Sign in to follow this  
AB. Harta

Review Cafe: Chocotier Ballikpapan Center

5 posts in this topic

makan di balikpapan sudah terkenal agak menguras kantong( terutama buat ane). ceritanya ane disini beberapa hari kemaren gan. dipinjamin mobil sama teman, dan bingung mau kemana. akhirnya ane memutuskan untuk bepergian ke Mall aja( ane gak hapal jalan). terus, jalan2 sendiri akhirnya nemu tempat makan yang eye catching dan kayanya cozy banget. namanya CHOCOTIER, dari tampilan depan kita diperlihatkan menu-menu yang nyummyyy banget. Ane tertarik untuk masuk, akhirnya ane duduk.

 

terus, ane dikasih menu sama pelayan.

223527_10200521529622057_420386719_n.jpg

 

nah , jadi chocotier itu berdiri tahun 2009, wah ane baru tahu.  setelah itu ane buka menu lembar demi lembar. makanannya menarik-menarik , pengemasannya bagus.

 

we'll see below

579621_10200521547542505_1344799661_n.jp

ini dessert andalannya

 

main course?

487511_10200521547742510_1302095374_n.jp

 

ane pesan 3 menu gan

13108_10200521546622482_485558259_n.jpg

 

nah , ini pesanan ane.

 

 

review:

 

menurut ane pribadi sebagai pecinta kuliner dimanapun dan kapanpun. kafe ini worth untuk ukuran BALIKPAPAN, karena harga makanan disana memang di atas standar Pulau Jawa. Rasa bisa menyamai kafe-kafe di Jakarta, selain itu fasilitas nyaman, ada sofa, musik, smoking area, HIGHSPEED WIFI. Kalo ane boleh kasih nilai, dari 5 penilaian ( harga, tempat, fasilitas, kebersihan, dan rasa), rata2 ane kasih 80 semua deh.

 

Btw, buat para backpacker, beware karena 3 menu yang ane makan di atas harganya sudah menginjakan kaki ke angka 80ribu untuk total billing ( itu ane gak pesan main course loh) . selain itu juga, yang nongkrong banyak bule. agan2 bisa lihat pemandangan selat Makassar dari sini.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

ada di MT. Haryono jg, namanya Teras Chocotiers. tempatnya selalu rame kalo malam.

menurutku harga worthed sama rasa dan suasananya, karena harga balikpapan dibanding daerah lain mmg lebih tinggi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By petrus.sitepu
      Pada saat anda mengunjungi sebuah kota yang belum pernah anda datangi, alangkah baiknya apabila anda mencari makanan dari kota khas tersebut. Seperti penulis lakukan ketika mendatangi kota cirebon, penulis mulai mencari makan khas dari kota Cirebon. Sebut saja tahu gejrot, nasi leko, dochang, dan tentu nasi jamblang. Pasti akan menjadi salah satu pilihan anda ketika wisata kuliner ke kota cirebon. 
      1. Dochang
      Makan asli cirebon ini merupakan perpaduan dari lontong, toge daun singkong, kerupuk yang dicampur dengan sayur oncom doge. Waktu yang tempat untuk makan docang adalah pagi hari, dan lokasi yang direkomendasi untuk makan docang di depan pasar keraton kanoman. Harga seporsi untuk docang seharga Rp 15,000.
      2 Nasi Leko
      Sego lengko merupakan sebutan untuk nasi leko oleh masyarakat cirebon. Nasi leko merupakan percampuran tempe, tahu, tauge, potongan timun yang ditaruh diatas nasi dan disiram dengan bumbu rujak dan kecap. Harga untuk satu porsi nasi leko seharga Rp 15,000.
      3. Nasi Jamblang
      Ketika makan nasi jamblangan rasanya sama ketika makan di rumah makan padang yaitu penuh dengan lauk. Satu bungkus nasi yang dibungkus dengan daun jamblang bisa menggunakan 3-4 lauk yang disediakan tentunya dengan porsi lauk yang tidak terlalu banyak. Hampir 15 lauk disediakan penjual dari tahu dan tempe bacem sampai dengan sate telor puyuh. Harga untuk satu porsi nasi jamblang dengan 2-3 jenis lauk seharga Rp 30,000 – Rp 40,000 tergatung pilihan lauk.
      Keunggulan dari nasi jamblang yaitu daun pebungkus nasinya yang menggunakan daun jamblang.
      4. Tahu Genjrot
      Tahu gejrot sendiri banyak ditemukan dikota kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta. Satu set tahu gejrot terdiri dari 2-3 tahu yang diiris sedang yang disiramkan dengan kuah yang sudah dicampur dengan bumbu antara lain cabe, bawang putih, bawang merah dan gula merah. Rasa yang ditimbulkan ketika anda memakan tahu gejrot yaitu semangat untuk mengeliligi kota cirebon. Harga untuk satu porsi tahu gejrot seharga Rp 10,000
      Jadi makanan apa yang pernah anda coba? selain tahu gejrot? Selamat menikmati wisata kuliner cirebon.
    • By elinaid
      Usaha pada bidang masakan, saat ini memang sangat menarik. Tapi, tentu membutuhkan berbagai macam faktor pendorong supaya bisnis dapat jalan terus maju dan tak kalah bersaing dengan pelaku bisnis sejenis.

      Salah satu usaha masakan yang dapat kamu jalankan adalah katering. Usaha katering ini cenderung lebih aman ketimbang membuka restoran makan yang belum tentu rame. Selain itu, makanan yang disiapkan oleh katering adalah yang sesuai dengan pesanan. Jadi, dapat diprediksi tidak akan rugi diakibatkan makanan tersisa karena memang makanan yang diolah sesudah adanya orderan.

      Untuk seorang yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis masakan terutama katering, kamu sepatutnya mempelajari terlebih dahulu apa saja yang perlu disiapkan. Jangan terburu-buru membangun bisnis tanpa tahu langkah ke depannya akan seperti apa.

      1. Menambah pengetahuan dan wawasan

      Sebelum mengawali membuka usaha katering, hal pertama yang semestinya kamu lakukan yaitu mencari tahu tentang seluk beluk usaha katering. Seperti yang sedang kamu lakukan sekarang ini dengan melihat tulisan ini.

      Mencari info ini penting, jangan sampai kamu sudah mulai mengelola usaha katering, tapi tak tahu bagaimana mengembangkannya. Akan amat repot dan hasilnya kurang maksimal jika langsung jalan dan kamu baru mempelajari setelahnya. Karena, bisnis makanan itu tentu beda dibandingkan bisnis di bidang fashion atau yang lain.

      2. Siap-siap Modal

      Setelah mempunyai ilmu mengenai katering, langkah berikutnya adalah menyiapkan modal. Modal ini dipakai untuk apa? Tentu saja untuk penyediaan alat. Misalkan saja kamu memerlukan kelengkapan memasak untuk 100 porsi, mungkin bila orderannya masih sebesar itu, kelengkapan yang ada di dapur masih sanggup untuk melayaninya. Akan tetapi, saat pesanan kian banyak, butuh lebih banyak peralatan agar waktu yang digunakan untuk memasak lebih efisien.

      Selain kelengkapan masak, kamu juga memerlukan dapur untuk memasak. Dapur rumah masih dapat dipakai, tetapi perlu penataan ulang supaya ketika mengerjakan orderan lebih mudah. Kamu juga akan memerlukan rak khusus untuk tempat peralatan, bumbu-bumbu, dan peralatan lainnya.

      Untuk pemula, biasanya akan memerlukan biaya yang tidak terlalu besar untuk membeli bahan makanan saat ada pesanan. Estimasi tarif yang diperlukan sekitar 500 ribu sampai 2 juta rupiah. Tentu seluruh itu tergantung dari orderan yang sedang kamu kerjakan.

      3. Menjaga Kualitas Makanan

      Menjaga mutu makanan itu sangat penting, apalagi untuk usaha katering. Karena, konsumen biasanya coba-coba dulu menggunakan jasa katering yang belum pernah ia gunakan. Nah, saat kwalitas dan rasa dari makanan yang kamu masak baik, tentu hal ini dapat menjaga pelanggan supaya nantinya pesan lagi ke katering yang kamu miliki.

      Selain itu, pengunjung sebuah acara pasti akan bertanya pada yang tuan rumah rasa dan mutu makanannya enak. Hal ini juga dapat menjadi promosi gratis yang dapat kamu lakukan.

      Tapi, yang lebih penting lagi, makanan ini ialah barang yang gampang sekali basi. Jika kualitasnya tak kita jaga, tentu dapat memberi pengaruh umur makanan tersebut.

      Dan, saat makanan yang kita sajikan telah tak sesuai, bisa - bisa menyebabkan keracunan.

      4. Selalu Membuat Inovasi Baru

      Setiap bisnis tentu membutuhkan sebuah kreatifitas supaya bisa bersaing dengan kompetitor. Begitu juga dengan bisnis katering, kamu semestinya dapat membikin sesuatu yang baru supaya tidak tertinggal dan tetap bisa menarik pelanggan.

      Kreatifitas dalam bisnis katering ini ada banyak yang dapat kamu lakukan, misalnya memperbanyak menu yang ada, membuat paket dengan harga yang relatif terjangkau atau bersaing dengan kompetitor atau inovasi lain yang mungkin dapat mendongkrak penjualan kamu.

      5. Manajemen Waktu Terkait Penyajian

      Penyedia jasa tentulah sangat terikat oleh waktu, saat ada orderan  yang seharusnya siap jam 8 pagi, tentu kita sudah mengantarkannya lebih awal. Kalau ada orderan untuk acara prasmanan, tentu kita seharusnya lebih awal lagi untuk mempersiapkan semuanya.

      Nah, ketepatan waktu penyajian ini menjadi amat penting karena konsumen tentu tidak ingin jika acaranya jadi batal hanya karena makanan yang belum siap. Oleh karena
      itu, kamu harus dapat memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk mengolah, mengantarkan, serta menyajikan makanan hingga dapat dinikmati oleh konsumen.

      6. Sedikit banyak Belajar Teknik Marketing, Termasuk Dunia Internet

      Di jaman yang serba komputerisasi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi informasi tentu akan menjadi hal yang wajib. Sebagian orang akan mencari sesuatu yang ia butuhkan secara online, termasuk saat akan mencari katering untuk acara yang akan diadakan.

      Tidak perlu hal yang susah dikerjakan, kamu bisa mulai dari membikin sebuah fanspage pada Facebook, atau mungkin membikin sebuah akun Instagram. Nah, ketika mulai bisa memanfaatkan media sosial, langkah selanjutnya adalah membikin sebuah website. website diperlukan agar bisnis yang kamu jalankan nampak lebih serius dan membuat orang lebih percaya.

      Tapi, jangan tinggalkan juga promosi secara offline ya, hal ini tentu tak akan pernah bisa tergantikan.

      7. Sesekali Mencoba Bereksperimen

      Seperti halnya berinovasi, bereksperimen ini juga perlu sekali-sekali dilakukan. Kamu bisa bereksperimen tentang menu yang akan dijadikan, paket yang kelihatannya akan menarik konsumen, atau mungkin sistem penyajian dari makanan. Semua bisa kamu coba dan kreasikan sampai menemukan mana yang hasilnya memuaskan.

      8. Belajar Menetapkan Tarif yang Rasional

      Salah satu alasan konsumen memilih sebuah jasa katering adalah tarifnya yang cocok. Jangan pernah menetapkan harga yang terlalu tinggi sedangkan kamu baru mengawali usaha katering. Tetapkan harga yang sesuai dengan pasar, atau jikalau dapat sedikit bersaing sehingga konsumen akan menggunakan katering milik kamu.

      9. Jangan Bermental Lemah

      Selain mengurusi keadaan sulit teknik perkateringan, jiwa yang kamu punya juga harus kuat. Karena, bisa jadi kamu menerima konsumen yang kurang sabar dan banyak komplain. Apabila mentalmu kurang kuat, bisa jadi baru mendapatkan satu kali orderan saja telah berkeinginan berhenti.

      10. Kendala Umum yang Sering kali Dihadapi
      Ada banyak kendala yang acap kali menjadi problem saat kita membuka usaha katering, seperti banyak pesaing usaha katering, masakan yang tidak cocok dengan selera pelanggan, izin usaha yang belum didapatnya, pengelolaan orderan yang biasanyakerap mendapat komplain.

      11. Belajar dari Orang Lain yang telah membuka bisnis masakan

      Setelah sukses menjalankan bisnis katering, kamu juga perlu untuk menimba ilmu dari pengusaha yang sudah lebih dahulu terjun dalam dunia katering. Ada banyak orang yang dengan suka rela menjelaskan ilmu tanpa ditutup-tutupi.

      Tapi ingat, kamu mesti tahu dengan siapa berbicara. Sebelum belajar dan menggali cerita dan pengalaman, usahakan kamu sudah mengakrabkan diri terlebih dahulu.

      Jangan tiba-tiba seketika meminta untuk diajarkan, padahal kita belum meperkenalkan diri terlebih dulu.

      Nah, itu tadi beberapa hal yang mesti kamu persiapkan ketika memulai membuka usaha katering. Selalu utamakan kenyamanan pelanggan agar kamu menerima konsumen yang setia dan nantinya dia akan mengorder kembali.
    • By talentaorganizer
      Nyai Rasa Resto & Galeri di Jl Cipete Raya No 65, Jakarta Selatan adalah sebuah resto sekaligus galeri seni
    • By Eko Carbon Prasetyo
      Jam 1 malam,duit tinggal 7 ribu ditambah pengen nyari suasana lain selain angkringan? Apa iya bisa? 
      Pikiran saya langsung tertuju pada warung kaki lima yang menyediakan menu rumahan.Tapi ada satu yang saya incar.Bubur tumpangnya itu lho. Seporsi 3 ribu rupiah. 
      Salah satu streetfood favorit yang pas banget buat manusia nokturnal kayak saya. 

      Bayangin aja,jam 1 malem bisa dapet makanan semurah ini..hehehe 

      Pengen tau lebih detailnya? Cek video saya yang satu ini.
    • By Alfa Dolfin
      "Ah gila si Adit bawa gue ke sini....". . comment ku begitu tiba di tempat yang di tunjukannya.
      "Tenang aja, bang. Adit sudah biasa kog ke sini...", sahutnya tenang.
      Bukan apa-apanya. Meski senang sekaligus surprise tetap ada ada rasa was-was. Masalahnnya tempat ini persis di salah satu ujung landas pacu bandara Sepinggan di Balikpapan. Ternyata area terbuka. Melihat kondisinya bisa saja nyusup masuk ke landasan. Beruntung saat itu tidak ada petugas yang jaga. Tapi keberadaan kami disini mudah sekali terlihat dari areal dalam bandara. Bahkan pilot yang akan mendarat pun bisa melihat posisi kami.
      Yeaaaa.....itulah kulminasi yang cukup menegangkan di penghujung traveling di Balikpapan. Awalnya perkenalan dengan Adit, pemuda ganteng yang tinggal di Balikpapan. Obrolabn, chatting, tibalah tawaran untuk main-main ke Balikpapan. Wah sudah pernah sebelumnya. Ngga hanya Balikpapan tapi juga ke Samarinda. Kali ini Adit menawarkan dan bersedia mengantar kemana aku mau selama di Balikpapan. Tawaran menarik, cuma aku harus mikir-mikir dulu sebelum menerima ajakannya. Beruntung ternyata Garuda membuka tiket promo dengan harga menarik tujuan Jakarta-Balikpapan. Setelah konfirm dari Adit di tanggal tersebut dia bisa segera aku done-kan tiket itu. Jadilah berangkat.
      Benar saja. Jumpa perdana di Balikpapan Adit langsung mengantar kemana aku mau. Naik motor keliling kota Balikpapan. Bahkan sampai ke luar kota, 20 kilo dari Balikpapan, yaitu ke Teritip, di jalanin juga. Mengetahui aku suka motret pesawat, jelang pulang Adit ngajak mampir ke salah satu spot yang oke untuk motret pesawat. Sudah pasti senang dan semangat. Thanks sebelumnya Adit.
      Setelah parkir kendaraan di daerah perkampungan, entah namanya apa, di ajak melewati semakp-semak. Sampai di sebuah pos penjagaan yang kosong. Disinilah tempatnya, kata Adit. Begitu lihat lokasinya, yang tadinya senang lah kog jadi mendebarkan. Teringat beberapa waktu lalu seorang rekan fotografer pernah akhirnya di ciduk petugas keamanan, di introgasi hampir 12 jam, baru di lepas. Penyebabnya, dia hunting tanpa ijin di sekitar sini. Ketahuan petugas jadilah...... Masalahnya waktu itu di bandara Sepinggan rupanya sedang parkir 2 pesawat tempur F-16. Semua isi memori di periksa. Setelah clear baru di lepas. Oalaaaaaa....apakah aku akan ngalami seperti ini...
      Jangan khawatir bang, Ngga sampai begitu kog, kata Adit setelah aku ceritakan kecemasan. Yeaaa.......semoga saja. Jadilah aku motret dengan rasa cemas......Berikut beberapa hasilnya....hunting yang mendebarkan...

      Awan tebal di atas bandara Sepinggan

      dari tempat ku berdiri, dalam kondisi hujan, sempat motret salah satu pesawat Garuda yang sedang taxi ancang-ancang take off.

      Adit "maksa" aku motret persis di ujung landasan. Tentu saja ini mendebarkan. Terlihat petugas langsung aku di ciduk. Tinggal melangkah dikit sudah masuk areal bandara. Akhirnya...happy ending. Aman... kamera pun aman... Cuma ogah di ajak hunting mendebarkan begini lagi....

      momen yang aku tunggu, saat ada pesawat ancang[-ancang landing

      siap-siap pencet tombol shutter

      Makin mendekat...makin semangat meskipun cemas juga....

      siiip.....dapet.....

      Saat ada pesawat take off

      ealaaaaa....ada warga yang berani melintas landas pacu. "Tuch bang. lihat itu orang. ngga apa-apa kog...", kata Adit. Iya...cuma aku tetap aja kurang yakin.
      Yeaaaa.....motret berhadapan satpam sudah sering. Berani aja... tapi kalau ngadepin tentara....nah itu dia. Ngga berani main-main dech. Untunglah happy ending. "aman". Ngga di samperin tentara seperti rekan fotografer yang aku ceritakan di atas. Cuma....mikir ulang tuk sport jantung hunting begini.....
       
    • By dernz27
      Halo semua,
      Salam Kenal 
      Sesuai judul, saya ingin tanya pantai mana saja di daerah selatan malang yang kita bisa berenang atau main main air cantik gitu hehehe..
      ps : selain pantai tiga warna dan gatra ya, karena kesananya hari kamis dan pengelolanya tutup hari kamis.
       
      Sesudah capek2 di pantai, saat nya makan nih... tp butuh referensi juga kuliner enak unik di malang rekomendasi teman-teman jalan2.com
       
      Thanks before 
    • By citrariana
      Sawaddi Kab! Sawaddi Kha!
      Thailand merupakan negara tetangga yang sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia. Letak geografis yang strategis serta mudahnya tarnsportasi menuju Thailand yaitu cukup naik pesawat saja membuat negara ini menjadi tujuan favorit. Selain itu, Thailand juga terkenal dengan masyarakatnya yang menjaga budaya leluhur dengan sangat baik. Tidak heran bila terdapat banyak acara adat yang diselenggarakan di Thailand seperti Festival Loy Krathong. Mengunjungi Thailand tentu tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Berikut beberapa rekomendasi surge belanja di Thailand yang dapat Anda kunjungi.
       
       
      Pantip Plaza

      Tempat ini menjual berbagai macam barang elegtronik. Anda dapat membawa pulang gadget yang Anda inginkan dengan harga yang lebih terjangkau dari tempat lain. Barang yang ditawarkan adalah barang dengan garansi resmi lho. Namun, jangan gegabah untuk langsung membeli ya! Sebaiknya Anda menjelajahi setipa toko dulu karena setiap toko menawarkan harga berbeda. Hal ini memang sedikit merepotkan. Namun, Anda pasti akn puas bila mendapat harga terbaik bukan.
      The Platinum Fashion Mall

      Siapa penggemar fashion Korea, Hong Kong, atau Jepang? Maka tempat ini sangat cocok bagi Anda. Anda dapat menemukan fashion pria maupun wanita lengkap mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Sekali lagi, Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan. Mall lima lantai ini susah didesain untuk memudahkan pengnjung yaitu dengan mengelompokkan bebrbagai pakaian wanita, pria, anak-anak, dan aksesoris secara terpisah. Tak lupa terdapat food court di dalam mall ini. Anda dapat mencicipi berbagai hidangan Thai sembari melepas lelah. Letak mall ini hanya bersebelahan dengan Palntip Plaza.
      Central World

      Ini dia surganya barang bermerk. Berlokasi di Rajchaprasong Juncton, pusat belanja ini menjual berbagai macam produk fashion, gadget, jam tangan hingga buku. Penjualan terlarisnya adalah jam tangan. Jam tangan di pusat belanja ini termasuk yang paling lengkap. Memberikan oleh-oleh jam tangan pasti akan sangat bermakna bagi yang menerimanya.
      Oleh-oleh Khas Thai
      Tidak sulit untuk membeli barang khas Thailand. Anda dapat menemukannya hamper di setiap area wisata. Namun, bila Anda ingin berburu oleh-oleh khas Thailand lebih baik Anda datang ke MBK Center, Chatuchak Weekend Market, dan Amarin Plaza. MBK Center. Beberapa tempat tersebut merupakan pusatnya oleh-oleh khas Thailand. Di Amarin Plaza misalnya, Anda dapat membeli kain sutra Thailand.
      Kuliner Thailand
      Beberapa tempat yang kami rekomendasikan adalah Shukumvit Road dengan konsep pasar malam. Di sana kamu harus pintar menawar ya. Selanjutnya adalah Khao San Road. Tempat ini merupakan tujuan para pelancong luar negeri. Sebaiknya Anda mengunjungi tempat ini pada sore atau malam hari. Tang terakhir adalah kompleks China Town. Di sana berjajar berbagai restoran di sepanjang jalan. Selain itu, Anda dapat membeli pernak pernik.