• 0
Sign in to follow this  
jassutra

gunung untuk pemula sampai gunung paling "galak"

Question

sejujurnya, saya gak suka hiking dan apapun itu yang ada kaitannya dengan berada di tempat dengan ketinggian yang gak make sense.. cuman, iri aja sama teman-teman yang bisa foto foto di puncak gunung.. masa aku engga sih?

buat agan agan yang suka dan jago hiking dan naik gunung, aku minta saran dong untuk pemula nih, bagusnya nyoba gunung apa dulu? trus kalo udah jago, gunung yang paling galak buat ditaklukin di indonesia apa?

selain itu, biasanya juga ada pelatihan dan persiapan.. apa aja yaa yang jadi persiapan dan untuk pelatihan mesti kemana dulu? apalagi untuk ibu ibu kayak saya nih hehe. ada yang mau sabar ngelatih gak?

untuk menyewa jasa guide ada gak sih? misalnya minta di-guide sama hiker profesional gitu?

mohon infonya yaa?

Share this post


Link to post
Share on other sites

6 answers to this question

  • 0

Mba, saya mau coba kasih saran nih.

Naik gunung itu , membutuhkan fisik prima. Lari adalah salah satu latihan fisik yang membantu menguatkan badan kita, jadi sebelum naik gunung itu minimal fisik kita telah terlatih, jadi mba jangan tiba2 naik gunung apabila sebelumnya ga pernah melakukan fisik yang berat. Kayanya latihan fun yang bisa dilakukan mungkin dengan mba hiking misalkan di bukit2, kalo tinggal di jawa barat mba bisa mulai mendatangi curug2 dengan trek >3km. Tapu kalo ga kuat jangan dipaksakan. nanti pelan-pelan kondisi fisik meningkat, tapi mba sendiri yang bisa mengukur mba kuat apa ngga sih sebenernya. maaf ya kalo so tau. hehe.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saran saya mbak kalo mau nyoba naik gunung untuk pemula, biasanya naik gunung gede pangrango sukabumi, itu termasuk gunung yang sangat mudah didaki, sangat sering perusahaan-perusahaan melakukan outting atau camping ke lokasi tersebut....kalo gunung-gunung yang galak di indonesia banyak mbak...contoh gunung merapi...yang statusnya masih aktif sampai saat ini...dan jalan yang dilalui berbatuan.....

untuk persiapan paling gak fisik nomor 1 harus dilatih benar-benar...karena point yang paling utama.....jika kita tidak siap maka akan merepotkan rekan-rekan anda sendiri....

biasanya sih di gunung gede sudah ada instrukturnya mbak...namanya ranger ( penjaga gunung )...jadi tidak perlu takut....

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Kalau g jujur belum pernah hiking wkt sekolah suka denger tmn hiking … pengen sich cm nga pernah kesampaian juga… tapi kalau ke pegunungan pernah beberapa kali .. dan kalau disuruh milih mau ke daerah pegunungan apa pantai … g pastinya milih pegunungan karena adem, sejuk dan yang pasti dingin hehehhe

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Ia setuju sama saran diatas, coba aja tes dulu di gunung pangrango. tapi tetap saja sebelum itu harus ada persiapan fisik,

kalau jarang olahraga, kemana2 naek mobil. pasti gunung yang paling mudah didakipun pasti cape.

coba aja olahraga jogging atau maen bulutangkis, atau olahraga apapun juga buat naikin fisik.

minimal di kantor naik turun tangga lebih sering.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kalo gak pangrango, coba papandayan tante, itu juga lumayan. tapi tante posisinya dimana dulu ini? itu kan untuk kalo posisi tantenya ada di jawa barat, kalo posisinya diluar jawa, ya kan gak mungkin disuru ke jawa barat dulu..

minimal latihan lari, bener kaya diatas tante, jadi latihan pernapasan disana. dan larinya juga gak bisa sekali lari sekali gak, karena bener2 masalah pernapasan sama kekuatan kaki.

kalo yang berat banyak tante, misalnya merapi di jambi, sindoro sama sumbing juga termasuk lumayan, trus kartens itu berat banget, ada juga sikunir lumayan..banyak deh tante :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this