah semuanya masuk ke pesawat. Setelah tiba sebelum menuju ke meja imigrasi, paspor di kembalikan, kartu imigrasi tinggal di tanda tangan. Demikian juga waktu penerbangan Tokyo-Honolulu, San Fransisco-Hongkong, hal yang sama ia lakukan. Menuliskan semua data peserta. Selanjutnya tinggal di tanda tangani saja. Agar tidak hilang saat berpindah tempat dari Honolulu-LA-San Diego-Las Vegas-SFO (kecuali Tijuana), semua pasport di pegang TL. Peserta tidak perlu pusing lagi memegang dan menjaga pasport. Wah...wah....aku belum pernah mengalami seperti ini. Biasanya menulis sendiri, pegang sendiri. Waktu aku berinisitafi nulis sendiri si TL menolak. Biar dia yang menulis,Surprise.

      Untuk urusan makan....selama tour kami mendapat meals yang sesuai lidah orang Indo. Kebanyakan di bawa ke Chinesse Resto. Pernah di rute Tokyo-Honolulu, sekitar 2 jam sebelum landing karena sudah pagi mendapat suguhan breakfast. Berarti peserta tiidak kelaperan dong begitu masuk Honolulu.. Setelah kami selesai semua urusan imigrasi dan bagasi, karena ramai sekali antrian berbarengan masuknya flight dari negara lain, waktu setempat sudah sekitar pukul 10 lebih. Berpikir akan menuju spot-spot disana sesuai itinerary Nyatanya kami mampir ke resto, yang juga Chinesse Resto. Makan siang nich ku pikir begitu. Ternyata keliru. Breakfast...!. Lho khan tadi di pesawat sudah dapat breakfast, tanya ku ke TL. Ooo tidak...tadi khan dari airline, kali ini dari kami (pihak tour). Padahal di itinerary tidak di tulis. Masih belum laper sekitar jam 1 siang waktu setempat kembali kami di bawa ke Resto untuk lunch....Wah..wah... makan terus ya. lagi-lagi surprise ke-empat nich.

      Termasuk kesibukan tambahan TL mengurus satu peserta yang kehilangan tiket pesawat di Tokyo satu hari sebelum ke Honolulu. Waktu itu belum ada e-tiket. Kebayang sibuknya seperti apa. Yang lain, TL melayani penukaran uang kecil untuk peserta. Masih banyak kejadian lain yang bikin aku surprise. Entah sampai surprise keberapa...
      Sekali waktu aku ambil tour Netherland-Paris, menggunakan salah satu tour disana. Yang aku alami di atas ngga ada tuch. Padahal bukan tour murahan. Ada kerabat kami yang sudah lama tinggal di Belanda, suatu saat akan ke Indo menggunakan tour operator disana, juga tidak mengalami service tadi. Pernah juga ikut tour operator setempat (kelas medium) dari Singapur-Malaingsia...opppss maksudnya Malaysia, ke beberapa kota disana. Semua urusan termasuk bagasi, imigrasi urus sendiri. Tidak ada tuch peserta tinggal tanda tangan kartu imigrasi, contohnya. Tulis sendiri, lewat imigrasi paspor pegang masing-masing.

      Kesimpulan ku pribadi...pesertanya manja ya. Tidak kecuali aku yang biasa mandiri jadi manja....hahaha....Sesuatu yang bisa di selesaikan sendiri tapi malah di urus TL. Tapi si TL bilang, bukan manja....ini SERVICE, pelayanan kepada peserta. Oya....??? apakah semua tour operator misalnya Anta, Vaya, dan lain-lain melakukan yang sama. Dengan mantap dia menjawab : rata-rata YA....! Ooo begitu ya kalau ikut tour negeri ini. Beda banget sama operator tour luar negeri.

      Terakhir, tidak lengkap jika tidak sharing beberapa foto kenangan di jembatan Golden Gate Bridge, San Fransisco, bersama TL kami dan foto keluarga peserta lain....
       
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
       
                Masih melanjutkan perjalanan wisatamu mengelilingi East Coast Amerika, maka selanjutnya kita akan membahas tentang Kota Detroit. Detroit adalah kota terpadat di negara bagian Michigan, sekaligus juga kota terbesar di daerah perbatasan Amerika Serikat dan Kanada.
       
                Detroit merupakan kota dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 3.700.000 jiwa pada daerah metropolitannya, dan sekitar 5.200.000 jiwa pada keseluruhan total daerahnya. Detroit terkenal sebagai pusat industri automotif di dunia.
       
                Detroit dibangun sejak 24 Juli 1701. Apakah kamu penasaran dan ingin mengetahui destinasi wisata apa saja yang sebaiknya kamu kunjungi ketika berada di Detroit? Berikut ini adalah panduan mengelilingi Detroit, negara bagian Michigan, Amerika Serikat.
       
      Memilih Penginapan di Detroit
       
                Berdasarkan dari rekomendasi para wisatawan yang pernah berkunjung ke Detroit atau memang tinggal di Detroit, salah satu tempat terbaik dan strategis untuk daerah penginapanmu adalah di sekitar Downtown.
       
                Jika kamu belum pernah ke Detroit, atau berencana untuk tidak membawa mobil, Downtown memang dapat menjadi pilihanmu. Di Downtown, kamu dapat lebih mudah mencapai berbagai daerah di Detroit. Selain itu, kamu juga dapat melihat lebih dekat keindahan Kota Detroit.
       
                Ketika memutuskan untuk menginap di daerah Downtown, kamu dapat menginap di penginapan berjenis motel atau hotel. Jika kamu memilih untuk menginap di motel, kamu dapat mendapatkan kamar berjenis queen room dengan harga USD 118 untuk dua malam.
       
                Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar tersebut adalah AC, meja kerja, area tempat duduk, hairdryer, bathtub, shower, TV, radio, kulkas, serta free wifi.
       
                Sementara itu, kamu juga dapat memilih untuk berada di penginapan berjenis hotel. Jika kamu memilih untuk menginap di hotel, kamu dapat menginap di kamar berjenis queen room dengan harga USD 106.
       
                Nah, fasilitas yang kamu dapatkan di kamar tersebut adalah AC, meja kerja, toilet, bathtub, telepon, radio, TV kabel, serta free wifi. Untuk kenyamananmu selama berada di Detroit, pastikan kamu mencatat dengan detail semua keterangan terkait dengan penginapanmu selama berada di Detroit.
       
      Hari Pertama
      Awali Kunjunganmu Berlibur di Detroit dengan City Tour dan Mengunjungi Tempat-Tempat yang Wajib Dikunjungi Selama Berada di Detroit
       

      Awali Perjalananmu dengan Mengikuti Show Me Detroit Tours
       
                Show Me Detroit Tour adalah salah satu rekomendasi aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di Detroit. Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan aktivitas wisata ini adalah sekitar USD 59.
       
                Kamu akan diajak berjalan dengan menggunakan mobil mengelilingi Kota Detroit. Beberapa tempat wisata yang menjadi stopover bagi Show Me Detroit Tour adalah Downtown, Campus Martius Park, Stadium and Entertainment District, Greektown, Cultural Center, dan lain-lain.
       
                Daily sightseeing tour tersedia setiap hari pada pukul 10 am dan 2 pm. Lama perjalanan tur ini adalah sekitar 2 jam dan kamu akan bertemu dengan tour guide ramah yang bersedia untuk menemanimu bercakap-cakap tentang berbagai hal mengenai Detroit.
       

      Peta Mengunjungi Show Me Detroit Tour dari Downtown via Google Maps
       
                Show Me Detroit Tour beralamat di 8200 East Jefferson Avenue. Untuk mencapai tempat ini dari penginapanmu di daerah Downtown, kamu dapat berjalan selama 5 menit menuju Rosa Parks Transit 25. Setelah itu kamu dapat menaiki bus 025 menuju ke Jefferson and Seminole.
       
                Selanjutnya, kamu tinggal berjalan kaki selama sekitar 1 menit untuk mencapai Show Me Detroit Tours. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 29 menit. Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan ini adalah sekitar USD 2 hingga USD 3.
       
       
       
       
                Detroit Riverfront adalah sebuah tempat yang menjadi landmark dari Detroit, Michigan. Detroit Riverfront adalah sebuah area yang tepat jika kamu ingin bersantai dan menikmati pemandangan khas yang disuguhkan oleh Detroit River dan Kota Detroit.
       
                Di sepanjang Detroit Riverfront, kamu dapat menemukan berbagai toko dan kamu juga dapat mencicipi makanan lezat yang terdapat di restoran tersebut. Aktivitas lain yang dapat kamu lakukan di tempat ini adalah bersepeda atau bermain skateboard.
       
                Pada hari Senin hingga Jumat, kamu dapat mengikuti GM Reinassance Tours setiap pukul 12 siang atau pukul 2 siang. Tur ini menjelaskan tentang sejarah Detroit Riverfront serta Kota Detroit itu sendiri.
       
                Pada hari Sabtu biasanya terdapat Saturday Market yang berlokasi di Eastern Market. Kamu dapat turut berbelanja dan merasakan menjadi orang lokal ketika berkunjung ke sini.
       

      Peta Menuju Detroit Riverfront dari Show Me Detroit Tour via Google Maps
       
                Untuk mencapai Detroit Riverfront dari Show Me Detroit Tour, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 3 menit untuk mencapai Jefferson & Parker. Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus 025 menuju ke Jefferson and Riopelle selama 9 menit.
       
                Setelah itu, kamu tinggal berjalan selama sekitar 3 menit untuk mencapai ke Detroit Riverfront. Untuk pengalaman seru selama mengunjungi Detroit, pastikan kamu juga berkunjung ke Detroit Riverfront.
       
       
      Mengunjungi Guardian Building via http://www.buildingphotos.com/detroit/pics/guardian2592.jpg
       
                Setelah puas mengunjungi Detroit Riverfront, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Guardian Building yang berlokasi di 500 Griswold Street, Detroit.
       
                Guardian Building adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di Kota Detroit. Kamu akan mulai merasa tercengang ketika memasuki lobi bangunan ini. Gaya arsitektur art deco yang ditawarkan oleh gedung pencakar langit ini terlihat begitu indah dan menarik.
       
                Saat ini, Guardian Building telah dinobatkan menjadi salah satu United States National Landmark Building. Selain itu, Guardian Building juga dinobatkan menjadi United States National Register of Historic Places.
       

      Peta Mengunjungi Guardian Building dari Detroit Riverfront via Google Maps
       
                Untuk mencapai Guardian Building dari Detroit Riverfront, kamu dapat berjalan kaki selama tiga menit untuk mencapai Jefferson and Riopelle. Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus 025 menuju ke Jefferson and Randalph selama 7 menit.
       
                Setelah itu, kamu tinggal berjalan kaki selama 6 menit untuk tiba persis di depan The Guardian Building. Total perjalanan yang kamu tempuh ini adalah sekitar 16 menit.
       
      Hari Kedua
      Lanjutkan Perjalananmu Mengeksplor Detroit dan Kamu Dapat Menemukan Berbagai Tempat Menarik di Dalamnya
       

      Mengunjungi Downtown Royal Oak via http://www.detroitsrestaurants.info/www.detroitsrestaurants.info/images/large/wedding-party-downtown-royal-oak-mi-590x462.jpg
       
                Untuk mengawali hari keduamu di Detroit, kamu dapat mengunjungi Downtown Royal Oak. Royal Oak adalah sebuah daerah suburb yang terletak tidak begitu jauh dari Detroit.
       

      Peta Menuju Royal Oak dari Downtown Detroit via Google Maps
       
                Untuk mencapai Downtown Detroit dari Royal Oak, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 6 menit untuk mencapai Michigan and Cass. Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus 053 menuju ke State Fairgrounds Transit Center selama 48 menit.
       
                Setelah itu, kamu dapat berjalan selama 2 menit menuju ke Woodward and State Fairgrounds Pickup. Kemudian, kamu dapat menaiki bus 460 menuju ke Royal Oak Transit Center Lafayette Side. Perjalanan ini akan memakan waktu selama sekitar 1 jam 14 menit.
       
                Kamu dapat berjalan kaki dan menikmati pemandangan khas suburban Detroit sepanjang 5,3 mil. Di tempat ini terdapat lebih dari 85 butik, salon dan toko. Sebanyak 750 kursi outdoor tersedia di lebih dari 70 restoran yang akan membuatmu semakin ingin menjelajahi Royal Oak.
       
                Di sini kamu dapat berbelanja vintage clothing di Detroit Deadstock, Lost and Found Vintage, dan The Dirt Label. Kamu juga dapat berbelanja barang antic di Deco Doug, Vertu, Rare Old Prints dan lain-lain. Kamu juga dapat melihat art galleries, clothing, dan banyak hal menyenangkan lainnya.
       
                Jika kamu tidak begitu berminat untuk mencicipi kuliner maupun berbelanja di Downtown Royal Oak, tempat ini masih tetap dapat kamu jadikan sebagai destinasi wisatamu. Karena, tempat ini juga menyenangkan untuk dijadikan sebagai tempat sightseeing-mu.
       

      Mengunjungi Great Lakes Crossing
       
                Setelah puas mengunjungi Downtown Royal Oak, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Great Lakes Crossing. Tempat ini beralamat di Auburn Hills, Michigan.
       

      Peta Menuju Great Lakes Crossing dari Downtown Royal Oak via Google Maps
       
                Untuk mencapai Royal Oak dari Great Lakes Crossing, kamu dapat menaiki bus 730 dari Royal Oak Transit Center Sherman Side selama 2 menit. Selanjutnya kamu akan tiba di 11 Mile Road and Woodward dan berjalan kaki selama 2 menit.
       
                Kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan menaiki bus 450 mencapai ke Phoenix Center. Setelah itu, kamu dapat menaiki bus 753 menuju ke Great Lakes Crossing. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 1 jam 26 menit.
       
                Di tempat ini kamu dapat menemukan lebih dari 180 toko dan restoran, food court dan 25-screen movie theatre. Beberapa toko yang terdapat di tempat ini antara lain adalah Burlington Coat Factory, Bass Pro Shops, The Children's Place Outlet, Neiman Marcus Last Call Clearance Center, Off 5th and The Sports Authority.
       
                Tempat ini merupakan tempat yang tepat jika kamu ingin merasakan menjadi penduduk lokal karena rekomendasi untuk mengunjungi tempat ini juga berasal dari penduduk lokal Detroit.
       
      Hari Ketiga
      Waktunya Berwisata Kuliner Serta Berkeliling Kota Detroit
       

      Rasakan Nikmatnya Mencicipi Sandwich di Mudgie’s Restaurant
                Ketika mengunjungi Detroit, belum lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi salah satu restoran yang menjadi andalan Kota Detroit. Mudgie’s Restaurant menjadi salah satu andalan kota Detroit yang wajib kamu singgahi.
       
                Mudgie’s Restaurant beralamat di 1300 Porter Street, Detroit. Di tempat ini kamu dapat menemukan berbagai sandwich enak dengan harga sekitar USD 5 hingga USD 10.
       
                Beberapa menu yang ditawarkan di Mudgie’s Restaurant dan dapat kamu coba antara lain adalah chicken fajita salad, potato salad, beefy bleu, barret, reuben, sorry Charlie dan lain-lain.
       

      Peta Menuju Mudgie’s Dari Downtown Detroit via Google Maps
       
                Untuk mencapai Mudgie’s dari Downtown Detroit, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 4 menit untuk mencapai Washington Boulevard and Michigan. Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus 029 menuju ke Trumbull and Abbott.
       
                Setelah sampai di Trumbull and Abbott, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 4 menit untuk mencapai Mudgie’s. Perjalanan ini total akan kamu tempuh selama kurang lebih 12 menit.
       

      Menjelajahi Campus Martius Park 
       
                Setelah puas mencicipi makanan lezat di Mudgie’s Restaurant, sekarang waktunya kamu untuk menjelajahi salah satu taman terbaik yang dimiliki Detroit. Ya, taman tersebut adalah Campus Martius Park.
       
                Campus Martius Park terletak di 800 Woodward Avenue, Detroit. Taman ini terlihat begitu menakjubkan karena terletak di pusat kota Detroit sehingga wajib kamu kunjungi pada kesempatan liburanmu mengunjungi Detroit.
       
                Di Campus Martius Park terdapat banyak fasilitas seperti Woodward Fountain, Fountain Stage, Michigan Soldiers and Sailors Monument, Park Café, Monroe Corner Marker dan lain-lain. Terdapat pula area North Lawn yang pada musim dingin seringkali dijadikan sebagai ice rink.
       
                Di tempat ini kamu dapat merasakan menjadi orang lokal Detroit karena semua orang boleh datang dan dengan akan disambut dengan hangat oleh para penduduk Detroit yang sedang bersantai di Campus Martius Park.
       
                Campus Martius Park telah menjadi signature downtown square bagi Detroit, seperti halnya Rockefeller Center bagi New York City. Di Campus Martius Park, kamu dapat menemukan banyak orang yang berjalan kaki karena daerah ini juga termasuk daerah teraktif dan ramah untuk para pejalan kaki.
       
                Kegiatan yang dapat kamu lakukan di musim panas di Campus Martius Park adalah berpiknik sambil melihat payung warna-warni yang dipamerkan di taman ini, melihat 100 jets dance serta bersantai dan melihat taman-taman mikro di Campus Martius Park.
       

      Peta Menuju Campus Martius Park dari Mudgie’s Restaurant via Google Maps
       
                Untuk menuju Campus Martius Park dari Mudgie’s Restaurant, kamu dapat berjalan kaki selama 10 menit untuk mencapai Third and Michigan. Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus 034 menuju ke Michigan and Shelby selama 3 menit.
       
                Setelah itu, kamu dapat berjalan kaki selama 4 menit untuk mencapai Campus Martius Park. Untuk melengkapi kunjunganmu ketika mengunjungi Detroit, kamu dapat mengunjungi Detroit Institute of Art. Detroit Institute of Art adalah sebuah museum yang terletak di 5200 Woodward Avenue, Detroit.
       
                Detroit Institute of Art memiliki banyak koleksi seni yang menjadi kebanggaan Amerika Serikat. Museum ini memiliki lebih dari 100 galeri dan menjadikannya museum terbesar keenam di Amerika Serikat. Museum ini pada awalnya didesain oleh Paul Philippe Cret.
       
                Beberapa contoh lukisan yang dipamerkan di Detroit adalah lukisan Saint Jerome in His Study (Jan van Eyck), Madonna and Child (Benozzo Gozzoli), Potrait of a Nobelman (Diego Velazquez) dan lain-lain.
       
                Detroit Institute of Art buka setiap hari kecuali hari Senin pada pukul 9 am hingga 5 pm. Biaya masuk yang harus kamu keluarkan ketika kamu hendak mengunjungi museum ini adalah sekitar USD 8.
       
                Untuk mencapai Detroit Institute of Art dari Campus Martius Park, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 3 menit untuk mencapai Woodward and Kirby. Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus 053 untuk mencapai Washington Boulevard and Grand River selama 15 menit.
       
                Setelah sampai di Washington Boulevard and Grand River, kamu tinggal berjalan kaki selama sekitar 6 menit. Perjalanan ini akan memakan waktu selama sekitar 24 menit.
       
                Nah, itulah dia panduan mengelilingi Detroit, negara bagian Michigan, Amerika Serikat. Wah ternyata East Coast Amerika Serikat memiliki banyak tempat menawan yang sayang untuk dilewatkan ya. Begitu pula dengan Detroit yang juga memiliki banyak lokasi wisata yang dapat kamu kunjungi.
       
       
                Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Detroit pada kesempatan liburanmu di East Coast Amerika Serikat berikutnya ya. Semoga panduan ini dapat membantumu.
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
                Setelah puas menjelajahi New York City, tidak ada salahnya jika kamu melakukan road trip untuk menjelajahi kota-kota besar lain yang ada di Amerika Serikat. Nah, salah satunya kamu dapat menjelajahi Washington DC yang merupakan ibukota negara ini.
       
                Sejak tanggal 16 Juli 1790, Washington DC telah resmi menjadi ibukota negara Amerika Serikat. Kota ini diberi nama Washington yang berasal dari nama presiden pertama Amerika Serikat yaitu George Washington. Letaknya yang juga masih berada di sekitar East Coast membuat kota ini masih dapat kamu jangkau dari New York City.
       
                Pada tahun 2014, kota ini memiliki populasi lebih dari 650.000 penduduk dan menjadikannya sebagai kota terpadat ke-23 di Amerika Serikat. Sebagai kota pemerintahan, Washington DC merupakan rumah bagi pemerintah pusat Amerika Serikat serta bagi banyak kedutaan besar negara-negara lain (sekitar 176 negara) untuk Amerika Serikat.
       
                Washington DC yang bersejarah juga tempat dari banyaknya museum dan monumen milik Amerika Serikat. Berikut ini, kita akan membahas panduan perjalanan mengunjungi Washington DC.
       
      Memilih Penginapan di Washington DC
       
       
       
       
                Salah satu alternatif terbaik untuk menginap di Washington DC adalah dengan memilih penginapan di sekitar Downtown. Washington DC memiliki banyak tempat yang menjadi incaran para turis seperti monumen, museum dan tempat-tempat bersejarah sehingga memilih kawasan di sekitar Downtown adalah salah satu pilihan yang tepat.
       
                Jika kamu memilih untuk menginap di kawasan Downtown, kamu dapat berjalan kaki menuju stasiun metro tempat kereta. Bahkan, bukan mustahil pula kamu dapat berjalan menuju tempat-tempat wisata yang kamu inginkan.
       
                Untuk kamu yang menginginkan kepraktisan, pilihan berkendara dengan menggunakan taksi masih dapat kamu perhitungkan. Pastikan untuk memilih taksi berargo ketika kamu hendak menggunakan taksi.
       
                Memilih penginapan di area Downtown juga dapat kamu sesuaikan dengan budget, jadwal, kebutuhan serta partner travelingmu. Kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis hostel, hotel atau apartemen.
       
                Jika kamu memilih untuk menginap di hostel, kamu dapat menginap di kamar berjenis bed in 8-mixed bed dormitory bedroom dengan harga sekitar USD 49.95 ditambah pajak kota senilai USD 14.50. Kamu akan mendapatkan fasilitas berupa free wifi, shared bathroom, dan AC.
       
                Jika memilih untuk menginap di hostel tersebut, kamu dapat menggunakan taksi untuk mencapai Washington Monument selama sekitar 6 menit. Selain itu, kamu juga dapat mencapai Lincoln Memorial selama sekitar 9 menit berkendara.
       
                Kalau kamu memilih untuk menginap di hotel, kamu dapat mendapatkan kamar berjenis double room with two beds dengan harga sekitar USD 129 dengan pajak 14,5 %. Fasilitas yang kamu dapatkan adalah AC, meja, heater, toilet di dalam ruangan, TV, free wifi dan coffee machine.
       
                Hotel ini terletak sekitar 1 mil dari US Capitol. Selain itu, hotel ini juga berjarak 2 mil dari White House dan 2 mil dari US Holocaust Memorial Museum.
       
                Nah, kalau kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis apartemen, kamu dapat mendapatkan kamar berjenis double room with balcony dengan harga USD 126 dan pajak 14,5 %. Fasilitas yang kamu dapatkan adalah balkon, TV, AC, meja, sitting area, free toiletteries, toilet, heating dan alarm clock.
       
                Begitulah kira-kira penjabaran tentang penginapan yang dapat kamu pilih selama kamu menginap di Washington DC. Untuk kenyamanan dan keselamatanmu, jangan lupa untuk selalu mencatat nama dan alamat penginapanmu kemanapun kamu pergi.
       
      Hari Pertama
       
      Awali Perjalananmu di Washington DC dengan Mengunjungi National Air and Space Museum, Lincoln Memorial dan Washington Monument
       
       
      Mengunjungi National Aerospace Museum di Smithsonian Museum, Washington DC
       
                Kamu dapat mengawali perjalananmu di Washington DC dengan mengunjungi National Aerospace Museum atau Smithsonian National Air and Space Museum. Museum ini terdiri dari dua lantai yang mengoleksi banyak roket dan pesawat luar angkasa yang mengagumkan.
       
                Untuk memasuki museum ini, kamu diharuskan melewati security check sebab keamanan bagi museum ini tetap menjadi prioritas. Jangan heran, karena ada banyak sekali orang yang berdatangan ke museum ini sehingga museum ini terlihat begitu ramai.
       
                Kamu tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar. Dan yang paling penting, kamu tidak diperbolehkan untuk memakan permen karet. Sederhana memang, tapi jujur saya sangat kagum akan kedisiplinan para penduduk Amerika Serikat.
       
                Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin memasuki museum ini. Selain itu, terdapat pula fasilitas free wifi yang akan membuatmu semakin nyaman berada di dalam museum.
       
                National Air and Space Museum ini adalah tempat pameran pesawat dan roket yang terbesar di seluruh dunia. Tempat ini merupakan pusat penelitian bagi sejarah dan ilmu pengetahuan tentang penerbangan dan pesawat terbang.
       
                Pada tahun 2007, museum ini memiliki sekitar 61 pesawat, 51 artefak besar dan 2.000 benda yang lebih kecil. Keseluruhan koleksi tersebut masih berhubungan dengan penerbangan.
       
                Di tempat ini selain kamu dapat melihat banyak replika pesawat terbang hingga roket, kamu juga dapat menikmati pameran interaktif pesawat. Jangan lewatkan untuk menyaksikan film tentang penerbangan dan luar angkasa yang diputar di IMAX dengan tiket sekitar USD 9.
       

      Mengunjungi Lincoln Memorial
       
                Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dalam melihat isi kota Washington DC. Setelah puas mengelilingi Smithsonian National Air and Space Museum, kamu dapat mengunjungi Lincoln Memorial. Tempat ini dibangun untuk menghormati jasa salah satu presiden Amerika Serikat, yaitu Abraham Lincoln.
       
                Untuk mencapai Lincoln Memorial dari Smithsonian National Air and Space Museum, kamu dapat berjalan kaki selama 5 menit menuju ke Metro Center. Selanjutnya, kamu dapat menaiki Metro Washington DC menuju ke Foggy Bottom. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 3 menit.
       
                Nah, biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan ini adalah sekitar USD 3. Selain menggunakan metro, kamu dapat juga menggunakan taksi untuk mencapai Lincoln Memorial. Biaya yang kamu keluarkan jika menggunakan taksi adalah sekitar USD 3 dengan waktu tempuh selama 3 menit.
       
                Lincoln Memorial dibangun untuk menghormati presiden Amerika ke-16, yaitu Abraham Lincoln. Monumen ini terletak di kawasan National Mall, dan berseberangan dengan Monumen Washington.
       
                Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Lincoln Memorial, kamu akan melihat sebuah bangunan dengan pilar tinggi berarsitektur klasik. Kamu kemudian akan berjalan kaki menaiki banyak anak tangga untuk kemudian dapat melihat patung raksasa Abraham Lincoln yang sedang duduk di dalamnya.
       
                Pada dinding Lincoln Memorial, terdapat tulisan-tulisan pidato terkenal Abraham Lincoln, yaitu The Gettysburg Address dan Second Inaugural Address. Lincoln Memorial telah dibangun sejak tahun 1922 dan masih merupakan salah satu magnet wisata Kota Washington DC hingga saat ini.
       
                Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan kolom-kolom setinggi 13 meter. Bangunan ini memang terkenal dengan arsitektur khas Yunani. Pada bagian atas bangunan, terdapat nama 36 negara bagian yang ada di Amerika Serikat tepat pada saat Abraham Lincoln meninggal dunia.
       
                Tidak ada biaya yang harus kamu keluarkan ketika kamu ingin memasuki museum ini alias gratis. Kamu dapat menikmati arsitektur klasik dengan patung raksasa Abraham Lincoln sebagai tanda penghormatan penduduk Amerika Serikat terhadap presiden tersebut.
       
       
       
       
                Nah, ketika kamu berada di Lincoln Memorial, jangan lupa sempatkan waktumu untuk mengunjungi Washington Monument. Washington Monument terletak persis di seberang Lincoln Memorial, sehingga ketika kamu berada di daerah tersebut kamu akan mendapatkan view berupa dua tempat menarik di Washington DC.
       
                Lincoln Memorial dan Washington Monument dipisahkan oleh sebuah reflection pool yang menyuguhkan pemandangan kolam dengan airnya yang jernih. Washington Monument memiliki tinggi sekitar 169 meter. Washington Monument resmi dibuka pada tanggal 9 Oktober 1888.
       
                Jika kamu perhatikan, maka kamu dapat melihat bahwa pada bagian tengah monumen memiliki warna yang berbeda dibandingkan dengan bagian lainnya. Hal ini dikarenakan sempat terjadi pemberhetian pembangunan, namun tentu saja tidak mengurangi keindahan salah satu monument yang ikonik di Washington DC ini.
       
      Hari Kedua
      Lanjutkan Perjalananmu di Washington DC dengan Mengunjungi Jefferson Memorial dan Berfoto di Depan White House
       
       
       
       
                Kamu dapat melanjutkan kegiatan sightseeing-mu di Kota Washington DC dengan mengunjungi Thomas Jefferson Memorial. Untuk mencapai Thomas Jefferson Memorial dari Lincoln Memorial, kamu dapat menggunakan taksi selama sekitar 3 menit dengan harga USD 11 hingga USD 13.
       
                Jika kamu ingin menikmati pemandangan di Kota Washington DC kamu dapat berjalan kaki dari Lincoln Memorial menuju Jefferson Memorial selama sekitar 24 menit. Namun, perlu diperhatikan masalah cuaca sebab pada saat musim dingin hingga musim semi, cuaca di sekitar Kota Washington DC tergolong sangat dingin sehingga kenyamananmu tetap harus kamu perhatikan.
       
                Thomas Jefferson merupakan salah satu American Founding Fathers yang berperan penting sebagai penulis Declaration of Independence. Beliau merupakan presiden ketiga Amerika Serikat.
       
                Thomas Jefferson adalah seorang yang sangat pintar. Jika kamu memperhatikan bagian kaki Thomas Jefferson, maka kamu akan menemukan ada tiga benda yang sangat menggambarkan siapa Thomas Jefferson: jagung, buku dan kolom.
       
                Jagung menggambarkan pertanian dan agronomi sebagai pertanda bahwa Thomas Jefferson adalah seorang agronomist handal. Buku menggambarkan ilmu pengetahuan dan konon Thomas Jefferson juga merupakan founding father dari sebuah universitas di Washington DC.
       
                Sementara kolom menggambarkan arsitektur, sebagai tanda bahwa beliau adalah seorang arsitek. Sebelum ada campur tangan beliau, ilmu arsitektur belum berkembang begitu pesat di Amerika Serikat, namun beliau mulai memperkenalkan arsitektur dengan menambahkan arsitektur klasik pada bangunan-bangunan di Amerika Serikat.
       
                Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin mengunjungi Jefferson Memorial. Dan ketika memasukinya, kamu akan mendapati bahwa mata Thomas Jefferson tengah mengarah persis ke depan White House yang berada di seberangnya.
       

      Berfoto di Depan White House
       
                White House adalah kediaman resmi dan tempat berkantornya presiden resmi Amerika Serikat untuk saat ini. Untuk mencapai White House dari Jefferson Memorial, kamu dapat menaiki taksi selama tiga menit dengan harga sekitar USD 13 hingga USD 15.
       
                White House didesain oleh James Hoban dan dibangun antara tahun 1792 hingga 1800. Keseluruhan White House dicat putih dengan arsitektur bergaya neo-klasikal.
       
                Pada tahun 1801, ketika Thomas Jefferson pindah ke White House, beliau bersama arsitek Benjamin Latrobe mengembangkan arsitektur White House dengan menambahkan kolom-kolom pada White House. Thomas Jefferson yang juga seorang arsitek memang turut serta mendesain rumah tinggalnya ini.
       
                White House terdiri dari  Executive Residence, West Wing, East Wing, the Eisenhower Executive Office Building, dan Blair House sebagai Guest Residence. White House terdiri dari 6 lantai termasuk 2 lantai sebagai ruang bawah tanah.
       
                Meski demikian, semenjak peristiwa 9/11 pengamanan White House menjadi semakin diperketat sehingga tidak semua orang dapat datang dan mengunjungi White House. Urutan prioritasnya adalah warga Amerika Serikat, presiden dan pejabat penting negara lain, dan turis.
       
                Untuk memasuki White House, terdapat antrian waiting list yang panjang bahkan konon katanya dengan status turis dibutuhkan waktu setidaknya setahun dalam waiting list. Namun, karena White House adalah salah satu icon penting Amerika Serikat dan Washington DC khususnya, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di depan White House.
       
      Hari Ketiga
      Waktunya Bersantai dengan Mencicipi DC Cupcakes dan Membeli Souvenir Khas Washington DC di Lee and Lee Co Inc
       
      Mencicipi DC Cupcakes atau Georgetown Cupcakes
       
                Ada satu hal yang menarik di Washington DC. Di tempat ini kamu dapat menemukan sebuah toko yang menawarkan cupcakes khusus yang wajib kamu coba. Toko DC Cupcakes ini tergolong sangat kecil dengan hanya tersedia satu meja untuk dine in, namun tidak pernah sepi pengunjung.
       
                Setiap harinya, banyak pengunjung yang datang silih berganti dari berbagai destinasi untuk mencicipi nikmatnya cupcakes ini. Mereka datang, mengantri, dan memesan take away cupcakes ini. Salah satu cupcakes yang menjadi favorit adalah rasa red velvet.
       
                Harga cupcakes satuan adalah USD 3, sementara jika kamu ingin membeli setengah lusin harganya adalah USD 16.50. Jika kamu ingin membeli selusin harganya adalah USD 32.
       
                Untuk mencapai DC Cupcakes di Bethesda Avenue dari White House, kamu dapat berjalan kaki selama 9 menit menuju ke Farragut North Station. Di sana, kamu dapat menaiki metro Washington DC untuk mencapai Bethesda. Perjalanan ini memakan biaya sekitar USD 2 hingga USD 7 selama 14 menit. Selanjutnya kamu tinggal berjalan kaki selama 7 menit.
       
                Selain menaiki metro, kamu juga dapat menggunakan taksi. Biaya yang dikeluarkan jika kamu menaiki taksi adalah sekitar USD 21 hingga USD 24 dengan lama perjalanan 10 menit.
       
       
       
       
                Perjalananmu menjelajahi Washington DC tentu akan terasa lebih menyenangkan jika kamu membeli souvenir khas Washington DC. Nah, sebenarnya ada banyak tempat wisata yang menawarkan berbagai souvenir khas Washington DC seperti magnet kulkas, pulpen, atau gantungan kunci.
       
                Namun, untuk harga yang lebih terjangkau, kamu dapat mencoba untuk datang ke sekitar grosiran toko Lee and Lee. Di sekitar toko ini juga terdapat banyak toko yang menjual souvenir khas Washington DC dengan harga grosiran sehingga kamu dapat mendapatkan souvenir dengan harga yang lebih terjangkau.
       
                Lee and Lee Co Inc berlokasi di 1279 4th Street North East, Washington, DC 20002. Kamu tidak perlu khawatir jika tidak menemukan souvenir favoritmu di Lee and Lee Co Inc karena di sekitar toko itu terdapat banyak toko souvenir lainnya.
       
                Untuk mencapai Lee and Lee Co Inc dari Bethesda Avenue kamu dapat menaiki taksi selama sekitar 13 menit dengan harga USD 24 hingga USD 27. Sebagai gambaran, kamu dapat mendapatkan selusin gantungan kunci dengan harga USD 8. Kamu bahkan dapat mendapatkan harga yang lebih terjangkau lagi jika kamu menawar. Selamat berbelanja!
       
                Nah, itu dia panduan perjalanan mengelilingi mengunjungi Washington District of Columbia (DC), si ibukota Amerika Serikat. Wah, ternyata ada begitu banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di kota Washington DC ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatanmu untuk mengunjungi kota Washington DC.

       
       
       
       
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      “You can always count on Americans to do the right thing - after they've tried everything else.” Winston Churchill

       
       

       
      Menjelajahi negara Amerika Serikat tentu saja sudah menjadi salah satu daftar impian yang ingin segera kamu penuhi. Nah, ketika kesempatan sudah ada di depan mata, kini saatnya kamu untuk mulai mengurus visa yang tentunya akan menjadi ‘tiket penting’-mu sebelum memasuki Amerika Serikat.

      Tentunya, semua dokumen harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu dapat mulai mengurus persiapan untuk mendapatkan visa Amerika Serikat ini.

      Setelah memutuskan untuk hendak berlibur ke Amerika, maka langkah yang harus kamu lakukan adalah mengurus visa di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta beralamat di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 3-5 Jakarta Pusat.

      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera mengetahui seluk beluk tentang visa Amerika ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam ini dia yang harus kamu ketahui sebelum berburu visa Amerika Serikat.

       

       
      Mengetahui Jenis-Jenis Visa Amerika Serikat

      Sebelum memutuskan untuk mendaftar visa Amerika Serikat, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui tentang jenis-jenis visa Amerika Serikat. Visa Amerika Serikat terdiri dari B1, B1/B2, dan B2.

      Jenis B1 merupakan jenis visa yang diperuntukkan bagi visitor for business, B1/B2 merupakan jenis visa yang diperuntukkan bagi visitor for business and pleasure, serta B2 merupakan jenis visa yang diperuntukkan bagi visitor for pleasure and medical treatment.

       

       
      Biaya yang Harus Kamu Keluarkan untuk Membayar Visa Amerika


      Biaya yang Harus Kamu Keluarkan via

       

       
      Sebelum mulai mengurus aplikasi visa, kamu dapat membayar biaya pengajuan visa terlebih dahulu. Nah, kamu hanya dapat membayar visa Amerika di bank yang sebelumnya telah ditunjuk untuk menjadi rekanan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, yaitu Bank Permata dan Standard Chartered.

      Yang harus kamu ketahui sebelumnya adalah biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan visa ini tergolong non-refundable atau tidak dapat dikembalikan. Sehingga, biaya ini tidak dapat dikembalikan sekalipun nanti pengajuan visamu tidak dikabulkan.

      Untuk turis, maka jenis visa yang akan didapatkan yaitu B1 atau B2. Nah, biaya yang kamu keluarkan untuk mendapatkan visa ini adalah sekitar USD 160 untuk satu orang per satu kali pengajuan.

       

       
      Mengisi Aplikasi Formulir Online


      Contoh Visa via

       

       
      Selanjutnya, kamu diharuskan untuk mengisi kelengkapan data diri di aplikasi formulir online. Kamu dapat melakukan apply online di www.ustraveldocs.com/id dan melakukan registrasi yang sesuai dengan alamat e-mail pada waktu login.

      Selanjutnya, kamu dapat memilih lokasi wawancara dan pengambilan visa (di Jakarta atau Surabaya). Lalu, kamu dapat melanjutkan aplikasimu dengan mengunggah foto digital. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan aplikasimu dengan meng-klik ‘Start Application’.

      1. Personal

      Pada bagian personal, kamu akan diminta untuk mengisi nama, jenis kelamin, status pernikahan, tempat tanggal lahir, kebangsaan serta nomor KTP. Pada bagian personal ini, kamu akan diminta untuk mengisi data pribadimu sendiri.

      2. Address

      Selanjutnya, pada bagian address, kamu akan diminta untuk mengisi alamat rumah, nomor telefon, dan alamat e-mail. Ya, pada bagian address ini kamu juga akan diminta untuk mengisi kontak yang dapat dihubungi dengan selengkap-lengkapnya.

      3. Passport

      Kamu akan diharuskan untuk mengisi data mengenai paspor, tipe paspor, nomor paspor, negara pemberi paspor, tempat paspor dikeluarkan, serta tanggal keluar dan kadaluarsa paspor. Pada bagian ini, kamu akan ditanya mengenai data-data detail mengenai paspormu.
      4. Travel

      Pada bagian travel, kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai tujuanmu datang ke Amerika Serikat, travel plan, lokasi apa saja yang dikunjungi selama kamu mengunjungi Amerika Serikat, serta alamat tempat tinggalmu selama berada di Amerika Serikat.
      5. Travel Companions

      Kamu juga akan mendapatkan pertanyaan mengenai travel companions-mu. Dengan siapa kamu akan melakukan perjalanan wisata di Amerika Serikat.

      6. Previous

      Pada bagian previous ini, kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai pernahkah kamu tinggal di Amerika Serikat? Apakah kamu pernah mengunjungi Amerika Serikat?

      7. US Contact

      Pada bagian US Contact, kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai nama dan organisasi orang yang kamu kenal di Amerika Serikat. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pertanyaan mengenai apakah hubungannya denganmu.

      8. Family

      Pada bagian family, kamu akan mendapatkan pertanyaan seputar keluargamu. Kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai nama ayah dan tanggal lahir serta nama ibu dan tanggal lahir. Penting untuk mengetahui bahwa kamu mendapatkan izin berpergian dari orang tuamu jika kamu belum menikah.

      9. Work/Education/Training

      Pada bagian ini, kamu akan diharuskan untuk mengisi mengenai latar belakang pendidikan. Pada bagian ini, kamu akan mendapatkan pertanyaan terkait dengan pendidikan serta pekerjaan utamamu.

      Kamu akan mendapatkan pertanyaan cukup spesifik mengenai pekerjaan utamamu. Kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai penghasilan per bulan, penjelasan singkat tentang pekerjaan serta latar belakang pendidikanmu (nama dan institusi).

       
       
       
       
       
      10. Security and Background

      Pada bagian security and background, kamu akan mendapatkan pertanyaan seperti apakah kamu pernah terlibat criminal, apakah kamu pernah terlibat narkoba, dan lain-lain.

       

       
      Mempersiapkan Dokumen

      Setelah menyelesaikan tentang aplikasi visa online, sekarang kamu dapat melanjutkan persiapanmu dengan mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi aplikasi pengurusan visa Amerika Serikatmu.

      Dokumen yang dibutuhkan adalah untuk melengkapi aplikasi pengurusan visa Amerika Serikat ini adalah paspor masa berlaku dengan minimal 6 bulan, tanda bukti pembayaran dari Bank Permata atau Standard Chartered, dan pas foto 5x5 dengan latar belakang putih.

       

       

      Formulir Visa Amerika via

       

       
      Selain itu, yang harus kamu persiapkan adalah konfirmasi aplikasi pengurusan visa, formulir appointment confirmation, surat sponsor (jika kamu diundang untuk menghadiri sebuah event), surat pengantar kantor beserta slip gaji, rekening koran atau fotokopi buku tabungan serta fotokopi KK dan travel plan.

       

       
      Mempersiapkan Jadwal Wawancara

      Begitu selesai mengurus aplikasi pengurusan visa Amerika Serikat serta mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, kamu dapat mulai mempersiapkan mengenai jadwal wawancara. Penjadwalan untuk wawancara biasanya dilakukan paling cepat sekitar dua hari setelah aplikasi di-submit secara online.

      Kamu selanjutnya akan diharuskan untuk mengisi mengenai jenis visa (immigrant atau non immigrant), tempat wawancara (di Jakarta atau Surabaya), kategori visa, data personal, data anggota yang akan traveling, dan alamat pengiriman visa Amerika Serikat.

       

       
      Wawancara Visa

      Ketika sudah mendapatkan jadwal untuk wawancara visa, selanjutnya kamu dapat memastikan agar kamu datang ke Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia sepagi mungkin.

      Kamu memang akan disarankan untuk datang pada waktu sekitar lima belas menit sebelum kamu wawancara, namun kamu akan tercengang ketika melihat sudah ada antrian panjang di hadapanmu. Ya, antrian memang sudah akan sangat panjang terutama jika kamu datang agak siang.

      Untuk itu, cobalah untuk datang sekitar pukul 06.00. Pada waktu tersebut, walaupun kantor kedutaan masih belum dibuka, tetapi kamu sudah dapat melihat banyak orang mengantri di sana. Selain itu, usahakan agar kamu dapat bersikap tenang dan meyakinkan pada saat menjawab pertanyaan.

      Setelah kamu selesai melakukan tahap wawancara, kamu akan mendapatkan kertas berwarna putih, hijau, kuning, merah dan biru. Kertas putih berarti aplikasimu disetujui dan akan ada keterangan mengenai proses selanjutnya hingga kamu mendapatkan visa.

      Kertas hijau berarti kamu diharuskan untuk datang kembali guna memberi info tambahan. Kertas kuning berarti kamu harus mengikuti proses administrasi tambahan. Kertas merah muda berarti kamu belum memenuhi syarat untuk mendapatkan visa Amerika. Kertas biru berarti aplikasimu tidak lengkap dan kamu harus kembali lagi nanti.

       

       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai yang harus kamu ketahui sebelum berburu visa Amerika Serikat. Semoga panduan ini dapat membantumu dalam menyusun aplikasi pengurusan visa Amerika Serikat.

      Happy traveling!
       
       
       
       
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat

                Sebelum berjalan pulang kembali ke tanah air, kamu dapat menutup perjalananmu mengelilingi East Coast Amerika Serikat dengan kembali berjalan-jalan mengelilingi New York City. New York City rupanya masih memiliki banyak pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan.
       
                New York memiliki begitu banyak tempat yang dapat kamu sambangi. Nah, penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Kali ini kita akan membahasnya dalam panduan mengelilingi New York City, the city that never sleeps, Amerika Serikat.
       
      Hari Keempat
      Lanjutkan Perjalananmu di New York City dengan Mengunjungi Tempat-Tempat Yang Harus Dikunjungi di New York City
       

      Mengunjungi Rockefeller Center via http://i.huffpost.com/gen/1497868/images/o-ROCKEFELLER-CENTER-facebook.jpg
       
                Jika Detroit memiliki Campus Martius Park, maka New York memiliki Rockefeller Center sebagai salah satu tempat berkumpulnya warga lokal NYC. Rockefeller Center beralamat di 45 Rockefeller Plaza, New York City.
       
                Rockefeller Center adalah sebuah gedung yang dibangun oleh keluarga Rockefeller. Ketika mengunjungi Rockefeller Center, maka hal utama yang harus kamu lakukan adalah pergi menuju puncak observation deck yang dimiliki Rockefeller Center.
       
                Top of the Observation Deck di Rockefeller Center buka setiap hari dari pukul 8 am hingga tengah malam. Elevator terakhir berangkat pada pukul 11 pm sebelum tengah malam. Tentunya, kamu dapat memilih untuk menaiki observation deck ini pada siang hari atau malam hari.
       
                Harga tiket untuk merasakan serunya melihat observation deck adalah sekitar USD 29. Kamu dapat melihat pemandangan New York City dari atas ketinggian. Nah, jika kamu membeli tiket sun and stars, kamu dapat mengunjungi Rockefeller Center selama dua kali di waktu siang dan malam hari.
       

      Merasakan Serunya Ice Skating di Rockefeller Center via https://assets.tsstaticfiles.com/media/CACHE/images/attractions/hero-images/2400x1200_RC-Rink-Header_FuvuuFM/fcf40cb67b268c044d0bff9059d1ca89.jpg
       
                Selain melihat observation deck, ada kegiatan wisata lainnya yang dapat kamu lakukan di sini. Setiap musim dingin, The Rink di Rockefeller Center dirubah menjadi area ice skating. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat ice skating yang paling terkenal di dunia. Harga tiket yang harus kamu bayar adalah sekitar USD 19.
       
                Kamu tentunya dapat berbaur dengan para penduduk New York dan merasakan serunya menjadi warga lokal New York di Rockefeller Center.
       

      Berkunjung di Fifth Avenue
       
                Setelah puas mengelilingi Rockefeller Center, sekarang waktunya kamu untuk melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Fifth Avenue. Konon, tempat ini merupakan tempat berbelanja yang cukup populer di kalangan New Yorker.
       
                Fifth Avenue adalah sebuah jalan besar yang terletak di pusat borough Manhattan, Amerika Serikat. Fifth Avenue memiliki julukan “jalan termahal di dunia†karena di sini terdapat banyak pertokoan mahal di dunia.
       
                Fifth Avenue terletak di antara Washington Square Park, Greenwich Village dan Central Park. Kamu akan melihat gedung-gedung berarsitektur kuno di sepanjang jalan Fifth Avenue.
       

      Perjalanan Mencapai Fifth Avenue dari Rockefeller Center via Google Maps
       
                 Untuk mencapai Fifth Avenue dari Rockefeller Center, kamu dapat berjalan selama dua menit menuju ke 47-50 Streets, Rockefeller Center. Setelah itu kamu dapat menaiki kendaraan menuju ke W4 St. Lalu kamu tinggal berjalan kaki selama 6 menit menuju sampai depan Fifth Avenue.
       
                 Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 13 menit. Nah, meskipun kamu tidak begitu berminat untuk berbelanja, kamu dapat berjalan kaki dan menikmati pemandangan yang terhampar di sepanjang Fifth Avenue.
       

      Mengunjungi 9/11 Memorial via http://www.travelwithval.com/wp-content/uploads/2011/09/IMG_2647.jpg
       
                9/11 Memorial adalah sebuah monumen peringatan guna mengenang peristiwa serangan 9 September 2001 dengan korban mencapai lebih dari 2.900 orang. Monumen ini terletak persis di kawasan gedung World Trade Center yang sebelumnya merupakan lokasi gedung Twin Towers berada.
       
                Monumen ini didesain oleh arsitek asal Israel, Michael Arad yang dibantu oleh arsitek lanskap Peter Walker and Partners. Monumen ini terdiri dari sebuah plaza dengan air mancur di dalamnya.
       
                Pada bagian dinding monument ini, terdapat nama seluruh korban tragedy 9 September 2001. Monumen ini merupakan salah satu public open space yang dikelilingi oleh pohon-pohon di sekitarnya.
       
                Monumen ini dibuka pada tanggal 9 September 2011 tepat sepuluh tahun sejak peristiwa tragedy 9 September 2011. Kemudian sekitar bulan Mei 2014, museum 9/11 juga diresmikan.
       
                Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki museum dan monument ini adalah sekitar USD 24. Museum ini dibuka setiap hari. Kamu dapat mengunjungi museum dan monument ini untuk dapat mengetahui lebih dekat peristiwa tragedy 9 September 2001.
       

      Peta Menuju 9/11 Memorial dari Fifth Avenue via Google Maps
       
                Untuk mencapai 9/11 Memorial dari Fifth Avenue kamu dapat berjalan selama 6 menit menuju ke 8 Street-New York University. Setelah itu, kamu dapat menaiki kendaraan untuk mencapai Cortlandt Street. Selanjutnya kamu tinggal berjalan selama 7 menit.
       
                Perjalanan ini akan kamu tempuh selama kurang lebih 21 menit. Jika berjalan kaki, perjalanan ini akan kamu tempuh selama sekitar 41 menit.
       
      Hari Kelima
      Waktunya Kamu Turut Berkeliling dan Melihat Tempat-Tempat Menarik Lainnya yang Sebaiknya Kamu Kunjungi di New York City
       

      Mengunjungi United Nation Building
       
                Menggenapi perjalananmu mengelilingi New York City, maka kamu dapat melanjutkannya dengan mengunjungi United Nation Building. Setiap tahunnya, lebih dari 1 juta pengunjung datang mengunjungi visitor center yang terdapat di United Nation Building.
       
                Dengan harga sekitar USD 18, kamu dapat memasuki United Nation Building dan mendapatkan tur di sana. Ketika mengunjungi United Nation Building, jangan lupa untuk membawa serta paspormu sebagai bukti identitasmu selama berada di United Nation Building.
       
                Di dalam gedung tersebut, kamu dapat melihat galeri fotografi seluruh sekretaris jenderal PBB dari tahun ke tahun. Semua foto tersebut dipajang sehingga kamu dapat melihat dengan jelas.
       
                Pada bagian exhibition, terdapat banyak poster dan informasi terkait dengan United Nation dan proyek apa saja yang saat ini tengah dilakukan oleh United Nation. Exhibition dibagi menjadi partisi-partisi sehingga memudahkanmu dalam melihat pameran.
       
                Ketika kamu turun ke lantai bawah tanah, kamu akan menemukan souvenir center yang berisi semua pernak-pernik United Nation. Kamu dapat menemukan tas, baju, bendera, magnet, pulpen, sticker serta berbagai benda merchandise original United Nation lainnya.
       
                Sedikit tips untukmu jika kamu ingin berbelanja barang United Nation, kamu dapat berjalan sedikit lebih dalam dan menemukan sebuah kios Unicef di sana. Mereka juga menjual berbagai merchandise United Nation dengan harga yang lebih terjangkau.
       
                Kamu dapat menemukan berbagai baju kaos untuk segala umur bahkan kamu juga dapat menemukan baju United Nation yang diperuntukkan untuk bayi dan balita. Estimasi durasi kunjunganmu di United Nation Building adalah sekitar 1 hingga 2 jam.
       

      Mengunjungi The High Line via http://assets.thehighline.org/original_site/newsletters/060711/flyover.jpg
       
                High Line atau yang biasa dikenal juga sebagai High Line Park adalah sebuah taman memanjang yang terletak di Manhattan. The High Line Park terinspirasi dari proyek serupa yang terdapat di Paris, Promenade Plantee, sebagai aerial greenway.
       
                High Line Park adalah sebuah tempat yang sebaiknya masuk dalam daftar perjalananmu selama mengunjungi New York City. High Line sebelumnya adalah rel kereta api yang saat ini berubah fungsinya menjadi sebuah taman kota.
       
                Terdapat tiga bagian di High Line Park, peresmiannya pun dibagi menjadi tiga kali. Peresmian pertama pada tahun 2009, kemudian tahun 2011, dan terakhir pada tahun 2014.
       
                Setiap hari Selasa selama bulan April hingga Oktober, kamu dapat turut serta menikmati aktivitas stargazing dan melihat langit New York City hingga pukul 9 malam. Kamu dapat melihat bintang, bulan serta planet-planet melalui teleskop dari Amateur Astronomers Association.
       
                Selain itu, kamu juga dapat menikmati aktivitas Poetry Walk sambil menikmati sunset setiap harinya. Kamu dapat melihat aktivitas berupa pertunjukkan puisi yang menyenangkan.
       

      Peta Mengunjungi High Line dari United Nation Building via Google Maps
       
                Untuk mencapai High Line dari United Nation Building, kamu dapat berjalan kaki selama 9 menit. Kamu berjalan hingga sampai ke Lexington Avenue/53 Street. Setelah itu kamu dapat menaiki kendaraan untuk mencapai 14 Street.
       
                Setelah itu, kamu tinggal berjalan kaki selama 10 menit. Total perjalananmu ini akan memakan waktu sekitar 29 menit. Perjalananmu menikmati New York City tentunya akan terasa berbeda ketika kamu datang dan berkunjung ke High Line Park.
       

      Mencicipi Pizza di Lombardi’s via http://www.nycgo.com/images/uploadedimages/devnycvisitcom/venue/lombardis_460x285.jpg
       
                Belum lengkap rasanya perjalanan wisatamu di New York City jika kamu belum mencicipi pizza di Lombardi’s. Lombardi’s terletak di 32 Spring Street di sudut Mott Street, Nolita Neighborhood, Manhattan City.
       
                Beberapa menu yang dapat kamu nikmati di Lombardi’s adalah pizza dengan tomat, mozzarella dan lain-lain. Nah, kamu dapat juga menambahkan topping berupa pepperoni dan homemade bakso.
       
                Lombardi’s buka setiap hari Minggu hingga Kamis pada pukul 8 am hingga 11 pm. Sementara pada hari Jumat dan Sabtu, Lombardi’s buka pada pukul 8 am hingga 12 pm tengah malam.
       

      Peta Menuju Lombardi’s Dari High Line via Google Maps
       
                Untuk mencapai Lombardi’s dari High Line, kamu dapat berjalan kaki selama 7 menit untuk mencapai 8 Avenue. Setelah itu, kamu dapat menaiki kendaraan untuk mencapai Union Square-14 Street.
       
                Setelah itu, kamu dapat berjalan selama 3 menit menuju ke 14 Street Union Square. Kamu dapat berjalan selama 4 menit menuju Spring Street. Setelah itu, kamu tinggal berjalan selama 2 menit menuju ke Lombardi’s Pizza.
       
                Perjalanan ini akan kamu tempuh selama 20 menit. Meskipun demikian, kamu dapat mencoba mencicipi pizza di sini karena Lombardi’s merupakan salah satu tempat mencicipi American meal yang sebaiknya kamu coba.
       
      Hari Keenam
      Lanjutkan Perjalananmu di New York dengan Mengunjungi Berbagai Tempat Menarik Lainnya
       
       

      Awali Perjalanan Hari Keenammu di New York dengan Mengunjungi Metropolitan Museum of Art via http://nyc-architecture.com/UES/Metropolitan_Museum_of_Art.jpg
       
                Metropolitan Museum of Art adalah salah satu museum terbaik yang dimiliki New York yang wajib kamu sambangi. Metropolitan Museum of Art memiliki koleksi lebih dari dua juta karya seni.
       
                Metropolitan Museum of Art beralamat di 1000 Fifth Avenue, New York City. Museum ini memiliki bangunan utama bernama “The Met†yang merupakan salah satu galeri seni terbesar di dunia.
       
                Koleksinya terdiri dari karya seni klasik dari Mesir Kuno, lukisan dan patung dari hampir semua pelukis terkenal Eropa, koleksi Amerika serta seni modern. Sebagai salah satu museum terbesar di Amerika Serikat, maka kamu sebaiknya meluangkan waktumu untuk berkunjung ke Metropolitan Museum of Art.
       

      Mengunjungi The Brooklyn Bridge via http://cdn.history.com/sites/2/2013/11/brooklyn-bridge-2-H.jpeg
       
                Brooklyn bridge adalah sebuah jembatan yang terletak di New York City sekaligus juga merupakan jembatan tertua di Amerika Serikat. Jembatan ini selesai pada tahun 1883, dan saat ini menghubungkan antara daerah Manhattan dan Brooklyn di atas East River.
       
                Brooklyn bridge menjadi salah satu icon New York City. Pada tahun 1964, jembatan ini dinobatkan menjadi National Historic Landmark, sementara pada tahun 1972 dinobatkan menjadi National Historic Civil Engineering Landmark.
       
                Setelah berjalan melintasi Brooklyn bridge, kamu dapat bersantai di Brooklyn Bridge Park yang menyajikan pemandangan lanskap berupa sungai dengan latar belakang Manhattan yang indah. Di tempat ini kamu juga dapat mengambil foto sepuas hatimu.
       
                Brooklyn bridge adalah tempat yang sangat baik bagi para pejalan kaki karena kamu dapat menikmati pemandangan yang indah. Selain berjalan kaki, kamu juga dapat bersepeda di sini. Tetapi, jangan lupa berhati-hati itu tetap perlu.
       
                Brooklyn bridge menawarkan pemandangan yang indah baik pada pagi hari maupun malam hari sehingga kamu bebas dapat memilih untuk datang pada pagi hari atau malam hari. Nah, jika kamu ingin merasakan pengalaman yang berbeda dengan lampu-lampu menawan di sekitar jembatan, kamu dapat mengunjungi Brooklyn bridge di malam hari.
       

      Peta Menuju Brooklyn Bridge dari Metropolitan Museum of Art via Google Maps
       
                Untuk mencapai Brooklyn bridge dari Metropolitan Museum of Art, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 10 menit untuk mencapai 86 Street. Setelah itu kamu dapat menaiki kendaraan menuju Brooklyn bridge – City Hall selama sekitar 15 menit.
       
                Setelah itu, kamu tinggal berjalan selama 7 menit untuk mencapai Brooklyn bridge. Lama estimasi perjalanan ini adalah sekitar 32 menit.
       

      Mengunjungi Coney Island via https://www.quietevents.com/wp-content/uploads/2014/12/coney-island.jpg
       
                Untuk mengakhiri perjalanan wisatamu kali ini di New York City, kamu dapat melengkapinya dengan mengunjungi Coney Island. Coney Island beralamat di Cincinnati.
       
                Nah, ketika kamu sudah melewati Brooklyn bridge, tidak lama lagi kamu dapat menemui Coney Island. Coney Island adalah sebuah taman hiburan yang terletak di dekat daerah laut.
       
                Di tempat ini terdapat dime museums, burlesque, circus sideshows, vaudeville. Beberapa wahana yang dapat kamu temui di tempat ini antara lain adalah wonder wheel, the cyclone, parachute jump, thunderbolt dan BB carousel.
       
                Wonder wheel adalah sebuah ferris wheel dengan ketinggian 46 meter. The cyclone adalah sebuah roller coaster tertua di Amerika Serikat. Parachute jump adalah sebuah wahana untuk loncat dengan parasut.
       
                Thunderbolt merupakan sebuah roller coaster dengan panjang track mencapai 610 meter dengan ketinggian 38 meter. B&B carousel adalah sebuah carousel kuno yang terdapat di Coney Island.
       
                Untuk mencapai Coney Island, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 8 menit menuju Brooklyn Bridge City Hall. Setelah itu kamu dapat menaiki kendaraan menuju ke Canal Street. Setelah itu, kamu dapat berjalan selama 3 menit.
       
                Setelah itu kamu dapat menaiki kendaraan menuju ke Ocean Parkway selama 40 menit. Begitu sampai di Ocean Parkway, kamu tinggal berjalan selama 2 menit menuju ke Coney Island.
       
                Nah, itulah dia panduan mengelilingi New York City, the city that never sleeps bagian kedua. Nah, rupanya New York City memang memiliki banyak tempat wisata yang dapat kamu sambangi pada kesempatan liburanmu berikutnya.
       
       
                Setelah puas mengelilingi New York City, barulah kamu dapat kembali pulang ke tanah air. Semoga panduan ini dapat membantumu mengeksplor dan mengelilingi New York City, the city that never sleeps.
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat

      Melihat Indahnya Kota Chicago via http://www.acbl.org/acbl-content/wp-content/uploads/2014/08/Chicago3.jpg
       
                Chicago adalah sebuah kota terpadat ketiga di Amerika Serikat, setelah New York City dan Los Angeles. Chicago memiliki penduduk sekitar 2,7 juta dan merupakan kota yang terpadat di Illinois maupun Midwestern United States. Bagian kota metropolitannya memiliki penduduk yang mencapai 9,9 juta jiwa.
       
                Saat ini, Chicago merupakan pusat dari sektor industri, teknologi, telekomunikasi serta transportasi. Bahkan Bandara Internasional O’Hare yang menjadi bandara Chicago saat ini telah dinobatkan menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia.
       
                Pada tahun 2012, Chicago telah melayani lebih dari 46,37 juta wisatawan, baik wisatawan lokal maupun internasional. Nah, berhubung artikel-artikel sebelumnya masih membahas tentang perjalanan road trip di East Coast Amerika Serikat, maka selanjutnya kita akan membahas perjalanan wisata di Chicago.
       
                Penasaran ada tempat wisata apa sajakah yang terdapat di Kota Chicago? Berikut ini adalah panduan menyambangi Chicago, kota terpadat di negara bagian Illinois, Amerika Serikat.
       
      Memilih Penginapan di Chicago
       

      Memilih Penginapan di Daerah Magnificent Mile via http://nowyouknowevents.com/wp-content/uploads/2013/07/url2.jpeg
       
                Untuk menambah kenyamananmu selama berada di Chicago, kamu dapat memilih untuk menginap di daerah yang strategis. Nah, salah satu rekomendasi daerah strategis yang dapat kamu jadikan sebagai tempat untuk menginap adalah Magnificent Mile.
       
                Kawasan Magnificent Mile tergolong cukup strategis karena merupakan pilihan tepat jika kamu berminat untuk melakukan wisata kuliner di sekitar daerah ini. Magnificent Mile juga tergolong tidak begitu jauh dari pusat kota Chicago sehingga dapat dijadikan tempat untuk penginapanmu selama berada di Chicago.
       
                Kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis hotel atau hostel. Jika kamu memilih untuk menginap di hotel, kamu dapat menginap di kamar berjenis standard double room dengan harga USD 139.
       
                Nah, fasilitas yang kamu dapatkan di kamar hotel tersebut adalah 2 double bed, free wifi, TV, kulkas, microwave, coffee/tea maker, AC, toilet, bathtub dan free toiletteries.
       
                Selain hotel, kamu juga dapat menginap di hostel. Kamu akan dapat mendapatkan kamar berjenis 12 dormitory room dengan harga sekitar USD 34. Fasilitas yang tersedia di sini adalah free wifi, AC, shared toilet dan shared bathroom.
       
      Hari Pertama
      Awali Perjalanan Liburanmu di Kota Chicago dengan Sightseeing Serta City Tour Untuk Merasakan Keindahan Kota Chicago
       

      Mengunjungi Art Institute of Chicago via http://www.suitcasesandsippycups.com/wp-content/uploads/2012/01/Art-institute.jpg
       
                Art Institute of Chicago adalah sebuah museum yang terletak di 111 South Michigan Avenue. Koleksi yang terdapat di Art Institute of Chicago adalah American Art, Old Masters, European and American Decorative Arts, Modern and Contemporary Art dan lain-lain.
       

      Peta Menuju Art Institute of Chicago dari Magnificent Mile via Google Maps
       
                Untuk mencapai Art Institute of Chicago dari Magnificent Mile, kamu dapat berjalan kaki selama dua menit untuk mencapai Michigan and Erie. Selanjutnya kamu menaiki bus 147 untuk mencapai Michigan and Madison/Monroe. Setelah itu, kamu tinggal berjalan kaki selama sekitar 3 menit. Biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar USD 2.
       
                Museum ini merupakan museum seni terbesar di Amerika Serikat, setelah Metropolitan Museum of Art. Beberapa lukisan yang terdapat di Art Institute of Chicago antara lain El Greco dalam Saint Martin and the Beggar; Antoine Watteau dalam Pastoral Gathering, John Simpson dalam The Captive Slave, dan lain-lain.
       
                Beberapa pameran yang saat ini sedang dipamerkan di museum ini adalah Shatter Rupture Break, A Voyage to South America: Andean Art in the Spanish Empire, John Gossage: The Three Routine dan lain-lain.
       
                Biaya masuk jika kamu ingin memasuki museum ini adalah sekitar USD 23. Museum ini dibuka setiap hari dan pemesanan tiket dapat dilakukan secara online. Estimasi durasimu mengelilingi museum ini adalah sekitar 3 jam.
       
       
      Melanjutkan Perjalanan dengan Mengunjungi Millenium Park via http://media.web.britannica.com/eb-media/79/96279-050-C6812DC2.jpg
       
                Setelah puas berjalan mengelilingi Art Institute of Chicago, kini waktunya kamu mengunjungi sebuah taman keren yang terdapat di Chicago. Ya, taman kebanggaan masyarakat Chicago ini adalah Millenium Park.
       

      Peta Mengunjungi Millenium Park dari Art Institute of Chicago via Google Maps
       
                Untuk mengunjungi Millenium Park dari Art Institute of Chicago, kamu tinggal berjalan kaki selama tiga menit karena taman ini terletak tidak begitu jauh dari Art Institute of Chicago. Menyenangkan bukan?
       
                Di taman ini kamu dapat menyaksikan keindahan arsitektur dan desain lanskap yang diterapkan secara teratur. Millenium Park sendiri juga merupakan tempat bagi banyak konser serta acara kebudayaan yang bersifat gratis.
       
                Millenium Park merupakan salah satu taman spektakuler karena taman ini sendiri terletak persis di tengah kota Chicago. Yang paling menarik, saat ini terdapat banyak acara tertentu yang diselenggarakan di Millenium Park.
       
                Beberapa contoh kegiatan yang diselenggarakan di Millenium Park adalah Lurie Garden self guided tour (setiap hari dari pukul 6 am hingga 11 pm), pameran fotografi Millenium Park, free skating lesson, free honeybee and horticulture workshop, serta DJ performance.
       
                Di tempat ini juga terdapat banyak bangunan serta sculpture yang dapat kamu lihat seperti Jay Pitzker Pavilion (tempat konser biasanya diselenggarakan), Cloud Gate sculpture, Crown Fountain (air mancur yang memiliki layar LED menakjubkan), Boeing Galleries dan lain-lain.
       
                Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin mengunjungi Millenium Park alias gratis. Estimasi waktu kunjunganmu selama berada di Millenium Park adalah sekitar satu hingga 2 jam.
       

      Mengunjungi Chicago Cultural Center via http://tapchicago.org/wp-content/uploads/2014/01/ccc1.jpg
       
                Nah, setelah puas menjelajahi Millenium Park dengan segala keunikan dan keindahannya, selanjutnya kamu dapat mengunjungi destinasi berikutnya. Chicago Cultural Center mungkin dapat menjadi pilihan berwisatamu yang selanjutnya.
       

      Peta Mengunjungi Chicago Cultural Center dari Millenium Park via Google Maps
       
                Untuk mencapai Chicago Cultural Center dari Millenium Park, kamu cukup berjalan kaki selama sekitar 2 menit. Karena Chicago Cultural Center terletak tidak begitu jauh dari Millenium Park. Menyenangkan, bukan?
       
                Chicago Cultural Center beralamat di East Washington Street, Chicago. Tempat ini merupakan tempat resmi yang biasanya digunakan oleh Mayor Chicago apabila ingin menyambut kedatangan presiden, diplomat serta kepala komunitas.
       
                Chicago Cultural Center saat ini merupakan salah satu tempat wisata turis yang cukup ramai didatangi oleh para wisatawan. Sebanyak setidaknya 100.000 pengunjung datang dan mengunjungi Chicago Cultural Center.
       
                Beberapa event yang seringkali diselenggarakan di Chicago Cultural Center meliputi musik, tari, theater, film, pameran seni dan lain-lain. Bahkan pertunjukan ini juga seringkali tidak dipungut biaya jika kamu ingin menyaksikannya alias gratis.
       
                Chicago Cultural Center juga memiliki desain arsitektur yang menakjubkan. Para arsitek hebat dan juga tukang kayu dikerahkan untuk membangun bangunan ini. Sejumlah material seperti hardwood, Favrille glass, mutiara serta batu-batu alam berwarna digunakan untuk pembangunan bangunan ini.
       
                Chicago Cultural Center terdiri dari 6 lantai. Di setiap lantainya, terdapat banyak fasilitas untuk kesenian seperti teater, gallery, tempat pameran dan lain-lain.
       
      Hari Kedua
      Lanjutkan Perjalananmu Mengunjungi Chicago dengan Menyambangi Berbagai Tempat Menarik Lainnya yang Terdapat di Chicago
       

      Mengunjungi The Field Museum Chicago via https://www-weekaway-com.s3.amazonaws.com/uploads/photo/image/2136/South_Entrance_GN90670_10d.jpg
       
                Untuk mengawali perjalanan hari keduamu di Chicago, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi The Field Museum Chicago. Museum ini beralamat di 1400 Lake Shore Dr, Chicago.
       

      Peta Mengunjungi The Field Museum Chicago dari Magnificent Mile via Google Maps
       
                Untuk mengunjungi The Field Museum Chicago dari penginapanmu di Magnificent Mile, kamu dapat berjalan kaki selama 6 menit menuju Soldier Field and Field Museum. Setelah itu, kamu dapat menaiki bus nomor 146 menuju Michigan and Huron selama 27 menit. Biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar USD 2.
       
       
                The Field Museum Chicago adalah museum sejarah alam terbesar di dunia. Harga tiket masuk yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki museum ini adalah sekitar USD 31. Museum ini dibuka dari pukul 9 am hingga 5 pm.
       
                Di museum ini kamu dapat melihat berbagai macam pameran seperti pameran Amerika. Kamu juga dapat melihat sejarah perkembangan pada masa prasejarah, serta perkembangan berbagai benua seperti Asia, Eropa, Amerika dan Afrika.
       
                Jangan lupa untuk menyempatkan waktumu berkunjungi ke The Field Museum ketika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Chicago pada hari kedua ini. Nah, estimasi lama waktu yang kamu gunakan untuk mengelilingi museum ini adalah sekitar 3 jam.
       

      Mengunjungi Adler Planetarium via http://www.destination360.com/north-america/us/illinois/chicago/images/s/adler-planetarium-chicago.jpg
       
                Setelah puas mengunjungi The Field Museum, waktunya kamu untuk melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Adler Planetarium. Adler Planetarium terletak di 1300 South Lake Shore Dr, Chicago.
       

      Peta Mengunjungi Adler Planetarium dari The Field Museum via Google Maps
       
                Untuk mengunjungi Adler Planetarium dari The Field Museum, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 9 menit. Adler Planetarium adalah planetarium pertama yang dimiliki oleh Amerika Serikat sehingga kamu tentu wajib memasukkan Adler Planetarium dalam daftar destinasi wisatamu selama berada di Chicago.
       
                Planetarium ini dibuka setiap hari dari pukul 9 am hingga 4 pm. Kecuali pada hari Sabtu dan Minggu dimana planetarium ini dibuka pada pukul 9 am hingga 4.30 pm. Biaya yang kamu keluarkan untuk mendapatkan anytime all access ticket adalah USD 29.95.
       
                Ketika kamu hanya memiliki sekitar satu hingga dua jam untuk mengunjungi Adler Planetarium, kamu dapat melihat pertunjukkan langit di tiga theater berbeda yang dimiliki planetarium ini. Theater tersebut adalah Definiti Theater, Samuel C. Johnson Family Theater serta Grainger Sky Theater yang paling berteknologi tinggi.
       

      Mengunjungi Willis Tower-Skydeck Chicago via http://www.takingthekids.com/wp-content/uploads/2013/04/The-Ledge-at-Skydeck-Chicago-in-the-Willis-Tower.jpg
       
                Bagi kamu yang ingin mencoba merasakan pengalaman seru melihat Chicago dari ketinggian, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi Willis Tower-Skydeck Chicago. Skydeck ini terletak di Willis Tower, 233 South Wacker Dr, Chicago.
       

      Peta Mencapai Skydeck Chicago dari Adler Planetarium via Google Maps
       
                Untuk mencapai Skydeck Chicago dari Adler Planetarium, kamu dapat menaiki bus 146 dari Solidarity Dr and Planetarium menuju ke Roosevelt Orange/Red/Green Line Station selama 10 menit. Setelah itu kamu dapat berjalan selama 1 menit untuk menuju ke Roosevelt.
       
                Selanjutnya kamu dapat menaiki subway orange line menuju ke Quincy/Wells. Perjalanan ini bisa kamu lanjutkan dengan berjalan kaki selama 3 menit untuk mencapai Skydeck Chicago.
       
                Willis Tower merupakan salah satu bangunan tinggi yang berada di Kota Chicago dengan jumlah lantai yang mencapai 103 lantai. Pada bulan April hingga September, Willis Tower buka dari pukul 9 am hingga 10 pm. Sementara pada bulan Oktober hingga Maret, dibuka dari pukul 10 am hingga 8 pm.
       
                Harga tiket masuk yang dikenakan jika kamu ingin memasuki Sydeck Chicago adalah sekitar USD 19.50. Pada tahun 2013, Willis Tower dinobatkan sebagai gedung tertinggi kedua di Amerika Serikat, sekaligus juga gedung tertinggi nomor 12 di dunia.
       
      Hari Ketiga
      Lanjutkan Perjalananmu Menjelajahi Chicago dan Merasakan Menjadi Warga Lokal Chicago
       

      Menjelajahi Magnificent Mile via http://www.hamptonsuiteschicago.com/resourcefiles/mainimages/chicago-river-north-magnificent-mile-top.jpg
       
                Setelah dua hari mengelilingi Chicago, rupanya kamu menyadari bahwa daerah penginapanmu juga layak untuk dikunjungi. Jadi kenapa tidak? Magnificent Mile dapat dijadikan sebagai destinasi wisatamu selanjutnya pada hari ketigamu di Chicago.
       
                Magnificent Mile adalah salah satu distrik yang cukup terkenal di Chicago. Di tempat ini kamu dapat menemukan beberapa gedung pencakar langit yang cukup terkenal, seperti John Hancock Center dan Trump International Hotel and Tower.
       
                Kamu dapat menemukan berbagai restoran yang dapat kamu jadikan destinasi untuk mencicipi wisata kuliner atau merasakan menjadi warga lokal Chicago. Selain itu, di deretan Magnificent Mile juga terdapat banyak toko yang dapat menjadi surga wisata bagi para penggila belanja.
       
                Bahkan jika kamu tidak begitu berminat untuk makan atau berbelanja, berjalan-jalan di sekitar Magnificent Mile juga tetap dapat kamu jadikan sebagai pilihan kegiatan liburanmu. Tinggal ambil kamera dan berfotolah sepuas hatimu serta rasakan serunya menjadi warga lokal Chicago.
       

      Mencicipi Wisata Kuliner di Billy Goat Tavern via http://www.billygoattavern.com/blog/wp-content/uploads/2012/10/BG_Michigan_02.jpg
       
                Setelah puas berjalan-jalan di Magnificent Mile atau The Mag Mile, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan berwisata kuliner di Billy Goat Tavern. Billy Goat Tavern adalah sebuah restoran yang beralamat di 430 Michigan Avenue, Chicago.
       

      Peta Mencapai Billy Goat Tavern dari Magnificent Mile via Google Maps
       
                Untuk mencapai Billy Goat Tavern dari Magnificent Mile, kamu tinggal berjalan kaki selama sekitar 7 menit. Menyenangkan, bukan?
       
                Beberapa menu yang wajib kamu coba selama kamu datang dan mengunjungi Billy Goat Tavern adalah steak and egg, rib eye steak, corned beef, Italian beef, double cheeseburger, triple cheeseburger, chicken sandwich, sausage and egg, hot dog, chips, French toast, dan lain-lain.
       
                Billy Goat Tavern ini telah dibangun sejak tahun 1934 dan terus berkembang hingga sekarang. Saat ini Billy Goat Tavern telah berkembang dan membuka cabang di beberapa tempat seperti di Washington Street, Wells Street, Madison Avenue, Navy Pier, O’ Hare International Airport dan lain-lain.
       
                Untuk pengalaman seru mencicipi American meal, baik sarapan, makan siang atau makan malam, maka mengunjungi Billy Goat Tavern sebaiknya wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisatamu selama mengunjungi Chicago.
       
                Nah, itulah dia panduan mengunjungi Chicago, kota terpadat di negara bagian Illinois, Amerika Serikat. Wah, ternyata Chicago memiliki banyak destinasi wisata yang sebaiknya kamu sambangi ketika kamu mendatangi kota Chicago ini.
       
                Semoga panduan wisata ini dapat membantumu dalam menjelajahi kota keren yang satu ini. Jadi, walaupun kamu tidak memiliki waktu yang cukup panjang selama berada di Chicago, kamu tentu masih tetap dapat menikmati pesona kota ini.
       
                Nah, jangan lewatkan aktivitas-aktivitas seru selama berada di kota ini ya. Selamat berlibur di Kota Chicago!


    • By Hasdevi Agrippina Dradjat

                Baltimore adalah sebuah kota terbesar yang berada di negara bagian Maryland, Amerika Serikat. Kota ini juga merupakan kota terpadat ke 26 di Amerika Serikat. Sejak dibangun pada tahun 1729, Baltimore rupanya telah menjadi kota pelabuhan terbesar kedua di bagian Mid Atlantic United States dan East Coast.
       
                Baltimore juga cukup terkenal dengan sebutan “A City of Neighbourhood†dan juga “Calm City†yang menjadikannya layak untuk dikunjungi pada kesempatan berwisatamu selanjutnya. Di kota ini pula Francis Scott Key menulis “The Star-Spangled Banner†yang selanjutnya menjadi lagu kebangsaan Amerika Serikat.
       
                Pada tahun 2013, Baltimore tercatat sebagai kota dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 620.000 jiwa. Sementara pada bagian metropolitannya, tercatat sudah ada lebih dari 2,7 juta jiwa dan terus menerus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.
       
                Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang panduan menjelajahi Baltimore, sebuah kota di negara bagian Maryland. Kota pelabuhan ini rupanya juga memiliki banyak destinasi wisata yang sebaiknya masuk dalam daftar liburanmu.
       
      Memilih Penginapan di Baltimore
       
                Sebelum mengawali perjalanan wisatamu di Baltimore, kamu harus menentukan dahulu jenis penginapan selama kamu berada di Baltimore. Salah satu rekomendasi tempat menginap terbaik berdasarkan beberapa website traveling ternama, adalah di daerah inner harbor.
       
                Daerah tersebut dipilih karena tergolong cukup strategis dan gampang untuk kemana-mana. Inner harbor terletak tidak begitu jauh dari Federal Hills atau Fells Point. Selain itu, terdapat hiburan seperti live music jika kamu berminat.
       
                Selama menginap di daerah Inner Harbor Baltimore, kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis hostel atau hotel. Pemilihan penginapan tersebut dapat kamu sesuaikan dengan jadwal, waktu atau partner travelingmu selama menginap di Baltimore.
       
                Jika kamu ingin menginap di hostel, kamu dapat mendapatkan hostel dengan kamar berjenis 12 person dorm dengan harga USD 26. Fasilitas yang tersedia di hostel tersebut adalah AC, free wifi, shared bathroom dan shared toilet.
       
                Nah, jika kamu ingin menginap di hotel, kamu akan mendapatkan hotel dengan kamar berjenis double room with two bed seharga USD 179. Fasilitas yang tersedia di kamar tersebut adalah AC, setrika, kamar mandi di dalam, TV, hair dryer, free toiletteries, dan TV.
       
                Nah, pastikan kamu mencatat semua detail penting tentang penginapanmu selama berada di Baltimore. Pastikan pula mengenai harga tersebut apakah kamu harus membayar pajaknya lagi atau tidak.
       
      Hari Pertama
      Awali Kegiatan Liburanmu di Baltimore dengan City Tour dan Sightseeing di Kota Pelabuhan Ini
       

       Mengawali Perjalanan Wisata di Baltimore dengan Mengunjungi Fell’s Point via http://files.schuminweb.com/journal/2013/full-size/fells-point-03.jpg
       
                Untuk perjalanan wisata di Baltimore, tidak ada salahnya jika kamu mengawalinya dengan mengunjungi Fell’s Point. Fell’s Point adalah sebuah tempat di dekat waterfront yang terletak di bagian utara Baltimore Harbor serta masih merupakan bagian dari Sungai Patapsco.
       

      Peta Mencapai Fell’s Point Dari Inner Harbor via Google Maps
       
                Untuk mencapai Fell’s Point, kamu dapat berjalan kaki selama lima menit untuk mencapai Pratt Street and Light Street. Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus bernomor 031 selama 8 menit untuk mencapai Fleet Street and Broadway. Setelah itu, kamu tinggal berjalan kaki selama 5 menit.
       
                Yang lebih menyenangkan, tidak ada biaya yang kamu keluarkan selama perjalanan dari Inner Harbor menuju ke Fell’s Point alias gratis. Lama waktu tempuhmu selama perjalanan tersebut adalah sekitar 17 menit.
       
                Jadi, ada apakah di Fell’s Point? Di tempat ini kamu dapat menemukan banyak toko antik, restoran, kafe, toko music, dan lain-lain. Letaknya yang berada di sekitar waterfront juga seringkali menjadi magnet tersendiri yang membuat para turis ingin singgah ke tempat ini.
       
                Setiap hari Minggu, kamu dapat menemukan flea market di tempat ini yang akan membuatmu betah dan merasa menjadi seperti warga lokal. Beberapa rekomendasi restoran yang dapat kamu coba adalah Hungry Andy untuk steak, Pittango untuk gelato, dan lain-lain.
       
                Pemandangan yang dapat kamu lihat di Fell’s Point juga tergolong indah dan sayang untuk dilewatkan. Sehingga ketika kamu tidak berniat untuk makan, berjalan-jalan atau sightseeing di tempat ini juga dapat kamu jadikan sebagai pilihan.
       

      Mengunjungi National Aquarium Baltimore via http://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/04/c8/4c/f6/national-aquarium-baltimore.jpg
       
                Masih di sekitar daerah Inner Harbor, kamu dapat mengunjungi National Aquarium Baltimore setelah puas mengelilingi Fell’s Point. National Aquarium Baltimore terletak di 501 East Pratt Street Baltimore.
       
                National Aquarium Baltimore dibuka pada 8 Agustus 1981 dan saat ini masih menjadi salah satu tempat atraksi wisata yang menarik di Baltimore. Buktinya, sebanyak lebih dari 1,5 juta wisatawan seringkali berkunjung ke National Aquarium ini setiap tahunnya.
       

      Peta Menuju National Aquarium Baltimore Dari Fell’s Point via Google Maps
       
                Untuk mencapai National Aquarium Baltimore dari Fell’s Point, kamu dapat berjalan kaki selama tiga menit untuk mencapai Eastern and Broadway. Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus nomor 010 menuju ke Lombard Street and Commerce Street selama 7 menit.
       
                Setelah itu, kamu tinggal berjalan kaki selama sekitar 4 menit untuk sampai ke depan National Aquarium. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 16 menit, namun tidak ada biaya yang kamu keluarkan selama perjalanan ini alias gratis.
       
                National Aquarium dibuka setiap hari dari pukul 9 am hingga 5 pm. Namun, pada hari Jumat, National Aquarium dibuka sejak pukul 9 am hingga 8 pm. Biaya tiket masuk ke National Aquarium adalah USD 22 hingga USD 35.
       
                Pada saat ini, National Aquarium telah mengoleksi lebih dari 750 spesies binatang laut di dalamnya. Kamu dapat mencoba untuk melihat berbagai pertunjukkan yang disediakan di dalamnya, seperti Shark Alley, Blacktip Reef, dan lain-lain.
       
                Di tempat ini kamu dapat melihat berbagai binatang laut seperti hiu, lumba-lumba, gurita, dan lain-lain. Nah, estimasi durasi waktu yang kamu butuhkan untuk mengelilingi National Aquarium adalah sekitar 2,5 jam. Pastikan kamu mengunjungi tempat keren yang satu ini.
       

      Rasakan Pengalaman Menaiki Baltimore Water Taxi via http://lh3.ggpht.com/_GvsPw8xXgoI/TARPaEsOWhI/AAAAAAAABpc/numCTp0MAt0/s1600/IMG_3717.JPG
       
                Melengkapi kegiatan city tour-mu selama berada di Baltimore, maka kegiatan yang satu ini tentunya wajib kamu coba. Ya, kegiatan tersebut adalah menaiki Baltimore Water Taxi. Baltimore Water Taxi beralamat di 1735 Lancaster Street, Baltimore.
       

      Peta Menuju Baltimore Water Taxi via Google Maps
       
                Untuk mencapai tempat Baltimore Water Taxi dari National Aquarium, kamu dapat berjalan kaki selama satu menit untuk menuju ke Pratt Street and Gay Street. Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus nomor 010 selama 8 menit untuk mencapai Eastern and Broadway. Setelah itu, kamu tinggal berjalan kaki selama 7 menit untuk mencapai Baltimore Water Taxi.
       
                Baltimore Water Taxi dibuka dari pukul 10 am hingga 8 pm. Sebagai rekomendasi untuk city tour, kamu dapat membeli tiket berjenis adult all day ticket. Tiket ini seharga USD 12. Namun, kamu dapat menaiki water taxi sebanyak yang kamu mau dalam satu hari penuh.
       
                Selain itu, ketika membeli adult all day ticket, kamu juga akan mendapatkan the letters of marque. The letters of marque menawarkan berbagai diskon atau penawaran spesial yang dapat kamu gunakan di restoran atau kafe tertentu.
       
                Nah, beberapa destinasi yang dapat kamu kunjungi dengan menggunakan Baltimore Water Taxi adalah Aquarium, Harborplace, Science Center, Rusty Scupper, Pier Five, Harbor East, Maritime Park, Locust Point, Fells Point, dan lain-lain.
       
                Jadi, pastikan kamu merasakan serunya menaiki Baltimore Water Taxi ketika kamu menjelajahi Kota Baltimore.
       
      Hari Kedua
      Lanjutkan Perjalananmu di Baltimore dengan Mengunjungi Tempat-Tempat Seru Lainnya di Baltimore
       

      Mengunjungi Federal Hill Park via http://livebaltimore.com/files/neighborhoods/federal-hill_2.jpg
       
                Destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu sambangi adalah Federal Hills Park yang beralamat di 300 Warren Avenue. Federal Hills Park hingga saat ini merupakan salah satu landmark Kota Baltimore yang sayang kamu lewatkan.
       
                Federal Hills Park terletak tidak begitu jauh dari Inner Harbor, dan dari tempat ini kamu dapat melihat salah satu pemandangan terbaik yang ditawarkan Kota Baltimore. Di tempat ini kamu dapat menemui the great red bank of clay yang saat ini sudah berubah menjadi bukit hijau tempat para wisatawan berpiknik atau melakukan kegiatan stargazing.
       
                Di tempat ini kamu dapat bersantai dan merasa menjadi seperti warga lokal. Kamu dapat menikmati indahnya pemandangan selama berada di Federal Hills.
       
                Selain itu, di tempat ini juga kamu dapat merasakan serunya fasilitas lapangan basket sehingga kamu dapat bermain basket di sini. Tidak jauh dari situ, kamu dapat merasakan voli pantai yang seru dan menyenangkan di sini.
       

      Peta menuju American Visionary Art Museum dari Federal Hill Park via Google Maps
       

      Menjelajahi American Visionary Art Museum via http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/0/02/American_Visionary_Arts_Museum,_Baltimore_(ca._2005).jpg
       
                American Visionary Art Museum adalah sebuah museum yang beralamat di Maryland’s Federal Hill neighborhood yang terletak tidak begitu jauh dari Federal Hill. Museum ini memiliki spesialisasi di bagian intuitive art, raw art atau art brut.
       
                Beberapa karya seniman yang dipajang di museum ini adalah karya dari pelukis seperti  Ho Baron, Nek Chand, Howard Finster, Ted Gordon, Mr. Imagination (atau Gregory Warmack), Clyde Jones, Leonard Knight, William Kurelek, Mary Proctor, Leo Sewell, Judith Scott, Vollis Simpson, Ben Wilson, dan lain-lain.
       
                Beberapa pameran yang terdapat di American Visionary Art Museum adalah Ingo Swann (The Light Bringer), Knetic Sculpture, dan lain-lain. Nah, ketika berkunjung ke Baltimore, jangan lupa untuk berkunjung ke American Visionary Art Museum.
                Untuk mencapai American Visionary Art Museum dari Federal Hill Park, kamu tinggal berjalan kaki selama sekitar 5 menit.
       

      Mengunjungi Walter Art Museum via http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/59/Walters-museum-building_1.jpg
       
                Koleksi yang terdapat di tempat ini antara lain adalah koleksi dari Mesir, abad ke 20 Eropa, sculpture Yunani, koleksi dari zaman medieval, dan lain-lain. Tidak ada biaya yang dikenakan jika kamu ingin memasuki Walter Art Museum ini.
       
                Museum ini buka pada hari Rabu hingga hari Minggu pada pukul 10 am hingga 5 pm. Kecuali pada hari Kamis, museum ini buka hingga pukul 9 pm.
       
                Beberapa koleksi yang terdapat di Walter Art Museum adalah Ancient Art, Art of The Ancient Americas, Asian Art, Islamic Art, dan lain-lain. Ancient Art merupakan koleksi yang terdiri dari banyak karya seni dari Mesir, Yunani, Roma dan lain-lain.
       
                Art of The Ancient Americas terdiri dari beberapa karya seperti karya-karya dari Panama, Amerika Tengah, Mesoamerican Olmec, suku Aztec, suku Maya dan lain-lain. Asian Art terdiri dari beberapa karya yang berasal dari Cina dan Jepang.
       
                Islamic Art terdiri dari beberapa karya yang berasal dari Iran, Mesir, Persia, Turki dan lain-lain. Medieval Art terdiri dari beberapa karya yang berasal dari Ethiopia, Byzantine dan lain-lain.
       
                Untuk melengkapi perjalananmu selama berada di Baltimore, pastikan kamu juga mengunjungi Walter Art Museum selama kamu berada di Kota Baltimore.
       
      Hari Ketiga
      Lanjutkan Perjalanan Wisatamu di Baltimore dengan Mengunjungi Berbagai Tempat Lainnya di Baltimore
       
         
      Mengunjungi Woodberry Kitchen via http://weddings.dennisdrenner.com/images/uploads/woodberry%20kitchen%20wedding/wedding-reception-dinner-at-woodberry-kitchen.JPG
       
                Sebelum menutup kegiatanmu selama berada di Baltimore, kamu harus mengunjungi Woodberry Kitchen. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang sebaiknya kamu kunjungi selama berada di Woodberry Kitchen.
       
                Woodberry Kitchen menawarkan berbagai makanan seperti seafood, daging, local turkey dan lain-lain. Makanan yang tersedia di tempat ini terkenal sangat lezat serta kamu dapat merasakan pelayanan yang ramah dari para pelayan di Woodberry Kitchen.
       
                Restoran ini memiliki alamat di 2010 Clippery Park Road Woodberry. Beberapa makanan yang terdapat di Woodberry Kitchen adalah deviled eggs, liberty delight tavern steak, tilghman island crab pot, apple pie, tomato soup, dan lain-lain.
       

      Peta Mencapai Woodberry Kitchen dari Inner Harbour via Google Maps
       
                Untuk mencapai Woodburry Kitchen dari Inner Harbour, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 9 menit untuk mencapai Pratt Street Light Rail Station. Selanjutnya, kamu dapat menaiki kereta untuk mencapai Woodberry Rail. Setelah itu kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 5 menit untuk mencapai Woodberry Kitchen.
       

      Mengunjungi Maryland Historical Society Museum via http://i3.stay.com/images/venue/163/99/7d0ad114/maryland-historical-society.jpg
       
                Maryland Historical Society Museum adalah sebuah museum yang kebudayaan tertua yang terdapat di Baltimore. Harga tiket masuk museum ini adalah sekitar USD 7.
       
                Maryland Historical Society Museum beralamat di 201 West Monument Street, Baltimore. Museum ini dibangun pada tahun 1847. Di tempat ini kamu dapat melihat star-spangled banner yang original dan jurnal dari Benjamin Banneker.
       
                Di bagian perpustakaan Furlong Baldwin, kamu dapat menemukan 60.000 buku, 800.000 foto, 5 juta manuskrip, 6.500 print dan lain-lain. Beberapa events yang terdapat di Maryland Historical Society Museum adalah A Tale of Three Coffins: Living and Dying in 17th Century St. Mary's City, Opening Reception and Maryland Day Celebration, Director Led Tour of A Tale of Three Coffins.
       
                  Selain itu, terdapat pula event seperti Director Led Tour of A Tale of Three Coffins, Facing the Great War, Buried In Lead: Insights from a Unique 17th-century Maryland Discovery, Exploring the Mesmeric World of Edgar Allan Poe dan lain-lain.
       
                Nah, begitulah dia panduan mengunjungi Baltimore, sebuah kota yang terletak di negara bagian Maryland. Semoga informasi tadi mampu membantumu selama kamu berwisata di Baltimore. Jangan lupa untuk menyambangi kota pelabuhan ini selama kamu mengunjungi Amerika Serikat.
       
                Baltimore rupanya memiliki banyak tempat yang dapat kamu kunjungi pada kesempatan liburanmu selanjutnya. Jangan lupa untuk memilih penginapan yang strategis untuk dapat menambah kenikmatan perjalananmu selama berada di Baltimore.