• 0
Sign in to follow this  
baehaki

Susahnya piknik di jakarta

Question

Kali ini saya mau share tentang pengalaman seorang teman yang pernah kebetulan dan hingga saat ini bekerja di Indonesia Mengajarnya Anies Baswedan. Di situ, kebetulan temen saya itu ditempatkan di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Terdapat beberapa pengalaman menarik yang dia ceritakan. Terlebih orangnya juga suka menulis. Salah satunya adalah mengenai salah satu cara untuk melepas penat, yakni piknik.

 

Sebagai gambaran awal, lokasinya mengajar waktu itu sangat terpencil. Nggak ada itu yang namanya jaringan internet, termasuk juga sinyal handphone. Kalaupun ada, dia harus pergi ke kecamatan. Dan, lagi-lagi itupun terbatas hanya beberapa provider, maaf saya nggak sebut provider apa, takutnya dikira jadi marketing lagi... hehehe.

 

Kembali ke topik pembicaraan, piknik. Melakukan aktivitas yang satu ini sangat amat mudah bagi temen saya itu. Pilihan tempat yang dijadikan sebagai lokasi piknik pun beragam. Dia bisa milih untuk piknik di pantai, piknik di bendungan, sungai atau bahkan air terjun. Hmm, menyenangkan sekali, pikir saya. Terlebih, akses menuju tempat-tempat tersebut pun cukup mudah. Dia tinggal berjalan kaki tak kurang dari 30 menit.

 

Lalu, aktivitas piknik juga nggak repot. Baik dalam hal mengumpulkan teman ataupun makan-makan juga gampang. Tinggal kumpulin ranting serta potong ayam, beres dah. Selanjutnya tinggal makan. Untuk memperoleh air segar, juga nggak repot. Jadi tidak perlu bawa bekal air dari rumah.

 

Nah, waktu kembali dari kegiatan mengajar, menjadi masa-masa yang cukup sulit bagi teman saya itu. Doi harus kembali beradaptasi dengan riwehnya ibukota. Berangkat ke kantong pagi, agar nggak terserang penyakit macet ataupun pulang di malam hari dengan suasana yang tumpek blek di busway merupakan aktivitas yang sangat sulit.

 

Namun, dari sekian banyak kesulitan, teman saya mengaku yang paling susah adalah menyempatkan diri untuk berlibur. Langkah-langkah yang harus dilakukan sangat beragam dan bahkan pada akhirnya harus berujung pada kegagalan. Padahal, kala di NTB, piknik bisa dilakukan setiap hari. Ya, karena itu tadi kemudahannya.

 

Pertama, harus menghubungi teman yang ingin diajak berlibur. Telepon sana-sini, ternyata kadang nggak juga nyambung. Alternatif berikutnya, menghubungi teman via jejaring sosial. Tak berhenti di situ saja, dia juga harus mengingatkan kepada temannya apakah benar-benar bisa datang pada acara piknik yang diadakan.

 

Selanjutnya, mencari lokasi piknik di kota metropolitan seperti Jakarta juga merupakan langkah yang sangat sulit. Untuk yang satu ini, bahkan dia juga harus menunjukkan lokasi tempat piknik melalui jejaring sosial. Riweh kan?

 

Di satu sisi, dia melihat ada fenomena yang berbeda tak jauh dari kosan tempat tinggalnya. Sebagai informasi, teman saya itu ngekos di jalan karet belakang atau yang biasa disebut karbela, belakangnya mall setiabudi.

 

Di situ ada jalan besar yang disampingnya ada rerumputan jepang yang dirawat dengan baik. Uniknya, di sini dijadikan sebagai area piknik oleh para pembantu, babysitter, tukang kebun ataupun supir. Di sana pun aktivitas cukup menyenangkan, seperti bercengkrama santai, bagi-bagi nomor handphone atau bahkan ajang mencari jodoh.

 

Melihat fenomena itu, dia jadi teringat dengan suasana kala masih di NTB. Piknik bukan sebuah kegiatan yang merepotkan. Piknik bisa dilakukan dengan mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Hal inilah yang membuat teman saya itu cukup geleng-geleng.

 

Kota besar seperti jakarta, memang cukup aneh. Padahal, ketika nonton di film-film, sebuah kota besar seperti New York pun mempu memiliki sebuah taman kota berukuran luas yang bisa dijadikan ajang piknik para masyarakatnya. Entah, saya sendiri belum pernah ke NY, tapi ukuran taman kota yang saya liat di film, sangat luas.

 

Lalu apa yang salah dengan taman kota di Jakarta? Kembali lagi ke cerita teman saya yang kebetulan merupakan lulusan arsitek. Dia bilang gini, ketika kuliah dulu ada sebuah postulat desain yang mengungkapkan bahwa "Pengguna tidak pernah salah. Ketika perilaku pengguna tidak sesuai dengan keinginan perancang, maka rancanganlah yang salah". Dalam pandangan teman saya tersebut, taman-taman kota di Jakarta kurang memberikan kenyamanan kepada masyarakat. 

 

Pengalaman saya sendiri di Jakarta sebenarnya terdapat beberapa taman yang enak untuk dibuat nongkrong. Entah apakah definisi nongkrong di sini sama dengan definisi piknik yang dimaksud oleh teman saya itu. Salah satunya yang cukup menjadi favorit saya adalah Taman Suropati. Di sini, cukup sepi, entah karena saya datangnya pada waktu yang emang sepi atau gimana nggak tahu, dan menyenangkan juga. Terlebih akses transportasinya juga cukup mudah. Dulu, waktu di jakarta, tak jarang ketika macet dan lewat dekat taman ini, saya memilih turun dan bersantai di taman. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

4 answers to this question

  • 0

hahah dari judulnya aja "piknik" kayaknya hal yg udah dilupakan di jakarta neh

setau saya kalo sekarang "piknik" bagi warga jakarta di jakarta itu belanja ke mall :P

 

yup, Jakarta adalah kota seribu Mall...

piknik di Jakarta identik dengan jalan2 di Mall...

Okay, intinya sama...

untuk refreshing.

jeleknya, jalan2 di Mall bikin laper mata yang akhirnya kantong jebol...

 

alternative lainnya yaitu mengunjungi museum yang ada di Jakarta atau ke planetarium.

bila ada sodara saya datang ke Jakarta, pasti saya ajak ke kedua tempat itu.

murah-meriah dan menambah wawasan.

namun jeleknya, kemacetan yang selalu menghiasi Jakarta.

membuat kita stres duluan di jalan sebelum nyampe ke lokasi tujuan.

 

bila mempunyai sedikit uang lebih, jalan2 ke ancol/dufan atau ke pulau seribu juga bisa menjadi alternative lainnya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

yup, Jakarta adalah kota seribu Mall...

piknik di Jakarta identik dengan jalan2 di Mall...

Okay, intinya sama...

untuk refreshing.

jeleknya, jalan2 di Mall bikin laper mata yang akhirnya kantong jebol...

 

alternative lainnya yaitu mengunjungi museum yang ada di Jakarta atau ke planetarium.

bila ada sodara saya datang ke Jakarta, pasti saya ajak ke kedua tempat itu.

murah-meriah dan menambah wawasan.

namun jeleknya, kemacetan yang selalu menghiasi Jakarta.

membuat kita stres duluan di jalan sebelum nyampe ke lokasi tujuan.

 

bila mempunyai sedikit uang lebih, jalan2 ke ancol/dufan atau ke pulau seribu juga bisa menjadi alternative lainnya

 

tapi, moga aja taman kota di jakarta bisa bertambah. paling ndak, semakin banyak ruang terbuka hijau semakin baik. bisa buat tempat refreshing yang murah. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

sekarang kalau mau cari tempat yang hijau di jakarta emang susah ya, piknik sendiri udah jarang banget dilakuin, mungkin piknik di atap kayak di china bisa jadi solusi ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Klepon Latif Muchyidin
      Kami menawarkan wisata karimunjawa untuk para traveler maupun backpaker jalan jalan ke karimun untuk menikmati indahnya wisata di bawah laut.
      Untuk informasi bisa chek di website kami www.thekarimunjawa.com
      Tentukan pilihan hargamu
       
      http://thekarimunjawa.com/paket-homestay-karimunjawa-3h2m-kmp-siginjai-pp/
      http://thekarimunjawa.com/paket-hotel-karimunjawa-3h2m-express-bahari-pp/
    • By embong
      Siapa bilang berlibur butuh dana besar? Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi tempat wisata yang banyak dan tidak perlu biaya besar. Mulai dari Pantai, Gunung, atau pun perkotaan, semua bisa menjadi tempat liburan dan hemat biaya. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki waktu berlibur cukup panjang, berikut ini beberapa temapt berlibur yang dapat disambangi ketika akhir pekan dan yang pasti murah!!
      Karimun Jawa
      Tempat wisata ini sudah menjadi Taman Nasional Laut, karena memiliki daya tarik tersendiri dan cocok untuk Wisata Bahari. Panorama laut yang indah bagai telaga warna dengan gugusan kepulauan yang tersebar jauh mata memandang. Air lautnya jernih, hamparan pasir putih pun membentang dikawasan pantainya. Disini masih terdapat satwa langka seperti menjangan, trenggiling, landak, ular edor dan yang paling unik lele tanpa patil.
      Estimasi Biaya: paket penginapan, makan, snorkling, foto-foto (soft data), barberque sebesar Rp 650.000 dan belum termasuk tiket bus ke Jepara.
      Kota Bandung
      Siapa sih yang tidak kenal Bandung? Kota kembang ini sudah terkenal dengan sejuta ciri khas, mulai dari tata kota tua sampai wisata kuliner yang sangat terkenal. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini sudah terkenal keindahannya dari jaman Belanda.
      Estimasi Biaya: Travel PP Rp 180.000, Hotel Rp 300 ribu.
      Kepulauan Seribu
      Pulau Pari, Pulau Peuncang, Pulau Tidung, hanya lah beberapa pulau yang sedang naik daun untuk kawasan kepulauan seribu. Tidak hanya bisa dinikmati sendiri, wisata air pada pulau-pulau ini dapat dikunjungi oleh ‘geng’ berlibur kalian. Karena biasanya, travel agen yang mengatur wisata pulau seribu akan memberikan paket harga murah apabila orang yang ikutan lebih banyak seperti paket wisata pulau pari, paket harga pulau tidung, paket harga pulau harapan, dll. Anda bisa browsing sendiri di Google, banyak sekali penyedia paket tersebut
      Estimasi Biaya: paket penginapan, makan snorkling, bersepeda, barbeque sebesar Rp. 500.000. Namun estimasi tersebut dapat lebih besar tergantung pulau mana yang hendak dikunjungi.
      Yogya
      Berlibur di kota Yogya mungkin pilihan yang tidak kalah menarik. Namun bagi yang hendak berlibur di kota keraton ini harus menyiapkan transportasi yang memadai karena jika dibandingkan dengan naik kendaraan umum, biayanya cukup mahal. Dan perlu direncanakan dari jauh-jauh hari destinasi wisata ketika disana.
      Estimasi Biaya: Kereta PP Rp 600 ribu, hotel Rp 300 ribu, untuk kuliner tidak perlu repot karena banyak tempat makan murah meriah.
      Surabaya
      Liburan di kota pahlawan, Surabaya? Mengapa tidak. Surabaya cukup menjanjikan wisata kota yang unik. Salah satu tujuan dalam kotanya adalah musem kapal selam, dimana pengunjung dapat melihat isi daleman kapal selam Indonesia jaman dulu. Atau pun main-main ke museum pun tak jadi masalah, mengingat kota ini menyimpan banyak sejarah pahlawan Indonesia.
      Estimasi Biaya: Bus PP Rp. 440 ribu, penginapan Rp200 ribu atau dapat menyewa apartemen sekitar 1 jutaan yang dapat dibagi empat atau enam dengan teman berlibur. Untuk makanan, banyak cafe murah seperti cafesera, atau pun makanan pinggir jalan yang mantap.

    • By Bima TourTravel
      PROMO HARI RAYA IDUL FITRI LIBURAN KE PULAU PAHAWANG LAMPUNG 
      Tanggal Keberangkatan : 
      • 28 - 30 JUNI 2017
      • 29 JUNI - 1 JULI 2017
      PRICE : 475.000 / PAX
      Include :
      - Tiket kapal Ferry PP pel. Merak - Bakauheuni – Merak
      - Mobil PP Pel Bakauheuni - Dermaga Ketapang - Bakauheuni(Avanza/APV/ElF)
      - Makan 4x
      - Explore pulau (Maitem, Tegal, Tanjung Putus, Kelagian, Pahawang besar dan kecil)
      - Penginapan Homestay
      - Sewa Kapal keliling sekitar pulau Pahawang
      Exclude :
      - Sewa Alat Snorkling + Life Jaket 2 hari (Rp.80.000)
      MEETING POINT : PELABUHAN MERAK
      JADWAL
      HARI PERTAMA
      22.00 - 23.50 WIB : Meeting point Pelabuhan Merak (depan Indomaret)
      22.31 - 04.00 WIB : naik kapal ferry menuju Pelabuhan Bakauheni
      HARI KEDUA
      04.00 - 05.00 WIB : tiba di Pelabuhan Bakauheni kita Istirahat dan sholat Shubuh dulu
      05.00 - 09.00 WIB : Perjalanan ke Dermaga Ketapang dengan mobil APV/AVANZA/ELF yang sudah nunggu
      09.00 - 10.00 WIB : Sarapan di Dermaga Ketapang, persiapan basah-basahan
      10.00 - 11.00 WIB : Perjalanan Exploring Pulau MAITEM
      11.00 - 13.00 WIB : Lanjut Exploring Pulau Tegal
      15.00 - 18.00 WIB : Perjalanan Exploring Pulau Kelagian menunggu sunset .
      19.00 - 22.00 WIB : Makan malam, bbq, ngopi bareng,Pelepasan Lampion, modus barengan
      20.00 - 05.00 WIB : Istirahat bobo yang nyenyak
      HARI KETIGA
      05.00 - 06.00 WIB : Hunting Sunsrise
      06.00 - 07.00 WIB : Sarapan Pagi
      07.00 - 11.00 WIB : Exploring Pulau Pahawang Kecil,besar, dan Tanjung Putus
      12.00 - 13.00 WIB : Kembali ke homestay, packing persiapan pulang
      13.00 - 14.00 WIB : Menuju Pusat oleh-oleh yenyen
      14.00 - 17.00 WIB : Perjalanan menuju Pelabuhan Bakaheuni
      18.00 - 20.00 WIB : Perjalanan Menuju Bakauheuni - Merak
      20.00 - end WIB : sayonara para backpacker see you next trip
      Informasi & pendaftaran, segera hubungi
      Bima TourTravel
      Contact Person:
      Call/Whatsapp: 081380796096
      Pin BB : 2A568A6D
      Line Official : @bimatourtravel
      Website : www.bimatourandtravel.com
      Fanspage : @bimatourandtravel.com
      Twitter : @BimaTourTravel
      Email ke: bimatourtravel [at] yahoo [dot] com

    • By infoana
      Kali ini aku ingin mengimbuhkan tips berkenaan hal apa yang perlu diperhatikan disaat ingin liburan. Mungkin ini hal sepele, tetapi bisa saja membantu kalian terhadap waktu liburan. Nah segera review aja deh!

      1. Buat Perencanaan Awal
      Rencana awal adalah faktor terpenting. Mulai dari tanggal keberangkatan, waktu Kuys di wilayah wisata,dan sampai liburan berakhir. Rencanakan seluruh perjalanan Kuys; memanfaatkan jasa transportasi yang bagaimanakah untuk menuju wilayah wisata, apa-apa saja yang bakal Kuys laksanakan di wilayah wisata, apa-apa saja yang ingin Kuys membeli di perjalanan wisata, dan lain-lain. Dengan ada perencanaan di awal, bakal miliki list-to-do, agar keuangan Kuys lebih ringan diatur selama berwisata.
      2. Tentukan Tanggalnya
      Kapan perlu untuk berlibur dan pergi ke suatu tempat, adalah awal perencanaan yang perlu dilakukan. Mengapa? Dengan berencana tanggal keberangkatan, Kuys bisa menyesuaikan jadwal cuti kantor atau jadwal liburan sekolah/kuliah agar rancangan untuk jalan-jalan tidak mepet. Kuys terhitung bisa mengukur keuangan dan menyimpan sedikit duit untuk bekal berlibur nantinya. Kuys terhitung mempunyai waktu untuk mengecek harga trasportasi, baik darat, laut maupun udara.
      3. Tentukan Jumlah Orang Yang Akan Pergi Berlibur
      Yap. Ini adalah faktor yang sangat penting. Dengan sadar jumlah orang yang bakal berlibur dengan Kuys, Kuys bakal lebih bijak di dalam memilih layanan liburan nantinya, seperti transportasi, kamar hotel, dan lainnya.
      4. Tentukan Alat Transportasi Dengan Bijak
      Alat transportasi merupakan faktor penting untuk mensiasati pengeluaran untuk liburan. Jika daerah yang ingin Kuys tuju tetap belum tergolong jauh dan Kuys miliki layanan mobil pribadi, usahakan memanfaatkan mobil pribadi. Karena Kuys tidak membutuhkan ongkos jasa antar kepada penyedia jasa transportasi untuk menuju daerah yang Kuys tuju.
      Jika Kuys ingin jasa transportasi baik darat, laut, maupun hawa untuk menuju wilayah wisata, silahkan memilih penyedia jasa transportasi yang tawarkan harga paling tidak mahal dengan kualitas bagus dan nyaman untuk perjalanan Kuys. Usahakan untuk tidak belanja di dalam kondisi udah mendekati hari keberangkatan.
      5. Meminimalisir Barang Bawaan Anda
      Barang bawaan yang sangat banyak bakal meningkatkan pengeluaran anda selama liburan. Sebagai contoh, jikalau Kuys memilih transportasi udara, Kuys bakal dikenakan ongkos tambahan jikalau anda mempunyai barang bawaan sangat banyak. Belum ulang nanti, sampai daerah tujuan, Kuys bakal repot untuk menenteng atau menyimpan barang bawaan. So, bawa barang seperlunya saja ya Kuys! 
      6. Pilih Tempat Penginapan Anda Secara Bijak
      Tempat penginapan ada di dalam banyak pilihan, baik yang mewah maupun yang sederhana. Sesuaikan keuangan Kuys di dalam memilih daerah penginapan. Jika sebenarnya miliki budget yang minim untuk liburan, cobalah pastikan apakah ada rekan atau sanak saudara di daerah target wisata infoana. Jika ada, menginaplah di daerah mereka untuk meminimalisir pengeluaran selama berwisata.
      Jika sebenarnya Kuys ingin menginap di Hotel, carilah referensi di dalam mereservasi hotel. Temukan cara untuk meraih harga hotel dengan harga yang lebih murah. Contohnya, Kuys bisa mereservasi melalu jasa internet yang tawarkan harga lebih murah. Dan untuk kelas hotel, seluruh terkait keinginan Kuys pastinya.
      7. Pastikan Untuk Tetap Dalam Rencana Awal
      Seperti udah dikatakan sebelumnya. Rencana awal berlibur adalah sangat penting. Apa yang Kuys ingin menikmati di dalam liburan, apa yang dibutuhkan, dan apa yang bakal dibawa pulang adalah hal-hal yang penting. So, usahakanlah selalu di dalam rancangan awal. Karena, jikalau Kuys sangat banyak laksanakan suatu hal diluar rancangan awal, Kuys bakal mengeluarkan duit dengan lebih banyak untuk hal tak terduga. Juga menjauhi sangat banyak belanja barang yang pada mulanya tidak ada di dalam list belanja.
      8. Pastikan Anda Tetap Sehat Selama Liburan Anda
      Menjaga kesehatan selama liburan sebenarnya sangatlah penting. Hindari kegiatan yang sebabkan Kuys sangat letih. Jika waktu liburan, Kuys jatuh sakit, maka ongkos tak terduga pun perlu Kuys keluarkan untuk berobat.
      Jika Kuys miliki suatu penyakit tertentu, konsultasikan terutama dahulu kepada dokter sebelum keberangkatan. Sehingga Kuys bisa menyiapkan obat-obatan yang mungkin diperlukan sebelum berwisata. Kuys tak perlu repot-repot ulang untuk mencari obat.
      Nah itulah tips untuk bisa berwisata hemat. Pastikan liburan Kuys mengasyikkan ya. Karena berwisata ke suatu daerah bisa menghilangkan kejenuhan atas formalitas sehari-hari. Selamat mencoba!  
    • By Marilyn Dewi
      Cari temen yang mau ke korea awal juni 2017
      Rencana ambil tiket tggl 1-4 juni 2017 (kamis-minggu)
      Ketemuan langsung di Incheon
      Ada yang mauvbareng? Ato kebetulan ada rencana ke korea juga tanggal segituan?
      Kontek line : marinrinrinn
      Thankyou ^^
    • By jejakmiracleadventure
      open trip 2017
      http://www.jejakmiracleadventure.com/open-trip-2017/
       
       
       

    • By citrariana
      Ada apa di Pekanbaru? Banyak kok. Ini buktinya :
      Desa Okura

       
      Desa ini dinobatkan menjadi desa wisata sejak 2010. Suasana tradisional masih dipertahankan. Terbukti dengan adanya beberapa rumah panggung di tepi Sungai Siak. Selain itu pengobatan tradisional masih populer digunakan. Masyarakat pun masih menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi. Salah satu tradisi unik di desa ini adalah Silat Pangean yang masih bisa dinikmati oleh pengunjung. Ada tidak akan bosan di sana. Ada berbagai paket wisata yang di tawarkan seperti bersepeda di kebun sagu, berkuda, susur sungai, naik sampan, dan menikmati wisata budaya.
      Sungai Kampar

      Sungguh Indonesia sangatlah unik. Termasuk wisatanya. Contohnya di Sungai Kampar. Namanya adalah gelombang bono. Gelombang ini menyerupai gelombang yang ada di pantai. Tingginya mencapai 6 m dan panjang gelombang mencapai 300 m. Di sungai ini pengunjung dapat berselancar menantang ombak. Sungai Kampar telah terkenal hingga luar negeri terbukti dengan banyaknya peselancar dunia yang berniat mencoba ombak yang menantang ini. Menurut peselancar, tidak mudah menahlukkan gelombang bono. Gelombangnya cepat, karakternya tidak terduga dan panjang. Selain itu, cukup sulit untuk mengambang di sungai ini mengingat sungai ini adalah sungai air tawar.
      Masjid Agung An-Nur

      Dibangun pada tahun 1963, masjid ini salah satu yang tertua di Pekanbaru. Arsitekturnya yang unik merupakan perpaduan dari Turki, Arab, India, dan Melayu. Arsitektur masjid ini sering disamakan dengan Taj Mahal. Masjid ini telah menjadi landmark Provinsi Riau. Anda akan merasakan kemegahan masjid ini bahkan sebelum Anda memasuki masjid.
      Dekranasda

      Tidak lengkap rasanya bila pulang dari liburan tidak membawa oleh-oleh. Maka datanglah ke Dekranasda.Berlokasi di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian, tempat ini merupakan pusatnya oleh-oleh Riau. Menjual berbagai macam batik Riau, kain tenun, kain songket, busana melayu, dan berbagai kerajinan dari kayu. Pastinya Anda tak perlu khawatir dengan harga.
      Sop Tunjang

      Kuliner merupakan salah satu tujuan wisatawan. Pekanbaru pun tak mau kalah dengan menyuguhkan kuliner yang lenzat dan membuat Anda rindu untuk kembali. Salah satu makanan khas di sana adalah sop tanjung. Salah satu yang paling lezat berapa di kawasan Gor Tri Buana Jalan Diponegoro. Masakan yang terbuat dari tulang sapi yang direbus hingga menjadi sop dengan rasa yang sangat gurih. Perpaduan bumbu yang dipilih membuat sop ini semakin nikmat dinikmati bahkan saat Anda merasa kenyang.
      Apa hanya itu? Tentu tidak. Masih ada wisata lain seperti Riau Fantasi, Kebun Binatang Sang Kulim, Danau Buatan Lembah Sari, Rekreasi Alam Mayang, Istana Siak, Pasar Bawah, Air Terjun Aek Martua, dan masih banyak lagi. Tunggu apa lagi? Yuk segera siapkan liburan Anda ke Pekanbaru.