• 0
Sign in to follow this  
baehaki

Daftar 10 Stasiun Kereta Tertua yang ada di Indonesia

Question

Kereta, ini merupakan moda transportasi yang paling saya sukai kalau jalan-jalan. Alasan utamanya, adalah murah dan yang pasti bebas macet, walaupun sayangnya tidak bebas musibah. Terlebih akhir-akhir ini sering terjadi kereta keluar jalur lah atau jalur rel yang ambles. Eniwei, kita nggak lagi bahas itu. Tapi, apakah Anda tahu stasiun-stasiun yang masuk kategori tua di Indonesia? Kalau nggak tau, ini adalah daftar 10 stasiun tertua di Indonesia

 

1. Stasiun Semarang Gudang / stasiun Tambaksari

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

 

Stasiun tertua pertama di Indonesia adalah Stasiun Semarang Gudang atau yang kini juga sering disebut sebagai Stasiun Tambaksari. Stasiun ini pertama kali diresmikan oleh Gubernur Jenderal Belanda, Baron Sloet van de Beele pada 16 Juni 1864. 

 

2. Stasiun Tawang Semarang

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

 

Stasiun tertua kedua di Indonesia masih ada di kota semarang, dan hingga kini masih beroperasi, yakni Stasiun Tawang. Bahkan, kalau dibandingkan foto antara kondisi stasiun ini di zaman dulu dengan kondisi sekrang tidak terlalu jauh berbeda. Hal ini menandakan bahwa pemerintah kota Semarang memberikan perhatian yang baik untuk stasiun ini. 

 

 

3. Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

 

 

Jika Stasiun Tawang berada di jalur kereta pantura, maka jalur selatan memiliki stasiun kereta tertua nomor tiga di Indonesia, tepatnya Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Stasiun ini sendiri hingga kini pun masih difungsikan dengan normal, dan menjadi tempat pemberhentian semua kereta ekonomi yang melalui jalur selatan.

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

Staiun ini sendiri didirikan pada tanggal 2 Maret 1872 dan terletak tidak terlalu jauh dari Stasiun utama di Yogyakarta, yakni Stasiun Yogyakarta atau yang kerap disebut Stasiun Tugu. 

 

 

4. Stasiun Ambarawa

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

 

 

Kita masih belum beranjak dari kawasan Jawa Tengah, tepatnya kota Ambarawa. Di sini berdiri stasiun tertua nomor empat di Indonesia, yakni Stasiun Ambarawa. Saat ini, stasiun ini memang sudah tak dioperasikan secara normal. Sebagai gantinya, stasiun ini difungsikan sebagai museum dan melayani perjalanan wisata memakai lokomotif tua.

 

Pada zamannya, staiun ini digunakan sebagai sarana untuk mengangkut para tentara Belanda menuju Semarang. Pada awal pendiriannya di tahun 1872, stasiun ini dinamakan sebagai Stasiun Willem I. 

 

 

5. Stasiun Kedungjati, Grobogan

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

Selang setahun setelah pembangunan Stasiun Ambarawa, pemerintah Belanda mendirikan stasiun Kedungjati yang berada di Kedungjati, Grobogan, Jawa Tengah. Dikatakan bahwa desain bangunan stasiun ini juga diprakarsai oleh desainer yang sama dengan Stasiun Ambarawa. Sayangnya, stasiun ini sudah tidak beroperasi sejak tahun 1976. 

 

 

6. Stasiun Solo Balapan

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

 

Suka lagunya Didi Kempot? Nah, stasiun Solo Balapan inilah yang menjadi stasiun tertua nomor enam yang ada di Indonesia. Dan, lagi-lagi stasiun ini berada di Jawa Tengah. Stasiun ini menurut sejarah didirikan pada tahun 1873 oleh Pemerintah Belanda pada masa pemerintahan Mangkunagara IV.

 

7. Stasiun Purwosari, Surakarta

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

 

Masih di Jawa Tengah, ada stasiun tertua nomor 7 di Indonesia, yakni Stasiun Purwosari dan juga berada di kota Surakarta (betewe, surakarta itu sama nggak sih ama solo???). Bangunan stasiun ini didirikan pada tahun 1875 dan merupakan stasiun percabangan antara menuju ke Surabaya dan Wonogiri. 

 

 

8. Stasiun Semut / Stasiun Surabaya kota

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

 

Hmm... lumayan sering nih datang di stasiun yang satu ini, yakni Stasiun Semut. Stasiun yang merupakan tempat pemberhentian terakhir sekaligus tempat pemberangkatan pertama di Surabaya ini didirikan pada tahun 1878.

 

9. Stasiun Malang Kotalama

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

 

Stasiun tertua nomor 9 masih ada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Malang. Stasiun tersebut adalah Stasiun Kotalama yang tercatat telah berdiri sejak tahun 1879. Stasiun ini hingga kini masih beroperasi dengan normal. Penamaan Stasiun Malang Kotalama sendiri dimaksudkan karena usia bangunan yang sudah tua. Selain itu, penamaan itu juga digunakan karena pemerintah Malang membangun stasiun baru yang disebut sebagai Stasiun Malang.

 

10. Stasiun Ijo-Gombong   

 

proxy.jpg?t=FQQVBBgpaHR0cHM6Ly90d2l0cGlj

 

 

Stasiun terakhir yang masuk dalam daftar sepuluh 10 stasiun tertua di Indonesia adalah Stasiun Ijo - Gombong. Stasiun ini berada di sebelah barat Stasiun Gombong, di Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Stasiun ini didirikan pada rentang waktu antara 1885-1886.

 

Stasiun ini adalah stasiun kecil, bukan tempat pemberhentian kereta. Fungsi stasiun ini adalah sebagai pengontrol terowongan jalur rel atau yang biasa disebut Terowongan Ijo yang berada di sebelah timur stasiun ini.

 

Sumber: Twitter GNFI

Share this post


Link to post
Share on other sites

3 answers to this question

  • 0

wah stasiun bandung gak masuk ya

hmm... nggak tau juga sih... bisa aja nggak valid daftar dari GNFI ini... soalnya, saya baca di Wikipedia, Stasiun Hall diresmikan pada tahun 1884... dan mestinya masuk... :)

 

kerennnnn yaaaaaaaaa........

semua ada di pulau jawa yaaa :)

yang di sumatera pada baru2 semua yaa????

 

sama ni sama ts nya, ni trnasportasi favorit saya :D

 

hehe... enak emang naek kereta... 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this