Tips Jalan-jalan Menuju Pantai Sawarna

41 posts in this topic

Posted

Pantai Sawarna, ada yang pernah mendengar pantai ini? Beberapa waktu lalu, sekilas Pantai Sawarna ini pernah dibahas. Pantai Sawarna merupakan pantai di Banten Selatan. Pantai ini sering disebut-sebut sebagai Hidden Paradise. Letaknya yang jauh dan masih sangat alami ini menjadi pantai yang banyak direkomendasikan jika berada di Jawa Barat, Banten dan sekitarnya.

 

ciantir-beach-sawarna.jpg

 

Apa yang menarik dari Pantai Sawarna? Pantai ini memiliki pasir putih dengan garis pantainya yang panjang. Laut biru yang menghampar luas ditambah deburan ombak besar yang menarik dan menjadi tempat yang seru untuk surfing. Tak hanya itu, nuansa alam yang masih perawan bisa anda dapatkan di sini. Mulai dari udaranya, batu karangnya, hutan, dan sebagainya.

Pantai Sawarna ini terletak di daerah Lebak, Banten. Banyak jalan menuju pantai Sawarna. Berikut ini beberapa Tips yang semoga berguna untuk anda yang berencana melakukan perjalanan ke Pantai Sawarna.

  • Pilih transportasi yang tepat.

Pantai Sawarna merupakan pantai yang berada di ujung wilayah Banten. Untuk mencapai pantai ini butuh perjalanan yang sangat panjang. Tentu saja belum bisa ditempuh dengan menggunakan peswat terbang. Alternatifnya, pilih apakah ingin menggunakan kendaraan umum atau pribadi yang lebih baik motor.

 

Jika anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, lebih disarankan dengan motor. Memang lebih lelah, tapi kondisi jalan dari menuju Pantai Sawarna dari mulai pintu masuk tidak memungkinkan. Biasanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua. Jalurnya ada dua, bisa melalui Serang dan bisa melalui Pelabuhan Ratu. Jika dari Serang, anda melaju terus menuju Rangkas Bitung atau Pandeglang. Terus lajukan kendaraan sampai Gunung Kencana, Malimping, dan Bayah. Dari Bayah baru langsung lanjut menuju Sawarna.

 

Peta+Rute+Menuju+Sawarna.jpg

 

Perjalanan menggunakan kendaraan umum akan lebih rileks tentunya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan sopir yang sudah biasa melalui jalur-jalur menuju Pantai Sawarna. Kendaraan umum dari Jakarta menuju Serang bisa menggunakan bus sampai Terminal Pakupatan. Harganya bisa Rp 20.000 hingga Rp 30.000, lupa. Dari sana, lanjut mobil Elf yang menuju ke Malimping atau ada mobil yang langsung menuju Bayah dengan harga yang kurang lebih sama. Namun mobil ini sangat jarang dan ada waktu tertentu. Setelah sampai di Malimping, sambung angkot menuju Bayah dan nanti dari Bayah menuju Sawarna anda bisa menggunakan angkot lagi seharga Rp 5.000 dan nantinya masuk menuju Pantai dengan ojek sekitar Rp 15.000 kurang lebih selama 30 menit. Total lama perjalanan dari Jakarta sekitar 5 sampai 7 jam perjalanan kurang lebihnya.  

 

  • Jangan satu hari

Jika berkunjung ke Pantai Sawarna, lebih baik tidak hanya satu hari. Bukan hanya karena perjalanannya yang sangat penjang, tapi juga karena kurang puas jika hanya mengeksplorasi keindahan Sawarna dan pantai di sekitarnya hanya beberapa jam saja.

 

  • Lakukan perjalanan siang hari

Buat planning dan estimasi waktu kedatangan. Usahakan menuju Pantai Sawarna di siang hari. Karena jalan di sekitar sini gelap dengan cahaya yang minim. Belum lagi kondisi antara satu kampong dan lainnya yang berjauhan dan masih ada beberapa spot yang rawan. Apalagi jika memutuskan menggunakan kendaraan pribadi, beberapa jalan juga ada yang tidak mulus.

 

  • Isi Bensin

Jika menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk mulai mengisi full bensin saat berada di Malimping. Karena jika sudah melewati Malimping, anda akan sulit menemukan pom bensin dengan jarak yang tentunya cukup jauh. Jadi jangan tunggu untuk mengisi bensin anda nanti-nanti. Jika bawa motor, bisa mengisi di botol sebagai cadangan.

 

  • Bawa uang cash secukupnya

Di Pantai Sawarna dan wilayah sekitarnya tidak ada ATM. Pastikan uang anda cukup sampai anda kembali pulang. Anda menemukan ATM terakhir di Malimping sebelum sampai ke Sawarna.

 

  • Pilih penginapan yang ada fasilitas makannya

Untuk warung yang menyediakan makanan berat di pantai ini masih jarang. Jadi, pastikan homestay yang anda tempati memang sudah memiliki fasilitas makan 3x dalam sehari. Jangan khawatir, homestay seperti itu di sini sudah banyak.

 

  • Berkunjung di Musim Panas

Yap, ke pantai memang paling pas jika musim panas. Ombak pantai Sawarna yang besar membuat pantai ini terkenal untuk surfingnya.

 

  • Mematuhi peraturan

Jangan membuang sampah semabarangan tidak berenang karena ombak besar adalah beberapa peraturan yang harus ditaati.

 

  • Jangan ragu menyewa Guide

Banyak spot yang menarik. Tanya penduduk sekitar atau minta guide untuk menemani anda mengeksplorasi spot lain di sekitar Pantai Sawarna yang lebih menantang dan lebih menakjubkan.

 

Nah, semoga tips-tips tersebut bermanfaat ya…

denorra and Fahriza Dinna R like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Nice tips,,,,,,,,

bener2 ni saya sebagai org indonesia, pengetahuan ttg wisata2 di dalam negeri sendiri masih kurang :(
sippp..... 

banyak banget ya wisata di Indonesia ini......... weleh welehhhhhhhhh

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Nice tips,,,,,,,,

bener2 ni saya sebagai org indonesia, pengetahuan ttg wisata2 di dalam negeri sendiri masih kurang :(

sippp..... 

banyak banget ya wisata di Indonesia ini......... weleh welehhhhhhhhh

iya mas albert..saya juga.. indo itu emang kueren abis :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Yup kudu ke sawarna pantainya menawan. Jika hendak ke sana bisa kok pakai mobil tapi nanti parkir di jalan/ rumah penduduk, karena untuk menuju Desa Sawarna hanya bisa melewati jembatan gantung untuk jalan kaki dan kendaraan roda 2. Oh ya pantainya ombaknya besar jadi selalu waspada utamanya awasi si kecil jika ikut berenang di pantai. Jangan nyampah akhir2 ini sampah2 mulai terlihat di pantai sawarna.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Yup kudu ke sawarna pantainya menawan. Jika hendak ke sana bisa kok pakai mobil tapi nanti parkir di jalan/ rumah penduduk, karena untuk menuju Desa Sawarna hanya bisa melewati jembatan gantung untuk jalan kaki dan kendaraan roda 2. Oh ya pantainya ombaknya besar jadi selalu waspada utamanya awasi si kecil jika ikut berenang di pantai. Jangan nyampah akhir2 ini sampah2 mulai terlihat di pantai sawarna.

nah uda pernah ya mas?kalo parkir tempat pnduduk berapa ya? mklum ga pernah pake mobil pribadi...iya dmanan2 pantai yg udah mulai kesentuh itu mulai banyak sampah :(

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Keren banget pantainya,,

Hmmm

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

nah uda pernah ya mas?kalo parkir tempat pnduduk berapa ya? mklum ga pernah pake mobil pribadi...iya dmanan2 pantai yg udah mulai kesentuh itu mulai banyak sampah :(

hmm berapa ya parkir bermalam di jalanan desa kalo ga salah ngasih 20 atau 25 ribu buat yang jagain. Aman kok penduduk sana ramah2. BTW kl pulangnya ga lewat hutan siap2 jalanan nanjak terus ada satu tanjakan yang bener2 terjal sesudah jembatan jalan

an terjalnya tidak terlihat nah siap2 aja gigi1 lgsg. Pengalaman kmrn ga kuat nanjak gara2 ga siap kehalang rombongan kambing nyebrang wkwkw. Alhamdulillah pas bawa mobil 4x4 jadi tinggal masukin gardan depannya nanjak lagi deh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

hmm berapa ya parkir bermalam di jalanan desa kalo ga salah ngasih 20 atau 25 ribu buat yang jagain. Aman kok penduduk sana ramah2. BTW kl pulangnya ga lewat hutan siap2 jalanan nanjak terus ada satu tanjakan yang bener2 terjal sesudah jembatan jalan

an terjalnya tidak terlihat nah siap2 aja gigi1 lgsg. Pengalaman kmrn ga kuat nanjak gara2 ga siap kehalang rombongan kambing nyebrang wkwkw. Alhamdulillah pas bawa mobil 4x4 jadi tinggal masukin gardan depannya nanjak lagi deh.

jalanan nanjak maksudnya jalanan mobil? saya pernah denger sih cerita orang.. tp dy ceritanya cuma bisa dilalui motor

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

jalanan nanjak maksudnya jalanan mobil? saya pernah denger sih cerita orang.. tp dy ceritanya cuma bisa dilalui motor

Iya jalanannya kan rada sempit tuh sekarang sih jalannya bisa kok dilalui mobil ya pokoknya siap2 gas aja nanjak terus ke arah palabuhan ratunya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Iya jalanannya kan rada sempit tuh sekarang sih jalannya bisa kok dilalui mobil ya pokoknya siap2 gas aja nanjak terus ke arah palabuhan ratunya.

oiya iya saya tahu ini... thanks infonya mas :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

untuk mengingat nama pantai ini ternyata mudah sekali ya, cukup mengingat salah satu vokalis Warna 'Sawarna' juga namanya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

untuk mengingat nama pantai ini ternyata mudah sekali ya, cukup mengingat salah satu vokalis Warna 'Sawarna' juga namanya :D

hhaha ada ada aja...

 

info lengkap tentang sawarna silakan kunjungi http://www.pantaisawarna.com

wah ada akun officialnya nih

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Pantai Sawarna, ada yang pernah mendengar pantai ini? Beberapa waktu lalu, sekilas Pantai Sawarna ini pernah dibahas. Pantai Sawarna merupakan pantai di Banten Selatan. Pantai ini sering disebut-sebut sebagai Hidden Paradise. Letaknya yang jauh dan masih sangat alami ini menjadi pantai yang banyak direkomendasikan jika berada di Jawa Barat, Banten dan sekitarnya.

 

ciantir-beach-sawarna.jpg

 

Apa yang menarik dari Pantai Sawarna? Pantai ini memiliki pasir putih dengan garis pantainya yang panjang. Laut biru yang menghampar luas ditambah deburan ombak besar yang menarik dan menjadi tempat yang seru untuk surfing. Tak hanya itu, nuansa alam yang masih perawan bisa anda dapatkan di sini. Mulai dari udaranya, batu karangnya, hutan, dan sebagainya.

Pantai Sawarna ini terletak di daerah Lebak, Banten. Banyak jalan menuju pantai Sawarna. Berikut ini beberapa Tips yang semoga berguna untuk anda yang berencana melakukan perjalanan ke Pantai Sawarna.

  • Pilih transportasi yang tepat.

Pantai Sawarna merupakan pantai yang berada di ujung wilayah Banten. Untuk mencapai pantai ini butuh perjalanan yang sangat panjang. Tentu saja belum bisa ditempuh dengan menggunakan peswat terbang. Alternatifnya, pilih apakah ingin menggunakan kendaraan umum atau pribadi yang lebih baik motor.

 

Jika anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, lebih disarankan dengan motor. Memang lebih lelah, tapi kondisi jalan dari menuju Pantai Sawarna dari mulai pintu masuk tidak memungkinkan. Biasanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua. Jalurnya ada dua, bisa melalui Serang dan bisa melalui Pelabuhan Ratu. Jika dari Serang, anda melaju terus menuju Rangkas Bitung atau Pandeglang. Terus lajukan kendaraan sampai Gunung Kencana, Malimping, dan Bayah. Dari Bayah baru langsung lanjut menuju Sawarna.

 

Peta+Rute+Menuju+Sawarna.jpg

 

Perjalanan menggunakan kendaraan umum akan lebih rileks tentunya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan sopir yang sudah biasa melalui jalur-jalur menuju Pantai Sawarna. Kendaraan umum dari Jakarta menuju Serang bisa menggunakan bus sampai Terminal Pakupatan. Harganya bisa Rp 20.000 hingga Rp 30.000, lupa. Dari sana, lanjut mobil Elf yang menuju ke Malimping atau ada mobil yang langsung menuju Bayah dengan harga yang kurang lebih sama. Namun mobil ini sangat jarang dan ada waktu tertentu. Setelah sampai di Malimping, sambung angkot menuju Bayah dan nanti dari Bayah menuju Sawarna anda bisa menggunakan angkot lagi seharga Rp 5.000 dan nantinya masuk menuju Pantai dengan ojek sekitar Rp 15.000 kurang lebih selama 30 menit. Total lama perjalanan dari Jakarta sekitar 5 sampai 7 jam perjalanan kurang lebihnya.  

 

  • Jangan satu hari

Jika berkunjung ke Pantai Sawarna, lebih baik tidak hanya satu hari. Bukan hanya karena perjalanannya yang sangat penjang, tapi juga karena kurang puas jika hanya mengeksplorasi keindahan Sawarna dan pantai di sekitarnya hanya beberapa jam saja.

 

  • Lakukan perjalanan siang hari

Buat planning dan estimasi waktu kedatangan. Usahakan menuju Pantai Sawarna di siang hari. Karena jalan di sekitar sini gelap dengan cahaya yang minim. Belum lagi kondisi antara satu kampong dan lainnya yang berjauhan dan masih ada beberapa spot yang rawan. Apalagi jika memutuskan menggunakan kendaraan pribadi, beberapa jalan juga ada yang tidak mulus.

 

  • Isi Bensin

Jika menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk mulai mengisi full bensin saat berada di Malimping. Karena jika sudah melewati Malimping, anda akan sulit menemukan pom bensin dengan jarak yang tentunya cukup jauh. Jadi jangan tunggu untuk mengisi bensin anda nanti-nanti. Jika bawa motor, bisa mengisi di botol sebagai cadangan.

 

  • Bawa uang cash secukupnya

Di Pantai Sawarna dan wilayah sekitarnya tidak ada ATM. Pastikan uang anda cukup sampai anda kembali pulang. Anda menemukan ATM terakhir di Malimping sebelum sampai ke Sawarna.

 

  • Pilih penginapan yang ada fasilitas makannya

Untuk warung yang menyediakan makanan berat di pantai ini masih jarang. Jadi, pastikan homestay yang anda tempati memang sudah memiliki fasilitas makan 3x dalam sehari. Jangan khawatir, homestay seperti itu di sini sudah banyak.

 

  • Berkunjung di Musim Panas

Yap, ke pantai memang paling pas jika musim panas. Ombak pantai Sawarna yang besar membuat pantai ini terkenal untuk surfingnya.

 

  • Mematuhi peraturan

Jangan membuang sampah semabarangan tidak berenang karena ombak besar adalah beberapa peraturan yang harus ditaati.

 

  • Jangan ragu menyewa Guide

Banyak spot yang menarik. Tanya penduduk sekitar atau minta guide untuk menemani anda mengeksplorasi spot lain di sekitar Pantai Sawarna yang lebih menantang dan lebih menakjubkan.

 

Nah, semoga tips-tips tersebut bermanfaat ya…

 

Maaf gan (panggilan disini apa ya?) kebawa dr forum sebelah,

 

no offense, ane orng sawarna, terima kasih atas tips nya (good info) walaupun masih ada beberapa yang hharus dikooreksi.

info perjalanan dan beberapa innfo penginapan dapat di cek di

http://sawarnasurf.blogspot.com atw gabung di fans page FB http://www.facebook.com/sawarnasurf

 

:)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Maaf gan (panggilan disini apa ya?) kebawa dr forum sebelah,

 

no offense, ane orng sawarna, terima kasih atas tips nya (good info) walaupun masih ada beberapa yang hharus dikooreksi.

info perjalanan dan beberapa innfo penginapan dapat di cek di

http://sawarnasurf.blogspot.com atw gabung di fans page FB http://www.facebook.com/sawarnasurf

 

:)

silakan koreksinya mas... gpp kita mah terbuka :) thank youu 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

pokoknya worthed dh kalo k Sawarna... ada yg mau saya culik ksana? :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

pokoknya worthed dh kalo k Sawarna... ada yg mau saya culik ksana? :D

wah mauuuu dong mass @Aprianza Nangtjik kalau diculik berarti gratis kan? dibayarin .. hhaa  :ngeledek

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

wah mauuuu dong mass @Aprianza Nangtjik kalau diculik berarti gratis kan? dibayarin .. hhaa  :ngeledek

boleh aja asal bisa bawa temen ikut trip saya minimal 20 orang (bayar)  :ngeledek 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

boleh aja asal bisa bawa temen ikut trip saya minimal 20 orang (bayar)  :ngeledek 

:bingung

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

:bingung

emotnya serem2 ya...

 

saya udah prnah k Sawarna, jadi kalo bikin trip lg diusahakan bda tmpat :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

emotnya serem2 ya...

 

saya udah prnah k Sawarna, jadi kalo bikin trip lg diusahakan bda tmpat :P

hohooo boleh boleh... jgn lupa ajak2 mas klo mw trip lagi :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

udah saya bikin sih di FB... buat Mei dan Juni :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

kapan-kapan saya main ya kaq sama temen-yemen ke PANTAI SAWARNA :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

kapan-kapan saya main ya kaq sama temen-yemen ke PANTAI SAWARNA :)

:backpacking  tp bukan punya saya kok ini pantai  :ngeledek

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

dari terminal pakupatan, untuk tau ada angkot nya atau ngga, ada nomor telfonnya gak? atau kira2 ada nomor telfon org sawarnanya ga? kepala desa nya atau pengurusnya? terus kalau naik kereta sampai rangkas bitung harus kemana lagi? terimakasih infonya ;)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now