Sign in to follow this  
Jalan2

Sokcho, “The Sky to Sea Activity�

2 posts in this topic

Sokcho merupakan salah satu provinsi di Korea Selatan yang menjadi daya tarik wisatawan. Dengan mengusung slogan “The Sky to Sea Activity” ini bukannya tanpa alasan. Selain menyediakan wisata bahari karena letaknya yang berada di Semenanjung Korea, Sokcho juga terkenal akan keindahan pegunungan Mt. Soeraksan National Park. Dengan keunikannya ini, Sokcho menjadi salah satu tempat berkesan yang menawarkan paket wisata komplet bagi warga lokal dan juga turis mancanegara.

 

 Masyarakat Korea Selatan sendiri memiliki kesenangan khusus terhadap olahraga trekking atau mendaki gunung. Trekking dan berjalan-jalan menyusuri jalan pegunungan tidak hanya dinikmati oleh anak muda saja tetapi juga orangtua yang sudah berumur. Jika Anda naik kereta menuju Sokcho, maka akan banyak mendapati sekelompok senior citizen (60+ tahun) lengkap dengan baju training, botol minum, sepatu hiking, dan tongkat. Nah, Mt. Soeraksan adalah salah satu objek untuk para penikmat olahraga trekking, termasuk turis dari mancanegara.

 

Sokcho dapat dikunjungi dengan menggunakan moda transportasi umum. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam dari Gangnam Express Bus Terminal, Seoul. Tidak perlu terburu-buru karena perjalanan Seoul-Sokcho ini setiap harinya melakukan 24 kali pemberangkatan. Dimulai dari pukul 6.30 sampai 23.30. Jenis bus yang digunakan juga bervariasi. Bus biasa biasanya seharga w16.500 (Rp 132.000,00), dan untuk tipe bus Excellence seharga w24.400 (Rp195.200,00).

 

Seperti di Indonesia, bus pun ada jenis-jenisnya di sana. Mungkin Anda akan sedikit kebingungan pada awalnya. Di sana ada jenis Express Bus, yaitu bus yang dikhususkan bagi penumpang dari Seoul, Busan, atau Incheon. Perjalanannya tanpa berhenti di setiap terminal. Ada pula Inter-city Bus, yaitu bus yang melewati rute perjalanan ke kota kecil dan berhenti di setiap terminal. Memang agak sulit dan kalau tidak pintar-pintar bertanya Anda malah akan nyasar ke tempat yang berbeda. Selain bus memang masih ada alternatif Taksi, namun tidak disarankan karena argo taksi di Korea Selatan termasuk mahal. Argonya benar-benar berlari seperti kuda, bertambah w10 setiap hitungan 10 detik. Tidak sehat bagi Anda yang memiliki penyakit jantung.

 

Jika Anda ingin bermalam di Sokcho untuk menikmati semua tempat wisata yang ada, cobalah penginapan The House Hostel yang menjadi rekomendasi hostel terbaik (dan satu-satunya). Rumah yang cantik, dengan gaya klasik dan permainan warna-warna pastel, ditambah interior yang nyeni, membuat penginapan ini membuat Anda merasa layaknya rumah sendiri. Terlebih lagi, manajer penginapan yang bernama Mr. Yoo tersebut fasih berbahasa Inggris meskipun masih kental dengan aksen Koreanya. Namun pelayanan, bantuan, serta keramahannya akan membuat Anda betah dan merasa terbantu. Biasanya setibanya Anda di penginapan, Mr.Yoo akan memberikan sebuah peta dan menjelaskan apa-apa saja yang bisa Anda nikmati selama di Sokcho.

 

post-1-0-89508300-1360318157_thumb.jpg

 

Salah satu yang direkomendasikan oleh Mr. Yoo ialah hiking di Mt. Soeraksan. Gunung ini adalah gunung tertinggi sekaligus Taman Nasional Korea Selatan. Ada tiga lokasi yang bisa Anda kunjungi di Mt. Soeraksan. Gwongeumsong (860 m) adalah lokasi yang paling mudah untuk dijangkau karena dapat menggunakan kereta gantung atau gondola. Sedangkan Ulsanbawi (875 m) baru bisa dicapai sekitar 2,5-3 jam dan yang tertinggi ialah Daecheongbong (1707,9 m) yang bahkan membutuhkan 11-12 jam waktu tempuh dengan berjalan kaki!

 

            Trek pendakiannya tidak sesulit yang dibayangkan karena sudah dibuat undakan juga tangga dan pegangan yang akan mempermudah Anda untuk mencapai puncak. Jika Anda tidak banyak waktu untuk trekking, cukup menaiki gondola dan menghemat sepertiga perjalanan. Pemandangan yang didapat juga tidak megecewakan. Tidak perlu khawatir jika merasa lapar dan haus karena ada toko-toko yang menjual makanan serta minuman khas Korea Selatan di area Gondola.

 

            Untuk mencapai Mt. Soeraksan, Anda dapat menggunakan bus nomor 7 atau 7.1 dari halte bus yang tidak jauh dari The House Hostel. Tiketnya seharga w1.000 (Rp 8.000,00) untuk satu kali perjalanan. Harga tiket masuk Mt. Soeraksan sendiri sebesar w2.500 (Rp 20.000,00). Sedangkan untuk naik gondola akan dikenakan biaya seharga w8.500 (Rp 68.000,00).

 

            Seperti slogan yang dipakai, selain Mt. Soeraksan, Sokcho juga memiliki wisata bahari. Ada pelabuhan yang dapat Anda kunjungi dan mercusuar yang cantik di malam hari, juga pasar ikan yang menjual berbagai ikan dan hewan laut segar lainnya. Menikmati pemandangan laut dan burung camar yang beterbangan menjadi salah satu hal yang menyenangkan di kota ini.

 

post-1-0-97103900-1360318209_thumb.jpg

 

            Jika masih ada waktu untuk berjalan-jalan, mengunjungi perkampungan replika Korea Utara, yaitu Abai Village bisa menjadi salah satu pengalaman seru. Korea Utara yang terisolasi dari dunia luar dan bersitegang dengan Korea Selatan sampai saat ini memang sulit untuk digapai. Perkampungan ini merupakan tempat tinggal para imigran Korea Utara, Mereka berjualan makanan khas negara asal mereka.

 

            Untuk mencapai Abai Village, Anda harus menggunakan perahu Gaetbae yang ada di Sokcho. Perahu ini dijalankan dengan menggunakan tali yang ditarik oleh seorang petugas. Keadaan di Abai Village seakan mencerminkan kondisi negara asalnya. Sungguh berbeda dengan Sokcho secara keseluruhan yang terkesan lebih modern.

 

post-1-0-51048400-1360318335_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By ka1dhani
      Hello sahabat Jalan2.com!
       
      Disini saya mau sharing pengalaman saya bersama teman teman saya saat pergi ke kota Sokcho dan hiking di gunung Seoraksan, propinsi Gangwon-do, Korea Selatan. Pada tanggal 9-10 November 2013.
       

       
      Seoraksan adalah gunung tertinggi ketiga di Korea Selatan setelah gunung Halla di Jeju-do dan gunung Siri di Gyeongsang. Gunung Seorak adalah objek wisata yang ramai dikunjungi sepanjang tahun, tapi puncak kunjungan terjadi di musim gugur, ketika dedaunan berwarna-warni. Kecantikan Gunung Seorak di musim gugur dikagumi sebagai salah satu pemandangan musim gugur terindah di Korea. Dedaunan hutan yang merah dan kuning mewarnai batu-batuan dimana aliran mata air keluar.
      Karena waktu yang di tempuh untuk mencapai Seoraksan dari kota Seoul cukup lama (Sekitar 3jam), saya dan teman teman memutuskan untuk menginap semalam di kota Sokcho (Kota yang dekat dengan Seoraksan).
       
      Day 1 (9 November 2013)
       

       
      Kita membeli tiket Bus dari Express Bus Terminal, Seoul, ke kota Sokcho. Harga tiket Bus nya sekitar 17.000 Won (Sekitar Rp.170.000)
      Kita berangkat dari Express Bus Terminal sekitar jam 10 dan sampai di kota sokcho sekitar jam 1 (Perjalanan sekitar 3jam). Saat tiba di Sokcho, kita langsung keliling mencari penginapan yang murah, dan kami tiba di motel kecil tidak jauh dari station bus Sokcho yang harga nya cocok untuk kita yaitu 40.000 Won untuk semalam (Senilai Rp.400.000). Di dalam kamar nya ada 1 Tempat Tidur, Komputer, TV, Meja, Lemari Pakaian, Kulkas, Kamar Mandi (tersedia air hangat), dan Floor Heater. Untuk AC kami tidak nge cek, karena pada saat itu kita tidak membutuhkan AC. Setelah check-in dan menaro barang barang yang kurang perlu di bawa, kita langsung naik Bus nomor 7 (Untuk ke Seoraksan bisa naik bis nomor 7 dan 7-1, harga bis sekitar 1.500 Won) yang menuju ke pintu masuk Seoraksan National Park, perjalanan yang di tempuh sekitar 30 menit. Harga tiket masuk Seoraksan National Park sekitar 3.500 Won. Karena pada saat kita sampai cuacanya sedang tidak memungkinkan untuk hiking, karena hujan dan waktu udah kesorean, kita memutuskan untuk jalan ke tempat yang dekat dekat saja. Kami menemukan patung Buddha yang besar, kuil Singheungsa, dan juga genteng yang di tulis oleh Joe Taslim!
      Setelah muter muter sekitar 2 jam, kita memutuskan untuk balik ke kota Sokcho, makan malem di Sokcho dan langsung beristirahat di motel.
       

       
      Day 2 (10 November 2013)
       

       
      Hari kedua kita bangun jam 6 pagi, mandi, dan siap siap berangkat. Kota Sokcho ini sebenernya tidak begitu spesial, yang membuat kota ini spesial adalah karena lokasi nya dekat dengan gunung Seoraksan, dan di kota Sokcho ini terdapat pantai. Pagi itu kita memutuskan untuk mampir ke pantai Sokcho setelah sarapan di mini market (Maklum restoran belum pada buka). Pantai Sokcho lumayan bagus, bersih, dan ada pulau kecil tidak jauh dari pantai yang mungkin kita bisa kesana. Tetapi karena pada saat kita kesana lagi Fall season jadi tidak ada orang yang berenang. Jadi kita hanya jalan jalan sebentar di dekat pantai. Setelah dari pantai, kita langsung naik bis nomor 7 atau 7-1 yang menuju Seoraksan National Park.
      Setiba nya di Seoraksan National Park, kita langsung hiking menuju Ulsanbawi Rock. Perjalanan untuk mencapai Ulsanbawi Rock sekitar 3,3 km. Track nya sangat mudah, karena jalanan nya sudah tersedia seperti batu batu dan tangga tangga. Sehingga kita dapat menjumpai pengunjung dari kakek-nenek, om-tante, remaja, sampai anak kecil yang sama sama menuju Ulsanbawi Rock.
      Dalam perjalanan kita menuju Ulsanbawi Rock, kita menjumpai 2 pit-stop (Tempat duduk, restoran, toilet, dll), dan 1 kuil. Ulsanbawi Rock mempunyai 2 puncak, satu puncak yang tertinggi terdapat bendera Korea dan penjual medali, yang kedua hanya mungkin tempat untuk melihat pemandangan dan foto foto.
       

       
      Setelah turun dari puncak Ulsanbawi Rock, kita langsung naik cable car atau kereta gantung ke puncak gunung yang satu lagi yaitu Gwongeumseong (Harga tiket cable car nya sekitar 9.000 Won senilai Rp.90.000). Dari station cable car Gwongeumseong jalan menuju puncak nya hanya di tempuh dalam waktu 10 menit. Untuk naik ke puncak yang bener bener puncak cukup menantang dan berbahaya, karena kita di perlukan untuk memanjat dan berpegangan ke batu batu dan tali. Tetapi banyak juga anak anak kecil dan ibu ibu yang naik ke puncak nya. Ya, di puncak Gwongeumseong juga terdapat orang yang jual medali, medali yang di jual harga nya sekitar 10.000 won atau senilai 100.000 Rupiah, tergantung ukuran, harga dapat berubah. Setelah puas melihat pemandangan dan foto foto dari atas puncak Gwongeumseong, kita memutuskan untuk cemil cemil di station cable car. Setelah cemil cemil, Kita kembali naik cable car untuk turun ke bawah. Setelah sampai di bawah, kita memutuskan untuk kembali ke kota Sokcho, karena udah cukup sore. Sesampai nya di Sokcho, kita langsung beli tiket bis ke Seoul. Perjalanan ke kota Seoul sekitar 3 jam.
       

       
      Tips-Tips untuk yang mau mengunjungi Seoraksan
       
      1. Pastikan cuaca cerah tidak hujan
      2. Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai musim
      3. Pakailah sepatu yang nyaman, kalau bisa sepatu hiking
      4. Menginaplah setidaknya 1 malam di Sokcho, karena tidak mungkin bolak balik Seoul-Seoraksan dalam 1 hari
      5. Siapkan fisik dan mental
      6. Kalau mau irit, bawalah bekal dan minuman
      7. Berdoa sebelum berangkat
      8. Naiklah ke puncak Ulsanbawi Rock dan Gwongeumseong, karena itu pengalaman yang hebat
      9. Jangan menyerah di tengah jalan
       
      Untuk mendaki ke puncak Ulsanbawi Rock dan Gwongeumseong tidaklah susah dan tidak harus expert dalam hiking. Karena ini juga pertama kali nya saya mendaki gunung.
       
      Ini ada sedikit video kami saat mengunjungi Sokcho dan Seoraksan. Semoga video nya dapat memberi sedikit gambaran mengenai Sokcho dan Seoraksan. Terima Kasih!
       
      http://www.youtube.com/watch?v=LZ0XvQjTe3U
    • By ka1dhani
      Hello sahabat Jalan2.com!
       
      Saya Kevin dari Jakarta, saat ini saya sedang menjalani program pertukaran pelajar ke Korea Selatan. "Petualangan Coy!" ini adalah salah satu hasil dari keisengan saya di Korea, yaitu merekam perjalanan dan pengalaman saya pada saat menjelajahi tempat tempat baru dan indah di Korea.
       
      Di video ini, saya, Leony, Beatrice, Levina, dan Jose teman kami dari Mexico sedang berjalan jalan ke Sokcho City dan Seoraksan Mountain.
      Sokcho city adalah kota di profinsi Gangwon-do. Dan gunung Seoraksan adalah gunung tertinggi ketiga di Korea Selatan yang lokasi nya tidak jauh dari Sokcho.
      Penasaran dengan perjalanan kami ke Sokcho dan Seoraksan? Saksikan video nya! Semoga video kami dapat memberi sedikit gambaran tentang Korea.
       
      http://www.youtube.com/watch?v=LZ0XvQjTe3U
       
      Check out our Field Report http://forum.jalan2.com/topic/10435-petualangan-ke-sokcho-dan-gunung-seoraksan-gangwon-do/