• 0
Wasnia

Oleh-Oleh Apa Yang KHAS Indonesia?

Question

Halo temen2, kali ini saya mau ngobrolin tentang oleh-oleh khas Indonesia. Sebenarnya Indonesia banyak banget sih yang bisa dijadiin oleh-oleh khas karena di setiap daerah pasti ada saja ke khas-an nya, namun ada beebrapa benda atau cindera mata yang paling menggambarkan ke-Indonesiaan kita hehehe! Antara lain barang-barang tersebut adalah :

  • post-772-0-39833800-1360342073_thumb.jpgKoteka. Nah, benda yang satu ini kayaknya cuma ada di Indonesia , tepatnya di Papua. Benda berbentuk seperti selongsong kayu ini berguna untuk menutupi alat kelamin pria, alias pakaian penduduk pria asli Papua adalah koteka ini.
  • post-772-0-87944900-1360342092_thumb.jpgWayang Kulit. Wayang kulit ini adalah salah satu oleh2 khas Jawa khususnya Yogyakarta. Terbuat dari kulit kambing atau kerbau. Saking uniknya malah sudah terkenal sampai ke mancanegara loh! Kalau mau lihat cara pembuatannya silahkan dateng aja ke Desa Wisata Gendeng, Yogyakarta.
  • post-772-0-61346200-1360342078_thumb.jpgBatik Kayu. Batik yang kini sudah diakui dunia makin terkenal saja, apalagi sekarang sudah dapat dilukiskan di atas kayu. Tempat yang terkenal sebagai pembuat batik kayu ini adalah di Desa Krebet, Yogya. Dan industri batik kayu ini juga Go Green alias menggunakan bahan kayu yang tidak terpakai. Jadi mereka tidak akan menebang pohon untuk membuat batik kayu :D
  • post-772-0-61837100-1360342097_thumb.jpgAngklung. Alat musik yang satu ini sudah terkenal sampai ke mancanegara sebagai salah satu alat musik yang dapat mengeluarkan musik khas. Diciptakan di tanah Pasundan, dan kita bisa menyaksikan pertunjukkan angklung yang fenomedal di Saung angklung Mang Udjo, Bandung.

 

Itu adalah beberapa benda yang menurut saya Indonesia banget, kalo menurut teman-teman apalagi ya kira2? silahkan di share disini yaaa :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

10 answers to this question

  • 0

Indonesia memang sangat kaya dengan budayanya, termasuk barang-barang kerajinan tangannya seperti batik, alat musik juga makanan.

Alat musik sasando juga merupakan alat musik khas daerah Nusa Tenggara Timur

trus ada kain tenun, ulos, songket yang memiliki motif unik.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Oleh-oleh dari indo mah buannnyaaakkk banget. Topeng-topeng tradisional juga menarik tuh kalau mau dijadiin oleh-oleh. Baju-baju daerah juga. Kalau buat yang cewe bisa dikasi kebaya, nanti bisa keliatan cakep-cakep semua wkwk. Kerajinan-kerajinan juga banyak banget di sini. Atau kalau mau yang simple ya kasi makanan-makanan daerah aja.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kurang satu lagi niiii... sendal hotel... wkwkwkwkw... kan orang indonesia sering tuh bawa oleh-oleh sendal hotel :D

hahaha kalau itu sih kayaknya oleh2 khas internasional bro, ngga cuma berlaku di Indonesia ajah...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Kulinernya apalagi sis, buanyaaak banget! tapi kalo pemerhati kuliner pasti tau kalo di beberapa daerah ada makanan yang sama tapi namanya saja yang berbeda2 CMIIW

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now