Banyusmom

Pulau di Kepulauan Seribu

13 posts in this topic

Kepulauan Seribu memang pulau yang indah. Pulau ini termasuk dalam provinsi DKI.Jakarta. Bagi anda yang bosan mengunjungi gunung maupun puncak tidak ada salahnya mencoba berlibur di pulau ini. Disini banyak pulau-pulau kecil yang bisa anda kunjungi. Apa sajakah pulau itu?

Pulau Pramuka

Di pulau ini anda bisa snorkling dan melihat pemandangan bawah laut dan terumbu karang yang siap untuk dijelajah.Ikan-ikan berwarna-warni akan menyambut anda dan membuat anda tak sabar ingin berenang bersama mereka.

Disini juga merupakan tempat penangkaran dari penyu sisik oleh karena itu anda bisa melihat betapa lucunya bayi-bayi penyu yang sedang dikembangbiakkan. Air yang biru dan pasir yang putih tentunya membuat pulau ini sangat asri.

Fasilitasnya pun lengkap mulai dari sarana olah raga, home stay, masjid, rumah sakit, rumah makan dan masih banyak lagi.

 

post-34-0-49882200-1360296772_thumb.jpg

 

Pulau Ayer

Pulau Ayer merupakan satu-satunya pulau di kepulauan seribu yang memiliki sumber air tawar. Disini anda bisa memacu adrenalin anda dengan mencoba beberapa permainan air seperti  jetsky dan banana boat.

Fasilitas di pulau ini juga lengkap dan selalu siap memenuhi kebutuhan anda. Bahkan di Jakarta fasilitas cottage di Ayer ini merupakan salah satu yang terbaik lho.Disini resortnya didesain dengan nuansa suku asmat jadi tidak diragukan lagi keindahannya. Anda bisa memilih type cottage yang berada di darat maupun diatas laut. Dari Marina Ancol, pulau ini dapat ditempuh selama 20 menit dengan menggunakan speedboat.

 

Pulau Bidadari

Pada abad ke-17 Belanda membangun rumah sakit untuk penderita kusta dan lepra di pulau ini. Karena itu dahulu pulau ini bernama pulau sakit. Saat itu Belanda juga membangun benteng Martello yang hingga saat ini masih dapat kita temukan di pulau ini. Dulunya benteng ini berfungsi sebagai pertahanan dari ancaman musuh. Jangan sampai ketinggalan untuk melihatnya.

Dipulau ini juga tersedia permainan air yang tentunya akan memacu adrenalin anda seperti jetski dan banana boat. Bagi anda yang hobi memancing, anda juga bisa melakukan hobi anda. Jangan khawatir karena pulau ini menyediakan perahu memancing.

Pulau ini memakan waktu 30 menit dari Marina Ancol dengan speedboat.

 

post-34-0-96985900-1360296783_thumb.jpg

 

Pulau Putri

Bila anda berkunjung ke pulau ini, anda akan disambut oleh patung duyung yang menawan. Di pulau ini juga terdapat fasilitas yang hanya ada satu-satunya di pulau seribu yaitu undersea aquarium atau akuarium bawah laut yang memiliki kedalaman kurang dari lima meter dan panjang sekitar lima belas meter dengan kaca tembus pandang. Akuarium ini sangat menawan karena dihuni oleh ikan hias dan terumbu karang.

Selain itu keindahan dasar laut juga bisa dinikmati melalui Glass Botton Boat. Glass Botton Boat merupakan kapal yang dilengkapi kaca di bawahnya untuk melihat biota laut di dasar laut.

Anda dan keluarga juga bisa menikmati sunsert dari atas kapal yang ditemani deburan ombak dan angin.

 

Pulau Sepa

Kalau pulau sepa ini adalah salah satu pulau yang memiliki pasir pantai terbaik di kepulauan seribu. Pantai ini tidak begitu luas sehingga anda dapat mengitarinya hanya dengan berjalan kaki saja.

Kegiatan diving dan snorkeling menjadi kenikmatan tersendiri di pulau ini karena banyaknya ikan hias dan terumbu karang yang tentu rugi kalau dilewatkan.

Habitat ikan di pulau ini juga masih terjaga kelestariannya sehingga cocok bagi anda yang ingin memancing. Namun, jangan berlebihan ya dalam berburu ikan agar kelestariannya tetap terjaga.

Anda juga bisa menjajal area outbond dan permainan air seperti  ski air, jetski, aquaboard, dan lain-lain.

Dari Marina Ancol pulau ini dapat ditempuh dengan waktu yang cukup lama yaitu 2 jam dengan jetski.

 

Pulau Kotok

Pulau Kotok merupakan pulau yang asri karena masih berupa hutan asli yang dihuni beberapa jenis hewan. Karena itulah tempat ini dijadikan segai tempat konservasi elang bondol yang merupakan maskot kota Jakarta.

Jika anda berkunjung ke pulau ini jangan lupa untuk merasakan sensasi menginap di cottage yang berada di atas pohon. Dari atas pohon anda bisa menikmati panorama dan keindahan pulau ini yang tentunya sayang bila dilewatkan begitu saja.
 

 

Itulah beberapa pulau yang bisa anda kunjungi di kepulauan seribu. Masing-masing pulau memiliki keindahan dan ciri khasnya masing-masing jadi silahkan anda pilih ingin ke pulau yang mana, saya yakin anda akan bingung untuk menentukannya,hehe

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya kayanya belum pernah pergi ke pulau-pulau yang disebutkan di atas... padahal saya orang Jakarta asli hahaha. Nice info nih. Biar nanti kalau saya lagi pas jalan ke Kepulauan Seribu nongkrong di pulau-pulau sana aja ah.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Pulau Air ,  menurut gw itu yang paling bagus. Ada 1 sisi yang masih agak2 perawan gitu. Sayang tidak ada tempat menginap di sini, cari makan juga susah. Harus menginap di pulau lain, misalnya pulau pramuka,   lalu sewa kapal ke pulau air.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Pulau Payung sama bagusnya denganPulau Air kalo mau snorkeling, itu dekat sama Tidung.

Kalo mau wisata sejarah bisa dihajar 1hari sklian, Pulau Kelor (ada benteng), pulau onrust (peninggalan bekas asrama haji), dan pulau cipir (peninggalan rumah sakit). Klo ga salah itu gambar yg di posting agan @Banyusmom itu pulau kelor krna gambar benteng. *cmiiw

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now