Sign in to follow this  
Jalan2

Menengok Perkampungan Prancis di Korea Selatan

7 posts in this topic

Petite France merupakan tempat wisata yang menyuguhkan suasana perkampungan Prancis yang membuka salah satu cabangnya di Korea Selatan. Setelah menempuh perjalanan 10 km di sepanjang jalan tepi danau dari Dam Cheongpyeong, ke arah Namiseom Island, Anda akan menemukan sekelompok bangunan eksotis berwarna putih bertengger kokoh di lereng bukit. Dari penampilan luar, Anda akan seperti melihat desa-desa yang ada di pantai Mediterania atau di daerah pastoral Alpen Piedmont.

 

Perkampungan ini merupakan sebuah desa budaya Perancis yang terletak di perkampungan Korea. Tempat ini berfungsi sebagai desa budaya Prancis dan fasilitas pelatihan pemuda (Youth Center Goseong Training), yang terdiri dari 16 bangunan bergaya Perancis. Para pengunjung akan disuguhkan pengalaman menyusuri suasana perkampungan Prancis, mengenal pakaian tradisionalnya, budaya rumah tangga, juga mencicipi berbagai kudapan asal negara tersebut seperti Churos dengan taburan gula.

 

Konsep dari Petite France ini merangkum 'bunga, bintang, dan Little Prince.' Desa ini berisi aula peringatan yang didedikasikan untuk Saint-Exupery, penulis novel Perancis terkenal, Le Petit Prince (1943) dan karena itu jugalah maka tema desa ini mengusung ‘Little Prince’. Di Petite France Anda bisa menikmati sebuah galeri yang menampilkan patung dan lukisan le coq gaulois (ayam jantan Galia), simbol nasional Perancis. Selain itu juga ada toko souvenir yang memajang berbagai macam boneka-boneka tradisional khas Prancis yang sangat lucu dengan baju renda yang manis. Sebagian boneka tersebut dapat Anda beli karena jika teliti maka terlihat ada harga yang tercantum pada boneka tersebut.

 

post-1-0-17543500-1359716582_thumb.jpg

 

 Selain itu juga terdapat Gedung Orgel di mana terdapat kotak musik berumur 200 tahun yang telah mengalunkan melodi-melodi indah. Ada banyak ruangan yang digunakan di Petote France ini. Terdapat Exhibition hall yang biasanya digunakan untuk pameran, Saint-Exupery Memorial Hall, Grand Theater untuk pertunjukan teater yang besar, juga Small Theater untuk pertunjukan yang lebih kecil. Observatory juga dapat Anda temui di sini. Yang paling banyak ialah spot foto yang memang disediakan bagi para wisatawan untuk mengabadikan pengalaman mereka.

 

Jika Anda sudah lelah berkeliling dan menikmati interior perkampungan Petite France, Anda bisa santai sejenak sambil menikmati segelas kopi atau cokelat hangat ditemani sepotong Churos di café yang terdapat di dalam lokasi. Harganya memang cukup mahal namun rasanya tidak terlalu mengecewakan. Lagipula kesempatan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan dengan suasana perkampungan Prancis bisa jadi merupakan pengalaman langka yang hanya bisa Anda rasakan sesekali saja.

 

Perkampungan Petite France ini dapat menampung hingga 200 pengunjung dengan 34 kamar yang masing-masing bisa diisi empat hingga sepuluh orang. Jangan lewatkan untuk menikmati pengalaman marionette dan mendengar instrumen perkusi dari seluruh dunia, dan juga menikmati pengalaman gelembung sabun. Tempat ini mulai buka dari pukul 09:00 hingga 18:00.

 

Jika Anda pecinta setia drama-drama Korea ataupun variety show-nya, maka Anda pasti tidak asing dengan tempat ini. Selain dijadikan sebagai lokasi syuting drama Beethoven Virus, tempat ini juga dijadikan lokasi syuting untuk acara variety show seperti Running Man. Ada salah satu pojok yang memajang dokumentasi saat proses syuting tersebut berlangsung. Pojokan ini menjadi tempat favorit bagi para pecinta drama Korea untuk mengabadikan foto.

 

post-1-0-04599000-1359716589_thumb.jpg

 

Tempat indah dan klasik ini sudah pasti memiliki banyak spot-spot cantik untuk mengambil foto. Letaknya yang berada di lereng pun memberikan udara yang dingin dan sejuk. Untuk harga masuk ke perkampungan Prancis ini terdapat harga yang bervariasi. Bisa dihitung secara perseorangan maupun grup. Untuk grup biasanya harga per seorangan biasa jauh lebih muran hingga 1000-2000 won.  Minimal jumlah dalam satu grup ialah 20 orang.

 

Untuk Dewasa dikenakan biaya sebesar 8.000 won sedangkan untuk grup hanya 6.000 won. Untuk anak muda dikenakan 6.000 won sedangkan jika datang bersama grup dikenakan biaya 5.000 won. Untuk anak-anak mereka harus membayar 5.000 won sedangkan dalam grup hanya 4.000 won saja. Ketika Anda mendapatkan karcis masuk, biasanya aka nada cenderamata berupa pulpen bergambar Petite France yang diberikan secara Cuma-Cuma kepada pengunjung.

 

Untuk mencapai Petite France sendiri, Anda bisa berangkat dari Dong Seoul Bus Terminal atau Sangbong Bus Terminal. Kemudian naik bus intercity menuju Cheongpyeong Terminal. Dari Cheongpyong Terminal kemudian pilih bus kota yang menuju Goseong-ri. Perjalanan menggunakan Bus kota ini memakan waktu sekitar 15 menit dan berkangkat pada waktu berikut:  06:30, 09:00, 10:30, 11:30, 14:20, 15:20, 17:30, 19:30.

Jika tidak ingin repot, Anda juga bisa minta dipesankan taksi di loket pembelian karcis. Biasanya untuk tujuan stasiun Anda harus membayar di awal karena harganya sudah ditetapkan, jadi tidak lagi diberlakukan argo. Setelah memesan taksi, Anda akan diberikan kertas yang berisi nomor plat mobil taksi Anda. Namun karena memang letaknya yang lumayan jauh, butuh waktu yang agak lama untuk menunggu taksi ini sampai dan mengangkut anda menuju stasiun.

 

post-1-0-97287000-1359716595_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, nice info Om Admin...kebetulan saya juga baru tahu kalau di Korea ada perkampungan Prancis. jadi kalau travelling kesana bisa sekalian mengenal budaya orang Prancis juga  :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this