AB. Harta

Tips Tatakrama Di China, ikuti gan biar aman!!

5 posts in this topic

China sekarang ini telah menjadi negara modern, bangunan-bangunan tinggi pencakar langit, fasilitas modern, alat-alat canggih, serta industry berdiri di seluruh daratan cina. Namun begitu , China masih memegang teguh tradisi. Menunjukan bahwa anda respek dengan hal-hal local akan membuat perjalanan anda lebih berkesan tentunya. Ini ada beberapa tips dimana anda boleh ‘do’ atau ‘don’t.

 

Tatakrama merupakan adat timur, China sendiri banyak membawa budaya tatakramanya ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indoensia. Banyak kesamaan mengenai tatakrama di China dengan di Indoensia, namun ada beberapa hal yang unik yang dilakukan atau tidak boleh dilakukan oleh anda sebagai turis yang sedang berkunjung ke China.

 

Apa yang sebaiknya anda lakukan ?

 

-Ketika masuk ke rumah seseorang, bertamu, anda lepaskan sepatu anda tanpa disuruh. Ini lumrah di lakukan, apalagi bila anda pergi ke tempat-tempat suci di Chinese.

 

- Ketika berpapasan dengan seseorang yang tua di jalan, sapalah dengan senyuman atau berkata 'hallo' ini menunjukan respek anda terhadap masyarakat China, mereka akan sangat senang sekali.

 

-Jangan pernah menunjuk untuk showing something. Hal ini sangat tidak sopan dilakukan, maka anda sebaiknya menggunakan tangan anda untuk menunjukan sesuatu kepada seseorang.

 

-Bila anda memberikan sesuatu kepada seorang Chinese, gunakan kedua tangan anda. Ini menunjukan bahwa anda tulus memberikan hal tersebut.

 

- Ketika menerima gift dari seseorang, sebaiknya anda membuka gift tersebut nanti, alasannya adalah bila anda membuka saat itu juga, anda adalah orang yang rakus, perhatikan hal ini.

 

- Di China, para turis bule sering sekali didatangi oleh orang lokal, seperti orang indonesia saja bukan ? Mereka biasanya bertanya untuk melancarkan bahasa inggris mereka.

 

- Bila ditawari berbagai macam makanan dan minuman ketika anda berkunjung ke rumah seseorang, anda harus mencoba semuanya. Bagi yang muslim, hati-hati karena alkohol pun harus anda mimun demi menunjukan respek anda kepada si empunya rumah , sebaiknya anda bilang dari awal bila anda tidak minum. Anda akan dikira tidak sopan bila ditawari dan anda tidak mau.

 

-  Saat anda toss/ cheers maka usahakan posisi gelas anda berada di bawah orang yang dituakan, karena orang yang dituakan ingin gelasnya lebih tinggi.

 

-Saat anda memiliki masalah dengan petugas, anda harus keep calm. Mereka tidak akan peduli dengan kemarahan anda, yang ada mereka hanya akan mempermalukan anda dengan ketidakpedulian mereka, alhasil anda akan sangat malu.

 

-  ketika makan, habiskan semua nasi yang tersisa di mangkuk anda, atau anda akan terkena sial. Hal ini merupakan mitos yang berkembang di masyarakat China.

 

-Ketika mengobrol dan tidak ada lagi bahan obrolan, sebaiknya anda mengatakan bahwa anda sangat menyukai Yao Ming atau artis kenamaan China lainnya, mereka sangat suka bila negara mereka dipuji.

 

- masyakarat China juga adalah orang yang tepat waktu, hati-hati bagi orang indonesia yang suka ngaret, atau anda tidak akan dipercaya lagi seumur hidup anda.

 

Apa yang sebaiknya tidak dilakukan ?

 

- Jangan pernah tulis apa-apa dengan tinta merah kecuali anda sedang mengoreksi ujian. Bila anda menulis sesuatu dengan tinta merah artinya anda mengajak berdebat atau protes akan sesuatu.

 

-Menunjuk memakai kaki, ini sangat tidak sopan. Jangankan di China, Indoensia sekalipun hal ini tidak sopan

 

- Menggoayang-goyangkan kaki, hal ini dipercaya bisa menarik kesialan untuk adna.

 

- Jangan pernah menyentuh kepala seseorang, sama halnya dengna Indonesia bila anda menyentuh kepala seseorang, anda tidak sopa dan jangan heran bila anda dimarahi.

 

- Memberikan jam saat ulang tahun atau berbagai kesempatan. Kesan yang didapat ketika orang mendapatkan Jam adalah  anda mendoakan cepat meninggal atau mendoakan seseorang kalah dalam bisnis.

 

- Bagi orang luar, jangan pernah sekali-kali membahas masalah politis, apalagi anda membahas mengenai pemimpin mereka.Apalagi anda menghina Mao Tse Dong, mereka tidak akan respek.

 

-Bermesraan didepan umum adalah dilarang.

 

-Bila ditanya sudah menikah atua belum, jawab sejujurnya. Bila anda umurnya lebih dari 30 dan belum menikah , orang-orang akan mendoakan anda cepat menikah. Hal ini mirip dengan indonesia, dimana anda akan ditanya " kapan nikah? " bila anda bertemu seseorang dan umur anda sudah berkepala 3.

 

-  Jangan melihat dan memperhatikan suatu objek secara terus-menerus, lama-lama orang yang memiliki objek tersebut akan memberikan benda itu kepada anda karena anda dipikiriannya lebih membutuhkan benda itu.

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalau yang saya tau sih, kalau ke China, kita harus sabar, karena orang-orang sana gampang marah-marah. Kalau yang ke rumah orang, setau saya sih orang chinese itu dimana-mana tetap menggunakan alas kaki, agak aneh malah rasanya kalau kita lepas alas kaki. Setau saya sih kalau benar-benar kita tidak pakai alas kaki terus jalan, nanti mereka malah menganggap kita kaya orang dari kampung gitu. Malahan orang-orang di kampung sana aja kemana-mana pakai alas kaki.

Yang bermesraan di jalan juga kalau kata teman-teman saya yang di sana sih katanya dimana2 ada aja tuh orang2 bermesraan wkwk. Tapi memang kalau kita bermesraan di tengah jalan ya jadi gunjingan juga. Intinya sih berperilaku sopan aja deh, jangan aneh2.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now