AB. Harta

Tips Perjalanan Kalimantan Timur, inilah kota yang bisa anda singgahi.

9 posts in this topic

Mencari hutan hujan tropis atau rainforest? anda harus pergi ke Kalimantan  bagi pecinta hutan sejati, sebelum anda ke Amazon, ini adalah tempat wajib yang harus anda datangi. karena manusianya jarang, ditambah anda akan menemukan pengalaman luar biasa setelah pergi berpetualang. Untuk para backpacker , Kalimantan mungkin bukan salah satu favorit, biayanya memang tergolong agak tinggi, namun saya sendiri penasaran dengan Kalimantan jadi walaupun kata orang mahal, saya harus kesana.

 

Petualangan anda mungkin bisa dimulai dari Kalimantan Timur, dimana Provinsi ini memiliki cukup banyak tempat wisata. Ada apalah di Kalimantan Timur ? Nanti kita akan bahas beberapa tempat menarik ketika anda akan bertualang disini.

 

Sebelum nya, jika anda ingin mengeksplorasi Kalimantan Timur, anda minimal punya waktu 5-6 hari ( di luar waktu yang diperlukan untuk pergi dan kembali dari kota asal). Dengan harga tiket bila memakai pesawat adalah Rp. 900rb-1juta( penerbangan 2 jam), bila memakai kapal laut dari Jawa Rp.560rb( 3 hari 2 malam), bila dari Surabaya Rp.320rb( 2 hari 1 malam) semua tiket sudah pulang pergi. Ingin gratis ? Naik kapal tangker dari Tanjung Priok atau Tanjung Perak!!!!

 

Biaya hidup disana memang agak tinggi, 5-6 hari anda haru memegang kurang lebih 1,2 juta ( lebih banyak lebih baik) biaya terberat adalah dari biaya makan, karena makan di pinggir jalan saja anda harus mengeluarkan uang minimal 20-25ribu.  Ongkos transportasi tergolong murah ( Harga angkot Rp.3000.). Ada kota yang tidak memiliki angkot, jadi anda mungkin bisa menyewa mobil disini( sebaiknya anda tidak sendiri karena sewa mobil berkisar di Rp. 300.000). Harga hotel tergolong mahal, cek di Http://Hotels.jalan2.com , namun sebaiknya anda pilih kamar kos harian Rp. 100.000/hari.

 

Kemana saja di Kalimantan Timur ? Anda bisa bepergian ke beberapa kota, dari mulai Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, dan Kepulauan Derawan. Menarik rasanya untuk mengeksplorasi budaya dan alamnya, anda tidak akan menemukan hal ini di tempat lain di dunia!

 

Balikpapan.

 

Kota yang memiliki akses lengkap transportasi, mulai dari Pelabuhan barang, pelabuhan penumpang, hingga Bandara. Disebut sebagai oil city ( meniru ucapan agan @albertorazzi). Kota pantai indah , banyak tempat bagus yang bisa anda datangi. Beberapa tempat yang bisa anda datangi adalah Bukit Bangkirai, Pantai, dan Penangkaran Buaya. Untuk lebih lanjut lihat http: //jalan2.com dan sub forum Balikpapan. Fasilitas semua lengkap mulai dari taksi hingga bioskop ada.

 

Samarinda

60 menit dari Balikpapan, ada Samarinda.  Ada beberapa hal yang bisa anda lihat disini, diantaranya Desa Budaya dimana ana bisa bertemu orang dayak asli. Lihat http://jalan2.com/city/samarinda/desa-budaya-pampang/ .

Tenggarong.

 

Disini banyak banget musiumnya, kaya  Museum Mulawarman, Museum Kerajaan Kutai, Museum Buaya, Museum Kayu,dll. Tiket masuknya murah juga. Oh iya, lihat juga bekas reruntuhan

Jembatang Tenggaron yang memakan banyak korban jiwa itu. Nanti di tengah Sungai Mahalam ada pulau, bisa nyebrang juga kesana. Kunjungi juga Taman Nasional Kutai untuk melihat Orangutan yang terkenal.

 

Buat yang suka wisata sungai, Tenggarong bisa jadi sangat menarik. Di kotanya dibelah oleh sungai Mahakam, sama seperti Palembang yang dibelah oleh sungai Musi. Anda juga bisa naek getek dari sini.

 

Ketiga kota tadi bisa jadi anda Cuma numpang lewat saja, karena rata-rata bisa dilewati dalam waktu 1 hari saja.

 

Derawan

 

Ini adanya di Kabupaten Berau, dari Balikpapan berarti ujung ke ujung. Tapi bila jalan2ers gak kesini, berarti rugi. Derawan sendiri adalah gugusan pulau-pulau dimana jalan2ers bisa diving , maen pasir, dan melakukan aktivitas pantai lain deh.

 

Ada 4 pulau yang wajib didatangi Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua. Mau kesini ? anda harus melewati darat, laut, dan udara. Perjalanan yang sangat jauh, tapi bisa jadi merupakan tantangan tersendiri.

 

Lelah anda akan terbayar dengan melihat birunya air laut dan putihnya pasir. Harga penginapan gak terlalu mahal, ada yang 50ribu juga. Mungkin yang mahal adalah transportasinya, bila anda bepergian sendiri sebaiknya anda membaca baik-baik petunjuk transportasi ke Derawan, dan usahakan anda pegang nomor orang/ agen yang bs anda hubungi untuk masalah penyebrangan ke Derawan.  Bagi yang ingin liburan mewah ke Derawan, bisa nginap di Maratua Resort Paradise, ini hotel satu-satunya di Pulau Maratua, cocoklah untuk pasangan.

 

Kalimantan Timur beres. Bila anda punya banyak waktu , anda bisa jalan-jalan lebih jauh lagi. Perjalanan 5-6 hari hanya ini yang bisa didapatkan, berhubung antara satu kota dengan kota lain dihubungkan dengan transportasi dara jenis mobil ( jawa dan sumatera kana da kereta) jadi 5-6 hari bisa jadi lama di jalan.

 

east_kalimantan_high.png

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mapnya kurang akurat seperti :1. P.Sebatik warna putih seluruhnya, kenyataannya sebatik dimiliki juga oleh Malaysia. 2. Kota Balikpapan terletak diwilayah Kabupaten Penajam, seharusnya diseberang teluk Balikpapan. 3. Samboja jauh dipedalaman teluk Balikpapan, seharusnya agak kepantai antara Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda dan masih banyak lainnya. Tk.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Beruntunglah gw berasal dr salah satu kota di propinsi ini, dan sewaktu sekolah aktif di pramuka jadi sudah beberapa kali keluar masuk hutan, naik turun gunung, obok2 sungai yg entah atau tidak ada buaya didalamnya, hahahaha.....yg paling seru adalah waktu SMA ikut penjelajahan malam menyusuri hutan belantara, seram sekaligus menyenangkan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Betuuull this is east borneoo...(asalbritish dikit).....msh banyakkkkkkk lagii yg perlu di eksplor syang pemerintah kurang peduli..gemes!!!!! (ambisijdkpalaDISBUDPAR)

tunggu saya kembali ke kalimantan lagi ntar di share picture plus2 t4 wisatanya balikpapan Samarinda dsktarnya..

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 10/14/2013 at 10:21 PM, hishigimibu said:

jadi inget pengalaman

ngedorong mobil antara muara wahau ke kongbeng

gara2 jalannya ancur

wow kalo liat di peta mayan jauh juga tuh :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now