• 0
Sign in to follow this  
Followers 0

tips Tips Melewati Jalur Lintas Sumatera

Question

Posted

Jalur transportasi merupakan sarana penting yang menunjang apa pun soal perhubungan dari satu tempat ke tempat lainnya. Jika anda ingin bepergian ke suatu daerah, anda bisa memilih jalur transportasi mana yang ingin digunakan. Apakah ingin menggunakan udara, darat atau laut? Setiap jalur tentu memiliki suasana yang berbeda-beda. Anda akan lebih cepat sampai tujuan dengan menggunakan jalur udara, tapi harganya tentu akan lebih mahal. Jalur darat dan laut pun menjadi alternatif jika ingin menghemat budget perjalanan sekaligus juga untuk menikmati detil dan suasana perjalanan yang lebih banyak.

 

 

Tapi semuanya bukan tanpa resiko. Anda yang pernah melintasi Jalur Lintas Sumatera, baik menuju maupun dari wilayah Sumatera pasti sering mendengar banyaknya bajing loncat atau hewan-hewan yang berkeliaran sembarangan di jalan, bukan? Bagi anda yang belum pernah, jangan kaget, karena lingkungan lintas sumatera ini masih banyak ditumbuhi hutan atau pohon-pohon seperti itu. Berikut ini, sedikit tips, bagi anda yang masih terholong pemula untuk melewati atau melintasi Jalan Lintas Sumatera ini.

  • Perisiapkan kondisi kendaraan

Persiapan utama sebelum berangkat adalah anda harus memeriksa dengan baik kondisi kendaraan anda. Pastikan semuanya dalam kondisi yang prima. Perjalanan ke Sumatera, jika anda dari luar Sumatera adalah perjalanan jauh. Jalur tersebut juga memiliki kondisi yang beragam, seperti jalur yang meliuk-liuk, menanjak, menurun, berlubang, dan sebagainya. Pastikan semua mesin dalam kendaraan siap untuk bepergian dalam jarak jauh.

 

  • Jangan lupa membawa cadangan

Sebaiknya anda membawa cadangan-cadangan seperti ban. Dan jangan lupa alat lainnya yang mungkin akan berguna. Karena di sana jarak antara satu kampong dengan kampong lainnya berjauhan, anda sebaiknya bisa sedikit-sedikit atau mengerti soal mesin jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

 

  • Bawa Makanan

Jika sudah mulai memasuki jalan lintas sumatera, anda bisa berhenti jika menemukan toko kelontongl beli makanan-makanan yang mengenyangkan untuk menghindari kelaparan saat di jalan. Bukan apa-apa, alasannya sama, karena jarak antara satu dan lainnya berjauhan, masih sepi dari warung-warung nasi semacam itu. Ada baiknya menyiapkan makanan dari awal. Apalagi sopir harus selalu fit dan juga jika membawa anak-anak agar tidak dipusingkan dengan tidak hadirnya cemilan di tengah-tengah anda. Bisa membawa roti atau mungkin bagi para wanita bisa menyiapkan nasi atau aluk pauknya yang awet dari rumah.

 

  • Siapkan kondisi fisik

Ini penting, teruatam para sopir. Perjalanan jauh kemana pun anda harus dalam kondisi yang prima. Tidak mengkonsumsi alkohol saat mau berkendara. Dan kalau bisa, anda memiliki pengganti saat menyupir. Jika ada yang hafal tentang kondisi jalan lintas sumatera akan lebih baik.

 

  • Mengatur kecepatan

Kondisi jalan di Lintas Sumatera tidak bisa diprediksi. Anda akan menemukan lubang mungkin di tengah-tengah jalanan yang sudah diaspal. Belum lagi, badan jalan banyak yang tidak memiliki batas jalan sehingga berdampingan langsung dengan jurang. Tak jarang ditemukan tanah yang longsor. Selain itu, kondisi di beberapa daerah yang berkelok-kelok, menanjak, dan sebagainya. Anda harus ekstra hati-hati dalam melajukan kendaraan anda. Tetap tenang dan sabar. Jika ragu untuk menyalip, sebaiknya tidak memaksakan.

 

  • Hindari perjalanan di malam hari

Ini sangat penting. Sejumlah titik di Sumatera terkenal dengan bajing loncat dengan segala modus kejahatannya. Anda bisa memperkirakan waktu perjalanan anda. Jarak antara satu kampung dan lainnya cukup jauh. Anda bisa mengunpulkan informasi dari orang setempat berapa lama jarak yang ditempuh untuk menuju kampung berikutnya. Sebaiknya tidak melintasi area non kampong jika hari mulai gelap. Ada juga yang menagatakan berhati-hati soal binatang yang tiba-tiba lewat di jalanan. Jalan saja, karena bisa jadi modus para penjegal untuk memberhentikan mobil anda.

 

Selain itu, menikmati perjalanan di jalur lintas sumatera siang hari juga lebih menyenangkan. Pemandangan yang masih alami tentu menjadi hiburan tersendiri, bukan?

 

06100236-jurang.jpg

 

 

  • Isi bensin selagi bisa

Jika menemukan pom bensin, anda jangan sia-siakan. Ingat, jarak satu dan lainnya jauh jadi anda harus mengisi bensin selagi bisa.

 

  • Ikut Konvoi kendaraan

Banyak yang menyarankan pastinya. Jika melewati tempat yang sepi atau saat mulai gelap, anda bisa menunggu kendaraan lain yang ingin melintas. Sabar saja, ini sering dilakukan orang-oramh yang melintas di Jalur Lintas Sumatera ini. Konvoi kendaraan bisa meminimalisir tindak kejahatan yang ingin dilakukan oknum2 tertentu.

 

Semoga tips di atas bermanfaat ya. Jangan lupa, istirahat kalau mulai lelah.

Share this post


Link to post
Share on other sites

22 answers to this question

  • 0

Posted

''Di Sumatera terkenal dengan bajing loncat dengan segala modus kejahatannya'' --- saya kurang sepakat dengan kalimat ini. Terlalu mengada-ada. Sehingga kesannya jadi menakutkan, seram dlsb. Ini perlu diluruskan agar tdk menjadi pembodohan opini. Tidak seluruh ruas lintas sumatera spt itu. Dibeberapa titik dulunya mungkin iya, tapi sekarang jauh lebih aman.

Saya sdh melewati hampir semua rute lintas sumatera. Pekanbaru-Medan-Banda aceh, Medan-Aek Latong-bukittinggi, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Payakumbuh-Bukittinggi-Padang-Bengkulu, Taluk Kuantan-Sarolangun-Lahat, dan Pekanbaru-Jambi-Palembang semua aman dilalui baik siang maupun malam. Dan memang benar disebagian ruas memang rusak sedang/parah, tp masih bisa dilalui.

Demikian info dari saya, maaf jika kurang berkenan.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

''Di Sumatera terkenal dengan bajing loncat dengan segala modus kejahatannya'' --- saya kurang sepakat dengan kalimat ini. Terlalu mengada-ada. Sehingga kesannya jadi menakutkan, seram dlsb. Ini perlu diluruskan agar tdk menjadi pembodohan opini. Tidak seluruh ruas lintas sumatera spt itu. Dibeberapa titik dulunya mungkin iya, tapi sekarang jauh lebih aman.

Saya sdh melewati hampir semua rute lintas sumatera. Pekanbaru-Medan-Banda aceh, Medan-Aek Latong-bukittinggi, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Payakumbuh-Bukittinggi-Padang-Bengkulu, Taluk Kuantan-Sarolangun-Lahat, dan Pekanbaru-Jambi-Palembang semua aman dilalui baik siang maupun malam. Dan memang benar disebagian ruas memang rusak sedang/parah, tp masih bisa dilalui.

Demikian info dari saya, maaf jika kurang berkenan.

terima kasih infonya... nanti saya perbaiki :)

JangKisok likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

saya pernah tuh dari Jakarta ke medan ditempuh dalam waktu 33 jam.... ngalahin bus ALS (yg terkenal paling cepat waktu itu)

kita berhenti hanya waktu ngisi bensin (sekalian makan, mandi, sholat abis tuh lanjut lagi)...
ketika melewati  lahat pada malam hari agak deg2an... karena saat itu jalur ini merupakan jalur paling rawan.. karena perampokan kerap terjadi dibarengi dengan tindak kekerasan hingga pembunuhan..

 

ada enaknya mudik lewat jalur darat, ada tidak enaknya juga, namun saya sangat menikmatinya..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

:salut 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

saya pernah tuh dari Jakarta ke medan ditempuh dalam waktu 33 jam.... ngalahin bus ALS (yg terkenal paling cepat waktu itu)

kita berhenti hanya waktu ngisi bensin (sekalian makan, mandi, sholat abis tuh lanjut lagi)...

ketika melewati  lahat pada malam hari agak deg2an... karena saat itu jalur ini merupakan jalur paling rawan.. karena perampokan kerap terjadi dibarengi dengan tindak kekerasan hingga pembunuhan..

 

ada enaknya mudik lewat jalur darat, ada tidak enaknya juga, namun saya sangat menikmatinya..

yang penting dinikmati ya mas :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

''Di Sumatera terkenal dengan bajing loncat dengan segala modus kejahatannya'' --- saya kurang sepakat dengan kalimat ini. Terlalu mengada-ada. Sehingga kesannya jadi menakutkan, seram dlsb. Ini perlu diluruskan agar tdk menjadi pembodohan opini. Tidak seluruh ruas lintas sumatera spt itu. Dibeberapa titik dulunya mungkin iya, tapi sekarang jauh lebih aman.

Saya sdh melewati hampir semua rute lintas sumatera. Pekanbaru-Medan-Banda aceh, Medan-Aek Latong-bukittinggi, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Payakumbuh-Bukittinggi-Padang-Bengkulu, Taluk Kuantan-Sarolangun-Lahat, dan Pekanbaru-Jambi-Palembang semua aman dilalui baik siang maupun malam. Dan memang benar disebagian ruas memang rusak sedang/parah, tp masih bisa dilalui.

Demikian info dari saya, maaf jika kurang berkenan.

saya juga sepakat mas, Alhamdulillah jalan lintas sumatra sekarang ini sudah cukup aman

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

saya juga sepakat mas, Alhamdulillah jalan lintas sumatra sekarang ini sudah cukup aman

:senyum  :backpacking

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Benar itu..udah ga jaman lagi bajing loncat...itu cerita klasik jaman 80-90 dikalangan sopir2 ekspedisi barang, karena dulu jalanan super hancur dan perekonomian masyarakat msh jauh tertinggal, skrg dah banyak juragan2 sawit, kopi n karet yg secara ekonomi lumayan mapan daripada kita para pelintas..meskipun jumlahnya msh sedikit..tapi mobil kaya fortuner bahkan segelas wrangler rubicon atau mobil SUV kelas mewah terbaru bagi mereka bukan lagi mobil mewah malah "biasa"...

 

Ya namanya kejahatan ga usah dijalan raya,,lagi tidur nyenyak aja dirumah di ibukota negara bisa2 kena rampok...palagi resiko dijalan lintas propinsi yg masih jarang2 penduduknya.....Ayoo donk ubah pola pikirnya....jangan cuma dengar katanya2 yg blm tentu benar..

 

Saya dah sering kali lwt jalur sumatera baik itu Lintas timur , tengah bahkan barat yg lwt hutan bukit barisan...Jalannya lebih mulus lagi daripada jalan di Jakarta pusat yg banyak Tambalan sana sini...Mobil yg saya bawa selalu mobil kecil sedan malah pernah sendirian bawanya dr Jakarta-Bengkulu-Palembang. 

 

nambah tips nih :

 

- kalo sampai bnr2 naas ada perampokan ditgh jalan, usahakan tenang dan jangan MELAWAN, kooperatif aja. mereka cuma incer materi kita kok, mreka itu panik dan bersenjata tajam/api dan gak mungkin pula mereka cuma bawa pisau dapur. kasih aja semua materi dgn nego sisakan uang buat ongkos kekota terdekat atau biarkan tinggalkan kita asal nyawa selamat. Kebanyakan sopir2 yg tewas atau kernetnya karena mereka melawan mati2an. 

 

- Jgn terlalu banyak tanya jalan kesana kemari, sebelum brkt pastikan peta lkp dan paham tahapan jalan. 

 

- Saat terjadi kerusakan /pecah ban dsb dan ada yang menghampiri atau sekedar bertanya sebutkan saja tujuan terdekat anda adalah KOTA TERDEKAT dari tempat anda sekarang bkn kota tujuan akhir anda.

deffa likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@dod

kalo soal bajing loncat mungkin udah berkurang ya

tapi kejahatan seh ada aja terakhir saya 2012 lewat jalur palembang - lampung sempet di stop oleh warga

dan ada indikasi mereka mau masuk dan ambil barang2 di mobil karena terlihat ada yang bawa beceng

tapi untung nya supir langsung tancap gas :D

 

@jasmine

wah cepet juga tuh 33 jam mba :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

iya deffa, soalnya sy malas berhenti2.....

sekalian cape cepat sampai dan bisa istirahat... enaknya kalau nguntit dibelakang bus als ya begitu kita ikutan ngebut  dan mersa lebih aman aja dari gangguan perampok didaerah lahat .....

 

 

 

@jasmine

wah cepet juga tuh 33 jam mba :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@jasmine

oiyaya kalo saya seh ada beberapa kali berhenti untuk makan di resto padang Siang - Malam atau Pagi - Sore mba :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@jasmine

oiyaya kalo saya seh ada beberapa kali berhenti untuk makan di resto padang Siang - Malam atau Pagi - Sore mba :D

Saya lebaran ini berencana pulang mudik dari JKT ke Padang lewat jalut darat, kira kira jalur mana yang bagus ditempuh untuk daerah lampung palembang ? jalur barat, tengah atau timur ?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Saya lebaran ini berencana pulang mudik dari JKT ke Padang lewat jalut darat, kira kira jalur mana yang bagus ditempuh untuk daerah Lampung - Palembang ? jalur Barat, Tengah atau Timur ? Terima kasih,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@esatria

salam kenal juga mas satria

selamat datang di forum jalan2

wah dari Qatar ya mas :D

 

kalo jalur mana untuk ke Padang saya belom pernah seh cuma kalo wilayah lampung - palembang saya pernah

 

mungkin mas @JangKisok atau @dod

punya info nya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Terima kasih,  salam kenal kembali  :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@esatria

oiya qatar nya dimana nya mas ?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Di Ummsaied

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@esatria

wah boleh dnk mas sharing2 kehidupan atau wisata disana gimana :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Ya, Insha Allah akan saya sharing, lagi ngumpulkan data dulu,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@esatria

ok siap mas 

oiya mungkin mas @Kingson Sagala tau rute yang bagus lewat sumatera neh :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau mau ke padang ya saya kira tidak ada alternativ lain kecuali jalur barat...
tapi itu indah lho satria, di kelok sembilan sudah dibangun jembatan dengan pemandangan malam indah banget coba dech di guggel photo2nya ..saya aja kalau mudik pengen dech jalan2 kesana

 

Saya lebaran ini berencana pulang mudik dari JKT ke Padang lewat jalut darat, kira kira jalur mana yang bagus ditempuh untuk daerah Lampung - Palembang ? jalur Barat, Tengah atau Timur ? Terima kasih,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau mau ke padang ya saya kira tidak ada alternativ lain kecuali jalur barat...

tapi itu indah lho satria, di kelok sembilan sudah dibangun jembatan dengan pemandangan malam indah banget coba dech di guggel photo2nya ..saya aja kalau mudik pengen dech jalan2 kesana

nah ada tambahan dari mba jasmine neh mas @esatria

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0