honeybee

Taman Nasional Gunung Baluran: Ada Afrika di Pulau Jawa

12 posts in this topic

Salah satu tempat yang belom kesampean dikunjungi nih :D

Namanya Taman Nasional Gunung Baluran. Ada yang udah pernah?

Letaknya di kecamatan Banyuputih, Situbondo. Pintu masuknya didekat jalur pantura Jawa-Bali. Jadi tampaknya sih cukup mudah dijangkau.

Ada beberapa hal yang menarik di sini, diantaranya evergreen forest, hutan yang tetap hijau walaupun di musim kemarau. Evergreen ini membentang sepanjang 5 km dari pintu gerbang masuk. Selanjutnya kita bakal menemukan savana yang luas, suasananya jadi seperti di Afrika yang di tipi itu :D. Ada menaranya juga, khusus buat melihat binatang liar dari ketinggian. Kalo mau liat hewan-hewan di savana ini, waktu terbaiknya sih musim kemarau katanya.

post-3-0-47847400-1349673385_thumb.jpg

post-3-0-68759200-1349673409_thumb.jpg

Di musim kemarau, hewan pemakan rumput seperti Banteng dan Rusa sulit menemukan tempat minum di dalam hutan. Jadi biasanya hewan-hewan ini datang bergerombol ke kubangan yang memang sudah disediakan di kawasan savana. So, bisa liat langsung aktivitas mereka. Di Taman Nasional ini juga ada sebuah gunung non aktif, namanya Gunung Baluran. Bukan termasuk gunung besar sih.

Hal lain yang menarik dari Taman Nasional ini adalah pantainya. Namanya pantai Bama. Di sekitarnya ada hutan bakau. Di kawasan pantai ini katanya ada tempat menginap. Pengunjung yang datang ke sini bisa melihat monyet-monyet yang sering berkeliaran.

Yang udah ke sini, boleh share infonya atau foto-fotonya dong? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

blm pernah kesini, kelihatannya menarik buat liat hewan bebas di tempat yang luas dibanding dengan hewan di kebun binatang yang dikurung terus.

Tapi sayang jauh dan kayanya belum terkenal kaya ujungkulon.

Share this post


Link to post
Share on other sites

sering ngeliat referensinya sih di TV, kalo bisa dibilang memang mirip banget dengan di afrika, untuk padang savananya.....

menurut saya wisata di indonesia tidak kalah dengan wisata diluar negri......

asal pengelolaannya saja yang benar dan bertanggung jawab maka akan menjadi aset negeri ini......mungkin ini salah satunya....yang belum lama terdengar oleh public

Share this post


Link to post
Share on other sites

sering ngeliat referensinya sih di TV, kalo bisa dibilang memang mirip banget dengan di afrika, untuk padang savananya.....

menurut saya wisata di indonesia tidak kalah dengan wisata diluar negri......

asal pengelolaannya saja yang benar dan bertanggung jawab maka akan menjadi aset negeri ini......mungkin ini salah satunya....yang belum lama terdengar oleh public

iya nihhh......... pemeliharan akan kawasan wisata atau apapun itu di Indonesia memamg masi sangat kurang yaaaa........ bisanya cuma menguras hasil2 alamnya untuk kepentingan pribadi dan golongannya aja :(

semoga kita masih bisa menkmati keindahan dan kekayaan alam di Indonesia seterusnya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

sering ngeliat referensinya sih di TV, kalo bisa dibilang memang mirip banget dengan di afrika, untuk padang savananya.....

menurut saya wisata di indonesia tidak kalah dengan wisata diluar negri......

asal pengelolaannya saja yang benar dan bertanggung jawab maka akan menjadi aset negeri ini......mungkin ini salah satunya....yang belum lama terdengar oleh public

saya stuju pendapat mas ini. saya liat2 banyak referensi jalan2 di luar negeri, tapi di negara kita juga ada. cuma buat saya bukan masalah tema nya. tema boleh sama, tapi bagaimana kita bikin liburan supaya memorabel dan memiliki kesan tersendiri di setiap tempat.

Share this post


Link to post
Share on other sites

yg bener TAMAN NASIONAL BALURAN pintu masuk terletak persis di tikungan desa wonorejo, jalur utama surabaya-banyuwangi. kunjungan terbaik di musim kemarau,.selain tdk becek dimusim kemarau keberadaan hewan liar relatif gmpg d temui. etc: ayam hutan, kijang, merak dan lutung jawa. Jangan berharap ketemu banteng ya coz hewan ini pemalu/sensitif dan populasi na mendekati punah

Share this post


Link to post
Share on other sites

Waa.. nampaknya menarik bgt tuh..
Ada yg sudah pernah kesana?
Gimana caranya kesana nihh low misal dari malang/surabaya?
Masuk bayar berapa n perlu izin perhutani ga?
dll

Share this post


Link to post
Share on other sites

ini buwat kawan-kawan yang mau menuju Taman Nasional Baluran:
kalo naek angkutan umum,
--> dari Surabaya : bisa naek bus jurusan Banyuwangi via jalur utara minta turun di pertigaan ds. Wonorejo-Situbondo persis di depan pintu gerbang Taman nasional. (untuk harga saia kurang tahu sekarang mungkin kisaran 50rb).

Gerbang utama Taman Nasional Baluran terletak di Jalan Raya Banyuwangi-Situbondo, Km 35,Wonorejo, Banyuputih, 68374
Kabupaten Situbondo.Tiket masuk Rp. 2.500,- untuk setiap orang, 3rb untuk motor dan 5rb umtuk mobil. sangatlah murah untuk menikmati eksotisme alam yang begitu lengkap. Kawasan taman nasional ini memang lumayan panjang alias jauh untuk sampai pos Bekol kita harus menempuh jarak 9km dan 12 km menuju pantai Bama. dan selepas pintu gerbang jalan yang harus kita lewati adalah aspal rusak. Menuju bekol dan bama bisa jalan ato naek ojek 20-30rb.
Silahkan hubungi website resmi mereka untuk info lebih lanjut mengenai penginapan di Bekol maupun Bama.
http://balurannationalpark.web.id ato http://balurannationalpark.web.id/ebook/tarif-penginapan
Kantor:
Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi KM. 35
Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih Kab. Situbondo.
Telp/Fax

Phone : +62333-461650
Fax : +62333-463864.

Share this post


Link to post
Share on other sites

ini buwat kawan-kawan yang mau menuju Taman Nasional Baluran:

kalo naek angkutan umum,

--> dari Surabaya : bisa naek bus jurusan Banyuwangi via jalur utara minta turun di pertigaan ds. Wonorejo-Situbondo persis di depan pintu gerbang Taman nasional. (untuk harga saia kurang tahu sekarang mungkin kisaran 50rb).

Gerbang utama Taman Nasional Baluran terletak di Jalan Raya Banyuwangi-Situbondo, Km 35,Wonorejo, Banyuputih, 68374

Kabupaten Situbondo.Tiket masuk Rp. 2.500,- untuk setiap orang, 3rb untuk motor dan 5rb umtuk mobil. sangatlah murah untuk menikmati eksotisme alam yang begitu lengkap. Kawasan taman nasional ini memang lumayan panjang alias jauh untuk sampai pos Bekol kita harus menempuh jarak 9km dan 12 km menuju pantai Bama. dan selepas pintu gerbang jalan yang harus kita lewati adalah aspal rusak. Menuju bekol dan bama bisa jalan ato naek ojek 20-30rb.

Silahkan hubungi website resmi mereka untuk info lebih lanjut mengenai penginapan di Bekol maupun Bama.

http://balurannationalpark.web.id ato http://balurannationalpark.web.id/ebook/tarif-penginapan

Kantor:

Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi KM. 35

Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih Kab. Situbondo.

Telp/Fax

Phone : +62333-461650

Fax : +62333-463864.

Seeepppp....

Thank u :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now