• 0
Sign in to follow this  
AB. Harta

tips transportasi Ke Lombok.

Question

Bosan ke Bali ? Coba pulau Lombok. Destinasi wisata baru yang sedang berkembang, disukai turis dari mancanegara, memiliki pantai indah , pulau bersih, masyarakat ramah.  Beberapa orang menyangkan, Lombok akan lebih menyenangkan dari Bali tentunya, crowd berbeda dan lebih nyaman di Lombok. Memang sedikit agak mahal dari Bali, namun pecinta pantai tidak ke Lombok? Rugi!

 

Jaman dahulu, orang malas ke Lombok karena jaman dahulu belum ada alat transportasi yang memadai, selain itu juga ongkos menyebrang pulau yang mahal, juga akomodasi tidak selengkap sekarang. Namun sekarang, Lombok telah berubah, pantainya indah terawatt. Fasilitas lengkap, hampir sama dengan Bali. Bagi anda yang ingin ke Lombok, ada beberapa akomodasi untuk ke Lombok, ini dia.

 

Pesawat ke Lombok. .

 

Setelah sekian lama terbengkalai, akhirnya Airport Lombok sekarang ini telah berdiri megah. Jarak dari Kuta ke Lombok sendiri memakan waktu 30 menit. Dari Ibukota Mataram, Bandara Lombok terletak kurang lebih 1 juga, dari pantai Senggigi anda harus menempuh waktu 1,5 jam. Pajak Bandara Lombok adalah Rp. 25.000.  Bagi anda yang ingin ke Pulau Gili,  dari Lombok harus menyebrang 2 jam.   

 

Sekarang telah banyak penerbangan ke Lombok, tidak seperti dulu anda harus menyebrang ke Gili Trawangan untuk sampai ke Lombok. Banyak penerbangan domestic yang melebarkan sayap ke Lombok. Diantaranya adalah Garuda, Lombok, Batavia ( sudah bangkrut tapi kita kenang namanya saja), dan Merpati.

 

Yang perlu anda ketahui tentang penerbangan ini adalah  rutenya, tidak semua dari Jakarta. Anda yang dari Jakarta harus transit di Surabaya. Garuda bisa dari Jakarta langsung ke Lombok, begitu pula Merpati, rute baru yang dibuka adalah Lion juga Air Asia. Harga yang harus anda bayar adalah berkisar dari Rp. 600.000-Rp. 1.000.000.  Ada penerbangan dari Bali yang melewati Bima, dan Sumbawa dari Lombok, pesawat local bernama Transnusa.  

 

Kapal Laut

 

Selain memakai pesawat, anda harus mencoba memakai kapal laut. Bila anda senang backpacker, menyebrang dari Pulau Bali ke Lombok adalah hal yang seru. Anda bisa menyebrang kurang lebih 4 jam. Ada 4 kapal dimana 2 menuju Mataram, 1 menuju Lembar, dan 1 menuju Pulau Gili.  Dari Padang Bai menuju Lembar ada kapal 24 jam, dimana anda bisa membeli tiket dengan harga Rp. 35.000, dan apabila anda memakai mobil harganya adalah Rp. 600.000.  

 

Speed Boats juga merupakan pilihan, banyak orang yang memilih transportasi ini.  Tapi jangan senang dulu, anda harus lihat kondisi sekitar, karena salah-salah bisa-bisa kapal anda terjungkir di tengah laut. Banyak kejadian hujan di tengah laut, dan kondisi lautan tidak stabil tapi tetap memaksakan, akhirnya tenggelam.  Nah harganya bervariasi, disinilah ilmu tawar menawar anda diuji, harganya rata-rata US$70 per kapal.Selain ke Lombok, kapal-kapal ini juga menyediakan penyebrangan ke Pulau Sumbawa dan Pulau Gili.  

 

Padang Bai ke Gili Trawangan waktu tempuh 1,5 jam harga Rp. 600-Rp.700rb

 Serangan ke Gili Trawangan waktu tempuh 2,5 jam harga Rp. 700rb

 Sanur ke Gili Trawangan waktu tempuh 3 jam harga Rp. 600rb( lewat Nusa Lembongan)

Amed ke Gili Trawangan waktu tempuh 1 jam harga Rp, 500.000  

Provider

Blue Water Express

GiliCat

Scoot Cruise

 

Tersedia online booking untuk membooking speed boat ini.  Pastikan anda dapat harga lebih murah.  

Selain itu , ada bis yang bisa anda pergunakan untuk pergi ke Senggigi. Harganya adalah Rp. 150.000/ orang bila anda ingin dijemput dari hotel ada tambahan Rp. 10.000. Namun bila anda berniat backpacker, sebaiknya pergi ke Pelabuhan sendiri, karena hitungannya lebih murah. Untuk bus ini, Provider yang paling terkenal adalah Perama Tour, anda bisa booking online di webnya.

Sebagai bahan pertimbangan ketika anda ke Lombok, Gili Trawangan adalah salah satu tempat yang sangat diminati para turis.

 

Termasuk ke dalam salah satu kawasan nightlife terkenal murah di dunia, bahkan tahun baru disini pernah diliput oleh berbagai media asing. Kebanyakan tempat tutup jam 12, namun hanya klub malam yang buka sampai pukul 4.00. Tapi bila tujuan anda bukan itu , pantai terbuka setiap saat.   Rasakan juga Full Moon Gili Meno dan Gili air, biasanya ada BBQ party bila hotel anda disini. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

4 answers to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this