baehaki

Pulau Kangean, Surga Snorkeling di Kawasan Madura, Jawa Timur

17 posts in this topic

Pulau Kangean, mungkin tempat yang satu ini kurang dikenal, termasuk saya. Namun, kebetulan karena punya tetangga yang berasal dari sana, saya pun sedikit tahu mengenai tempat ini. Dan, ternyata Pulau Kangean ini memiliki pemandangan yang cukup bagus juga.

 

Sebenarnya di mana posisi Pulau Kangean? Pulau Kangean ini berada di gugusan pulau yang bernama Kepulauan Kangean. Jadi, kalau Jakarta punya Kepulauan Seribu, Jawa Tengah punya Kepulauan Karimunjawa, maka Jawa Timur memiliki Kepulauan Kangean.

 

kangean-map.jpg

 

Pulau ini meskipun berada di wilayah Jawa Timur, bahasa yang digunakan bukanlah bahaja Jawa. Mereka memiliki bahasa tersendiri, dan juga bukan bahasa Madura. Kepulauan ini memang berada di sebelah timur Pulau Madura, namun sebenarnya lebih dekat dengan Pulau Bali.

 

Lalu, bagaimana cara menempuh pulau yang satu ini? Sayangnya, kita nggak bisa menjangkaunya dari Pulau Bali. Jadi, kita harus masuk ke Pulau Madura terlebih dahulu dan selanjutnya menuju Kangean. Untungnya, sekarang bisa memanfaatkan jembatan Suramadu untuk sampai di Madura.

 

Kalau tidak membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan bus umum yang ada di Terminal Bungurasih, Surabaya menuju Terminal Sumenep. Di sini, untuk naik bus ekonomi, biayanya sebesar 32 ribu, sedangkan kalau ingin naik bus patas AC, Anda harus bayar uang sebesar 42 ribu. Oh iya, kalau siang hari bus ekonomi nggak lewat Jembatan Suramadu, tapi pake kapal. Jadi lebih lama. So, mending naik Patas AC aja, toh selisihnya nggak terlalu jauh.

 

Nah, mungkin ini bisa menjawab paling mengenai tempat wisata yang ada di Pulau Madura. Meskipun itu nggak di Pulau Maduranya sendiri, :). Dan, meskipun Kepulauan ini berada di wilayah Kabupaten Sumenep, tapi jangan salah. Orang-orang di sini tidak mau menyebut dirinya orang Madura. Mereka lebih memilih disebut sebagai orang Kangean. Bahkan bahasa yang digunakan pun berbeda, bukan bahasa Madura ataupun bahasa Jawa.

 

 

Sesampainya di Madura, tepatnya di Terminal Sumenep, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Kalianget, dari sini bisa naik ojek ataupun angkutan umum. Nah, dari Kalianget, perjalanan ke Pelabuhan Batu Gulok Kangean. Jarak antara Sumenep dengan pelabuhan Batu Gulok Kangean cukup jauh, sekitar 100 kilometer. Jarak ini biasanya ditempuh selama 11 hingga 12 jam perjalanan jika menggunakan kapal feri. kalau ingin cepat, bisa menggunakan kapal ekspress yang hanya memakan waktu 3.5 jam. Kapal Feri dibanderol sebesar 60 ribu. Sedangkan kapal cepat ditawarkan dengan harga 150 ribu.

 

Secara keseluruhan, Kepulauan Kangean memiliki pulau sebanyak sekitar 60 pulau. Di antara pulau-pulau tersebut, Pulau Sapeken merupakan yang paling padat. Kawasan kepulauan ini juga menjadi lahan eksplorasi minyak oleh beberapa perusahaan migas. 

 

7411209316_f50b08d3c1_z.jpg

 

Pulau Kangean

 

Selanjutnya, Pulau Kangean merupakan lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk diving. Di sini, airnya sangat jernih dengan pantai yang berpasir putih. Snorkeling di Pulau Kangean pun menjadi kegiatan yang menarik.

 

Pulau Saebus

 

Pulau Saebus juga menjadi spot yang menarik bagi yang ingin menikmati keindahan pantai. Pantai berpasir putih, serta laut yang jernih membuat pulau ini juga bisa dijadikan sebagai spot snorkeling.

 

Pulau Gusung / Gosong

 

Nah, ini pulau memiliki pantai yang unik. Pasirnya bukan pasir putih, melainkan campuran antara pasir merah dengan pasir putih, namun lebih dominan warna merah. Di sini kebanyakan menjadi tempat favorit para pecinta kegiatan snorkeling. Kenapa? Karena pulau ini memiliki terumbu karang yang menjadi kerajaan ikan nemo. Nggak tau ikan nemo? silakan liat film finding nemo... :D

 

kangean-underwater-15.jpg

 

Selain itu, sebenarnya banyak pulau-pulau lain yang bisa disinggahi dan menawarkan pemandangan tak kalah bagusnya. Seperti Pulau Salarangan, Pulau Saur, Pulau Sepangkur, Pulau Bungin dan lain-lain. Dijamin, bakal puas dah bagi jalan2ers yang suka jalan-jalan ke pantaiii...

 

Oh iya, kalau ingin snorkeling di Pulau Kangean, jangan mengharapkan ada tempat yang menyewakan peralatan snorkeling. Jadi, kita harus bawa peralatan snorkeling sendiri. So, dengan kondisi seperti itu, tentu saja pulau-pulau ini masih belum banyak dijamah oleh tangan-tangan manusia yang suka usil... :D

 

Selain itu, sebelum sampai ke Kepulaun Kangean, ada baiknya membawa uang tunai. Karena di sana nggak bakal ada yang namanya ATM. Kalaupun ada, itupun hanya Bank Jatim. Emang bisa sih kalau ngambil dari ATM Bank Jatim, karena kalau nggak salah termasuk dalam jaringan ATM bersama juga. Tapi ya itu, setiap ambilnya bayar 5 ribu perak.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Bus dari Terminal Bungurasih SBY menuju Terminal Sumenep paling malem dan paling pagi jam berapa yak???

Thanks inphonya...

Rencana Mei menuju TKP nehhh....

:salut

 

penginapannya di sana gimana.....tempat makan juga....

cc @baehaki

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now